Category Archives: Pendidikan

Tesis Saya : Desain Konseptual Pelabuhan Perikanan Terapung

Hai…barangkali ada teman-teman atau para pembaca yang ingin membaca mengenai tesis saya yang berjudul “Desain Konseptual Pelabuhan Perikanan Terapung: Studi Kasus Perairan Lepas Pantai Sumatera Barat”. Anda dapat download disini.

Berikut adalah abstraknya:

Kecenderungan penurunan nilai tangkapan per ton setiap tahun mengindikasikan bahwa ada penurunan ukuran ikan hasil tangkapan sehingga harga jual ikan mengalami penurunan. Dengan harga jual ikan yang lebih kecil karena ukuran ikan yang semakin kecil, maka jumlah pendapatan yang diterima oleh kapal ikan akan mengalami penurunan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kapal ikan yang terkonsentrasi hanya di tempat-tempat tertentu. Untuk meningkatkan nilai tangkapan per ton, kapal ikan harus mencari daerah penangkapan baru yang lebih jauh dari pelabuhan pangkalan. Akan tetapi semakin jauh jarak daerah penangkapan dari pelabuhan pangkalan maka biaya operasi penangkapan ikan menjadi semakin meningkat. Salah satu solusi untuk mengakomodasi kapal-kapal ikan agar mampu beroperasi lebih jauh, adalah dengan cara membuat pelabuhan perikanan yang terapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi perikanan di perairan Sumatera barat, pola operasi dan menghitung ukuran minimum pelabuhan perikanan terapung.

Potensi sumberdaya ikan dihitung dengan menggunakan metode surplus produksi. Data yang digunakan adalah data time series jumlah tangkapan ikan, jumlah kapal penangkap ikan, dan jumlah upaya penangkapan ikan. Untuk mengetahui kondisi perikanan di perairan Sumatera Barat, hasil perhitungan pada metode surplus produksi dibuat grafik Maximum Sustainable Yield (MSY). Penelitian dilanjutkan dengan metode optimasi untuk mendapatkan jumlah tangkapan ikan maksimum masing-masing tipe kapal ikan dan jumlah kapal maksimum tiap tipe kapal ikan. Hasil optimasi jumlah kapal ikan digunakan bersama dengan panduan dari FAO mengenai pembangunan fasilitas pelabuhan perikanan untuk menghitung kapasitas setiap fasilitas yang akan disediakan oleh pelabuhan perikanan terapung. Total kapasitas fasilitas pelabuhan perikanan terapung selanjutnya digunakan untuk menghitung ukuran pelabuhan perikanan terapung.

Jumlah ikan pelagis yang boleh ditangkap adalah sebanyak 3.025,78 ton per tahun. Jumlah tangkapan ikan maksimum untuk kapal tipe longline adalah 1.004,7 ton dan kapal tipe purse seine adalah 2.019,96 ton. Pelabuhan perikanan terapung dibangun untuk melayani jumlah optimal kapal ikan sebanyak 31 unit kapal longline dan 146 unit kapal purse seine. Untuk memindahkan ikan dari pelabuhan ikan terapung ke daratan, digunakan 3 unit kapal pengangkut berukuran 78 GT. Pelabuhan perikanan terapung berbentuk ponton dan memiliki panjang keseluruhan (LOA) 82,41 meter, lebar (B) 16,48 meter, dan tinggi 5,89 meter dengan estimasi biaya pembangunan sebesar Rp. 43.182.536.474,00.

Menghitung Carbon Footprint Usaha Kecil

Apa itu carbon footprint?

Carbon footprint adalah jumlah emisi karbon yang dikeluarkan oleh suatu aktifitas, baik aktifitas bisnis maupun aktifitas individu. Carbon footprint atau jejak karbon merupakan perhitungan yang menentukan jumlah karbon yang dikeluarkan ke atmosfer dalam kaitannya untuk mengetahui kontribusi suatu aktifitas terhadap efek rumah kaca secara global. Lalu bagaimana menghitung carbon footprint?

Berikut adalah contoh menghitung carbon footprint untuk penjualan bakso selama satu hari. Patut diingat, bahwa kasus ini hanyalah contoh saja. Intinya adalah cara untuk menghitungnya saja, bukan hasil akhirnya. Hasil akhir setiap usaha tergantung dari banyaknya proses yang dilakukan.

