Category Archives: Marketing

Kenapa Produk Baru Harus Dipasarkan Melalui Strategi Network Marketing?

Network marketing pada dasarnya adalah metode penjualan langsung, dimana agen independen berfungsi sebagai distributor barang. Distributor dalam rantai pemasaran jaringan didorong untuk membangun jaringan penjualan dan mengelola jaringan yang sama.

Para distributor ini merekrut dan melatih beberapa agen penjualan untuk membangun jaringan diantara mereka sendiri. Tujuannya adalah tidak lain untuk membentuk jaringan yang lebih luas. Semakin luas jaringan yang terbentuk, maka produk yang terjual akan semakin banyak.  Para agen pengelola jaringan ini biasanya memperoleh penghasilan selain dari komisi penjualan, juga dari bonus penambahan anggota jaringan.

Jika anda memiliki produk baru, sebaiknya anda memasarkan produk anda tersebut dengan cara network marketing. Ada beberapa alasan kenapa produk baru harus dipasarkan melalui network marketing:

  1. Network marketing meciptakan pelanggan loyal. Ini masuk akal, ketika seorang agen menawarkan produknya, sudah dipastikan bahwa ia adalah pengguna setia produk tersebut. Dan ketika ia merekrut agen baru, maka secara otomatis ia pun menciptakan pelanggan loyal baru. Pelanggan loyal adalah asset penting dalam suatu bisnis, dimana semakin banyak pelanggan loyal maka penjualan akan semakin banyak.
  2. Network marketing menciptakan trend penjualan yang cenderung terus meningkat.  Sangat jarang informasi yang menyatakan bahwa produk yang dijual melalui cara network marketing  akan mengalami penurunan penjualan setiap tahun. Justru sebaliknya, trend penjualan akan semakin meningkat seiring dengan selalu bertambahnya agen-agen baru yang sekaligus berperan sebagai pelanggan setia.
  3. Network marketing adalah cara promosi berbiaya murah. Bahkan bisa dikatakan tanpa biaya. Kenapa? Secara sederhana, pemilik produk hanya perlu mengedukasi, melatih, dan memotivasi beberapa agen tentang keunggulan dan manfaat produk tersebut. Selanjutnya para agen inilah yang akan mengedukasi calon-calon agen atau calon-calon pelanggan baru lainnya. Seiring waktu berjalan, dapat dipastikan bahwa agen akan semakin terus bertambah, dan semakin bertambahnya agen maka biaya promosi akan cenderung mengarah ke titik nol.

Itulah beberapa alasan kenapa produk baru harus menggunakan network marketing. Selain keuntungan yang berifat income, network marketing pun memungkinkan perusahaan yang menjalankan strategi ini akan memperoleh karyawan penjualan yang tangguh karena mereka telah menggunakan dan mencintai produk tersebut dengan sepenuh hati.

Saat Ini, Orang-orang Sudah Mulai Berbelanja Furniture Secara Online. Kenapa?

Saat ini, perkembangan toko online mengalami peningkatan yang begitu pesat. Hal ini juga didorong oleh semakin banyaknya orang yang berbelanja melalui online atau E-Commerce. Saat ini proses jual beli telah beralih dari konvensional ke online. Apalagi, jual beli online adalah sesuatu yang sangat dinamis, pasarnya sangat luas, dan sangat mudah untuk di manage dari mana saja dan kapan saja.

Hal itu pula yang dirasakan oleh para Online Shoppers. Mereka memilih online karena kepraktisannya. Mereka dapat membeli dari rumah, kantor, atau darimana saja asalkan mereka bisa akses dengan internet. Mereka browsing, lihat-lihat, kemudian membeli.

Revolusi belanja juga terjadi ketika orang-orang membeli produk home improvement atau furniture. Kendala yang biasa terjadi ketika membeli furniture secara konvensional adalah repotnya mengangkut furniture dari toko ke rumah. Contohnya lemari yang dibeli tidak dapat dimasukkan ke dalam mobil kita, dan ini tentunya merepotkan. Untuk itulah kini orang-orang beralih cara belanja melalui toko online. Ada berbagai macam manfaat dan kemudahan ketika berbelanja secara online termasuk diantaranya adalah hemat biaya, hemat waktu, dan tidak merepotkan.

