Category Archives: sales

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Hits: 17

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

JD.ID TUTUP ! MULAI SEKARANG, JANGAN BUKA LAPAK DI SATU TOKO KELONTONG ONLINE

Hits: 18

Tampilan Announcement toko kelontong online JD.ID tutup di laman resmi JD.ID
Tampilan Announcement toko kelontong online JD.ID tutup di laman resmi JD.ID

JD.ID TUTUP ! MULAI SEKARANG, JANGAN BUKA LAPAK DI SATU TOKO KELONTONG ONLINE. KENAPA? Beberapa hari yang lalu, saya mendengar berita dari cnnindonesia.com, kemudian membuka laman toko online JD.ID. Betapa kagetnya saya ketika di halaman muka toko online JD.ID tersebut terdapat tulisan: “Dengan berat hati kami memberitahukan bahwa JD.ID akan berhenti menerima pesanan anda mulai tanggal 13 Februari 2023. JD.ID dan semua layanannya akan dihentikan pada tanggal 31 Maret 2023.” Ini membuat saya kaget. Setelah pengurangan karyawan besar-besaran, kini toko online JD.ID tutup permanen. Wah…jangan-jangan toko kelontong online atau e-commerce yang lain pun demikian. Shopee, Tokopedia, Bukalapak bisa tutup kapan saja. Karena mereka pun beberapa waktu lalu mengurangi karyawannya secara besar-besaran.

Saya sih tidak akan mempertanyakan kenapa toko JD.ID bisa tutup, atau oko retail online yang lain mem-PHK massal. Karena pertanyaan ini sudah saya kupas di artikel sebelumnya yang berjudul “Toko retail online JD.ID kenapa tutup?” Sekarang yang jadi saya persoalkan adalah tentang bagaimana nasib para penjualatau pelapak yang terdaftar di toko online JD.ID tersebut. Dan bagaimana langkah antisipasinya. Ok. mari kita kupas hal-hal tersebut.

Pertanyaan pertama, bagaimana nasib para pelapak di JD.ID yang mau tutup permanen?

  1. Jika pelapak atau para penjual itu hanya menjual barangnya hanya di JD.ID saja, maka sudah dipastikan pelapak tersebut akan mengalami bencana hebat. Kenapa? Karena dia tidak akan bisa menjual barangnya lagi di JD.ID. Ya gak mungkin bisa lah, karena toko online-nya tutup koq. Sementara jika dia mendaftar baru ke lapak lain, misalnya baru mendaftar ke Shopee, atau Bukalapak, maka dia akan butuh upaya besar lagi memperkenalkan lapaknya di toko online tersebut. Dia harus melakukan SEO lagi, promosi lagi, marketing lagi…
  2. Jika pelapak itu hanya menjual barang di JD.ID saja, maka dia akan kehilangan pelanggannya yang sudah setia dan sudah terpelihara sekian lama. Para pelanggan tersebut tentu akan mencari lapak lain di toko retail online lain. Dan itu bukan anda…Kenapa? karena anda hanya mendaftar di satu tempat saja, JD.ID yang sudah mau tutup.
  3. Agak berbeda nasibnya dengan pelapak yang mendaftar di lebih dari satu lapak toko kelontong online atau toko retail online. Pelapak yang mendaftar di dua, atau tiga, atau lebih lapak online mungkin tidak akan terlalu mendapat bencana. Istilahnya, jika JD.ID tutup ya sudah…saya masih ada tempat untuk jualan di lapak lain. Dan di tempat sana saya masih punya pembeli setia. Kerugiannya atau pendapatannya menurun tidak drastis-drastis amat lah.
  4. Soal marketing, SEO, daftar baru, promosi di tempat baru tidak mesti dilakukan karena proses itu sudah pernah dilakukan, dan pelapak tinggal fokus jualan saja. hal yang perlu dilakukan adalah bahwa dalam masa-masa mau tutup JD.ID ini, para penjual harus memberitahukan di lapaknya atau melalui SMS atau pesan tentang pengalihan belanja ke lapak online yang lain. Jadi pelanggan tahu bahwa anda punya lapak di toko retail online yang lain, dan mereka tidak perlu susah payah mencari. Dengan demikian anda tidak akan kehilangan pelanggan setia anda.

Jadi…dari tutupnya toko JD.ID ini, maka ada pelajaran penting dalam bisnis toko kelontong online atau retail online, yaitu bahwa mulai sekarang, jangan buka lapak di satu toko kelontong online. Ini berbahaya, karena kalau toko online itu tutup, maka bisnis kita juga akan tutup pula. lalu antisipasinya bagaimana? Begini antisipasinya.

  1. Jelas…Anda sebagai pelapak harus daftar di berbagai tempat jualan online. dua, tiga, empat,atau bahkan lima sekaligus. bagi anda penjual pemula..Daftarkan secara berbarengan, dan kelola lapak anda dengan baik dan benar.
  2. Anda juga sekarang jangan terlalu mengandalkan lapak toko online. karena bisa saja ternyata toko online itu akan tutup semua ha..ha..Cobalah cari alternatif jualan berbasis online namun beda cara. Misalnya anda jualan di halaman facebook anda, di instagram, atau lainnya.
  3. Buat toko online sendiri. Saya rasa membuat toko kelontong online sendiri adalah alternatif yang keren dan bisa jadi hal yang utama di masa datang jika anda berupaya keras. Dengan memiliki toko online sendiri dengan merek sendiri, maka anda tidak akan khawatir dengan gangguan kondisi bisnis pihak ketiga. Hanya saja, ini perlu upaya, biaya, dan pengetahuan tersendiri. Anda perlu cari nama sendiri untuk merek, beli hosting, dan melakukan Search Engine Optimazion (SEO) agar toko online anda dikenal oleh Google dan akhirnya masyarakat. Dan hal ini semua perlu biaya, bisa berbiaya murah atau mahal itu tergantung budget yang anda miliki. Itulah pelajaran yang didapat dari tutupnya JD.ID. Jadi, karena JD.ID tutup ! Mulai sekarang, jangan buka lapak di satu toko kelontong online saja.

