Category Archives: Pendidikan

Pengertian Tentang Sistem Injeksi PGM-FI Pada Motor

Teman-teman, saya mau berbagi sedikit tentang info mesin motor nih. Saya sih gak ahli mesin motor atau mobil, cuma saya juga baru dapat pengetahuan baru dari seorang kawan di dealer motor. Dan sepertinya harus saya bagi ke teman pembaca semua karena pasti ada yang ingin tahu dan penasaran atau bahkan belum tahu sebelumnya seperti saya.

hal yang ingin saya bagi adalah mengenai sistem pembakaran PGM-FI pada-motor-motor atau mobil keluaran sekarang. PGM-FI merupakan singkatan dari Programmed Fuel Injection, yaitu sistem pembakaran pada motor berbahan bakar bensin dimana pasokan bahan bakar dikontrol penuh secara elektronik oleh berbagai sensor yang terintegrasi dengan Electronic Control Module (ECM). Perbedaan mendasar antara PGM-FI dengan sistem pasokan bahan bakar jaman dulu (model karburator) adalah bahwa  pada sistem PGM-FI tidak lagi diperlukannya pengaturan/setting racikan udara dan bahan bakar yang biasanya pada sistem karburator mesti dilakukan terutama di pagi hari untuk mencapai kondisi idle (langsam).

Artinya, bahwa mesin motor PGM-FI sebetulnya tidak perlu dipanaskan mesinnya di setiap pagiseperti kita lakukan pada motor-motor karburator (Atau mungkin kita lakukan juga saat ini pada motor PGM-FI karena gak tahu he..he..).

Honda mengklaim bahwa penggunaan sistem PGM-FI sangat menunjang efisiensi bahan bakar, dengan kata lain motor-motor dengan sistem injeksi ini akan lebih hemat dari sistem karburator. Namun menurut saya, berdasarkan atas apa yang saya rasakan, perawatan mesin motor PGM-FI bisa lebih mahal dibanding perawatan mesin motor karburator. Alasannya addalah:

  1. Bengkel-bengkel motor PGM-FI hanya ada di dealer-dealer terkemuka, sementara bengkel “jalanan” mungkin belum terampil mengenai sistem ini.
  2. Jika terjadi kerusakan, motor sistem PGM-FI akan cenderung melakukan penggantian komponen yang berbiaya tidak murah, sementara mesin karburator jika terjadi kerusakan biasanya akan berbiaya murah karena bisa dimodifikasi tanpa perlu melakukan penggantian komponen elektronik (Ya jelas..karena mesin karburator gaka ada komponen elektronik-nya he..he..)
  3. Modifikasi mesin pada sistem PGM-FI sangat rumit dan mungkin hanya bisa dilakukan di delaer resmi, sementara modifikasi mesin karburator bisa dimana saja dan terserah juga mau digimanain (alias suka-suka).
  4. Kalo anda adalah ahli mesin, dan punya motor PGM-FI trus nabrak trus mogok, jalan satu-satunya bawa ke dealer resmi terdekat. Siap-siap aja keluar kocek agak banyak karena pasti ganti komponen elektroniknya. Tapi kalo anda adalah ahli mesin yang punya motor karburator, motornya nabrak trus mogok, anda mungkin saja bisa benerin sendiri ditempat itu dan pada hari itu juga. tentu saja dengan biaya yang hampir nol..

Itulah saya rasa pengetahuan sekilas tentang mesin motor PGM-FI. Saya gak bilang mesin PGM-FI buruk ya, karena harus diakui bahwa ini adalah terobosan teknologi dan inovasi hebat dalam efisiensi bahan bakar. Saya hanya sekedar membandingkannya saja agar kita yang punya motor karburator tidak minder jika tetangga beli motor atau mobil baru bermesin PGM-FI alias Programmed Fuel Injection.

Tips untuk Apa yang harus dilakukan dalam Program Homestay

Karena Anda tinggal di rumah orang lain, di negara yang berbeda, kesempatan adalah bahwa hal-hal yang akan dilakukan berbeda dari rumah Anda. Namun, jika Anda mampu untuk bekerja sama dan mendengarkan Anda keluarga angkat Anda sementara Anda seorang tamu, semua harus berjalan lancar.

