Category Archives: strategi bisnis

Aksi Debat Cawapres Gibran: Marketing Politik Gagal atau Berhasil?

Views: 8

Aksi debat cawapres Gibran Rakabuming Raka yang menampilkan berbagai gestur, mimik, dan pertanyaan menjebak kepada lawan-lawannya di debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024), menuai beragam reaksi dari publik. Ada yang menganggap aksi Gibran sebagai bentuk marketing politik yang cerdas, ada juga yang menilai aksi Gibran sebagai tindakan tidak sopan, provokatif, dan tidak profesional.

Marketing politik adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh para pelaku politik untuk mempengaruhi opini publik, membangun citra diri, dan meningkatkan elektabilitas. Marketing politik biasanya melibatkan penggunaan media massa, sosial media, iklan, kampanye, dan berbagai aktivitas lain yang bertujuan untuk menarik simpati dan dukungan dari masyarakat.

Salah satu bentuk marketing politik yang sering digunakan adalah gimik, yaitu aksi atau peristiwa yang sengaja dibuat atau dimanfaatkan untuk menarik perhatian, mengundang kontroversi, atau menciptakan sensasi. Gimik bisa berupa ucapan, perilaku, penampilan, atau hal-hal lain yang menonjol atau berbeda dari biasanya.

Aksi Gibran di debat cawapres bisa dikategorikan sebagai gimik, karena ia melakukan hal-hal yang tidak lazim dilakukan oleh seorang calon pemimpin negara. Beberapa contoh aksi gimik Gibran adalah:

  1. Melakukan gestur clingak-clinguk, menggeleng-gelengkan kepala, atau menunjuk-nunjuk jari saat mendengarkan jawaban lawan-lawannya, seolah-olah mencari jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya atau mengejek jawaban yang tidak sesuai.
  2. Menggunakan istilah-istilah asing yang jarang dipahami oleh masyarakat umum, seperti greenflation, carbon tax, atau green bond, tanpa menjelaskan maknanya atau relevansinya dengan konteks pertanyaan.
  3. Menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi, seperti berapa jumlah anak atau cucu lawan-lawannya, atau apakah mereka pernah bermain golf bersama, yang tidak ada hubungannya dengan tema debat.
  4. Menyebut nama-nama tokoh dunia, seperti Elon Musk, Bill Gates, atau Angela Merkel, tanpa menjelaskan kaitannya dengan isu yang dibahas atau posisi Indonesia dalam hubungan internasional.

Aksi gimik Gibran ini mendapat sorotan dari media asing, yang menilai sikap Gibran sebagai tidak sopan, provokatif, dan tidak menonjol dalam debat. Media asing juga menyoroti bahwa Gibran ingin terlihat pandai dengan menggunakan istilah-istilah asing, tetapi tidak menjelaskan maknanya atau relevansinya dengan isu yang dibahas.

Aksi gimik Gibran ini juga mendapat kritik dari berbagai pihak, termasuk dari Ketua KPU Hasyim Asy’ari, yang menilai aksi Gibran sebagai provokatif dan tidak sesuai dengan etika debat3. Selain itu, aksi gimik Gibran juga dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap lawan-lawannya, terutama Mahfud MD, yang merupakan mantan ketua Mahkamah Konstitusi dan ahli hukum terkemuka di Indonesia.

Namun, tidak semua orang menilai aksi gimik Gibran sebagai hal negatif. Ada juga yang menganggap aksi Gibran sebagai bentuk marketing politik yang cerdas, yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, mengundang kontroversi, dan menciptakan sensasi. Aksi Gibran juga dianggap sebagai strategi untuk menunjukkan karakter Gibran yang berbeda dari lawan-lawannya, yaitu lebih muda, dinamis, kreatif, dan humoris5.

Selain itu, aksi gimik Gibran juga mendapat dukungan dari tim pemenangan Prabowo-Gibran, yang menilai aksi Gibran sebagai bentuk kritik yang tajam, cerdas, dan berani terhadap lawan-lawannya. Tim pemenangan Prabowo-Gibran juga menilai aksi Gibran sebagai bentuk pembelaan terhadap Prabowo, yang sering diserang oleh lawan-lawannya.

Lalu, apakah aksi gimik Gibran ini berhasil atau gagal sebagai bentuk marketing politik? Jawabannya tergantung pada bagaimana publik menanggapi aksi Gibran tersebut. Jika publik menganggap aksi Gibran sebagai hal yang positif, yang menunjukkan kepribadian dan kemampuan Gibran sebagai calon pemimpin negara, maka aksi Gibran bisa dikatakan berhasil. Tetapi, jika publik menganggap aksi Gibran sebagai hal yang negatif, yang menunjukkan ketidakseriusan dan ketidakprofesionalan Gibran sebagai calon pemimpin negara, maka aksi Gibran bisa dikatakan gagal.