Carbon Footprint Penjual Bakso Dalam Satu Hari (Sektor Tersier)

Diketahui:

  1. Jumlah daging sapi yang dibutuhkan untuk membuat bakso dalam satu hari adalah 5 kg
  2. 1 kg daging sapi bisa menjadi 90 butir bakso ukuran sedang
  3. Waktu merebus 1 kg daging sapi hingga matang adalah 30 menit
  4. Waktu untuk membuat bakso adalah 3 jam dengan cara direbus
  5. Bahan bakar untuk membuat bakso adalah LPG Propana
  6. Pembuatan bakso dilakukan di malam hari dengan penerangan lampu 40 Watt selama 10 jam
  7. Bakso dijual di siang hari dengan waktu kerja 10 jam, dimana kuah bakso dipanaskan dengan LPG secara terus menerus.
  8. Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon (Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)
  9. Emisi listrik = 1,297 CO2 per kWh (0,0005883 metrik ton CO2 per kWh) (Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)
  10. Debit LPG dalam 8 jam pemakaian adalah 500 gram

Ditanyakan : Total Emisi Karbon dioksida dari usaha dagang bakso selama satu hari

Jawaban :

I.                   Pembuatan Bakso

a. Memasak daging sapi

Waktu rebus daging sapi hingga matang:

5 kg x 30 menit = 150 menit = 2,5 jam

LPG yang terpakai :

(2,5 jam/8 jam ) x 500 gram = 156,25 gram = 0,156 kg

b. Konversi 1 kg LPG ke liter

Jika massa jenis LPG adalah 0,493 gr/cm3 atau 493 gr/liter, maka

V = m/ρ = 1000 gram : 493gr/liter

= 2,028 liter

Maka 1 kg LPG = 2,028 liter

c. LPG yang terpakai dalam satuan liter

0,156 kg x 2,028 liter = 0,31 liter

d. LPG yang terpakai dalam satuan gallon

Jika 1 gallon = 4,55 liter, maka

(0,31 liter/4,55 liter) x 1 gallon = 0,068 gallon

e. Emisi gas CO2 dari LPG pada saat memasak daging sapi:

Diketahui  Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi) maka:

0,068 x 12,17 lbs = 0,0827 lbs = 3,75 x 10-4metric ton

(1 Metric Tonne = 2204.6 Pounds)

 f. Emisi gas CO2 dari listrik pada saat pembuatan bakso

Waktu pemakaian listrik = 10 jam

Daya lampu yang digunakan = 40 Watt

Watt Hour = 40 x 10 = 400 WH = 0,4kWH

Emisi listrik = 1,297 lbs CO2 per kWh (0,0005883 metrik ton CO2 per kWh)

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)

 Maka CO2 yang dikeluarkan : 0,4 kWH x  0,0005883 = 2,35 x 10-4 Metric Ton

 g. Perebusan Bakso

Waktu perebusan = 3 jam

Diketahui Debit LPG selama 8 jam = 500 gram

Debit LPG selama perebusan bakso = (3 jam/8 jam) x 500 gram

= 0,375 x 500

= 187,5 gram

= 0,187 kg

= 0,38 liter

= 0,083 gallon

h. Emisi CO2 Pada saat perebusan

Diketahui  Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)

Maka

 0,083 gallon x 12,17 lbs = 1,017 lbs = 4,6 x 10-4 Metrik Ton

 

Emisi Pembuatan Bakso = Emisi Memasak daging sapi + Emisi pemakaian listrik +  Emisi perebusan bakso

                                        = 3,75 x 10-4 + 2,35 x 10-4 + 4,6 x 10-4

                                        = 0,00107 metrik ton

 II. Penjualan bakso

a. Jumlah Pemakaian LPG pada saat berjualan

Waktu berjualan = 10 jam

Diketahui Debit LPG selama 8 jam = 500 gram

Debit LPG selama berjualan   =  x 500 gram

= 1,25 x 500

= 625 gram

=0,625 kg

b. LPG yang terpakai dalam satuan liter

0,625 x 2,028 liter = 1,27 liter

 c. LPG yang terpakai dalam satuan gallon

 (1,27/4,55) = 0,28 gallon

 

d. Emisi CO2 pada saat berjualan

Diketahui  Emisi gas CO2 dari LPG = 12,17 lbs/gallon

(Departemen Energi AS Administrasi Informasi Energi)

Maka

 0,28 gallon x 12,17 lbs = 3,41 lbs = 0,00154 Metrik ton

 TOTAL EMISI CO2 PADA USAHA BAKSO SELAMA SATU HARI ADALAH

Emisi Pembuatan Bakso + Emisi CO2 pada saat berjualan

= 0,00107 + 0,00154= 0,00261 metrik ton

 

Kesimpulan:

1.      Semakin berkembang suatu usaha, maka makin besar emisi CO2

2.      Makin panjang proses produksi, maka makin besar emisi CO2

Tips Agar Buku Anda Tetap Layak Dibaca dan Selalu Berkondisi Baik

Beberapa minggu yang lalu, teman saya datang ke rumah saya, dan dia menemukan bahwa buku-buku saya tersimpan dalam kondisi baik. Ya, saya memiliki banyak buku di rumah saya, dan saya selalu mencoba yang terbaik untuk menjaga mereka semua dalam kondisi baik. Dibandingkan dengan e-buku, saya lebih suka buku yang konvensional, yang dapat memberi saya pengalaman membaca lebih memuaskan. Memang ada orang-orang yang telah meninggalkan buku ke e-book, namun bagi saya, buku yang konvensional masih belum dapat mengalahkan sensasi membaca dan kemudahan dalam kepraktisan. Jika Anda menyukai buku sebanyak seperti yang saya lakukan tapi tidak punya petunjuk tentang bagaimana untuk menjaga mereka dalam kondisi baik, ini adalah artikel yang harus Anda baca. Saya akan senang untuk berbagi beberapa tips dengan Anda tentang bagaimana untuk menjaga buku agar tetap layak baca dan selalu dalam dalam kondisi baik.

