Category Archives: melamar pekerjaan

Menerapkan Semangat Wirausaha Dalam Mencari Karyawan

Jiwa wirausaha harus ada dalam setiap individu agar menghasilkan kinerja yang tinggi bagi organisasi, bukan unruk diri sendiri. Dalam penciptaan kembali oganisasi wirausaha perlu mendefinisikan kembali manajemen dengan melibatkan kombinasi dalam merekrut orang yang menunjukkan perilaku wirausaha dan melatih karyawan yang telah siap untuk memikul tanggung jawab yang dituntut perusahaan.
Ada 10 kualitas kewirausahaan yang perlu dimiliki seorang wirausaha, yaitu :
• Menyadari, senantiasa waspada dan tetap proaktif
• Menangkap dan memanfaatkan keuntungan dari ketidakpastian
• Mencari apa yang hilang dari pasar
• Beradaptasi, mengadopsi, meningkatkan, mengubah atau merancang kembali
• Penuh gairah mengejar peluang-peluang yang terpilih
• Menumbuhkan disiplin untuk menindaklanjuti
• Fokus pada hal-hal yang spesifik tetapi dengan fleksibilitas
• Memberdayakan energi dari keseluruhan jaringan kerja (network)
• Menerima bahwa kesalahan membuat kemajuan
Membentuk karakteristik kewirausahaan dan mengembangkan atribut kepemimpinan wirausaha pada setiap tingkatan organisasi merupakan kunci pembentukan organisasi. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan menunjukkan karakter yang baik meliputi keyakinan, nilai, kemampuan dan sifat.
Menciptakan budaya kewirausahaan merupakan upaya nyata membentuk human capital (sumber daya manusia) untuk menjaga martabat dan harga diri, melepaskan diri dari subordinasi dan ketergantungan, serta mengembangan social control sebagai modal ketangguhan membanguan economic capital.

Langkah-langkah Melamar Pekerjaan Untuk Pemula

Melamar pekerjaan bagi seseorang yang telah memiliki pengalaman kerja biasanya jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan orang yang belum pernah bekerja. Penyebabnya adalah bahwa mereka yang telah berpengalaman kerja memiliki jaringan yang kuat dan keterampilan yang telah teruji. Akan tetapi bagi yang belum berpengalaman kerja tidakperlu patah semangat dalam mencari pekerjaan. Dengan strategi dan teknik yang jitu, maka pekerjaan akan mudah didapatkan.
Berikut adalah langkah-langkah melamar pekerjaan bagi anda yang belum memiliki pengalaman kerja:
1. Cari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda. Janganlah asal memilih pekerjaan, sebab ini akan membuat anda banyak mengeluh jika nanti diterima. Kemudian anda harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang anda miliki, karena ini akan mempercepat karir anda nantinya. Anda dapat mencari pekerjaan melalui lowongan pekerjaan online, koran,atau majalah.
2. Buat surat LamaranPekerjaan. Buatlah surat lamaran pekerjaan yang singkat namun jelas. Seyogyanya surat lamaran tidak boleh lebih dari satu lembar.
3. Buat Daftar Riwayat Hidup. Daftar Riwayat Hidup adalah gambaran tentang perjalanan hidup anda yang perlu diketahui oleh pihak perusahaan. Membuat Daftar Riwayat Hidup yang komprehensif dengan tampilan yang menarik akan membuat perusahaan melirik berkas lamaran anda.
4. Ikuti keinginan perusahaan. Ketika anda dipanggil untuk wawancara, pastikan anda untuk menghadirinya. Jangan melakukan negosiasi atas jadwal yang telah ditetapkan, karena ini akan membuat perusahaan beranggapan anda tidak serius dalam melamar pekerjaan.
5. Perhatikan penampilan. Penampilan adalah hal yang termudah untuk dinilai. Gunakan pakaian terbaik yang anda miliki. Anda harus terlihat rapi, bersih dan wangi.
6. Bersikap jujur. Pewawancara akan mengetahui kejujuran atas jawaban anda. Jawablah semua pertanyaan dengan singkat namun jelas, tidak pelu mengada-ada apalagi berbohong.
7. Negosiasi gaji. Ingat, anda adalah pekerja pemula. Walaupun anda memiliki keterampilan, namun keterampilan tersebut belum teruji di lapangan pekerjaan. Mintalah gaji yang ideal sesuai dengan kebutuhan hidup anda ditambah dengan rencana menabung anda.
Itulah beberapa langkah dalam melamar pekerjan untuk pemula. Secara umum, type perekrutan pekerjaan oleh perusahaan manapun akan tidak jauh berbeda. Selamat berjuang.