Category Archives: Marketing

Marketing Unik Dari Perusahaan Penerbangan

Saat ini bisnis penerbangan semakin ketat. Maskapai penerbangan melakukan berbagai upaya agar bisnisnya tetap bertahan. Upaya trend yang dilakukan saat ini adalah dengan strategi LCC.

LCC adalah singkatan dari Low Cost Carrier. pada prinsipnya LCC adalah menurunkan boaya operasional suatu pesawat agar dapat mempertahankan profit. Strategi LCC ini akan berujung pada murahnya harga tiket. penurunan biaya opwrasional bisa berupa menurunkan/ menghilangkan catering di pesawat, pengurangam bahan bakar, atau pengurangan lainnya yang dirasa kurang penting. inyi utamanya hanyalah menwrbangkan seseorang ke tempat tujuan.

 Namun tidak demikian halnya dengan eva air Taiwan. Eva air Taiwan melakukan suatu strategi yang unik dan berbeda dengan maskapai lain. Ia menggunakan karakter kartun populer Hello Kitty untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama. Dari sisi penampilan pesawat, seluruh body pesawat yang digunakan di lukia dengan karakter Hello Kitty. Dari sisi pelayanan makanan di dalam pesawat, alih-alih mengurangi kualitas makanan, eva air Taiwan justru memodifikasi makanan yang sesuai dengan karakter Hello Kitty. Makanan dibuat selain lezat juga memarik dalam penampilan, tanpa perlu mengurangi kualitas.

 Tidak hanya penampilan pesawat dan pelayanan di dalam pesawat. Keseriusan Eva air mengusung karakter Hello Kitty dibuktikan dengan promosi terbang bersama pencipta karakter populer tersebut.

 Lalu apa tujuan mengusung karakter ini? Betulkah ini dapat menarik pelanggan lebih banyak? Untuk menarik pelanggan memang jawabannya perlu dibuktikan demgan data, yang mungkin saja tidak akan diperlihatkan kepada publik. Sedangkan untuk tujuan, kita dapat memperkirakan berdasarkan teori marketing.

 Seperti yang kita tahu, dalam marketing ada yang dinamakan segmenting, targeting, dan positioning. Segmenting berarti suatu perusahaan membagi- bagi kriteria pelanhgan dalam kelompok tertentu. Kriteria yang dibagi tentu terserah pemilik bisnis, dalam hal ini eva air. Targeting berarti produk bisnis yang dimiliki diupayakan dapat terjual kepada satu atau beberapa segmen yang telah dibagi tersebut. Positioning berarti menancapkan pengaruh produk yang dimiliki pada target yang sudah ditandai.

 Mungkin saja Eva air Taiwan menemukan segmen bahwa ada banyak penumpang yang menyukai Karakter Hello Kitty sehingga ini dianggap segmen yang potensial untuk dijadikan target. Harapannya dan tujuannya adalah bahwa eva air memposisikan diri untuk melayani penumpang pencinta Hello Kitty. Dengan kata lain, jika ia ingat hello kitty, maka ia akan ingat eva air.

 Saya yakin analisis ini masih dangkal, perlu pembahasan yang lebih lanjut mengenai hal ini. Akan tetapi benang merah yang dapat disimpulkan disini adalah bahwa jasa penerbangan yang saat ini begitu ketat harus dihadapi dengan berbagai inovasi dan kreativitas marketing agar tetap bertahan. Eva air menunjukkan hal ini dengan cara yang sangat unik.

Marketing Online is Exist

Search engine marketing adalah sebuah bagian dari usaha marketing yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di search. SEO merupakan usaha yang dilakukan agar website kita dapat mencapai ranking yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian search engine. Jika ranking sebuah website di halaman hasil pencarian search engine lebih tinggi maka diharapkan traffic website akan meningkat, yang artinya meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi di website kita. Alasannya adalah karena sebagian besar klik yang terjadi di search engine terjadi di halaman pertama. SEO membutuhkan usaha yang konsisten dan merupakan sebuah investasi jangka panjang, sehingga jangan harap hasil yang maksimal dalam jangka waktu sebulan dua bulan. Tapi, ada cara lain yanglebih mudah dan lebih cepat untuk muncul di halamn pertama hasil pencarian search engine yaitu dengan menggunakan jasa SEO dari www.verticaladmarket.com.

