Category Archives: Pendidikan

ISTILAH-ISTILAH PENTING PADA BUDIDAYA UDANG

Udang merupakan komoditas yang luar biasa gurih.
Dalam satu kali panen, hasil penjualannya dapat mencapai ratusan juta rupiah. Akan tetapi budidaya udang ini tidak mudah. Budidaya udang tidak hanya memberi makan agar udang menjadi besar.
Pada budidaya udang, perlu kolaborasi antara pengetahuan teori, analisis data, dan pelaksanaan teknis di lapangan. Agar tidak terjadi gagal panen, maka kekompakan antara tim teknis lapangan
dengan analis data sangatlah perlu.

Ada beberapa istilah-istilah dalam budidaya udang yang harus diketahui
oleh pembudidaya udang, baik analis, manager, maupun pelaksana lapangan. Istilah-istilah ini sangatlah penting dan merupakan parameter-parameter utama dalam analisis operasional budidaya udang. Semua istilah ini pada prinsipnya merupakan deskripsi dari suatu angka yang yang berkaitan, yang pada akhirnya digunakan untuk mengestimasi dan menentukan kapan panen, berapa jumlah panen, dan berapa jumlah pakan, dan sebagainya. Berikut adalah istilah-istilah tersebut:

Yang pertama ada istilah yang namanya Average Body Weight atau disingkat ABW. ABW ini merupakan berat rata-rata udang per ekor.
Untuk mengetahui ABW, maka petambak akan selalu melakukan sampling udang secara berkala. Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut:
Jika diumpamakan hasil sampling udang adalah 200 gram,
dan jumlah udang dalam 200 gram tersebut terdapat 10 ekor,
Maka ABW adalah 200 gram dibagi 10 ekor sehingga ABW sama dengan 20.

Istilah yang kedua adalah SIZE..
Size merupakan ukuran yang menyatakan jumlah udang dalam berat 1 kilogram. Untuk mengetahui size udang, maka ABW harus diketahui,
karena rumus untuk mennetukan Size udang adalah 1 kg udang atau 1000 gram udang dibagi dengan ABW.

Pada contoh pertama diketahui bahwa ABW adalah 20. sehingga Size udang tersebut adalah 1000 gram dibagi dengan 20 gram per ekor sama dengan 50 yang artinya adalah bawa dalam 1 kilogram terdapat 50 ekor udang.

Semakin kecil nilai size maka ukuran udang akan semakin besar, dan semakin kecil size udang, maka harga udang per kg akan semakin tinggi.

Istilah penting yang ketiga adalah Average Daily Gain atau disingkat ADG. ADG merupakan istilah yang menyatakan pertambahan berat harian udang pada periode tertentu. Sama seperti size, parameter untuk menentukan ADG adalah dengan menggunakan nilai ABW atau Average Body Weight.

Jika kita umpamakan pada hari ke 15 ABW udang adalah 23
dan hari ke 20 abw bernilai 31, maka pertumbuhan udang per hari adalah ABW 31 dikurangi ABW 23 dibagi dengan hari 20 dikurangi hari 15 sehingga diperoleh ADG sebesar 1,6 gram per hari.

Istilah berikutnya, yang keempat dan kelima adalah:

Populasi dan Biomass

Istilah ini adalah istilah untuk udang dalam kolam budaidaya
jika populasi adalah jumlah udang yang hidup dalam suatu kolam, maka biomass adalah berat total udang yang hidup dalam suatu kolam budidaya. Hubungan antara biomass dengan populasi sangat berkaitan erat..

Untuk mencari biomass, maka nilai ABW yang diketahui dikalikan dengan populasinya sedangkan untuk mencari populasi, maka Biomass dibagi dengan ABW.

Mari kita lihat contoh perhitungan berikut ini…

Jika diketahui populasi udang dalam suatu kolam tambak adalah 120 ribu ekor dan dari hasil sampling diketahui ABW adalah 31, maka…
Biomass adalah 120 ribu dikali 31 sama dengan 3 juta 720 ribu gram
atau biomass atau berat udang yang hidup di kolam tersebut pada saat ABW 31 adalah 3.720 kg.

Istilah yang ke enam adalah SR atau survival rate..

SR atau Survival Rate mengindikasikan tingkat kehidupan udang pada suatu periode tertentu. Satuan SR dinyatakan dalam (persen). SR dapat diperoleh dengan melihat perbandingan antara udang yang dipanen
dengan jumlah udang yang di tebar di awal budidaya.

Sebagai contoh

Jika diketahui jumlah udang pada saat panen adalah 100.000 ekor dan jumlah tebar saat awal budidaya udang adalah 120.000 ekor, maka SR adalah 100.000 dibagi 120.000 dikali 100% sama dengan 83% artinya bahwa selama melakukan budidaya tersebut, dari 100 ribu ekor yang ditebar, udang yang hidup hinga panen adalah sebanyak 83 persen.


