Category Archives: Pendidikan

4 Elemen Perilaku Kepemimpinan Transformasional

Hits: 5

4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional
4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional

Pada artikel terdahulu, kita sudah membahas mengenai pengertian kepemimpinan transformasional. Pada intinya, definis kepemimpinan transformasional atau transformational leader adalah sikap dan prilaku pemimpin yang dapat mengayomi, memotivasi, dan menciptakan atau merubah budaya kerja melalui contoh tindakan, ucapan yang membakar semangat, dan konsistensi tindakan atau keputusan untuk kemajuan bersama suatu organisasi. Kali ini yang kita bahas adalah 4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional, maksudnya adalah bahwa seorang pemimpin transformasional setidaknya harus memiliki 4 elemen tersebut. 4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional tersebut adalah:

  1. Pertimbangan individual, yaitu sejauh mana pemimpin memperhatikan kebutuhan setiap bawahan , bertindak sebagai mentor atau melatih bawahan dan mendengarkan kekhawatiran dan kebutuhan bawahan. Pemimpin memberikan empati dan dukungan, menjaga komunikasi tetap terbuka dan menempatkan tantangan di hadapan para bawahan. Ini juga mencakup kebutuhan untuk menghormati dan mengapresiasi kontribusi tiap bawahan kepada tim, serta memberikan nasihat yang memotivasi.
  2. Stimulasi Intelektual, yaitu sejauh mana pemimpin mampu menguji asumsi, mengambil risiko, dan mengakomodir gagasan bawahan. Pemimpin dengan gaya ini merangsang dan mendorong kreativitas bawahannya. Mereka mengasuh dan mengembangkan bawahannya untuk berpikir mandiri. Untuk pemimpin seperti itu, pembelajaran adalah suatu hal yang bernilai tinggi dan situasi atau keadaan yang tak terduga dilihat sebagai kesempatan untuk belajar. Ketika para bawahan mengajukan pertanyaan, ia memikirkan secara mendalam, dan mencari cara yang terbaik untuk melaksanakannya.
  3. Motivasi Inspirasi, yaitu sejauh mana pemimpin mengartikulasikan visi yang menarik dan menginspirasi bawahan. Pemimpin dengan motivasi inspirasional menantang bawahan dengan standar tinggi, mengomunikasikan optimisme tentang tujuan masa depan, dan memberikan makna untuk tugas di tangan. Bawahan perlu memiliki tujuan yang kuat dan mereka harus termotivasi untuk bertindak. Untuk mencapai hal itu aspek pemimpin dengan kepemimpinan transformasional harus didukung oleh keterampilan komunikasi yang membuat perkataan mudah dipahami, tepat, kuat, dan menarik. Para bawahan bersedia menginvestasikan lebih banyak upaya dalam tugas mereka, dan optimis tentang masa depan, serta percaya pada kemampuan diri mereka sendiri.
  4. Pengaruh yang ideal– Yaitu pemimpin memberikan panutan untuk perilaku etis yang tinggi, menanamkan kebanggaan, mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan.

Itulah 4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional yang harus dimiliki agar tujuan organisasi dapat tercapai dan bertahan dalam waktu yang lama. Sebagai studi, contoh para pemimpin yang dianggap sebagai pemimpin transformasional adalah gandhi, Nelson Mandela, dan Abraham Lincoln.

Tips Jualan Pakaian Eceran Untuk Pemula

Hits: 550

Sebetulnya kesuksesan dalam berbisnis adalah tergantung dari ketangguhan dan ketekunan anda dalam menjalankan bisnis, akan tetapi setidaknya artikel tips jualan pakaian eceran untuk pemula ini dapat memberikan pencerahan untuk anda yang akan memulai bisnis jualan pakaian eceran secara lokal. Simak tips jualan ini yang saya ambil dari pengalaman pribadi saya. Jika menurut anda cocok untuk diikuti, ya silahkan ikuti…namun jika merasa tidak cocok…ya maafkan…semoga bisa mendapatkan referensi bisnis jualan toko eceran yang lebih bagus. Oh iya saya lupa..tips ini adalah tips untuk jualan pakaian bagi yang pemula banget…penjualnya masih belum memiliki toko retail fashion.

  1. Pilih jenis pakaian yang cepat laku dan beli sesuai dengan budget

Ada banyak jenis pakaian, jenis bahan, dan jenis desain di industri pakaian. Saran saya, janganlah anda membeli semua jenis pakaian, pilihlah pakaian yang akan anda jual itu adalah pakaian yang banyak di cari oleh lingkungan anda. Jika sudah menemukan barangnya, untuk penjual pemula, sebaiknya jangan langsung membeli dalam jumlah banyak. Beli saja secukupnya, sesuai dengan modal yang anda miliki.

2. Juallah barang dengan prinsip kejujuran

Kejujuran adalah hal yang sangat utama dalam berbisnis. Ketika anda menjual pakaian kepada orang lain, anda harus jujur kepada mereka. Ceritakan kepada mereka mengenai produk anda apa adanya. Jika bahannya adalah bahan yang murah, ya bilang bahwa pakaian tersebut dari bahan yang murah. jangan bilang pakaian berbahan murah namun anda bilang berkelas premium. Ini akan merugikan anda di masa depan. Jika anda tidak jujur akan hal ini, anda hanya akan mendapatkan penjualan instan saat itu saja, sedangkan ke depannya, jika pelanggan tahu bahwa mereka dibohongi, maka mereka tidak akan pernah kembali berbelanja kepada anda. Ingat..pelanggan adalah investasi anda..Anda harus memelihara aset sebagaimana mestinya untuk menjamin pendapatan di masa depan.

