Category Archives: service

Manfaat Menggunakan Kode QR pada Kartu Nama

Visits: 18

Kartu nama merupakan bagian integral dari jaringan dan memperluas daftar kontak. Namun bagaimana jika Anda dapat meningkatkan efektivitasnya dan mempermudah klien atau calon pemberi kerja untuk menambahkan informasi Anda ke perangkat mereka, mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda, atau bahkan mengakses sampel pekerjaan Anda? Menambahkan Kode QR ke kartu bisnis Anda memungkinkan Anda melakukan ini dan banyak lagi. Berikut adalah manfaat menggunakan Kode QR pada kartu nama anda:

  1. Mempermudah jaringan
    Menggunakan Kode QR pada kartu nama atau kartu bisnis Anda berarti calon klien atau pemberi kerja dapat menambahkan informasi kontak Anda ke perangkat seluler mereka tanpa perlu mengetikkannya secara manual. Yang perlu mereka lakukan hanyalah memindai dan menyimpan.
  1. Mengembangkan pengikut media sosial Anda
    Demikian pula, menambahkan Kode QR Media Sosial yang tertaut ke platform media sosial Anda tidak hanya akan mengumpulkan lebih banyak pengikut dan penggemar di halaman Anda, namun juga akan memungkinkan klien Anda untuk tetap mengetahui semua karya, berita, dan informasi terbaru Anda. acara.
  1. Menampilkan contoh karya Anda di satu tempat
    Orang-orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan kontak yang mereka kenal dibandingkan dengan seseorang yang tidak mereka kenal, dan cara apa yang lebih baik bagi calon klien atau pemberi kerja untuk mengenal Anda selain melalui pekerjaan Anda? Dengan menggunakan Kode QR URL Dinamis, kartu nama Anda dapat ditautkan langsung ke kasus pengguna, blog Anda, atau proyek bisnis Anda saat ini, sebuah fitur hebat untuk pekerja lepas. Jika Anda berkecimpung dalam industri musik, Anda dapat menggunakan Kode QR MP3 untuk membagikan musik Anda kepada siapa pun yang memindai kartu nama Anda. Dan dengan menggunakan Kode QR PDF, Anda dapat menautkan ke resume Anda atau file PDF lainnya sehingga Anda tidak perlu membawa salinannya saat bursa kerja atau acara informasi.

4. Mempermudah update informasi kepada pelanggan Anda
Dengan menambahkan Kode QR Halaman Bisnis ke kartu bisnis Anda, Anda dapat langsung memberi tahu pelanggan atau calon klien tentang bisnis Anda, jam buka, alamat, petunjuk arah navigasi, detail kontak, dan akun media sosial. Jika Anda memiliki bisnis online, terdapat tombol yang memungkinkan Anda menautkannya, galeri karya Anda, atau situs web untuk membantu Anda mempromosikan barang dan jasa Anda.

APLIKASI QR SCANNER UNTUK SCAN QR CODE

QR Scanner adalah aplikasi untuk memindai kode QR dari berbagai sumber. QR Scanner akan memudahkan Anda melakukan aktivitas berbasis internet yang memerlukan pembacaan QR Codes dengan ponsel Android Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan scan QR code ini dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini gratis, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti transaksi keuangan, membaca buku, membaca kartu bisnis, atau login ke website yang menyediakan QR code untuk dipindai.

TREND BISNIS DIGITAL YANG BISA ANDA COBA. PILIH SESUAI DENGAN MINAT DAN KEMAMPUAN ANDA

Visits: 19

Memulai bisnis bisa dikatakan mudah bagi semua orang, apalagi bagi pemula yang sudah mempunyai banyak uang. Namun untuk mempertahankan operasional bisnis yang menguntungkan, tidak semua orang bisa melakukannya karena banyak bisnis yang harus tutup karena tidak mampu mengembalikan modal yang berarti kerugian.
Pemula tidak tahu apa-apa? Tentu. Pemula yang sukses? Jawabannya ada di tangan Anda.

Mendapat keuntungan besar merupakan salah satu harapan bagi setiap orang yang hendak membuka dan menjalankan sebuah bisnis. Semua bisnis tentu bisa berkembang jika sejak awal sudah dipersiapkan secara matang. Itulah mengapa perencanaan bisnis menjadi hal utama yang harus dilakukan agar bisnis Anda mampu bertahan di tengah persaingan ataupun trend bisnis yang berubah dan terus berinovasi seiring perkembangan zaman. Hal ini bisa menjadi sebuah tantangan yang nyata dan harus dihadapi demi mempertahankan keberlangsungan bisnis.

