Category Archives: service

facebook marketing

Dalam dunia marketing, tentunya suatu bisnis membutuhkan massa yang sebanyak-banyaknya, karena massa inilah yang akan membantu menyebarluaskan informasi tentang suatu produk, jasa, ataupun merk. Word of mouth promotion lebih banyak berperan disini,dan semakin banyak massa yang mau menyebarluaskan informasi bisnis anda, maka proses pemasaran akan semakin mudah dan murah. Akan tetapi massa yang banyak adalah bukan segalanya, massa yang yang harus anda kuasai adalah massa yang sudah tersegmen dan menjadi target utama pemasaran anda. Cobalah anda untuk melakukan facebook marketing.

Bagi facebooker, tentu sudah terbiasa berbagi informasi dengan orang lain mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukannya melalui kotak status. Melalui kotak status inilah seseorang bisa tahu mengenai eksistensi seseorang, komunitas, organisasi, public figure, atau bahkan suatu bisnis. Bagi anda yang kreatif memanfaatkan kotak status, pasti anda akan menulis di halaman profile anda dengan tulisan yang menarik, unik, dan mampu mendatangkan perhatian teman-teman anda sehingga mereka berkomentar terhadap status anda.

Kreatif, menarik, dan unik. Inilah kuncinya. Dalam dunia marketing, istilah ini disebut soft marketing.

Facebook adalah media yang sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis anda ataupun pribadi anda. Anda ingin terkenal ? Anda ingin memperkenalkan diri anda sebagai seorang ahli bidang bisnis, pembicara motivasi, pelatih sukses atau lainnya ? Atau anda ingin mempopulerkan komunitas, organisasi, atau kegiatan sosial nada ? Maka facebook adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Tekuni dan jalankan dengan serius program pemasaran online anda melalui facebook ini, dan lihatlah hasilnya beberapa bulan kemudian.

Pertanyaannya adalah  Bagaimana memaksimalkan akun facebook untuk kepentingan bisnis kita ? Adakah tips-tipsnya? Dan seberapa sulitkah caranya ? Well, pada prinsipnya facebook marketing tidaklah terlalu sulit jika kita mengetahui beberapa tips dan strategi memaksimalkan facebook. Yang paling utama adalah tetap fokus pada visi dan misi yang akan anda sampaikan, dan tetap tidak meninggalkan prinsip-prinsip ilmu marketing.

every business is a service business

Jika anda memiliki sebuah toko, mislanya toko cell phone, toko blu-ray, toko komputer, atau toko apapun, maka sebetulnya yang anda jual bukanlah produk yang ada di toko anda. Produk anda hanyalah merupakan output dari bagian produksi saja, sedangkan yang menentukan penghasilan anda agar berkelanjutan adalah service, manfaat, dan keuntungan yang diberikan toko anda kepada para konsumen. Bukan hanya di toko saja, yang menjadi tempat akhir produk sebelum sampai ke konsumen. Setiap bisnis adalah tentang pelayanan. Every business is a service business. Buat pelanggan puas, maka mereka akan kembali lagi dan kembali lagi. Inilah yang membuat penghasilan anda berkelanjutan, dan produktivitas per transaksi anda akan stabil bahkan meningkat.

Tidak percaya ? Ok, mari kita lihat contoh kasus berikut ini.

Di suatu pusat perbelanjaan, terdapat dua buah toko film yang saling berdampingan, yaitu Toko A dan Toko B. Kedua toko tersebut menjual dan memiliki koleksi produk yang sama, yaitu produk fashion terbaru. Yang membedakan adalah bahwa jika di Toko A pelayanan para pramuniaganya hanya biasa saja, sedangkan di Toko B mengedepankan service beyond service excellent. Dan apa yang terjadi ? Ternyata banyak pengunjung yang mendatangi Toko B dibandingkan dengan Toko A, dan tentu saja omzet penjualan Toko B lebih besar daripada Toko A. Kenapa? Karena dengan service yang dilakukan oleh Toko B membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama dan berbelanja di toko tersebut. Pelanggan puas, lalu akhirnya mereka menjadi pelayan setia, dan kesetiaan pelanggan adalah omzet bagi toko.

Semua itu adalah karena service. Service-lah yang menentukan omzet penjualan dan umur toko anda, bukan produk yang anda jual. Bagaimanapun lengkapnya koleksi barang di toko anda, anda akan rentan oleh serangan kompetitor jika anda tidak memiliki bentuk service yang hebat kepada konsumen anda.

Dan ini service ini berlaku bukan hanya untuk bisnis saja. Institusi, organisasi, pelayanan publik, bahkan hingga sekolah sekalipun umurnya akan dipengaruhi oleh service kepada penggunanya.Apabila service yang diberikan dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada para penggunanya, maka dengan kekuatan word of mouth akan membuat institusi, organisasi, atau sekolah tersebut banyak dilirik orang. Banyak orang yang ingin menggunakan jasanya. Tapi apabila service-nya buruk, maka lama kelamaan institusi, organisasi, atau sekolah tersebut akan ditinggalkan, dan pada akhirnya bubar. Sama seperti toko A yang akhirnya bangkrut dan tutup karena kalah bersaing dengan Toko B dalam hal service.