Pertama, berapa banyak buku yang Anda miliki di rumah Anda? Dan apakah Anda memiliki cukup rak buku untuk menjaga buku-buku Anda? Jika tidak ada cukup ruang untuk menjaga buku Anda, Anda mungkin harus menambahkan rak buku baru ke rumah Anda atau menjual beberapa buku-buku lama. Namun, saya yakin bahwa sebagian besar dari Anda tidak bersedia untuk menjual buku-buku berharga.

Masalah kedua mungkin debu. Jika Anda tidak mengambil ini dengan serius, mungkin akan menyebabkan banyak masalah. Untuk menjaga buku dari debu, hal yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa Anda telah menempatkan mereka di tempat yang tepat bukannya di kamar berangin. Jika kamar Anda berangin, Anda bisa membeli rak buku dengan kaca sehingga menjaga rak buku selalu bersih di dalam.

Ada banyak faktor yang akan membuat perbedaan besar untuk buku Anda saat Anda menjaga mereka di rumah Anda, misalnya, sinar matahari, kelembaban, dan panas. Dalam pandangan itu, sangat penting untuk memilih tempat yang tepat untuk menjaga buku-buku Anda jauh dari sinar matahari. Dan jika ada kelembaban yang berlebihan, yang akan mempengaruhi kertas buku di kamar Anda, Anda mungkin perlu untuk menjaga buku menjauh dari jendela. Untuk menghindari panas yang menyebabkan kerusakan buku Anda, pastikan buku Anda berada jauh dari sumber panas.

Ada sedikit trik bagi Anda untuk mengatur buku-buku Anda karena Anda punya banyak buku sehingga Anda bisa menemukan buku yang ingin Anda baca dalam beberapa detik. Sebagian besar dari Anda mungkin hanya menempatkan buku kembali di rak secara acak, yang menjadikan alasan mengapa Anda harus menghabiskan waktu untuk mencari buku yang Anda inginkan. Untuk mempercepat pencarian buku, sebaiknya setiap rak anda beri label sesuai dengan tema buku. Misalnya anda dapat membuat label buku autobiografi, fiksi, manajemen bisnis, sejarah, dan lain-lain.

Jika Anda meluangkan waktu Anda untuk merawat buku-buku Anda, anak-anak Anda dan cucu anda akan dapat membaca buku-buku Anda suatu saat nanti. Dab ini adalah warisan yang menakjubkan untuk anak-anak, sebab anda mewariskan ilmu kepada anak-anak anda.

Dimana Jasa Hipnoterapi Terbaik?

Menurut Wikipedia, Hipnotherapi adalah terapi yang dilakukan pada subjek dalam kondisi Hipnosis. Kata “Hipnosis” adalah kependekan dari istilah James Braid’s (1843) “neuro-hypnotism“, yang berarti “tidurnya sistem syaraf”. Orang yang terhipnotis menunjukan karakteristik tertentu yang berbeda dengan yang tidak, yang paling jelas adalah mudah disugesti. Hipnotherapi sering digunakan untuk memodifikasi perilaku subjek, isi perasaan, sikap, juga keadaan seperti kebiasaan disfungsional, kecemasan, sakit sehubunganstress, manajemen rasa sakit, dan perkembangan pribadi.

Hipnoterapi merupakan suatu bentuk terapi untuk pikiran dengan menggunakan metode hipnotis. Hipnotis dilakukan dengan membawa seorang klien atau pasien berada dalam kondisi rileks atau dibuat rileks agar penghipnotis bisa mengakses pikiran bawah sadarnya untuk kemudian diberikan sugesti positif. Ketika klien sudah memasuki kondisi rileks inilah, proses terapi yang sebenarnya mulai dilakukan. Keaddaan inilah kegiatan hipnoterapi sudah mulai dilakukan.

.

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari Hipnoterapi, beberapa diantaranya adalah :
•   Mengatasi insomnia
•   Meningkatkan rasa percaya diri
•   Menyembuhkan Phobia
•   Membebaskan diri dari rasa grogi ketika melakukan presentasi
•   Stress karena terlalu banyak pikiran
•   Mengalami depresi
•   Bangkit dari kesedihan yang mendalam
•   Mengendalikan emosi atau amarah yang berlebihan baik terhadap anak atau pasangan
•   Menetralisir rasa sakit hati
•   Menangani KONFLIK DALAM DIRI
•   Membebaskan diri dari PERASAAN BERSALAH yang menghantui
•   Membantu untuk berhenti merokok
•   Mengatasi Panic Attack, suka tiba-tiba merasa ketakutan, atau cemas dan panik tanpa sebab
•   Mudah merasa tersinggung atau sensitif terhadap kata-kata orang lain
•   Paranoid, atau merasa takut orang lain akan mencelakakan dirinya atau selalu merasa dirinya dalam bahaya
•   Membantu Menghancurkan MENTAL BLOCK
•   Membantu Membebaskan diri dari PSIKOSOMATIS (penyakit yang disebabkan oleh pikiran, karena setelah dicek ke dokter pun tidak ditemukan ada yang sakit)
•    Mengatasi VAGINISMUS, FRIGIDITAS, atau DISPAREUNIA
•    Dan berbagai kasus lainnya yang berhubungan dengan pikiran atau emosi