Untuk mengetahui apakah aksi gimik Gibran berhasil atau gagal, kita perlu melihat hasil survei atau polling yang mengukur elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran sebelum dan sesudah debat cawapres. Jika elektabilitas Prabowo-Gibran meningkat setelah debat cawapres, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran berhasil. Tetapi, jika elektabilitas Prabowo-Gibran menurun atau stagnan setelah debat cawapres, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran gagal.

Selain itu, kita juga perlu melihat dampak aksi gimik Gibran terhadap hubungan antara Prabowo-Gibran dengan lawan-lawannya, terutama dengan Ganjar-Mahfud, yang merupakan rival terkuat mereka dalam Pilpres 2024. Jika aksi gimik Gibran memicu konflik atau permusuhan antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran gagal. Tetapi, jika aksi gimik Gibran tidak mempengaruhi hubungan antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud, atau bahkan mempererat hubungan mereka, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran berhasil.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aksi debat cawapres Gibran merupakan suatu bentuk marketing politik yang memiliki risiko dan peluang. Aksi Gibran bisa berhasil atau gagal tergantung pada bagaimana publik dan lawan-lawannya menanggapi aksi tersebut. Oleh karena itu, aksi Gibran perlu dievaluasi secara objektif dan kritis, agar tidak menjadi bumerang bagi Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

TREND BISNIS DIGITAL YANG BISA ANDA COBA. PILIH SESUAI DENGAN MINAT DAN KEMAMPUAN ANDA

Views: 19

Memulai bisnis bisa dikatakan mudah bagi semua orang, apalagi bagi pemula yang sudah mempunyai banyak uang. Namun untuk mempertahankan operasional bisnis yang menguntungkan, tidak semua orang bisa melakukannya karena banyak bisnis yang harus tutup karena tidak mampu mengembalikan modal yang berarti kerugian.
Pemula tidak tahu apa-apa? Tentu. Pemula yang sukses? Jawabannya ada di tangan Anda.

Mendapat keuntungan besar merupakan salah satu harapan bagi setiap orang yang hendak membuka dan menjalankan sebuah bisnis. Semua bisnis tentu bisa berkembang jika sejak awal sudah dipersiapkan secara matang. Itulah mengapa perencanaan bisnis menjadi hal utama yang harus dilakukan agar bisnis Anda mampu bertahan di tengah persaingan ataupun trend bisnis yang berubah dan terus berinovasi seiring perkembangan zaman. Hal ini bisa menjadi sebuah tantangan yang nyata dan harus dihadapi demi mempertahankan keberlangsungan bisnis.

Pebisnis bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang lengkap, karena Anda harus pintar dalam mengatur strategi sekaligus mampu berpikir kreatif dan inovatif. Era digital menjadi perbincangan hangat yang terus di-update. Para pebisnis muda bermunculan dengan berbagai inovasi. Hampir semua pengusaha mengunakan digital untuk memasarkan produk. Mulai dari melakukan proses branding, pemasaran, riset pasar, dan distribusi. Cepat dan efisien seakan menjadi ciri khas dari era digital.
Era digital sendiri merupakan Media baru yang dapat membuat perubahan budaya terhadap kecepatan menerima informasi. Jadi, tidak mengherankan jika konsumen menuntut adanya perubahan di bidang lain.

Salah satu dampak terbesar dari akses internet ini adalah dunia bisnis di mana kegiatan ekonomi yang dulu harus rumit dengan berbagai prosesnya, sekarang terangkum menjadi dalam satu genggaman gadget. Perubahan tersebut menjadi tantangan para pebisnis senior dan antusiasme dari pengusaha muda. Nyatanya sekarang banyak bermunculan aplikasi bisnis yang lahir dari tangan kreatif para pemuda.
Pergerakan bisnis semakin cepat. Apa pun bisa menghasilkan keuntungan. Kreatifitas menjadi kualitas tertinggi untuk mampu bersaing di dalamnya. Berikut ini beberapa contoh trend digital yang tidak boleh Anda lewatkan, di antaranya sebagai berikut :

  1. Pengembang Web
    Internet telah merambah setiap bidang kehidupan. Pengembangan web adalah peluang yang sama menjanjikannya. Saat Anda memutuskan untuk menekuni bisnis ini, pengetahuan komputer, kemampuan hosting, dan nama domain menjadi persyaratan yang harus dipenuhi. Pasar bisnis sangat besar karena hampir setiap bisnis membutuhkannya.
  2. Aplikasi Seluler
    Hal yang paling menonjol di era digital ini adalah aplikasi dan game seluler. Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan aplikasi utilitas bagi para karyawannya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mulai melihat hal ini sebagai peluang bisnis baru, terutama bagi para peminat yang passion di bidang IT.
  3. Marketplace
    Marketplace sendiri merupakan model e-commerce yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di pasar hanya perlu melayani pembelian karena semua aktivitas lain seperti pengelolaan situs web ditangani oleh platform.