Istilah berikutnya yang penting untuk diketahui adalah…
Feeding Rate atau disingkat FR

FR menyatakan prosentase pakan yang yang harus diberikan dalam satu hari. Dengan diketahui feeding rate, dan diketahuinya ABW serta Biomass, maka dapat ditentukan jumlah pakan yang dibutuhkan per hari

Perhatikan contoh berikut

Diketahui berdasarkan sampling, ABW udang suatu kolam adalah 30 dan Biomass dihitung sebanyak 3.720 kg. Tentukan jumlah pakan per hari kolam tersebut.

Untuk menentukan jumlah pakan per hari kolam tersebut,
yang pertama harus dilakukan adalah menentukan FR untuk ABW 30 tersebut. Dari tabel diketahui bahwa nilai FR untuk ABW 30 (klik) adalah 2,8. Dengan demikian jumlah pakan per hari kolam tersebut adalah
3.720 dikali 2,8% sama dengan 104,16 kg.

Istilah penting yang terakhir dalam budidaya udang adalah
Feed Convertion Ratio atau disingkat FCR

Feed Convertion ratio atau FCR merupakan nilai yang menyatakan
perbandingan antara jumlah pakan yang dihabiskan dalam satu siklus
budidaya udang dengan biomass udang saat panen, atau total berat udang yang di panen.

Sebagai contoh
Jika diketahui bahwa berat udang yang dipanen atau biomass akhir adalah 3.720 kg, dan jumlah pakan yang dihabiskan adalah sebanyak 4.500 kg, maka FCR untuk budidaya udang pada siklus tersebut tersebut adalah 4.500 dibagi dengan 3.720 sama dengan 1,20.

Penjelasan pada nilai FCR ini, semakin kecil nilai FCR maka operasi budidaya udang pada siklus tersebut semakin baik. Nilai FCR yang besar menunjukkan bahwa pakan terlalu banyak, dan hal ini berujung pada membengkaknya biaya pembelian pakan.

Semakin membengkak biaya pakan, maka tentu saja akan semakin
memperkecil laba usaha budidaya udang tersebut….

Itulah beberapa istilah-istilah penting dalam budidaya udang dimana semuanya adalah saling terkait dan menentukan sukses tidaknya
budidaya udang. Semakin cermat dalam menganalisis parameter-parameter ini, maka keputusan yang dibuat dalam operasi budidaya udang akan semakin tepat. Dan akhirnya laba operasi akan menjadi maksimal…

4 Level mengajar Secara Online

Kali ini saya mau review mengenai 4 level mengajar secara online. Ini merupakan pendapat saya mengenai bagaimana cara pengajar mentransfer ilmunya secara daring kepada peserta didiknya dalam kondisi #mengajarpascapandemi. Ok, kita mulai:

LEVEL 1.

Pada level ini, pengajar mengajar seperti biasa layaknya mengajar secara tatap muka dimana peserta didiknya ada di kelas. Papan tulis dan spidol boardmarker menjadi media untuk mengajar. yang membedakan adalah bahwa pada mengajar daring, peserta didiknya sekarang tidak di kelas melainkan ada di rumah masing-masing. Peserta didik ditampilkan melalui aplikasi zoom dan di proyeksikan melalui proyektor InFocus ke layar. Oleh sebab itu setting kelas dibuat seperti biasa, namun ditambahkan perlengkapan multi media seperti laptop, kamera, dan microphone. Lihat video setting kelas online sederhana.

LEVEL 2

Pada metode mengajar daring atau online level 2, pengajar tidak menggunakan papan tulis sebagai medianya, namun menggantinya dengan pen tablet. Pen tablet ini sebagai alat tulis digital, dimana dikombinasikan dengan aplikasi microsoft whiteboard. Dengan demikian, whiteboard virtual ini akan di share melalui fasilitas share screen pada zoom.

LEVEL 3

Pada mengajar level 3, pengajar menyampaikan materinya berupa slide-slide presentasi yang dibuat melalui aplikasi Microsoft Power Point. Slide presentasi ini di share melalui fasilitas share screen pada zoom.

Level 4

Mengajar pada level ini merupakan metode mengajar level paling tinggi, dan membutuhkan kreatifitas pengajarnya yang sangat tinggi. Pengajar membuat video pembelajaran baik animasi, praktek, maupun lainnya, dan selanjutnya video ini dishare ke para peserta didik baik melalui aplikasi zoom atau aplikasi lainnya. Di ujung video, biasanya pengajar memberikan penugasan kepada siswa terkait dengan materi belajar yang di-video-kan tersebut. Untuk melihat contoh video belajar LEVEL 4 ini, bisa klik video ini.