Apakah membuat kebutuhan Anda dikenal.

Memberikan beberapa pemikiran serius untuk formulir aplikasi Anda dengan organisasi (apakah itu sebuah sekolah bahasa atau program relawan) yang akan menghubungkan Anda dengan keluarga. Apakah Anda takut dengan anjing? Apakah kamu vegetarian? Apakah Anda alergi terhadap jam malam? Semakin Anda berkomunikasi dengan organisasi, baik dilengkapi mereka akan cocok Anda untuk keluarga host yang cocok.

Jangan bergabung dengan mereka untuk makan.

Kebanyakan program host akan memberikan pilihan untuk memasukkan makanan di homestay Anda. Saya sarankan bergabung dengan keluarga Anda untuk setidaknya satu kali makan setiap hari, baik untuk menikmati masakan lokal buatan dan menikmati percakapan yang makanan menginspirasi.

Apakah berbicara tentang “aturan” dalam beberapa hari pertama.

Berkomunikasi, berkomunikasi, berkomunikasi! Pastikan bahwa semua pihak memahami harapan hidup bersama. Cari tahu apakah Anda memiliki jam malam, apa waktu makanan disajikan, dan preferensi tuan rumah keluarga Anda untuk mengetahui keberadaan Anda (misalnya mencoba untuk tidak menghilang untuk akhir pekan pergi tanpa memperingatkan mereka di muka). Cari tahu bagaimana keluarga angkat merasa tentang Anda melayani diri sendiri makanan dari dapur mereka, atau menyiapkan makanan Anda sendiri, atau menjaga alkohol di rumah. Asumsi merupakan dasar dari begitu banyak kesalahpahaman dan konflik, jadi daripada menebak, berbicara!

Apakah membawa hadiah bijaksana.

Ini adalah no-brainer untuk homestay di luar negeri. Membawa hadiah, sebaiknya wakil dari budaya rumah Anda, adalah cara yang bagus untuk memecahkan es dengan keluarga angkat dan menetapkan dasar untuk persahabatan yang hangat. Jika Anda diberi beberapa informasi tentang keluarga sebelum kunjungan Anda, cobalah untuk menyesuaikan hadiah untuk usia dan jenis kelamin anggota keluarga. Sebagai contoh, saya membawa ibu sibuk jurnalis tuan rumah saya di Kolombia satu set de-menekankan lotion dan parfum, dan beberapa menyenangkan “I <3 NY” chotchkies untuk kru.

Apakah menghormati adat istiadat setempat dan kepatutan.

Tingkat kepentingan dari ini “jangan” tentu akan bergantung pada konteks budaya, serta kepribadian keluarga angkat. Jadilah sadar budaya lokal bagaimana adat dan agama is.For contoh, berjalan di sekitar memamerkan satu perut atau decolletage tengah hari tidak akan menjadi masalah besar di panas terik Kolombia pantai, tapi mungkin tidak harus mencoba ini di Marakesh . Dengan berjalannya waktu dan Anda menjadi lebih nyaman dengan host Anda, “aturan” dan formalitas kemungkinan akan melonggarkan, tetapi selalu ingat bahwa mereka akan melihat Anda sebagai perpanjangan dari keluarga mereka sendiri, sehingga perilaku dan penampilan di sekitar kota akan mencerminkan pada mereka juga. Dengan kata lain, berperilaku sendiri.

Apakah berkomunikasi dengan organisasi yang menempatkan Anda di sana.

Dalam hal bahwa Anda terus-menerus tidak senang dengan beberapa aspek homestay dan komunikasi dengan keluarga tidak membantu, cobalah menjangkau organisasi yang menempatkan Anda di sana. Kemungkinannya adalah, mereka memiliki protokol untuk menyelesaikan kesalahpahaman antara host dan tamu, atau jika hal-hal yang cukup buruk, mereka akan memindahkan Anda ke keluarga lain yang lebih cocok untuk gaya hidup Anda dan kepribadian. Di sisi lain, jika Anda benar-benar memuja keluarga angkat, membual tentang mereka! organisasi harus tahu betapa berharganya keluarga ini sehingga mereka terus mengirim tamu bersemangat jalan mereka.