Pebisnis bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang lengkap, karena Anda harus pintar dalam mengatur strategi sekaligus mampu berpikir kreatif dan inovatif. Era digital menjadi perbincangan hangat yang terus di-update. Para pebisnis muda bermunculan dengan berbagai inovasi. Hampir semua pengusaha mengunakan digital untuk memasarkan produk. Mulai dari melakukan proses branding, pemasaran, riset pasar, dan distribusi. Cepat dan efisien seakan menjadi ciri khas dari era digital.
Era digital sendiri merupakan Media baru yang dapat membuat perubahan budaya terhadap kecepatan menerima informasi. Jadi, tidak mengherankan jika konsumen menuntut adanya perubahan di bidang lain.

Salah satu dampak terbesar dari akses internet ini adalah dunia bisnis di mana kegiatan ekonomi yang dulu harus rumit dengan berbagai prosesnya, sekarang terangkum menjadi dalam satu genggaman gadget. Perubahan tersebut menjadi tantangan para pebisnis senior dan antusiasme dari pengusaha muda. Nyatanya sekarang banyak bermunculan aplikasi bisnis yang lahir dari tangan kreatif para pemuda.
Pergerakan bisnis semakin cepat. Apa pun bisa menghasilkan keuntungan. Kreatifitas menjadi kualitas tertinggi untuk mampu bersaing di dalamnya. Berikut ini beberapa contoh trend digital yang tidak boleh Anda lewatkan, di antaranya sebagai berikut :

  1. Pengembang Web
    Internet telah merambah setiap bidang kehidupan. Pengembangan web adalah peluang yang sama menjanjikannya. Saat Anda memutuskan untuk menekuni bisnis ini, pengetahuan komputer, kemampuan hosting, dan nama domain menjadi persyaratan yang harus dipenuhi. Pasar bisnis sangat besar karena hampir setiap bisnis membutuhkannya.
  2. Aplikasi Seluler
    Hal yang paling menonjol di era digital ini adalah aplikasi dan game seluler. Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan aplikasi utilitas bagi para karyawannya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mulai melihat hal ini sebagai peluang bisnis baru, terutama bagi para peminat yang passion di bidang IT.
  3. Marketplace
    Marketplace sendiri merupakan model e-commerce yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di pasar hanya perlu melayani pembelian karena semua aktivitas lain seperti pengelolaan situs web ditangani oleh platform.

Cara Jualan Eceran Dengan Email Marketing

Visits: 19

Email Marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan cara menyebarkan deskripsi atau penjelasan suatu produk melalui email. Penjelasan produk yang dikirim melalui email ini tentu dibuat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga memicu pembaca email untuk melakukan pembelian. Ini artinya bahwa email marketing ditambah dengan konsep impulse buying customer pada isi beritanya akan meningkatkan transaksi penjualan toko eceran anda. Lalu bagaimana cara jualan eceran dengan email marketing? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat Daftar Email Pelanggan atau Calon Pelanggan

Sudah tentu bahwa untuk mengirim email maka harus ada penerimanya, yang dalam hal ini adalah calon pelanggan. Untuk itu anda harus memiliki daftar alamat email para pelanggan anda atau calon pelanggan anda. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat email para pelanggan dan membuat daftar alamat email? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat alamat email teman-teman kita di sosial media, misalnya Facebook. Walaupun ini mungkin agak melelahkan karena harus dilihat satu per satu profil teman kita, Itu pun jika profilnya memperlihatkan alamat email-nya. Cara yang lebih realistis adalah dengan cara menyebarkan angket kepuasan pelanggan toko anda yang didalamnya ada kolom alamat email responden. Atau dengan membuat formulir isian data pelanggan dengan Google Form yan kemudian disebar melalui pesan Whatsapp atau Telegram. Setelah itu data alamat email direkap di Microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya.

  1. Membuat konten Email

OK. Simpan dahulu daftar email yang telah dibuat. Berikutnya adalah anda membuat konten email atau isi berita email yang akan disebar. Tentunya isi berita tersebut adalah tentang produk anda yang dialamnya setidaknya berisi gambar yang menarik, deskripsi yang singkat namun jelas, manfaat produk, harga produk, bahkan jika ada adalah program promosi produk misalnya diskon, atau promosi bebas ongkos kirim. Isi email dibuat semenarik mungkin sehingga si penerima berkenan untuk melakukan transaksi penjualan, atau setidaknya berkunjung ke toko anda jika anda memiliki toko online. Jangan khawatir dengan desain isi, anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi lainnya yang sejenis yang menyediakan template gratis untuk membuat konten email marketing.