Itulah 4 level mengajar secara online untuk menyikapi pandemi yang saat ini sedang mewabah. Semua tergantung kesiapan pendidik, kelengkapan alat, dan tentu saja kemauan pendidik dalam berkreasi menyampaikan materi belajarnya. Salam #mengajarpascapandemi

Ilmu Pelayaran Datar Bagian 1: memahami bentuk dan ukuran bumi

Ini adalah salah satu materi mengajar dalam bidang nautika, tepatnya adalah tentang Ilmu Pelayaran Datar. Pada ilmu pelayaran datar bagian 1 ini, kita akan mempelajari tentang memahami bentuk dan ukuran bumi. Namun sebelum mempelajari lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu ilmu pelayaran. Ilmu Pelayaran adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengajarkan cara untuk melayarkan sebuah kapal dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan selamat aman dan ekonomis

Ilmu pelayaran, dibagi menjadi 3 bidang ilmu, yaitu:

  1. Ilmu Pelayaran Datar, yaitu Ilmu Pelayaran yang menggunakan benda benda bumiawi seperti gunung, mercusuar, atau tanjung sebagai pedoman dalam membawa kapal dari satu tempat ketempat lain.
  2. ilmu Pelayaran Astronomi, yaitu Ilmu Pelayaran yang menggunakan benda benda angkasa seperti matahari, bulan, atau bintang sebagai pedoman dalam membawa kapal dari satu tempat ketempat lain.
  3. Navigasi Elektronik, yaitu ilmu pelayaran dengan menggunakan alat-alat navigasi elektronik seperti radar, GPS, peta elektronik, dan kompas elektronik.

OK. Sekarang kita fokus pada bentuk dan ukuran bumi. Bentuk bumi sebetulnya tidak bulat sempurna, melainkan bulat pepat atau spheroid. Posisi bumi pun sebetulnya tidak tegak lurus. Posisi bumi justru miring sebesar 23,4o derajat dari sumbu vertikal/ Dan sudut yang dibentuk antara sumbu vertikal dengan poros bumi ini disebut dengan sudut inklinasi.

Keliling bumi adalah 40.030 km, sedangkan berat bumi adalah 5,972 x 1024 kg. Bandingkan dengan berat planet mars yang hanya 1/10 berat bumi. Itu artinya bahwa jika seorang manusia di bumi memiliki berat 100 kg, maka ketika orang tersebut pindah ke planet mars beratnya menjadi hanya 10 kg. Ini terjadi karena massa dan gaya gravitasi planet mars lebih kecil dari massa dan gaya gravitasi planet bumi.

Lihat materi mengenai ilmu pelayaran datar bagian 1: memahami bentuk dan ukuran bumi dalam bentuk video dengan klik link ini.

Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir Lengkap Surat Per Surat

Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir Lengkap Surat Per Surat merupakan aplikasi yang bisa langsung dibuka tanpa instalasi yang rumit.  Tidak rumit, karena file ini merupakan file berekstensi .exe, sehingga dapat langsung dibuka di komputer atau tablet. Tinggal Copy, dan Paste saja. tafsir ini disusun dalam surat per surat, sehingga memudahkan pembaca untuk mencari referensi penafsiran surat-surat dalam Al-Qur’an. Aplikasi ini juga menyeiakan tools print sehingga dapat langsung di print jika ingin membacanya dalam bentuk hard copy.

Tafsir Ibnu Katsir adalah tafsir terkenal yang sering dijadikan bahan rujukan para ulama. Tafir ini sering dijadikan sebagai bahan rujukan karena metode penafsirannya yang diakui oleh para ulama cukup baik. Adapun metode penafsiran Ibnu Katsir adalah disusun melalui 4 langkah sebagai berikut:

  1. Ibnu katsir menyatakan dalam kitab tafsir Ibnu Katsir pada bagian pendahuluannya menyatakan bahwa Tafsir yang benar adalah menafsirkan ayat Al-Qur’an dengan Al-Qur’an itu sendiri. Maksudnya menafsirkan ayat Al-qur’an dengan ayat lainnya yang terdapat dalam surat-surat lain dalam Al-Qur’an.
  2. Selanjutnya bila penafsiran Al-Qur’an dengan Al-Qur,an tidak didapatkan, maka Al-Qur’an harus ditafsirkan dengan hadis Nabi Muhammad SAW, sebab hadis Nabi Muhammad SAW berfungsi untuk menerangkan isi Al-Qur’an.
  3. Jika penafsiran Al-Qur’an dengan hadis Nabi Muhammad SAW tidak didapatkan, maka Al-Qur’an ditafsirkan melalui penelaahan pendapat para sahabat. Hal ini adalah karena  karena para sahabat adalah orang yang paling mengetahui konteks sosial turunnya Al-Qur’an. Atau dapat dikatakan bahwa para sahabat ini merupakan saksi hidup atas turunnya ayat-ayat Al-Qur’an.
  4. Jika penafsiran Al-Qur’an dengan pendapat para sahabat ini tidak didapatkan, maka pendapat dari para tabiin dapat diambil untuk menafsirkan ayat tersebut.

