Category Archives: Pendidikan

#MENGAJAR PASCA PANDEMI: CARA AGAR SUBTITLE TERPASANG PERMANEN DI VIDEO BAHAN AJAR BERBAHASA ASING

Sebelum membaca artikel Mengajar Pasca Pandemi : CARA AGAR SUBTITLE TERPASANG PERMANEN DI VIDEO,  pada artikel lalu telah dijelaskan mengenai cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa Inggris. Seperti diketahui, subtitle video bahan ajar yang dibuat merupakan file yang terpisah dengan video bahan ajar. Hal ini akan menjadi kendala ketika file subtitle rusak atau tidak terbaca, maka video tidak akan ada subtitle-nya. Pun demikian ketika video ini di sebar ke peserta didik, maka peserta didik harus memastikan bahwa dalam folder yang dikirim sudah terdapat 2 file, yaitu file video berformat .mkv dan file subtitle berformat .srt. Resiko besar file subtitle hilang sangat dimungkinkan jika subtitle tidak terpasang secara permanen di video bahan ajar.

Bahkan, ketika video anda upload ke channel Youtube anda, Maka yang tampil hanyalah video yang tanpa subtitle. Padahal anda menginginkan bahwa video di youtube anda ada subtitle/terjemahannya bukan? Tidak usah bingung, tidak usah khawatir kali ini akan dipaparkan mengenai cara agar subtitle terpasang permanen di video bahan ajar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan file video bahan ajar berformat .mkv dan file subtitle berformat .srt yang telah dibuat dalam satu folder.
  2. Buka aplikasi mkvtoolnix-gui. Jika belum punya download disini.
  3. Diasumsikan bahwa anda sudah punya aplikasi mkvtoolnix-gui. (Jika belum ya harus download dulu dong).. Setelah di klik mkvtoolnix-gui.exe maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
cara agar subtitle video terpasang permanen di video bahan ajar
tampilan awal mkvtoolnix.gui pada cara agar subtitle video terpasang permanen di video bahan ajar

4. Selanjutnya klik add source file. Lihat gambar di bawah:

add source file pada mkvtoolnix
add source file pada mkvtoolnix

5. Kemudian pilih dua file, yaitu file video .mkv dan file subtitle .srt yang telah disiapkan, lalu klik open. Sehingga kedua file muncul di kolom source file.Seperti terlihat pada gambar berikut:

file yang terupload di mkvtoolnix.gui
file yang terupload di mkvtoolnix.gui

6.Pilih Select destination file untuk menentukan lokasi penyimpanan video baru. Lihat gambar.

Tombol pada mkvtoolnix untuk memilih destination file
Tombol pada mkvtoolnix untuk memilih destination file

7. Setelah menentukan lokasi, buat nama file baru misal: video belajar_dengan subtitle. Kemudian klik save.

8. Selanjutnya klik Start multiplexing. Lihat gambar.

tombol untuk menggabungkan file video dan subtitle pada aplikasi mkvtoolnix.gui
tombol untuk menggabungkan file video dan subtitle pada aplikasi mkvtoolnix.gui

9.Tunggu beberapa saat hingga progress mencapai 100%. Dan hasilnya bisa anda buka di destination file yang sudah anda tentukan tadi.

Demikian tutorial atau cara agar subtitle terpasang permanen di video bahan ajar berbahasa asing. Setelah ini selesai, anda bisa upload video anda ke youtube. Lihat mengajar pasca pandemi cara agar subtitle terpasang permanen di video bahan ajar berbahasa asing versi video.

#MENGAJAR PASCA PANDEMI : Cara Melakukan Subtitling Video Bahan Ajar Berbahasa Inggris

Cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa inggris disaat Mengajar pasca pandemi covid-19 adalah tantangan baru bagi para guru, dosen maupun pendidik lainnya di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang berlangsung menyebabkan kelas-kelas belajar konvensional ditiadakan. Para peserta didik dirumahkan, namun proses pembelajaran harus tetap berjalan. DEMI MASA DEPAN ANAK BANGSA!! Oleh sebab itu, gaya mengajar harus dimodifikasi agar materi belajar tetap sampai walaupun siswa atau peserta didik berada di rumah. Dibutuhkan kreativitas, kemauan, dan keterampilan tambahan dalam mengajar pasca pandemi ini. Mengajar pasca pandemi tidak lagi secara konvensional melalui tatap muka di kelas yang hanya mengandalkan buku, teks, papan tulis, spidol, atau proyektor merk InFocus saja. Mengajar pasca pandemi membutuhkan tambahan alat dukung belajar lainnya, yaitu jaringan internet, gadget, computer,dan video-video belajar.

Video adalah cara mengajar pasca pandemi yang dirasa cukup efektif untuk transfer materi belajar ke peserta didik. Akan tetapi, membuat video, apalgi yang disertai animasi atau tampilan menarik lainnya dirasa agak sulit dibuat oleh pengajar. Belum lagi sebelum video di share ke peserta didik, video harus di edit terlebih dahulu. Ini lumayan menguras energy, keterampilan, dan waktu yang tidak sedikit.