  1. Sebarkan Email Secara Otomatis Sekaligus

Langkah terakhir adalah tentu saja…menyebarkan email berisi konten produk kepada seluruh alamat email pelanggan atau calon pelanggan pada daftar email yang sudah anda buat. Menyebarkan email marketing satu persatu mungkin bisa sangat melelahkan dan bahkan membosankan. Bayangkan jika daftar alamat email anda adalah 500 alamat atau 1000 alamat misalnya..Sungguh melelahkan sekali. Karena itu, anda bisa gunakan alat bantu penyebaran email secara sekaligus ke seluruh alamat email. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mailchimp. Mailchimp adalah aplikasi online untuk email marketing. Dimana anda dapat menginput daftar alamat email secara sekaligus, Ada tiga cara, salah satunya adalah dengan cara copy paste data yang sudah anda buat ke kolom yang tersedia di Mailchimp. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan tools untuk membuat content marketing seperti landing page.

Ok itulah cara jualan eceran dengan email marketing yang bisa jadi akan menjadi faktor penentu peningkatan penjualan toko anda. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah, jangan sering-sering mengirim email produk, karena mungkin penerima email akan terganggu dengan kiriman email anda, Tetapkan target pengiriman email anda misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kebosanan calon pelanggan anda atas email yang anda kirim. Oh iya, tidak lupa bahwa email marketing ini bukan hanya untuk menjual produk anda secara eceran saja. Email marketing juga merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan toko anda bisa menjadi lebih terkenal seperti Mixue.

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Visits: 15

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Visits: 25

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

TIPS SUKSES MANAJEMEN RITEL UNTUK PEDAGANG ECERAN PEMULA

Visits: 58

Pedagang eceran pemula berharap bisnis baru mereka akan cepat berkembang dan memperoleh progres pendapatan yang signifikan dalam waktu singkat. Saking bersemangatnya mereka, maka biasanya para pedagang eceran pemula ini melpakan aspek fundamental dari manajemen bisnis ritel. Manajemen bisnis ritel yang baik adalah tentang proses yang baik dan penerapan yang konsisten di lapangan. Manajemen Ritel adalah proses bagaimana mengelola kegiatan keseharian bisnis ritel, dimana kegiatan bisnis ritel ini tidak hanya tentang penjualan barangnya saja, melainkan juga mengenai proses pelayanan kepada pelanggan. Lalu bagaimanakah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula? Berikut adalah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula yag dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi bergelut di bisnis toko eceran.

Tips 1: Bisnis adalah Bisnis

Jika anda terjun ke dunia bisnis, maka anda haru konsisten dalam hati bahwa segala hal yang berhubugan dengan bisnis anda, maka anda harus meperlakukannya atas dasar bisnis. Tidak ada yang lain. Dalam Bahasa Inggris: “Business is business.” Jangan buat keputusan bisnis terlalu diitervensi oleh perasaan. Bisnis anda baru berkembang, jangan rencana bisnis anda buyar hanya karena anda mempekerjakan teman, membeli dari pemasok yang anda anggap kenal baik. Ingat, kenal baik secara personal belum berarti kita mengenal baik secara bisnis. Bisnis adalah urusan uang, dan kadangkala teman baik pun akan menjadi tidak baik jika sudah menyangkut uang. Karakter atau kepribadian seseorang akan muncul dengan sebenarnya ketika mereka dilibatkan dengan uang. Anda harus hati-hati itu. Bisnis adalah bisnis, walaupun teman, anda harus tegas, lengkapi perjanjian bisnis dengan catatan hitam putih, sehingga kita akan saling terkendali.

Tips 2: Pelihara data-data yang menyangkut bisnis agar selalu akurat.

Setiap pembelian barang, penjualan barang, harga jual, harga beli, prduk yang laris atau best seller, produk yang terus laku barang fast moving, produk yang kurang laku atau barang slow moving, barang tidak laku atau dead stok, harus tercatat semua. Informasi ini sangat penting untuk keberlangsungan produk anda di toko dan juga keberlangsungan sirkulasi uang di toko agar tidak macet. Jangan sampai anda beli barang yang habis di toko anda dengan jumlah besar hanya gara-gara satu atau dua orang menanyakan barang itu dalam satu hari, sementara anda tidak membaca data jualan yang memperlihatkan bahwa barang tersebut tidak pernah laku alias dead stok. Memelihara data juga berarti bahwa akses untuk mendapatkan data tersebut harus tepat dan cepat. Untuk itu, pedagang eeran pemula harus sudah mulai belajar pencatatan data-data penjualan.

Tips 3: Gabung dengan komunitas

Pedagang eceran pemula akan sulit berkembang jika bekerja secara sendiri. Anda harus bergabung dengan komunitas. Tentunya komunitas yang anda ikuti adalah komunitas yang ada hubungannya dengan bisnis anda. Jika anda memiliki toko jualan onderdil sepeda, maka bergabunglah anda dengan komunitas pesepeda. Ini sangat bermanfaat, karena selain mendapatkan informasi mengenai produk onderdil sepeda yang banyak dibutuhkan, komunitas pun dapat menciptakan kemunculan pelanggan setia untuk toko anda.