3. Konsistensi dalam berbisnis.

Apapun bisnisnya, konsistensi adalah salah satu faktor untuk memperoleh kesuksesan. Untuk tahap awal memulai berjualan, fokuskan jualan anda pada produk pakaian….satu atau beberapa jenis pakaian, namun tidak terlalu banyak jenisnya..Jika anda ingin berjualan baju gamis, maka fokuslah pada jenis pakaian itu. Jangan dulu anda bergeser atau menambah variasi produk jualan anda misalnya menjual sepatu, atau baju pesta. Fokus pada satu jenis pakaian yang anda jual, misalnya baju gaimis wanita, akan menancapkan nama anda dalam pikiran para pelanggan bahwa anda adalah spesialis penjual baju gamis wanita. Jika orang butuh baju gamis, maka orang akan ingat nama anda atau toko anda. Sabar saja dalam penambahan variasi produk. nanti akan ada waktunya anda menambahn variasi produk jualan anda.

4. Sebaiknya anda jual kontan, bukan kredit

pada umumnya, penjual pakaian pemula menjual barang jualannya dengan cara kredit. Mereka berkeliling kampung berjualan pakaian secara eceran, dan memberikan tempo pembayaran kepada mereka yang membeli. Menurut saya ini tidak sehat. Bagi seorang pemula, modal anda sedikit, dan anda butuh perputaran uang agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Model kredit tidak akan menjamin keberlangsungan operasi bisnis anda. Yang adajustru menambah resiko adanya kredit macet…Ini membuat pening kepala..Sudah modal seret, barang menipis, jangankan dapat untung, mikir modal yang gak balik saja sudah bikin stress. Untuk itu sebaiknya jangan jual kredit, sebaiknya juallah produk secara kontan. Memang cara ini agak berat, ada kemungkinan barang tidak aku terjual..akan tetapi…walaupun tidak laku, setidaknya anda sudah memperkenalkan diri dan mendeklarasikan diri kepada mereka bahwa anda berjualan baju secara kontan. jadi, suatu saat mereka butuh baju…mereka akan datang ke rumah anda…dan tentunya membeli dengan kontan. Dengan kata lain, anda sudah mendeklarasikan merk dagang anda, berikut dengan sistem operasinya..

Itu saja dulu tips jualan pakaian eceran untuk pemula. Sebenarnya masih banyak tips-tips yang lain, kita akan bahas di lain waktu…Karena jika kepanjangan artikel ini akan membuat pembaca merasa bosan..OK…

APLIKASI UNTUK AMBIL THUMBNAIL YOUTUBE

Hits: 78

Sebelum membahas tentang aplikasi untuk ambil thumbnail youtube, ada baiknya kita harus pahami dulu tentang apa itu thumbnail youtube. Thumbnail Youtube adalah foto atau gambar yang merepresentasikan isi video youtube. Sederhananya, Thumbnail Youtube ini sama seperti poster film, dimana isi film digambarkan dalam satu buah poster yang menarik dan membuat calon penonton enasaran untuk menonton film tersebut. Oleh karena itu, thumbnail youtube adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dibuat setela memproduksi video. Dengan thumbnail ini, maka diiharapkan akan menarik perhatian calon penonton untuk berkunjung ke youtube channel dan menonton video berdasarkan poster itu.

Ada banyak software aplikasi untuk membuat Thumbnail youtube, bahkan dengan menggunakan Microsoft Power Point pun, Thumbnail YouTube bisa dibuat. Lalu sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika kita sebagai penonton, menyukai suatu video, dan ingin melihat atau mengambil thumbnail video tersebut? Lho…ambil thumbnail suatu video orang lain itu untuk apa? Apa pentingnya? He..he…Janagn salah…Perlu diketahui, ada saat-saat tertentu ketika kita membutuhkan suatu video orang lain untuk keperluan tertentu. Misalnya video belajar. Seorang guru zaman sekarang hampir dipastikan atau setidaknya sekali-sekali menonton video bahan ajar untuk memperlancar pengajaran kepada peserta didiknya. Dan ketika melakukan download suatu video yang dirasa penting, maka tentu biasanya dibtuhkan pula mengambil thumbnail video tersebut. Dan itulah diperlukan aplikasi untuk ambil Thumbnail Youtube. Aplikasi ini bernama Get Youtube Thumbnail. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, kita tinggal copy link video yang ditonton, kemudian tempelkan link tersebut di kolom yang tersedia di aplikasi Get Youtube Thumbnail. Setelah klik enter, maka akan ditampilkan thumbnail suatu video dalam beberapa pilihan resolusi gambar, bahkan termasuk resolusi kualitas HD.

Thumbnail yang dipilih dapat langsung kita download ke handphone android kita, atau kita share ke peserta didik untuk promosi materi belajar pada pertemuan berikutnya. yang lebih menarik, thumbnail yang di download dapat digunakan sebagai short cut video pada berbagai aplikasi baik berplatform windows maupun berplatform android. Contoh penggunaan thumbnail youtube dari video yang dapat dilihat di aplikasi Belajar NKPI. Aplikasi Belajar NKPI adalah aplikasi android untuk belajar bidang Teknik Penangkapan Ikan. Didalamnya terdapat materi video-video belajar Program Studi Nautika Kapal Penangkapan Ikan dan materi-materi kuliah serta jurnal-jurnal perikanan yang relevan dengan materi kulaih tersebut. Aplikasi Belajar NKPI dan Get Youtube Thumbnail dapat di download melalui link dibawah ini, atau dapat dilihat di Daftar Download di website ini.

