Category Archives: service

Desain Interior Toko Dan Pengaruhnya Untuk Meraih Pelanggan

Seperti yang kita semua tahu, ada banyak pendekatan yang berbeda ketika merancang tata letak interior toko Anda. baik pada saat pertama kali membuka toko, atau pada desain interior secara reguler. Namun, ada juga cara-cara yang dilakukan oleh para pemilik toko untuk mempekerjakan seseorang dalam mendesain toko yang dimiliki. Di jaman sekarang, merancang interior toko sangatlah jauh berbeda dengan merancang di jaman dulu, dengan semua teknologi digital yang ada, desain interior toko dapat lebih mudah dikreasikan, dan lebih cepat diciptakan.

Ketika merancang interior toko Anda, maka Anda harus berpikir tentang hal-hal kunci. Anda ingin menceritakan sebuah kisah tentang merek Anda, menciptakan pengalaman luar biasa bagi pelanggan Anda. Anda ingin menampilkan jendela yang menangkap mata calon pelanggan dan menarik mereka untuk masuk ke dalam toko anda, dan Anda ingin menggunakan tanda-tanda untuk membuat hal-hal yang jelas di sekitar toko Anda. Anda ingin rinci. Anda ingin mereka membawa lebih banyak produk dan menuju kasir.

Hal yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa dari saat pertama seseorang masuk ke toko Anda, untuk waktu mereka memutuskan untuk membeli sesuatu (atau tidak membeli sesuatu), desain interior yang cerdas di dalam toko akan membuat perbedaan besar apakah Anda membuat penjualan dengan pelanggan atau tidak.

 Zona Dekompresi

Zona dekompresi adalah hal pertama dirasakan pelanggan ketika mereka memasuki toko Anda. Biasanya terdiri dari pertama lima sampai lima belas langkah di dalam ruangan toko anda. Jelas meskipun, itu tergantung pada seberapa besar toko Anda. Ini juga merupakan ruang di mana pelanggan Anda membuat transisi dari berada di dunia luar ke pengalaman pertama mereka di toko Anda. Mereka juga menggunakan zona ini untuk membuat penilaian dari toko Anda. Misalnya, bagaimana murah atau mahal toko Anda, bagaimana terkoordinasi dengan baik pencahayaan Anda, perlengkapan, atau menampilkan warna yang menarik. Sebagai pelanggan dalam modus transisi, mereka lebih mungkin untuk tidak mengindahkan produk, signage atau gerobak yang Anda tempatkan.

 Bergerak Ke Kanan

Itu adalah fakta yang dikenal di komunitas ritel dimana 90 persen dari pelanggan, ketika memasuki toko, akan belok kanan tanpa sadar. Dinding pertama yang pelanggan Anda akan lihat disebut sebagai “kekuatan dinding”, dan bertindak sebagai dampak-tinggi kesan pertama barang dagangan Anda, jadi pastikan Anda memberikan perhatian ekstra dan memutuskan dengan hati-hati apa yang Anda pilih untuk menampilkan di dinding tersebut, dan bagaimana Anda menampilkannya.

Anda ingin menarik perhatian pelanggan Anda dan membuat mereka tertarik dengan produk yang Anda tampilkan, apakah itu item baru, barang musiman, item dengan keuntungan yang tinggi atau item “best seller”, atau apakah Anda akan memutuskan untuk membuat suatu cerita dari produk Anda atau sekedar membuat sketsa dekoratif. Itu adalah pilihan Anda, dan itu adalah bagian dari strategi Anda untuk menarik pelanggan.

Petunjuk Jalan

Ini adalah ide yang baik untuk memudahkan pelanggan Anda berjalan-jalan di dalam toko, meskipun ini akan sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan tata letak toko Anda. Anda harus tahu bahwa pelanggan Anda cenderung ingin berbelok ke kanan. Untuk itulah penunjuk jalan berfungsi untuk “memaksa” mereka sehingga mereka melakukan apa yang Anda inginkan, yaitu melanjutkan berjalan melalui sisa toko Anda. Ini akan mendapatkan eksposur yang maksimal dari semua produk Anda. Ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli produk Anda tetapi juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengontrol arus lalu lintas melalui toko Anda.