Jadi apapun yang anda jual, atau bahkan apapun bidang yang anda tekuni, maka ketahuilah bahwa service menentukan hidup dan matinya usaha anda, karena pada intinya every business is a service business.

Efek word of mouth di Bisnis Pariwisata

Bagaimana efek word of mouth di bisnis pariwisata? Begini penjelasannya. Beberapa waktu yang lalu saya melakukan kunjungan kerja ke wilayah Pantai Pesisir Tengah Krui, Kabupaten Lampung Barat, Propinsi Lampung, Indonesia. Selama dua hari saya tinggal disana, saya merasakan nuansa yang hampir mirip dengan Bali, ada pantai yang indah, serta wisatawan mancanegara. Bedanya adalah jika di Bali sudah ramai dan terkenal, maka di Krui masih sepi dan mungkin belum banyak dikenal oleh orang. Bahkan mungkin kalangan lokal Indonesia pun belum mengenal pantai Pesisir Tengah Krui ini. Kenapa begitu? ini pastilah karena efek word of mouth di bisnis pariwisata bekerja secara otomatis di kalangan para pelancong bule. Buktinya lebih banyak wisatawan bule ketimbang wisatawan domestik. Bahkan selama saya disana, saya tidak menemukan wisatawan domestik satu pun. Wah ini aneh, tempat wisata di negeri sendiri tapi koq malah tidak dikenal. Atau mungkin karena pengaruh pandemi COVID-19 kali ya, sehingga sedang sepi…

Lalu kenapa pantai Krui ini lebih dikenal dikalangan wisatawan asing dibanding wisatawan domestik? Mungkin inilah alasannya.

The Power Of Word of Mouth

Berdasarkan penelitian, karakter wisatawan asing cenderung untuk melakukan eksplorasi dalam menjelajah suatu wilayah wisata, dan mereka biasanya mengeksplorasi suatu tempat yang belum pernah dituju sebelumnya. Apabila mereka menemukan tempat yang membuat mereka sebagai pelanggan merasa nyaman, mereka akan menyebarkan informasi mengenai tempat ini baik melalui social media, telepon, ataupun lainnya. Mereka akan bercerita di blog-blog miliknya tentang tempat wisata yang mereka singgahi ini. Dan dari cerita-cerita di blog mereka maupun di social media inilah akhirnya berita mengenai tempat wisata baru ini mulai tersebar di kalangan teman-temannya, dan akhirnya keseluruh dunia.

Inilah The Power of Word of Mouth. Kekuatan bahasa dan komunikasi dalam bergaul merupakan suatu senjata marketing yang berbiaya murah. Bahkan mungkin anda tidak perlu biaya untuk melakukan strategi marketing macam ini. Power of Word Of Mouth juga bisa menjadi senjata yang membinasakan bisnis anda ketika perbincangan negatif diarahkan ke produk anda.

Untuk tempat wisata Pantai Krui ini saya yakin Word Of Mouth-nya bernuansa positif, karena banyak wisatawan asing berkunjung kesini. Lalu kenapa bisa word of mouth-nya bersifat positif ? Saya yakin bukan hanya tempat yang indah dan bagus saja yang menjadi penilaian. Sisi pelayanan dan keramahan para penduduk pasti juga menjadi penilaian utama. Wisatawan adalah pendatang, dan pendatang akan merasa senang apabila mereka disambut dengan ramah, dilayani dengan sepenuh hati, dan mereka merasa aman tinggal ditengah-tengah masyarakat. Ini menunjukkan bahwa penduduk lokal di Krui sudah tahu bahwa pelayanan pelanggan adalah suatu investasi yang menguntungkan dan sangat murah.

Oleh karena itu, agar suatu pariwisata dapat maju sebetulnya dengan cara iklan yang gila-gilaan dan berbiaya mahal adalah kurang efektif jika para pelaku pariwisata yang berkepentingan tidak memahami arti penting pelayanan. Birokrasi dan regulasi pemerintah, karakter penduduk pribumi, infrastruktur wisata harus dirancang sedemikian rupa agar dapat melayani wisatawan dengan excellent. Dan jika pelayanan ini sudah excellent, maka untuk meningkatkan bisnis bidang pariwisata mungkin pemerintah akan bekerja lebih ringan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu tempat wisata. Dengan strategi marketing yang murah meriah yaitu Word of Mouth Marketing, devisa negara akan terkumpul banyak. itulah efek word of mouth di bisnis pariwisata yang berdampak sangat dahsyat baik pada lingkungan terkecil suatu daerah hingga suatu negara.

Hubungan Insentif Penjualan dengan motivasi kerja

Motivasi karyawan merupakan suatu hal yang sangat penting dibutuhkan perusahaan untuk kemajuan perusahaannya. Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk memotivasi karyawannya. Secara umum faktor-faktor yang menentukan seorang karyawan termotivasi adalah karena pengakuan dari perusahaan atas prestasi yang diperoleh, pekerjaannya itu sendiri, pemberian tanggung jawab yang lebih besar,dan tantangan atas suatu pekerjaan. Salah satu bentuk pengakuan perusahaan adalah dengan cara memberikan insetif penjualan kepada para karyawannya. Lalu apa hubungan insentif penjualan dengan motivasi kerja ? Berikut adalah penjelasannya.

