Category Archives: strategi bisnis

Sektor Maritim Yang Paling Cepat Membentuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Ini adalah rangkuman paper yang berisi 13 halaman. Untuk lebih lengkapnya anda bisa unduh di SEKTOR MARITIM YANG PALING CEPAT MEMBENTUK PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Sektor tertier atau disebut service based sactor merupakan sektor ekonomi dimana output yang dihasilkan merupakan brang yang dibutuhkan oleh masyarakat (end product). Produk pada sektor tertier tiak memerlukan pemrosesan lagi, sehingga ia dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sektor ekonomi maritim yang termasuk dalam sektor tertier adalah pariwisata bahari, jasa angkutan laut, dan jasa perdagangan.

Alasan yang menyatakan bahwa sektor tertier dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, adalah: efek sumberdaya alam, value added, eksternalitas, dan pasar. Pada efek sumberdaya alam, sektor tertier tidak terkendala stock seperti halnya eksploitasi sektor primer (renewable dan non-renewable resources), sehingga sektor ini tidak akan memunculkan “kutukan sumber daya alam”, maupun “tragedi kepemilikan bersama” yang berujung kepada konflik sosial dan politik di dalam negeri. Sektor tertier merupakan sektor yang memiliki value added tertinggi. Value added merupakan parameter pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dari sisi eksternalitas, sektor tertier membentuk eksternalitas positif yaitu penyerapan tenaga kerja yang banyak, iklim ekonomi yang mandiri, dan pembentukan pasar-pasar baru. Dari sisi pasar, sektor tertier dapat membentuk banyak pasar, mempertinggi nilai output tiap unit, dan apabila suatu output memiliki daya saing, maka jumlah transaksional output tersebut akan semakin besar.

Agar ekonomi sektor tertier bidang maritim dapat lebih cepat tumbuh, maka kualitas sumberdaya manusia bidang maritim harus ditingkatkan sehingga mereka mampu menggunakan dan memanfaatkan faktor produksi teknologi utnuk mengolah material atau sumber daya menjadi bernilai tambah baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Meningkatnya kualitas dan kuantitas nilai tambah suatu output akan menciptakan iklim investasi yang lebih baik. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka negara harus membangun dan mempersiapkan sekolah-sekolah bidang kemaritiman di berbagai level pendidikan, membuat program beasiswa untuk belajar teknologi maritim di negara yang lebih maju, dan memfasilitasi penelitian-penelitian bidang kemaritiman, dan penyediaan fasilitas kredit untuk usaha bidang maritim. Iklim politik dan sosial dalam negeri yang kondusif dapat membuat kenyamanan para sumberdaya manusia maritim yang unggul untuk menciptakan lapangan-lapangan kerja baru dan membangun negaranya secara mandiri.

Untuk paper versi lengkapnya anda bisa unduh di SEKTOR MARITIM YANG PALING CEPAT MEMBENTUK PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Menjaga Kualitas Produk Adalah Tindakan Berhemat Yang Cermat

Saat mengawali bisnis membuka toko, selain memperhitungkan pelayanan, display, dan strategi penjualan, hal yang harus juga dipikirkan adalah menjaga kualitas produk. Karena apapun bisnis ataupun usaha yang dijalankan, sangatlah penting untuk memikirkan dan menjaga kualitas produk yang akan dijual.

Bisnis yang kita jalankan, atau toko yang kita buka  jangan sampai menodai kepercayaan konsumen dengan keberadaan kualitas produk yang menurun. Pembeli itu adalah sumber kelangsungan usaha anda, maka ketika mereka mengetahui atau mendapatkan toko kita menjual produk berkualitas rendah, bisa saja mereka berpaling  ke lain hati untuk membeli produk yang sama di toko lain.

Menurunnya kualitas produk yang dijual ditoko bisa terjadi  karena dua  hal:

1. Produk yang dijual memang berkualitas buruk

2. Produk yang dijual menurun kualitasnya karena factor umur produk

3. Produk yang dijual menurun kualitasnya karena tidak terawat dan terpelihara dengan baik

Untuk bisa menjaga kualitas produk, sudah pasti memerlukan komitmen dan ketegasan yang kuat. Menjaga kualitas itu penting karena: pertama bisa menekan biayadan kedua tentu bisa mencegah timbulnya kekecewaan konsumen karena produk rusak. Harus diingat bahwa konsumen adalah “asset”. Semakin banyak “asset” yang loyal, maka toko akan memperoleh income yang berkelanjutan dan tentu saja semakin meningkat.