7 Kunci Sukses Menjawab Pertanyaan Calon Supplier Toko Kelontong

Hits: 254

Ketika supplier ada yang akan masuk menjadi partner kita, ini merupakan suatu kemajuan dan ekuntungan bagi toko kita. Sebab, adanya supplier berarti kita tidak perlu modal lagi untuk membeli barang. Suplier yang akan menyediakan barang, dan kita tinggal jualan. Akan tetapi, tidak mudah untuk memperoleh supplier. Para supplier mungkin akan memperhatikan reputasi toko kita, menganalisis transaksi penjualan kita, dan bahkan mungkin juga mereka akan mengirimkan mistery shopper utnuk mencari tahu cara kita melayani para pelanggan. Bahkan, ada beberapa supplier yang melakukan wawancara terlebih dahulu dengan kita sebelum mereka memutuskan untuk menjadi supplier toko kita. Berikut adalah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong ketika mereka melakukan wawancara dengan toko kita. Inti dari ketujuh kunci ini adalah komunikasi. Komunikasi memainkan peran penting dalam kesuksesan meraih supplier, karena komunikasi adalah sesuatu yang dapat menyegel kesepakatan atau membatalkannya. Komunikasi yang efektif memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan, pemikiran, dan ide Anda dengan cara yang benar, sehingga menarik perhatian. Untuk menyampaikan komunikasi yang efektif dalam wawancara dengan calon supplier, ada tujuh kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong, yaitu:

  1. Kebenaran
    Ketepatan mengacu pada penyediaan fakta yang benar, menggunakan tingkat bahasa yang tepat dan menyampaikan pesan yang tepat kepada pewawancara, yang dalam hal ini adalah calon supplier. Ini mengacu pada menghindari kebohongan data dalam bentuk komunikasi secara tertulis maupun secara lisan. memberikan informasi yang bohong akan menimbulkan efek negatif yang berakibat menjadi buruknya reputasi toko kelontong kita.
  2. Kejelasan
    Kejelasan memerlukan penggunaan bahasa sedemikian rupa sehingga calon supplier dapat dengan mudah memahami arti sebenarnya dari kalimat tersebut. Kita perlu menekankan pada pesan tertentu pada suatu titik waktu. Jika ada kejelasan dalam pemikiran dan gagasan, maka itu memungkinkan makna kalimat tersampaikan dengan mudah.
  3. Kelengkapan
    Jika kita ingin mendapatkan respons yang diharapkan calon supplier, maka kita harus selalu menyediakan semua detail yang diperlukan. Kita harus mempertimbangkan keadaan pikiran pewawancara dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan mendukung tanggapan dengan fakta dan angka yang lengkap.
  4. Ringkas
    Di dunia bisnis, tidak ada yang punya waktu untuk komunikasi bertele-tele. Jadi, lebih baik ringkas dalam komunikasi dan hemat waktu Anda dan orang lain. Anda dapat mencapai keringkasan dengan menghindari pengulangan pemikiran dan ekspresi bertele-tele. Sebaliknya, Anda harus menggunakan kalimat singkat yang to the point tetapi menyelesaikan komunikasi.
  5. Pertimbangan
    Ini adalah komponen terpenting dari komunikasi yang efektif yang menyiratkan pemikiran dari perspektif calon supplier. Kita sebagai orang atau pemilik toko yang diwawancara harus mempertimbangkan pandangan, latar belakang, tingkat pendidikan, pola pikir, keinginan, dan masalah calon supplier tersebut saat sedang berwawancara dengan kita.
  6. Kekonkretan
    Kekonkretan dalam memberikan penjelasan mengacu pada kejelasan dan ketepatan kata-kata yang dapat menghindarkan hal-hal kabur dan tidak jelas. Kita harus menyajikan fakta yang benar dan spesifik di depan mereka untuk komunikasi yang efektif.
  7. Kesopanan
    Sopan santun adalah komponen inti dari setiap komunikasi yang efektif. Awal dan akhir komunikasi harus dengan sopan. Ini mengacu pada menghargai perasaan orang lain karena itu akan membangun niat baik. Kita harus menggunakan kata-kata yang sopan dan menunjukkan rasa hormat kepada calon supplier, sebab jika tidak, sebenar apapun bukti yang kita berikan, selengkap apaun keterangan yang kita jelaskan. Kita tidak akan berhasil jika kita tidak memiliki kesopanan. Kesopanan adalah faktor subjektif mereka yang sangat mungkin akan mengesampingkan semua kekurangan data hanya karena hati mereka tersentuh dengan kesopanan yang kita berikan.

Itulah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong yang dapat meningkatkan reputasi, profit, dan merk dagang toko kelontong kita. Semoga berhasil.

Tips Menyewa Toko Yang Strategis Untuk Jualan

Hits: 396

Menyewa toko untuk jualan bisa menjadi tantangan untuk Anda yang sedang dan akan berbisnis di dunia retail. Menyewa toko itu gampang-gampang susah, dalam pengertian gampang, karena mungkin ada banyak ruko yang disewakan untuk berbisnis retail, namun dibilang juga susah karena kita harus yakin bahwa tioko yang kita sewa berlokasi strategis dan mampu meningkatkan penjualan barang kita. Berikut adalah tips menyewa toko yang strategis untuk jualan barang-barang kelontong anda atau produk-produk lainnya.

Tips menyewa toko yang strategis untuk jualan ini berlaku untuk sewaan toko di mall, pasar, komplek ruko, atau bahkan juga sewaan toko yang berdiri sendiri.