“Motivasi adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu dalam memenuhi beberapa kebutuhan individual. Kebutuhan adalah suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil-hasil tertentu tampak menarik. Begitu tiap kebutuhan ini telah dipenuhi, maka kebutuhan berikutnya akan menjadi dominan. Meskipun tidak ada kebutuhan yang pernah dipenuhi secara lengkap, suatu kebutuhan yang dipuaskan secara cukup banyak (substansial) tidak lagi memotivasi. Karena itu jika ingin memotivasi seseorang, maka perlu dipahami sedang berada diposisi manakah seseorang itu memfokuskan kebutuhannya, atau kebutuhan yang berada diatasnya.” (Stephen P. Robbins)

Abraham Maslow berkata bahwa pada diri manusia ada lima jenjang kebutuhan, yaitu :

  1. Kebutuhan Fisiologis : Yaitu rasa lapar, haus, perlindungan (pakaian dan perumahan), serta kebutuhan ragawi lainnya.
  2. Kebutuhan Keamanan : Yaitu kebutuhan keselamatan dan perlindungan terhadap kerugian fisik dan emosional.
  3. Kebutuhan Sosial : Mencakup kasih sayang, rasa dimiliki, diterima, dan persahabatan.
  4. Kebutuhan Penghargaan : Mencakup rasa hormat internal seperti harga diri, otonomi, prestasi. Dan rasa hormat eksternal seperti status, pengakuan, dan perhatian.
  5. Kebutuhan aktualisasi diri. Yaitu dorongan untuk mejadi apa yang ia rasa mampu, mencakup pertumbuhan, pencapaian potensialnya, dan pemenuhan diri.

Salah satu kriteria seorang pemimpin atau manager yang berkualitas dapat dilihat dari kemampuan memotivasi bawahannya. Karena itu seorang atasan sangatlah penting untuk menempatkan bawahannya sebagai rekan kerja. Dengan menempatkan bawahan sebagai rekan kerja, maka secara tidak langsung akan timbul kepercayaan diri dalam diri bawahan sehingga akan lebih mudah untuk mengarahkan mereka sesuai dengan keinginan.

Dalam suatu usaha toko retail modern, salah satu bentuk yang umum dalam memotivasi karyawan adalah dengan cara pemberian insentif atau komisi. Insentif adalah upah yang dibayarkan secara langsung atas dasar hasil kerjanya. Pemberian insentif merupakan suatu bentuk penghargaan perusahaan atas prestasi yang diraihnya dalam hal penjualan.Dan penghargaan itu adalah berupa uang. Insentif berbeda dengan bonus, sebab insentif memberikan gambaran kenaikan yang terus menerus, sedangkan bonus merupakan bentuk imbalan yang menggambarkan pembayaran satu kali.

Insentif penjualan berkaitan erat sekali dengan target penjualan. Apabila seorang penjual berhasil mencapai target yang ditentukan perusahaan dalam menjual produk miliknya, maka karyawan tersebut berhak untuk mendapatkan insentif. Setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda-beda dalam pengaturan insentif penjualan kepada karyawannya. Dan biasanya insentif penjualan dibayarkan paling lama bersamaan dengan gaji bulan berikutnya. Pemberian insentif penjualan dapat digunakan sebagai parameter produktivitas seorang karyawan. Semakin produktif seorang karyawan dalam melakukan penjualan, maka semakin besar besaran insentif penjualan yang diterima.

Setiap orang memiliki kebutuhan,dan setiap kebutuhan harus dipenuhi dengan uang. Adanya insentif penjualan maka secara psikologis akan meningkatkan motivasi karyawan dalam melakukan pekerjaan. Sebagai akibat dari termotivasinya diri mereka, maka secara otomatis kemampuan mereka akan selalu digunakan sehingga akan semakin terampil. Dan jika karyawan telah termotivasi,maka akan semakin mudah bagi seorang pemimpin untuk mengarahkan mereka dalam melakukan suatu operasional toko. Itulah hubungan insentif penjualan dengan motivasi kerja.

cara meningkatkan penjualan toko dengan suggestive selling

Penjualan adalah suatu transaksi untuk memperoleh pendapatan dimana barang atau jasa dikirim ke seorang pelanggan untuk memperoleh imbalan dalam bentuk uang. Produk adalah suatu barang yang diproduksi dan diperjualbelikan baik berwujud maupun tidak berwujud. Secara harfiah, suggestive selling berarti saran penjualan. Ini berarti bahwa sumber daya manusia yang ada di toko dalam hal ini disebut penjual, menawarkan produk-produk yang dimilikinya kepada konsumen agar bersedia membeli produk-produk yang ditawarkan tersebut. Berikut adalah cara meningkatkan penjualan toko dengan suggestive selling.

  1. Menawarkan produk yang lebih mahal

Ini berarti bahwa karyawan toko menawarkan suatu produk yang lebih mahal dari produk yang diminati pelanggan. Menawarkan produk yang lebih mahal dilakukan dengan harapan pembeli tertarik untuk membeli produk tersebut, sehingga jumlah penjualan menjadi meningkat. Biasanya bentuk ini dilakukan ketika toko memiliki dua produk dengan judul yang sama, misalnya suatu toko penjual film memiliki film berjudul “Taxi” dalam bentuk DVD Rp79.000 dan Blu-ray seharga Rp. 499.000. Suggestive selling dengan cara menawarkan produk yang lebih mahal berarti maka karyawan toko akan menawarkan kepada pelanggan untuk membeli Blu-ray.