ALASAN MENGAPA KARYAWAN HARUS PUNYA USAHA SAMPINGAN

Views: 3

contoh gambar hampers
contoh gambar usaha sampingan

Namun, seringkali ada alasan bagi sebagian orang yang menganggap pekerjaan utama mereka sebagai penghalang untuk menjalankan ide usaha sampingan.

Padahal, jika kita mengevaluasi jam kerja yang harus dipenuhi dalam sehari, kita akan menemukan bahwa masih ada sedikit waktu yang dapat dialokasikan untuk mengembangkan usaha sampingan. 

Perlu diingat, kebanyakan perusahaan tidak melarang karyawan untuk menjalankan usaha sampingan. 

Jadi, mengapa tidak memanfaatkan waktu luang ini untuk mengejar ide usaha sampingan yang telah lama Anda

Ide usaha sampingan dapat memiliki banyak manfaat dan alasan yang berbeda untuk setiap orang. 

Berikut beberapa alasan umum mengapa seseorang mungkin memilih untuk membuka usaha sampingan:

Pendapatan Tambahan

Alasan utama adalah untuk meningkatkan pendapatan. 

Usaha sampingan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang penting, yang dapat digunakan untuk membayar tagihan, menabung, atau mencapai tujuan keuangan lainnya.

Diversifikasi Pendapatan

Membuka usaha sampingan juga dapat membantu dalam diversifikasi pendapatan

Jika Anda hanya mengandalkan satu pekerjaan atau sumber pendapatan utama, risiko keuangan Anda dapat meningkat. 

Usaha sampingan dapat menjadi jaring pengaman jika terjadi masalah dalam pekerjaan utama Anda.

Mengejar Hobi atau Passion

Beberapa orang membuka usaha sampingan karena mereka ingin menjalani hobi atau passion mereka dan pada saat yang sama menghasilkan uang dari itu. 

Misalnya, jika Anda senang membuat kerajinan tangan, Anda dapat menjual produk-produk tersebut secara online.

Pengembangan Keterampilan

Membuka usaha sampingan dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan baru. 

Ini bisa berarti belajar tentang manajemen bisnis, pemasaran, keuangan, atau keterampilan teknis terkait dengan jenis usaha yang Anda jalankan.

Pensiun yang Lebih Aman

Bagi beberapa orang, usaha sampingan adalah cara untuk mempersiapkan masa pensiun yang lebih aman. 

Dengan membangun bisnis sampingan, Anda dapat memiliki sumber pendapatan tambahan saat pensiun nanti.

Kemandirian Finansial

Banyak orang bermimpi memiliki kemandirian finansial, dan membuka usaha sampingan dapat menjadi langkah menuju pencapaian tujuan tersebut. 

Dengan memiliki bisnis sendiri, Anda dapat mengendalikan pendapatan dan waktu Anda dengan lebih baik.

Peluang untuk Wirausaha

Bagi beberapa orang, usaha sampingan bisa menjadi awal dari perjalanan menjadi pengusaha yang seutuhnya. 

Ini bisa membantu Anda mengumpulkan modal, membangun pengalaman, dan menguji ide bisnis sebelum memutuskan untuk fokus sepenuhnya pada bisnis tersebut.

Fleksibilitas Waktu

Usaha sampingan seringkali memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengaturan waktu kerja Anda. 

Anda dapat menjalankannya paruh waktu sesuai dengan jadwal Anda, yang memungkinkan Anda menjaga keseimbangan antara pekerjaan, keluarga, dan kehidupan pribadi.

Kreativitas dan Ekspresi Diri

Bagi beberapa orang, usaha sampingan adalah cara untuk mengekspresikan kreativitas dan ide-ide mereka. 

Ini bisa berupa bisnis seni, desain, musik, atau bidang lain di mana Anda dapat mengeluarkan ide kreatif Anda.

Keamanan Pekerjaan

Dalam ekonomi yang berfluktuasi, memiliki usaha sampingan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pemutusan hubungan kerja atau ketidakpastian pekerjaan.

Cara Membuat Email Marketing Toko Kelontong dengan Mailchimp

Views: 10

Beberapa hari yang lalu, saya sudah menjelaskan tentang email marketing. Jadi saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu email marketing. Anda tinggal buka lagi saja artikel saya sebelumnya yang berjudul cara jualan eceran dengan menggunakan email marketing. Nah kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara-cara teknisnya membangun suatu email marketing dengan menggunakan aplikasi gratisan secara online. Aplikasi itu bernama Mailchimp. Ok. Simak caranya ya.

OK, saya asumsikan bahwa anda sudah punya akun Mailchimp. Jika belum punya, silahkan anda daftar dengan klik link daftar mailchimp dibawah ini

Link daftar Mailchimp.