Perlu diingat, bahwa dalam hipnoterapi, kegiatan ini akan berhasil jika klien memiliki KEINGINAN DARI DIRINYA SENDIRI untuk BEBAS dari MASALAHNYA dan BERSEDIA untuk diterapi.  Terapi hipnoterapi tidak dapat dilakukan jika ada unsur Paksaan atau Klien merasa dirinya tidak bermasalah, atau klien merasa tidak percaya dengan hipnoterapi.

Ada banyak klinik hipnoterapi yang bisa anda kunjungi, salah satunya anda dapat mengunjungi klinik hipnoterapi di Kamp. Babakan Kemang, Palm nomor 88. rt 01/04 cihideung Udit, Ciampea, Bogor. 16620, Phone number: +62 – 856 – 7158 640.

Pengertian Tentang Sistem Injeksi PGM-FI Pada Motor

Teman-teman, saya mau berbagi sedikit tentang info mesin motor nih. Saya sih gak ahli mesin motor atau mobil, cuma saya juga baru dapat pengetahuan baru dari seorang kawan di dealer motor. Dan sepertinya harus saya bagi ke teman pembaca semua karena pasti ada yang ingin tahu dan penasaran atau bahkan belum tahu sebelumnya seperti saya.

hal yang ingin saya bagi adalah mengenai sistem pembakaran PGM-FI pada-motor-motor atau mobil keluaran sekarang. PGM-FI merupakan singkatan dari Programmed Fuel Injection, yaitu sistem pembakaran pada motor berbahan bakar bensin dimana pasokan bahan bakar dikontrol penuh secara elektronik oleh berbagai sensor yang terintegrasi dengan Electronic Control Module (ECM). Perbedaan mendasar antara PGM-FI dengan sistem pasokan bahan bakar jaman dulu (model karburator) adalah bahwa  pada sistem PGM-FI tidak lagi diperlukannya pengaturan/setting racikan udara dan bahan bakar yang biasanya pada sistem karburator mesti dilakukan terutama di pagi hari untuk mencapai kondisi idle (langsam).

Artinya, bahwa mesin motor PGM-FI sebetulnya tidak perlu dipanaskan mesinnya di setiap pagiseperti kita lakukan pada motor-motor karburator (Atau mungkin kita lakukan juga saat ini pada motor PGM-FI karena gak tahu he..he..).

Honda mengklaim bahwa penggunaan sistem PGM-FI sangat menunjang efisiensi bahan bakar, dengan kata lain motor-motor dengan sistem injeksi ini akan lebih hemat dari sistem karburator. Namun menurut saya, berdasarkan atas apa yang saya rasakan, perawatan mesin motor PGM-FI bisa lebih mahal dibanding perawatan mesin motor karburator. Alasannya addalah:

  1. Bengkel-bengkel motor PGM-FI hanya ada di dealer-dealer terkemuka, sementara bengkel “jalanan” mungkin belum terampil mengenai sistem ini.
  2. Jika terjadi kerusakan, motor sistem PGM-FI akan cenderung melakukan penggantian komponen yang berbiaya tidak murah, sementara mesin karburator jika terjadi kerusakan biasanya akan berbiaya murah karena bisa dimodifikasi tanpa perlu melakukan penggantian komponen elektronik (Ya jelas..karena mesin karburator gaka ada komponen elektronik-nya he..he..)
  3. Modifikasi mesin pada sistem PGM-FI sangat rumit dan mungkin hanya bisa dilakukan di delaer resmi, sementara modifikasi mesin karburator bisa dimana saja dan terserah juga mau digimanain (alias suka-suka).
  4. Kalo anda adalah ahli mesin, dan punya motor PGM-FI trus nabrak trus mogok, jalan satu-satunya bawa ke dealer resmi terdekat. Siap-siap aja keluar kocek agak banyak karena pasti ganti komponen elektroniknya. Tapi kalo anda adalah ahli mesin yang punya motor karburator, motornya nabrak trus mogok, anda mungkin saja bisa benerin sendiri ditempat itu dan pada hari itu juga. tentu saja dengan biaya yang hampir nol..