2. Menawarkan produk yang sejenis

Pada bentuk ini, karyawan toko menawarkan alternatif produk lain dari produk yang diminati pelanggan. Menawarkan produk yang sejenis biasanya dilakukan pada saat toko tidak memiliki stok yang diinginkan pelanggan. Ketika stok barang yang diinginkan pelanggan tidak ada, maka untuk menghindari pelanggan tidak melakukan transaksi maka karyawan toko menawarkan produk alternatif yang sejenis dengan keinginan pembeli. Pada suggestive selling bentuk ini, para karyawan toko harus memiliki pengetahuan produk yang sangat mendalam dan kemampuan berbicara yang handal. Contoh : Pada toko penjual musik, seorang pembeli berencana untuk membeli CD artis “Kenny G”, sayangnya stok yang diinginkan tersebut tidak tersedia di toko, maka karyawan toko menawarkan CD yang sejenis dengan jenis musik yang diminati oleh pembeli tersebut, misalnya menawarkan CD “Richard Clayderman”. Diketahui bahwa Kenny G dan Richard Clayderman adalah sama-sama sebagai pemusik instrumentalia.

3. Menawarkan produk baru

Menawarkan produk baru berarti bahwa karyawan toko menawarkan produk-produk terbaru yang dimilikinya kepada pembeli, sehingga diharapkan selain membeli produk yang diminati, si pembeli juga membeli produk baru yang ditawarkan tersebut. Menawarkan produk baru dilakukan setiap waktu dimulai dari kedatangan produk-produk baru tersebut. Bentuk ini lebih efektif dilakukan ketika produk yang ditawarkan sejenis dengan produk yang diminati pelanggan.

4. Menawarkan produk-produk promosi

Pada suggestive selling bentuk ini, karyawan toko memberi informasi dan menawarkan produk-produk yang sedang promosi di tokonya, walaupun tidak sejenis dengan produk yang dicari pelanggan. Dengan adanya informasi ini diharapkan pelanggan berminat untuk membeli produk promosi saat itu juga.

5. Menawarkan produk pelengkap

Pada bentuk ini karyawan toko memberikan informasi dan menawarkan kepada pelanggan mengenai produk-produk yang menunjang produk yang dibeli pelanggan. Contoh : Seorang pengunjung membeli CD Karaoke, maka karyawan toko menawarkan alat karaoke atau headphone yang berkualitas untuk menunjang produk yang dibeli tersebut.

Pada kenyataannya, betuk suggestive selling yang dilakukan oleh karyawan toko merupakan kombinasi dari semua bentuk suggestive selling yang ada, yaitu menawarkan produk yang lebih mahal, sejenis, dan terbaru. Pramuniaga memberikan suggestive selling kepada para pengunjung toko atau pelanggan pada saat mereka berada di arena display, sedangkan kasir melakukan suggestive selling pada saat pelanggan akan melakukan transaksi. Cara yang dilakukan oleh para kayawan toko ini menyebabkan penjualan menjadi efektif, untuk memaksimalkan pencapaian target penjualan.

Agar suggestive selling lebih efektif, maka dilakukan suatu strategi untuk mendukung teknik suggestive selling tersebut, misalnya adalah dengan membuat window display yang menarik, pemberian hadiah dalam jumlah tertentu, atau demo produk yang ditawarkan.

Mengetahui cara meningkatkan penjualan toko dengan Suggestive selling dengan baik dan benar dikombinasikan dengan product knowledge karyawan toko yang baik, prinsip menjual, customer service yang baik, serta sikap mental dan kepercayaan diri yang tinggi akan semakin meningkatkan bisnis toko anda.

impulse buying customer dalam operasional toko

Impulse Buying Customer dalam operasional toko adalah suatu upaya yang dilakukan untuk merangsang konsumen agar membeli barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Ketika seseorang datang berkunjung ke suatu toko, ada kemungkinan bahwa pengunjung tersebut ingin membeli barang sesuai kebutuhannya, atau hanya sekedar ingin melihat isi ruangan toko tersebut karena tertarik pada penataan ruangannya. Impulse buying customer bertujuan agar pengunjung yang tadinya hanya berniat untuk sekedar melihat-lihat menjadi berminat untuk membeli produk yang dimiliki toko tersebut, atau seorang konsumen yang hanya akan membeli suatu produk yang dibutuhkannya, menjadi tertarik untuk membeli lebih banyak diluar yang direncanakannya. Beberapa contoh impulse buying customer adalah : teknik pemajangan, Point of Purchase, window display, desain interior toko, dan demo produk.