Homestay Melaka adalah hal yang bisa anda jadikan referensi untuk pelancongan anda di Malaysia

Ujicoba Membuat Alat Tangkap Ikan

DSCF8869

Hallo kawan-kawan… Maafkan saya karena sudah lama tidak ketemu disini. Maksudnya saya sudah agak lama gak posting artikel di blog ini. Bukan karena sengaja, ini adalah karena kesibukan saya yang lumayan rada menantang nih, sehingga menyita waktu banyak. Saya agak lama gak posting artikel karena sedang menjalankan proyek baru dari sekolah yaitu membuat alat tangkap ikan.

Ya, saya bersama rekan-rekan mendapat tantangan untuk menghidupkan Teaching Factory di jurusan Nautika Perikanan Laut (NPL). Sebenarnya tantangannya adalah bagaimana agar jurusan NPL dapat produktif menghasilkan ikan hasil tangkapan ketika kegiatan praktek siswa dilakukan. Akan tetapi kami bersama tim menambah tantangan itu sendiri sehingga menjadi lebih seru, dan berharap produksi jurusan NPL itu bukan hanya produksi hasil tangkapan saja, melainkan produksi alat tangkap ikan.

Akhirnya, setelah melalui argumentasi yang lumayan melelahkan dengan para pemangku-pemangku jabatan dan tentunya para atasan, maka disetujuilah bahwa tim NPL membuat alat tangkap yang original. Arti original adalah bahwa alat tangkap itu di desain sendiri, dibuat sendiri, dan untuk selanjutnya digunakan untuk memproduksi peanngkapan ikan.

Project dimulai di pertengahan bulan Maret 2016 ketika saya membuat suatu desain alat tangkap ikan. Alat tangkap ikan yang saya buatkan desainnya adalah tergolong dalam entangled net atau jaring puntal. Alat ini terbuat dari bahan nylon dengan ukuran mata jaring 4cm stretched. Setelah desain dibuat, selanjutnya proposal kegiatan dubuat sebagai syarat agar dana bisa cair. Alhamdulillah dana cair, tentu saja dengan banyak argumentasi baik kepada atasan juga kepada rekan-rekan sendiri.

Pada awal bulan April 2016, bertepatan dengan ulang tahun saya, Setelah bahan dibeli, kami akhirnya membuat jaring tersebut. Jaring dibuat pada awalnya tentu berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya. Dengan bantuan pengerjaan dari para siswa, yang tentu saja ini diharuskan ada keterlibatan siswa karena menyangkut teaching factory, jaring akhirnya selesai dalm waktu dua minggu.  Jaring tersebut telah menghabiskan 420 buah pelampung, 10 pcs jaring nylon, serta lebih dari 300 meter tali berdiameter 3mm. Alhamdulillah..Kini waktunya uji coba..

Jpeg

Ujicoba dimulai di pertengahan bulan April 2016. kami melakukan 3 hari operasi penangkapan dengan 9 kali setting penangkapan. Hasilnya?? Alhamdulillah.. Secara desain jaring terbuka secara sempurna, artinya jaring tidak mengalami kendala pada saat dioperasikan. Jaring terbentang dengan sempurna dan sesuai dengan harapan. Dari itu saja saya sangat bersyukur sekali karena ilmu saya terbukti dapat diaplikasikan. Saya dulu sekolah di Sekolah Tinggi Perikanan Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan. Salah satau pelajarannya adlah Bahan ALat Tangkap, dan baru kali inilah saya membuktikan sendiri ilmu yang saya miliki diaplikasikan dengan membuat desain sendiri dan dioperasikan.

Secara hasil, jaring yang kami buat cukup menggembirakan. Berbagai jenis ikan pelagis seperti tongkol, selar, kembung, hingga teri berhsail kami tangkap. Dengan demikian, terbukti lagi bahwa jaring ini adalah jaring yang lumayan efektif untuk menangkap berbagai jenis ikan. Jaring tersebut kini merupakan jarng andalan saya untuk melakukan operasi peanngkapan. Sebagaimana sekolah SMK punya mobil merk ESEMKA, maka saya menamakan jaring tersebut “Jaring S.U.K.A”, yang merupakan singkatan dari Sekolah Usaha Perikanan Kotaagung. Saya berharap jaring ini bisa menjadi jaring acuan untuk proyek pembelajaran para siswa bidang Nautika Perikanan Laut, dan mudah-mudahan saja bisa memberikan kontribusi bagi para nelayan sekitar utnuk menggunakannya.