Setiap toko memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hal ini. Beberapa toko akan menggunakan jalur melingkar, mengambil pelanggan dari kanan, ke belakang toko dan kemudian kembali putaran ke depan. Beberapa akan membuat lebih mudah hanya dengan menutup jalan dengan tampilan yang berbeda atau tekstur di lantai sehingga pelanggan cenderung mengikuti.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa Anda ingin jalan Anda juga dapat dimaksimalkan untuk memperoleh penjualan, yang berarti Anda perlu eye-catching dan menarik perhatian mereka dengan cara memasang display pada akhir gang, atau mungkin di sela-sela escalator.

Pelan – Pelan!

Pos-pos Merchandise adalah cara efektif untuk menghambat pelanggan agar berjalan tidak terlalu cepat melalewati area toko. Pos merchandise ini adalah perlengkapan display khusus yang menampilkan produk yang mungkin tidak direncanakan untuk dibeli, namun melengkapi produk yang dipamerkan.

Ketika Anda membuat hambatan untuk memperlambat pelanggan Anda, Anda akan perlu untuk mengubah posisi mereka setiap minggu atau cukup secara teratur untuk menjaga pelanggan Anda bereaksi dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan saat pertama kali mereka melihatnya.

Apakah Mereka nyaman?

Pelanggan yang khas, terutama perempuan, akan menghindari mencoba untuk mengambil produk di bagian belakang. Hal ini berlaku bahkan jika pelanggan tersebut benar-benar tertarik pada produk (best seller). Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah untuk memastikan bahwa produk selalu tersedia setiap saat, dan lorong Anda memiliki ruang yang agak luas untuk menyediakan stok barang yang lebih banyak.

Anda juga dapat membuat toko Anda lebih nyaman dengan memiliki beberapa kursi dan bangku yang nyaman; hal ini juga akan mempengaruhi pelanggan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di toko Anda. Jika pengunjung toko anda adalah seseorang yang tidak tertarik melakukan pembelian atau jika mereka memiliki anak-anak, atau hanya sekedar mengantar pasangannya untuk berbelanja,  kursi yang nyaman akan berguna dan membuat pelanggan Anda merasa lebih santai. Ini juga akan menjadi lebih baik jika Anda memasang kursi tersebut menghadap Point Of Purchase yang Anda sediakan,  sehingga pelanggan dapat menelusuri sambil duduk. Anda tidak pernah tahu … Mereka mungkin melihat sesuatu yang mereka sukai dan ingin membeli.

Waktu Untuk Checkout

Aturan yang baik untuk menempatkan counter kasir dan POS Anda adalah bahwa kasir harus ditempatkan pada titik belanja alami atau di jalur yang telah Anda buat.

Jika pelanggan secara alami berbelok ke kanan ketika mereka masuk, dan Anda sudah berhasil mendapatkan mereka untuk pergi melalui jalur yang anda buat, Anda akan menyadari bahwa sisi kiri toko, di depan, adalah lokasi yang ideal untuk kasir Anda . Meskipun, keputusan ini tergantung pada ukuran dan tata letak toko, yang berarti Anda harus mempertimbangkan segala sesuatu sebelum memutuskan di mana titik paling alami untuk menempatkan POS.

Perlu juga diingat bahwa jika Anda tidak memiliki staf toko, maka akan menjadi penting untuk mengawasi dan melihat segala sesuatu dari posisi anda berada sambil memegang POS.

 Berikut adalah tips lain yang perlu diingat ketika merancang kasir Anda:

– Memiliki counter cukup besar untuk pelanggan Anda menyimpan tas dan / atau barang-barang pribadi

– Buat tampilan yang menarik di dinding belakang

– Melakukan “impulse buying” di menit-menit terakhir pembelian oleh stocking item yang pelanggan sukai dan sering digunakan.