Ok, setelah anda login, anda Klik Campaign, kemudian create campaign. Lihat gambar di bawah ini. Ini merupakan Langkah awal yaitu membuat materi campaign

A. MEMBUAT MATERI CAMPAIGN

Langkah 1 dan 2 create campaign email marketing dengan mailchimp

Setelah itu, anda akan diberikan 3 pilihan campaign. Untuk Kampanye Email marketing, anda pilih yang nomor 1 ya, yaitu yang regular email. Kemudian klik design email. Lihat gambar dibawah ini

Kemudian anda akan diberikan pilihan design. Pilih design yang anda suka. Anda bisa lihat preview terlebih dahulu sebelum menentukan desain dengan cara mengarahkan mouse pada gambar template desain. Disini saya mencontohkan memilih desain yang natural ya. Arahkan pada gambar, kemudian klik apply.

Masukkan logo, deskripsi dan gambar produk yang telah anda siapkan sebelumnya. Setelah selesai, klik save and exit. Setelah materi campaign tersimpan, anda selanjutnya akan diarahkan ke langkah berikutnya, yaitu mulai persiapan mengirimkan email.

B. PERSIAPAN MENGIRIMKAN EMAIL

untuk memulai mengirimkan email, harap persiapkan dahulu data alamat email customer yang sudah anda miliki dalam bentuk file Excel.

Pada Menu Audience, klik segment kemudian add contacts, kemudian import contacts. Perhatikan gambar dibawah ini.

Anda akan diberikan tiga cara import contacts. Pilih mana yang menurut anda lebih mudah. Disini saya coba import contacts dengan cara copy and paste.

Klik continue, anda akan diarahkan ke jendela tampilan yang berisi alamat email, first name, last name, dan adress. Buka file excel yan berisi alamat email, blok seluruh alamat email yang ada, copy, kemudian paste-kan di kolom email pada mailchimp. Kemudian klik Continue to rganize

Pada select a status pilih subscribed, dan centang “update any existing contact. Kemudian klik continue to tag. Lalu masukkan tag yang menurut anda bagus, atau pilih yang popular. Seteleah itu klik continue to match. Setelah itu klik finalize import. dan complete import. Ini artinya anda sudah mengimport data kontak anda untuk dijadikan target penyebaran kampanye produk anda. Jika demikian, lanjut anda klik start campaign.

C. MENGIRIMKAN EMAIL

Langkah berikutnya, kembali anda ke campaign, pilih all campaign, lalu edit draft anda. Anda akan diarahkan ke tampilan data email seperti berikut ini:

Isi semua data sbb:

To: berarti kemana email akan dikirim. Pilih audience anda dimana data email disimpan.

From berarti nama pengirim, yaitu kita,

Subject berarti judul pesan email.

Content berarti materi isi email, yaitu materi yang sudah kita buat di bagian A. Pada bagian content, klik edit desain, kemudian pilih draft, lalu pilih desain yang sudah dibuat. Tampilan akhir akan terlihat seperti ini

Kemudian klik save and exit, kemudian klik send pada pojok kanan atas.

Yups, kampanye email marketing anda sudah tersebar. Anda tinggal menunggu hasilnya. Oh iya, jika anda scroll ke bawah, anda dapatshare materi campanye anda melalui media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram. Ini akan semakin membuat kemungkinan penjualan anda menjadi lebih berhasil. Selamat mencoba.

Bonus ekstra, anda juga dapat semakin kreatif dengaan mengkombinasikan kampanye email marketing ini dengan tautan link Google form, sehingga ketika orang melakukan klik, akan langsung diarahkan ke formulir pembelian, seperti kampanye yang saya buat ini. Coba klik tombol “PESAN BUKU SOAL ANKAPIN” di content kampanye saya, maka anda akan diarahkan ke formulir pembelian.

Cara Jualan Eceran Dengan Email Marketing

Views: 19

Email Marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan cara menyebarkan deskripsi atau penjelasan suatu produk melalui email. Penjelasan produk yang dikirim melalui email ini tentu dibuat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga memicu pembaca email untuk melakukan pembelian. Ini artinya bahwa email marketing ditambah dengan konsep impulse buying customer pada isi beritanya akan meningkatkan transaksi penjualan toko eceran anda. Lalu bagaimana cara jualan eceran dengan email marketing? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat Daftar Email Pelanggan atau Calon Pelanggan

Sudah tentu bahwa untuk mengirim email maka harus ada penerimanya, yang dalam hal ini adalah calon pelanggan. Untuk itu anda harus memiliki daftar alamat email para pelanggan anda atau calon pelanggan anda. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat email para pelanggan dan membuat daftar alamat email? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat alamat email teman-teman kita di sosial media, misalnya Facebook. Walaupun ini mungkin agak melelahkan karena harus dilihat satu per satu profil teman kita, Itu pun jika profilnya memperlihatkan alamat email-nya. Cara yang lebih realistis adalah dengan cara menyebarkan angket kepuasan pelanggan toko anda yang didalamnya ada kolom alamat email responden. Atau dengan membuat formulir isian data pelanggan dengan Google Form yan kemudian disebar melalui pesan Whatsapp atau Telegram. Setelah itu data alamat email direkap di Microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya.