Lalu bagaimana dengan tawar menawar harga dan diskon? Ya, berbelanja di toko online sangatlah jarang untuk melakukan tawar menawar harga, walaupun ada beberapa diantaranya yang menyediakan fasilitas seperti ini. Secara umum, toko online hanya menyediakan harga yang sudah fixed, tidak dapat ditawar lagi. Meskipun tidak ada tawar menawar harga, harapan untuk memperoleh auatu produk furniture dengan harga lebih rendah dari harga aslinya bisa tetap terlaksana. Ini berkat kupon diskon yang telah tersedia secara online.

Website voucher diskon atau kupon memiliki konsep yang sederhana. Pemilik website kupon/voucher diskon sebagai penyedia jasa “iklan” produk melakukan penawaran kepada para pemilik produk untuk memasarkan produk mereka dengan harga yang lebih murah. Tujuan pemasaran harga lebih murah ini tidak lain untuk mengenalkan kepada calon pembeli tentang keberadaan produk mereka. Intinya,website voucher diskon berperan sebagai media promosi. Tentu promosi ini tidak berlangsung terus-menerus. Setelah promo selesai, harga produk akan kembali ke awal sesuai strategi bisnis dari pemilik produk tadi. Pembeli senang karena mendapatkan barang dengan harga promo, sedangkan penyedia jasa “iklan” akan mendapat prosentase komisi dari penjualan.

Cara Agen real estate mengembangkan bisnisnya

Dengan maraknya bisnis real estate beberapa tahun belakangan, banyak bisnis lain yang ikut bergerak naik, karena sifat dari bisnis real estate yang memiliki sifat multiplier effect sangat luas dan trickle down effect yang besar. Bisnis-bisnis agen real estate independen, lokal hingga francise dari luar negeri bergerak linier mengikuti perkembangan bisnis real estate. Jadi, salah satu komponen dari bisnis real estate adalah bisnis agen real estate atau broker. Gurihnya bisnis agen real estate membuat banyak agen real estate mengembangkan bisnis dan pelayanannya.

Melihat keunggulan-keunggulan tersebut, maka calgary real estate menjadi dambaan setiap orang. Seperti diungkapkan diatas bahwa bisnis agen real estate bergerak linier seiring dengan perkembangan bisnis real estate tersebut. Oleh karena itu, karena bisnis real estate adalah favorit, maka tentu saja banyak bermunculan para agen real estate. Para agen real estate ini bersaing keras untuk meraih klien baru disamping juga mempertahankan klien-klien mereka yang sudah ada.

Salah satu cara untuk meraih dan mempertahankan pelanggan mereka adalah melalui situs online yang mereka buat.  Dengan berkunjung ke situs ini, maka para pembeli atau penjual real estate dapat langsung memperoleh informasi melalui form yang tersedia di situs online. Ini adalah suatu terobosan bisnis dimana pemilik real estate namun berdomisili di luar negeri misalnya, dapat menjual real estate miliknya tanpa harus datang ke ke tempat real estate yang akan dijualnya. Tentu saja dapat lebih menghemat biaya dan mempercepat proses transaksi.  

Brand Awareness dan Tingkatannya

Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori merek tertentu. Contoh sederhananya, jika anda ingat mobil, maka yang pertama kali muncul di pikiran anda adalah “Ford”. Atau jika anda ingat film, maka anda akan pertama kali mengingat “Hollywood”. Brand awareness adalah sesuatu hal yang sangat penting dan diutamakan di dunia bisnis. Suatu brand yang telah memiliki awareness tinggi (top brand) mungkin nilainya bisa jauh lebih tinggi dari produk yang diusungnya. Setiap pebisnis akan selalu berlomba-lomba dan berupaya agar brand miliknya memiliki awareness yang meningkat setiap waktu.

Ada 4 tingkatan brand awareness yaitu:

1. Unaware of brand (tidak menyadari merek)
Merupakan tingkat yang paling rendah dalam piramida kesadaran merek, dimana konsumen tidak menyadari akan adanya suatu merek. Ini biasanya dimiliki oleh produk atau merk yang baru muncul ke masyarakat. Perlu strategi-strategi marketing yang jitu agar orang mengetahui bahwa merk atau produk tersebut ada. Untuk menggaet pasar local, memperkenalan merk melalui scrolling LED sign yang ditempatkan di tempat-tempat strategis adalah strategi yang cerdas.