SEO menjadi sebuah tahap penting yang harus dipahami dengan baik, sebab bila Anda ingin menjadi seorang internet marketer yang sukses dalam bisnis online maka Anda harus menerapkan SEO sebagai sebuah cara untuk membawa website atau blog Anda bisa masuk ke search angine dan memiliki SERP (Search Engine Results Page) yang tinggi.

Ciri khas search engine marketing adalah keyword. Jika dianalogikan Search engine merupakan media Televisi yang memiliki berbagai program acara dengan range penonton yang luas, dari muda hingga tua, dari kelas sosial ekonomi menengah atas hingga menengah bawah. Tetapi, tiap program punya audience-nya sendiri. Ada program acara yang memang paling banyak ditonton oleh pria dan ada juga oleh wanita. Tiap program acara punya karakteristiknya masing – masing. Nah, program acara ini yang dinamakan keyword jika dihubungkan dengan SEM. Jika kita menginginkan hasil yang efektif dan efisien maka kita diharuskan cerdas dalam memilih keyword mana yang akan kita incar. Bagaimana pemilihan keyword tersebut sehingga apa yang kita lakukan di search engine tidak sia sia? www.verticaladmarket.com dapat membantunya.

Situs ini dapat membantu suatu website menjadi terkenal. Parameter terkenalnya suatu website adalah padatnya traffic ke website tersebut. Untuke-commerce, sales dapat meningkat jika traffic website-nya padat. Ini menunjukkan bahwa website tersebut terpercaya. Bagi bisnis yang belum merambah secara online, www.verticaladmarket.com dapat membantu membuat design website sekaligus pengelolaan dan optimasi search engine-nya.

Perlu diketahui, untuk memperoleh dan mendapatkan tempat di pasar global, kehadiran website sangatlah penting. Di era sekarang, bisnis skala kecil pun bisa saja meraih penjualan dari transaksi dengan klienluar negeri. Semuanya adalah karena kehadiran website. Mungkin bisnis skala kecil tidak memiliki kemampuan untuk membuat design atau mengelola traffic website-nya. Kehadiran www.verticaladmarket.com ada untukmembantu bisnis skala kecil berkembang menjadi besar.

Tanpa Poin-poin Penting Ini, Penjualan Dipastikan Tidak Akan Maksimal

Marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Ada banyak perubahan teknik menjual yang sangat signifikan dan ekstrem jika dibandingkan dengan teknik-teknik penjualan di abad 20. Bagi siapapun yang mau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi ini, maka bisnis akan dipastikan dapat terus bertahan dan berkembang. Namun jika tidak mengikuti perubahan ini, maka bisnis akan mengalami kehancuran.

Berikut adalah beberapa poin penting penjualan yang harus dilakukan di abad ini jika bisnis ingin tetap bertahan.

  • Proses penjualan. Memperhatikan bagaimana proses penjualan terjadi sangatlah penting. Sebab dari proses penjualan inilah kita selaku pemilik bisnis dapat mengetahui apakah strategi marketing yang dijalankan bekerja efektif atau tidak. Namun demikian, di era ini penjualan bukanlah sumber kekuatan utama agar bisnis bertahan. Sumber kekuatan utama dari bertahannya suatu bisnis saat ini adalah customer. Abad ini adalah abad pelayanan dan kepercayaan. Pelayanan yang prima dari pebisnis, dan customer yang percaya kepada mereka akan membuat bisnis semakin maju. Abad ini fokus utama keberlangsungan bisnis adalah bagaimana agar proses penjualan dapat menyenangkan customer dan ia bersedia untuk menjadi pelanggan setia. Semakin banyak pelanggan setia, maka akan semakin bertahan suatu bisnis tersebut. Dan kunci utama kesetiaan pelanggan adalah pelayanan prima dan kepercayaan.
  • Otomatisasi. Dengan kebutuhan akan kecepatan proses penjualan dan makin kompleksnya data penjualan yang dimiliki, adanya otomatisasi sangat dibutuhkan agar pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien.
  • Tak hanya mampu menjual. Kemampuan untuk sekedar menjual tidak lagi cukup. Konsumen saat ini butuh marketer yang bukan saja mampu memberikan pandangan dan mengarahkan pada produk yang benar-benar dibutuhkannya, tapi juga bisa menjadi pelindung terhadap produk yang sudah mereka beli.
  • Internet. Internet makin penting peranannya dalam penjualan maupun ekspansi bisnis. Apapun usaha anda, jika tidak menyesuaikan dengan kehadiran internet maka akan dipastikan tenggelam. Internet dapat memperpendek jarak jangkauan pemasaran, memperluas pasar, dan mempercepat proses transaksi.
  • Aplikasi Smartphone. Di abad ini, hampir dipastikan setiap orang memiliki smartphone di dalam sakunya. Pebisnis yang cerdas dan ingin bertahan harus mempercayai bahwa gadget smartphone dapat meningkatkan potensi penjualan. Bagi ecommerce, memiliki aplikasi yang dapat di download di GooglePlay atau AppStore akan memperbanyak perolehan pelanggan setia dimanapun.