Itulah saya rasa pengetahuan sekilas tentang mesin motor PGM-FI. Saya gak bilang mesin PGM-FI buruk ya, karena harus diakui bahwa ini adalah terobosan teknologi dan inovasi hebat dalam efisiensi bahan bakar. Saya hanya sekedar membandingkannya saja agar kita yang punya motor karburator tidak minder jika tetangga beli motor atau mobil baru bermesin PGM-FI alias Programmed Fuel Injection.

Tips untuk Apa yang harus dilakukan dalam Program Homestay

Karena Anda tinggal di rumah orang lain, di negara yang berbeda, kesempatan adalah bahwa hal-hal yang akan dilakukan berbeda dari rumah Anda. Namun, jika Anda mampu untuk bekerja sama dan mendengarkan Anda keluarga angkat Anda sementara Anda seorang tamu, semua harus berjalan lancar.

Apakah membuat kebutuhan Anda dikenal.

Memberikan beberapa pemikiran serius untuk formulir aplikasi Anda dengan organisasi (apakah itu sebuah sekolah bahasa atau program relawan) yang akan menghubungkan Anda dengan keluarga. Apakah Anda takut dengan anjing? Apakah kamu vegetarian? Apakah Anda alergi terhadap jam malam? Semakin Anda berkomunikasi dengan organisasi, baik dilengkapi mereka akan cocok Anda untuk keluarga host yang cocok.

Jangan bergabung dengan mereka untuk makan.

Kebanyakan program host akan memberikan pilihan untuk memasukkan makanan di homestay Anda. Saya sarankan bergabung dengan keluarga Anda untuk setidaknya satu kali makan setiap hari, baik untuk menikmati masakan lokal buatan dan menikmati percakapan yang makanan menginspirasi.

Apakah berbicara tentang “aturan” dalam beberapa hari pertama.

Berkomunikasi, berkomunikasi, berkomunikasi! Pastikan bahwa semua pihak memahami harapan hidup bersama. Cari tahu apakah Anda memiliki jam malam, apa waktu makanan disajikan, dan preferensi tuan rumah keluarga Anda untuk mengetahui keberadaan Anda (misalnya mencoba untuk tidak menghilang untuk akhir pekan pergi tanpa memperingatkan mereka di muka). Cari tahu bagaimana keluarga angkat merasa tentang Anda melayani diri sendiri makanan dari dapur mereka, atau menyiapkan makanan Anda sendiri, atau menjaga alkohol di rumah. Asumsi merupakan dasar dari begitu banyak kesalahpahaman dan konflik, jadi daripada menebak, berbicara!

Apakah membawa hadiah bijaksana.

Ini adalah no-brainer untuk homestay di luar negeri. Membawa hadiah, sebaiknya wakil dari budaya rumah Anda, adalah cara yang bagus untuk memecahkan es dengan keluarga angkat dan menetapkan dasar untuk persahabatan yang hangat. Jika Anda diberi beberapa informasi tentang keluarga sebelum kunjungan Anda, cobalah untuk menyesuaikan hadiah untuk usia dan jenis kelamin anggota keluarga. Sebagai contoh, saya membawa ibu sibuk jurnalis tuan rumah saya di Kolombia satu set de-menekankan lotion dan parfum, dan beberapa menyenangkan “I <3 NY” chotchkies untuk kru.

Apakah menghormati adat istiadat setempat dan kepatutan.

Tingkat kepentingan dari ini “jangan” tentu akan bergantung pada konteks budaya, serta kepribadian keluarga angkat. Jadilah sadar budaya lokal bagaimana adat dan agama is.For contoh, berjalan di sekitar memamerkan satu perut atau decolletage tengah hari tidak akan menjadi masalah besar di panas terik Kolombia pantai, tapi mungkin tidak harus mencoba ini di Marakesh . Dengan berjalannya waktu dan Anda menjadi lebih nyaman dengan host Anda, “aturan” dan formalitas kemungkinan akan melonggarkan, tetapi selalu ingat bahwa mereka akan melihat Anda sebagai perpanjangan dari keluarga mereka sendiri, sehingga perilaku dan penampilan di sekitar kota akan mencerminkan pada mereka juga. Dengan kata lain, berperilaku sendiri.

Apakah berkomunikasi dengan organisasi yang menempatkan Anda di sana.

Dalam hal bahwa Anda terus-menerus tidak senang dengan beberapa aspek homestay dan komunikasi dengan keluarga tidak membantu, cobalah menjangkau organisasi yang menempatkan Anda di sana. Kemungkinannya adalah, mereka memiliki protokol untuk menyelesaikan kesalahpahaman antara host dan tamu, atau jika hal-hal yang cukup buruk, mereka akan memindahkan Anda ke keluarga lain yang lebih cocok untuk gaya hidup Anda dan kepribadian. Di sisi lain, jika Anda benar-benar memuja keluarga angkat, membual tentang mereka! organisasi harus tahu betapa berharganya keluarga ini sehingga mereka terus mengirim tamu bersemangat jalan mereka.