Oleh sebab itu, dalam isi kitabnya, Ibnu Katsir selalu menampilkan ayat-ayat Al-Qur’an lain, hadis-hadis Nabi Muhammad SAW, kisah para sahabat, ataupun pendapat para tabiin dalam menafsirkan suatu ayat Al-Qur’an. Buku tafsir Ibnu Katsir tersusun menjadi 10 Bab, akan tetapi melalui aplikasi ini, Tafsir Ibnu Katsir disusun berdasarkan surat per surat, dan diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Memroy yang diperlukan juga tidak besar, sehingga tidak memberatkan kinerja komputer ataupun tablet anda. Aplikasi ini diambil dari kapungsunnah.org, akan teteapi setelah di cek websitenya, website ini sepertinya sudah tidak tersedia lagi.

Anda dapat melihat file-file lain yang bisa di download di website ini.

#mengajar Pasca pandemi: Bagaimana Mengajar Praktek Ketika Siswa Belajar dari Rumah?

Baru-baru ini kementerian pendidikan merilis panduan mengenai cara belajar daring. Berdasarkan panduan ini, sudah dapat dipastikan bahwa para guru, dosen, maupun pendidik lainnya harus memiliki cara dan keterampilan baru dalam mengajar. Mengajar secara konvensional dalam bentuk tatap muka di kelas tidak lagi dilakukan. Maklumlah, ini demi menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa para peserta didik maupun pendidiknya. Bahkan berita di salah satu stasiun televisi menyatakan bahwa kurang lebih 60% orang tua murid tidak mengharapkan siswanya untuk berangkat ke sekolah. Mereka menginginkan siswa tetap di rumah. Kekhawatiran orang tua patut diapresiasi, namun demikian proses belajar mengajar harus tetap dilakukan, karena bagaimanapaun pendidikan meru[akan kunci kemajuan suatu bangsa.

Persoalan yang muncul adalah bagaimana dengan metode mengajar yang relevan dengan kondisi saat pandemi dan pasca pandemi ? Lebih jauh lagi bagaimana dengan pendidikan-pendidikan vokasi yang konsep belajarnya adalah berfokus pada keterampilan peserta didik? Bagaimana Mengajar Praktek Ketika Siswa Belajar dari Rumah? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul di benak para pendidik yang tetap bersemangat agar ingin peserta didiknya memiliki keterampilan di saat pandemi ini.

Menurut saya, ada satu cara yang dirasa jitu agar siswa tetap dapat melakukan belajar praktek  atas suatu materi ajar, yaitu melalui video. Video yang diberikan kepada siswa adalah mengenai demonstrasi suatu materi pelajaran yang dipraktekan namun dengan alat dan media yang mudah diperoleh siswa ketika sedang berada di rumah. Video tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat mengikutinya dengan cepat dan mudah. Perlu diperhatikan pula bahwa dalam video tersebut, harus ditayangkan pula mengenai alat dan bahan yang akan digunakan, sekali lagi alat dan bahan yang digunakan tersebut adalah alat dan bahan yang mudah dan murah di dapat.

Memang dalam kondisi pasca pandemi ini para guru dan tenaga pendidik lainnya selain harus menguasai materi ajar, mereka juga harus menguasai tambahan keterampilan baru di bidang aplikasi teknologi informasi. Dan satu lagi adalah semangat dan ketekunan untuk putar otak membuat materi-materi belajar yang memadukan antara ilmu pengetahuan dan teknologi. Memang sangat melelahkan dan menguras energy, tapi yakinlah bahwa jika hal ini dilakukan dengan penuh semangat dan keikhlasan, dan tentu saja dengan penuh integritas, maka hasil sudah tentu tidak akan membohongi proses. Proses yang dilakukan dengan baik dan konsisten, sudah pasti akan membuahkan hasil yang baik. Walaupun kita belum mengetahui kapan hasil tersebut diperoleh.

#MENGAJAR PASCA PANDEMI: CARA AGAR SUBTITLE TERPASANG PERMANEN DI VIDEO BAHAN AJAR BERBAHASA ASING

Sebelum membaca artikel Mengajar Pasca Pandemi : CARA AGAR SUBTITLE TERPASANG PERMANEN DI VIDEO,  pada artikel lalu telah dijelaskan mengenai cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa Inggris. Seperti diketahui, subtitle video bahan ajar yang dibuat merupakan file yang terpisah dengan video bahan ajar. Hal ini akan menjadi kendala ketika file subtitle rusak atau tidak terbaca, maka video tidak akan ada subtitle-nya. Pun demikian ketika video ini di sebar ke peserta didik, maka peserta didik harus memastikan bahwa dalam folder yang dikirim sudah terdapat 2 file, yaitu file video berformat .mkv dan file subtitle berformat .srt. Resiko besar file subtitle hilang sangat dimungkinkan jika subtitle tidak terpasang secara permanen di video bahan ajar.