Toyota Kijang: The Brand Legend

Semua orang di Indonesia pasti tahu dan kenal tentang Toyota Kijang. Ya, mobil yang satu ini memang sudah terkenal di seluruh Indonesia dan boleh dikatakan sudah menjadi legenda.

Mulai dikenalkan pada tahun 1975, Toyota kijang sudah menjelma menjadi legenda otomotif Indonesia. Sudah empat generasi kijang melakukan reborn, dan kesemuanya selalu mendapatkan tempat yang pas di hati seluruh keluarga Indonesia. Oleh sebab itu, ketika Innova muncul di tahun 2004, nama “kijang” tetap melekat di depannya. Bahkan generasi Innova terbaru yang akan diluncurkan tanggal 23 November 2015 pun, nama Kijang tidak dihilangkan. Kijang amerupakan kesuksesan suatu brand yang menjadi legenda.Ia mengalahkan musuh-musuhnya yang berada di pasar yang sama. Mengapa ini bisa terjadi?

Saya berpendapat bahwa legenda kijang tieak terlepas dari kejeniusan Toyota dalam memahami demografi dan psikologi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang memiliki jiwa sosial tinggi. Ketika ia memiliki suatu kebahagiaan, maka ia akan membagi kebahagiaannya dengan seluruh keluarga besar. Toyota kijang hadir dengan melirik hal tersebut. Ketika seseorang memiliki sebuah mobil kijang, maka ia akan membagi kebahagiaannya dengan keluarga besar lain. Karena itulah Toyota kijang dirancang untuk mampu memuat orang banyak. Agar semua terfasilitasi.

Kejelian ini ditambah dengan performa kendaraan yang tangguh serta harga yang relatif murah. Hampir dipastikan bahwa setiap keluarga kelas menengah akan melirik mobil kijang sebagai mobil keluarganya. Soal gaya? Jangan tanya! Mobil kijang memipiki gaya yang long lasting. Gaya body yang ia usung tidak erkalahkan dengan gaya -gaya mobil saat ini. Bahkan jika anda memiliki kijang LGX tahun 1997 pun, jika ia terawat dengan baik, ia masih mampu bersanding sejajar dengan kijang innova keluaran terbaru. Mungkin itulah mengapa toyota kijang dapat dikatakan menjadi legenda.

Kijang sudah melekat di hati masyarakat Indonesia, dan identitaz Toyota Kijang menjelma menjadi identitas masyarakat Indonesia. Itulah mengapa ketika generasi terbaru innova diluncurkan, nama kijang tetap melekat di depannya. Mungkin ini menunjukkan bahwa Kijang merupakan produk orisinil Indonesia. Dan baranhkali itu pula tema yang diusung pada peluncuran innova terbatu mendatang bertajuk The Legend Reborn.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saran Untuk Memproduksi Dan Mempertahankan Pelanggan Antusias

Pelanggan antusias adalah salah satu sumber terbaik dari perjalanan bisnis karena mereka bersemangat tentang apa yang mereka beli dan ingin berbagi kegembiraan dengan orang lain.

Jika Anda memberikan apa yang pelanggan inginkan pada harga yang adil dan tanpa masalah, maka mereka akan puas. Dan anda membutuhkan lebih dari kepuasan ini untuk memastikan pelanggan setia kepada Anda  dan meningkatkan penjualan. Anda harus mengembangkan antusiasme pelanggan tentang produk dan jasa Anda. Anda harus memberikan lebih dari yang pelanggan harapkan. Antusiasme akan menghasilkan iklim yang menjamin loyalitas dan peningkatan penjualan dan rekomendasi kepada orang lain. Berikut adalah beberapa saran untuk memproduksi dan mempertahankan pelanggan antusias:

–          Tetap berhubungan: Periksa kembali setelah barang terkirim untuk melihat bahwa semuanya berjalan lancar. Periksa lagi mintalah petunjuk tentang prospek baru.