Kehadiran Internet Memungkinkan Bisnis Jasa Melintasi Batas Negara

Internet telah menjadi fenomena yang tidak bisa dihindarkan dalam dunia bisnis. Perekonomian dunia semakin terbuka dan menjadi suatu kesatuan. Maraknya bisnis internasional terjadi sebagai akibat dari membaiknya komunikasi dan cepatnya akses informasi melalui internet. Hal ini ditandai dengan maraknya perusahaan yang berpromosi di internet untuk beroperasi secara lintas Negara.

Dalam konteks bisnis, promosi melalui internet dikaitkan dengan proses internasionalisasi pelayanan, dan jangkauan operasi. Kehadiran bisnis di internet cenderung berada di luar jangkauan kontrol pemerintah, karena proses tersebut terutama digerakkan oleh kekuatan pasar global dan bukan oleh sebuah pemerintahan secara individu.

Dalam banyak hal, internasionalisasi bisnis melalui internet memiliki keunggulan yang spesifik dibandingkan internasionalisasi secara konvensional, salah satunya adalah penghematan biaya, kecepatan proses promosi, dan kecepatan mendapatkan regulasi. Khusus bagi bisnis private investigator, kendala yng tejadi adalah masalah benturan dengan regulasi investigasi di suatu Negara.

Pentingnya Sebuah Aplikasi Mobil Untuk Pengembangan Bisnis

Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sebuah perubahan  tradisi dari kultur masyarakat sehari-hari, dengan terciptanya sebuah keterbukaan dan transparansi di berbagai bidang, yang terutama di bidang Teknologi Informasi (IT). Informasi yang cepat dan akurat merupakan bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk didalamnya dunia bisnis.

Berkembangnya penggunaan Internet dan mobile application, menyebabkan munculnya penggunaan internet mengalami perkembangan yang luar biasa di bidang bisnis terutama pada perusahaan skala besar maupun kecil. Sejak berkembangnya teknologi internet di gadget-gadget komunikasi, penggunaan mobile application menjadi semakin meluas karena dipandang memberikan manfaat yang sangat besar bagi kelancaran proses-proses bisnis.

Salah satu jenis implementasi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah e-Commerce mobile application.

Ide dasar dari e-Commerce mobile application adalah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan. Melihat kenyataan tersebut, setiap perusahaan e-commerce, atau bahkan perusahaan bisnis lainnya kini selalu menganggarkan mobile app development cost dalam setiap rencana bisnis tahunannya. Hal ini tidak lain adalah untuk ntuk mempercepat dan meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan layanan secara on-line.

Jika dilihat dari sisi budget, maka itu sangat tergantung dari fitur, kecepatan access, dan kompatibilitas. Tapi jika dilihat dari sisi value, maka biaya pembuatan mobile app sedianya jauh lebih murah. Karena keberadaan mobile ap ini akan nyata sekali dalam peningkatan brand awareness, jangkauan pangsa pasar, serta penjualan produk.