Link download aplikasi Belajar NKPI : https://drive.google.com/file/d/1YFx3ab6yVvQRMl7dK66RZUqnQQ7TB_0y/view?usp=share_link

Atau melalui link alternatif ini:

https://sfile.mobi/1jfxLtnCJOy

Link Download Get Youtube Thumbnail:

https://drive.google.com/file/d/1aflPXsj-R0_If8XsewTTjqSggUDAVZC9/view?usp=share_link

Atau melalui link alternatif ini

https://sfile.mobi/tNHEVfgj4G7

TIPS MANAJEMEN TOKO KELONTONG

Hits: 34

Sebagai pemilik toko kelontong, anda bukan hanya harus mengendalikan perputaran barang dagangan toko anda saja, akan tetapi anda juga harus mengawasi dan memastikan kelancaran operasional toko atau kegiatan jual beli toko anda. Berikut adalah beberapa tips manajemen toko kelontong, atau bagaimana cara mengatur kelancaran kegiatan operasi toko yang anda miliki.

  1. PELANGGAN ATAU PENGUNJUNG TOKO SELALU BENAR

Pelanggan adalah aspek terpenting dari bisnis apa pun. Bagaimanapun keren tampilan toko anda, jika tidak ada pelanggan yang berkunjung ke toko anda, maka anda tidak akan mendapatkan uang. Sebagai pemilik toko kelontong, anda perlu memastikan dan menjelaskan kepada karyawan toko anda bahwa pelanggan adalah prioritas utama mereka. Pelanggan harus selalu puas dengan barang dan jasa yang diberikan oleh toko!

2. BERLAKU RAMAH KEPADA PENGUNJUNG

Semua orang suka untuk diperlakukan istimewa dan diistimewakan. Melampaui harapan pelanggan harus menjadi protokol standar operasional toko. Memberikan pujian, hadiah, dan diskon adalah semua cara yang dapat Anda lakukan untuk menyenangkan pelanggan toko. Bagian penting lainnya dari hal ini adalah untuk selalu melakukan lebih dari yang Anda janjikan dan melakukan lebih sedikit hal-hal yang akan mengakibatkan hilangnya pelanggan tetap. Setiap pelanggan tentu memiliki ekspektasi tertentu dari toko anda, dan ketika pelayanan toko anda melebihi ekspektasi mereka, maka mereka akan kembali membeli dari toko Anda. Jika mereka kembali terus ke toko anda, maka produktifitas per transaksi toko anda akan meningkat.

3. PERHATIKAN PENAMPILAN TOKO

Kesan pertama toko terhadap pengunjung yang baru datang ke toko anda adalah suatu hal yang tidak boleh diremehkan oleh anda dan karyawan toko anda. Jika kesan pertama tidak menyenangkan, maka mereka tidak akan kembali berbelanja. Jika kesan pertama dirasa menyenangkan, maka mereka akan menjadi pelanggan tetap anda. oleh karena itu, untuk memberikan kesan pertama yang menyenangkan, para karyawan harus memberikan pelayanan yang sopan dan antusias, barang dagangan juga harus dipajang dengan baik, dan anda pun harus memperlakukan mereka seperti raja. Suasana yang positif di toko, dipadukan dengan barang dagangan yang mudah ditemukan, akan menciptakan transaksi penjualan yang sukses. Produk-produk harus terlihat segar dan baru setiap saat dan ditempatkan sedemikian rupa; misal dengan menggunakan POS Display; sehingga menarik perhatian pelanggan.

4. PERHATIKAN STOK BARANG DAGANGAN ANDA

Stok barang harus selalu tersedia. Jika pelanggan tidak menemukan apa yang mereka cari, amak mereka tidak akan menjadi pelanggan tetap anda.Oleh karena itu, manajemen inventory barang harus anda kuasai. Anda harus tahu mana barang yang dead stock, slow moving, dan fast moving. Dirangkum dari artikel “Faktor-faktor penentu penjualan di toko ritel”, Dead stock adalah barang yang tidak laku sama sekali semenjak anda terima di toko anda. barang type ini harus segera hilangkan di toko anda. Barang ini bisa anda gunakan untuk hadiah, paket bundling, atau bonus penjualan tertentu. Slow moving adalah barang yang tingkat penjualannya tidak terlalu cepat. Misal dalam satu bulan hanya laku 30 buah. Barang slow moving ini dalam istilah umum disebut dengan barang yang kurang laku. Tipe barang jenis ini harus tersedia di toko namun tidak boleh banyak-banyak tersedia di gudang. Fast moving atau disebut juga dengan barang yang laku keras adalah bintangnya toko anda. Produk ini harus selalu tersedia dalam jumlah banyak di toko dan di gudang. Barang inilah yang harus selalu anda perhatikan.