Bahkan, ketika video anda upload ke channel Youtube anda, Maka yang tampil hanyalah video yang tanpa subtitle. Padahal anda menginginkan bahwa video di youtube anda ada subtitle/terjemahannya bukan? Tidak usah bingung, tidak usah khawatir kali ini akan dipaparkan mengenai cara agar subtitle terpasang permanen di video bahan ajar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan file video bahan ajar berformat .mkv dan file subtitle berformat .srt yang telah dibuat dalam satu folder.
  2. Buka aplikasi mkvtoolnix-gui. Jika belum punya download disini.
  3. Diasumsikan bahwa anda sudah punya aplikasi mkvtoolnix-gui. (Jika belum ya harus download dulu dong).. Setelah di klik mkvtoolnix-gui.exe maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

cara agar subtitle video terpasang permanen di video bahan ajar
tampilan awal mkvtoolnix.gui pada cara agar subtitle video terpasang permanen di video bahan ajar

4. Selanjutnya klik add source file. Lihat gambar di bawah:

add source file pada mkvtoolnix
add source file pada mkvtoolnix

5. Kemudian pilih dua file, yaitu file video .mkv dan file subtitle .srt yang telah disiapkan, lalu klik open. Sehingga kedua file muncul di kolom source file.Seperti terlihat pada gambar berikut:

file yang terupload di mkvtoolnix.gui
file yang terupload di mkvtoolnix.gui

6.Pilih Select destination file untuk menentukan lokasi penyimpanan video baru. Lihat gambar.

Tombol pada mkvtoolnix untuk memilih destination file
Tombol pada mkvtoolnix untuk memilih destination file

7. Setelah menentukan lokasi, buat nama file baru misal: video belajar_dengan subtitle. Kemudian klik save.

8. Selanjutnya klik Start multiplexing. Lihat gambar.

tombol untuk menggabungkan file video dan subtitle pada aplikasi mkvtoolnix.gui
tombol untuk menggabungkan file video dan subtitle pada aplikasi mkvtoolnix.gui

9.Tunggu beberapa saat hingga progress mencapai 100%. Dan hasilnya bisa anda buka di destination file yang sudah anda tentukan tadi.

Demikian tutorial atau cara agar subtitle terpasang permanen di video bahan ajar berbahasa asing. Setelah ini selesai, anda bisa upload video anda ke youtube. Lihat mengajar pasca pandemi cara agar subtitle terpasang permanen di video bahan ajar berbahasa asing versi video.

#MENGAJAR PASCA PANDEMI : Cara Melakukan Subtitling Video Bahan Ajar Berbahasa Inggris

Cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa inggris disaat Mengajar pasca pandemi covid-19 adalah tantangan baru bagi para guru, dosen maupun pendidik lainnya di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang berlangsung menyebabkan kelas-kelas belajar konvensional ditiadakan. Para peserta didik dirumahkan, namun proses pembelajaran harus tetap berjalan. DEMI MASA DEPAN ANAK BANGSA!! Oleh sebab itu, gaya mengajar harus dimodifikasi agar materi belajar tetap sampai walaupun siswa atau peserta didik berada di rumah. Dibutuhkan kreativitas, kemauan, dan keterampilan tambahan dalam mengajar pasca pandemi ini. Mengajar pasca pandemi tidak lagi secara konvensional melalui tatap muka di kelas yang hanya mengandalkan buku, teks, papan tulis, spidol, atau proyektor merk InFocus saja. Mengajar pasca pandemi membutuhkan tambahan alat dukung belajar lainnya, yaitu jaringan internet, gadget, computer,dan video-video belajar.

Video adalah cara mengajar pasca pandemi yang dirasa cukup efektif untuk transfer materi belajar ke peserta didik. Akan tetapi, membuat video, apalgi yang disertai animasi atau tampilan menarik lainnya dirasa agak sulit dibuat oleh pengajar. Belum lagi sebelum video di share ke peserta didik, video harus di edit terlebih dahulu. Ini lumayan menguras energy, keterampilan, dan waktu yang tidak sedikit.

Alternatif yang lebih mudah adalah dengan cara melakukan subtitling (membuat subtitle) video bahan ajar yang banyak tersedia dan dapat di-download di Youtube. Karena biasanya materi ajar yang dibuat oleh orang asing sangat menarik dan atraktif. Berikut adalah cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa inggris. Namun sebelum melakukannya, anda harus mempersiapkan aplikasi-aplikasi berikut di computer anda (boleh software yang tertanam di computer maupun dilakukan secara online).

