Category Archives: service

PERAN ORGANISASI PERSATUAN AHLI FARMASI INDONESIA (PAFI) DALAM BISNIS FARMASI

Views: 2

Industri farmasi adalah sektor ekonomi yang memproduksi, mengembangkan, dan memasarkan obat-obatan untuk digunakan dalam pengobatan, pencegahan, dan diagnosa penyakit. Produk yang dihasilkan oleh industri farmasi sangat beragam, mulai dari obat resep, obat bebas, obat generik, suplemen makanan, hingga produk kesehatan seperti alat kesehatan dan peralatan diagnostik. Industri farmasi merupakan industri yang sangat penting dan memerlukan perhatian oleh setiap pemerintah, hal ini adalah karena farmasi sangat berkaitan dengan kesehatan yang merupakan salah satu faktor penentu kesejahteraan masyarakat, dan kebutuhan kesehatan akan terus meningkat.

Populasi dunia terus bertambah, dan meningkatnya usia harapan hidup menyebabkan semakin banyak orang yang membutuhkan perawatan kesehatan dan obat-obatan. Oleh sebab itu, kebutuhan akan obat-obatan akan semakin meningkat, dan ini tentu saja memperkuat prospek industri farmasi di masa depan. Namun demikian, pembuatan, penjualan, distribusi, dan penggunaan obat tidaklah mudah dan tidak pula sembarangan. Harus selalu ada regulasi yang mengontrol tentang industri farmasi ini, dan termasuk didalamnya adalah kontrol terhadap pelaku-pelaku industri farmasi, baik apoteker, maupun ahli farmasi lainnya. Regulasi yang terlalu ketat dapat memperlambat pengembangan dan persetujuan obat baru, sementara regulasi yang terlalu longgar dapat menyebabkan kerugian di masyarakat, misalnya buruknya kualitas obat. Obat yang buruk menyebabkan masyarakat pengguna bukan menjadi sembuh, tapi malah bertambah sakit. Ketika bertambah sakit, masyarakat menyalahkan dokter, atau apoteker yang menjual obat tersebut. Dan ini sangat merugikan apoteker tersebut yang tidak tahu menahu tentang proses peroduksi obat tersebut secara detail.

Untuk melindungi dan menjaga fitrah para apoteker, maka hadir organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Organisasi ini lahir sebagai respons terhadap kebutuhan akan wadah yang dapat menghimpun semua tenaga yang berkontribusi di bidang farmasi di Indonesia. Berdasarkan pafikotaranai.org, PAFI bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia, mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Dengan adanya PAFI, diharapkan kualitas layanan kefarmasian dapat ditingkatkan melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan yang terstruktur dan berkelanjutan.

PAFI juga berperan dalam memperjuangkan hak-hak dan kepentingan tenaga kefarmasian, serta berpartisipasi dalam penyusunan kebijakan kesehatan yang berkaitan dengan farmasi. PAFI juga berusaha untuk menetapkan standar praktik kefarmasian yang tinggi guna memastikan pelayanan yang aman dan efektif bagi masyarakat. Dengan semangat untuk memajukan bidang farmasi, PAFI terus berkontribusi dalam meningkatkan peran ahli farmasi dalam memberikan kontribusi optimal terhadap kesehatan masyarakat. Organisasi PAFI yag pertama kali lahir pada tahun 1946 di Yogyakarta, kini ada di setiap daerah. Salah satunya adalah di organisasi PAFI di Kota Ranai Propinsi Kepulauan Riau. Dengan hadirnya PAFI di tiap-tiap kota, maka informasi serta komunikasi antar para ahli farmasi dapat terjalin. Bahkan informasi dan komunikasi menjadi lebih cepat lagi ketika tiap organisasi PAFI di tiap kota memiliki website resmi tersendiri seperti pafikotaranai.org untuk di kota Ranai Propinsi Kepulauan Riau. Di website ini, bukan hanya informasi tentang kefarmasian yang disampaikan, namun juga tentang keanggotaan ahli farmasi di Kota Ranai, lowongan kerja kefarmasian, dan juga informasi-informasi pelatihan kefarmasian, yang tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang aman dan efektif bagi para stake holder bidang farmasi.

Bis Damri Tujuan Bandara Sukarno Hatta dari Stasiun Gambir

Views: 13

Bis DAMRI (Dharma Agung Medan Raya Indonesia) adalah layanan bus yang menghubungkan berbagai lokasi di sekitar Jakarta dengan Bandara Soekarno-Hatta. Bus DAMRI merupakan salah satu pilihan transportasi umum yang nyaman dan terjangkau untuk perjalanan ke dan dari bandara. Jadi, jika anda di Jakarta mau bepergian dengan pesawat, anda tidak perlu bingung. Gunakan Bis Damri untuk transportasi menuju ke Bandara Cengkareng.

Bis DAMRI Bandara dari Stasiun Gambir

Salah satu trayek bis menuju Bandara yang dilayani oleh DAMRI ini adalah trayek Gambir-Bandara. Rute yang dilalui oleh trayek ini adalah Stasiun Gambir Jakarta Pusat – Pasar Baru – Jalan Garuda Kemayoran – Pekan Raya Jakarta Kemayoran – Masuk Pintu Tol Kemayoran – Tol Ancol – Tol Bandara – Bandara Soekarno-Hatta. Jam operasional: 03.00-20.00 WIB (ke bandara), 06.00-00.00 WIB (dari bandara). Keberangkatan adalah setiap 30 menit sekali, baik dari Badara sukarno Hatta ataupun dari Stasiun Gambir.

Bis Damri Bandara Sukarno hatta dari Stasiun Gambir Jakarta

Tiket yang diterapkan adalah Rp. 80.000 rupiah untuk sekali perjalanan. Akan tetapi ingat ya, pembelian tiket DAMRI Bandara ini tidak melayani dengan uang tunai. Anda bisa membeli tiket di loket DAMRI di Stasiun Gambir, tapi bayarnya harus pake kartu debit atau e-money. Pembelian tidak dengan uang tunai, Selain itu anda juga bisa membeli tiket DAMRI secara online melalui aplikasi DAMRI apps yang bisa di downlad di Google Play.

Kondisi di dalam bus DAMRi Tujuan Bandara Sukarno Hatta

Kondisi didalam bus DAMRI tentu nyaman banget, karena ini kan untuk melayani orang-orang yang mau naik pesawat. Tempat duduknya 1-2, dengan disediakan keranjang untuk menyimpan tas bawaan perjalanana dengan pesawat, dan tentu saja bus ini ber-AC. Jadi kalau anda dari Lampung yang mau berangkat ke daerah lain dengan pesawat, maka anda setelah menggunakan Bus Damri tujuan Lampung Jakarta, ketika anda turun di Stasiun Gambir, anda bisa langsung pesan tiket atau beli tiket DAMRI Gambir-Bandara Cengkareng. Waktu tempuh dari Stasiun Gambir ke Bandara Sukarno Hatta ini adalah sekitar 55 menit jika lancara. Jadi perhitungkan waktu keberangkatan pesawat anda agar tidak terlambat. Dan jangan lupa untuk kasih tahu sopir bus DAMRi terminal tempat anda akan terbang, atau setidaknya kabari maskapai pesawat yang akan mengangkut anda, apakah itu Batik air atau Super jet, atau maskapai lainnya. Dengan begitu, anda akan tepat diantarkan menuju terminal penerbanagan yang dituju di Bandara Cengkareng.

Pesawat Super Air Jet Pekanbaru-Jakarta

Views: 3

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan perjalanan dengan pesawat Super Air Jet Tujuan Pekanbaru-Jakarta. Pesawat Super Air Jet merupakan pesawat yang tergabung dalam Lion Grup. Berarti Super Air Jet ini masih satu keluarga dengan LionAir, dan Batik Air. Dan Super Air Jet merupakan anak bungsu dari Lion Grup. Saya melakukan perjalanan dari pekanbaru menuju Jakarta Sukarno Hatta. Jadwal keberangkatan adalah jam 14.40 WIB, namun mengalami pergeseran menjadi pukul 15.40 WIB.

Pesawat Super Air Jet

Pesawat Super Air Jet ini memiliki ke-khas-an dibandingkan dengan saudaranya, Lion Air dan Batik Air. Jika pramugari di pesawat lain biasanya mengenakan pakaian yang sangat feminin, misalnya pakai rok dengan belahan di paha, kemudian rambut di sanggul, maka pramugari di Super Air Jet ini mengenakan pakian yang sporty. Mereka mengenakan pakaian layaknya pakaian lapangan berwarna coklat. Pokoknya mereka sporty banget deh. Namun demikian, kesigapan mereka dalam melayani pelanggan atau penumpang tentu tidak berbeda, minimal sesuai dengan standar penerbangan.

Pramugari Super Air Jet yang sporty siap membantu para penumpang.

Pesawat Super Air Jet Tujuan Pekanbaru Jakarta ini berangkat tiap hari. Tarif pesawat tu ojuan ini berkisar antara satu juta hingga 1,3 juta rupiah. Sebaiknya anda memesan tiket dua atau tiga hari sebelumnya agar mendapatkan harga yang lebih murah. Begitu juga dengan Weekend, biasanya tarif pesawat akan naik ketika terbang di hari wekend alias hari libur (jumat, Sabtu, Minggu). Tapi sayang, terbang dengan Super Air Jet tidak diberikan snack. Ini berbeda ketika saya terbang dengan pesawat batik Air tujuan Jakarta Pekanbaru. Di Batik Air, saya dikasih snack dan air mineral satu botol. padahal harga tiketnya tidak jauh berbeda. Perjalanan yang ditempuh pun sama, yaitu satu jam 30 menit.

Jika anda sudah memesan tiket pesawat super air jet, baik melalui traveloka ataupun tempat penjualan tiket lainnya, maka anda bisa check in mandiri secara online. Namun check in mandiri ini baru bisa dibuka pada kurang lebih 8 jam sebelum penerbangan. Jadi dengan check in mandiri, anda bisa pilih kursi pesawat sendiri yang menurut anda adalah posisi terbaik untuk menikmati perjalanan. Kalo saya posisi terbaik adalah di seat 21A, posisi ini ada di sebelah kiri pesawat samping jendela dan tepat berada di belakang sayap pesawat. Dengan begitu, saya bisa melihat pemandangan daratan sekaligus gerakan sayap pesawat ketika bermanuver. Untuk mengetahui cara check in mandiri pesawat Super AIr Jet, anda bisa lihat videonya berikut ini. Selain itu anda juga bisa lihat video pemandangan daratan dari jendela pesawat Super Air Jet berikut ini.

Kesimpulannya, untuk harga, pesawat super air jet memang murah dibandingkan dengan maskapai lain. Akan tetapi tentu saja, ada layanan yang dikurangi di pesawat ini, yaitu tidak ada konsumsi snack. Soal pramugari, saya lebih suka lihat pramugari yang feminin dibandingkan dengan yang sporty. Jadi kalo mau cuci mata, mending saya pilih Batik Air atau Lion Air he..he..

Bis Jurusan Tegal-Tasikmalaya

Views: 738

Bagi anda yang bepergian dari Kota Tegal menuju Kota Tasikmalaya atau sebaliknya, anda harus tahu angkutan umum yang bisa melayani trayek Tegal-Tasikmalaya ini. Bis yang melayani trayek jurusan Tegal ke Tasikmalaya hanya bis Budiman saja.

Bis Budiman dari Tegal ke Tasikmalaya ada dari jam 6 pagi dan jam 7 pagi. Bis nya ukuran tiga perempat alias bis ukuran tayo. Yang siaang ada jam 11, tapi bis ini adalah bis dari Jepara. Bisnya kelas eksekutif. Yang malam jam 22.00 juga bus eksekutif. Tapi kalo yang bis eksekutif jangan berharap bisa dapet kursi ya, sebab biasanya suka penuh terus. Kalo naik eksekutif berangkat dari Tegal, bis jadi gak kebagian kursi. Jadi baiknya naik bis Budiman ukuran tiga perempat aja. Walaupun ukuran tiga perempat, tapi bisnya dijamin nyaman karena sudah ber-AC.

Kalo mau naik dari Tegal, anda bisa naik dari terminal Tegal atau dari terminal Slawi. Harga tiket Budiman Tegal-Tasik atau tiket bis Tasik-Tegal adalah Rp. 120.000 untuk yang bis Budiman tiga perempat, sedangkan harga tiket bis eksekutif Tegal-Tasik adalah Rp. 185.000.

Kini anda gak usah bingung lagi naik bis untuk yang bepergian dari Tasik ke Tegal atau sebaliknya. Bis Budiman sudah ada melayani trayek ini. Kalo dari Tasik bis ini berangkat jam satu siang. Oh iya, bis ini berhenti di Ciamis, Purwokerto, dan Slawi. Bis ini juga alternatif transportasi selain naik kereta. Oh iya untuk naik kereta jurusan Tegal ke Tasikmalaya tidak ada ya. Anda harus naik kereta ke purwokerto dulu, baru dari purwokerto naik kereta jurusan Tasikmalaya. Yang paling pas waktu naik kereta adalah jam 13.30 dari Tegal, kemudian nyambung jam 16.30 dari Purwokerto menuu Tasikmalaya. Tiketnya gak nyampe 200 ribu gaesss. Tapi penuh terus. Usahakan pesan 2 hari sebelumnya. Kalo tidak ya dapet kereta yang harga tiketnya mahal. Jika sudah telat, ya balik lagi mending naik PO Budiman jurusan Tegal Tasik saja. Lumayan bisa menikmati perjalanan pegunungan. Lumayan juga waktu tempuh Tegal Tasik ini, sampe 6 jam an lho. Untuk pemesanan tiket bis jurusan Tegal Tasik, anda bisa hubungi nomor ini 081326297529

Manfaat Menggunakan Kode QR pada Kartu Nama

Views: 26

Kartu nama merupakan bagian integral dari jaringan dan memperluas daftar kontak. Namun bagaimana jika Anda dapat meningkatkan efektivitasnya dan mempermudah klien atau calon pemberi kerja untuk menambahkan informasi Anda ke perangkat mereka, mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda, atau bahkan mengakses sampel pekerjaan Anda? Menambahkan Kode QR ke kartu bisnis Anda memungkinkan Anda melakukan ini dan banyak lagi. Berikut adalah manfaat menggunakan Kode QR pada kartu nama anda:

  1. Mempermudah jaringan
    Menggunakan Kode QR pada kartu nama atau kartu bisnis Anda berarti calon klien atau pemberi kerja dapat menambahkan informasi kontak Anda ke perangkat seluler mereka tanpa perlu mengetikkannya secara manual. Yang perlu mereka lakukan hanyalah memindai dan menyimpan.
  1. Mengembangkan pengikut media sosial Anda
    Demikian pula, menambahkan Kode QR Media Sosial yang tertaut ke platform media sosial Anda tidak hanya akan mengumpulkan lebih banyak pengikut dan penggemar di halaman Anda, namun juga akan memungkinkan klien Anda untuk tetap mengetahui semua karya, berita, dan informasi terbaru Anda. acara.
  1. Menampilkan contoh karya Anda di satu tempat
    Orang-orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan kontak yang mereka kenal dibandingkan dengan seseorang yang tidak mereka kenal, dan cara apa yang lebih baik bagi calon klien atau pemberi kerja untuk mengenal Anda selain melalui pekerjaan Anda? Dengan menggunakan Kode QR URL Dinamis, kartu nama Anda dapat ditautkan langsung ke kasus pengguna, blog Anda, atau proyek bisnis Anda saat ini, sebuah fitur hebat untuk pekerja lepas. Jika Anda berkecimpung dalam industri musik, Anda dapat menggunakan Kode QR MP3 untuk membagikan musik Anda kepada siapa pun yang memindai kartu nama Anda. Dan dengan menggunakan Kode QR PDF, Anda dapat menautkan ke resume Anda atau file PDF lainnya sehingga Anda tidak perlu membawa salinannya saat bursa kerja atau acara informasi.

4. Mempermudah update informasi kepada pelanggan Anda
Dengan menambahkan Kode QR Halaman Bisnis ke kartu bisnis Anda, Anda dapat langsung memberi tahu pelanggan atau calon klien tentang bisnis Anda, jam buka, alamat, petunjuk arah navigasi, detail kontak, dan akun media sosial. Jika Anda memiliki bisnis online, terdapat tombol yang memungkinkan Anda menautkannya, galeri karya Anda, atau situs web untuk membantu Anda mempromosikan barang dan jasa Anda.

APLIKASI QR SCANNER UNTUK SCAN QR CODE

QR Scanner adalah aplikasi untuk memindai kode QR dari berbagai sumber. QR Scanner akan memudahkan Anda melakukan aktivitas berbasis internet yang memerlukan pembacaan QR Codes dengan ponsel Android Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan scan QR code ini dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini gratis, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti transaksi keuangan, membaca buku, membaca kartu bisnis, atau login ke website yang menyediakan QR code untuk dipindai.

TREND BISNIS DIGITAL YANG BISA ANDA COBA. PILIH SESUAI DENGAN MINAT DAN KEMAMPUAN ANDA

Views: 19

Memulai bisnis bisa dikatakan mudah bagi semua orang, apalagi bagi pemula yang sudah mempunyai banyak uang. Namun untuk mempertahankan operasional bisnis yang menguntungkan, tidak semua orang bisa melakukannya karena banyak bisnis yang harus tutup karena tidak mampu mengembalikan modal yang berarti kerugian.
Pemula tidak tahu apa-apa? Tentu. Pemula yang sukses? Jawabannya ada di tangan Anda.

Mendapat keuntungan besar merupakan salah satu harapan bagi setiap orang yang hendak membuka dan menjalankan sebuah bisnis. Semua bisnis tentu bisa berkembang jika sejak awal sudah dipersiapkan secara matang. Itulah mengapa perencanaan bisnis menjadi hal utama yang harus dilakukan agar bisnis Anda mampu bertahan di tengah persaingan ataupun trend bisnis yang berubah dan terus berinovasi seiring perkembangan zaman. Hal ini bisa menjadi sebuah tantangan yang nyata dan harus dihadapi demi mempertahankan keberlangsungan bisnis.

Pebisnis bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang lengkap, karena Anda harus pintar dalam mengatur strategi sekaligus mampu berpikir kreatif dan inovatif. Era digital menjadi perbincangan hangat yang terus di-update. Para pebisnis muda bermunculan dengan berbagai inovasi. Hampir semua pengusaha mengunakan digital untuk memasarkan produk. Mulai dari melakukan proses branding, pemasaran, riset pasar, dan distribusi. Cepat dan efisien seakan menjadi ciri khas dari era digital.
Era digital sendiri merupakan Media baru yang dapat membuat perubahan budaya terhadap kecepatan menerima informasi. Jadi, tidak mengherankan jika konsumen menuntut adanya perubahan di bidang lain.

Salah satu dampak terbesar dari akses internet ini adalah dunia bisnis di mana kegiatan ekonomi yang dulu harus rumit dengan berbagai prosesnya, sekarang terangkum menjadi dalam satu genggaman gadget. Perubahan tersebut menjadi tantangan para pebisnis senior dan antusiasme dari pengusaha muda. Nyatanya sekarang banyak bermunculan aplikasi bisnis yang lahir dari tangan kreatif para pemuda.
Pergerakan bisnis semakin cepat. Apa pun bisa menghasilkan keuntungan. Kreatifitas menjadi kualitas tertinggi untuk mampu bersaing di dalamnya. Berikut ini beberapa contoh trend digital yang tidak boleh Anda lewatkan, di antaranya sebagai berikut :

  1. Pengembang Web
    Internet telah merambah setiap bidang kehidupan. Pengembangan web adalah peluang yang sama menjanjikannya. Saat Anda memutuskan untuk menekuni bisnis ini, pengetahuan komputer, kemampuan hosting, dan nama domain menjadi persyaratan yang harus dipenuhi. Pasar bisnis sangat besar karena hampir setiap bisnis membutuhkannya.
  2. Aplikasi Seluler
    Hal yang paling menonjol di era digital ini adalah aplikasi dan game seluler. Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan aplikasi utilitas bagi para karyawannya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mulai melihat hal ini sebagai peluang bisnis baru, terutama bagi para peminat yang passion di bidang IT.
  3. Marketplace
    Marketplace sendiri merupakan model e-commerce yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di pasar hanya perlu melayani pembelian karena semua aktivitas lain seperti pengelolaan situs web ditangani oleh platform.

Cara Jualan Eceran Dengan Email Marketing

Views: 19

Email Marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan cara menyebarkan deskripsi atau penjelasan suatu produk melalui email. Penjelasan produk yang dikirim melalui email ini tentu dibuat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga memicu pembaca email untuk melakukan pembelian. Ini artinya bahwa email marketing ditambah dengan konsep impulse buying customer pada isi beritanya akan meningkatkan transaksi penjualan toko eceran anda. Lalu bagaimana cara jualan eceran dengan email marketing? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat Daftar Email Pelanggan atau Calon Pelanggan

Sudah tentu bahwa untuk mengirim email maka harus ada penerimanya, yang dalam hal ini adalah calon pelanggan. Untuk itu anda harus memiliki daftar alamat email para pelanggan anda atau calon pelanggan anda. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat email para pelanggan dan membuat daftar alamat email? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat alamat email teman-teman kita di sosial media, misalnya Facebook. Walaupun ini mungkin agak melelahkan karena harus dilihat satu per satu profil teman kita, Itu pun jika profilnya memperlihatkan alamat email-nya. Cara yang lebih realistis adalah dengan cara menyebarkan angket kepuasan pelanggan toko anda yang didalamnya ada kolom alamat email responden. Atau dengan membuat formulir isian data pelanggan dengan Google Form yan kemudian disebar melalui pesan Whatsapp atau Telegram. Setelah itu data alamat email direkap di Microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya.

  1. Membuat konten Email

OK. Simpan dahulu daftar email yang telah dibuat. Berikutnya adalah anda membuat konten email atau isi berita email yang akan disebar. Tentunya isi berita tersebut adalah tentang produk anda yang dialamnya setidaknya berisi gambar yang menarik, deskripsi yang singkat namun jelas, manfaat produk, harga produk, bahkan jika ada adalah program promosi produk misalnya diskon, atau promosi bebas ongkos kirim. Isi email dibuat semenarik mungkin sehingga si penerima berkenan untuk melakukan transaksi penjualan, atau setidaknya berkunjung ke toko anda jika anda memiliki toko online. Jangan khawatir dengan desain isi, anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi lainnya yang sejenis yang menyediakan template gratis untuk membuat konten email marketing.

  1. Sebarkan Email Secara Otomatis Sekaligus

Langkah terakhir adalah tentu saja…menyebarkan email berisi konten produk kepada seluruh alamat email pelanggan atau calon pelanggan pada daftar email yang sudah anda buat. Menyebarkan email marketing satu persatu mungkin bisa sangat melelahkan dan bahkan membosankan. Bayangkan jika daftar alamat email anda adalah 500 alamat atau 1000 alamat misalnya..Sungguh melelahkan sekali. Karena itu, anda bisa gunakan alat bantu penyebaran email secara sekaligus ke seluruh alamat email. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mailchimp. Mailchimp adalah aplikasi online untuk email marketing. Dimana anda dapat menginput daftar alamat email secara sekaligus, Ada tiga cara, salah satunya adalah dengan cara copy paste data yang sudah anda buat ke kolom yang tersedia di Mailchimp. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan tools untuk membuat content marketing seperti landing page.

Ok itulah cara jualan eceran dengan email marketing yang bisa jadi akan menjadi faktor penentu peningkatan penjualan toko anda. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah, jangan sering-sering mengirim email produk, karena mungkin penerima email akan terganggu dengan kiriman email anda, Tetapkan target pengiriman email anda misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kebosanan calon pelanggan anda atas email yang anda kirim. Oh iya, tidak lupa bahwa email marketing ini bukan hanya untuk menjual produk anda secara eceran saja. Email marketing juga merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan toko anda bisa menjadi lebih terkenal seperti Mixue.

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Views: 21

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Views: 25

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

TIPS SUKSES MANAJEMEN RITEL UNTUK PEDAGANG ECERAN PEMULA

Views: 59

Pedagang eceran pemula berharap bisnis baru mereka akan cepat berkembang dan memperoleh progres pendapatan yang signifikan dalam waktu singkat. Saking bersemangatnya mereka, maka biasanya para pedagang eceran pemula ini melpakan aspek fundamental dari manajemen bisnis ritel. Manajemen bisnis ritel yang baik adalah tentang proses yang baik dan penerapan yang konsisten di lapangan. Manajemen Ritel adalah proses bagaimana mengelola kegiatan keseharian bisnis ritel, dimana kegiatan bisnis ritel ini tidak hanya tentang penjualan barangnya saja, melainkan juga mengenai proses pelayanan kepada pelanggan. Lalu bagaimanakah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula? Berikut adalah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula yag dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi bergelut di bisnis toko eceran.

Tips 1: Bisnis adalah Bisnis

Jika anda terjun ke dunia bisnis, maka anda haru konsisten dalam hati bahwa segala hal yang berhubugan dengan bisnis anda, maka anda harus meperlakukannya atas dasar bisnis. Tidak ada yang lain. Dalam Bahasa Inggris: “Business is business.” Jangan buat keputusan bisnis terlalu diitervensi oleh perasaan. Bisnis anda baru berkembang, jangan rencana bisnis anda buyar hanya karena anda mempekerjakan teman, membeli dari pemasok yang anda anggap kenal baik. Ingat, kenal baik secara personal belum berarti kita mengenal baik secara bisnis. Bisnis adalah urusan uang, dan kadangkala teman baik pun akan menjadi tidak baik jika sudah menyangkut uang. Karakter atau kepribadian seseorang akan muncul dengan sebenarnya ketika mereka dilibatkan dengan uang. Anda harus hati-hati itu. Bisnis adalah bisnis, walaupun teman, anda harus tegas, lengkapi perjanjian bisnis dengan catatan hitam putih, sehingga kita akan saling terkendali.

Tips 2: Pelihara data-data yang menyangkut bisnis agar selalu akurat.

Setiap pembelian barang, penjualan barang, harga jual, harga beli, prduk yang laris atau best seller, produk yang terus laku barang fast moving, produk yang kurang laku atau barang slow moving, barang tidak laku atau dead stok, harus tercatat semua. Informasi ini sangat penting untuk keberlangsungan produk anda di toko dan juga keberlangsungan sirkulasi uang di toko agar tidak macet. Jangan sampai anda beli barang yang habis di toko anda dengan jumlah besar hanya gara-gara satu atau dua orang menanyakan barang itu dalam satu hari, sementara anda tidak membaca data jualan yang memperlihatkan bahwa barang tersebut tidak pernah laku alias dead stok. Memelihara data juga berarti bahwa akses untuk mendapatkan data tersebut harus tepat dan cepat. Untuk itu, pedagang eeran pemula harus sudah mulai belajar pencatatan data-data penjualan.

Tips 3: Gabung dengan komunitas

Pedagang eceran pemula akan sulit berkembang jika bekerja secara sendiri. Anda harus bergabung dengan komunitas. Tentunya komunitas yang anda ikuti adalah komunitas yang ada hubungannya dengan bisnis anda. Jika anda memiliki toko jualan onderdil sepeda, maka bergabunglah anda dengan komunitas pesepeda. Ini sangat bermanfaat, karena selain mendapatkan informasi mengenai produk onderdil sepeda yang banyak dibutuhkan, komunitas pun dapat menciptakan kemunculan pelanggan setia untuk toko anda.

Tips 4: Lindungi uang anda.

Jika anda melakukan transaksi secara tunai, maka penting bagi anda untuk memiliki laci penyimpanan uang penjualan yang aman. Demikian juga dengan nomor rekening bank untuk bisnis anda. Pastikan bahwa uang hasil jualan eceran masuk ke rekening khusus jualan, tidak campur aduk dengan nomor rekening gaji suami misalnya… Anda juga harus memastikan bahwa proses bisnis yang anda jalankan, serta alur perputaran uang terlindung dari dari penipuan, pemerasan, dan biaya-biaya yang tidak penting lainnya. Melindungi uang anda juga termasuk didalmnya adalah tentang pengeluaran. Anda harus memperhatikan pengeluaran anda, baik pengeluaran pribadi maupun pengeluaran bisnis. Anda harus berhemat, dan harus memiliki cadangan uang tunai untuk waktu darurat. Jangan sampai cashflow anda bernilai negative…itu berbahaya.

Tips 5: Ikuti perubahan

Jika dahulu anda berjualan eceran baju adalah dnegan cara diam di toko menunggu orang yang dating ke toko, maka kini dengan adanya internet, kebiasaan itu harus dirubah. Anda harus mulai berjualan secara online. Jualan nline tidak mesti roduk anda terjual secara global. Jualan online pun bisa difokuskan pada skala local, misal dengan menjual barang di marketplace facebook untuk jualan baju khusus di kota anda. Atau anda membuat grup jualan lokalan dengan telegram atau whatsapp. Ini bisa semakin meningkatkan nama toko anda di mata local. Dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan penjualan. Manfaatkan platform media sosial untuk mengembangkan bisnis anda.

Tips 6: Selesaikan masalah bisnis secepatnya, jangan ditunda-tunda.

Jika Anda menemukan suatu masalah dalam bisnis anda, misal banyak barang yang hilang di toko atau dikenal dengan istilah shrinkage, maka anda harus segera menyelidiki masalah itu dengan segera. Segera selidiki, dan buat keputusan dengan cepat. Karena semakin Anda menunda membuat keputusan, maka semakin banyak kerugan yang diterima, baik itu biaya, waktu, emosi, dan tentu saja UANG. Sebaliknya, jika anda punya masalah dengan utang jatuh tempo anda, maka segera selesaikan utang tersebut, karena keterlambatan pembayaran utang yang jatuh tempo akan mempengaruhi reputasi anda di mata supplier. Jika reputasi anda buruk, maka anda akan kesulitan untuk mendapatkan barang jualan anda, dan kemudahan-kemudahan lainnya dari supplier.

Tips 7: Pelanggan adalah Raja

Pelanggan adalah sumebr uang anda, karena itu perlakukan pelanggan bagaikan raja. Buat mereka merasa berkesan berbelanja di toko anda, sehingga mereka akan Kembali lagi dan Kembali lagi untuk berbelanja di toko anda. Anda harus mulai mempelajari bagaimana pelayanan pelanggan yang baik untuk bisnis ritel. Dalam hal pelayanan pelanggan, Anda harus memahami bahwa “Every business is a service business”. Artinya adalah bahwa apapun bisnis yang dijalankan, sesungguhnya itu semua adalah perkara pelayanan. Pelanggan adalah asset bisnis anda, pelayanan pelanggan adalah investasi anda. Memperlakukan dan memelihara asset dan investasi bisnis anda dengan baik maka uang akan mengalir dengan baik pula ke toko anda.

Itulah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula. Inti dari semua ini adalah bahwa manajemen ritel itu harus selalu menggunakan akal sehat. Kedepankan akal sehat dalam mengurusi bisnis, dan selalu perhatikan faktor-faktor penentu penjualan di toko ritel.