5. CARI CALON KARYAWAN DAN LATIH KARYAWAN ANDA

Mempekerjakan orang yang tepat untuk pekerjaan adalah penting. Jika mereka cocok dengan posisinya dan antusias dengan pekerjaan itu, maka mereka akan senang hati untuk bekerja. Latihlah karyawan Anda tentang pelayanan pelanggan, pengetahuan produk (product knowledge), dan teknik-teknik berjualan seperti impulse buying customer, atau suggestive selling dengan benar. Jangan lupa untuk selalu menyediakan hadiah atau insentive penjualan kepada karyawan agar mereka selalu termotivasi dalam bekerja.

Itulah tips manajemen toko kelontong bagi anda yang akan, dan sedang menjalankan bisnis toko kelontong. Semoga maju terus toko anda, dan dapat membuka cabang di mana saja.

PENGERTIAN TRAWL ATAU PUKAT HARIMAU DAN JENIS-JENIS TRAWL

Hits: 65

Artikel kali ini adalah membahas tentang pengertian trawl atau pukat harimau dan jenis-jenis trawl. Materi PENGERTIAN TRAWL ATAU PUKAT HARIMAU DAN JENIS-JENIS TRAWL dapat dilihat melalui aplikasi Belajar NKPI.

Atau dapat dilihat di youtube channel: yusepchannel33

Kata Trawl adalah berasal dari Bahasa Perancis, “Troller” yang diserap menjadi Bahasa Inggris, “Trawl”, yang artinya tarik. Dalam Bahasa Indonesia Trawl dikenal dengan nama Pukat Harimau, atau pukat tarik. Menurut Nedelec dan Prado, 1990, Trawl adalah alat tangkap ikan yang terbuat dari jaring, berbentuk kerucut, dengan salah satu ujung terbuka lebar sebagai mulut dan semakin kecil di ujung lain sebagai kantong yang dapat dibuka atau ditutup. Jaring berbentuk kerucut ini ditarik di sepanjang dasar perairan dengan kecepatan dan jangka waktu tertentu. Berikut adalah ilustrasi pengertian trawl menurut Nedelec dan Prado, 1990.

Gambar Trawl Menurut Nedelec & Prado, 1990

Sedangkan menurut Organisasi PBB yang menangani urusan pangan dunia, atau FAO pada tahun 1995, mendefinisikan Trawl atau pukat harimau adalah Alat tangkap ikan yang terbuat dari jaring, dengan mulut jaring dapat terbuka lebar oleh papan (otter board) yang diikatkan pada kedua sisi mulut dan terbuka tegak oleh pelampung pada tali pelampung di pinggir atas mulut dan pemberat pada tali pemberat di pinggir bawah mulut jaring. Berikut adalah ilustrasi gambar trawl menurut FAO, 1995.

Ilustrasi gambat Trawl menurut FAO, 1995

Alat tangkap Trawl atau pukat harimau adalah alat tangkap ikan yang tidak selektif, karena selama ditarik oleh kapal atau selama melakuan operasi penanangkapan ikan, mulut jaring yang terbuka lebar dapat menelan semua benda yang berada di area yang dilewatinya. Trawl juga dikatakan sebagai alat penangkapan ikan yang destruktif, atau merusak, karena trawl dapat merusak terumbu karang yang menjadi habitat hidup ikan. Dengan rusaknya habitat ikan, maka produksi ikan akan menurun dalam jangka panjang. Atas dasar inilah, Alat penangkapan Pukat Harimau atau Pukat Hela atau pukat tarik, dan sejenisnya mulai dilarang oleh Pemerintah Indonesia sejak Tahun 1980 melalui Keppres No. 39 Tahun 1980 Tentang Penghapusan Jaring Trawl.

Trawl terdapat beberapa jenis, yang dikategorikan berdasarkan:

  1. Daerah penangkapan atau fishing ground
  2. Jumlah kapal yang menariknya atau trawler
  3. Jumlah jaring yang diturunkan ke dalam air atau fishing gear
  4. Letak penurunan jaring atau gear setting,
  5. Cara bukaan mulut jaring atau Gear opening system.
  1. Berdasarkan daerah penangkapan ikan, jenis-jenis trawl atau pukat harimau meliputi

Midwater trawl, yaitu pukat harimau atau trawl yang dioperasikan di bagian kolom perairan, atau di perairan pertengahan antara dasar perairan dan permukaan perairan.  Midwater trawl ditujukan untuk menangkap gerombolan ikan-ikan pelagis seperti tongkol, cakalang, selar, kembung, tenggiri, atau salmon.

midwater trawl atau pukat harimau di pertengahan perairan

Jenis trawl berdasarkan daerah penangkapan berikutnya adalah bottom trawl, yaitu trawl atau pukat harimau yang dioperasikan di dasar perairan. Bottom trawl ditujukan untuk menangkap ikan dengan target spesies ikan-ikan demersal, seperti udang, kepiting, ikan sebelah, dan lain sebagainya.

bottom trawl atau pukat harimau di dasar perairan

Berikutnya adalah beach seine, atau pukat pantai. Pukat pantai adalah jenis trawl yang dioperasikan di daerah pantai. Jenis trawl ini ditebar di daerah perairan yang dangkal dan ditarik oleh sekelompok nelayan yang berada di pantai.

Beach Seine or Beach trawl

2. Berdasarkan jumlah kapal penariknya, maka trawl dibagi menjadi

Pair trawl, yaitu trawl yang ditarik oleh dua buah kapal trawler, dan single ship trawl, yaitu trawl yang ditarik oleh satu buah kapal trawl.