Homestay Melaka adalah hal yang bisa anda jadikan referensi untuk pelancongan anda di Malaysia

Ujicoba Membuat Alat Tangkap Ikan

DSCF8869

Hallo kawan-kawan… Maafkan saya karena sudah lama tidak ketemu disini. Maksudnya saya sudah agak lama gak posting artikel di blog ini. Bukan karena sengaja, ini adalah karena kesibukan saya yang lumayan rada menantang nih, sehingga menyita waktu banyak. Saya agak lama gak posting artikel karena sedang menjalankan proyek baru dari sekolah yaitu membuat alat tangkap ikan.

Ya, saya bersama rekan-rekan mendapat tantangan untuk menghidupkan Teaching Factory di jurusan Nautika Perikanan Laut (NPL). Sebenarnya tantangannya adalah bagaimana agar jurusan NPL dapat produktif menghasilkan ikan hasil tangkapan ketika kegiatan praktek siswa dilakukan. Akan tetapi kami bersama tim menambah tantangan itu sendiri sehingga menjadi lebih seru, dan berharap produksi jurusan NPL itu bukan hanya produksi hasil tangkapan saja, melainkan produksi alat tangkap ikan.

Akhirnya, setelah melalui argumentasi yang lumayan melelahkan dengan para pemangku-pemangku jabatan dan tentunya para atasan, maka disetujuilah bahwa tim NPL membuat alat tangkap yang original. Arti original adalah bahwa alat tangkap itu di desain sendiri, dibuat sendiri, dan untuk selanjutnya digunakan untuk memproduksi peanngkapan ikan.

Project dimulai di pertengahan bulan Maret 2016 ketika saya membuat suatu desain alat tangkap ikan. Alat tangkap ikan yang saya buatkan desainnya adalah tergolong dalam entangled net atau jaring puntal. Alat ini terbuat dari bahan nylon dengan ukuran mata jaring 4cm stretched. Setelah desain dibuat, selanjutnya proposal kegiatan dubuat sebagai syarat agar dana bisa cair. Alhamdulillah dana cair, tentu saja dengan banyak argumentasi baik kepada atasan juga kepada rekan-rekan sendiri.

Pada awal bulan April 2016, bertepatan dengan ulang tahun saya, Setelah bahan dibeli, kami akhirnya membuat jaring tersebut. Jaring dibuat pada awalnya tentu berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya. Dengan bantuan pengerjaan dari para siswa, yang tentu saja ini diharuskan ada keterlibatan siswa karena menyangkut teaching factory, jaring akhirnya selesai dalm waktu dua minggu.  Jaring tersebut telah menghabiskan 420 buah pelampung, 10 pcs jaring nylon, serta lebih dari 300 meter tali berdiameter 3mm. Alhamdulillah..Kini waktunya uji coba..

Jpeg

Ujicoba dimulai di pertengahan bulan April 2016. kami melakukan 3 hari operasi penangkapan dengan 9 kali setting penangkapan. Hasilnya?? Alhamdulillah.. Secara desain jaring terbuka secara sempurna, artinya jaring tidak mengalami kendala pada saat dioperasikan. Jaring terbentang dengan sempurna dan sesuai dengan harapan. Dari itu saja saya sangat bersyukur sekali karena ilmu saya terbukti dapat diaplikasikan. Saya dulu sekolah di Sekolah Tinggi Perikanan Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan. Salah satau pelajarannya adlah Bahan ALat Tangkap, dan baru kali inilah saya membuktikan sendiri ilmu yang saya miliki diaplikasikan dengan membuat desain sendiri dan dioperasikan.

Secara hasil, jaring yang kami buat cukup menggembirakan. Berbagai jenis ikan pelagis seperti tongkol, selar, kembung, hingga teri berhsail kami tangkap. Dengan demikian, terbukti lagi bahwa jaring ini adalah jaring yang lumayan efektif untuk menangkap berbagai jenis ikan. Jaring tersebut kini merupakan jarng andalan saya untuk melakukan operasi peanngkapan. Sebagaimana sekolah SMK punya mobil merk ESEMKA, maka saya menamakan jaring tersebut “Jaring S.U.K.A”, yang merupakan singkatan dari Sekolah Usaha Perikanan Kotaagung. Saya berharap jaring ini bisa menjadi jaring acuan untuk proyek pembelajaran para siswa bidang Nautika Perikanan Laut, dan mudah-mudahan saja bisa memberikan kontribusi bagi para nelayan sekitar utnuk menggunakannya.

Jpeg

bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih detail mengenai desain jaring S.U.K.A., atau juga ingin dibantu untuk dibuatkan jaring tersebut, ddengan senang hati saya akan membantu. Silahkan inbox di facebook saya atau twitter saya atau Google plus saya Alamat facebook saya bisa dilihat di “Tentang Saya

Strategi Menghadapi Tes IELTS

Kali ini saya mau berbagi mengenai strategi dalam mengerjakan tes IELTS. Anda tahu kan IELTS? Ok, bagi yang belum tahu, saya akan sedikit menjelaskannya ya. IELTS merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System. IELTS merupakan tes Bahasa Inggris yang hasilnya dapat dipergunakan sebagai  persyaratan masuk untuk bersekolah di luar negeri.