–          Tangani keluhan segera: Akan selalu ada masalah dalam setiap operasional bisnis. Jangan abaikan mereka. Lakukan hal yang lebih dari pelanggan harapkan dalam memuaskan keluhan.

–          Jadilah teman: Perlakukan pelanggan sebagai teman dan lakukan hal-hal yang sesuai untuk mereka. Kirim kartu ulang tahun atau kartu pos saat Anda berada di liburan. Ucapkan selamat kepada mereka atas penghargaan atau kemajuan yang mereka dapatkan di bidangnya.

–          Berikan pujian di saat yang tepat dengan segera: Cari hal-hal yang dapat anda berikan pujian kepada mereka, misal: sesuatu perusahaan telah meraih suatu penghargaan/prestasi, pendapatan meningkat, dan sebagainya. Pelanggan akan menghargai perhatian seperti ini.

–          Kirim prospek untuk pelanggan Anda: jika pelanggan Anda merupakan pebisnis, mengirim lead atau merujuk prospek untuk mereka adalah hal yang sangat signifikan. Saling membantu dalam mengembangkan bisnis masing-masing adalah sesuatu yang sangat bermanfaat dan akan sangat dihargai

Prinsipnya adalah

Terus berupaya untuk membangun hubungan dekat dengan pelanggan Anda sehingga mereka dapat lebih tergantung pada Anda dan loyal kepada Anda.

Desain Interior Toko Dan Pengaruhnya Untuk Meraih Pelanggan

Seperti yang kita semua tahu, ada banyak pendekatan yang berbeda ketika merancang tata letak interior toko Anda. baik pada saat pertama kali membuka toko, atau pada desain interior secara reguler. Namun, ada juga cara-cara yang dilakukan oleh para pemilik toko untuk mempekerjakan seseorang dalam mendesain toko yang dimiliki. Di jaman sekarang, merancang interior toko sangatlah jauh berbeda dengan merancang di jaman dulu, dengan semua teknologi digital yang ada, desain interior toko dapat lebih mudah dikreasikan, dan lebih cepat diciptakan.

Ketika merancang interior toko Anda, maka Anda harus berpikir tentang hal-hal kunci. Anda ingin menceritakan sebuah kisah tentang merek Anda, menciptakan pengalaman luar biasa bagi pelanggan Anda. Anda ingin menampilkan jendela yang menangkap mata calon pelanggan dan menarik mereka untuk masuk ke dalam toko anda, dan Anda ingin menggunakan tanda-tanda untuk membuat hal-hal yang jelas di sekitar toko Anda. Anda ingin rinci. Anda ingin mereka membawa lebih banyak produk dan menuju kasir.

Hal yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa dari saat pertama seseorang masuk ke toko Anda, untuk waktu mereka memutuskan untuk membeli sesuatu (atau tidak membeli sesuatu), desain interior yang cerdas di dalam toko akan membuat perbedaan besar apakah Anda membuat penjualan dengan pelanggan atau tidak.

 Zona Dekompresi

Zona dekompresi adalah hal pertama dirasakan pelanggan ketika mereka memasuki toko Anda. Biasanya terdiri dari pertama lima sampai lima belas langkah di dalam ruangan toko anda. Jelas meskipun, itu tergantung pada seberapa besar toko Anda. Ini juga merupakan ruang di mana pelanggan Anda membuat transisi dari berada di dunia luar ke pengalaman pertama mereka di toko Anda. Mereka juga menggunakan zona ini untuk membuat penilaian dari toko Anda. Misalnya, bagaimana murah atau mahal toko Anda, bagaimana terkoordinasi dengan baik pencahayaan Anda, perlengkapan, atau menampilkan warna yang menarik. Sebagai pelanggan dalam modus transisi, mereka lebih mungkin untuk tidak mengindahkan produk, signage atau gerobak yang Anda tempatkan.