Jpeg

bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih detail mengenai desain jaring S.U.K.A., atau juga ingin dibantu untuk dibuatkan jaring tersebut, ddengan senang hati saya akan membantu. Silahkan inbox di facebook saya atau twitter saya atau Google plus saya Alamat facebook saya bisa dilihat di “Tentang Saya

Strategi Menghadapi Tes IELTS

Kali ini saya mau berbagi mengenai strategi dalam mengerjakan tes IELTS. Anda tahu kan IELTS? Ok, bagi yang belum tahu, saya akan sedikit menjelaskannya ya. IELTS merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System. IELTS merupakan tes Bahasa Inggris yang hasilnya dapat dipergunakan sebagai  persyaratan masuk untuk bersekolah di luar negeri.

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan tes IELTS untuk modul akademik (IELTS terdiri dari dua modul : Modul general dan modul akademik). Saya pilih modul akademik karena tujuannya dalah untuk melanjutkan studi di luar negeri. Pada awalnya, saya juga tidak tahu mengenai tes IELTS ini,  dan bentuk soal pun saya belum tahu. Belakangan, saya melakukan browsing di internet, diketahuilah bahwa Tes IELTS itu terdiri dari 4 macam, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking.

Ok. Walaupun saya baru dalam melaksanakan tes IELTS, tapi saya meyakini bahwa strategi yang saya lakukan sebelum tes IELTS berdampak signifikan pada hasil Tes IELTS saya.

Strategi yang saya lakukan adalah:

1. Browsing

Sekitar sebulan sebelum melakukan tes, saya melakukan browsing di internet mengenai penjelasan tes IELTS ini. Setelah saya pahami, saya pun browsing untuk mencari contoh-contoh latihan soal tes IELTS. Contoh latihan soal tes IELTS yang saya temukan (lengkap dengan audio untuk listening) dapat di download disini.

2. Printing

Latihan soal yang saya peroleh saya print per paket latihan soal. Setiap satu paket terdiri dari listening, reading, writing, speaking.

3. Doing

Latihan soal yang sudah saya print, saya kerjakan tanpa melihat kunci jawabannya terlebih dahulu. Inisaya lakukan untuk mengukur diri sendiri sampai dimana kemmapuan bahasa inggris saya sebenarnya. Saya mengerjakan soal tersebut mengikuti aturan yang sesuai dengan keadaansebenarnya. Misalnya, jika soal listening disyaratkan tidak diulangi, maka saya pun melakukan itu. Jika penyelesaian soal dibatasi hanya 60 menit, maka saya pun melakukan hal itu.

4. Writing

Kerjakan soal latihan pada bagian writing. Hitung jumlah kata yang anda tulis. Writing satu minimal 150 kata, dan writing 2 minimal 250 kata. Upayakan untuk memnuhi syarat tersebut.

4. Skoring

Setelah saya mengerjakan tes latihan tersebut, selanjutnya saya mengoreksi atas jawaban saya sendiri, yaitu dengan membuka kunci jawaban yang ada di buku  latihan soal yang sudah saya dapat. Setelah kunci jawaban dibuka, selanjtnya dihitung berapa yang benar dan berapa yang salah. Setelah diketahui jumlah yang benar, saya melakukan skoring dengan input jawaban yang benar ke http://www.ielts-blog.com/calculate-ielts-result-reading-listening-band-score/. Di web tersebut hanya ada skoring untuk listening dan reading saja. Untuk writing dan speaking, anda prediksikan nilai terendah saja, yaitu 3. Setelah hasil setiap bagian diperoleh, jumlahkan semua nilai tersebut, dan bagi 4. Skor yang diperoleh adalah skor untuk prediksi tes IELTS anda.