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan tes IELTS untuk modul akademik (IELTS terdiri dari dua modul : Modul general dan modul akademik). Saya pilih modul akademik karena tujuannya dalah untuk melanjutkan studi di luar negeri. Pada awalnya, saya juga tidak tahu mengenai tes IELTS ini,  dan bentuk soal pun saya belum tahu. Belakangan, saya melakukan browsing di internet, diketahuilah bahwa Tes IELTS itu terdiri dari 4 macam, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking.

Ok. Walaupun saya baru dalam melaksanakan tes IELTS, tapi saya meyakini bahwa strategi yang saya lakukan sebelum tes IELTS berdampak signifikan pada hasil Tes IELTS saya.

Strategi yang saya lakukan adalah:

1. Browsing

Sekitar sebulan sebelum melakukan tes, saya melakukan browsing di internet mengenai penjelasan tes IELTS ini. Setelah saya pahami, saya pun browsing untuk mencari contoh-contoh latihan soal tes IELTS. Contoh latihan soal tes IELTS yang saya temukan (lengkap dengan audio untuk listening) dapat di download disini.

2. Printing

Latihan soal yang saya peroleh saya print per paket latihan soal. Setiap satu paket terdiri dari listening, reading, writing, speaking.

3. Doing

Latihan soal yang sudah saya print, saya kerjakan tanpa melihat kunci jawabannya terlebih dahulu. Inisaya lakukan untuk mengukur diri sendiri sampai dimana kemmapuan bahasa inggris saya sebenarnya. Saya mengerjakan soal tersebut mengikuti aturan yang sesuai dengan keadaansebenarnya. Misalnya, jika soal listening disyaratkan tidak diulangi, maka saya pun melakukan itu. Jika penyelesaian soal dibatasi hanya 60 menit, maka saya pun melakukan hal itu.

4. Writing

Kerjakan soal latihan pada bagian writing. Hitung jumlah kata yang anda tulis. Writing satu minimal 150 kata, dan writing 2 minimal 250 kata. Upayakan untuk memnuhi syarat tersebut.

4. Skoring

Setelah saya mengerjakan tes latihan tersebut, selanjutnya saya mengoreksi atas jawaban saya sendiri, yaitu dengan membuka kunci jawaban yang ada di buku  latihan soal yang sudah saya dapat. Setelah kunci jawaban dibuka, selanjtnya dihitung berapa yang benar dan berapa yang salah. Setelah diketahui jumlah yang benar, saya melakukan skoring dengan input jawaban yang benar ke http://www.ielts-blog.com/calculate-ielts-result-reading-listening-band-score/. Di web tersebut hanya ada skoring untuk listening dan reading saja. Untuk writing dan speaking, anda prediksikan nilai terendah saja, yaitu 3. Setelah hasil setiap bagian diperoleh, jumlahkan semua nilai tersebut, dan bagi 4. Skor yang diperoleh adalah skor untuk prediksi tes IELTS anda.

Lakukan hal ini berulang kali dengan paket soal yang berbeda, dari situ anda akan mengetahui hal-hal sebagai berikut:

1. Anda akan terbiasa dan mengetahui bentuk soal tes IELTS.

2.Anda akan mengetahui dan memiliki strategi yang digunakan untuk menghadapi setiap bagian tes (listening, reading, writing, dam speaking) dalam pelaksanaan tes IELTS.

3. Anda akan mengetahui kemungkinan nilai tes IELTS anda yang sebenarnya.

4. Anda akan memperoleh banyak perbendaharaan kata yang dapat menjadi bekal untuk tes yang sebenarnya.

Itulah strategi yang saya lakukan sebelum melakukan tes IELTS. Hasilnya? Cukup Melegakan!!

Produktivitas Itu Butuh Stimulus!

Adalah wajar jikaseorang pimpinan menginginkan bawahannya untuk meningkatkan produktivitasnya, dan berharap ada kemajuan dalam performa organisasi secara keseluruhan. Hal itu memang suatu harapan yang ideal dan sudah menjadi keharusan dari seorang pimpinan terkait dengan tanggung jawabnya dalam mengelola organisasi. Akan tetapi perlu dipahami pula bahwa peningkatan priduktivitas itu tidak hanya melulu dalam bentuk perintah atau briefing setiap pagi. Perlu ada stimulus atau penyemangat untuk meningkatkan produktivitas para bawahan. Sebab ada korelasi antara stimulus dan peningkatan produktivitas.

Bentuk-bentuk dari stimulus dalam rangka peningkatan produktivitas itu bisa berbagai macam, bisa dalam bentuk penghargaan kenaikan jabatan, bonus, atau misalnya perjalanan wisata. Semua dapat dilakukan, asalkan ada kesediaan dari pimpinan untuk mempersiapkan stimulus tersebut. Jika pimpinan hanya berharap bawahannya untuk meningkatkan produktivitas tapi tidak bersedia dalam mempersiapkan stimulus, maka hasil yang diharapkan belum tentu akan menggembirakan.