2. Brand recognition (pengenalan merek)
Tingkat minimal dari kesadaran merek. Hal ini penting pada saat seorang pembeli memilih suatu merek pada saat melakukan pembelian. Contoh kongkrit dari tingkatan ini adalah ketika di supermarket. Ada begitu banyak produk-produk dengan berbagai merk yang ditawarkan kepada calon pembeli, dan merk yang dapat menarik hati pelanggan untuk membelinya adalah pemenangnya. Karena itulah banner banyak bertebaran di sudut-sudut supermarket agar pembeli segera mengenalinya.

3. Brand recall (pengingatan kembali terhadap merek)
Pengingatan kembali terhadap merek didasarkan pada permintaan seseorang untuk menyebutkan merek tertentu dalam suatu kelas produk. Hal ini diistilahkan dengan pengingatan kembali tanpa bantuan, karena berbeda dari tugas pengenalan, responden tidak perlu dibantu untuk memunculkan merek tersebut.

4. Top of mind (puncak pikiran)
Apabila seseorang ditanya secara langsung tanpa diberi bantuan pengingatan dan orang tersebut dapat menyebutkan satu nama merek, maka merek yang paling banyak disebutkan pertama kali merupakan puncak pikiran. Dengan kata lain, merek tersebut merupakan merek utama dari berbagai merek yang ada di dalam benak konsumen. Contoh top of mind: Microsoft, Facebook, Ford, etc.

Elemen Merek Bisnis Yang Penting Untuk Diperhatikan

Membangun Merek Bisnis

Tidak ada merek bisnis yang dibuat semalam. Ini mengikuti proses metodis yang melibatkan strategi dan organisasi . Tapi jika Anda berpikir bahwa setelah Anda memiliki nama bisnis dan logo, pekerjaan Anda sudah selesai , maka Anda perlu tahu bahwa bahkan dengan bisnis lama proses manajemen merek masih berlangsung . Selain waktu , beberapa perusahaan besar bahkan menginvestasikan banyak waktu dan jumlah hanya untuk memastikan bahwa warisan merek tetap konsisten dengan nilai-nilai yang terkandung oleh perusahaan.

Pemilik usaha kecil-kecilan dapat mengambil kenyamanan di fakta bahwa membangun merek tidak perlu mahal . Yang Anda butuhkan adalah komitmen untuk proses untuk memberikan fokus dan konsistensi pada upaya branding Anda . Ada empat elemen yang terlibat dalam memproduksi merek bisnis yang sukses .

pesan yang konsisten

Salah satu cara terbaik untuk mencapai pendekatan pemasaran yang konsisten adalah untuk menciptakan slogan, logo, dan gambar . Ini adalah salah satu cara yang paling efisien yang dapat Anda mengkomunikasikan apa bisnis Anda adalah tentang untuk pelanggan potensial Anda . Oleh karena itu , Anda perlu diingat tentang visi dan misi perusahaan Anda , yang awalnya inspirasi di balik desain logo . Kemudian , Anda perlu menggunakan bahwa sehubungan dengan apa strategi pemasaran Anda terapkan untuk mempromosikan citra merek dan meningkatkan kesadaran .

Bahkan ketika Anda datang dengan ide-ide pemasaran yang inovatif untuk menemukan kembali gambar atau menawarkan pelanggan sesuatu yang baru , itu harus tetap setia pada cita-cita bisnis Anda.

Perencanaan merek

Merek perencanaan yang cermat sangat penting dalam membangun brand bisnis yang kuat . Terlepas dari apa metode pemasaran Anda memanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek , Anda perlu untuk melihat ke dalam setiap detail yang terlibat dengan proses tersebut . Ini akan membantu memastikan bahwa Anda mampu mencapai konsistensi , yang merupakan elemen penting yang ditunjukkan di atas .

Anda perlu mengidentifikasi apa strategi branding yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan Anda . Jika tidak bekerja, apa rencana back- up yang Anda miliki? Semua upaya pemasaran ditujukan untuk memperkuat merek Anda untuk mendapatkan pengembalian investasi.

Branding Sistem

Ini adalah bagian di mana Anda dimasukkan ke dalam tindakan segala sesuatu yang Anda telah dirancang selama perencanaan merek . Sistem yang berbeda harus digunakan untuk setiap tahap yang terlibat dalam pengembangan bisnis dan merek secara keseluruhan . Ini benar harus menguraikan langkah-langkah apa yang Anda dan karyawan Anda harus mengambil selama keadaan tertentu . Ingatlah bahwa sistem holistik dan terintegrasi adalah kunci dalam menciptakan merek yang kuat .