Lakukan hal ini berulang kali dengan paket soal yang berbeda, dari situ anda akan mengetahui hal-hal sebagai berikut:

1. Anda akan terbiasa dan mengetahui bentuk soal tes IELTS.

2.Anda akan mengetahui dan memiliki strategi yang digunakan untuk menghadapi setiap bagian tes (listening, reading, writing, dam speaking) dalam pelaksanaan tes IELTS.

3. Anda akan mengetahui kemungkinan nilai tes IELTS anda yang sebenarnya.

4. Anda akan memperoleh banyak perbendaharaan kata yang dapat menjadi bekal untuk tes yang sebenarnya.

Itulah strategi yang saya lakukan sebelum melakukan tes IELTS. Hasilnya? Cukup Melegakan!!

Produktivitas Itu Butuh Stimulus!

Adalah wajar jikaseorang pimpinan menginginkan bawahannya untuk meningkatkan produktivitasnya, dan berharap ada kemajuan dalam performa organisasi secara keseluruhan. Hal itu memang suatu harapan yang ideal dan sudah menjadi keharusan dari seorang pimpinan terkait dengan tanggung jawabnya dalam mengelola organisasi. Akan tetapi perlu dipahami pula bahwa peningkatan priduktivitas itu tidak hanya melulu dalam bentuk perintah atau briefing setiap pagi. Perlu ada stimulus atau penyemangat untuk meningkatkan produktivitas para bawahan. Sebab ada korelasi antara stimulus dan peningkatan produktivitas.

Bentuk-bentuk dari stimulus dalam rangka peningkatan produktivitas itu bisa berbagai macam, bisa dalam bentuk penghargaan kenaikan jabatan, bonus, atau misalnya perjalanan wisata. Semua dapat dilakukan, asalkan ada kesediaan dari pimpinan untuk mempersiapkan stimulus tersebut. Jika pimpinan hanya berharap bawahannya untuk meningkatkan produktivitas tapi tidak bersedia dalam mempersiapkan stimulus, maka hasil yang diharapkan belum tentu akan menggembirakan.

Memang benar bahwq setiap karyawan sudah memiliki tugasnya masing-masing, dan mereka diharapkan untuk memenuhi tugas tersebut dengan baik. Tapi harus dipikirkan pula bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan. Kebutuhan ini mungkin saja tidak terpenuhi dengan gaji yang setiap bulan mereka dapatkan. Karena itu stimulus bonus atau tambahan ongkos operasional adalah kesempatan mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Adalah tidak rugi jika seorang pimpinan menyisihkan  sedikit anggaran untuk stimulus ini. Keuntungan yang diperoleh dapat dipastikan akan berlipat ganda, dan produktivitas diyakini akan meningkat. Keuntungan lainnya adalah respon penilaian karyawan terhadap pimpinan. Adanyan stimulus akan meningkatkan loyalitas mereka kepada pimpinan. Kita tidak perlu berfikir bahwa mungkin bawahan kita hanya loyal kepada uang. Selama kinerja mereka meningkat dengan adanya stimulus, maka lanjutkan saja hal ini. Toh kita sebagai pimpinan juga punya target yang harus dicapai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MELAKUKAN BONGKAR MUAT ALAT PENANGKAP IKAN DARI DAN KE KAPAL

Bongkar muat adalah kegiatan menaikkan atau menurunkan barang dari dan atau ke kapal (H.I. Lavery, 1990). Sedangkan menurut Undang-undang RI No. 9 Tahun 1985 tentang Perikanan, alat penangkap ikan adalah sarana dan perlengkapan atau benda-benda lainnya yang dipergunakan untuk menangkap ikan (Irawan Muripto dan Achmad S, 2011). Dengan demikian, bongkar muat alat penangkap ikan adalah kegiatan menaikkan atau menurunkan sarana dan perlengkapan atau benda lainnya untuk menangkap ikan dari dan atau ke kapal.