Menurut penelitian, impulse buying customer didasari oleh suatu fakta dari perilaku konsumen sebagai berikut :

  1. Alasan konsumen belanja adalah karena toko menarik perhatian konsumen, toko terlihat indah, konsumen mudah mencari barang yang dibutuhkannya, dan karyawan toko yang mudah membantu dan melayani.
  2. 2/3 keputusan pembelian terjadi di toko. Ketika seorang datang berkunjung ke suatu toko, hasrat beli yang dimiliki oleh seorang pengunjung akan semakin muncul setelah pengunjung tersebut melihat fisik produk, serta memahami fungsi dan manfaat yang diterima dari produk tersebut. Dan itu terjadi di dalam toko !
  3. 55% kunjungan konsumen adalah tanpa direncanakan sebelumnya. Perbedaan swalayan dengan toko biasa adalah karena swalayan menganggap semua orang yang berkunjung adalah pembeli yang potensial. Berawal dari pemahaman ini, maka mereka akan berusaha untuk menarik perhatian konsumen agar bersedia untuk berkunjung ke dalam tokonya walaupun sebelumnya tidak berniat untuk membeli. Dengan usaha seperti ini maka logis dikatakan bahwa swalayan lebih banyak dikunjungi oleh orang-orang yang sebelumnya tidak berencana untuk berkunjung.
  4. Konsumen membeli 15%-20% lebih banyak karena menarik secara visual serta sesuai dengan kondisi emosinya. Karena swalayan adalah untuk memanjakan dan memudahkan konsumen, maka ketika seseorang berencana untuk membeli suatu barang kebutuhannya secara tidak langsung mereka akan melihat barang-barang lain yang dipajang di toko. Adakalanya karena produk yang dipajang tersebut menarik maka mereka akan bersedia untuk membeli. Kondisi emosi yang dimaksud adalah keadaan yang terjadi pada diri konsumen pada saat itu, apakah sedang bersedih, gembira, marah, atau yang lainnya. Kondisi emosi tersebut sangat mempengaruhi hasrat beli konsumen, sebagai contoh di dalam suatu toko musik apabila ada seorang pengunjung yang terlihat sedang bersedih tentu akan mencari musik-musik yang sesuai dengan kondisi perasaannya,dan apabila dirasa cocok maka ia akan bersedia untuk melakukan transaksi atas produk tersebut.

Usaha-usaha dalam rangka impulse buying customer sebetulnya merupakan bagian dari strategi yang dilakukan oleh pengelola toko. Pemahaman strategi ini sangatlah komplek karena hal itu sangat berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh toko berikut dengan kesempatan dan ancamannya.

Tujuan utama dari toko adalah untuk memperoleh penjualan yang maksimal, oleh karena itu menciptakan impulse buying customer saja tidak akan cukup jika tidak timbul transaksi penjualan. Oleh karena itu untuk mendukung usaha-usaha yang telah dilakukan, maka keaktifan karyawan toko dalam melayani pelanggan sangat berperan dalam keputusan pelanggan untuk membeli produk. Para karyawan harus berupaya agar pelayanan yang diberikannya membuat konsumen merasa puas dan ingin kembali lagi berbelanja di toko anda. Ketika pelanggan sudah mulai tertarik dengan produk yang dipajang di toko, maka karyawan segera aktif melakukan suggestive selling atas produk-produk tersebut. Dengan cara seperti ini maka keputusan pembelian oleh pelanggan akan semakin cepat terlaksana. Teori yang mengatakan bahwa 2/3 keputusan pembelian terjadi di dalam toko adalah suatu hal yang logis karena hal tersebut didukung oleh keaktifan karyawan toko dalam mendekati pelanggan. Itulah penjelasan mengenai impulse buying customer dalam operasional toko.

Bantu Pelanggan Membeli Yang Terbaik Dan Buat Mereka Senang

Harry Bullis, mantan presiden komisaris General Mills, menganjurkan para wiraniaganya atau para penjualnya agar melupakan penjualan dan memusatkan perhatian dalam menyajikan pelayanan. Mereka didorong untuk bantu pelanggan membeli yang terbaik dan buat mereka senang. Seperti yang dikatakan Bullis, jika setiap kali bangun pagi, anda mulai dengan berkata dalam hati bahwa “saya ingin menolong orang sebanyak mungkin hari ini”, alih-alih, “Saya ingin membuat penjualan sebanyakmungkin penjualan hari ini” maka anda akan merasakan bahwa pendekatanyang anda lakukan terhadap pembeli akan lebih mudah dan lebih terbuka, dan sekaligus anda akan bisa membuat lebih banyak penjualan. Mereka yang berangkat dari kesadaran untuk menolong sesamanya agar memperoleh hidup yang lebih bahagia dan dan lebih mudah, berarti sedang melaksanakan suatu bentuk kewiraniagaan yang paling sempurna.

Hal yang lebih baik dari prinsip tersebut ternyata juga merupakan prinsip penjualan yang paling ampuh. Cepat atau lambat, uang dan kepuasan yang anda peroleh akan sebanding dengan pelayanan yang telah anda berikan kepada orang lain. Pada suatu kesempatan, apa yang anda peroleh mungkin lebih sedikit dari yang anda berikan. Tapi pada kesempatan lain, anda akan merasakan hal yang sebaliknya. Karena itu cepat atau lambat, semua akan menjadi seimbang. Apa yang anda tanam, maka itulah yang akan anda tuai. Lebih banyak memberikan layanan yang natural, apa adanya, tanpa mengada-ada apalagi rayuan penuh kepalsuan akan memberikan efek psikologis kepada pembeli dimana bukan hanya puas membli barang saja, akan tetapi mereka akan terikat dengan anda. Dan mereka akan dengan senang hati kembali lagi untuk berbelanja di tempat anda.