– Bersikap sopan dalam berkomunikasi dengan pelanggan anda! Mengajukan pertanyaan seperti “Apakah Anda dapat menemukan segala sesuatu yang Anda cari?” dan menjelaskan kebijakan Anda atau pertukaran dan pengembalian dana.

Merancang interior Anda adalah proses yang berkelanjutan. Anda selalu dapat beralih ke atas, tweaking, menambahkan atau menghilangkan hal-hal yang akan membuat pengalaman yang berbeda bagi pelanggan Anda setiap kali mereka berbelanja.

 Secara keseluruhan, interior adalah adalah apa yang ingin anda fokuskan. Anda ingin menguji itu dan akan mengubahnya terus-menerus. Jangan lupa! Amati pelanggan Anda dan lihat apa yang mereka sukai, apa yang mereka hindari dan bagaimana mereka bergerak di sekitar toko. Kemudian gunakan itu dalam desain Anda. Jaga mata dan telinga untuk tetap terbuka, sebab dengan melakukan itu Anda akan yakin untuk menciptakan lingkungan yang terbaik untuk Anda dan pelanggan Anda.

Langkah-langkah Menuju Layanan Pelanggan Yang Excellent

Staf yang ramah

Pastikan karyawan yang dipekerjakan untuk menangani pelanggan setiap hari memiliki kepribadian yang ramah, positif dan membantu. Karyawan harus memiliki pengetahuan yang baik tentang bisnis dan produk yang digeluti oleh perusahaan. Melibatkan karyawan yang sudah memiliki kredensial dalam hal pelayanan pelanggan merupakan keuntungan karena mereka sudah memiliki keterampilan dan komitmen untuk layanan pelanggan.

Menghargai karyawan

Karyawan yang bahagia akan merasa dihargai dan ia akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Gaji yang menawarkan diskon dan insentif lainnya yang menarik kepada staf akan menunjukkan perusahaan peduli tentang mereka. Selain itu, memberikan kesempatan untuk pengembangan staf melalui program pelatihan akan mendorong dan memotivasi staf untuk bekerja lebih baik.

Teknologi modern

Pelanggan dapat menjadi kesal dan frustrasi ketika dibiarkan menunggu oleh sistem telepon otomatis. Terlalu sering menggunakan bentuk teknologi seperti ini kadang-kadang bisa menjadi kontra produktif dan merugikan.

 Isu-isu pelanggan

Keluhan harus ditangani dengan cepat. Penundaan isu-isu pelanggan dapat menyebabkan bisnis Anda kehilangan pelanggan potensial. Dengan memilah jalan keluar terhadap suatu masalah dapat membantu bisnis Anda memperoleh keunggulan dalam persaingan, serta akan dapat meningkatkan penjualan.

Meningkatkan layanan

Selalu perlakukan pelanggan Anda dengan hormat dan sopan. Ketika berhadapan dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan produk atau bisnis anda, cari tahu sebanyak mungkin tentang masalah tersebut. Dan segera perbaiki dan tingkatkan pelayanan yang ada.

 Berterima kasih kepada  pelanggan

Selalu berterima kasih kepada pelanggan yang telah menggunakan jasa anda. Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan, maka ia akan merasa dihargai dan akan mengingat layanan bisnis Anda. Hal ini akan mengarah kepada loyalitas pelanggan, dan hubungan bisnis akan terus berlanjut.

 Perhatian extra

Beberapa pelanggan mungkin terburu-buru sehingga mereka ingin ditangani dengan segera. Konsumen akan selalu menghargai dan mengingat usaha ekstra dengan menjamin kebutuhan mereka dan membantu menyelesaikan masalah mereka.

 Umpan balik pelanggan

lakukan survei kepuasan pelanggan baik secara online maupun offline. Ini adalah untuk menentukan apakah layanan yang anda berikan sudah bekerja dengan baik atau belum. Dengan meminta pelanggan untuk umpan balik tentang bisnis Anda akan mampu mengukur dan meningkatkan sistem dan layanan internal Anda.