Jenis trawl berdasarkan jumlah kapal penarik

3. Berdasarkan jumlah jaring yang diturunkan

Berdasarkan jumlah jaring yang diturunkan ke dalam air, trawl dibagi menjadi double-rig trawl, yaitu satu buah kapal menurunkan dua buah jaring trawl, dan single trawl dimana suatu kapal menurunkan satu unit jaring trawl.

Jenis trawl berdasarkan jumlah ajring yang diturunkan

4. Berdasarkan letak penurunan jaring dari kapal

Selanjutnya kategori trawl berdasarkan letak penurunan jaring atau teknik penurunan jaring trawl dari atas kapal, yang meliputi:

Side trawl, dimana jaring trawl, atau jaring pukat harimau diturunkan dari sisi lambung kiri atau lambung kanan kapal trawl, dan Stern trawl, yaitu jaring trawl yang diturunkan melalui bagian buritan kapal. Dan stern trawl ini merupakan jenis trawl yang umum digunakan oleh kapal-kapal trawl berukuran besar, atau super trawl.

Jenis trawl berdasarkan letak penurunan jaring dari kapal

5. Berdasarkan Cara Bukaan Mulut Jaring

Kategori trawl yang terakhir adalah berdasarkan cara bukaan mulut jaring trawl atau teknik penangkapan ikannya, yang terdiri dari:

Otter trawl, yaitu trawl yang bukaan mulut jaringnya adalah dengan menggunakan papan pembuka, atau yang disebut dengan otter board. Dan Beam trawl, dimana mulut jaring trawl menggunakan penyangga atau beam yang terbuat dari besi atau baja.

Jenis Trawl berdasarkan cara bukaan mulut jaring

Itulah pengertian trawl atau pukat harimau dan jenis-jenis trawl, yang jika dirangkum dalam bentuk tabel, maka akan kategori trawl akan terlihat seperti berikut ini:

Pembagian jenis-jenis trawl atau pukat harimau

PERKEMBANGAN DOKUMENTASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Hits: 40

Tampilan icon aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Memasak merupakan salah satu hobi yang umumnya digandrungi oleh kaum hawa. Dahulu, resep masakan dicatat dalam buku atau kertas yang dilipat. Saking berharganya, buku resep masakan itu disimpan di tempat yang sangat istimewa. Bahkan seringkali resep masakan diwariskan dari generasi ke generasi, apalagi jika resep masakan tersebut adalah kumpulan resep masakan sedap dan sehat. Karena itu, tidak heran, perkembangan dokumentasi resep masakan sedap dan sehat pun berevolusi menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada.

Ketika era komputer sudah ada, buku resep masakan tidak lagi disimpan di kotak besi atau brankas. Resep memasak yang ada dan menjadi warisan turun temurun di digitalisasi dalam bentuk file komputer, dan tentu saja disimpan dalam komputer pribadi. Sajking berharganya, kadang resep masakan tersebut di back-up agar hasil back-up resep masakan dapat dipakai jika file resep memasak hilang.

Ketika Cloud Storage sudah mulai tercipta, resep masakan mulai disimpan di cloud storage. Penyimpanan di cloud storage memungkinkan pemilik resep masakan dapat membuka resep memasak miliknya kapan pun dan dimana pun. Penyimpanan di cloud storage pun dapat mengantisipasi kehilangan file memasak pada komputer yang rusak atau terkena virus dan harus di-install ulang.

Setelah era cloud storage, era android mulai berkembang. Dalam satu genggaman Handphone android, resep masakan dapat dilihat kapan pun dan dimana pun dengan sekali sentuh di layar android, karena sudah dibuat menjadi suatu aplikasi. Aplikasi Resep masakan kini sudah banyak dibuat. Ada banyak variasi atau jenis resep masakan, mulai dari aplikasi resep masakan eropa, resep masakan daerah, ataupun bahkan resep-resep kue. Salah satu yang menarik dalah aplikasi resep masakan berjudul Aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT. Resep masakan ini merupakan kumpulan resep masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Disajikan dengan tampilan yang mudah dibaca, disertai foto masakan tersebut, dan dengan penjelasan yang singkat danumn mudah di pahami. Berikut adalah contoh aplikasi resep masakan sedap dan sehat.

Aplikasi resep masakan sedap dan sehat belum terpasang di Google Walaupun tidak ada di Google Play, bagi pengguna HP OPPO, aplikasi resep memasak ini dapat di download di Oppo AppMarket.

Sementara itu, bagi pengguna Handphone Samsung, aplikasi Resep Masaksan Sedap dan Sehat ini dapat di download di Samsung Galaxy Store. Silahkan klik logo dari bawah ini untuk download aplikasi resep masakan pada handphone Samsung.

Bagi pengguna Handphone lain aplikasi resep masakan sedap dan sehat dapat di download melalui link di bawah ini.

Link download: Aplikasi Resep Masakan Sedap dan Sehat

Jangan khawatir, aplikasi ini sudah di cek dan terbukti bebas virus, dan dapat dipastikan berfungsi dengan baik di Handphone android mana pun. Aplikasi ini pun sangat ramah memori, sehingga tidak perlu memakan memori yang besar.

Disebut aplikasi resep masakan sedap dan sehat karena resep-resep yang ada di aplikasi ini memang berasal dari bahan-bahan yang menyedapkan dan menyehatkan. Silahkan download aplikasi resep masakan sedap dan sehat disini. Demikianlah perkembangan dokumentasi resep masakan sedap dan sehat yang mengikuti perkembangan teknologi hingga saat ini.