Pelayanan yang baik atau pelayanan yang excellent yang anda berikan kepada orang lain akan anda rasakan hasilnya bebrapa waktu kemudian. Karena itu, pelayanan boleh dibilang sebagai suatu investasi bagi bisnis toko retail. Hidup dan matinya toko retail dalam jangka panjang bergantung kepada pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya. Pelayanan pelanggan yang baik akan menciptakan loyalitas pelanggan, dan pelanggan loyal adalah sumber pundi-pundi uang untuk bisnis retail yang kita jalankan. oleh sebab itu….bantu pelanggan membeli yang terbaik dan buat mereka senang.

Desain Interior Toko Dan Pengaruhnya Untuk Meraih Pelanggan

Seperti yang kita semua tahu, ada banyak pendekatan yang berbeda ketika merancang tata letak interior toko Anda. baik pada saat pertama kali membuka toko, atau pada desain interior secara reguler. Namun, ada juga cara-cara yang dilakukan oleh para pemilik toko untuk mempekerjakan seseorang dalam mendesain toko yang dimiliki. Di jaman sekarang, merancang interior toko sangatlah jauh berbeda dengan merancang di jaman dulu, dengan semua teknologi digital yang ada, desain interior toko dapat lebih mudah dikreasikan, dan lebih cepat diciptakan.

Ketika merancang interior toko Anda, maka Anda harus berpikir tentang hal-hal kunci. Anda ingin menceritakan sebuah kisah tentang merek Anda, menciptakan pengalaman luar biasa bagi pelanggan Anda. Anda ingin menampilkan jendela yang menangkap mata calon pelanggan dan menarik mereka untuk masuk ke dalam toko anda, dan Anda ingin menggunakan tanda-tanda untuk membuat hal-hal yang jelas di sekitar toko Anda. Anda ingin rinci. Anda ingin mereka membawa lebih banyak produk dan menuju kasir.

Hal yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa dari saat pertama seseorang masuk ke toko Anda, untuk waktu mereka memutuskan untuk membeli sesuatu (atau tidak membeli sesuatu), desain interior yang cerdas di dalam toko akan membuat perbedaan besar apakah Anda membuat penjualan dengan pelanggan atau tidak.

 Zona Dekompresi

Zona dekompresi adalah hal pertama dirasakan pelanggan ketika mereka memasuki toko Anda. Biasanya terdiri dari pertama lima sampai lima belas langkah di dalam ruangan toko anda. Jelas meskipun, itu tergantung pada seberapa besar toko Anda. Ini juga merupakan ruang di mana pelanggan Anda membuat transisi dari berada di dunia luar ke pengalaman pertama mereka di toko Anda. Mereka juga menggunakan zona ini untuk membuat penilaian dari toko Anda. Misalnya, bagaimana murah atau mahal toko Anda, bagaimana terkoordinasi dengan baik pencahayaan Anda, perlengkapan, atau menampilkan warna yang menarik. Sebagai pelanggan dalam modus transisi, mereka lebih mungkin untuk tidak mengindahkan produk, signage atau gerobak yang Anda tempatkan.

 Bergerak Ke Kanan

Itu adalah fakta yang dikenal di komunitas ritel dimana 90 persen dari pelanggan, ketika memasuki toko, akan belok kanan tanpa sadar. Dinding pertama yang pelanggan Anda akan lihat disebut sebagai “kekuatan dinding”, dan bertindak sebagai dampak-tinggi kesan pertama barang dagangan Anda, jadi pastikan Anda memberikan perhatian ekstra dan memutuskan dengan hati-hati apa yang Anda pilih untuk menampilkan di dinding tersebut, dan bagaimana Anda menampilkannya.

Anda ingin menarik perhatian pelanggan Anda dan membuat mereka tertarik dengan produk yang Anda tampilkan, apakah itu item baru, barang musiman, item dengan keuntungan yang tinggi atau item “best seller”, atau apakah Anda akan memutuskan untuk membuat suatu cerita dari produk Anda atau sekedar membuat sketsa dekoratif. Itu adalah pilihan Anda, dan itu adalah bagian dari strategi Anda untuk menarik pelanggan.

Petunjuk Jalan

Ini adalah ide yang baik untuk memudahkan pelanggan Anda berjalan-jalan di dalam toko, meskipun ini akan sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan tata letak toko Anda. Anda harus tahu bahwa pelanggan Anda cenderung ingin berbelok ke kanan. Untuk itulah penunjuk jalan berfungsi untuk “memaksa” mereka sehingga mereka melakukan apa yang Anda inginkan, yaitu melanjutkan berjalan melalui sisa toko Anda. Ini akan mendapatkan eksposur yang maksimal dari semua produk Anda. Ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli produk Anda tetapi juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengontrol arus lalu lintas melalui toko Anda.

Setiap toko memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hal ini. Beberapa toko akan menggunakan jalur melingkar, mengambil pelanggan dari kanan, ke belakang toko dan kemudian kembali putaran ke depan. Beberapa akan membuat lebih mudah hanya dengan menutup jalan dengan tampilan yang berbeda atau tekstur di lantai sehingga pelanggan cenderung mengikuti.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa Anda ingin jalan Anda juga dapat dimaksimalkan untuk memperoleh penjualan, yang berarti Anda perlu eye-catching dan menarik perhatian mereka dengan cara memasang display pada akhir gang, atau mungkin di sela-sela escalator.

Pelan – Pelan!