Review dan Manajemen

Setiap merek harus terus menjalani proses pemeriksaan. Karena kebutuhan dan tuntutan konsumen berubah, jadi harus pendekatan pemasaran merek Anda . Berikut adalah aspek dari tinjauan merek dan prosedur manajemen yang harus Anda memperhitungkan :

• Manfaat Produk dan fitur

• Pasar persaingan

• Mengubah kebutuhan dan tuntutanpelanggan

• Metode Pemasaran yang digunakan

Evaluasi lanjutan dari faktor-faktor ini dalam kaitannya dengan strategi pemasaran merek Anda akan membantu menghasilkan upaya pemasaran yang lebih efisien dan kohesif . Anda akan memiliki manajer merek untuk melihat ke dalam kesejahteraan merek dan metode apa yang akan dieksekusi untuk meningkatkan kinerja pasarnya . Namun, internal branding masih penting karena mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk memberikan produk atau jasa tersebut .

Penjual Real Estate Harus Mengetahui Hal Ini

Bisnis real estate atau barang berharga lainnya adalah identik dengan hal kemewahan, performa, dan kepribadian. Seseorang yang menjual suatu real estate bisa jadi atau bahkan cenderung lebih banyak adalah orang yang memiliki kemampuan financial yang berlebih, alias tergolong orang-orang kaya. Oleh karena itu, seorang agent real estate pun harus mengimbangi mereka dengan penampilan dan performa yang meyakinkan. Jam tangan adalah salah satu hal yang merupakan sumber perhatian para pesohor yang berniat untuk menjual atau membeli real estate.

Memiliki atau membeli suatu jam tangan mewah mungkin akan terasa terlalu berat untuk kantong seorang agent real estate. Akan tetapi hal ini bukan menjadi suatu halangan demi penampilan yang meyakinkan di depan penjual real estate. Dengan menggunakan jam tangan mewah replica seperti replica michael kors watches pun, kita akan bisa tampil lebih percaya diri. Bagi yang menyukai jam tangan mewah dari Jepang, anda bisa menggunakan breitling replica watches untuk aktifitas anda bekerja sebagai agent real estate ataupun kegiatan sehari-hari. Berbagai varian replica seperti AvengerII, SuperOcean, atau yang lainnya siap membantu penampilan anda dalam bertransaksi bisnis real estate.

Ketika anda bernegosiasi dengan pembeli real estate, tidak akan ada yang tahu kalau anda memakai Replica breitling dari Watch Store yang berharga $169. Lawan bicara anda hanya akan menganggap dan merasa lebih yakin bahwa anda adalah agent yang telah berpengalaman menangani real estate-real estate mewah. Kurasa tidak ada yang salah ketika kita menggunakan jam tangan mewah replica untuk menambah kepercayaan diri. Yang salah adalah ketika anda menipu di bisnis real estate dengan mempercantik dan memperindah diri dengan produk-produk replica.

Apa Pentingnya Design Web Untuk Bisnis Online?

Jika anda hanya mengandalkan facebook atau twitter untuk berbisnis online, tentunya design web tidaklah penting. Bagaimana dikatakan penting kalau anda saja tidak memiliki blog atau website?
Website adalah cara yang kreatif untuk melakukan ekspansi bisnis, namun demikian, website yang dibuat haruslah mencerminkan citra yang sesuai dengan karakter pemiliknya. Jika website itumilik suatu perusahaan, maka tampilan website tersebut harus mencerminkan karakter perusahaan tersebut. Demikian pula jika website tersebut adalah milik pribadi atau perseorangan, maka tampilannya harus mencerminkan apa yang ia miliki. Tampilan web dapat meningkatkan personal brand pemiliknya. Disinilah letak pentingnya design sebuah web.
Oleh karena itu, merencanakan memiliki sebuah web atau blog harus juga termasuk didalamnya mengenai perencanaan design web. Bagi suatu perusahaan besar, urusan design web bukan menjadi suatu masalah. Ia hanya tinggal membayar web designer, berkonsultasi,dan tinggal menerima hasilnya. Tapi bagaimana dengan seorang pebisnis online pemula yang terbatas keuangannya? Well, mau tidak mau ia harus membangun blog secara mandiri. Tapi tidak usah khawatir, saat ini membuat blog tidaklah rumit. Menggunakan platform wordpress untuk blog atau kepentingan bisnis online lainnya adalah keputusan yang sangat bagus. Kenapa? Karena WordPress sangat mudah digunakan, dan semua feature-nya dapat berfungsi secara otomatis. Mengenai tema blog? Ada banyak pilihan,dari yang gratis hingga berbayar. Jika menginginkan personalitas ditampilkan lebih kuat, maka sebaiknya menggandeng wordpress design developer. Melalui developer inilah, suatu blog akan dirancang sesuai dengan keinginan kliennya.
Bisnis online adalah bisnis yang kini sedang popular. Toko-toko retail yang dulu bergerak offline kini melakukan ekspansi market dengan membuat toko online. Jika dulu para salesman menghabiskan banyak waktu untuk memperkenalkan dirinya dan produk yang dijualnya melalui pembicaraan yang panjang lebar, kini waktu bicaranya dapat dipersingkat karena ia memiliki blog pribadi. Seolah-olah ia mengatakan: “Jika anda kurang paham, silakan buka blog saya.”

Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Sales Weapon: Meningkatkan Frekuensi Pembelian

Pada intinya, meningkatkan frekwensi penjualan adalah bagaimana agar para customer yang sudah pernah membeli produk anda kembali lagi di masa depan untuk membeli lagi produk anda.
Ini dapat terwujud jika anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Memberikan pelayanan terbaik bukan hanya sebatas pada kualitas produk yang baik dan tidak bermasalah, melainkan juga terletak pada proses transaksinya, hingga after sales-nya.
Sebagai contoh, jika anda memiliki toko, para pengunjung toko anda dilayani sedemikian rupa hingga mereka merasa nyaman dengan anda dan percaya bahwa toko anda dapat memberikan solusi atas masalah-masalah mereka. Toko adalah salah satu contoh. Pada prinsipnya, apapun yang anda jual jika mereka nyaman dengan anda, dan mereka percaya dengan anda, maka mereka akan menyimpan anda (atau toko anda) sebagai referensi pemecahan masalah di masa mendatang. Dengan kata lain jika mereka membutuhkan sesuatu, maka mereka akan kembali membeli kepada anda.
Ini juga termasuk tentang masalah penentuan harga. Harga yang ditentukan untuk barang anda haruslah bersaing. Harga bersaing disini maksudnya adalah sesuai dengan kualitas barang. Harga tidak mahal namun juga tidak terlalu murahan. Jika ada kompetitor yang menawarkan produk yang sama, setidaknya harga produk kita tidak jauh berbeda. Terkecuali jika brand anda sudah terkenal, mungkin penetapan harga jual yang tinggi adalah persoalan lain.
Senjata yang ketiga ini merupakan suatu filosofi bisnis, sebagai turunan dari hukum bisnis biasa. Hukum bisnis menyatakan bahwa semakin tinggi permintaan maka harga akan semakin tinggi. Penggunaan senjata ketiga ini adalah untuk menciptakan permintaan agar semakin tinggi. Peningkatan permintaan akan berujung kepada peningkatan nilai brand produk kita. Dan ini semua dapat terwujud melalui excellent service.
Akhir kata, meningkatkan frekwensi penjualan adalah dengan cara menerapkan pelayanan yang prima kepada pelanggan.

Kenapa Komunikasi Bisnis Sangat Penting?

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Di era globalisasi ini, tantangan seorang manajer di masa depan relatif akan semakin sulit, karena dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Para manajer perlu membekali diri dengan keterampilan lintas budaya, berupa kemampuan berinteraksi dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan mitra bisnis. Disini peran komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping menyampaikan gagasan, baik lisan maupun tertulis secara sistematik, para manajer juga harus memahami bagaiman cara menyampaikan pesan di dalam suatu aktivitas presentasi.
Di era e-bisnis, komunikasi berkembang menjadi suatu bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi mempercepat proses Globalisasi dan memberikan peluang bagi dunia usaha di Indonesia untuk mengembangkan usahanya, melalui berbagai kesempatan menjalin relasi bisnis, pemasaran produk ataupun lainnya. Melalui e-bisnis, transaksi bisnis telah dilakukan melintasi batas demi batas dan zona waktu yang hampir pada saat yang bersamaan. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi para manajer untuk mengkomunikasikan bisnisnya kepada masyarakat yang mayoritas skeptis terhadap sistem penjualan on line melalui perbaikan sistem, pemupukan tingkat kepercayaan masyarakat serta pemberian edukasi yang berkesinambungan.