Cara Pasang Iklan Adsterra di WordPress

Hits: 148

Hai Sobat Millenial, kali ini saya akan membahas tentang hal yang lain daripada yang lain dan saya rasa ini menarik bagi teman-teman yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui blog atau website yang anda punya dan saya mau menjelaskan tentang bagaimana cara cara mendapatkan penghasilan tambahan tersebut. Oke .. Kali ini saya mau review mengenai Cara Pasang Iklan Adsterra di WordPress.

Sebetulnya Adsterra ini cukup populer walaupun kurang banyak didengar dibandingkan dengan Google Adsense. Nah kebetulan saya ikut join di adsterra.com, jadi website saya ini saya daftarkan website tersebut dan saya mendapatkan penghasilan tambahan melalui iklan yang ada di website saya. Berikut adalah tutorial tentang Bagaimana cara pasang iklan adsterra di WordPress yang kita punya sehingga WordPress kita ini sudah langsung terpampang iklannya dengan catatan tentunya kita sudah mendaftar di adsterra.com terlebih dahulu. Oke untuk tutorialnya silahkan simak video ini.

Klik Disini untuk bergabung adsterra.com.

Adsterra.com merupakan broker iklan alternatif yang bisa anda gunakan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Dibandingkan dengan Adsense, yang saya rasakan cara pendaftarannya relatif mudah, dan persyaratannya pun tidak serumit dibandingkan dengan Google Adsense. Akan tetapi, dari sisi penghasilan memang agak sedikit berbeda sih, nilai Rupiahnya lebih kecil jika dibandingkan dengan Adsense. Tapi tak apa, ini lebih baik sebagai alternatif jika kita daftar Iklan di Google Adsense di Tolak terus.

Ada banyak pilihan cara mengiklankan dari Adsterra ini. Dan semua sudah diotomatisasi, sehingga kita tinggal download, dan pasang di widget html wordpress kita punya. Bentuk iklan bisa berupa banner, native banner, popunder, social bar, maupun direct link. Pilihan tergantung kepada mana yang anda suka, dan mana yang menurut anda akan mendatangkan banyak penghasilan dari pemasangan iklan di adsterra. Ingat..selalu perhatikan statistik anda untuk mengetahui efektifitas iklan yang anda tempel di website wordpress anda. Ok. Jika anda berminat, segera bergabung dengan klik tombol bergabung adsterra di bawah ini atau di samping kanan website ini.

banner

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda

Hits: 30

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.
Anda memiliki iklan. Anda menjalankannya. Dan kemudian apa yang Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda hanya duduk dan menunggu klien target Anda menelepon Anda? Atau Anda pergi keluar dan memastikan bahwa Anda tahu apakah kampanye pemasaran Anda memiliki hasil yang baik atau tidak?

Salah satu tugas penting yang perlu Anda lakukan saat menjalankan kampanye iklan adalah mengukur hasilnya. Ketika orang bertanya kepada Anda apa yang terjadi pada iklan Anda, apakah Anda siap menjawab bahwa Anda mendapatkan hasil yang bagus atau tidak sama sekali? Bahkan dengan respon yang buruk, Anda harus dapat mengukurnya sehingga Anda dapat membuat perubahan pada iklan Anda dan semoga penjualan juga akan meningkat.

Tugas pemasaran Anda tidak berhenti ketika Anda sudah mengirimkan kampanye pemasaran Anda. Padahal, pekerjaan baru saja dimulai. Anda harus mengukur keefektifan iklan Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus ditingkatkan atau bagaimana meningkatkannya lebih jauh.

Pertama, Anda perlu membedakan tingkat respons iklan Anda dengan hasilnya. Anda memiliki ‘tanggapan’ ketika pembaca target Anda bertindak atas panggilan Anda. Katakanlah, Anda ingin dia menelepon Anda atau mengunjungi situs web Anda. Jika prospek Anda melakukan salah satu dari hal itu, maka Anda memiliki ‘respons’.

Di sisi lain, ‘hasil’ Anda adalah ketika pembaca target Anda mengambil tindakan dan kemudian membeli dari Anda. Penjualan Anda adalah ‘hasil’ Anda.

Jadi sekarang Anda memutuskan setelah mengukur iklan cetak Anda yang diproduksi oleh perusahaan percetakan komersial profesional, bahwa tidak ada tanggapan sama sekali. Satu dari dua hal pasti telah terjadi. Entah iklan Anda tidak menarik minat karena dirancang dengan buruk dan konten ditulis dengan buruk; atau, kampanye pemasaran Anda tidak menjangkau audiens target yang tepat.

Langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab ‘tidak ada respons’. Anda dapat melakukannya dengan menguji iklan Anda lagi tetapi kali ini, Anda mungkin ingin mempostingnya di lokasi lain atau menempatkannya di situs web yang berbeda. Jika Anda mendapatkan respons positif maka Anda akan tahu bahwa itu pasti eksposur. Tetapi jika tidak membaik sama sekali, lebih baik Anda segera mengganti iklan Anda.

Sekarang sampai pada bagian yang sulit – Anda memiliki respons tetapi tidak ada hasil. Prospek Anda menghubungi Anda atau mengklik situs web Anda seperti yang Anda minta, tetapi tidak ada penjualan yang dilakukan. Satu-satunya kemungkinan untuk skenario ini adalah Anda tidak memiliki konten atau penawaran yang bagus untuk mendukung kampanye pemasaran Anda. Mengubah atau meningkatkan salinan atau desain Anda pasti akan mengubah hasil Anda.