  1. Pastikan toko yang akan Anda sewa cukup besar untuk memajang semua produk jualan anda. Walaupun tidak semua stok dapat dipajang, namun setidaknya cukup untuk memajang semua varian produk yang anda miliki. Lebih bagus lagi jika toko yang akan anda sewa memiliki ruangan untuk gudang. itu lebih mantap.
  2. Cari informasi tentang penyewa toko sebelumnya. Anda harus mengetahui mengapa penyewa sebelumnya meninggalkan tempat tersebut. Cari informasi se-valid mungkin, apakah penyewa toko sebelumnya pergi karena kurangnya lalu lintas pelanggan, kurangnya akses transportasi umum, atau justru pemilik toko yang bermasalah.
  3. Anda harus mensinkronkan segmen pasar anda dengan lokasi yang anda rencanakan untuk disewa. Mengetahui psikologi dan perilaku target pasar Anda sangat penting dengan mempertimbangkan di mana mereka berbelanja. Anda akan kesulitan jualan daster berharga murah di lingkungan toko yang semuanya justru menjual pakaian branded.
  4. Perhatikan toko-toko yang lain di sekitar Anda. Ini penting untuk menetapkan posisi Anda di toko yang baru sehingga akan lebih menantang dan menyenangkan. Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan jika anda berjualan pakaian eceran di lingkungan toko yang hampir sebagian besar justru mereka berjualan alat elektronik.
  5. Tanyakan kepada pemiliknya apakah toko dapat dimodifikasi untuk desain interior toko. Ada beberapa pemilik yang tidak menginginkan roko miliknya dimodifikasi, ada juga yang membolehkan total, dan ada pula yang memboehkan dengan syarat-syarat tertentu. Anda harus tanyakan itu agar tidak terjadi kesalahfahaman di kemudian hari.
  6. Pastikan berapa biaya sewa, dan bagaimana kontrak sewa toko dan cara pembayarannya. Perkara uang anda harus detail. Anda harus tahu apakah Anda harus membayar biaya pemeliharaan dan perbaikan, Jika terjadi musibah misalnya kebakaran, apakah anda akan menanggung semua biaya perbaikan atau tidak, atau di bagi dua. Ini harus diperjelas, dan kalau perlu dicantumkan dalam kontrak sewa.

Itulah tips menyewa toko yang strategis untuk jualan. Pemilihan toko sewaan yang tepat akan mengakibatkan berkembangnya bisnis toko kelontong atau toko eceran anda. Selamat berjualan.

TIPS SUKSES MANAJEMEN RITEL UNTUK PEDAGANG ECERAN PEMULA

Hits: 57

Pedagang eceran pemula berharap bisnis baru mereka akan cepat berkembang dan memperoleh progres pendapatan yang signifikan dalam waktu singkat. Saking bersemangatnya mereka, maka biasanya para pedagang eceran pemula ini melpakan aspek fundamental dari manajemen bisnis ritel. Manajemen bisnis ritel yang baik adalah tentang proses yang baik dan penerapan yang konsisten di lapangan. Manajemen Ritel adalah proses bagaimana mengelola kegiatan keseharian bisnis ritel, dimana kegiatan bisnis ritel ini tidak hanya tentang penjualan barangnya saja, melainkan juga mengenai proses pelayanan kepada pelanggan. Lalu bagaimanakah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula? Berikut adalah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula yag dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi bergelut di bisnis toko eceran.

Tips 1: Bisnis adalah Bisnis

Jika anda terjun ke dunia bisnis, maka anda haru konsisten dalam hati bahwa segala hal yang berhubugan dengan bisnis anda, maka anda harus meperlakukannya atas dasar bisnis. Tidak ada yang lain. Dalam Bahasa Inggris: “Business is business.” Jangan buat keputusan bisnis terlalu diitervensi oleh perasaan. Bisnis anda baru berkembang, jangan rencana bisnis anda buyar hanya karena anda mempekerjakan teman, membeli dari pemasok yang anda anggap kenal baik. Ingat, kenal baik secara personal belum berarti kita mengenal baik secara bisnis. Bisnis adalah urusan uang, dan kadangkala teman baik pun akan menjadi tidak baik jika sudah menyangkut uang. Karakter atau kepribadian seseorang akan muncul dengan sebenarnya ketika mereka dilibatkan dengan uang. Anda harus hati-hati itu. Bisnis adalah bisnis, walaupun teman, anda harus tegas, lengkapi perjanjian bisnis dengan catatan hitam putih, sehingga kita akan saling terkendali.

Tips 2: Pelihara data-data yang menyangkut bisnis agar selalu akurat.

Setiap pembelian barang, penjualan barang, harga jual, harga beli, prduk yang laris atau best seller, produk yang terus laku barang fast moving, produk yang kurang laku atau barang slow moving, barang tidak laku atau dead stok, harus tercatat semua. Informasi ini sangat penting untuk keberlangsungan produk anda di toko dan juga keberlangsungan sirkulasi uang di toko agar tidak macet. Jangan sampai anda beli barang yang habis di toko anda dengan jumlah besar hanya gara-gara satu atau dua orang menanyakan barang itu dalam satu hari, sementara anda tidak membaca data jualan yang memperlihatkan bahwa barang tersebut tidak pernah laku alias dead stok. Memelihara data juga berarti bahwa akses untuk mendapatkan data tersebut harus tepat dan cepat. Untuk itu, pedagang eeran pemula harus sudah mulai belajar pencatatan data-data penjualan.