3 Keunggulan Kompetitif Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penjual

Seorang wiraniaga percaya bahwa produk atau layanan dari perusahaan tempat mereka bekerja memiliki keunggulan dan menjadikan alat pembeda serta alasan bagi konsumen atau konsumen untuk membeli. Ini memang benar, namun demikian sebetulnya ada hal yang lebih menarik dan penting mengapa konsumen bersedia membeli suatu produk yang ditawarkan. Dan ini sebetulnya dilihat dari sudut pandang konsumen, bukan perusahaan atau wiraniaga.

Salah satu alasan mengapa klien akan membeli adalah karena interaksi langsung dengan penjual. Jika Anda lebih kompeten daripada penjual pesaing Anda, Anda dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Keunggulan yang kompetitif dan berkelanjutan ini tidak dapat ditiru oleh suatu produk atau jasa dalam waktu singkat.

Keunggulan ini sebenarnya adalah keunggulan yang ada dalam diri si penjual. Beberapa orang mengatakan bahwa keterampilan ini adalah suatu bakat yang dianugerahkan Tuhan, dan beberapa mengatakan bahwa keahlian ini bias dilatih. Keunggulan inilah yang dapat menentukan apakah si penjual dapat sukses menjual produk dagangannya atau tidak.

Keungggulan-keunggulan kompetitif tersebut adalah:

1. Komunikasi

Faktor komunikasi sangat berperan penting dalam tahapan presentasi suatu produk kepada klien. Kecakapan dalam berbicara, kemampuan mengendalikan audiens, serta kemampuan dalam transformasi sautu pertanyaan klien menjadi persetujuan untuk bertransaksi adalah bagian-bagian dari keunggulan komunikasi seorang penjual.

2. Empati

Ada kalanya, bahkan mungkin dapat dikatakan bahwa sebagian besar wiraniaga tidak peduli akan keadaan konsumen yang sebenarnya. Yang penting bagi mereka adalah proses transaksi yang dapat mempercepat target penjualan. Padahal, ketika seorang penjual memiliki rasa empati yang tinggi, maka ia akan memiliki ikatan hati dengan pelanggannya. Ia akan memahami masalah-masalah yang dimilikioleh seorang klien, dan ia akan dengan tulus membantunya dengan menggunakan produk yang ia miliki. Pada akhirnya, si penjual yang memiliki empati ini akan memperoleh pelanggan yang setia. Prinsipnya, empati berujung pada pelayanan. Bandingkan dengan penjual yang tidak memiliki empati, kemungkinannya hanya 2; gagal bertransaksi atau bertransaksi hanya sekali saja.

3. Kepribadian

Seorang penjual yang tidak sabaran, atau emosional akan cenderung mengalami kegagalan dalam menjual. Bahkan lebih jauh lagi, mungkin ia akan tidak bertahan lama menjadi seorang penjual. Tetapi jika ia adalah orang yang sabar, maka ia akan memperoleh keberhasilan yang luar biasa dalam menjual suatu brang. Mungkin saja ini membutuhkan waktu yang lama, sebab transaksi mungkin terjadi tidak pada waktu itu. Namun kesabaran yang ia miliki justru membuahkan hasilnya di masa yang dating, bahkan mungkin tanpa diduga sebelumnya.

Itulah 3 keunggulan kompetitif yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penjual yang sukses. Apapun bisnisnya, jika ia memiliki 3 keunggulan ini maka saya yakin ia akan dapat meraih kesuksesan di masa mendatang.

Kepuasan Pelanggan Dilihat Dari Perspektif Retailer

Banyak sekali buku dan artikel mengenai kepuasan pelanggan yang dari waktu ke waktu  selalu menjadi fenomena menarik untuk dikaji. Kepuasan pelanggan merupakan  pengetahuan yang dinamis, selalu berubah dan terbuka pada langkah korektif lebih baik.  Dari sekian banyak referensi tentang kepuasan pelanggan, muncul pertanyaan: yang dimaksud pelanggan itu siapa?