Alat-alat:

  1. Aplikasi notepad. Untuk membuat teks subtitle.
  2. Alat pemutar video (media player, cyberlink, atau aplikasi bawaan computer anda, atau lainnya). Untuk memutar video.
  3. Aplikasi video converter (format factory, video converter, atau lainnya). Untuk merubah file video.
  4. Aplikasi dokumen converter. Untuk merubah file teks subtitle.
  5. Aplikasi Kamus Bahasa Inggris.
  6. Kalau mau lebih enak, siapkan 2 atau 3 layar monitor (1 untuk melihat film, 1 untuk membuat subtitle, 1 untuk buka kamus).

Langkah-langkah:

  1. Pilih dan download video yang sesuai dengan materi belajar (Pastikan perencanaan pembelajaran sudah dibuat ya. Tips nya klik DISINI). Anda dapat download video dari mana saja, yang umum adalah dari Youtube.
  2. Buka video hasil download di computer anda.
  3. Buka aplikasi notepad di computer anda. Jika mau pake online gunakan aplikasi di website https://toolslick.com/conversion/subtitle/txt-to-srt.
  4. Buat script subtitle dengan urutan sebagai berikut:
  5. Ketik nomor urut subtitle atau teks
  6. Ketik waktu penayangan disesuaikan dengan waktu pada video
  7. Ketikan kalimat subtitle
  8. Beri spasi untuk membuat nomor urut subtitle berikutnya
  9. Ulangi langkah a,b,c, dan d hingga video selesai.

Hasilnya lihat contoh gambar di bawah ini.

contoh script subtitle

5. Jika sudah selesai, save file tersebut dalam format .srt. Jika notepad subtitle disimpan dalam bentuk file .txt, maka harus di convert menjadi format .srt.

6. File video harus dalam format .mkv. Jika file video berformat lain (Misal: MP4, atau MPEG) maka harus di convert menjadi .mkv. Untuk melakukan hal ini anda bisa menggunakan software format factory atau video converter secara online.

7. Buat satu folder yang isinya adalah video bahan ajar .mkv dan file subtitle .srt tersebut.

8. Pastikan nama file video sama dengan nama file subtitle-nya. Lihat gambar di bawah ini.

 

subtitiling video bahan ajar

9. Buka video di media player atau pemutar video lainnya. Jangan lupa klik tombol subtitle (biasanya di pojok kiri atau kanan pemutar video) dan pilih nama file subtitle yang sudah dibuat.

Subtitling video sudah selesai, dan folder film sudah bisa di share ke peserta didik. Tapi ingat !! Folder yang dikirim ke peserta didik harus berisi dua file tersebut ya (file film dan file subtitle), karena subtitlenya tidak tertempel secara permanen. Untuk mengetahui cara membuat subtitle secara permanen di video akan dibahas di artikel berikutnya. Klik disini untuk melihat cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa inggris versi video. Atau klik video berjudul cara kapal layar melaju untuk melihat video bahan ajar bersubtitle yang sudah saya buat.

#Mengajar pasca pandemi: tips Merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan channel youtube

Sebelum membahas tips merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan channel youtube, sebaiknya saya kasih tahu dulu justifikasi-nya ya…Sudah seringkali dalam beberapa tulisan saya terdahulu bahwa mengajar pasca pandemi itu berbeda dengan mengajar pada saat sebelum pandemi berlangsung. Mengajar pasca pandemi mengharuskan para pendidik (termasuk didalamnya adalah guru, dosen, widyaisawara atau lainnya) menjadi lebih kreatif dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Peserta didik yang saat ini berada di rumah dan diharuskan untuk belajar dari rumah akan sulit dipantau aktifitas belajarnya. Jika belajar tanpa tugas, para pendidik tidak dapat mengukur capaian pembelajaran peserta didiknya, Jika terlalu banyak tugas, peserta didik akan merasa keberatan, dan ini akan mengganggu minat dan semangat mereka dalam belajar.

Pun demikian halnya dengan materi belajar. materi ajar yang tidak menarik akan membuat siswa tidak berminat terhadap mata pelajaran yang akan diajarkan. Memberikan materi-materi berupa slide presentasi yang tanpa penejelasan, atau daftar buku text yang harus dibaca, pada kondisi mengajar pasca pandemi ini diaras kurang pas dan kurang menarik. Saat ini, materi ajar yang dirasa menarik dan memungkinkan peserta didik untuk selalu fokus pada materi adalah melalui video pembelajaran. Dan yang paling menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran berbasis video adalah melalui channel youtube.