 Bergerak Ke Kanan

Itu adalah fakta yang dikenal di komunitas ritel dimana 90 persen dari pelanggan, ketika memasuki toko, akan belok kanan tanpa sadar. Dinding pertama yang pelanggan Anda akan lihat disebut sebagai “kekuatan dinding”, dan bertindak sebagai dampak-tinggi kesan pertama barang dagangan Anda, jadi pastikan Anda memberikan perhatian ekstra dan memutuskan dengan hati-hati apa yang Anda pilih untuk menampilkan di dinding tersebut, dan bagaimana Anda menampilkannya.

Anda ingin menarik perhatian pelanggan Anda dan membuat mereka tertarik dengan produk yang Anda tampilkan, apakah itu item baru, barang musiman, item dengan keuntungan yang tinggi atau item “best seller”, atau apakah Anda akan memutuskan untuk membuat suatu cerita dari produk Anda atau sekedar membuat sketsa dekoratif. Itu adalah pilihan Anda, dan itu adalah bagian dari strategi Anda untuk menarik pelanggan.

Petunjuk Jalan

Ini adalah ide yang baik untuk memudahkan pelanggan Anda berjalan-jalan di dalam toko, meskipun ini akan sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan tata letak toko Anda. Anda harus tahu bahwa pelanggan Anda cenderung ingin berbelok ke kanan. Untuk itulah penunjuk jalan berfungsi untuk “memaksa” mereka sehingga mereka melakukan apa yang Anda inginkan, yaitu melanjutkan berjalan melalui sisa toko Anda. Ini akan mendapatkan eksposur yang maksimal dari semua produk Anda. Ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli produk Anda tetapi juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengontrol arus lalu lintas melalui toko Anda.

Setiap toko memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hal ini. Beberapa toko akan menggunakan jalur melingkar, mengambil pelanggan dari kanan, ke belakang toko dan kemudian kembali putaran ke depan. Beberapa akan membuat lebih mudah hanya dengan menutup jalan dengan tampilan yang berbeda atau tekstur di lantai sehingga pelanggan cenderung mengikuti.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa Anda ingin jalan Anda juga dapat dimaksimalkan untuk memperoleh penjualan, yang berarti Anda perlu eye-catching dan menarik perhatian mereka dengan cara memasang display pada akhir gang, atau mungkin di sela-sela escalator.

Pelan – Pelan!

Pos-pos Merchandise adalah cara efektif untuk menghambat pelanggan agar berjalan tidak terlalu cepat melalewati area toko. Pos merchandise ini adalah perlengkapan display khusus yang menampilkan produk yang mungkin tidak direncanakan untuk dibeli, namun melengkapi produk yang dipamerkan.

Ketika Anda membuat hambatan untuk memperlambat pelanggan Anda, Anda akan perlu untuk mengubah posisi mereka setiap minggu atau cukup secara teratur untuk menjaga pelanggan Anda bereaksi dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan saat pertama kali mereka melihatnya.

Apakah Mereka nyaman?

Pelanggan yang khas, terutama perempuan, akan menghindari mencoba untuk mengambil produk di bagian belakang. Hal ini berlaku bahkan jika pelanggan tersebut benar-benar tertarik pada produk (best seller). Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah untuk memastikan bahwa produk selalu tersedia setiap saat, dan lorong Anda memiliki ruang yang agak luas untuk menyediakan stok barang yang lebih banyak.

Anda juga dapat membuat toko Anda lebih nyaman dengan memiliki beberapa kursi dan bangku yang nyaman; hal ini juga akan mempengaruhi pelanggan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di toko Anda. Jika pengunjung toko anda adalah seseorang yang tidak tertarik melakukan pembelian atau jika mereka memiliki anak-anak, atau hanya sekedar mengantar pasangannya untuk berbelanja,  kursi yang nyaman akan berguna dan membuat pelanggan Anda merasa lebih santai. Ini juga akan menjadi lebih baik jika Anda memasang kursi tersebut menghadap Point Of Purchase yang Anda sediakan,  sehingga pelanggan dapat menelusuri sambil duduk. Anda tidak pernah tahu … Mereka mungkin melihat sesuatu yang mereka sukai dan ingin membeli.

Waktu Untuk Checkout

Aturan yang baik untuk menempatkan counter kasir dan POS Anda adalah bahwa kasir harus ditempatkan pada titik belanja alami atau di jalur yang telah Anda buat.