Konsumen akhir (end consumer) atau perantara/pengecer  yang biasa juga disebut sebagai customer. Dilihat dari perspektif tadi, maka terjadi perbedaan yang sangat mendasar atas obyek kebutuhannya. Pelanggan akhir sebagai konsumen, orientasinya—selain fitur produk—juga manfaat produk yang dirasakan, sehingga pelayanan  merupakan bagian dari kontekstual hal  tersebut.

Jika kita melihat kepuasan pelanggan dari pengertian customer adalah pelanggan atau para pedagang perantara, maka obyektif kepuasan yang dimaksud sudah mengalami pergeseran, yaitu produk komersial menjadi pelengkap dan kebutuhan utama, selain fitur produk dan manfaat produk.

Dari pengamatan kami, yang menggeluti dunia penjualan dan distribusi, terhadap perspektif para pedagang eceran tentang kepuasan yang mereka harapkan dari para distributor melalui jajaran penjualnya (sales force), maka pemenuhan kebutuhan kepuasan pelanggan dapat dikategorikan dalam empat bagian, yaitu:

1. Kepuasan Atas Marjin

Kepuasan ini adalah adanya “kepastian” marjin yang diperoleh atas produk yang  dijualnya. Kepastian di sini bukan semata-mata keuntungan yang besar, namun  keuntungan yang wajar dan tidak terjadinya perang harga, baik antar-sesama pedagang,  bahkan para illegal  importir yang mengganggu harga beli dan harga jual.

Biasanya bagi  para pedagang besar/grosir, tolok ukur yang paling mudah untuk persentase marjin produk yang dijualnya adalah sekurang-kurangnya 2 kali lebih besar dari suku bunga bank. Sedangkan bagi para pengecer kecil, kisarannya 5–15%; bagi pasar modern biasanya  dalam situasi normal bisa 12–25%, sementara beberapa produk komoditi tertentu (seperti beras, gula, terigu, rokok, dan susu) mendapat pengecualian bisa saja di bawah kisaran tadi.

2. Kepuasan Atas Kualitas Produk

Kepuasan atas kualitas produk dari perspektif pengecer di sini adalah bisa diterima tanpa adanya keluhan dari para pembeli/konsumen akhir maupun pedagang eceran di bawahnya; kadaluwarsa produk cukup panjang; terjadi siklus order ulang yang tinggi; serta tidak mudah pecah, berubah warna, meleleh, membeku, berubah wangi, mengendap, dan lain-lain.

Kepuasan ini juga mencakup dukungan promosi yang membantu selling out di toko, stok selalu siap, termasuk ada sample produk untuk kasus tertentu, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kemudahan dalam pengembalian barang atau penukaran barang (tidak  birokratis).

3. Kepuasan Atas Problem-Solving Skill Salesman

Banyak perusahaan sangat membatasi kewenangan, informasi maupun pengetahuan yang semestinya dimiliki oleh para jajaran penjual—yang berhadapan langsung dengan para  pelanggannya. Batasan ini biasanya meliputi kepastian kecukupan stok order, kepastian  pengiriman produk yang diorder, batasan otorisasi wewenang produk kembali/tukar, dan  toleransi pembayaran pada situasi sulit.

Memang dalam kasus tertentu diperlukan batasan yang jelas dan tegas untuk menghindari hal-hal yang mungkin akan merugikan perusahaan. Namun di lain pihak, para pelanggan pun mengharapkan adanya kecepatan dalam  mendapatkan keputusan dan solusi dari jajaran penjual pada saat mereka datang—bukan ucapan, “Nanti saya harus lapor  bos dulu.“ Jawaban klasik seperti itu terjadi di hampir setiap situasi saat pelanggan memberikan keberatan (objection). Dan hal ini merupakan situasi yang membuat pelanggan tidak puas.