Berikut adalah tips merencanakan pembelajaran dengan menggunakan channel youtube agar video yang anda buat dan anda upload dapat diterima dan dimengerti dengan baik dan jelas oleh peserta didik anda.

  1. Perhatikan silabus pembelajaran, Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar, dan Capaian Pembelajaran suatu materi. Ini penting agar video yang anda buat dapat fokus kepada sasaran.
  2. Baca dan perhatikan sumber belajar. Sumber belajar dapat berupa buku ajar, jurnal, atau lainnya yang relevan dengan standar kompetensi yang akan diajarkan. Dengan membaca sumber belajar maka bayangan mengenai video yang akan dibuat dapat terimajinasikan.
  3. Tentukan konsep video yang akan dibuat. apakah berbentuk presentasi yang divideokan, video demonstrasi, virtual audience atau virtual student video, video animasi, video tutorial, atau video belajar dengan subtitle. Untuk memahami macam-macam konsep video belajar, nanti akan dibahas pada artikel berikutnya ya…tunggu aja.
  4. Buat Rencana Pembelajaran atau RPP. RPP pada konsep belajar dengan menggunakan video dapatlah juga disebut script skenario video belajar. Buat script sedetail mungkin, termasuk kalimat-kalimat yang akan diucapkan oleh anda sebagai pengajar. Ini agar anda tidak kaku dalam bicara di depan kamera. kalo sudah biasa di depan kamera sih mungkin sudah alamiah saja sikapnya, tapi jika jarang di depan kamera, apalagi belum pernah sama sekali di depan kamera video, dijamin akan canggng dan kaku. Oleh sebab itu script belajar itu penting.
  5. Siapkan gadget yang dibutuhkan. Apa saja gadgetnya? ya minimal kamera lah. Akan tetapi sebetulnya setiap konsep belajar dengan video memerlukan gadget yang berbeda..lagi-lagi…akan dibahas pada artikel berikutnya.
  6. Siapkan channel youtube. Jelas ini harus punya, karena namanya juga belajar dengan memanfaatkan channel youtube.
  7. Cari orang yang bisa bantu. Orang yang bisa bantu ini tergantung dari kebutuhanny, apakah anda butuh kameramen atau editor. Tak perlu yang mahir, yang penting bisa memudahkan anda dalam membuat video. Dan yang lebih penting, JANGAN NYURUH ORANG UNTUK BUAT SCRIPT RENCANA PEMBELAJARANNYA YA.!!Sebab anda adalah pendidik, dan Rencana Pembelajaran atau sekarang adalah script video merupakan tanggung jawab anda sepenuhnya. Jangan pula anda nyuruh orang, tapi hasil kerjanya anda ambil untuk DUPAK anda…dan orang itu tidak anda kasih kompensasi sedikit pun. Wah..tidak baik itu…bahkan..itu mah dosa….

Ok. Demikian tips merencanakan pembelajaran dengan channel youtube. Silahkan klik disini atau untuk melihat video-video yang saya buat. Oh ya, video saya sih gak bagus-bagus amat, tapi setidaknya ada usaha lah buat tetap mengajar pasca pandemi ini yang entah kapan akan berakhir…

CARA MENAMPILKAN SELURUH JUDUL POSTINGAN DI HALAMAN WORDPRESS

Berjumpa lagi di blog pendidikan milenial kita, kali ini kita akan membahas cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman worpress.  Jika kita sudah banyak menulis artikel atau postingan di wesite kita sendiri, maka kita dapat membuat suatu halaman tersendiri pada WordPress yang isinya adalah daftar semua judul tulisan yang pernah kita posting. Tujuan dari pembuatan halamn ini adalah untuk menarik minat pengunjung untuk membaca lebih banyak artikel yang kita tulis. Tentu saja ini dapat meningkatkan reputasi dan traffic website kita. Berikut ini adalah cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman worpress.

1.Download plugin Simple Yearly Archive.Klik start download. Jika muncul tampilan download complete. Klik close.

Download plugin simple yearly archive2. Buka dashboard wordpress anda. Klik Plugins — add new—upload plugin. Akan muncul tampilan seperti ini:

3. Klik choose file, dan pilih file simple-yearly-archive hasil download tadi (File tersebut berbentuk zip file). Kemudian klik install now, lalu klik activate.

4. Setelah plugin aktif, lakukan penyetingan dengan cara klik plugin pada dashboard wordpress, Cari nama plugin simple yearly archive, lalu klik setting.

5. Akan muncul tampilan options seperti ini:

Pada kolom “Before/After (Year Headline), isikan <div> dan </div> seperti contoh pada gambar. Berikan tanda centang pada pilihan “show post count for each year”. Lalu klik update option. Lihat gambar di bawah ini:

Jika muncul tampilan setting successfully installed, maka itu berarti plugin terinstall dengan benar.