Jika pelanggan secara alami berbelok ke kanan ketika mereka masuk, dan Anda sudah berhasil mendapatkan mereka untuk pergi melalui jalur yang anda buat, Anda akan menyadari bahwa sisi kiri toko, di depan, adalah lokasi yang ideal untuk kasir Anda . Meskipun, keputusan ini tergantung pada ukuran dan tata letak toko, yang berarti Anda harus mempertimbangkan segala sesuatu sebelum memutuskan di mana titik paling alami untuk menempatkan POS.

Perlu juga diingat bahwa jika Anda tidak memiliki staf toko, maka akan menjadi penting untuk mengawasi dan melihat segala sesuatu dari posisi anda berada sambil memegang POS.

 Berikut adalah tips lain yang perlu diingat ketika merancang kasir Anda:

– Memiliki counter cukup besar untuk pelanggan Anda menyimpan tas dan / atau barang-barang pribadi

– Buat tampilan yang menarik di dinding belakang

– Melakukan “impulse buying” di menit-menit terakhir pembelian oleh stocking item yang pelanggan sukai dan sering digunakan.

– Bersikap sopan dalam berkomunikasi dengan pelanggan anda! Mengajukan pertanyaan seperti “Apakah Anda dapat menemukan segala sesuatu yang Anda cari?” dan menjelaskan kebijakan Anda atau pertukaran dan pengembalian dana.

Merancang interior Anda adalah proses yang berkelanjutan. Anda selalu dapat beralih ke atas, tweaking, menambahkan atau menghilangkan hal-hal yang akan membuat pengalaman yang berbeda bagi pelanggan Anda setiap kali mereka berbelanja.

 Secara keseluruhan, interior adalah adalah apa yang ingin anda fokuskan. Anda ingin menguji itu dan akan mengubahnya terus-menerus. Jangan lupa! Amati pelanggan Anda dan lihat apa yang mereka sukai, apa yang mereka hindari dan bagaimana mereka bergerak di sekitar toko. Kemudian gunakan itu dalam desain Anda. Jaga mata dan telinga untuk tetap terbuka, sebab dengan melakukan itu Anda akan yakin untuk menciptakan lingkungan yang terbaik untuk Anda dan pelanggan Anda.

Smartwatch: Inovasi Baru di Bidang Teknologi Yang menciptakan Peluang Bisnis Baru

Setiap kali ada kemunculan inovasi produk baru, maka disitulah akan muncul peluang bisnis baru. Peluang bisnis baru berarti akan membentuk pasar yang baru. Jika ada produk baru yang muncul, pasar yang terbentuk belum akan memiliki kompetisi yang padat. Para pemain-pemain bisnis yang memiliki inovasi baru tentu akan mereguk keuntungan maksimum selama beberapa waktu karena belum ada kompetitor diantara mereka. Namun demikian, pasar yang abru terbentuk ini akan semakin padat dalam kompetisi mengingat kemunculan kompetitor-kompetitor baru yang ingin ikut berebut kue pasar yang ada.

Pun demikian halnya dengan produk teknologi. Lima tahun yang lalu pasar teknologi komunikasi berbentuk smartphone belum seramai dan sekompetitif saat ini. Pasar smartphone saat itu mungkin dirajai oleh beberapa produsen yang berperan sebagai inovator produk pembentuk pasar saat ini. Sebut saja Blackberry, Samsung, atau Apple, merajai penjualan smartphone di seluruh dunia. Namun Saat ini, kompetisi bisnis smartphone sangatlah ketat. Pangsa pasar yang perkembangannya sedikit kalah jauh dengan perkembangan kompetitor-kompetitor baru yang bermunculan. Pun demikian pula halnya dengan toko online penjual smartphone. Jika dulu hanya terdapat beberapa toko online yang menjual smartphone, kini terdapat banyak toko online dengan berbagai promosi unggulannya.

Untuk dapat mempertahankan eksistensi di dunia bisnis, produsen harus selalu berinovasi. Inovasi baru yang dibuat produsen ini akan memunculkan peluang bisnis e-commerce baru. Produk yang sekarang ramai dibicarakan saat ini adalah Smartwatch. Jam tangan pintar yang mengadopsi sistem operasi android Kitkat merupakan salah satu contoh inovasi baru di bidang teknologi yang menciptakan peluang bisnis baru.