  1. Membuat konten Email

OK. Simpan dahulu daftar email yang telah dibuat. Berikutnya adalah anda membuat konten email atau isi berita email yang akan disebar. Tentunya isi berita tersebut adalah tentang produk anda yang dialamnya setidaknya berisi gambar yang menarik, deskripsi yang singkat namun jelas, manfaat produk, harga produk, bahkan jika ada adalah program promosi produk misalnya diskon, atau promosi bebas ongkos kirim. Isi email dibuat semenarik mungkin sehingga si penerima berkenan untuk melakukan transaksi penjualan, atau setidaknya berkunjung ke toko anda jika anda memiliki toko online. Jangan khawatir dengan desain isi, anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi lainnya yang sejenis yang menyediakan template gratis untuk membuat konten email marketing.

  1. Sebarkan Email Secara Otomatis Sekaligus

Langkah terakhir adalah tentu saja…menyebarkan email berisi konten produk kepada seluruh alamat email pelanggan atau calon pelanggan pada daftar email yang sudah anda buat. Menyebarkan email marketing satu persatu mungkin bisa sangat melelahkan dan bahkan membosankan. Bayangkan jika daftar alamat email anda adalah 500 alamat atau 1000 alamat misalnya..Sungguh melelahkan sekali. Karena itu, anda bisa gunakan alat bantu penyebaran email secara sekaligus ke seluruh alamat email. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mailchimp. Mailchimp adalah aplikasi online untuk email marketing. Dimana anda dapat menginput daftar alamat email secara sekaligus, Ada tiga cara, salah satunya adalah dengan cara copy paste data yang sudah anda buat ke kolom yang tersedia di Mailchimp. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan tools untuk membuat content marketing seperti landing page.

Ok itulah cara jualan eceran dengan email marketing yang bisa jadi akan menjadi faktor penentu peningkatan penjualan toko anda. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah, jangan sering-sering mengirim email produk, karena mungkin penerima email akan terganggu dengan kiriman email anda, Tetapkan target pengiriman email anda misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kebosanan calon pelanggan anda atas email yang anda kirim. Oh iya, tidak lupa bahwa email marketing ini bukan hanya untuk menjual produk anda secara eceran saja. Email marketing juga merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan toko anda bisa menjadi lebih terkenal seperti Mixue.

4 Cara Bisnis Hampers Dadakan Jelang Lebaran

Views: 28

Saat ramadhan hingga jelang lebaran merupakan saat dimana potensi jualan; apapun jualannya; cenderung mengalami peningkatan. Baik bisnis retail dadakan maupun bisnis retail reguler, bulan ramadhan hingga lebaran merupakan bulan dimana omzet akan meningkat berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Peningkatan omzet ini tidak terlepas dari penjualan produk-produk yang bukan hanya umum yang dibeli masyarakat seperti sembako, atau pakaian, melainkan juga variasi-variasi produk yang dikemas secara kreatif dan bernilai jual lebih baik. Salah satunya adalah hampers.

Apa itu hampers? Jika kita merujuk pada google translate, hampers berarti bingkisan. Jika merujuk pada kata benda (noun) hampers artinya keranjang. Dalam istilah Indonesia, hampers dapat diartikan sebagai suatu produk yang dibungkus secara rapi dan menarik dengan tujuan untuk diberikan kepada orang lain sebagai bingkisan atau hadiah. Jadi hampers itu bisa misalnya suatu barang seperti beberapa jenis kue kering yang dibungkus dengan kado dan diberi pita. Ide membuat hampers ini bukan hanya dilakukan oleh para peritel kelas atas, namun juga kalangan ibu-ibu rumah tangga pun memanfaatkan momen ramadhan ini dengan bisnis dadakan menjelang ramadhan, yaitu membuat hampers murah meriah untuk bingkisan lebaran bagi keluarga. Dikutip dari UMKM.Kompas.com, terdapat beberapa jenis hampers yang trend saat dijual di bulan ramadhan menjelang lebaran, yaitu hampers kue kering, hampers buah kurma, hampers perlengkapan ibadah, hampers cokelat, dan hampers minuman.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara bisnis hampers yang dapat dilakukan? Sebetulnya pilihan itu ada pada anda semua, namun sebagai referensi, berikut adalah 4 cara bisnis hampers yang dapat anda lakukan lengkap dengan kosekuensinya.

  1. Berjualan Hampers dengan cara Reseller

Ini artinya bahwa anda membeli hampers ditempat lain, kemudian di jual lagi dengan penambahan margin keuntungan. Ini bisa dilakukan saat Ramadhan. Anda tinggal mencari produk hampers yang anda minati di minggu pertama ramadhan, beli, stocking, kemudian jual di saat seminggu sebelum lebaran. Konsekuensinya adalah anda perlu modal dan siap dengan resiko barang anda tidak terjual.