Dan sekali lagi, pengujian adalah kuncinya. Jalankan iklan Anda yang baru dan lebih baik untuk menguji apakah akan mendapatkan hasil atau tidak. Jika lagi Anda mendapatkan tingkat respons atau hasil yang rendah, kembali ke papan gambar Anda dan lakukan semuanya lagi – ubah iklan, perbaiki, jalankan lagi.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama dan pasti akan dikenakan biaya. Tetapi memiliki iklan yang belum terbukti dapat membebani Anda lebih banyak terutama bila Anda tidak mendapatkan respons atau hasil yang Anda harapkan untuk bisnis Anda. Itulah sebabnya, penting sekali untuk anda ketahui, Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.

CARA MENGHITUNG JUMLAH KAPAL IKAN DENGAN MENGGUNAKAN POTENSI LESTARI SUMBER DAYA IKAN (MAXIMUM SUSTAINABLE YIELD)-Studi Kasus Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Sumatera Barat-

Hits: 0

Artikel ini sudah diterbitkan di Jurnal Wave milik BPPT Volume 12 Nomor1. Artikel ini dapat di download CARA MENGHITUNG JUMLAH KAPAL IKAN DENGAN MENGGUNAKAN POTENSI LESTARI SUMBER DAYA IKAN (MAXIMUM SUSTAINABLE YIELD)-Studi Kasus Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Sumatera Barat-secara gratis.

CARA MENGHITUNG JUMLAH KAPAL IKAN DENGAN MENGGUNAKAN POTENSI LESTARI SUMBER DAYA IKAN (MAXIMUM SUSTAINABLE YIELD)-Studi Kasus Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Sumatera Barat Versi Video dapat dilihat disini, atau download aplikasi belajar NKPI disini.

Trend produksi ikan tahun 2016 di PPS Bungus yang terletak di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat meningkat dalam kurun waktu 2007-2015. Hasil tangkapan tertinggi adalah di tahun 2015 sebanyak 5.025,59 ton. Akan tetapi kecenderungan peningkatan produksi tangkapan ini tidak menyebabkan peningkatan pada nilai tangkapannya. Nilai produksi per ton justru memperlihatkan trend penurunan. Pada tahun 2015, nilai produksi ikan per ton adalah Rp. 60.118.000. Nilai produksi ini sangat kecil jika dibandingkan dengan nilai produksi pada tahun 2012 sebesar Rp. 89.645.000 per ton dengan hasil tangkapan sebanyak 4.155,9 ton.

Penurunan nilai produksi ini menunjukkan bahwa meskipun jumlah tangkapan meningkat namun mutu ikan yang dalam hal ini adalah ukuran ikan yang ditangkap justru semakin mengecil. Ini menandakan bahwa terdapat dugaan bahwa perairan Sumatera Barat tersebut telah terlalu banyak dieksploitasi sehingga menimbulkan kelangkaan sumber daya ikan tersebut. Untuk menghindari kelangkaan sumerdaya tersebut, maka perlu pengendalian jumlah kapal penangkap ikan. Untuk menentukan jumlah kapal ikan, langkah pertama adalah menentukan jumlah potensi lestari sumber daya ikan (Maximum Sustainable Yield).

Potensi lestari sumber daya ikan dihitung dengan menggunakan metode surplus produksi. Jumlah kapal ikan dihitung dengan metode optimasi dengan kendala asli adalah jumlah tangkapan yang diperbolehkan, dan kendala sasaran adalah jumlah tangkapan masing-masing tipe kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi overfishing di perairan Sumatera Barat sebanyak 2.011,27 ton dari jumlah yang seharusnya diperbolehkan yaitu 3.013,82 ton. Jumlah kapal ikan yang diperbolehkan adalah 31 unit kapal longline dan 146 unit kapal purse seine.

Download secara lengkap artikel CARA MENGHITUNG JUMLAH KAPAL IKAN DENGAN MENGGUNAKAN POTENSI LESTARI SUMBER DAYA IKAN (MAXIMUM SUSTAINABLE YIELD)-Studi Kasus Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Sumatera Barat-disini.

TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN

Hits: 26

TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN

Pada tanggal 16 April 2022. SUPM Negeri Kotaagung resmi meluncurkan Mall Ikan di area Teaching Factory Program Keahlian Budidaya Perikanan. SUPM Negeri Kotaagung merupakan sekolah Vokasi setingkat SMK yang berlokasi di Kabupaten Tangamus Propinsi Lampung. Sekolah ini berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, tepatnya di bawah Bada Riset dan SUmberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan. Dengan demikian, Tanggamus kini sudah punya Mall ikan.

SUPM Negeri Kotaagung sengaja membuat mall ikan ini adalah bertujuan sebagai sarana untuk menjual ikan-ikan hasil budidaya yang dipraktekkan oleh para siswanya. Hal ini sejalan dengan tujuan Utama dari konsep belajar teaching factory, yaitu menghasilkan output produk hasil belajar yang dapat diserap oleh pasar atau masyarakat. Dan mall ikan merupakan terobosan baru dari konsep teaching factory yang dilakukan secara mandiri dengan keterlibatan DU/DI yang out of the box. Dimana DU/DI yang dimaksud bukan hanya menggandeng DU/DI bidang perikanan, namun juga termasuk Dunia usaha atau dunia Industri bidang Retail.