4. Kepuasan  Atas  Intensitas  Sales  Coverage

Seperti yang kita ketahui, kini semakin banyak product item dan product category baru. Sementara itu, luas areal penjualan hampir tidak berkembang, terlebih lagi di kota besar yang harga tanah untuk jual maupun sewa sangat mahal.

Karenanya, para pengecer cenderung dari melakukan langkah simpel. Pertama, membuang daftar produk yang kurang laku (setelah habis tidak melakukan order ulang). Langkah kedua, mengurangi kuantitas order. Perlakuan mengurangi  kuantitas order ini terjadi juga pada produk-produk laku, di mana biasanya produk laku akan membutuhkan order besar dan gudang besar.

Maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan cara meningkatkan “frekuensi dan intensitas” kunjungan; kepastian hari kunjungan untuk permintaan order maupun jadwal tagihan;  kisaran jam kunjungan; serta dapat dilakukan dengan multi kunjungan, yaitu selain secara fisik, juga melalui telepon, faks atau lainnya.

Bisnis Jasa: Firma Hukum

Salah satu profesi yang berkewajiban untukmembantu masyarakat dalam memperoleh keadilan secara hukum adalah advokat atau biasa disebut pengacara. Para pengacara tersebut membentuk suatu wadah perkumpulan yang disebut firma hukum. Firma memiliki arti “sebuah badan usaha”. Firma hukum berarti sebuah badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan hukum. Pelayanan hukum ini bisa berbagai macam sesuai dengan kasus yang dihadapinya, bisa kasus pidana maupun perdata, dan disetiap kota firma hukum selalu ada.

Setiap firma hukum atau pengacara berkomitmen untuk menyediakan jasa hukum yang bermutu dengan memberikan perhatian penuh kepada kliennya. Tujuan Firma Hukum ini adalah membantu para klien secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan mereka dan menyelesaikan kasus yang menimpa mereka. Bahkan termasuk ketika seseorang ditangkap atau terbelit kasus karena mengandarai kendaraan bermotor dalam keadaan mabuk. Istilah untuk kasus ini adalah OVI (Operating Vehicle Under the Influence). Mengoperasikan kendaraan di bawah pengaruh alkohol dapat menyebabkan dampak serius dan mempengaruhi kehidupan Anda untuk waktu yang sangat lama. Seseorang yang didakwa kasus OVI dapat mengakibatkan denda (ini adalah hukuman paling ringan), pelayanan masyarakat, masa percobaan, suspensi lisensi dan bahkan masuk penjara. Seseorang yang sudah pernah didakwa atas kasus OVI dan terbelit lagi dapat memperoleh hukuman yang lebih berat bahkan dapat menyebabkan kehilangan pekerjaan dan kesempatan pendidikan. Tidak ada resolusi cepat untuk kasus OVI, tapi menyewa pengacara kriminal dapat membantu membuat proses pengadilan menjadi lebih halus, dan mungkin membantu Anda mencapai beberapa keringanan.

Kasus hukum yang lebih berat adalah kasus criminal, dimana seseorang yang terlibat kasus ini dapat dikenakan hukuman penjara yang masa waktunya tergantung dari kasus yang membelitnya. Seseorang yang sudah didakwa melakukan tindak criminal hampir sudah dapat dipastikan dikenakan hukuman penjara. Jika dapat menyewa sebuah firma hukum criminal yang bagus, maka ada kemungkinan untuk mendapatkan hukuman yang lebih ringan, bahkan mungkin hanya dikenai uang tebusan saja.