2. Berjualan hampers dengan cara dropshipping

Ada yang mengatakan bahwa reseller itu sama saja dengan dropshipping, namun harap diperhatikan antara reseller dengan dropshipping ya. Jika reseller beli dulu baru kemudian dijual kembali, sedangkan dropshipping itu tidak perlu membeli. Hanya mempromosikan produk hampers-nya saja, dan kemudian jika terjual tinggal menghubungi produsen. Itu artinya perbedaan reseller dengan dropshipping adalah kalo reseller perlu modal, sedangkan dropshipping tanpa modal. Berhubung anda tidak memiliki barang, anda dapat melakukan ini kapan saja. Namun konsekuensinya anda mungkin bisa tidak mendapat barang karena sudah dibeli duluan oleh pebisnis lain.

3. Membuat hampers sendiri dari produk yang dibeli.

Ini misalnya adalah anda beli dua atu tiga kotak kue kering, kemudian anda kemas menjadi hampers dan kemudian anda jual. Itu artinya anda butuh modal untuk beli kue keringnya, bahan pembungkusnya, dan waktu untuk membuat hampers-nya. Model ini cocok untuk dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba. Jadi anda beli produk-produknya sebelum bulan Ramadhan tiba. Ketika bulan Ramadhan tiba, anda mulai membuat dan berjualan hampers dengan kemasan menarik. Konsekuensinya, anda butuh modal untuk beli produk dan waktu luang untuk membuat hampers.

4. Buat produk sendiri, dan jual dalam bentuk hampers.

Untuk model seperti ini, sesungguhnya ini dilakukan oleh pebisnis-pebisnis yang sudah berkecimpung lama. Kemudian momen lebaran dimanfaatkan untuk mengemas produk miliknya menjadi hampers. Ini misalnya adalah jika anda seorang produsen kue kering. Jika biasanya anda menjual kue kering dalam kotak-kotak kecil, namun ketika momen lebaran, anda mulai mengemas produk anda menjadi hampers kue kering. Dari sisi harga jual, metode ini memungkinkan untuk menjual hampers berharga miring karena anda adalah produsen kue kering. Bahkan bisa jadi anda pada saat lebaran ini menjadi penjual hampers grosiran. Konsekuensinya, mungkin anda perlu menambah karyawan anda yang khusus membuat hampers kue kering. Jika hampers tidak terjual, anda tinggal bongkar lagi dan dijual seperti biasanya.

Itulah 4 cara bisnis dadakan berjualan hampers di saat lebaran. Silahkan dipilih apa yang menurut anda cocok. Yang jelas, apapun pilihannya, itu ada resiko dan konsekuensi tersendiri, yang tentu pula kesemuanya itu akan menghasilkan keuntungan. Dan besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh itu tergantung dari upaya masing-masing. Terlebih lagi jika anda memiliki toko, maka anda dapat menempatkan hampers yang anda jual di Point Of Purchase (POP) anda sebagai produk unggulan selama Ramadhan.

Name
Email
Loading

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Views: 17

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

BUKA BISNIS RESTORAN DENGAN RESEP DARI APLIKASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Views: 40

aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Bisnis restoran atau bisnis warung makan adalah kompetisi bisnis yang diyakini akan selalu ada pasarnya. Kenapa? Karena semua orang butuh makan, dan tidak semua orang punya waktu untuk memasak. Untuk itu, banyak orang yang lebih memilih makan di restoran ketimbang memasak sendiri. Tentunya restoran pun ada banyak ragamnya, ada yang restoran dengan resep masakan mewah berharga mahal, Dan ada pula restoran yang dengan menggunakan resep masakan sederhana berharga murah meriah namun lezatnya tidak kalah dengan resep masakan di restoran mahal.

Bagi orang yang mau terjun memulai bisnis restoran lokal berharga makanan murah, Maka anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar restoran atau warung makan yang anda bangun menjadi laku dan terkenal, serta memiliki pasar tersendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan pada saat akan membangun sebuah warung makan.

  1. LOKASI WARUNG MAKAN

Lokasi adalah penting jadi bahan pertimbangan pertama. Lokasi terbaik adalah lokasi yang mudah diakses oleh pengunjung, mudah terlihat dari jauh, memiliki parkir cukup luas, dan tentunya memiliki area makan yang juga luas.

2. RESEP MASAKAN ANDALAN

Bisnis warung makan ini ada sangkut pautnya dengan cita rasa. Dan cita rasa itu tentu berasal Dari resep masakan yang pas. Selain itu, resep masakan yang pas dan konsisten akan membuat kesetiaan pelanggan kepada warung makan tersebut semakin meningkat. Oleh karena itu, catat dan dokumentasikan resep masakan andalan yang anda miliki, Dan latihlah pegawai anda (jika memiliki), untuk memasak dengan menggunakan resep yang konsisten. Saat ini, dunia internet mempermudah segalanya. Anda tidak perlu melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu untuk mendapatkan resep masakan yang enak dan mudah dibuat. Ada banyak resep masakan yang bisa dicoba dan dicari di internet. Bahkan melalui aplikasi pun ada. Salah satu aplikasi resep masakan lokal yang bisa dijadikan referensi dan dicoba adalah aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT. Bagi pengguna HP android Samsung, aplikasi ini sudah trraedia di galaxy store app. Dan bagi pengguna HP OPPO, aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT sudah tersedia di OPPO app market dengan app id: 30854993.