6. Berikutnya buat halaman atau page baru dengan cara klik Pages di dashboard worpress, kemudian add new. Lihat gambar di bawah ini.

7. Pada layar computer akan muncul tampilan halamn baru. Pada “ADD TITLE”. Buat judul halamn sesuai dengan selera anda. Misal : DAFTAR ARTIKEL SAYA. Kemudian klik tanda (+) dan klik “custom html”. Lihat gambar di bawah ini.

8. Masukkan shortcode atau ketikkan salah satu kalimat berikut pada kolom yang tersedia.

Terakhir klik publish. Lihat gambar dibawah ini.

9. Tampilan seluruh judul postingan akan muncul di halaman tersendiri pada website wordpress anda.

Itulah cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman wordpress. Klik disini untuk melihat cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman wordpress versi video.

ALTERNATIF MENGAJAR PASCA PANDEMI COVID-19

ALTERNATIF ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CARA MENGAJAR JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN YOUTUBE CHANNELMENGAJAR PASCA PANDEMI

Pasca pandemi covid-19 merebak di Indonesia, maka kebiasaan hidup setiap orang akan mengalami perubahan. Pun demikian dengan kegiatan belajar mengajar. Jika sebelum pandemi, kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui tatap muka di kelas, maka pada saat pandemi kegiatan mengajar dilakukan secara jarak jauh. Mungkin saja hal ini akan berlangsung terus hingga pasca pandemi. Konsekuensi dari hal ini adalah bahwa pendidik atau pengajar mau tidak mau harus melek teknologi. Para pengajar harus mau dan mampu kreatif dalam menyampaikan materi ajar dengan menggunakan berbagai alternatif mengajar pasca pandemi covid-19.

Kreatif dalam mengajar pasca pandemi secara jarak jauh tidak hanya dilihat dari penggunaan aplikasi yang canggih, namun yang paling penting adalah bagaimana setiap peserta didik dapat menerima materi dengan baik. Adalah penting untuk mempertimbangkan pemilihan metode mengajar jarak jauh dengan tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Harapannya adalah agar pengajar tidak sia-sia dalam melakukan proses belajar mengajar dan peserta didik dapat secara efektif dan efisien menyerap ilmu yang disampaikan. Untuk itu maka pengajar harus tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing metode mengajar jarak jauh ini. Berikut saya tampilkan kelebihan dan kekurangan 3 metode mengajar secara jarak jauh, yaitu :

  1. Menggunakan aplikasi zoom
  2. Menggunakan aplikasi Google Classroom
  3. Menggunakan Youtube Channel

Kelebihan dan kekurangan ketiga metode ini disajikan dalam bentuk matriks dan didasarkan kepada beberapa kriteria keberhasilan suatu proses belajar mengajar.

Adapun kriterianya adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas penyampaian materi.

Kualitas penyampaian materi maksudnya adalah penggunaan berbagai variasi dalam penyampaian materi ajar, baik itu media yang digunakan, teknik penyampaian, suara, maupun gerak-gerik pengajar. Semakin banyak variasi yang digunakan maka kualitas penyampaian materi dianggap baik.

  1. Perilaku peserta didik ketika menggunakan aplikasi dalam ketiga metode belajar tersebut.

Perilaku peserta didik maksudnya adalah bagaimana respon para peserta didik dalam menggunakan aplikasi tersebut. Apakah terlihat prilakunya secara langsung atau tidak.

  1. Tingkat kesulitan pengajar dalam mempersiapkan materi.

Tingkat kesulitan ini menyangkut waktu yang digunakan untuk mempersiapkan bahan mengajar. Selain itu tingkat kesulitan ini juga berarti keterampilan yang dibutuhkan pengajar dalam membuat materi ajar dengan menggunakan ketiga metode mengajar pasca pandemi ini

  1. Hubungan interaktif antara pengajar dengan peserta didik.

Tolok ukurnya adalah apakah siswa dan pengajar dapat melakukan tanya-jawab pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

  1. Kontrol pengajar terhadap peserta didik pada saat proses belajar berlangsung.

Tolok ukur kriteria ini adalah apakah pengajar dapat mendeteksi kehadiran peserta didik pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

  1. Kualitas bukti mengajar

Kualitas bukti mengajar ini maksudnya adalah pengakuan orang lain atau institusi, atau system terhadap bukti atau rekaman kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan ketiga cara diatas.

  1. Isi materi

Ini berarti isi materi yang akan disampaikan. Misal: apakah suatu metode mengajar dapat digunakan untuk menjelaskan materi belajar praktek atau tidak,

Ok, tanpa perlu panjang lebar lagi berikut saya sajikan matriks perbedaan 3 metode mengajar jarak jauh yang sekarang lagi trend pasca pandemic covid-19.

 

matriks alternatif mengajar pasca pandemi covid-19