Saat ini bisa dikatakan bahwa 9 dari 10 orang pasti memiliki smart mobile communication. Dan kecenderungan orang untuk berbelanja secara online akan terus meningkat setiap waktu. Mobile app merupakan salah satu factor penyebab peningkatan tersebut. Oleh sebab itu, sangatlah disayangkan jika suatu bisnis atau e-commerce tidak dilengkapi dengan sistem aplikasi mobil yang compatible dengan semua gadget smart phone.

Strategi Pemasaran Properti

Perkembangan bisnis properti mendorong para pengembang maupun broker properti untuk saling berlomba mendapatkan calon konsumen. Berbagai macam strategi pun dilakukan para pelaku bisnis properti agar produk mereka laris diserbu konsumen. Untuk membantu pemasaran bisnis properti, berikut kami informasikan beberapa tips pemasaran yang perlu Anda perhatikan untuk menjaring banyak konsumen.

  • Pemasaran yang sukses diawali dari produk berkualitas. Sebelum menjual atau menyewakan rumah, apartemen, kantor, atau property lainnya, perhatikan kebersihan lingkungan sekitar, faktor pencahayaan serta pemandangan alam disekelilingnya, kelengkapan legal document, serta jaminan kenyamanan dan keamanan bagi para penghuninya. Ketika syarat-syarat tersebut telah dipenuhi, maka daya tariknya bisa semakin besar di mata para konsumen, sehingga mereka tidak segan-segan untuk membeli atau menyewa tempat hunian tersebut.
  • Memanfaatkan media promosi yang cukup efektif. Selain menjaga kualitas produk properti yang dipasarkan, strategi promosi bisa dilakukan melalui beberapa media maupun kegiatan-kegiatan, misalnya dengan mengikuti pameran properti, atau melalui iklan di media massa.
  • Gunakan internet untuk memperluas jangkauan pemasaran. Sekarang ini bisnis properti online sudah mulai diminati para konsumen. Karenanya, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mempromosikan bisnis tersebut ke berbagai penjuru daerah. Contoh penggunaan internet untuk bisnis property adalah dengan membuat website tentang dunia properti, memanfaatkan situs jejaring social, menggunakan email marketing, memasang iklan baris ataupun banner di situs online lainnya, dan berbagi informasi bisnis properti di forum-forum online.
  • Strategi open house untuk menciptakan kepercayaan konsumen. Selama ini konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi langsung lokasi hunian yang ditawarkan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut. Oleh sebab itu, dampingi calon konsumen selama berkeliling melihat lokasi dan berikan informasi selengkap-lengkapnya agar konsumen semakin yakin dengan penawaran yang Anda sampaikan. Ingat, pelayanan prima yang Anda berikan menjadi salah satu faktor penentu bagi konsumen sebelum akhirnya mereka mengambil keputusan.

Kenapa Produk Baru Harus Dipasarkan Melalui Strategi Network Marketing?

Network marketing pada dasarnya adalah metode penjualan langsung, dimana agen independen berfungsi sebagai distributor barang. Distributor dalam rantai pemasaran jaringan didorong untuk membangun jaringan penjualan dan mengelola jaringan yang sama.

Para distributor ini merekrut dan melatih beberapa agen penjualan untuk membangun jaringan diantara mereka sendiri. Tujuannya adalah tidak lain untuk membentuk jaringan yang lebih luas. Semakin luas jaringan yang terbentuk, maka produk yang terjual akan semakin banyak.  Para agen pengelola jaringan ini biasanya memperoleh penghasilan selain dari komisi penjualan, juga dari bonus penambahan anggota jaringan.

Jika anda memiliki produk baru, sebaiknya anda memasarkan produk anda tersebut dengan cara network marketing. Ada beberapa alasan kenapa produk baru harus dipasarkan melalui network marketing:

  1. Network marketing meciptakan pelanggan loyal. Ini masuk akal, ketika seorang agen menawarkan produknya, sudah dipastikan bahwa ia adalah pengguna setia produk tersebut. Dan ketika ia merekrut agen baru, maka secara otomatis ia pun menciptakan pelanggan loyal baru. Pelanggan loyal adalah asset penting dalam suatu bisnis, dimana semakin banyak pelanggan loyal maka penjualan akan semakin banyak.
  2. Network marketing menciptakan trend penjualan yang cenderung terus meningkat.  Sangat jarang informasi yang menyatakan bahwa produk yang dijual melalui cara network marketing  akan mengalami penurunan penjualan setiap tahun. Justru sebaliknya, trend penjualan akan semakin meningkat seiring dengan selalu bertambahnya agen-agen baru yang sekaligus berperan sebagai pelanggan setia.
  3. Network marketing adalah cara promosi berbiaya murah. Bahkan bisa dikatakan tanpa biaya. Kenapa? Secara sederhana, pemilik produk hanya perlu mengedukasi, melatih, dan memotivasi beberapa agen tentang keunggulan dan manfaat produk tersebut. Selanjutnya para agen inilah yang akan mengedukasi calon-calon agen atau calon-calon pelanggan baru lainnya. Seiring waktu berjalan, dapat dipastikan bahwa agen akan semakin terus bertambah, dan semakin bertambahnya agen maka biaya promosi akan cenderung mengarah ke titik nol.

Itulah beberapa alasan kenapa produk baru harus menggunakan network marketing. Selain keuntungan yang berifat income, network marketing pun memungkinkan perusahaan yang menjalankan strategi ini akan memperoleh karyawan penjualan yang tangguh karena mereka telah menggunakan dan mencintai produk tersebut dengan sepenuh hati.

Saat Ini, Orang-orang Sudah Mulai Berbelanja Furniture Secara Online. Kenapa?

Saat ini, perkembangan toko online mengalami peningkatan yang begitu pesat. Hal ini juga didorong oleh semakin banyaknya orang yang berbelanja melalui online atau E-Commerce. Saat ini proses jual beli telah beralih dari konvensional ke online. Apalagi, jual beli online adalah sesuatu yang sangat dinamis, pasarnya sangat luas, dan sangat mudah untuk di manage dari mana saja dan kapan saja.

Hal itu pula yang dirasakan oleh para Online Shoppers. Mereka memilih online karena kepraktisannya. Mereka dapat membeli dari rumah, kantor, atau darimana saja asalkan mereka bisa akses dengan internet. Mereka browsing, lihat-lihat, kemudian membeli.

Revolusi belanja juga terjadi ketika orang-orang membeli produk home improvement atau furniture. Kendala yang biasa terjadi ketika membeli furniture secara konvensional adalah repotnya mengangkut furniture dari toko ke rumah. Contohnya lemari yang dibeli tidak dapat dimasukkan ke dalam mobil kita, dan ini tentunya merepotkan. Untuk itulah kini orang-orang beralih cara belanja melalui toko online. Ada berbagai macam manfaat dan kemudahan ketika berbelanja secara online termasuk diantaranya adalah hemat biaya, hemat waktu, dan tidak merepotkan.

Lalu bagaimana dengan tawar menawar harga dan diskon? Ya, berbelanja di toko online sangatlah jarang untuk melakukan tawar menawar harga, walaupun ada beberapa diantaranya yang menyediakan fasilitas seperti ini. Secara umum, toko online hanya menyediakan harga yang sudah fixed, tidak dapat ditawar lagi. Meskipun tidak ada tawar menawar harga, harapan untuk memperoleh auatu produk furniture dengan harga lebih rendah dari harga aslinya bisa tetap terlaksana. Ini berkat kupon diskon yang telah tersedia secara online.

Website voucher diskon atau kupon memiliki konsep yang sederhana. Pemilik website kupon/voucher diskon sebagai penyedia jasa “iklan” produk melakukan penawaran kepada para pemilik produk untuk memasarkan produk mereka dengan harga yang lebih murah. Tujuan pemasaran harga lebih murah ini tidak lain untuk mengenalkan kepada calon pembeli tentang keberadaan produk mereka. Intinya,website voucher diskon berperan sebagai media promosi. Tentu promosi ini tidak berlangsung terus-menerus. Setelah promo selesai, harga produk akan kembali ke awal sesuai strategi bisnis dari pemilik produk tadi. Pembeli senang karena mendapatkan barang dengan harga promo, sedangkan penyedia jasa “iklan” akan mendapat prosentase komisi dari penjualan.