Silahkan klik link tautan bagi kedua HP tersebut di bawah ini.

Oppo App Id: 30854993

Bagi pegguna HP android selain OPPO Dan Samsung, silahkan download aplikasi ini melalui tautan berikut ini, atau klik LOGO RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT di banner pojok kiri website ini.

Download aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT.

Aplikasi ini belum terbit di Google play, karena aplikasi ini adalah buatan perseorangan yang belum didaftarkan di Google Play. Namun walaupun belum ada di Google Play, aplikasi ini sudah terbukti bebas virus. Jika pada saat install ada peringatan virus, abaikan saja, Dan anda akan mendapatkan berbagai koleksi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT yang bisa dilihat kapan saja dan dimana saja melalui HP anda. Silahkan lihat cara install aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT i video youtube di bawah ini.

  1. MENU MASAKAN ANDALAN.
    Menu masakan berbeda dengan resep masakan. Jika resep masakan adalah komposisi atau racikan bumbu-bumbu, Maka menu adalah sajian utama masakan anda dengan resep tertentu. Agar berbeda dengan warung makan yang lain, anda harus punya menu makanan andalan . Misalnya menu màkanan andalan anda adalah Ayam Kuluyuk, Maka menu Ayam Kuluyuk ini harus ada setiap waktu, dan diperkenalkan setiap saat kepada pelanggan. Bahkan lebih baik lagi jika nama warung makan anda mencatut menu màkanan andalan tersebut, Misalnya “AYAM KULUYUK MBAH YONO”.
  1. Pelayanan pelanggan
    Pelayanan pelanggan jangan dianggap remeh dalam bisnis warung makan. Walaupun masakannya enak, menu makanan yang unggul, tapi ternyata penyajian makanan kepada pelanggan butuh waktu lama, atau karyawannya tidak ramah. Maka itu akan berimbas pada kecewanya pelanggan. Kekecewaan pelanggan akan berujung pada tidak loyalnya pelanggan. Mereka para pelanggan akan berkomentar kepada yang lain, Dan komentarnya hampir pasti akan negatif karena pelayanan yang buruk. Efek word of mouth adalah sesuatu hal yang sangat kuat dalam bisnis warung makan. Karena itu perhatikan pelayanan pelanggan, termasuk didalamnya adalah keramahan pegawai, durasi penyajian, penanganan komplain, hingga, sistem antrian atau sistem parkir pelanggan.

Tips Toko Kelontong Anda Laris Di Saat Lebaran

Views: 190

Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran
Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang paling tepat untuk berbelanja, dan ini merupakan salah satu musim ritel tersibuk sepanjang tahun setelah musim belanja di saat menjelang Ramadhan. Pada waktu inilah, pembeli mencari penawaran terbaik, hadiah sempurna, dan obral terbesar. Jika Anda tidak mengiklankan bisnis Anda selama ini, Anda akan diabaikan karena pelanggan akan bergegas ke pesaing Anda, dan tentunya anda akan kehilangan momen penjualan. Gunakan signage yang efektif agar menonjol saat Hari raya Lebaran. Berikut adalah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran.

Saat anda akan memasang signage untuk musim lebaran, anda harus mengenali produk yang akan Anda tawarkan, dan pastikan bahwa yang anda tawarkan tersebut akan memikat pembeli. Buat promosi lebaran dengan menggunakan produk andalan ini. Sekitar lebaran, para pembeli mulai berbenah membersihkan rumah-rumah mereka dan memulai belanja. Sehari setelah Lebaran atau H+1 lebaran adalah hari dimana aktivitas belanja akan makin meningkat. Pastikan produk-produk toko kelontong anda memiliki stok yang banyak, terutama stok barang andalan anda.

Untuk memancing pembeli masuk ke toko kelontong anda, Hiasan luar toko Anda harus terlihat meriah sesuai dengan nuansa lebaran yang sedang berlangsung. Jika tidak ada hiasan toko, setidaknya gunakan warna putih bersih yang merepresentasikan hari yang kembali ke suci atau kembali fitrah. Bersihkan toko sebersih mungkin, dan jika punya karyawan, khusus di hari lebaran, gunakan pakaian yang merepresentasikan kebersihan, kesucian, dan kebaruan. Jika Anda lebih suka fokus pada obral di H+1 Lebaran, buat tanda atau signage dengan tulisan “OBRAL BESAR-BESARAN di H+1”. Anda bisa memasang tulisan tersebut di depan toko, dibuatkan flyer, atau brosur-brosur yang disebar di jalan-jalan.