Inilah 6 perlengkapan yang harus anda bawa pada saat akan melakukan presentasi

Anda tentu berharap bahwa presentasi bisnis yang anda lakukan akan berjalan lancar dan sukses. Untuk itu presentasi yang anda bawakan harus dipersiapkan sedini mungkin. Inilah beberapa alat yang harus anda bawa pada saat akan melakukan presentasi.
1. Laptop atau computer tablet
Ini adalah alat utama anda untuk melakukan presentasi. Tentu saja laptop atau tablet yang dibawa berisi materi presentasi anda termasuk data-data pendukungnya. Materi presentasi bia anda buat di Microsoft PowerPoint, Macromedia, atau yang software yang lainnya. Yang jelas, anda harus mempersiapkan materi-materi yang akan anda bawakan di laptop atau tablet yang anda bawa. Jangan lupa, materi tersebut harus anda back up di flash disk atau hard disk external. Hal ini untuk melindungi anda apabila terjadi kerusakan teknis pada laptop anda ketika anda akan melakukan presentasi.
2. Produk
Jika anda akan melakukan presentasi suatu produk ke clon konsumen anda, maka produk adalah hal yang penting yang harus anda bawa. Lien anda tentu sangat ingin melihat produk anda dari dekat. Mereka sangat berharap untuk mencoba dan melihat manfaat-manfaat dari produk yang anda bawa. Dan tentu saja secra logika, bagaimana mungkin anda akan menjual suatu produk jika produk tersebut tidak anda bawa. Jika perlu bawalah produk agak banyak, sehingga akan mempermudah prosus omunikasi anda dengan calon konsumen anda.
3. LCD Projector
Barangkali ada diantara anda yang beranggapan bahwa membawa alat ini tidklah diperlukan, sebab mungkin sudah dipersiapkan oleh pihak penyelenggara. Namun demikian, saya rasa tidak ada salahnya jika anda membawa LCD projector sendiri. Saat ini banyak LCD projector portable yang berukuran kecil yang bisa dimasukan dalam tas anda. Ini untuk melindungi anda jika ternyata di tempat presentasi, LCD projector yang disediakan mengalami masalah dan tidak dapat digunakan.
4. Print out presentasi
Agar presentasi anda memuaskan dan meemproleh hasil maksimal, maka anda harus selalu mempersiapkan segalanya dan memiliki rencana cadangan. Print out merupakan rencana cadangan apabila ternyata pada saat anda melakukan presentasi, semua perlengkapan anda tidak dapat digunakan, misalnya jika pada saat anda melakukan presentasi, listrik di tempat anda berpresentasi teryata padam. Print out adalah jalan keluar yang terbaik. Selain itu membagikan print out di awal sebelum presentasi akan menciptakan hubungan komunikasi yang efektif dengan para pendengar anda. Print out bisa mereka baca berulang kali yang dapat merangsang mereka untuk bertanya. Ini adalah kesempatan anda untuk menjelaskan kepada mereka secara lebih detail dan mendalam.
5. Microphone
Saya rasa keefektifan anda dalam melakukan presentasi tergantung dari kesiapan anda sendiri. Anda tahu apa yang akan anda lakukan. Microphone adalah alat utama anda berbicara di depan audiens anda. Anda harus membawa microphone sendiri yang anda yakini dapat mendukung mobilitas anda dalam melakukan presentasi. Jangan mengandalkan penyelenggara untuk hal ini.
6. Alat Presentasi
Sama halnya seperti microphone, alat presentasi sangat penting untuk digunakan agar anda memiliki mobilitas tinggi dalam melakukan presentasi. Kurasa melakukan presentasi hanya dengan duduk di depan laptop anda adalah sesuatu yang kurang menantang dan bisa membosankan audiens anda. Pada akhirnya, audiens anda berharap untuk segera beranjak dari tempat duduknya.
Itulah 6 perlengkapan presentasi penting yang harus anda bawa agar presentasi berbuah hasil yang maksimal. Jangan lupa, sebelum anda beraksi, cobalah dahulu keenam alat tersebut beberapa saat sebelum mulai. Pastikan itu semua berfungsi. Presentasi bisnis adalah suatu media komunikasi bisnis yang bisa efektif meraih pelanggan, atau bahkan justru tidak sama sekali. Itu semua tergantung pada kesiapan anda sendiri. Persiapkanlah presentasi anda segalanya, mulai dari materi, data pendukung, hingga alat-alat untuk melakukan presentasi. Tapi ingat, semua hal tersebut juga tidak akan bermanfaat jika anda tidak mengetahui teknik-teknik presentasi yang efektif dan gaya komunikasi tidak menarik.