Smartwatch merupakan jam tangan pintar dengan fitur layar sentuh berukuran kurang dari 2 inc yang didalamnya terpasang sistem operasi android. Smartwatch merupakan sebuah jam yang tidak hanya memperlihatkan waktu, namun juga memiliki kemampuan untuk memberitahu adanya panggilan telepon dalam bentuk nada atau getar, notifikasi chat, atau media sosial.  Layaknya sebuah alat bersistem operasi android seperti tablet atau laptop, smartwatch juga dilengkapi dengan fitur hiburan seperti musik, dan fitur bisnis seperti email.

Ini adalah peluang bisnis baru, dan seperti yang diutarakan di atas, bisnis baru akan membentuk pasar baru. Pasar baru smart watch ini sudah sangat jelas bahwa pada saat ini kompetisinya belumlah sepadat pasar smartphone yang sudah jenuh. Jika anda search di suatu search engine, mungkin anda hanya akan belum banyak menemukan toko online yang menjual smartwatch ini.

Empat Cara Web Desain Yang Dapat Membuat Anda Kehilangan Pelanggan Atau Pengunjung

Untuk semua jenis industri, internet menjadi semakin penting. Peningkatan jumlah pembeli di ranah online membuat pasar menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya. Dengan begitu banyak kehadiran perusahaan yang beraktifitas secara online, maka tidak mengherankan bahwa desain web menjadi prioritas utama. Di sini, kita akan melihat beberapa cara di mana sebuah situs web yang dirancang buruk bisa menghilangkan kesempatan bisnis Anda.

Desain web yang membuat perangkat menjadi terasingkan

beberapa tahun terakhir ini, Web telah datang dengan salah satu perubahan paling signifikan dimana dengan teknologi android orang semakin mudah untuk mengaksesnya. Kini, tidak lagi terjadi semua pengunjung web akan duduk di rumah pada komputer desktop. Dengan android, pengunjung dapat mengunjungi situs web dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki. Tindak lanjut dari itu, maka perusahaan dapat mengharapkan kunjungan dari ponsel, tablet dan laptop.

Jika situs web Anda tidak diatur untuk menangani lalu lintas dari perangkat mobile, maka pengalaman pengguna akan dihukum berat. Memilih untuk menggunakan design situs khusus untuk mobile atau elemen desain responsif dapat memastikan bahwa pengunjung Anda akan bahagia, terlepas dari kesulitan menggunakan perangkat mereka. Untuk dicatat, Desain web responsif adalah design suatu web dimana design tersebut akan menyesuaikan bentuk dan ukurannya secara otomatis ketika dibuka di perangkat mobile (smartphone, Ipad, Blackberry, atau Tablet).

Navigasi yang sulit

Ini bukan hanya penting bagi Anda untuk menyajikan informasi dengan jelas kepada pengunjung Anda; Anda juga harus memungkinkan mereka untuk mengontrol apa yang mereka lihat. Jika pengunjung tidak dapat menavigasi situs Anda dengan mudah pada smartphone mereka, maka mereka cepat akan pindah ke pesaing Anda. Sebuah navigasi bar sederhana namun komprehensif adalah kunci untuk desain web yang baik.

Membosankan, konten statis

Web desain adalah jauh lebih dari sekedar cara website terlihat. Halaman yang isinya membosankan akan membuat pengunjung tidak tertarik. Pengguna web menghargai konten segar yang dapat membuat mereka dapat berinteraksi dengan mudah. Tidak peduli apakah perusahaan Anda menjual produk gigi atau jasa hukum, desain web interaktif akan menarik pengunjung Anda dan meningkatkan kesempatan Anda untuk membuat penjualan.

Koneksi internet hari ini mungkin jauh lebih cepat daripada dulu, tapi itu tidak berarti kecepatan koneksi tidak relevan. Mengisi halaman Anda dengan konten yang besar akan memperlambat waktu pembukaan bagi pengunjung. Jika pengunjung Anda dibuat untuk menunggu, Anda meningkatkan kemungkinan mereka pergi ke tempat lain.