Tips 4: Lindungi uang anda.

Jika anda melakukan transaksi secara tunai, maka penting bagi anda untuk memiliki laci penyimpanan uang penjualan yang aman. Demikian juga dengan nomor rekening bank untuk bisnis anda. Pastikan bahwa uang hasil jualan eceran masuk ke rekening khusus jualan, tidak campur aduk dengan nomor rekening gaji suami misalnya… Anda juga harus memastikan bahwa proses bisnis yang anda jalankan, serta alur perputaran uang terlindung dari dari penipuan, pemerasan, dan biaya-biaya yang tidak penting lainnya. Melindungi uang anda juga termasuk didalmnya adalah tentang pengeluaran. Anda harus memperhatikan pengeluaran anda, baik pengeluaran pribadi maupun pengeluaran bisnis. Anda harus berhemat, dan harus memiliki cadangan uang tunai untuk waktu darurat. Jangan sampai cashflow anda bernilai negative…itu berbahaya.

Tips 5: Ikuti perubahan

Jika dahulu anda berjualan eceran baju adalah dnegan cara diam di toko menunggu orang yang dating ke toko, maka kini dengan adanya internet, kebiasaan itu harus dirubah. Anda harus mulai berjualan secara online. Jualan nline tidak mesti roduk anda terjual secara global. Jualan online pun bisa difokuskan pada skala local, misal dengan menjual barang di marketplace facebook untuk jualan baju khusus di kota anda. Atau anda membuat grup jualan lokalan dengan telegram atau whatsapp. Ini bisa semakin meningkatkan nama toko anda di mata local. Dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan penjualan. Manfaatkan platform media sosial untuk mengembangkan bisnis anda.

Tips 6: Selesaikan masalah bisnis secepatnya, jangan ditunda-tunda.

Jika Anda menemukan suatu masalah dalam bisnis anda, misal banyak barang yang hilang di toko atau dikenal dengan istilah shrinkage, maka anda harus segera menyelidiki masalah itu dengan segera. Segera selidiki, dan buat keputusan dengan cepat. Karena semakin Anda menunda membuat keputusan, maka semakin banyak kerugan yang diterima, baik itu biaya, waktu, emosi, dan tentu saja UANG. Sebaliknya, jika anda punya masalah dengan utang jatuh tempo anda, maka segera selesaikan utang tersebut, karena keterlambatan pembayaran utang yang jatuh tempo akan mempengaruhi reputasi anda di mata supplier. Jika reputasi anda buruk, maka anda akan kesulitan untuk mendapatkan barang jualan anda, dan kemudahan-kemudahan lainnya dari supplier.

Tips 7: Pelanggan adalah Raja

Pelanggan adalah sumebr uang anda, karena itu perlakukan pelanggan bagaikan raja. Buat mereka merasa berkesan berbelanja di toko anda, sehingga mereka akan Kembali lagi dan Kembali lagi untuk berbelanja di toko anda. Anda harus mulai mempelajari bagaimana pelayanan pelanggan yang baik untuk bisnis ritel. Dalam hal pelayanan pelanggan, Anda harus memahami bahwa “Every business is a service business”. Artinya adalah bahwa apapun bisnis yang dijalankan, sesungguhnya itu semua adalah perkara pelayanan. Pelanggan adalah asset bisnis anda, pelayanan pelanggan adalah investasi anda. Memperlakukan dan memelihara asset dan investasi bisnis anda dengan baik maka uang akan mengalir dengan baik pula ke toko anda.

Itulah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula. Inti dari semua ini adalah bahwa manajemen ritel itu harus selalu menggunakan akal sehat. Kedepankan akal sehat dalam mengurusi bisnis, dan selalu perhatikan faktor-faktor penentu penjualan di toko ritel.

APLIKASI UNTUK AMBIL THUMBNAIL YOUTUBE

Visits: 79

Sebelum membahas tentang aplikasi untuk ambil thumbnail youtube, ada baiknya kita harus pahami dulu tentang apa itu thumbnail youtube. Thumbnail Youtube adalah foto atau gambar yang merepresentasikan isi video youtube. Sederhananya, Thumbnail Youtube ini sama seperti poster film, dimana isi film digambarkan dalam satu buah poster yang menarik dan membuat calon penonton enasaran untuk menonton film tersebut. Oleh karena itu, thumbnail youtube adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dibuat setela memproduksi video. Dengan thumbnail ini, maka diiharapkan akan menarik perhatian calon penonton untuk berkunjung ke youtube channel dan menonton video berdasarkan poster itu.

Ada banyak software aplikasi untuk membuat Thumbnail youtube, bahkan dengan menggunakan Microsoft Power Point pun, Thumbnail YouTube bisa dibuat. Lalu sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika kita sebagai penonton, menyukai suatu video, dan ingin melihat atau mengambil thumbnail video tersebut? Lho…ambil thumbnail suatu video orang lain itu untuk apa? Apa pentingnya? He..he…Janagn salah…Perlu diketahui, ada saat-saat tertentu ketika kita membutuhkan suatu video orang lain untuk keperluan tertentu. Misalnya video belajar. Seorang guru zaman sekarang hampir dipastikan atau setidaknya sekali-sekali menonton video bahan ajar untuk memperlancar pengajaran kepada peserta didiknya. Dan ketika melakukan download suatu video yang dirasa penting, maka tentu biasanya dibtuhkan pula mengambil thumbnail video tersebut. Dan itulah diperlukan aplikasi untuk ambil Thumbnail Youtube. Aplikasi ini bernama Get Youtube Thumbnail. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, kita tinggal copy link video yang ditonton, kemudian tempelkan link tersebut di kolom yang tersedia di aplikasi Get Youtube Thumbnail. Setelah klik enter, maka akan ditampilkan thumbnail suatu video dalam beberapa pilihan resolusi gambar, bahkan termasuk resolusi kualitas HD.

Thumbnail yang dipilih dapat langsung kita download ke handphone android kita, atau kita share ke peserta didik untuk promosi materi belajar pada pertemuan berikutnya. yang lebih menarik, thumbnail yang di download dapat digunakan sebagai short cut video pada berbagai aplikasi baik berplatform windows maupun berplatform android. Contoh penggunaan thumbnail youtube dari video yang dapat dilihat di aplikasi Belajar NKPI. Aplikasi Belajar NKPI adalah aplikasi android untuk belajar bidang Teknik Penangkapan Ikan. Didalamnya terdapat materi video-video belajar Program Studi Nautika Kapal Penangkapan Ikan dan materi-materi kuliah serta jurnal-jurnal perikanan yang relevan dengan materi kulaih tersebut. Aplikasi Belajar NKPI dan Get Youtube Thumbnail dapat di download melalui link dibawah ini, atau dapat dilihat di Daftar Download di website ini.

Link download aplikasi Belajar NKPI : https://drive.google.com/file/d/1YFx3ab6yVvQRMl7dK66RZUqnQQ7TB_0y/view?usp=share_link

Atau melalui link alternatif ini:

https://sfile.mobi/1jfxLtnCJOy

Link Download Get Youtube Thumbnail:

https://drive.google.com/file/d/1aflPXsj-R0_If8XsewTTjqSggUDAVZC9/view?usp=share_link

Atau melalui link alternatif ini

https://sfile.mobi/tNHEVfgj4G7

APA ITU DROPSHIPPING DAN BAGAIMANA CARA MEMULAI BUKA TOKO DROPSHIPPING ?

Visits: 40

Apa yang dimaksud dengan dropshipping? Dropshipping adalah suatu bisnis dimana kegiatannya adalah menjual atau memasarkan produk milik orang lain atau perusahaan lain tanpa harus membeli atau menyimpan stok terlebih dahulu. Orang yang melakukan bisnis dropshipping disebut dengan dropshipper. Bisnis dropshipping merupakan suatu bisnis yang dapat dikatakan hampir tanpa modal, sebab ia hanya memasarkan atau menjual produk orang lain. Pendapatan yang diperoleh oleh para dropshipper berasal dari komisi penjualan, atau selisih harga antara harga yang ditawarkan oleh dropshipper dengan harga yang ditawarkan oleh pemilik produk. Bisnis ini unik dan menarik, sebab para dropshipper mendapatkan keuntungan penjualan bahkan tanpa perlu susah payah mengirimkan produk ke pembeli, karena tugas pengiriman barang dilakukan oleh perusahaan yang punya barang, Dengan kata lain, bisnis dropShipping tidak perlu menyiapkan toko fisik! Anda hanya perlu kelancaran internet!

DropShipping bukanlah istilah atau konsep baru dalam e-commerce tetapi jarang orang yang tahu bagaimana memulai bisnis DropShipping. Lalu bagaimana cara memulai toko dropshipping ? berikut adalah cara yang pernah saya lakukan ketika membangun toko dropshipping hingga akhirnya memiliki toko sendiri dan memiliki barang sendiri. Dengan meningkatnya kegiatan e-commerce atau bisnis berbasis internet, ini juga meningkatkan jumlah orang yang ingin memulai bisnis e-commerce tersebut. Kewirausahaan ecommerce adalah karir yang menarik di era millenial ini. Namun persoalan klasik dalam berbisnis adalah bahwa memulai suatu bisnis perlu memiliki dukungan investasi yang baik. Umumnya, modal adalah investasi terpenting untuk memulai bisnis apa pun. Dan ini membuat banyak orang yang berniat untuk berbisnis mundur teratur karena tidak memiliki modal. Bisnis dropshipping menjawab kendala keterbatasan modal tersebut, karena dropshipping hampir dipastikan tidak perlu modal. Artinya anda tidak perlu terlebih dahulu membeli produk secara grosiran dan menyimpan stok barang jualan untuk kembali dijual secara eceran.

Menurut pendapat saya, dropshipping adalah lebih dari hanya sekadar bisnis. Dropshipping adalah layanan. Internet berhasil! Ini adalah metode bisnis ritel di mana penjual tidak menyimpan produknya di toko atau gudang. Berikut ini adalah keunggulan bisnis DropShipping:

  1. Diperlukan modal investasi yang minimum bahkan mungkin tanpa modal
  2. Tidak ada rintangan sulit dalam mendirikan toko dropshipping
  3. Margin risiko lebih rendah
  4. Pebisnis dropshipping dapat menetapkan harga sendiri untuk produk yang dijualnya.

Lalu bagaimana cara memulai buka toko dropshipping?

  1. Langkah pertama adalah cari tahu terlebih dahulu minat bisnis anda. Ini adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis Anda. Cari tahu apa sebenarnya yang ingin Anda lakukan , produk apa yang ingin Anda jual.
  2. Teliti basis pelanggan Anda dan lihat produk apa yang dapat memberi Anda keuntungan lebih tinggi
  3. Cari tahu siapa pesaing Anda dalam menjalankan bisnis ini dan bagaimana cara mereka memaksimalkan keuntungan.
    Ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah kedua adalah : Temukan pemasok Dropshipping yang cocok dengan anda

Pemasok dropshipping pada dasarnya adalah sumber hidup bisnis anda. Ia adalah pahlawan bagi anda, karena pemasok adalah orang yang akan menangani semua tugas fisik bisnis seperti pengepakan, dan pengiriman. Oleh karena itu penting untuk menghubungi pemasok terpercaya yang dapat melakukan sinkronisasi dengan produk yang ingin Anda jual. Pastikan anda memperoleh kejelasan dari pemasok akan hal-hal berikut.

  1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesanan.
  2. Sistem pelacakan atau sistem tracking seperti apa yang mereka sukai.
  3. Jika pemasok menawarkan garansi untuk produk mereka, pastikan jangka waktu garansi tersebut.
  4. Agar lebih tenang, anda sebaiknya harus mendapatkan pemasok yang sudah memiliki NPWP. Dan anda harus tahu nomor NPWP pemasok tersebut. Ini penting agar anda tidak tertipu oleh pemasok bohongan yang akan membuat reputasi anda jadi ikut-ikutan hancur karena dianggap pembohong oleh pembeli. Padahal anda tidak berniat untuk berbohong atau menipu.

Langkah yang ketiga adalah: Pilih Platform Anda untuk berbisnis.

Setelah Anda selesai dengan prasyarat yang diberikan pada langkah-langkah di atas, Anda perlu mencari tahu platform mana yang ingin Anda gunakan untuk menjual produk Anda. Ada banyak platform toko online yang bisa anda gunakan, seperti Shopee, tokopedia, lazada, dan Bukalapak untuk platform bisnis online lokal Indonesia.

Untuk skala global, eBay adalah platform e-niaga yang paling banyak digunakan dan mudah bagi pemula untuk memulai. Amazon adalah situs e-niaga terbesar di dunia untuk menjual dan membeli produk. Bonanza dan Ruby Lane juga merupakan toko e-niaga yang dapat membantu mengangkat produk Anda. Jika tidak mau menggunakan salah satu dari platform ini, Anda dapat mendesain toko e-niaga Anda sendiri dengan platform seperti Shopify.

Langkah keempat: Pasarkan dan Promosikan!

Jika anda memiliki ide bisnis yang luar biasa dan bahkan membuat toko online tetapi tidak ada yang mengetahuinya, ini alah sama saja dengan percuma! Anda membuang waktu banyak sekali untuk hasil yang tidak memuaskan sama sekali. Disinilah pentingnya analisis pemasaran yang untu mulai memasarkan produk dan toko online Anda. Mulailah kampanye pemasaran toko di berbagai di platform media sosial. Gunakan kekuatan email massal ke pelanggan target. Buat kupon diskon karena diskon lebih memesona dan lebih cepat membuat orang tergoda untuk berbelanja.

Itulah langkah-langkah memulai toko dropshipping. Dengan konsistensi dan kerja keras, anda akan memperoleh hasil di e-commerce. Selamat berjuang. dan semoga sukses.

TIPS MEMBANGUN TOKO DI ERA MILLENIAL

Visits: 46

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa membangun toko ritel di era 90-an dengan era 2000-an sangat jauh berbeda. Jika di era tahun 90-an, membangun toko belum ada dukungan internet, maka di tahun 2000-an, membangun toko sudah ada dukungan internet. Toko konvensional kini sudah dilengkapi dengan dukungan teknologi. TIPS MEMBANGUN TOKO DI ERA MILLENIAL adalah artikel pendek tentang cara membangun toko yang bisa dijadikan literatur bagi anda yang akan memulai membangun toko atau membuat toko ritel. Namun sebelum itu, berikut saya sampaikan beberapa kunci dalam berjualan ritel di era milenial ini.

  1. Gunakan kekuatan media sosial untuk branding toko anda. Pelanggan anda bukan lagi sebatas lokal di tempat anda tinggal, tetapi sudah melebar melebihi batas geografis bahkanbatas negara. Pelanggan anda berada di dunia maya, dan mereka ingin mempercayai Anda terlebih dahulu.
  2. Kembangkan kehadiran situs web yang kuat. Jual produk anda di saluran belanja online. Agar semakin kuat reputasi anda, anda bisa membuat blog atau website pribadi yang berisi tentang karakter bisnis anda, dan Anda pun dapat mematkan website tersebut untuk beriklan.
  3. Segera tanggapi pelanggan yang menggunakan teknologi seluler mereka di toko untuk memindai produk yang anda jual dan membandingkannya dengan toko lain secara online.

Itulah kunci berjualan di toko untuk era ekarang ini. Sekarang mari kita bahas tips membangun toko ritel di Zaman millenial, dengan asumsi bahwa anda sudah memiliki lokasi toko.

Tips #1 Permudah dan berikan kenyamanan kepada pembeli untuk berbelanja di toko Anda

Pelanggan tidak ingin repot saat ingin membeli produk di toko Anda. Pastikan bahwa sistem pembelian dan pencarian barang di toko Anda mudah dilakukan. Jika anda punya karyawan, pastikan pelayanan karyawan anda dilakukan sesingkat mungkin.

Lihat tata letak toko retail Anda untuk mengetahui akses dan aliran guna melihat apakah pelanggan dapat berinteraksi dengan mudah pada semua rak, POS Display, atau alat penjualan lainnya. Kemudahan dan kenyamanan pelanggan ini termasuk bahwa toko Anda juga dapat memproses pembayaran pelanggan dari berbagai sumber seperti Debit langsung, kartu kredit, uang tunai, bahkan pembayaran melalui uang elektronik di dompet digital. Puaskan pelanggan anda.

Tips #2 Pastikan bahwa stok selalu tersedia setiap saat

Belanja online meningkat karena pembeli tahu bahwa produk yang mereka inginkan dapat ditemukan di suatu tempat secara online. Mereka menjadi frustrasi dengan toko offline yang mengatakan “Maaf, kami tidak memiliki apa yang Anda inginkan tetapi kami dapat memesannya untuk Anda.”

Pelanggan akan sering menjawab dengan “Tidak apa-apa. Jangan repot-repot, saya akan online dan memesannya sendiri sekarang.”

Oleh karena itu, pastikan lokasi ritel Anda buka pada saat pelanggan Anda ingin menemukan Anda. Periksa batasan jam jualan Anda yang dilakukan secara offline dan online..

Tips #3 Jadikan toko Anda tujuan pengalaman

Berikan pelanggan Anda alasan mengapa mereka ingin mengunjungi toko ritel. Anda dan ingin berlama-lama disana. Pelanggan generasi ini menginginkan pengalaman dari toko Anda, bukan sekadar membeli barang.

Itulah tips membangun toko ritel di Zaman millenial, dimana pada era ini, berjualan harus dikombinasikan antara berjualan offline dengan berjualan online. Menyiapkan toko ritel sekarang mengharuskan pemilik bisnis untuk tidak hanya memanfaatkan teknologi informasi, tetapi juga harus memahami bagaimana semua itu akan berdampak pada peningkatan penjualan toko di masa depan.

Sejarah Barcode Untuk Berjualan di Toko

Visits: 42

Penggunaan Barcode kini sudah banyak digunakan oleh berbagai industri dan bisnis ritel. Barcode digunakan dalam proses bisnis ritel atau bisnis membuka toko karena sifatnya yang akurat, mudah digunakan, dan dapat menyediakan pengumpulan data yang seragam dan umpan balik yang tepat waktu, Penggunaan barcode dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Kini, bukan hanya ritel saja yang menggunakan barcode, bidang manufaktur, pergudangan, pengiriman, transportasi dan sebagainya mulai menggunakan barcode untuk proses bisnisnya. Bahkan, pelacakan aset, perawatan kesehatan, konstruksi, manajemen dokumen, hingga tanda peserta pun kini menggunakan barcode.

Sejarah Barcode
Konsep barcode pertama kali dimulai oleh Wallace Flint pada tahun 1932. Dia menemukan sistem pembayaran otomatis untuk toko bahan makanan dengan menggunakan kartu berlubang, yang ditempatkan di alat pembaca.

Kemudian pada tahun 1948, Bernard Silver bersama temannya Norman Joseph Woodland meneliti sebuah metode yang dapat membaca informasi produk secara otomatis. Tinta sensitif sinar ultraviolet digunakan, dimana dengan tinta ini akan membuat pola tinta yang akan bersinar di bawah sinar ultraviolet. Namun, metode tersebut gagal karena ketidakstabilan dan pola pencetakan yang mahal.

Pada tahun 1949, sebuah paten diajukandengan judul “Alat dan Metode Pengklasifikasian”. Simbol yang terdiri dari serangkaian lingkaran konsentris digunakan oleh mereka. Namun, deskripsi diberikan pada simbologi barcode linier saat ini.

Pada tahun 1967, David J. Collins mendirikan Computer Identics Corporation dan mengembangkan sistem barcode hitam putih yang dapat dibaca oleh sinar laser. Sistem ini digunakan untuk distribusi, produksi, pengiriman, penyortiran, dan aplikasi lainnya.

Kemudian pada tahun 1967, salah satu sistem pemindaian pertama dipasang oleh Radio Corporation of America (RCA) yang menggunakan simbol barcode “bull’s eye”.

John F. Keidel menemukan sistem pembacaan barcode pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1969. The Universal Grocery Products Identification Code atau UGPIC atau Kode Identifikasi Produk Kelontong Universal mulai dikembangkan pada tahun 1970. Pada tahun 1970, barcode digunakan untuk perdagangan eceran untuk pertama kalinya oleh Monarch Marking. Sistem ini diterapkan untuk keperluan industri untuk pertama kalinya oleh Plessey Telecommunications.

Pada tahun 1970-an, US Supermarket Ad Hoc Committee of Uniform Grocery Product Code didirikan oleh The National Association of Food Chains (NAFC) yang merumuskan kode standar barcode 12 digit. Pada tahun 1973, UGPIC diubah menjadi Uniform Product Code (UPC) oleh George J. Laurer.

UPC Barcode scanner atau Pemindai Barcode UPC pertama dibuat pada tahun 1974 oleh NCR Corp. dan dipasang di supermarket Marsh di Troy, dan Permen karet Wrigley adalah produk pertama yang dipindai oleh pemindai barcode di supermarket.

Setelah mengalami banyak perubahan, barcode saat ini berkembang sebagai alat produktivitas bisnis yang paling efektif. Saat ini, sistem barcode tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis yang berbeda. Sistem ini terutama terdiri dari empat komponen, yaitu:

Printer Barcode
Printer Barcode digunakan untuk mencetak label barcode. Kini, Printer barcode desktop dan nirkabel sudah tersedia secara luas. Thermal transfer dan teknologi direct thermal biasanya digunakan oleh printer barcode. Jika dibandingkan dengan printer konvensional, printer ini mencetak label lebih cepat, lebih efisien, dan dengan kualitas cetak yang lebih baik. Memilih jenis printer barcode yang tepat untuk digunakan terutama didasarkan pada jenis label yang akan dicetak dan jumlah yang dicetak per hari.

Barcode Label
Label barcode tidak lain adalah tag di mana barcode dicetak menggunakan printer barcode. Label dilampirkan pada produk atau barang yang dibaca oleh pemindai. Tata letak label barcode bervariasi tergantung pada industri dan aplikasi. Setiap kombinasi teks, grafik, dan informasi barcode dapat dicetak pada barcode label. barcode label tersedia dalam berbagai bahan yang dapat bekerja di hampir semua lingkungan.

Barcode Scanner
Alat yang digunakan untuk membaca barcode disebut barcode scanner. Alat ini membantu dalam membaca informasi yang ada di barcode secara akurat dan mengurangi tingkat kesalahan seperti yang biasa dilakukan oleh pengolahan data secara manual. Barcode scanner menggunakan berbagai teknologi pemindaian seperti laser, CCD, dan 2D. Memutuskan menggunakan barcode scanner mana yang akan digunakan tergantung pada jenis simbologi barcode dan kondisi atau tempat atau lingkungan di mana alat tersebut akan digunakan.

Database
Proses sistem barcode tidak cukup hanya dengan membaca barcode. Informasi mengenai produk seperti deskripsi, harga, jumlah persediaan, dan akuntansi harus disimpan terlebih dahulu dalam database. Memindai barcode berarti mengakses informasi yang ada di database.

Itulah sejarah Barcode untuk berjualan di toko. Sistem barcode ini telah memberikan solusi efektif dan efisien bagi perusahaan ritel baik yang berskala besar ataupun kecil. Bahkan ketika anda membuka toko kecil untuk pertama kali pun, produk yang akan dijual kini dapat dipasang label barcode dengan menggunakan alat yang mudah dan murah.