Tips 3: Gabung dengan komunitas

Pedagang eceran pemula akan sulit berkembang jika bekerja secara sendiri. Anda harus bergabung dengan komunitas. Tentunya komunitas yang anda ikuti adalah komunitas yang ada hubungannya dengan bisnis anda. Jika anda memiliki toko jualan onderdil sepeda, maka bergabunglah anda dengan komunitas pesepeda. Ini sangat bermanfaat, karena selain mendapatkan informasi mengenai produk onderdil sepeda yang banyak dibutuhkan, komunitas pun dapat menciptakan kemunculan pelanggan setia untuk toko anda.

Tips 4: Lindungi uang anda.

Jika anda melakukan transaksi secara tunai, maka penting bagi anda untuk memiliki laci penyimpanan uang penjualan yang aman. Demikian juga dengan nomor rekening bank untuk bisnis anda. Pastikan bahwa uang hasil jualan eceran masuk ke rekening khusus jualan, tidak campur aduk dengan nomor rekening gaji suami misalnya… Anda juga harus memastikan bahwa proses bisnis yang anda jalankan, serta alur perputaran uang terlindung dari dari penipuan, pemerasan, dan biaya-biaya yang tidak penting lainnya. Melindungi uang anda juga termasuk didalmnya adalah tentang pengeluaran. Anda harus memperhatikan pengeluaran anda, baik pengeluaran pribadi maupun pengeluaran bisnis. Anda harus berhemat, dan harus memiliki cadangan uang tunai untuk waktu darurat. Jangan sampai cashflow anda bernilai negative…itu berbahaya.

Tips 5: Ikuti perubahan

Jika dahulu anda berjualan eceran baju adalah dnegan cara diam di toko menunggu orang yang dating ke toko, maka kini dengan adanya internet, kebiasaan itu harus dirubah. Anda harus mulai berjualan secara online. Jualan nline tidak mesti roduk anda terjual secara global. Jualan online pun bisa difokuskan pada skala local, misal dengan menjual barang di marketplace facebook untuk jualan baju khusus di kota anda. Atau anda membuat grup jualan lokalan dengan telegram atau whatsapp. Ini bisa semakin meningkatkan nama toko anda di mata local. Dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan penjualan. Manfaatkan platform media sosial untuk mengembangkan bisnis anda.

Tips 6: Selesaikan masalah bisnis secepatnya, jangan ditunda-tunda.

Jika Anda menemukan suatu masalah dalam bisnis anda, misal banyak barang yang hilang di toko atau dikenal dengan istilah shrinkage, maka anda harus segera menyelidiki masalah itu dengan segera. Segera selidiki, dan buat keputusan dengan cepat. Karena semakin Anda menunda membuat keputusan, maka semakin banyak kerugan yang diterima, baik itu biaya, waktu, emosi, dan tentu saja UANG. Sebaliknya, jika anda punya masalah dengan utang jatuh tempo anda, maka segera selesaikan utang tersebut, karena keterlambatan pembayaran utang yang jatuh tempo akan mempengaruhi reputasi anda di mata supplier. Jika reputasi anda buruk, maka anda akan kesulitan untuk mendapatkan barang jualan anda, dan kemudahan-kemudahan lainnya dari supplier.

Tips 7: Pelanggan adalah Raja

Pelanggan adalah sumebr uang anda, karena itu perlakukan pelanggan bagaikan raja. Buat mereka merasa berkesan berbelanja di toko anda, sehingga mereka akan Kembali lagi dan Kembali lagi untuk berbelanja di toko anda. Anda harus mulai mempelajari bagaimana pelayanan pelanggan yang baik untuk bisnis ritel. Dalam hal pelayanan pelanggan, Anda harus memahami bahwa “Every business is a service business”. Artinya adalah bahwa apapun bisnis yang dijalankan, sesungguhnya itu semua adalah perkara pelayanan. Pelanggan adalah asset bisnis anda, pelayanan pelanggan adalah investasi anda. Memperlakukan dan memelihara asset dan investasi bisnis anda dengan baik maka uang akan mengalir dengan baik pula ke toko anda.

Itulah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula. Inti dari semua ini adalah bahwa manajemen ritel itu harus selalu menggunakan akal sehat. Kedepankan akal sehat dalam mengurusi bisnis, dan selalu perhatikan faktor-faktor penentu penjualan di toko ritel.

APA ITU DROPSHIPPING DAN BAGAIMANA CARA MEMULAI BUKA TOKO DROPSHIPPING ?

Hits: 36

Apa yang dimaksud dengan dropshipping? Dropshipping adalah suatu bisnis dimana kegiatannya adalah menjual atau memasarkan produk milik orang lain atau perusahaan lain tanpa harus membeli atau menyimpan stok terlebih dahulu. Orang yang melakukan bisnis dropshipping disebut dengan dropshipper. Bisnis dropshipping merupakan suatu bisnis yang dapat dikatakan hampir tanpa modal, sebab ia hanya memasarkan atau menjual produk orang lain. Pendapatan yang diperoleh oleh para dropshipper berasal dari komisi penjualan, atau selisih harga antara harga yang ditawarkan oleh dropshipper dengan harga yang ditawarkan oleh pemilik produk. Bisnis ini unik dan menarik, sebab para dropshipper mendapatkan keuntungan penjualan bahkan tanpa perlu susah payah mengirimkan produk ke pembeli, karena tugas pengiriman barang dilakukan oleh perusahaan yang punya barang, Dengan kata lain, bisnis dropShipping tidak perlu menyiapkan toko fisik! Anda hanya perlu kelancaran internet!