Pelaksanaan bongkar muat alat penangkap ikan tidak boleh dilakukan sembarangan. Pelaksanaan bongkar muat ini harus memperhatikan beberapa hal sehingga alat tangkap yang akan ditempatkan diatas kapal dapat tersusun rapi dan dapat dengan mudah digunakan. Hal-hal yang harus diperhatikan tersebut adalah:

1. Tempat

Dimanakah alat tangkap ini akan ditempatkan diatas kapal? Di bagian buritan, haluan, atau samping kapal. Biasanya penentuan tempat alat tangkap ini berhubungan erat dengan proses operasi penangkapan ikan. Contoh: untuk alat tangkap stern trawl, maka jaring ditempatkan di bagian buritan atau belakang kapal.Untuk alat tangkap purse seine, maka jaring ditempatkan di bagian samping kanan atau kiri kapal. Penempatan alat tangkap ikan ini harus memperhitungkan efektifitas dan efisiensi pada sat setting.

2. Keadaan

Perlu untuk diperhatikan bahwa tempat untuk alat tangkap ikan di atas kapal harus berada dalam keadaan bersih. Tempat alat tangkap ikan di atas kapal harus terbebas dari benda-benda yang dapat merusak alat tangkap tersebut. Tempat yang kotor baik oleh genangan minyak, bangkai-bangkai ikan atau benda-benda tajam seperti paku, kayu, dsb, akan menyebabkan alat tangkap mengalami kerusakan. Selain itu tempat yang kotor akan mempersulit proses penurunan alat tangkap ikan pada saat operasi.

3. Tahapan

Penempatan alat tangkap ikan harus memperhatikan tahapan pelaksanaan setting dan hauling pada saat operasi penangkapan ikan. Ini adalah demi terlaksananya proses operasi penangkapan yang efektif dan efisien. Sebagai contoh, untuk alat tangkap gillnet yang akan ditempatkan di bagian samping kapal, maka tahapan pemuatan alat tangkap ikan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tempatkan satu orang berada di bagian samping depan kapal dan satu orang di bagian samping belakang kapal, dan satu orang lagi diantara keduanya.
  2. Orang yang berada di samping bagian depan kapal memegang ujung tali ris bagian atas, sedangkan orang yang berada di samping bagian belakang kapal memegang ujung tali ris bagian bawah. Sementara itu, orang yang berada diantara keduanya memegang badan jaring bagian ujung.
  3. Setelah ketiganya siap, tarik tali ris atas, bagian tengah jaring, dan bagian tali ris bawah secara bersama-sama.
  4. Hasil tarikan tali ris atas dan tali ris bawah yang ada di atas kapal harus membentuk lingkaran yang sesuai dengan arah pintalan tali ris. Hal ini bertujuan agar tali ris tidak kusut.
  5. Badan jaring yang ditarik ke atas kapal harus ditata sedemikan lupa agar tidak tumpang tindih. Ini adalah untuk memastikan alat tangkap terbentang sempurna ketika dijatuhkan kedalam air.

Alasan Kita Harus Belajar IT Online

Harus kita sadari bahwa saat ini kita akan mengalami kesulitan hidup jika tidak terhubung dengan computer. Segala macam pekerjaan, bahkan hingga belanja pun kini dapat dilakukan dengan computer. Bayangkan jika kita tidak memahami sama sekali tentang computer atau IT. Alangkah susahnya hidup kita.

Namun harus kita sadari pula bahwa ketika kita sudah berusia tua dan sudah sibuk dengan pekerjaan kantor, menuntut ilmu atau belajar regular di kelas sudah tidak dimungkinkan lagi. Kita sudah tidak punya waktu untuk itu. Terobosan terbaik adalah dengan belajar secara jarak jauh kepada mentor-mentor di dunia maya.

Harus kita sadari pula bahwa semakin usia bertambah, maka daya pikir kita akan semakin berkurang. Kita sudah tidak sanggup lagi untuk belajar hal-hal yang rumit secara mendetail. Kita cenderung menginginkan  pembelajaran yang praktis. Praktis artinya adalah bahwa hasil belajar dapat langsung diaplikasikan dan tanpa perlu memahami lebih detail mengenai prosesnya.

Mau kursus IT tapi sibuk dengan aktifitas? Atau anda ingin belajar computer tanpa keluar rumah? Maka solusinya adalah bahwa anda harus belajar secara online. Itcourses online adalah alternative yang dapat diandalkan untuk belajar IT secara praktis. Anda akan sangat terbantu dengan belajar secara online. Kenapa? Karena inilah metode belajar masa kini yang memahami kesulitan anda karena aktifitas, namun tidak mengurangi kualitas dalam proses belajar mengajar sebagaimana layaknya bertatap muka di kelas.