Sales Weapon: Meningkatkan Frekuensi Pembelian

Pada intinya, meningkatkan frekwensi penjualan adalah bagaimana agar para customer yang sudah pernah membeli produk anda kembali lagi di masa depan untuk membeli lagi produk anda.
Ini dapat terwujud jika anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Memberikan pelayanan terbaik bukan hanya sebatas pada kualitas produk yang baik dan tidak bermasalah, melainkan juga terletak pada proses transaksinya, hingga after sales-nya.
Sebagai contoh, jika anda memiliki toko, para pengunjung toko anda dilayani sedemikian rupa hingga mereka merasa nyaman dengan anda dan percaya bahwa toko anda dapat memberikan solusi atas masalah-masalah mereka. Toko adalah salah satu contoh. Pada prinsipnya, apapun yang anda jual jika mereka nyaman dengan anda, dan mereka percaya dengan anda, maka mereka akan menyimpan anda (atau toko anda) sebagai referensi pemecahan masalah di masa mendatang. Dengan kata lain jika mereka membutuhkan sesuatu, maka mereka akan kembali membeli kepada anda.
Ini juga termasuk tentang masalah penentuan harga. Harga yang ditentukan untuk barang anda haruslah bersaing. Harga bersaing disini maksudnya adalah sesuai dengan kualitas barang. Harga tidak mahal namun juga tidak terlalu murahan. Jika ada kompetitor yang menawarkan produk yang sama, setidaknya harga produk kita tidak jauh berbeda. Terkecuali jika brand anda sudah terkenal, mungkin penetapan harga jual yang tinggi adalah persoalan lain.
Senjata yang ketiga ini merupakan suatu filosofi bisnis, sebagai turunan dari hukum bisnis biasa. Hukum bisnis menyatakan bahwa semakin tinggi permintaan maka harga akan semakin tinggi. Penggunaan senjata ketiga ini adalah untuk menciptakan permintaan agar semakin tinggi. Peningkatan permintaan akan berujung kepada peningkatan nilai brand produk kita. Dan ini semua dapat terwujud melalui excellent service.
Akhir kata, meningkatkan frekwensi penjualan adalah dengan cara menerapkan pelayanan yang prima kepada pelanggan.

Sikap-sikap Mendasar Dalam Melayani Customer

Setiap Karyawan wajib memberikan Pelayanan dengan menempatkan diri sebagai konsultan kepada seluruh Customer yang masuk ke dalam toko. Sikap seorang karyawan adalah cerminan sikap perusahaan terhadap pelanggannya. Jika karyawan itu buruk dalam hal pelayanan pelanggan, maka buruklah citra perusahaan di mata pelanggan, demikian pula sebaliknya. Untuk itu perlu diberitahukan kepada para karyawan mengenai sikap-sikap mendasar dalam pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Secara umum, sikap mendasar dalam pelayanan yang baik terhadap customer adalah :
1. Santai :
Menggunakan bahasa yang tidak formal, sesuai dengan karakter customer yang sedang dilayani.
Menunjukkan sikap percaya diri
Mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan friendly
2. Memprioritaskan pelayanan kepada customer dibandingkan dengan aktifitas lain.
3. Sikap tidak memaksakan kehendak.
4. Informatif
Wajib memberikan informasi mengenai:
Identitas diri
keunggulan produk,
promosi yang sedang berjalan
5. Selalu menunjukkan sikap siap melayani setiap waktu.
Hal-hal yang dianggap tidak menunjukkan sikap melayani adalah :
Menerima atau memainkan Telephon / Handphone di lapangan
Sikap acuh tak acuh
Bercanda dan bergerombol dengan sesama karyawan
Bersandar di gondola
Sikap berpangku tangan
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Mengapa Pelayanan Yang Baik Jarang Diperoleh oleh Konsumen?