DropShipping bukanlah istilah atau konsep baru dalam e-commerce tetapi jarang orang yang tahu bagaimana memulai bisnis DropShipping. Lalu bagaimana cara memulai toko dropshipping ? berikut adalah cara yang pernah saya lakukan ketika membangun toko dropshipping hingga akhirnya memiliki toko sendiri dan memiliki barang sendiri. Dengan meningkatnya kegiatan e-commerce atau bisnis berbasis internet, ini juga meningkatkan jumlah orang yang ingin memulai bisnis e-commerce tersebut. Kewirausahaan ecommerce adalah karir yang menarik di era millenial ini. Namun persoalan klasik dalam berbisnis adalah bahwa memulai suatu bisnis perlu memiliki dukungan investasi yang baik. Umumnya, modal adalah investasi terpenting untuk memulai bisnis apa pun. Dan ini membuat banyak orang yang berniat untuk berbisnis mundur teratur karena tidak memiliki modal. Bisnis dropshipping menjawab kendala keterbatasan modal tersebut, karena dropshipping hampir dipastikan tidak perlu modal. Artinya anda tidak perlu terlebih dahulu membeli produk secara grosiran dan menyimpan stok barang jualan untuk kembali dijual secara eceran.

Menurut pendapat saya, dropshipping adalah lebih dari hanya sekadar bisnis. Dropshipping adalah layanan. Internet berhasil! Ini adalah metode bisnis ritel di mana penjual tidak menyimpan produknya di toko atau gudang. Berikut ini adalah keunggulan bisnis DropShipping:

  1. Diperlukan modal investasi yang minimum bahkan mungkin tanpa modal
  2. Tidak ada rintangan sulit dalam mendirikan toko dropshipping
  3. Margin risiko lebih rendah
  4. Pebisnis dropshipping dapat menetapkan harga sendiri untuk produk yang dijualnya.

Lalu bagaimana cara memulai buka toko dropshipping?

  1. Langkah pertama adalah cari tahu terlebih dahulu minat bisnis anda. Ini adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis Anda. Cari tahu apa sebenarnya yang ingin Anda lakukan , produk apa yang ingin Anda jual.
  2. Teliti basis pelanggan Anda dan lihat produk apa yang dapat memberi Anda keuntungan lebih tinggi
  3. Cari tahu siapa pesaing Anda dalam menjalankan bisnis ini dan bagaimana cara mereka memaksimalkan keuntungan.
    Ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah kedua adalah : Temukan pemasok Dropshipping yang cocok dengan anda

Pemasok dropshipping pada dasarnya adalah sumber hidup bisnis anda. Ia adalah pahlawan bagi anda, karena pemasok adalah orang yang akan menangani semua tugas fisik bisnis seperti pengepakan, dan pengiriman. Oleh karena itu penting untuk menghubungi pemasok terpercaya yang dapat melakukan sinkronisasi dengan produk yang ingin Anda jual. Pastikan anda memperoleh kejelasan dari pemasok akan hal-hal berikut.

  1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesanan.
  2. Sistem pelacakan atau sistem tracking seperti apa yang mereka sukai.
  3. Jika pemasok menawarkan garansi untuk produk mereka, pastikan jangka waktu garansi tersebut.
  4. Agar lebih tenang, anda sebaiknya harus mendapatkan pemasok yang sudah memiliki NPWP. Dan anda harus tahu nomor NPWP pemasok tersebut. Ini penting agar anda tidak tertipu oleh pemasok bohongan yang akan membuat reputasi anda jadi ikut-ikutan hancur karena dianggap pembohong oleh pembeli. Padahal anda tidak berniat untuk berbohong atau menipu.

Langkah yang ketiga adalah: Pilih Platform Anda untuk berbisnis.

Setelah Anda selesai dengan prasyarat yang diberikan pada langkah-langkah di atas, Anda perlu mencari tahu platform mana yang ingin Anda gunakan untuk menjual produk Anda. Ada banyak platform toko online yang bisa anda gunakan, seperti Shopee, tokopedia, lazada, dan Bukalapak untuk platform bisnis online lokal Indonesia.

Untuk skala global, eBay adalah platform e-niaga yang paling banyak digunakan dan mudah bagi pemula untuk memulai. Amazon adalah situs e-niaga terbesar di dunia untuk menjual dan membeli produk. Bonanza dan Ruby Lane juga merupakan toko e-niaga yang dapat membantu mengangkat produk Anda. Jika tidak mau menggunakan salah satu dari platform ini, Anda dapat mendesain toko e-niaga Anda sendiri dengan platform seperti Shopify.

Langkah keempat: Pasarkan dan Promosikan!

Jika anda memiliki ide bisnis yang luar biasa dan bahkan membuat toko online tetapi tidak ada yang mengetahuinya, ini alah sama saja dengan percuma! Anda membuang waktu banyak sekali untuk hasil yang tidak memuaskan sama sekali. Disinilah pentingnya analisis pemasaran yang untu mulai memasarkan produk dan toko online Anda. Mulailah kampanye pemasaran toko di berbagai di platform media sosial. Gunakan kekuatan email massal ke pelanggan target. Buat kupon diskon karena diskon lebih memesona dan lebih cepat membuat orang tergoda untuk berbelanja.

Itulah langkah-langkah memulai toko dropshipping. Dengan konsistensi dan kerja keras, anda akan memperoleh hasil di e-commerce. Selamat berjuang. dan semoga sukses.

TIPS MEMBANGUN TOKO DI ERA MILLENIAL

Hits: 41

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa membangun toko ritel di era 90-an dengan era 2000-an sangat jauh berbeda. Jika di era tahun 90-an, membangun toko belum ada dukungan internet, maka di tahun 2000-an, membangun toko sudah ada dukungan internet. Toko konvensional kini sudah dilengkapi dengan dukungan teknologi. TIPS MEMBANGUN TOKO DI ERA MILLENIAL adalah artikel pendek tentang cara membangun toko yang bisa dijadikan literatur bagi anda yang akan memulai membangun toko atau membuat toko ritel. Namun sebelum itu, berikut saya sampaikan beberapa kunci dalam berjualan ritel di era milenial ini.