Alternatif yang lebih mudah adalah dengan cara melakukan subtitling (membuat subtitle) video bahan ajar yang banyak tersedia dan dapat di-download di Youtube. Karena biasanya materi ajar yang dibuat oleh orang asing sangat menarik dan atraktif. Berikut adalah cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa inggris. Namun sebelum melakukannya, anda harus mempersiapkan aplikasi-aplikasi berikut di computer anda (boleh software yang tertanam di computer maupun dilakukan secara online).

Alat-alat:

  1. Aplikasi notepad. Untuk membuat teks subtitle.
  2. Alat pemutar video (media player, cyberlink, atau aplikasi bawaan computer anda, atau lainnya). Untuk memutar video.
  3. Aplikasi video converter (format factory, video converter, atau lainnya). Untuk merubah file video.
  4. Aplikasi dokumen converter. Untuk merubah file teks subtitle.
  5. Aplikasi Kamus Bahasa Inggris.
  6. Kalau mau lebih enak, siapkan 2 atau 3 layar monitor (1 untuk melihat film, 1 untuk membuat subtitle, 1 untuk buka kamus).

Langkah-langkah:

  1. Pilih dan download video yang sesuai dengan materi belajar (Pastikan perencanaan pembelajaran sudah dibuat ya. Tips nya klik DISINI). Anda dapat download video dari mana saja, yang umum adalah dari Youtube.
  2. Buka video hasil download di computer anda.
  3. Buka aplikasi notepad di computer anda. Jika mau pake online gunakan aplikasi di website https://toolslick.com/conversion/subtitle/txt-to-srt.
  4. Buat script subtitle dengan urutan sebagai berikut:
  5. Ketik nomor urut subtitle atau teks
  6. Ketik waktu penayangan disesuaikan dengan waktu pada video
  7. Ketikan kalimat subtitle
  8. Beri spasi untuk membuat nomor urut subtitle berikutnya
  9. Ulangi langkah a,b,c, dan d hingga video selesai.

Hasilnya lihat contoh gambar di bawah ini.

contoh script subtitle

5. Jika sudah selesai, save file tersebut dalam format .srt. Jika notepad subtitle disimpan dalam bentuk file .txt, maka harus di convert menjadi format .srt.

6. File video harus dalam format .mkv. Jika file video berformat lain (Misal: MP4, atau MPEG) maka harus di convert menjadi .mkv. Untuk melakukan hal ini anda bisa menggunakan software format factory atau video converter secara online.

7. Buat satu folder yang isinya adalah video bahan ajar .mkv dan file subtitle .srt tersebut.

8. Pastikan nama file video sama dengan nama file subtitle-nya. Lihat gambar di bawah ini.

 

subtitiling video bahan ajar

9. Buka video di media player atau pemutar video lainnya. Jangan lupa klik tombol subtitle (biasanya di pojok kiri atau kanan pemutar video) dan pilih nama file subtitle yang sudah dibuat.

Subtitling video sudah selesai, dan folder film sudah bisa di share ke peserta didik. Tapi ingat !! Folder yang dikirim ke peserta didik harus berisi dua file tersebut ya (file film dan file subtitle), karena subtitlenya tidak tertempel secara permanen. Untuk mengetahui cara membuat subtitle secara permanen di video akan dibahas di artikel berikutnya. Klik disini untuk melihat cara melakukan subtitling video bahan ajar berbahasa inggris versi video. Atau klik video berjudul cara kapal layar melaju untuk melihat video bahan ajar bersubtitle yang sudah saya buat.

#Mengajar pasca pandemi: tips Merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan channel youtube

Sebelum membahas tips merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan channel youtube, sebaiknya saya kasih tahu dulu justifikasi-nya ya…Sudah seringkali dalam beberapa tulisan saya terdahulu bahwa mengajar pasca pandemi itu berbeda dengan mengajar pada saat sebelum pandemi berlangsung. Mengajar pasca pandemi mengharuskan para pendidik (termasuk didalamnya adalah guru, dosen, widyaisawara atau lainnya) menjadi lebih kreatif dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Peserta didik yang saat ini berada di rumah dan diharuskan untuk belajar dari rumah akan sulit dipantau aktifitas belajarnya. Jika belajar tanpa tugas, para pendidik tidak dapat mengukur capaian pembelajaran peserta didiknya, Jika terlalu banyak tugas, peserta didik akan merasa keberatan, dan ini akan mengganggu minat dan semangat mereka dalam belajar.

Pun demikian halnya dengan materi belajar. materi ajar yang tidak menarik akan membuat siswa tidak berminat terhadap mata pelajaran yang akan diajarkan. Memberikan materi-materi berupa slide presentasi yang tanpa penejelasan, atau daftar buku text yang harus dibaca, pada kondisi mengajar pasca pandemi ini diaras kurang pas dan kurang menarik. Saat ini, materi ajar yang dirasa menarik dan memungkinkan peserta didik untuk selalu fokus pada materi adalah melalui video pembelajaran. Dan yang paling menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran berbasis video adalah melalui channel youtube.