Jika Anda tertarik untuk menanamkan konten besar seperti video, cobalah untuk menjaga mereka di halaman terpisah. Konten yang besar memiliki tempat dalam desain web yang baik tapi penting untuk dicatat bahwa jangan sampai hal itu merusak situs Anda.

Aplikasi Android Yang Harus Ada Di Smartphone Pebisnis

Saat ini, smartphone merupakan alat komunikasi yang paling mumpuni untuk segala aktivitas. Hampir semua orang kini memiliki smartphone di dalam sakunya. Pun tidak terkecuali seorang pebisnis. Bahkan bukan tidak mungkin bahwa seorang pebisnis akan sangat merasa kesusahan dalam beraktivitas jika smartphone tidak ia bawa kemana ia pergi. Dengan kata lain, pebisnis sudah sangat ketergantungan terhadap smartphone ini. Apakah ini salah? Tidak, justru sebaliknya keberadaan smartphone ini akan mempermudah pekerjaan dan mengefisiensikan segala hal, serta memgefektifkan operasional bisnis.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang biasanya ada di smartphone seorang pebisnis yang menyebabkan mereka menjadi sangat ketergantungan terhadap alat ini.

1. Email

Aplikasi email pada smartphone memungkinkan seorang pebisnis untuk dapat segera menerima informasi penting walau pada saat di dalam mobil sekalipun.

2. Aplikasi internet banking.

Tentu saja ini adalah aplikasi yang super penting. Tanpa aplikasi ini, bisa jadi order beromzet jutaan atau proyek bernilai besar bisa gagal terwujud hanya gara-gara transfer uang. Dan sudah dipastikan bahwa setiap banv besar pasti menyediakan aplikasi ini untuk para nasabahnya.

3. Aplikasi berita

Pebisnis tidak lepas dari informasi. Informasi ini sangat penting karena dapat mempengaruhi keputusan kebijakan yang dibuat. Aplikasi berita terbaik yang biasa di pasang di smartphone adalah kompas, detii, jakarta post, dan media indonesia. Untuk berita luar negeri adalah CNN, Bloomberg, atau Channel News Asia.

4. Browser

Browser yang digunakan bisa Mozilla Firefox atau Google Chrome. Ini adalah untuk menelusuri dunia internet melalui smartphone.

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa diinstall di smartphone untuk bisnis, namun itu semua sangatlah tergantung pada penggunanya. Bisa jadi aplikasi yanng dipasang seseorang tidak akan dipakai oleh orang lain. Seperti halnya saya, saya memasang aplikasi rss feed di smartphone saya karena kebutuhan bisnis saya memerlukan itu. Keempat aplikasi tersebut diatas adalah aplikasi yang umum terpasang di setiap pebisnis, yang membedakan mungkin produknya saja. Midalnya jika saya menggunakan browser mozilla dan aplikasi BRI internet banking, mungkin orang lain akan lebih suka menggunakan Google Chrome dan aplikasi mobile BCA.

Lalu dimanakah kita bisa menginstall berbagai aplikasi untuk kebutuhan bisnis kita? Bagi pengguna Apple anda bisa download di AppStore, sedang pengguna android atau Blackberry bisa download di GooglePlay.

 

 

 

 

 

 

Tanpa Poin-poin Penting Ini, Penjualan Dipastikan Tidak Akan Maksimal

Marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Ada banyak perubahan teknik menjual yang sangat signifikan dan ekstrem jika dibandingkan dengan teknik-teknik penjualan di abad 20. Bagi siapapun yang mau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi ini, maka bisnis akan dipastikan dapat terus bertahan dan berkembang. Namun jika tidak mengikuti perubahan ini, maka bisnis akan mengalami kehancuran.

Berikut adalah beberapa poin penting penjualan yang harus dilakukan di abad ini jika bisnis ingin tetap bertahan.