  1. Gunakan kekuatan media sosial untuk branding toko anda. Pelanggan anda bukan lagi sebatas lokal di tempat anda tinggal, tetapi sudah melebar melebihi batas geografis bahkanbatas negara. Pelanggan anda berada di dunia maya, dan mereka ingin mempercayai Anda terlebih dahulu.
  2. Kembangkan kehadiran situs web yang kuat. Jual produk anda di saluran belanja online. Agar semakin kuat reputasi anda, anda bisa membuat blog atau website pribadi yang berisi tentang karakter bisnis anda, dan Anda pun dapat mematkan website tersebut untuk beriklan.
  3. Segera tanggapi pelanggan yang menggunakan teknologi seluler mereka di toko untuk memindai produk yang anda jual dan membandingkannya dengan toko lain secara online.

Itulah kunci berjualan di toko untuk era ekarang ini. Sekarang mari kita bahas tips membangun toko ritel di Zaman millenial, dengan asumsi bahwa anda sudah memiliki lokasi toko.

Tips #1 Permudah dan berikan kenyamanan kepada pembeli untuk berbelanja di toko Anda

Pelanggan tidak ingin repot saat ingin membeli produk di toko Anda. Pastikan bahwa sistem pembelian dan pencarian barang di toko Anda mudah dilakukan. Jika anda punya karyawan, pastikan pelayanan karyawan anda dilakukan sesingkat mungkin.

Lihat tata letak toko retail Anda untuk mengetahui akses dan aliran guna melihat apakah pelanggan dapat berinteraksi dengan mudah pada semua rak, POS Display, atau alat penjualan lainnya. Kemudahan dan kenyamanan pelanggan ini termasuk bahwa toko Anda juga dapat memproses pembayaran pelanggan dari berbagai sumber seperti Debit langsung, kartu kredit, uang tunai, bahkan pembayaran melalui uang elektronik di dompet digital. Puaskan pelanggan anda.

Tips #2 Pastikan bahwa stok selalu tersedia setiap saat

Belanja online meningkat karena pembeli tahu bahwa produk yang mereka inginkan dapat ditemukan di suatu tempat secara online. Mereka menjadi frustrasi dengan toko offline yang mengatakan “Maaf, kami tidak memiliki apa yang Anda inginkan tetapi kami dapat memesannya untuk Anda.”

Pelanggan akan sering menjawab dengan “Tidak apa-apa. Jangan repot-repot, saya akan online dan memesannya sendiri sekarang.”

Oleh karena itu, pastikan lokasi ritel Anda buka pada saat pelanggan Anda ingin menemukan Anda. Periksa batasan jam jualan Anda yang dilakukan secara offline dan online..

Tips #3 Jadikan toko Anda tujuan pengalaman

Berikan pelanggan Anda alasan mengapa mereka ingin mengunjungi toko ritel. Anda dan ingin berlama-lama disana. Pelanggan generasi ini menginginkan pengalaman dari toko Anda, bukan sekadar membeli barang.

Itulah tips membangun toko ritel di Zaman millenial, dimana pada era ini, berjualan harus dikombinasikan antara berjualan offline dengan berjualan online. Menyiapkan toko ritel sekarang mengharuskan pemilik bisnis untuk tidak hanya memanfaatkan teknologi informasi, tetapi juga harus memahami bagaimana semua itu akan berdampak pada peningkatan penjualan toko di masa depan.

Sejarah Barcode Untuk Berjualan di Toko

Hits: 36

Penggunaan Barcode kini sudah banyak digunakan oleh berbagai industri dan bisnis ritel. Barcode digunakan dalam proses bisnis ritel atau bisnis membuka toko karena sifatnya yang akurat, mudah digunakan, dan dapat menyediakan pengumpulan data yang seragam dan umpan balik yang tepat waktu, Penggunaan barcode dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Kini, bukan hanya ritel saja yang menggunakan barcode, bidang manufaktur, pergudangan, pengiriman, transportasi dan sebagainya mulai menggunakan barcode untuk proses bisnisnya. Bahkan, pelacakan aset, perawatan kesehatan, konstruksi, manajemen dokumen, hingga tanda peserta pun kini menggunakan barcode.

Sejarah Barcode
Konsep barcode pertama kali dimulai oleh Wallace Flint pada tahun 1932. Dia menemukan sistem pembayaran otomatis untuk toko bahan makanan dengan menggunakan kartu berlubang, yang ditempatkan di alat pembaca.

Kemudian pada tahun 1948, Bernard Silver bersama temannya Norman Joseph Woodland meneliti sebuah metode yang dapat membaca informasi produk secara otomatis. Tinta sensitif sinar ultraviolet digunakan, dimana dengan tinta ini akan membuat pola tinta yang akan bersinar di bawah sinar ultraviolet. Namun, metode tersebut gagal karena ketidakstabilan dan pola pencetakan yang mahal.

Pada tahun 1949, sebuah paten diajukandengan judul “Alat dan Metode Pengklasifikasian”. Simbol yang terdiri dari serangkaian lingkaran konsentris digunakan oleh mereka. Namun, deskripsi diberikan pada simbologi barcode linier saat ini.

Pada tahun 1967, David J. Collins mendirikan Computer Identics Corporation dan mengembangkan sistem barcode hitam putih yang dapat dibaca oleh sinar laser. Sistem ini digunakan untuk distribusi, produksi, pengiriman, penyortiran, dan aplikasi lainnya.

Kemudian pada tahun 1967, salah satu sistem pemindaian pertama dipasang oleh Radio Corporation of America (RCA) yang menggunakan simbol barcode “bull’s eye”.

John F. Keidel menemukan sistem pembacaan barcode pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1969. The Universal Grocery Products Identification Code atau UGPIC atau Kode Identifikasi Produk Kelontong Universal mulai dikembangkan pada tahun 1970. Pada tahun 1970, barcode digunakan untuk perdagangan eceran untuk pertama kalinya oleh Monarch Marking. Sistem ini diterapkan untuk keperluan industri untuk pertama kalinya oleh Plessey Telecommunications.

Pada tahun 1970-an, US Supermarket Ad Hoc Committee of Uniform Grocery Product Code didirikan oleh The National Association of Food Chains (NAFC) yang merumuskan kode standar barcode 12 digit. Pada tahun 1973, UGPIC diubah menjadi Uniform Product Code (UPC) oleh George J. Laurer.

UPC Barcode scanner atau Pemindai Barcode UPC pertama dibuat pada tahun 1974 oleh NCR Corp. dan dipasang di supermarket Marsh di Troy, dan Permen karet Wrigley adalah produk pertama yang dipindai oleh pemindai barcode di supermarket.

Setelah mengalami banyak perubahan, barcode saat ini berkembang sebagai alat produktivitas bisnis yang paling efektif. Saat ini, sistem barcode tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis yang berbeda. Sistem ini terutama terdiri dari empat komponen, yaitu:

Printer Barcode
Printer Barcode digunakan untuk mencetak label barcode. Kini, Printer barcode desktop dan nirkabel sudah tersedia secara luas. Thermal transfer dan teknologi direct thermal biasanya digunakan oleh printer barcode. Jika dibandingkan dengan printer konvensional, printer ini mencetak label lebih cepat, lebih efisien, dan dengan kualitas cetak yang lebih baik. Memilih jenis printer barcode yang tepat untuk digunakan terutama didasarkan pada jenis label yang akan dicetak dan jumlah yang dicetak per hari.

Barcode Label
Label barcode tidak lain adalah tag di mana barcode dicetak menggunakan printer barcode. Label dilampirkan pada produk atau barang yang dibaca oleh pemindai. Tata letak label barcode bervariasi tergantung pada industri dan aplikasi. Setiap kombinasi teks, grafik, dan informasi barcode dapat dicetak pada barcode label. barcode label tersedia dalam berbagai bahan yang dapat bekerja di hampir semua lingkungan.

Barcode Scanner
Alat yang digunakan untuk membaca barcode disebut barcode scanner. Alat ini membantu dalam membaca informasi yang ada di barcode secara akurat dan mengurangi tingkat kesalahan seperti yang biasa dilakukan oleh pengolahan data secara manual. Barcode scanner menggunakan berbagai teknologi pemindaian seperti laser, CCD, dan 2D. Memutuskan menggunakan barcode scanner mana yang akan digunakan tergantung pada jenis simbologi barcode dan kondisi atau tempat atau lingkungan di mana alat tersebut akan digunakan.

Database
Proses sistem barcode tidak cukup hanya dengan membaca barcode. Informasi mengenai produk seperti deskripsi, harga, jumlah persediaan, dan akuntansi harus disimpan terlebih dahulu dalam database. Memindai barcode berarti mengakses informasi yang ada di database.

Itulah sejarah Barcode untuk berjualan di toko. Sistem barcode ini telah memberikan solusi efektif dan efisien bagi perusahaan ritel baik yang berskala besar ataupun kecil. Bahkan ketika anda membuka toko kecil untuk pertama kali pun, produk yang akan dijual kini dapat dipasang label barcode dengan menggunakan alat yang mudah dan murah.

MANFAAT POS DISPLAY DI TOKO ANDA

Hits: 37

POS Display adalah singkatan dari Point of Sale Display. Secara harfiah POS Display memiliki arti ‘titik penjualan’.POS Display merupakan bentuk promosi penjualan berupa end of gondola, counter display, atau floor standing. POS Display biasa ditemukan di area kasir ataupun area-area strategis lainnya di suatu toko atau pusat perbelanjaan, misalnya di dekat pintu masuk toko, Tampilan POS Display biasanya sangat menarik dan tentunya berperan penting dalam meningkatkan impulse buying customer, serta tentu dapat meningkatkan penjualan toko. Berikut adalah manfaat POS Display di toko anda yang penting untuk anda cermati dan bisa anda praktekan.

POS Display dapat Menarik Perhatian pembeli

Calon pembeli biasanya sering berjalan-jalan melewati lorong-lorong untuk mencari produk yang diinginkan. Kemasan suatu produk saja belum tentu cukup bisa mengesankan calon pembeli tersebut untuk akhirnya memtuskan untuk membeli barang. Untuk alasan itu, penjual sekarang menggunakan POS Display untuk menarik perhatian pengunjung toko.

POS Display menawarkan Banyak ruang untuk Branding

Manfaat lain dari POS Display ini adalah membantu memudahkan pembeli Anda untuk mengenali merek suatu produk. Jika anda pemilik toko dan sekaligus juga pemilik brand suatu produk, maka POS Display akan menawarkan banyak ruang untuk branding selain juga memberi Anda kesempatan untuk mendidik pembeli. Selain itu, dengan POS Display, maka dapat ditambahkan informasi atau tulisan menarik yang memberikan informasi tambahan tentang produk tersebut.

POS Display membantu Menemukan Produk Yang Dicari

POS Display dapat dipasang di ujung rak toko. Oleh karena itu, walaupun suatu produk disimpan di pojok toko, dengan adanya POS Display, maka produk tersebut akan tetap dapat mudah untuk ditemukan.

POS Display adalah alat Bantu untuk Memasarkan Produk

Perjuangan umum untuk merek adalah memastikan bahwa produk dapat dipasarkan secara efektif di toko ritel. Ini dibatasi oleh seberapa baik toko memahami merek suatu produk. Dengan adanya POS Display, maka toko dapat menentukan dengan tepat bagaimana suatu produk diiklankan di dalam toko. Tentu saja ini adalah strategi marketing yang murah dan menghemat banyak tenaga.

POS Display bisa Menghemat Biaya Promosi

Mengiklankan suatu produk di berbagai platform tentu memerlukan banyak uang. Dengan POS Display, maka suatu merek dagang dapat dikomunikasikan ke calon pembeli dengan biaya yang efektif. Bahkan bukan hanya merek dagang, suatu aplikasi resep masakan sedap dan sehat pun dapat diiklankan dengan menggunakan POS Display.

POS Display Menargetkan Impulse Buying Customers

POS Display dapat berfungsi untuk menarik pelanggan agar membeli suatu produk walau pada awalnya pengunjung tidak ada rencana untuk membelinya. POS display yang menarik akan memicu pengunjung untuk menciptakan Impulse Buying.

Itulah Manfaat POS Display di Toko anda. Jadi, jika suatu produsen menawarkan POS Display untuk dipajang di toko anda, maka jangan di tolak. Terima saja, dan pajang POS Display tersebut di tempat yang strategis. Jika laku banyak, tentu toko anda pun akan mendapatkan bonus penjualan. Jika anda adalah produsen suatu barang, maka mulai saat ini cobalah untuk membuat POS Display yang menarik, dan titipkan POS Display tersebut di toko-toko yang menurut anda cocok atau siapkan untuk POS Display tersebut untuk menghiasi booth pameran produk yang akan anda ikuti.

Self Employed di Bidang Bisnis Online

Hits: 89

Self Employed adalah orang yang bekerja tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu. Karena tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu, maka mereka mendapatkan uang sesuai dengan kerja keras mereka sendiri. Dalam istilah kerennya, seorang self employed adalah seorang wirausaha atau seorang entrepreneur. Banyak tidaknya mereka mendapatkan uang adalah sesuai dengan kerja keras mereka dan upaya mereka sendiri dalam membangun sumber rejekinya. Self employed sudah ada sejak dulu, akan tetapi self emloyed di bidang bisnis online baru mulai marak di era sekarang ini, atau yang disebut dengan era millenial.

Self employed di bidang bisnis online telah menjadi topik yang cukup trending semenjak perkembangan teknologi informasi semakin maju dan praktis, dan bisnis online menjadi pilihan utama bagi para calon pengusaha. Mengapa? Karena pendapatan di bisnis online bisa sangat menjanjikan. Pendapatan di bisnis online relatif tidak terpengaruh secara negatif oleh resesi ekonomi yang lesu dan menawarkan keamanan kerja. Banyak model self employed di bisnis online, mulai dari menjadi youtuber, pedagang e-commerce, atau bahkan menjadi developer aplikasi.

Sebuah bisnis online jauh lebih mudah untuk dimulai karena berbiaya rendah dalam memulainya. Banyak pebisnis online yang sukses bahkan telah membangun bisnis mereka dengan praktis tanpa biaya, mereka hanya mengandalkan waktu yang mereka mliki untuk mebangun platform bisnis online mereka. Youtuber membuat konten, penjual e-commerce memulai dengan menjadi dropshipper, Developer memulai dengan membuat aplikasi yang mereka sukai mereka. Dan mereka akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang muncul di aplikasi. Sama seperti Youtube. Jika anda memiliki blog atau website, maksimalkan blog anda untuk menjadi sumber pendapatan pasif dengan mendaftarkan blog atau website anda di Adsterra. Klik disini untuk bergabung dan melihat model bisnis adsterra.

Tujuan utama Anda dalam bisnis online atau bisnis apa pun adalah menghasilkan penjualan. Agar berhasil dan menghasilkan keuntungan dari bisnis Anda, Anda harus mempromosikan produk atau layanan Anda ke audiens yang ditargetkan. Bisnis online yang sukses mengikuti rencana tindakan strategis. Tidak diragukan lagi, ide-ide hebat akan sering muncul ke permukaan saat menjalankan bisnis online Anda Di sinilah Anda perlu melatih kedisiplinan. Alih-alih mengejar setiap pikiran yang muncul di benak, cukup letakkan semua ide hebat Anda di buku catatan dan simpan untuk proyek masa depan.. Ini akan membuat segalanya lebih lancar dan Anda akan tetap berada di jalur sukses tanpa gangguan. Ini adalah praktik umum di kalangan pemasar berpengalaman.

Memulai dengan pemasaran afiliasi atau menjadi dropshipper dalam bisnis online mungkin merupakan metode termudah untuk menghasilkan pendapatan online. Ada banyak program afiliasi yang dapat Anda ikuti, seperti afiliasi involve.asia. Anda mulai menghasilkan uang segera dengan mempromosikan produk atau layanan orang lain. Sekali lagi, ini adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk menjadi self employed dibisnis online. Sebagai afiliasi, tugas Anda membantu orang lain untuk mencari apa yang mereka cari. Dan ketika pembelian dilakukan, maka ANDA AKAN MENDAPATKAN INSENTIF!!! Semua dari produk atau jasa orang lain…

Pun demikian halnya dengan menjadi seorang dropshipper. Anda tidak perlu memiliki produk atau membeli produk sebagai modal untuk dijual kembali ke konsumen anda. Cukup dengan mengambil foto-foto produk milik orang lain, kemudian posting di blog anda atau aplikasi e-commerce. Ketika terjadi pembelian, maka tentu anda akan mendapatkan keuntungan. Anda pasti pernah mendengar bahwa “Kalau memulai bisnis itu harus punya modal” Nah itu adalah pernyataan yang tidak relevan untuk di bisnis online. Di bisnis online, jika anda cerdik, dan pandai melihat peluang, maka anda tidak perlu modal uang sama sekali untuk memulai menjadi self employed di bisnis onlen. Self employed di bidang bisnis online, anda tidak perlu modal, namun anda haru mau mengorbankan waktu anda untuk beristirahat. Karena di bisnis online, modal anda adalah waktu.