Memang jika dilandaskan pada pengertiannya, mall ikan ini adalah jauh dari konsep mall pada umumnya. Menurut (Urban Land Institute pada Shopping Centre Development Handbook, adalah Mall merupakan sekelompok kesatuan pusat perdagangan yang dibangun dan didirikan pada sebuah lokasi yang direncanakan, dikembangkan, dimulai dan diatur menjadi sebuah kesatuan operasi (operation unit), berhubungan dengan lokasi, ukuran tipe toko, dan area perbelanjaan dari unit tersebut). Itu artinya sebetulnya mall merupakan tempat yang terdiri dari berbagai pertokoan yang digabung dan ditempatkan menjadi satu suatu lokasi bangunan. Itu adalah teori mall yang sebenarnya, akan tetapi mari kita kesampingkan dulu sejenak mengenai perdebatan teori mall ini. Kita Kembali kepada hal yang Utama.

Dinamakan mall ikan karena di tempat ini terdapat berbagai macam produk perikanan yang dilakukan oleh unit-unit Produksi yang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa SUPM Negeri Kotaagung memiliki beberapa unit Produksi untuk mendukung proses pembelajaran teaching factory-nya. Jadi…yah…tidak salah juga jika menggunakan kata mall pada tempat memasarkan seluruh hasil produksinya dari tiap-tiap unit. Anggaplah unit-unit Produksi ini adalah toko-toko yang berbeda perusahaan.

Pada lahan seluas kurang lebih hingga 500 meter persegi, di mall ikan SUPM Negeri Kotaagung ini saat ini baru terbagi menjadi 4 area; yaitu area ikan hidup untuk konsumsi; area benih ikan, area ikan hias, hingga area rekreasi ikan berupa terapi ikan. Aneka produk perikanan di mall ikan ini adalah dijual secara hidup. Mulai dari ikan konsumsi seperti nila, ikan mas, dan lele; benih ikan, yaitu benih ikan nila, benih ikan gurami, benih ikan lele, hingga indukan ikan patin. Ikan-ikan untuk konsumsi dan benih-benih ikan tersaji pada bak-bak fiber yang tersusun rapi dengan harga yang telah tertera di tiap-tiap bak. Kini masyarakat penikmat ikan dapat membeli ikan konsumsi dengan harga yang tidak kalah bersain dengan harga pasar pada umumnya, ahkan mungkin lebih murah, dan bagi para pembudidaya, mereka dapat memperoleh benih ikan yang tidak kalah unggul serta berharga terjangkau.

Selain ikan konsumsi, di mall ikan ini dijual juga aneka ikan hias air tawar dengan harga yang terjangkau. Ikan hias-ikan hias ini di display pada akuarium yang tersusun rapi di sebelah kanan komplek mall ikan ini. Lebih dari 20 spesies ikan hias yang dijual disini, dengan harga yang bervariasi namun masih tetap terjangkau oleh para pencinta ikan hias.

Penempatan akuarium yang rapi dan bersih di mall ikan ini sangat memanjakan para pengunjung. Tepat ini dapat menjadi sarana rekreasi untuk masyarakat setempat dan juga menjadai sarana belajar untuk mengetahui nama-nama spesies ikan hias air tawar yang umum ada di masyarakat.

Berikut ini adalah cotoh-contoh ikan hias yang sangat menarik untuk dikoleksi, mulai dari ikan Oscar, ikan lemon, guppy, koi, komet, alligator, hingga arwana. Namun khusus alligator, ikan ini adalah ikan yang dilarang untuk diperjualbelikan. Ikan ini ada di Mall ikan adalah hanya untuk sebatas edukasi masyarakat mengenai spesies ikan hias yang dilarang.

Pada bagian akhir mall ikan ini, terdapat tempat rekreasi dan relaksasi bermedia ikan, yaitu terapi ikan. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati sensasi cubita-cubitan ikan-ikan kecil yang menggigit bagian kaki ataupun tangan para pengunjung. Para pengunjung tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk menikmati sensasi gigitan ikan terapi selama 10 hingga 15 menit. Ada banyak spesies ikan yang digunakan untuk terapi ikan, yaitu seperti ikan  Garra Ruffa dari Timur Tengah, Garra Teniata dari Thailand, hingga Garra borneensis dari Kalimnatan Indonesia. Akan tetapi khusus di mall ikan SUPM Kotaagung, ikan yang digunakan adalah ikan nilem atau Osteochilus vittatus.

Itulah …TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN yang merupakan terobosan baru konsep teaching factory yang memadukan antara bidang Teknis budidaya perikanan dengan bidang teknis operasional bisnis retail. Kedepannya dipastikan mall ikan ini akan memiliki varian-varian produk lainnya dari unit pengolahan hasil perikanan maupun dari unit penangkapan ikan laut. Mall ikan ini kini terbuka untuk umum dari jam 08 hingga 15.00, dan dilayani oleh para peserta didik sebagai ajang mereka untuk belajar berbisnis dan memasarkan produk perikanan. Mall ikan adalah salah satu bentuk terjemahan dari konsep merdeka belajar vokasi bidang perikanan yang dicanangkan oleh pemerintah Republik Indonesia yang merupakan kolaborasi nyata antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Klik disini untuk melihat video tampilan mall ikan Tanggamus.