Salah satu kunci terbesar untuk meraih keberhasilan jangka panjang adalah dari kalimat sederhana ini : pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan. Akan tetapi anda tentu sependapat dengan saya bahwa pelayanan yang baik itu sangat jarang kita peroleh. Mengapa? Pada dasarnya hal ini disebabkan oleh tiga hal :
1. Para karyawan tidak memahami dasar-dasar pelayanan. Acapkali para karyawan ditugaskan untuk melaksanakan pekerjaannya tanpa lebih dulu memahami secara jelas hal-hal apa saja yang diperlukan untuk memenangkan dan memelihara pelanggan. Banyak bisnis yang sebenarnya potensial menjadi gulung tikar hanya karena karyawannya tidak terlalu mengetahui masalah pentingnya pelayanan pelanggan.
2. Saat kontak – saat genting yang bisa menciptakan atau merusak bisnis – tidak dikenali dan ditangani dengan baik. Setiap kali seorang pelanggan melakukan suatu kontak dengan seorang duta perusahaan misalnya sales atau pramuniaga toko, maka ia akan diliputi oleh perasaan senang atau tidak senang terhadap kontak tersebut. Bgaimana seorang karyawan menangani saatkontak tersebut setiap hari; itulah yang memnenetukan keberhasilan bisnis tersebut di masa mendatang. Kontak yang berkesan dan menyenangkan pelanggan akan membuat mereka “terbeli” hatinya, dan dengan senang hati akan kembali lagi berbelanja. Dan tidak hanya itu, mereka akan menceritakan kesan baiknya kepada beberapa orang temannya. Dan ini bagus untuk memperoleh pelanggan baru yang loyal.
3. Sistem imbalan. Pelayanan yang prima meruakan barang langka, karena banyak manajer yang lalai untuk menghargai karyawannya yang telah memeberikan pelayanan extra tersebut. Yang terjadi biasanya adalah perusahaan mempekerjakan seseorang dengan gaji tetap, dan hanya memberikan sedikit atau bahkan tidak lagi memberikan imbalan atas jerih payahnya memberikan pelayanan extra terhadap pelanggan. Dan dalam iklim yang seperti itu, maka biasanya karyawan akan menjadi masa bodoh atau bahkan jengkel terhadap pelanggan. Walaupun mereka jarang menerima isyarat tersebut melalui kata-kata, namun sikap ini sangat terlihat dengan jelas oleh pelanggan. Dan bagi pelanggan, karyawan adalah perusahaan. Besar kemungkinan bahwa di masa mendatang pelanggan tersebut akan membawa uangnya untuk berbelanja di tempat lain. Oleh karena itu sistem imbalan yang dirancang dengan baik sangat penting untuk mendukung keberlangsungan hidup bisnis yang djalankan.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Pelanggan Yang Baik Yang Merusak Bisnis Anda

Saya adalah seorang pelanggan yang baik. Anda semua tentu mengenal saya. Saya adalah pelanggan yang tak pernah mengeluh; entah bagaimana pun bentuk pelayanan yang saya terima.
Bila masuk ke sebuah restoran, maka saya akan duduk tenang sementara para pelayan mengobrol dan tak ambil pusing untuk menanyakan apakah sudah ada yang datang untukmengambilpesanan saya. Kadang-kadang serombongan orang yang datang setelah saya lebih dulu dilayani, tapi saya tidak mengeluh. Saya hanya menunggu.
Dan bila masukke sebuah toko untuk membeli sesuatu, saya tidakmau membuat orang lain susah. Saya berusaha untuk memahamiorang lain. Jika seorang pelayan yang bertingkah menjadi tersinggung, karena sebelum mengambil keputusan saya harus melihat dulu berbagai barang yang dipajang, maka saya berusaha untuk bersikap sopan. Saya tidak percaya bahwa kasar harus dibalas dengan kasar.
Beberapa waktu yang lalu saya berhenti di sebuah pompa bensin dan harus menunggu sampai hampir lima menit. Dan ketika pelayan melayani saya,bensin yang diisinya muncrat ke kaca mobil saya, lalu ia mengelapnya dengan kain yang berminyak. Apakah saya mengeluh atas pelayanan itu ? Tidak, saya hanya diam saja. Saya tidak pernah memaksa,saya tidak pernah merengek. Dan tak pernah terbayangkan oleh saya bahwa saya akan menjadi tontonan di tempat umum. Saya rasa hal itu adalah kurang pantas, tapi saya diam saja, karena saya adalah pelanggan yang baik. Dan anda mau tahu lagi siapa diri saya ini?
SAYA ADALAH PELANGGAN YANG BAIK YANG TAK AKAN PERNAH KEMBALI BERBELANJA DI TEMPAT-TEMPAT TERSEBUT!
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.