Memang benar bahwq setiap karyawan sudah memiliki tugasnya masing-masing, dan mereka diharapkan untuk memenuhi tugas tersebut dengan baik. Tapi harus dipikirkan pula bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan. Kebutuhan ini mungkin saja tidak terpenuhi dengan gaji yang setiap bulan mereka dapatkan. Karena itu stimulus bonus atau tambahan ongkos operasional adalah kesempatan mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Adalah tidak rugi jika seorang pimpinan menyisihkan  sedikit anggaran untuk stimulus ini. Keuntungan yang diperoleh dapat dipastikan akan berlipat ganda, dan produktivitas diyakini akan meningkat. Keuntungan lainnya adalah respon penilaian karyawan terhadap pimpinan. Adanyan stimulus akan meningkatkan loyalitas mereka kepada pimpinan. Kita tidak perlu berfikir bahwa mungkin bawahan kita hanya loyal kepada uang. Selama kinerja mereka meningkat dengan adanya stimulus, maka lanjutkan saja hal ini. Toh kita sebagai pimpinan juga punya target yang harus dicapai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MELAKUKAN BONGKAR MUAT ALAT PENANGKAP IKAN DARI DAN KE KAPAL

Bongkar muat adalah kegiatan menaikkan atau menurunkan barang dari dan atau ke kapal (H.I. Lavery, 1990). Sedangkan menurut Undang-undang RI No. 9 Tahun 1985 tentang Perikanan, alat penangkap ikan adalah sarana dan perlengkapan atau benda-benda lainnya yang dipergunakan untuk menangkap ikan (Irawan Muripto dan Achmad S, 2011). Dengan demikian, bongkar muat alat penangkap ikan adalah kegiatan menaikkan atau menurunkan sarana dan perlengkapan atau benda lainnya untuk menangkap ikan dari dan atau ke kapal.

Pelaksanaan bongkar muat alat penangkap ikan tidak boleh dilakukan sembarangan. Pelaksanaan bongkar muat ini harus memperhatikan beberapa hal sehingga alat tangkap yang akan ditempatkan diatas kapal dapat tersusun rapi dan dapat dengan mudah digunakan. Hal-hal yang harus diperhatikan tersebut adalah:

1. Tempat

Dimanakah alat tangkap ini akan ditempatkan diatas kapal? Di bagian buritan, haluan, atau samping kapal. Biasanya penentuan tempat alat tangkap ini berhubungan erat dengan proses operasi penangkapan ikan. Contoh: untuk alat tangkap stern trawl, maka jaring ditempatkan di bagian buritan atau belakang kapal.Untuk alat tangkap purse seine, maka jaring ditempatkan di bagian samping kanan atau kiri kapal. Penempatan alat tangkap ikan ini harus memperhitungkan efektifitas dan efisiensi pada sat setting.

2. Keadaan

Perlu untuk diperhatikan bahwa tempat untuk alat tangkap ikan di atas kapal harus berada dalam keadaan bersih. Tempat alat tangkap ikan di atas kapal harus terbebas dari benda-benda yang dapat merusak alat tangkap tersebut. Tempat yang kotor baik oleh genangan minyak, bangkai-bangkai ikan atau benda-benda tajam seperti paku, kayu, dsb, akan menyebabkan alat tangkap mengalami kerusakan. Selain itu tempat yang kotor akan mempersulit proses penurunan alat tangkap ikan pada saat operasi.

3. Tahapan

Penempatan alat tangkap ikan harus memperhatikan tahapan pelaksanaan setting dan hauling pada saat operasi penangkapan ikan. Ini adalah demi terlaksananya proses operasi penangkapan yang efektif dan efisien. Sebagai contoh, untuk alat tangkap gillnet yang akan ditempatkan di bagian samping kapal, maka tahapan pemuatan alat tangkap ikan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tempatkan satu orang berada di bagian samping depan kapal dan satu orang di bagian samping belakang kapal, dan satu orang lagi diantara keduanya.
  2. Orang yang berada di samping bagian depan kapal memegang ujung tali ris bagian atas, sedangkan orang yang berada di samping bagian belakang kapal memegang ujung tali ris bagian bawah. Sementara itu, orang yang berada diantara keduanya memegang badan jaring bagian ujung.
  3. Setelah ketiganya siap, tarik tali ris atas, bagian tengah jaring, dan bagian tali ris bawah secara bersama-sama.
  4. Hasil tarikan tali ris atas dan tali ris bawah yang ada di atas kapal harus membentuk lingkaran yang sesuai dengan arah pintalan tali ris. Hal ini bertujuan agar tali ris tidak kusut.
  5. Badan jaring yang ditarik ke atas kapal harus ditata sedemikan lupa agar tidak tumpang tindih. Ini adalah untuk memastikan alat tangkap terbentang sempurna ketika dijatuhkan kedalam air.