Peserta di kursus online dapat belajar dengan cepat tanpa harus pergi ke suatu tempat untuk belajar. Dengan demikian ini tentu dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan. Pembelajaran di tempat ini menawarkan metode belajar yang sangat cepat, dimana peseta cukup berada di rumah atau café, atau dimanapun berada asal ada jaringan internet. Bahasa yang disampaikan pun sangat mudah dipahami, sehingga orang awam pun dapat mengerjakannya tanpa kesulitan yang berarti. Ada banyak keunggulan lain yang ditawarkan tempat belajar IT online ini. Selain kemudahan akses, dari sisi biaya pun relative murah dengan hasil yang memuaskan.

Alasan Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Di Indonesia, profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil baik PNS Pusat maupun Daerah merupakan profesi favorit masyarakat Indonesia. Dikatakan sebagai profesi favorit karena hampir di setiap penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, ribuan bahkan hinga ratusan ribu anak-anak muda lulusan sekolah menengah maupun perguruan tinggi berkompetisi mengikuti tes masuk Calon Pegawai Negeri Sipil yang formasinya mungkin tidak sebanding dengan jumlah peserta yang mendaftar. Banyak alasan seseorang untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil, namun secara umum alasan bahwa jaminan negara terhadap profesi Pegawai Negeri Sipil pada saat menjabat dan setelah menjabat sebagai Pegawai Negeri Sipil maupun adalah alasan yang paling lazim. Secara teori memang jaminan negara terhadap profesi Pegawai Negeri Sipil sangatlah baik. Tunjangan keluarga yang diberikan oleh negara, serta tunjangan pensiun memberikan harapan bahwa berada di posisi Pegawai Negeri Sipil berarti telah berada di zona kehidupan yang nyaman, walaupun pada kenyataannya zona kenyamanan tersebut tidak semudah yang diharapkan pada awalnya.

Profesi Pegawai Negeri Sipil sebetulnya adalah profesi pengabdian, baik pengabdian kepada negara maupun kepada masyarakat. Seseorang yang memilih berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil haruslah menyadari bahwa keberadaan dirinya adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Memberikan sesuatu yang berguna untuk masyarakat dan berperan serta membantu pemerintah dalam mewujudkan kemakmuran bangsa harus menjadi dasar kenapa ia menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil.

Pemerintah selaku penyelenggara negara dan sebagai pelayan publik memerlukan sumber daya manusia yang memliki integritas moral yang tinggi untuk mewujudkan tujuan-tujuannya. Keberadaan para Pegawai Negeri Sipil yang memiliki niat untuk mengabdi dan membantu pemerintah berdasarkan keahliannya sangat membantu memperlancar proses untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. 1

Tips Mengajar Percobaan Sains Yang Menyenangkan

Guru sains tahu jika para siswa percaya bahwa tidak ada percobaan sains yang menyenangkan. Hal ini tentu saja tidak benar, tetapi anak-anak terus percaya seperti itu. Mungkin ini disebabkan karena guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pendekatan kepada para siswa, dan menunjukkan kepada mereka betapa menyenangkan dan menarik ilmu yang diajarkan. Sebagai guru, Anda harus memahami bahwa para siswa memiliki rentang perhatian di saat-saat tertentu, dan Anda harus menangkap perhatian mereka pada saat itu atau mereka bisa hilang dan tidak “interest” kepada Anda. Berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk mendapatkan perhatian siswa agar percobaan sains menjadi menyenangkan!

1. Penelitian
Pangkal pertama terhadap percobaan sains yang menyenangkan, tentu saja adalah untuk menemukan beberapa percobaan sains menyenangkan! Internet adalah sumber daya yang luar biasa, dan Anda dapat menemukan banyak ide eksperimen dengan biaya rendah. Cari percobaan yang menyenangkan, relevan dengan apa yang Anda ajarkan, dan cukup sederhana. Semakin sederhana konsep yang anda tunjukkan, maka semakin besar kemungkinan siswa akan memahaminya.