Manfaatkan jendela toko Anda untuk mempromosikan produk dan penawaran liburan terbaik yang unik dari toko Anda. Salah satu produk hebat untuk signage obral Lebaran adalah diletakkan jendela toko anda. jangan lupa sertakan tenggat waktu sehingga pelanggan tahu bahwa mereka harus segera masuk ke toko Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jika Anda menawarkan peralatan makan, makanan, atau produk khusus bertema lebaran lainnya, letakkan di bagian depan toko dan soroti dengan papan nama Anda. Tambahkan spanduk vinil yang menyatakan bahwa toko Anda adalah tempat yang baik untuk berbelanja di saat sebelum lebaran dan setelah lebaran hingga 2 minggu ke depan. Rancang spanduk Anda untuk digantung di etalase Anda dengan memperlihatkan waktu belanja dan diskon khusus.

Saat toko Anda ramai di saat waktunya, tambahkan spanduk vertikal ke pintu masuk Anda untuk menarik perhatian pembeli, arahkan ke daerah antrean yang diindikasikan akan memanjang, dan soroti produk unggulan Anda. Desain spanduk vertikal Anda harus menggunakan gambar produk teratas dan pemberitahuan khusus. Spanduk ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan tentang penawaran khusus Anda saat mereka memasuki toko Anda atau saat mereka mengantri. POS Display Anda harus membuat dampak yang kuat terhadap pelanggan Anda, tetapi tidak membuat mereka terganggu pandangannya dengan terlalu banyak informasi. Signage yang menarik dan tampak profesional dapat memberi tahu pelanggan anda bahwa Anda adalah toko yang menarik dan berkualitas, dan dijalankan secara profesional, yang merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja di saat Hari Raya Idul Fitri. Itulah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran

Mempersiapkan Toko Kelontong Menjelang Ramadhan

Views: 21

Ketika Bulan Ramadhan sudah dekat, maka berkah akan segera datang bagi para pengusaha toko kelontong atau toko retail sembako. Bulan Ramadhan adalah momen dimana pendapatan penjualan toko akan meningkat berlipat-lipat dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Ini terjadi karena para konsumen yang melakukan aksi belanja di luar kebiasaan. Mereka berbelanja untuk menenangkan keluarga, momen Ramadhan adalah momen spesial bagi mereka yang melaksanakannya, dan bagi para pengusaha toko retail atau toko kelontong, ini merupakan momen untuk meraup untung yang maksimal. Oleh karena itu, perlu persiapan yang cermat agar toko kita tidak kehilangan momen penjualan di bulan Ramadhan tersebut. Berikut adalah tips mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan.

  1. Mengevaluasi kinerja toko di bulan Ramadhan tahun sebelumnya.

Langkah pertama adalah mengevaluasi penjualan toko anda pada bulan Ramadhan di tahun lalu. Bahkan jika toko Anda mengalami tingkat pendapatan yang tinggi di Ramadhan kemarin, Anda setidaknya dapat melihat produk mana yang memberikan kontribusi tertinggi di penjualan total anda. Dan itu bisa anda ulangi lagi di tahun ini. Peritel kelontong yang cerdas akan merencanakan anggaran dan menentukan dengan tepat berapa banyak uang yang dapat dialokasikan, produk apa yang harsu diperbanyak stok-nya, dan barang mana yang harus dikurangi. Itu semua dapat dianalisa dan dtentukan kebijakannya setelah melihat histori penjualan pada bulan Ramadhan tahun lalu.

  1. Analisis kebutuhan target pasar Anda.

Toko kelontong seharusnya tidak hanya mengevaluasi dan menganalisis kebutuhan pelanggannya di tahun lalu, tetapi toko kelontong pun harus mengetahui produk apa yang sedang trend di tahun sekarang. Misalnya, jika trend tahun ini adalah produk mentega sebagai pengganti minyak goreng yang langka, maka tentu toko kelontong harus mempersiapkan diri akan trend ini. Anda harus segera mulai mencari supplier yang dapat meneyediakan stok mentega di toko anda, namun tentunya anda juga tidak mengesampingkan untuk teap berjualan minyak goreng. Trend suatu produk jualan dapat anda analisis dari erbagai media sosial, berita ekonomi, atau bahkan mungkin saja dengan menggunakan analisis dari Google trends.

  1. Negosiasikan diskon yang lebih besar dengan grosir Anda.

Jangan lupa untuk bernegosiasi dengan supllier toko kelontong anda. Dengan mengetahui produk mana yang populer di Bulan Ramadhan tahun sebelumnya, anda dapat menentukan untuk membeli produk dengan jumlah banyak alias massal. Dan biasanya, membeli barang dalam jumlah banyak biasanya terdapat diskon pembelian yang diberikan oleh supplier. Gunakan kesempatan ini untuk bernegosiasi mendapatkan diskon yang lebih baik.

itulah saya rasa tips sederhana untuk me mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan. Dan tips ini bukan hanya berlaku untuk toko besar saja, namun bisnis UMKM kecil, toko kelontong kecil, atau warung-warung kelontong kecil pun dapat mengaplikasikan tips ini, ayng tentunya disesuaikan dengan budget, jumlah pelanggan, dan jumlah varian produk yang dimilikinya.