Pos-pos Merchandise adalah cara efektif untuk menghambat pelanggan agar berjalan tidak terlalu cepat melalewati area toko. Pos merchandise ini adalah perlengkapan display khusus yang menampilkan produk yang mungkin tidak direncanakan untuk dibeli, namun melengkapi produk yang dipamerkan.

Ketika Anda membuat hambatan untuk memperlambat pelanggan Anda, Anda akan perlu untuk mengubah posisi mereka setiap minggu atau cukup secara teratur untuk menjaga pelanggan Anda bereaksi dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan saat pertama kali mereka melihatnya.

Apakah Mereka nyaman?

Pelanggan yang khas, terutama perempuan, akan menghindari mencoba untuk mengambil produk di bagian belakang. Hal ini berlaku bahkan jika pelanggan tersebut benar-benar tertarik pada produk (best seller). Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah untuk memastikan bahwa produk selalu tersedia setiap saat, dan lorong Anda memiliki ruang yang agak luas untuk menyediakan stok barang yang lebih banyak.

Anda juga dapat membuat toko Anda lebih nyaman dengan memiliki beberapa kursi dan bangku yang nyaman; hal ini juga akan mempengaruhi pelanggan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di toko Anda. Jika pengunjung toko anda adalah seseorang yang tidak tertarik melakukan pembelian atau jika mereka memiliki anak-anak, atau hanya sekedar mengantar pasangannya untuk berbelanja,  kursi yang nyaman akan berguna dan membuat pelanggan Anda merasa lebih santai. Ini juga akan menjadi lebih baik jika Anda memasang kursi tersebut menghadap Point Of Purchase yang Anda sediakan,  sehingga pelanggan dapat menelusuri sambil duduk. Anda tidak pernah tahu … Mereka mungkin melihat sesuatu yang mereka sukai dan ingin membeli.

Waktu Untuk Checkout

Aturan yang baik untuk menempatkan counter kasir dan POS Anda adalah bahwa kasir harus ditempatkan pada titik belanja alami atau di jalur yang telah Anda buat.

Jika pelanggan secara alami berbelok ke kanan ketika mereka masuk, dan Anda sudah berhasil mendapatkan mereka untuk pergi melalui jalur yang anda buat, Anda akan menyadari bahwa sisi kiri toko, di depan, adalah lokasi yang ideal untuk kasir Anda . Meskipun, keputusan ini tergantung pada ukuran dan tata letak toko, yang berarti Anda harus mempertimbangkan segala sesuatu sebelum memutuskan di mana titik paling alami untuk menempatkan POS.

Perlu juga diingat bahwa jika Anda tidak memiliki staf toko, maka akan menjadi penting untuk mengawasi dan melihat segala sesuatu dari posisi anda berada sambil memegang POS.

 Berikut adalah tips lain yang perlu diingat ketika merancang kasir Anda:

– Memiliki counter cukup besar untuk pelanggan Anda menyimpan tas dan / atau barang-barang pribadi

– Buat tampilan yang menarik di dinding belakang

– Melakukan “impulse buying” di menit-menit terakhir pembelian oleh stocking item yang pelanggan sukai dan sering digunakan.

– Bersikap sopan dalam berkomunikasi dengan pelanggan anda! Mengajukan pertanyaan seperti “Apakah Anda dapat menemukan segala sesuatu yang Anda cari?” dan menjelaskan kebijakan Anda atau pertukaran dan pengembalian dana.

Merancang interior Anda adalah proses yang berkelanjutan. Anda selalu dapat beralih ke atas, tweaking, menambahkan atau menghilangkan hal-hal yang akan membuat pengalaman yang berbeda bagi pelanggan Anda setiap kali mereka berbelanja.

 Secara keseluruhan, interior adalah adalah apa yang ingin anda fokuskan. Anda ingin menguji itu dan akan mengubahnya terus-menerus. Jangan lupa! Amati pelanggan Anda dan lihat apa yang mereka sukai, apa yang mereka hindari dan bagaimana mereka bergerak di sekitar toko. Kemudian gunakan itu dalam desain Anda. Jaga mata dan telinga untuk tetap terbuka, sebab dengan melakukan itu Anda akan yakin untuk menciptakan lingkungan yang terbaik untuk Anda dan pelanggan Anda.

Langkah-langkah Menuju Layanan Pelanggan Yang Excellent

Staf yang ramah

Pastikan karyawan yang dipekerjakan untuk menangani pelanggan setiap hari memiliki kepribadian yang ramah, positif dan membantu. Karyawan harus memiliki pengetahuan yang baik tentang bisnis dan produk yang digeluti oleh perusahaan. Melibatkan karyawan yang sudah memiliki kredensial dalam hal pelayanan pelanggan merupakan keuntungan karena mereka sudah memiliki keterampilan dan komitmen untuk layanan pelanggan.

Menghargai karyawan

Karyawan yang bahagia akan merasa dihargai dan ia akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Gaji yang menawarkan diskon dan insentif lainnya yang menarik kepada staf akan menunjukkan perusahaan peduli tentang mereka. Selain itu, memberikan kesempatan untuk pengembangan staf melalui program pelatihan akan mendorong dan memotivasi staf untuk bekerja lebih baik.