Berikut adalah tips merencanakan pembelajaran dengan menggunakan channel youtube agar video yang anda buat dan anda upload dapat diterima dan dimengerti dengan baik dan jelas oleh peserta didik anda.

  1. Perhatikan silabus pembelajaran, Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar, dan Capaian Pembelajaran suatu materi. Ini penting agar video yang anda buat dapat fokus kepada sasaran.
  2. Baca dan perhatikan sumber belajar. Sumber belajar dapat berupa buku ajar, jurnal, atau lainnya yang relevan dengan standar kompetensi yang akan diajarkan. Dengan membaca sumber belajar maka bayangan mengenai video yang akan dibuat dapat terimajinasikan.
  3. Tentukan konsep video yang akan dibuat. apakah berbentuk presentasi yang divideokan, video demonstrasi, virtual audience atau virtual student video, video animasi, video tutorial, atau video belajar dengan subtitle. Untuk memahami macam-macam konsep video belajar, nanti akan dibahas pada artikel berikutnya ya…tunggu aja.
  4. Buat Rencana Pembelajaran atau RPP. RPP pada konsep belajar dengan menggunakan video dapatlah juga disebut script skenario video belajar. Buat script sedetail mungkin, termasuk kalimat-kalimat yang akan diucapkan oleh anda sebagai pengajar. Ini agar anda tidak kaku dalam bicara di depan kamera. kalo sudah biasa di depan kamera sih mungkin sudah alamiah saja sikapnya, tapi jika jarang di depan kamera, apalagi belum pernah sama sekali di depan kamera video, dijamin akan canggng dan kaku. Oleh sebab itu script belajar itu penting.
  5. Siapkan gadget yang dibutuhkan. Apa saja gadgetnya? ya minimal kamera lah. Akan tetapi sebetulnya setiap konsep belajar dengan video memerlukan gadget yang berbeda..lagi-lagi…akan dibahas pada artikel berikutnya.
  6. Siapkan channel youtube. Jelas ini harus punya, karena namanya juga belajar dengan memanfaatkan channel youtube.
  7. Cari orang yang bisa bantu. Orang yang bisa bantu ini tergantung dari kebutuhanny, apakah anda butuh kameramen atau editor. Tak perlu yang mahir, yang penting bisa memudahkan anda dalam membuat video. Dan yang lebih penting, JANGAN NYURUH ORANG UNTUK BUAT SCRIPT RENCANA PEMBELAJARANNYA YA.!!Sebab anda adalah pendidik, dan Rencana Pembelajaran atau sekarang adalah script video merupakan tanggung jawab anda sepenuhnya. Jangan pula anda nyuruh orang, tapi hasil kerjanya anda ambil untuk DUPAK anda…dan orang itu tidak anda kasih kompensasi sedikit pun. Wah..tidak baik itu…bahkan..itu mah dosa….

Ok. Demikian tips merencanakan pembelajaran dengan channel youtube. Silahkan klik disini atau untuk melihat video-video yang saya buat. Oh ya, video saya sih gak bagus-bagus amat, tapi setidaknya ada usaha lah buat tetap mengajar pasca pandemi ini yang entah kapan akan berakhir…

CARA MENAMPILKAN SELURUH JUDUL POSTINGAN DI HALAMAN WORDPRESS

Berjumpa lagi di blog pendidikan milenial kita, kali ini kita akan membahas cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman worpress.  Jika kita sudah banyak menulis artikel atau postingan di wesite kita sendiri, maka kita dapat membuat suatu halaman tersendiri pada WordPress yang isinya adalah daftar semua judul tulisan yang pernah kita posting. Tujuan dari pembuatan halamn ini adalah untuk menarik minat pengunjung untuk membaca lebih banyak artikel yang kita tulis. Tentu saja ini dapat meningkatkan reputasi dan traffic website kita. Berikut ini adalah cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman worpress.

1.Download plugin Simple Yearly Archive.Klik start download. Jika muncul tampilan download complete. Klik close.

Download plugin simple yearly archive2. Buka dashboard wordpress anda. Klik Plugins — add new—upload plugin. Akan muncul tampilan seperti ini:

3. Klik choose file, dan pilih file simple-yearly-archive hasil download tadi (File tersebut berbentuk zip file). Kemudian klik install now, lalu klik activate.

4. Setelah plugin aktif, lakukan penyetingan dengan cara klik plugin pada dashboard wordpress, Cari nama plugin simple yearly archive, lalu klik setting.

5. Akan muncul tampilan options seperti ini:

Pada kolom “Before/After (Year Headline), isikan <div> dan </div> seperti contoh pada gambar. Berikan tanda centang pada pilihan “show post count for each year”. Lalu klik update option. Lihat gambar di bawah ini:

Jika muncul tampilan setting successfully installed, maka itu berarti plugin terinstall dengan benar.

6. Berikutnya buat halaman atau page baru dengan cara klik Pages di dashboard worpress, kemudian add new. Lihat gambar di bawah ini.

7. Pada layar computer akan muncul tampilan halamn baru. Pada “ADD TITLE”. Buat judul halamn sesuai dengan selera anda. Misal : DAFTAR ARTIKEL SAYA. Kemudian klik tanda (+) dan klik “custom html”. Lihat gambar di bawah ini.

8. Masukkan shortcode atau ketikkan salah satu kalimat berikut pada kolom yang tersedia.

Terakhir klik publish. Lihat gambar dibawah ini.

9. Tampilan seluruh judul postingan akan muncul di halaman tersendiri pada website wordpress anda.

Itulah cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman wordpress. Klik disini untuk melihat cara menampilkan seluruh judul postingan di halaman wordpress versi video.

ALTERNATIF MENGAJAR PASCA PANDEMI COVID-19

ALTERNATIF ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CARA MENGAJAR JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN YOUTUBE CHANNELMENGAJAR PASCA PANDEMI

Pasca pandemi covid-19 merebak di Indonesia, maka kebiasaan hidup setiap orang akan mengalami perubahan. Pun demikian dengan kegiatan belajar mengajar. Jika sebelum pandemi, kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui tatap muka di kelas, maka pada saat pandemi kegiatan mengajar dilakukan secara jarak jauh. Mungkin saja hal ini akan berlangsung terus hingga pasca pandemi. Konsekuensi dari hal ini adalah bahwa pendidik atau pengajar mau tidak mau harus melek teknologi. Para pengajar harus mau dan mampu kreatif dalam menyampaikan materi ajar dengan menggunakan berbagai alternatif mengajar pasca pandemi covid-19.

Kreatif dalam mengajar pasca pandemi secara jarak jauh tidak hanya dilihat dari penggunaan aplikasi yang canggih, namun yang paling penting adalah bagaimana setiap peserta didik dapat menerima materi dengan baik. Adalah penting untuk mempertimbangkan pemilihan metode mengajar jarak jauh dengan tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Harapannya adalah agar pengajar tidak sia-sia dalam melakukan proses belajar mengajar dan peserta didik dapat secara efektif dan efisien menyerap ilmu yang disampaikan. Untuk itu maka pengajar harus tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing metode mengajar jarak jauh ini. Berikut saya tampilkan kelebihan dan kekurangan 3 metode mengajar secara jarak jauh, yaitu :

  1. Menggunakan aplikasi zoom
  2. Menggunakan aplikasi Google Classroom
  3. Menggunakan Youtube Channel

Kelebihan dan kekurangan ketiga metode ini disajikan dalam bentuk matriks dan didasarkan kepada beberapa kriteria keberhasilan suatu proses belajar mengajar.

Adapun kriterianya adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas penyampaian materi.

Kualitas penyampaian materi maksudnya adalah penggunaan berbagai variasi dalam penyampaian materi ajar, baik itu media yang digunakan, teknik penyampaian, suara, maupun gerak-gerik pengajar. Semakin banyak variasi yang digunakan maka kualitas penyampaian materi dianggap baik.

  1. Perilaku peserta didik ketika menggunakan aplikasi dalam ketiga metode belajar tersebut.

Perilaku peserta didik maksudnya adalah bagaimana respon para peserta didik dalam menggunakan aplikasi tersebut. Apakah terlihat prilakunya secara langsung atau tidak.

  1. Tingkat kesulitan pengajar dalam mempersiapkan materi.

Tingkat kesulitan ini menyangkut waktu yang digunakan untuk mempersiapkan bahan mengajar. Selain itu tingkat kesulitan ini juga berarti keterampilan yang dibutuhkan pengajar dalam membuat materi ajar dengan menggunakan ketiga metode mengajar pasca pandemi ini

  1. Hubungan interaktif antara pengajar dengan peserta didik.

Tolok ukurnya adalah apakah siswa dan pengajar dapat melakukan tanya-jawab pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

  1. Kontrol pengajar terhadap peserta didik pada saat proses belajar berlangsung.

Tolok ukur kriteria ini adalah apakah pengajar dapat mendeteksi kehadiran peserta didik pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

  1. Kualitas bukti mengajar

Kualitas bukti mengajar ini maksudnya adalah pengakuan orang lain atau institusi, atau system terhadap bukti atau rekaman kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan ketiga cara diatas.

  1. Isi materi

Ini berarti isi materi yang akan disampaikan. Misal: apakah suatu metode mengajar dapat digunakan untuk menjelaskan materi belajar praktek atau tidak,

Ok, tanpa perlu panjang lebar lagi berikut saya sajikan matriks perbedaan 3 metode mengajar jarak jauh yang sekarang lagi trend pasca pandemic covid-19.

 

matriks alternatif mengajar pasca pandemi covid-19

MENGAJAR PASCA PANDEMI : Pengertian dan caranya

Mengajar pasca pandemi ? apa itu? Ok biar lebih jelas, sebaiknya kita harus terjemahkan kata per kata ya…

Mengajar berarti menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik. Menyampaikan pengetahuan secara formal bisa dilakukan oleh guru atau dosen, atau misal guru ngaji…

Pasca berarti sesudah, biasanya kata pasca ini adalah kata yang terikat dengan kata lain. Misalnya pasca panen berarti setelah panen atau setelah melakukan panen, pasca perang artinya setelah terjadinya perang.

Lalu bagaimana dengan pengertian pandemi? Pandemi sebetulnya merupakan dua gabungan kata yang diambil dari Bahasa asing, yaitu Pan dan Endemi. Pan yang berarti lintas negara atau benua, dan Endemi yaitu istilah untuk kejadian jumlah peningkatan suatu kasus penyakit secara besar, dan mendadak atau tiba-tiba di suatu wilayah. Secara sederhana pandemic bolehlah dikatakan penyakit yang menyebar secara besar-besaran dan mendadak ke banyak negara.

Dengan demikian mengajar pasca pandemi berarti menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik setelah keadaan suatu negara terserang penyakit yang berasal dari negara lain. Mengajar pasca pandemi, yang saat ini dikaitkan dengan pandemi COVID-19 sangatlah berbeda dengan mengajar dalam kondisi normal sebelum hebohnya penyebaran virus COVID-19.  Jika sebelum pandemi atau sebelum virus COVID-19 menyebar mengajar dilakukan dengan tatap muka di kelas seperti biasa. Akan tetapi pasca pandemi menyebar, dimana orang-orang harus menjaga jarak dan tidak boleh bersentuhan maka kelas-kelas dikosongkan. Pemerintah memberi arahan agar proses mengajar dilakukan secara jarak jauh. Ini berarti bahwa mengajar tidak ada tatap muka lagi secara langsung di kelas. Mengajar dilakukan ketika para peserta didik berada di rumah masing-masing atau di home stay masing-masing dan pengajarnya juga di rumah masing-masing. Ini dikenal dengan istilah belajar secara daring atau belajar secara online.

Lalu bagaimana caranya transfer ilmu secara jarak jauh? Tentu saja para pengajar memerlukan bantuan agar hal ini terwujud. Dan bantuan itu datangnya dari teknologi. Ya. jaringan internet dan teknologi informatika dengan berbagai aplikasinya merupakan sumber bantuan utama agar mengajar pasca pandemi ini dapat terlaksana dengan baik. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam rangka mengajar secara jarak jauh ini. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

  1. MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM

Aplikasi zoom adalah suatu aplikasi yang memungkinkan para pesertanya dapat bertatap muka walaupun dari jarak jauh. Ini merupakan pengembangan dari tatap muka secara konvensional di kelas diganti dengan tatap muka di depan komputer.

2. MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM

3. MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN YOUTUBE CHANNEL

Mengajar dengan cara ini tidak menampilkan tatap muka antara peserta didik dengan pengajar. Mengajar dengan menggunakan aplikasi google form biasanya merupakan cara mengajar berbasis penugasan. Secara sederhana, pengajar mengupload materi maupun penugasan ke Google classroom ini, dan peserta didik pun mengupload tugas-tugasnya di google classroom yang sama yang dibuat oleh pengajarnya.

Ini merupakan terobosan cara mengajar baru yang out of boxes. Intinya para pengajar membuat video mengenai materi belajarnya, tentunya disesuaikan dengan Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar yang akan dicapai peserta didik. Setelah video selesai dibuat, dan setelah melalui proses editing, video di upload ke channel youtube (boleh channel gurunya sendiri atau sekolah membuat channel khusus untuk mengajar), dan kemudian di share ke para siswanya. Mengajar dengan youtube channel memungkinkan peserta didik dapat lebih jelas dalam memahami suatu materi, dan dapat dilihat kapan saja dan dimana saja. Bahkan jika viral, bisa jadi video yang di upload dapat memberikan pendapatan sampingan untuk pengajar yang membuatnya. Menarik bukan? anda dapat melihat contoh video mengajar dengan klik daftar video yang tersedia di side bar video terbaru atau channel video pada website ini.

Tesis Saya : Desain Konseptual Pelabuhan Perikanan Terapung

Hai…barangkali ada teman-teman atau para pembaca yang ingin membaca mengenai tesis saya yang berjudul “Desain Konseptual Pelabuhan Perikanan Terapung: Studi Kasus Perairan Lepas Pantai Sumatera Barat”. Anda dapat download disini.

Berikut adalah abstraknya:

Kecenderungan penurunan nilai tangkapan per ton setiap tahun mengindikasikan bahwa ada penurunan ukuran ikan hasil tangkapan sehingga harga jual ikan mengalami penurunan. Dengan harga jual ikan yang lebih kecil karena ukuran ikan yang semakin kecil, maka jumlah pendapatan yang diterima oleh kapal ikan akan mengalami penurunan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kapal ikan yang terkonsentrasi hanya di tempat-tempat tertentu. Untuk meningkatkan nilai tangkapan per ton, kapal ikan harus mencari daerah penangkapan baru yang lebih jauh dari pelabuhan pangkalan. Akan tetapi semakin jauh jarak daerah penangkapan dari pelabuhan pangkalan maka biaya operasi penangkapan ikan menjadi semakin meningkat. Salah satu solusi untuk mengakomodasi kapal-kapal ikan agar mampu beroperasi lebih jauh, adalah dengan cara membuat pelabuhan perikanan yang terapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi perikanan di perairan Sumatera barat, pola operasi dan menghitung ukuran minimum pelabuhan perikanan terapung.

Potensi sumberdaya ikan dihitung dengan menggunakan metode surplus produksi. Data yang digunakan adalah data time series jumlah tangkapan ikan, jumlah kapal penangkap ikan, dan jumlah upaya penangkapan ikan. Untuk mengetahui kondisi perikanan di perairan Sumatera Barat, hasil perhitungan pada metode surplus produksi dibuat grafik Maximum Sustainable Yield (MSY). Penelitian dilanjutkan dengan metode optimasi untuk mendapatkan jumlah tangkapan ikan maksimum masing-masing tipe kapal ikan dan jumlah kapal maksimum tiap tipe kapal ikan. Hasil optimasi jumlah kapal ikan digunakan bersama dengan panduan dari FAO mengenai pembangunan fasilitas pelabuhan perikanan untuk menghitung kapasitas setiap fasilitas yang akan disediakan oleh pelabuhan perikanan terapung. Total kapasitas fasilitas pelabuhan perikanan terapung selanjutnya digunakan untuk menghitung ukuran pelabuhan perikanan terapung.

Jumlah ikan pelagis yang boleh ditangkap adalah sebanyak 3.025,78 ton per tahun. Jumlah tangkapan ikan maksimum untuk kapal tipe longline adalah 1.004,7 ton dan kapal tipe purse seine adalah 2.019,96 ton. Pelabuhan perikanan terapung dibangun untuk melayani jumlah optimal kapal ikan sebanyak 31 unit kapal longline dan 146 unit kapal purse seine. Untuk memindahkan ikan dari pelabuhan ikan terapung ke daratan, digunakan 3 unit kapal pengangkut berukuran 78 GT. Pelabuhan perikanan terapung berbentuk ponton dan memiliki panjang keseluruhan (LOA) 82,41 meter, lebar (B) 16,48 meter, dan tinggi 5,89 meter dengan estimasi biaya pembangunan sebesar Rp. 43.182.536.474,00.

Menghitung Carbon Footprint Usaha Kecil

Apa itu carbon footprint?

Carbon footprint adalah jumlah emisi karbon yang dikeluarkan oleh suatu aktifitas, baik aktifitas bisnis maupun aktifitas individu. Carbon footprint atau jejak karbon merupakan perhitungan yang menentukan jumlah karbon yang dikeluarkan ke atmosfer dalam kaitannya untuk mengetahui kontribusi suatu aktifitas terhadap efek rumah kaca secara global. Lalu bagaimana menghitung carbon footprint?

Berikut adalah contoh menghitung carbon footprint untuk penjualan bakso selama satu hari. Patut diingat, bahwa kasus ini hanyalah contoh saja. Intinya adalah cara untuk menghitungnya saja, bukan hasil akhirnya. Hasil akhir setiap usaha tergantung dari banyaknya proses yang dilakukan.

Carbon Footprint Penjual Bakso Dalam Satu Hari (Sektor Tersier)

Diketahui:

  1. Jumlah daging sapi yang dibutuhkan untuk membuat bakso dalam satu hari adalah 5 kg
  2. 1 kg daging sapi bisa menjadi 90 butir bakso ukuran sedang
  3. Waktu merebus 1 kg daging sapi hingga matang adalah 30 menit
  4. Waktu untuk membuat bakso adalah 3 jam dengan cara direbus
  5. Bahan bakar untuk membuat bakso adalah LPG Propana
  6. Pembuatan bakso dilakukan di malam hari dengan penerangan lampu 40 Watt selama 10 jam
  7. Bakso dijual di siang hari dengan waktu kerja 10 jam, dimana kuah bakso dipanaskan dengan LPG secara terus menerus.
  8. Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon (Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)
  9. Emisi listrik = 1,297 CO2 per kWh (0,0005883 metrik ton CO2 per kWh) (Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)
  10. Debit LPG dalam 8 jam pemakaian adalah 500 gram

Ditanyakan : Total Emisi Karbon dioksida dari usaha dagang bakso selama satu hari

Jawaban :

I.                   Pembuatan Bakso

a. Memasak daging sapi

Waktu rebus daging sapi hingga matang:

5 kg x 30 menit = 150 menit = 2,5 jam

LPG yang terpakai :

(2,5 jam/8 jam ) x 500 gram = 156,25 gram = 0,156 kg

b. Konversi 1 kg LPG ke liter

Jika massa jenis LPG adalah 0,493 gr/cm3 atau 493 gr/liter, maka

V = m/ρ = 1000 gram : 493gr/liter

= 2,028 liter

Maka 1 kg LPG = 2,028 liter

c. LPG yang terpakai dalam satuan liter

0,156 kg x 2,028 liter = 0,31 liter

d. LPG yang terpakai dalam satuan gallon

Jika 1 gallon = 4,55 liter, maka

(0,31 liter/4,55 liter) x 1 gallon = 0,068 gallon

e. Emisi gas CO2 dari LPG pada saat memasak daging sapi:

Diketahui  Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi) maka:

0,068 x 12,17 lbs = 0,0827 lbs = 3,75 x 10-4metric ton

(1 Metric Tonne = 2204.6 Pounds)

 f. Emisi gas CO2 dari listrik pada saat pembuatan bakso

Waktu pemakaian listrik = 10 jam

Daya lampu yang digunakan = 40 Watt

Watt Hour = 40 x 10 = 400 WH = 0,4kWH

Emisi listrik = 1,297 lbs CO2 per kWh (0,0005883 metrik ton CO2 per kWh)

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)

 Maka CO2 yang dikeluarkan : 0,4 kWH x  0,0005883 = 2,35 x 10-4 Metric Ton

 g. Perebusan Bakso

Waktu perebusan = 3 jam

Diketahui Debit LPG selama 8 jam = 500 gram

Debit LPG selama perebusan bakso = (3 jam/8 jam) x 500 gram

= 0,375 x 500

= 187,5 gram

= 0,187 kg

= 0,38 liter

= 0,083 gallon

h. Emisi CO2 Pada saat perebusan

Diketahui  Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)

Maka

 0,083 gallon x 12,17 lbs = 1,017 lbs = 4,6 x 10-4 Metrik Ton

 

Emisi Pembuatan Bakso = Emisi Memasak daging sapi + Emisi pemakaian listrik +  Emisi perebusan bakso

                                        = 3,75 x 10-4 + 2,35 x 10-4 + 4,6 x 10-4

                                        = 0,00107 metrik ton

 II. Penjualan bakso

a. Jumlah Pemakaian LPG pada saat berjualan

Waktu berjualan = 10 jam

Diketahui Debit LPG selama 8 jam = 500 gram

Debit LPG selama berjualan   =  x 500 gram

= 1,25 x 500

= 625 gram

=0,625 kg

b. LPG yang terpakai dalam satuan liter

0,625 x 2,028 liter = 1,27 liter

 c. LPG yang terpakai dalam satuan gallon

 (1,27/4,55) = 0,28 gallon

 

d. Emisi CO2 pada saat berjualan

Diketahui  Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)

Maka

 0,28 gallon x 12,17 lbs = 3,41 lbs = 0,00154 Metrik ton

 TOTAL EMISI CO2 PADA USAHA BAKSO SELAMA SATU HARI ADALAH

Emisi Pembuatan Bakso + Emisi CO2 pada saat berjualan

= 0,00107 + 0,00154= 0,00261 metrik ton

 

Kesimpulan:

1.      Semakin berkembang suatu usaha, maka makin besar emisi CO2

2.      Makin panjang proses produksi, maka makin besar emisi CO2

Tips Agar Buku Anda Tetap Layak Dibaca dan Selalu Berkondisi Baik

Beberapa minggu yang lalu, teman saya datang ke rumah saya, dan dia menemukan bahwa buku-buku saya tersimpan dalam kondisi baik. Ya, saya memiliki banyak buku di rumah saya, dan saya selalu mencoba yang terbaik untuk menjaga mereka semua dalam kondisi baik. Dibandingkan dengan e-buku, saya lebih suka buku yang konvensional, yang dapat memberi saya pengalaman membaca lebih memuaskan. Memang ada orang-orang yang telah meninggalkan buku ke e-book, namun bagi saya, buku yang konvensional masih belum dapat mengalahkan sensasi membaca dan kemudahan dalam kepraktisan. Jika Anda menyukai buku sebanyak seperti yang saya lakukan tapi tidak punya petunjuk tentang bagaimana untuk menjaga mereka dalam kondisi baik, ini adalah artikel yang harus Anda baca. Saya akan senang untuk berbagi beberapa tips dengan Anda tentang bagaimana untuk menjaga buku agar tetap layak baca dan selalu dalam dalam kondisi baik.

Pertama, berapa banyak buku yang Anda miliki di rumah Anda? Dan apakah Anda memiliki cukup rak buku untuk menjaga buku-buku Anda? Jika tidak ada cukup ruang untuk menjaga buku Anda, Anda mungkin harus menambahkan rak buku baru ke rumah Anda atau menjual beberapa buku-buku lama. Namun, saya yakin bahwa sebagian besar dari Anda tidak bersedia untuk menjual buku-buku berharga.

Masalah kedua mungkin debu. Jika Anda tidak mengambil ini dengan serius, mungkin akan menyebabkan banyak masalah. Untuk menjaga buku dari debu, hal yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa Anda telah menempatkan mereka di tempat yang tepat bukannya di kamar berangin. Jika kamar Anda berangin, Anda bisa membeli rak buku dengan kaca sehingga menjaga rak buku selalu bersih di dalam.

Ada banyak faktor yang akan membuat perbedaan besar untuk buku Anda saat Anda menjaga mereka di rumah Anda, misalnya, sinar matahari, kelembaban, dan panas. Dalam pandangan itu, sangat penting untuk memilih tempat yang tepat untuk menjaga buku-buku Anda jauh dari sinar matahari. Dan jika ada kelembaban yang berlebihan, yang akan mempengaruhi kertas buku di kamar Anda, Anda mungkin perlu untuk menjaga buku menjauh dari jendela. Untuk menghindari panas yang menyebabkan kerusakan buku Anda, pastikan buku Anda berada jauh dari sumber panas.

Ada sedikit trik bagi Anda untuk mengatur buku-buku Anda karena Anda punya banyak buku sehingga Anda bisa menemukan buku yang ingin Anda baca dalam beberapa detik. Sebagian besar dari Anda mungkin hanya menempatkan buku kembali di rak secara acak, yang menjadikan alasan mengapa Anda harus menghabiskan waktu untuk mencari buku yang Anda inginkan. Untuk mempercepat pencarian buku, sebaiknya setiap rak anda beri label sesuai dengan tema buku. Misalnya anda dapat membuat label buku autobiografi, fiksi, manajemen bisnis, sejarah, dan lain-lain.

Jika Anda meluangkan waktu Anda untuk merawat buku-buku Anda, anak-anak Anda dan cucu anda akan dapat membaca buku-buku Anda suatu saat nanti. Dab ini adalah warisan yang menakjubkan untuk anak-anak, sebab anda mewariskan ilmu kepada anak-anak anda.

Dimana Jasa Hipnoterapi Terbaik?

Menurut Wikipedia, Hipnotherapi adalah terapi yang dilakukan pada subjek dalam kondisi Hipnosis. Kata “Hipnosis” adalah kependekan dari istilah James Braid’s (1843) “neuro-hypnotism“, yang berarti “tidurnya sistem syaraf”. Orang yang terhipnotis menunjukan karakteristik tertentu yang berbeda dengan yang tidak, yang paling jelas adalah mudah disugesti. Hipnotherapi sering digunakan untuk memodifikasi perilaku subjek, isi perasaan, sikap, juga keadaan seperti kebiasaan disfungsional, kecemasan, sakit sehubunganstress, manajemen rasa sakit, dan perkembangan pribadi.

Hipnoterapi merupakan suatu bentuk terapi untuk pikiran dengan menggunakan metode hipnotis. Hipnotis dilakukan dengan membawa seorang klien atau pasien berada dalam kondisi rileks atau dibuat rileks agar penghipnotis bisa mengakses pikiran bawah sadarnya untuk kemudian diberikan sugesti positif. Ketika klien sudah memasuki kondisi rileks inilah, proses terapi yang sebenarnya mulai dilakukan. Keaddaan inilah kegiatan hipnoterapi sudah mulai dilakukan.

.

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari Hipnoterapi, beberapa diantaranya adalah :
•   Mengatasi insomnia
•   Meningkatkan rasa percaya diri
•   Menyembuhkan Phobia
•   Membebaskan diri dari rasa grogi ketika melakukan presentasi
•   Stress karena terlalu banyak pikiran
•   Mengalami depresi
•   Bangkit dari kesedihan yang mendalam
•   Mengendalikan emosi atau amarah yang berlebihan baik terhadap anak atau pasangan
•   Menetralisir rasa sakit hati
•   Menangani KONFLIK DALAM DIRI
•   Membebaskan diri dari PERASAAN BERSALAH yang menghantui
•   Membantu untuk berhenti merokok
•   Mengatasi Panic Attack, suka tiba-tiba merasa ketakutan, atau cemas dan panik tanpa sebab
•   Mudah merasa tersinggung atau sensitif terhadap kata-kata orang lain
•   Paranoid, atau merasa takut orang lain akan mencelakakan dirinya atau selalu merasa dirinya dalam bahaya
•   Membantu Menghancurkan MENTAL BLOCK
•   Membantu Membebaskan diri dari PSIKOSOMATIS (penyakit yang disebabkan oleh pikiran, karena setelah dicek ke dokter pun tidak ditemukan ada yang sakit)
•    Mengatasi VAGINISMUS, FRIGIDITAS, atau DISPAREUNIA
•    Dan berbagai kasus lainnya yang berhubungan dengan pikiran atau emosi

Perlu diingat, bahwa dalam hipnoterapi, kegiatan ini akan berhasil jika klien memiliki KEINGINAN DARI DIRINYA SENDIRI untuk BEBAS dari MASALAHNYA dan BERSEDIA untuk diterapi.  Terapi hipnoterapi tidak dapat dilakukan jika ada unsur Paksaan atau Klien merasa dirinya tidak bermasalah, atau klien merasa tidak percaya dengan hipnoterapi.

Ada banyak klinik hipnoterapi yang bisa anda kunjungi, salah satunya anda dapat mengunjungi klinik hipnoterapi di Kamp. Babakan Kemang, Palm nomor 88. rt 01/04 cihideung Udit, Ciampea, Bogor. 16620, Phone number: +62 – 856 – 7158 640.