  • Proses penjualan. Memperhatikan bagaimana proses penjualan terjadi sangatlah penting. Sebab dari proses penjualan inilah kita selaku pemilik bisnis dapat mengetahui apakah strategi marketing yang dijalankan bekerja efektif atau tidak. Namun demikian, di era ini penjualan bukanlah sumber kekuatan utama agar bisnis bertahan. Sumber kekuatan utama dari bertahannya suatu bisnis saat ini adalah customer. Abad ini adalah abad pelayanan dan kepercayaan. Pelayanan yang prima dari pebisnis, dan customer yang percaya kepada mereka akan membuat bisnis semakin maju. Abad ini fokus utama keberlangsungan bisnis adalah bagaimana agar proses penjualan dapat menyenangkan customer dan ia bersedia untuk menjadi pelanggan setia. Semakin banyak pelanggan setia, maka akan semakin bertahan suatu bisnis tersebut. Dan kunci utama kesetiaan pelanggan adalah pelayanan prima dan kepercayaan.
  • Otomatisasi. Dengan kebutuhan akan kecepatan proses penjualan dan makin kompleksnya data penjualan yang dimiliki, adanya otomatisasi sangat dibutuhkan agar pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien.
  • Tak hanya mampu menjual. Kemampuan untuk sekedar menjual tidak lagi cukup. Konsumen saat ini butuh marketer yang bukan saja mampu memberikan pandangan dan mengarahkan pada produk yang benar-benar dibutuhkannya, tapi juga bisa menjadi pelindung terhadap produk yang sudah mereka beli.
  • Internet. Internet makin penting peranannya dalam penjualan maupun ekspansi bisnis. Apapun usaha anda, jika tidak menyesuaikan dengan kehadiran internet maka akan dipastikan tenggelam. Internet dapat memperpendek jarak jangkauan pemasaran, memperluas pasar, dan mempercepat proses transaksi.
  • Aplikasi Smartphone. Di abad ini, hampir dipastikan setiap orang memiliki smartphone di dalam sakunya. Pebisnis yang cerdas dan ingin bertahan harus mempercayai bahwa gadget smartphone dapat meningkatkan potensi penjualan. Bagi ecommerce, memiliki aplikasi yang dapat di download di GooglePlay atau AppStore akan memperbanyak perolehan pelanggan setia dimanapun.

Pentingnya Sebuah Aplikasi Mobil Untuk Pengembangan Bisnis

Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sebuah perubahan  tradisi dari kultur masyarakat sehari-hari, dengan terciptanya sebuah keterbukaan dan transparansi di berbagai bidang, yang terutama di bidang Teknologi Informasi (IT). Informasi yang cepat dan akurat merupakan bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk didalamnya dunia bisnis.

Berkembangnya penggunaan Internet dan mobile application, menyebabkan munculnya penggunaan internet mengalami perkembangan yang luar biasa di bidang bisnis terutama pada perusahaan skala besar maupun kecil. Sejak berkembangnya teknologi internet di gadget-gadget komunikasi, penggunaan mobile application menjadi semakin meluas karena dipandang memberikan manfaat yang sangat besar bagi kelancaran proses-proses bisnis.

Salah satu jenis implementasi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah e-Commerce mobile application.

Ide dasar dari e-Commerce mobile application adalah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan. Melihat kenyataan tersebut, setiap perusahaan e-commerce, atau bahkan perusahaan bisnis lainnya kini selalu menganggarkan mobile app development cost dalam setiap rencana bisnis tahunannya. Hal ini tidak lain adalah untuk ntuk mempercepat dan meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan layanan secara on-line.

Jika dilihat dari sisi budget, maka itu sangat tergantung dari fitur, kecepatan access, dan kompatibilitas. Tapi jika dilihat dari sisi value, maka biaya pembuatan mobile app sedianya jauh lebih murah. Karena keberadaan mobile ap ini akan nyata sekali dalam peningkatan brand awareness, jangkauan pangsa pasar, serta penjualan produk.

Saat ini bisa dikatakan bahwa 9 dari 10 orang pasti memiliki smart mobile communication. Dan kecenderungan orang untuk berbelanja secara online akan terus meningkat setiap waktu. Mobile app merupakan salah satu factor penyebab peningkatan tersebut. Oleh sebab itu, sangatlah disayangkan jika suatu bisnis atau e-commerce tidak dilengkapi dengan sistem aplikasi mobil yang compatible dengan semua gadget smart phone.