Teknologi modern

Pelanggan dapat menjadi kesal dan frustrasi ketika dibiarkan menunggu oleh sistem telepon otomatis. Terlalu sering menggunakan bentuk teknologi seperti ini kadang-kadang bisa menjadi kontra produktif dan merugikan.

 Isu-isu pelanggan

Keluhan harus ditangani dengan cepat. Penundaan isu-isu pelanggan dapat menyebabkan bisnis Anda kehilangan pelanggan potensial. Dengan memilah jalan keluar terhadap suatu masalah dapat membantu bisnis Anda memperoleh keunggulan dalam persaingan, serta akan dapat meningkatkan penjualan.

Meningkatkan layanan

Selalu perlakukan pelanggan Anda dengan hormat dan sopan. Ketika berhadapan dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan produk atau bisnis anda, cari tahu sebanyak mungkin tentang masalah tersebut. Dan segera perbaiki dan tingkatkan pelayanan yang ada.

 Berterima kasih kepada  pelanggan

Selalu berterima kasih kepada pelanggan yang telah menggunakan jasa anda. Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan, maka ia akan merasa dihargai dan akan mengingat layanan bisnis Anda. Hal ini akan mengarah kepada loyalitas pelanggan, dan hubungan bisnis akan terus berlanjut.

 Perhatian extra

Beberapa pelanggan mungkin terburu-buru sehingga mereka ingin ditangani dengan segera. Konsumen akan selalu menghargai dan mengingat usaha ekstra dengan menjamin kebutuhan mereka dan membantu menyelesaikan masalah mereka.

 Umpan balik pelanggan

lakukan survei kepuasan pelanggan baik secara online maupun offline. Ini adalah untuk menentukan apakah layanan yang anda berikan sudah bekerja dengan baik atau belum. Dengan meminta pelanggan untuk umpan balik tentang bisnis Anda akan mampu mengukur dan meningkatkan sistem dan layanan internal Anda.

3 Keunggulan Kompetitif Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penjual

Seorang wiraniaga percaya bahwa produk atau layanan dari perusahaan tempat mereka bekerja memiliki keunggulan dan menjadikan alat pembeda serta alasan bagi konsumen atau konsumen untuk membeli. Ini memang benar, namun demikian sebetulnya ada hal yang lebih menarik dan penting mengapa konsumen bersedia membeli suatu produk yang ditawarkan. Dan ini sebetulnya dilihat dari sudut pandang konsumen, bukan perusahaan atau wiraniaga.

Salah satu alasan mengapa klien akan membeli adalah karena interaksi langsung dengan penjual. Jika Anda lebih kompeten daripada penjual pesaing Anda, Anda dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Keunggulan yang kompetitif dan berkelanjutan ini tidak dapat ditiru oleh suatu produk atau jasa dalam waktu singkat.

Keunggulan ini sebenarnya adalah keunggulan yang ada dalam diri si penjual. Beberapa orang mengatakan bahwa keterampilan ini adalah suatu bakat yang dianugerahkan Tuhan, dan beberapa mengatakan bahwa keahlian ini bias dilatih. Keunggulan inilah yang dapat menentukan apakah si penjual dapat sukses menjual produk dagangannya atau tidak.

Keungggulan-keunggulan kompetitif tersebut adalah:

1. Komunikasi

Faktor komunikasi sangat berperan penting dalam tahapan presentasi suatu produk kepada klien. Kecakapan dalam berbicara, kemampuan mengendalikan audiens, serta kemampuan dalam transformasi sautu pertanyaan klien menjadi persetujuan untuk bertransaksi adalah bagian-bagian dari keunggulan komunikasi seorang penjual.

2. Empati

Ada kalanya, bahkan mungkin dapat dikatakan bahwa sebagian besar wiraniaga tidak peduli akan keadaan konsumen yang sebenarnya. Yang penting bagi mereka adalah proses transaksi yang dapat mempercepat target penjualan. Padahal, ketika seorang penjual memiliki rasa empati yang tinggi, maka ia akan memiliki ikatan hati dengan pelanggannya. Ia akan memahami masalah-masalah yang dimilikioleh seorang klien, dan ia akan dengan tulus membantunya dengan menggunakan produk yang ia miliki. Pada akhirnya, si penjual yang memiliki empati ini akan memperoleh pelanggan yang setia. Prinsipnya, empati berujung pada pelayanan. Bandingkan dengan penjual yang tidak memiliki empati, kemungkinannya hanya 2; gagal bertransaksi atau bertransaksi hanya sekali saja.

3. Kepribadian

Seorang penjual yang tidak sabaran, atau emosional akan cenderung mengalami kegagalan dalam menjual. Bahkan lebih jauh lagi, mungkin ia akan tidak bertahan lama menjadi seorang penjual. Tetapi jika ia adalah orang yang sabar, maka ia akan memperoleh keberhasilan yang luar biasa dalam menjual suatu brang. Mungkin saja ini membutuhkan waktu yang lama, sebab transaksi mungkin terjadi tidak pada waktu itu. Namun kesabaran yang ia miliki justru membuahkan hasilnya di masa yang dating, bahkan mungkin tanpa diduga sebelumnya.

Itulah 3 keunggulan kompetitif yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penjual yang sukses. Apapun bisnisnya, jika ia memiliki 3 keunggulan ini maka saya yakin ia akan dapat meraih kesuksesan di masa mendatang.