Cara Agen real estate mengembangkan bisnisnya

Dengan maraknya bisnis real estate beberapa tahun belakangan, banyak bisnis lain yang ikut bergerak naik, karena sifat dari bisnis real estate yang memiliki sifat multiplier effect sangat luas dan trickle down effect yang besar. Bisnis-bisnis agen real estate independen, lokal hingga francise dari luar negeri bergerak linier mengikuti perkembangan bisnis real estate. Jadi, salah satu komponen dari bisnis real estate adalah bisnis agen real estate atau broker. Gurihnya bisnis agen real estate membuat banyak agen real estate mengembangkan bisnis dan pelayanannya.

Melihat keunggulan-keunggulan tersebut, maka calgary real estate menjadi dambaan setiap orang. Seperti diungkapkan diatas bahwa bisnis agen real estate bergerak linier seiring dengan perkembangan bisnis real estate tersebut. Oleh karena itu, karena bisnis real estate adalah favorit, maka tentu saja banyak bermunculan para agen real estate. Para agen real estate ini bersaing keras untuk meraih klien baru disamping juga mempertahankan klien-klien mereka yang sudah ada.

Salah satu cara untuk meraih dan mempertahankan pelanggan mereka adalah melalui situs online yang mereka buat.  Dengan berkunjung ke situs ini, maka para pembeli atau penjual real estate dapat langsung memperoleh informasi melalui form yang tersedia di situs online. Ini adalah suatu terobosan bisnis dimana pemilik real estate namun berdomisili di luar negeri misalnya, dapat menjual real estate miliknya tanpa harus datang ke ke tempat real estate yang akan dijualnya. Tentu saja dapat lebih menghemat biaya dan mempercepat proses transaksi.  

Brand Awareness dan Tingkatannya

Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori merek tertentu. Contoh sederhananya, jika anda ingat mobil, maka yang pertama kali muncul di pikiran anda adalah “Ford”. Atau jika anda ingat film, maka anda akan pertama kali mengingat “Hollywood”. Brand awareness adalah sesuatu hal yang sangat penting dan diutamakan di dunia bisnis. Suatu brand yang telah memiliki awareness tinggi (top brand) mungkin nilainya bisa jauh lebih tinggi dari produk yang diusungnya. Setiap pebisnis akan selalu berlomba-lomba dan berupaya agar brand miliknya memiliki awareness yang meningkat setiap waktu.

Ada 4 tingkatan brand awareness yaitu:

1. Unaware of brand (tidak menyadari merek)
Merupakan tingkat yang paling rendah dalam piramida kesadaran merek, dimana konsumen tidak menyadari akan adanya suatu merek. Ini biasanya dimiliki oleh produk atau merk yang baru muncul ke masyarakat. Perlu strategi-strategi marketing yang jitu agar orang mengetahui bahwa merk atau produk tersebut ada. Untuk menggaet pasar local, memperkenalan merk melalui scrolling LED sign yang ditempatkan di tempat-tempat strategis adalah strategi yang cerdas.

2. Brand recognition (pengenalan merek)
Tingkat minimal dari kesadaran merek. Hal ini penting pada saat seorang pembeli memilih suatu merek pada saat melakukan pembelian. Contoh kongkrit dari tingkatan ini adalah ketika di supermarket. Ada begitu banyak produk-produk dengan berbagai merk yang ditawarkan kepada calon pembeli, dan merk yang dapat menarik hati pelanggan untuk membelinya adalah pemenangnya. Karena itulah banner banyak bertebaran di sudut-sudut supermarket agar pembeli segera mengenalinya.

3. Brand recall (pengingatan kembali terhadap merek)
Pengingatan kembali terhadap merek didasarkan pada permintaan seseorang untuk menyebutkan merek tertentu dalam suatu kelas produk. Hal ini diistilahkan dengan pengingatan kembali tanpa bantuan, karena berbeda dari tugas pengenalan, responden tidak perlu dibantu untuk memunculkan merek tersebut.

4. Top of mind (puncak pikiran)
Apabila seseorang ditanya secara langsung tanpa diberi bantuan pengingatan dan orang tersebut dapat menyebutkan satu nama merek, maka merek yang paling banyak disebutkan pertama kali merupakan puncak pikiran. Dengan kata lain, merek tersebut merupakan merek utama dari berbagai merek yang ada di dalam benak konsumen. Contoh top of mind: Microsoft, Facebook, Ford, etc.