2. Berikan Tinjauan Kelas Sebelum Pelaksanaan Praktek
Sebelum memulai setiap kelas percobaan sains, sebaiknya anda memberitahu siswa apa yang akan dibahas pada hari itu. Ceritakan siswa Anda sebelumnya bahwa akan ada bagian yang menyenangkan di hari itu. sehingga akan membuat mereka penuh perhatian dan antisipasi. Jika Anda memberitahu mereka bahwa setelah menjelaskan konsep, Anda akan menghasilkan petir dalam botol, mereka cenderung menantikan apa yang Anda katakan.

3. Perhatikan Kepentingan mereka
Temukan cara untuk menjembatani apa yang akan Anda diskusikan dengan sesuatu yang mereka sukai dalam diskusi atau mereka sukai untuk dilakukan.

4. Panggil Seseorang Yang Populer
Ini adalah trik lama tetapi selalu bekerja. Sebagai guru, Anda mungkin tahu siapa anak-anak yang populer atau disukai. Gunakan salah satu siswa populer untuk membantu Anda dalam melakukan percobaan. Ini akan menarik perhatian seluruh kelas karena mereka akan ingin melihat seberapa baik anak populer akan mampu melakukannya.

5. Belajar Humor
Menambahkan humor dalam percobaan sains akan semakin membuat kelas menjadi menyenangkan. Tidak ada stress yang terpancar baik dari guru maupun para siswa. Bahkan humor dapat menutupi kelemahan guru apabila percobaan yang dilakukan gagal.

Tentang “Teaching Tools” dan Perkembangannya

Proses pengajaran mengacu pada metode dimana seorang guru atau instruktur menanamkan pengetahuan kepada siswa atau murid dengan memanfaatkan alat-alat tertentu. Dengan peningkatan perkembangan teknologi, alat pengajaran baru dan lebih baik telah diperkenalkan untuk menggantikan alat-alat tradisional. Alat yang dipilih untuk mengajar harus didasarkan pada kompetensi dan kapasitas yang dimiliki baik guru maupun siswa. Sebuah alat pengajaran adalah instrumen yang harus dapat memfasilitasi komunikasi dengan cepat dan mudah digunakan dalam rangka transfer informasi dan pengetahuan kepada anak didik. Peralatan yang dibutuhkan untuk mengajar memainkan peran yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran.

Alat pengajaran yang digunakan telah berkembang selama beberapa periode waktu. Peningkatan pesat dalam teknologi telah menyebabkan pengenalan sejumlah alat pengajaran yang baru dan diikuti dengan penngkatan metode pembelajaran. Alat pengajaran yang dibutuhkan untuk mahasiswa lebih terikat dan bervariasi dibandingkan dengan alat pengajaran yang diperlukan untuk anak-anak prasekolah. Mereka juga bervariasi pada materi pelajaran yang diajarkan. Subyek yang berurusan dengan teori umumnya memerlukan alat pengajaran tradisional. Ini termasuk barang-barang alat tulis seperti, pena, pensil, penghapus, buku, dan kotak pensil. Sedangkan subyek yang membutuhkan mode praktek dalam mengajar dapat menggunakan teleskop, komputer, mikroskop, alat teknik, tabung reaksi dan berbagai bahan kimia sebagai alat pengajaran. Bertentangan dengan ini, mata pelajaran yang membutuhkan pembelajaran interaktif, studi kasus atau diskusi kelompok dapat menggunakan alat-alat seperti liquid crystal display (LCD) layar, proyektor overhead dan komputer.

Alat pengajaran modern dan kontemporer juga telah diperkenalkan seiring dengan kemajuan teknologi dan persaingan lulusan. Pengenalan Internet telah terbukti menjadi alat pengajaran yang efektif dan efisien bagi guru dan siswa. Informasi yang berkaitan dengan topik apapun sekarang dapat dengan mudah diperoleh secara online. Selain dari internet, sejumlah paket perangkat lunak juga telah dikembangkan untuk membantu para guru dan siswa. Televisi, radio dan koran juga terbukti menjadi alat pengajaran yang efektif dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan.

Untuk mencapai hasil yang optimal, kombinasi yang cocok dari kedua alat pengajaran tradisional dan kontemporer harus dikembangkan untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif.