Category Archives: strategi bisnis

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Hits: 2

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

BUKA BISNIS RESTORAN DENGAN RESEP DARI APLIKASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Hits: 15

aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Bisnis restoran atau bisnis warung makan adalah kompetisi bisnis yang diyakini akan selalu ada pasarnya. Kenapa? Karena semua orang butuh makan, dan tidak semua orang punya waktu untuk memasak. Untuk itu, banyak orang yang lebih memilih makan di restoran ketimbang memasak sendiri. Tentunya restoran pun ada banyak ragamnya, ada yang restoran dengan resep masakan mewah berharga mahal, Dan ada pula restoran yang dengan menggunakan resep masakan sederhana berharga murah meriah namun lezatnya tidak kalah dengan resep masakan di restoran mahal.

Bagi orang yang mau terjun memulai bisnis restoran lokal berharga makanan murah, Maka anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar restoran atau warung makan yang anda bangun menjadi laku dan terkenal, serta memiliki pasar tersendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan pada saat akan membangun sebuah warung makan.

  1. LOKASI WARUNG MAKAN

Lokasi adalah penting jadi bahan pertimbangan pertama. Lokasi terbaik adalah lokasi yang mudah diakses oleh pengunjung, mudah terlihat dari jauh, memiliki parkir cukup luas, dan tentunya memiliki area makan yang juga luas.

2. RESEP MASAKAN ANDALAN

Bisnis warung makan ini ada sangkut pautnya dengan cita rasa. Dan cita rasa itu tentu berasal Dari resep masakan yang pas. Selain itu, resep masakan yang pas dan konsisten akan membuat kesetiaan pelanggan kepada warung makan tersebut semakin meningkat. Oleh karena itu, catat dan dokumentasikan resep masakan andalan yang anda miliki, Dan latihlah pegawai anda (jika memiliki), untuk memasak dengan menggunakan resep yang konsisten. Saat ini, dunia internet mempermudah segalanya. Anda tidak perlu melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu untuk mendapatkan resep masakan yang enak dan mudah dibuat. Ada banyak resep masakan yang bisa dicoba dan dicari di internet. Bahkan melalui aplikasi pun ada. Salah satu aplikasi resep masakan lokal yang bisa dijadikan referensi dan dicoba adalah aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT. Bagi pengguna HP android Samsung, aplikasi ini sudah trraedia di galaxy store app. Dan bagi pengguna HP OPPO, aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT sudah tersedia di OPPO app market dengan app id: 30854993.

Silahkan klik link tautan bagi kedua HP tersebut di bawah ini.

Oppo App Id: 30854993

Bagi pegguna HP android selain OPPO Dan Samsung, silahkan download aplikasi ini melalui tautan berikut ini, atau klik LOGO RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT di banner pojok kiri website ini.

Download aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT.

Aplikasi ini belum terbit di Google play, karena aplikasi ini adalah buatan perseorangan yang belum didaftarkan di Google Play. Namun walaupun belum ada di Google Play, aplikasi ini sudah terbukti bebas virus. Jika pada saat install ada peringatan virus, abaikan saja, Dan anda akan mendapatkan berbagai koleksi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT yang bisa dilihat kapan saja dan dimana saja melalui HP anda. Silahkan lihat cara install aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT i video youtube di bawah ini.

  1. MENU MASAKAN ANDALAN.
    Menu masakan berbeda dengan resep masakan. Jika resep masakan adalah komposisi atau racikan bumbu-bumbu, Maka menu adalah sajian utama masakan anda dengan resep tertentu. Agar berbeda dengan warung makan yang lain, anda harus punya menu makanan andalan . Misalnya menu màkanan andalan anda adalah Ayam Kuluyuk, Maka menu Ayam Kuluyuk ini harus ada setiap waktu, dan diperkenalkan setiap saat kepada pelanggan. Bahkan lebih baik lagi jika nama warung makan anda mencatut menu màkanan andalan tersebut, Misalnya “AYAM KULUYUK MBAH YONO”.
  1. Pelayanan pelanggan
    Pelayanan pelanggan jangan dianggap remeh dalam bisnis warung makan. Walaupun masakannya enak, menu makanan yang unggul, tapi ternyata penyajian makanan kepada pelanggan butuh waktu lama, atau karyawannya tidak ramah. Maka itu akan berimbas pada kecewanya pelanggan. Kekecewaan pelanggan akan berujung pada tidak loyalnya pelanggan. Mereka para pelanggan akan berkomentar kepada yang lain, Dan komentarnya hampir pasti akan negatif karena pelayanan yang buruk. Efek word of mouth adalah sesuatu hal yang sangat kuat dalam bisnis warung makan. Karena itu perhatikan pelayanan pelanggan, termasuk didalamnya adalah keramahan pegawai, durasi penyajian, penanganan komplain, hingga, sistem antrian atau sistem parkir pelanggan.

Tips Toko Kelontong Anda Laris Di Saat Lebaran

Hits: 10

Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran
Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang paling tepat untuk berbelanja, dan ini merupakan salah satu musim ritel tersibuk sepanjang tahun setelah musim belanja di saat menjelang Ramadhan. Pada waktu inilah, pembeli mencari penawaran terbaik, hadiah sempurna, dan obral terbesar. Jika Anda tidak mengiklankan bisnis Anda selama ini, Anda akan diabaikan karena pelanggan akan bergegas ke pesaing Anda, dan tentunya anda akan kehilangan momen penjualan. Gunakan signage yang efektif agar menonjol saat Hari raya Lebaran. Berikut adalah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran.

Saat anda akan memasang signage untuk musim lebaran, anda harus mengenali produk yang akan Anda tawarkan, dan pastikan bahwa yang anda tawarkan tersebut akan memikat pembeli. Buat promosi lebaran dengan menggunakan produk andalan ini. Sekitar lebaran, para pembeli mulai berbenah membersihkan rumah-rumah mereka dan memulai belanja. Sehari setelah Lebaran atau H+1 lebaran adalah hari dimana aktivitas belanja akan makin meningkat. Pastikan produk-produk toko kelontong anda memiliki stok yang banyak, terutama stok barang andalan anda.

Untuk memancing pembeli masuk ke toko kelontong anda, Hiasan luar toko Anda harus terlihat meriah sesuai dengan nuansa lebaran yang sedang berlangsung. Jika tidak ada hiasan toko, setidaknya gunakan warna putih bersih yang merepresentasikan hari yang kembali ke suci atau kembali fitrah. Bersihkan toko sebersih mungkin, dan jika punya karyawan, khusus di hari lebaran, gunakan pakaian yang merepresentasikan kebersihan, kesucian, dan kebaruan. Jika Anda lebih suka fokus pada obral di H+1 Lebaran, buat tanda atau signage dengan tulisan “OBRAL BESAR-BESARAN di H+1”. Anda bisa memasang tulisan tersebut di depan toko, dibuatkan flyer, atau brosur-brosur yang disebar di jalan-jalan.

Manfaatkan jendela toko Anda untuk mempromosikan produk dan penawaran liburan terbaik yang unik dari toko Anda. Salah satu produk hebat untuk signage obral Lebaran adalah diletakkan jendela toko anda. jangan lupa sertakan tenggat waktu sehingga pelanggan tahu bahwa mereka harus segera masuk ke toko Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jika Anda menawarkan peralatan makan, makanan, atau produk khusus bertema lebaran lainnya, letakkan di bagian depan toko dan soroti dengan papan nama Anda. Tambahkan spanduk vinil yang menyatakan bahwa toko Anda adalah tempat yang baik untuk berbelanja di saat sebelum lebaran dan setelah lebaran hingga 2 minggu ke depan. Rancang spanduk Anda untuk digantung di etalase Anda dengan memperlihatkan waktu belanja dan diskon khusus.

Saat toko Anda ramai di saat waktunya, tambahkan spanduk vertikal ke pintu masuk Anda untuk menarik perhatian pembeli, arahkan ke daerah antrean yang diindikasikan akan memanjang, dan soroti produk unggulan Anda. Desain spanduk vertikal Anda harus menggunakan gambar produk teratas dan pemberitahuan khusus. Spanduk ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan tentang penawaran khusus Anda saat mereka memasuki toko Anda atau saat mereka mengantri. POS Display Anda harus membuat dampak yang kuat terhadap pelanggan Anda, tetapi tidak membuat mereka terganggu pandangannya dengan terlalu banyak informasi. Signage yang menarik dan tampak profesional dapat memberi tahu pelanggan anda bahwa Anda adalah toko yang menarik dan berkualitas, dan dijalankan secara profesional, yang merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja di saat Hari Raya Idul Fitri. Itulah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran

Mempersiapkan Toko Kelontong Menjelang Ramadhan

Hits: 17

Ketika Bulan Ramadhan sudah dekat, maka berkah akan segera datang bagi para pengusaha toko kelontong atau toko retail sembako. Bulan Ramadhan adalah momen dimana pendapatan penjualan toko akan meningkat berlipat-lipat dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Ini terjadi karena para konsumen yang melakukan aksi belanja di luar kebiasaan. Mereka berbelanja untuk menenangkan keluarga, momen Ramadhan adalah momen spesial bagi mereka yang melaksanakannya, dan bagi para pengusaha toko retail atau toko kelontong, ini merupakan momen untuk meraup untung yang maksimal. Oleh karena itu, perlu persiapan yang cermat agar toko kita tidak kehilangan momen penjualan di bulan Ramadhan tersebut. Berikut adalah tips mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan.

  1. Mengevaluasi kinerja toko di bulan Ramadhan tahun sebelumnya.

Langkah pertama adalah mengevaluasi penjualan toko anda pada bulan Ramadhan di tahun lalu. Bahkan jika toko Anda mengalami tingkat pendapatan yang tinggi di Ramadhan kemarin, Anda setidaknya dapat melihat produk mana yang memberikan kontribusi tertinggi di penjualan total anda. Dan itu bisa anda ulangi lagi di tahun ini. Peritel kelontong yang cerdas akan merencanakan anggaran dan menentukan dengan tepat berapa banyak uang yang dapat dialokasikan, produk apa yang harsu diperbanyak stok-nya, dan barang mana yang harus dikurangi. Itu semua dapat dianalisa dan dtentukan kebijakannya setelah melihat histori penjualan pada bulan Ramadhan tahun lalu.

  1. Analisis kebutuhan target pasar Anda.

Toko kelontong seharusnya tidak hanya mengevaluasi dan menganalisis kebutuhan pelanggannya di tahun lalu, tetapi toko kelontong pun harus mengetahui produk apa yang sedang trend di tahun sekarang. Misalnya, jika trend tahun ini adalah produk mentega sebagai pengganti minyak goreng yang langka, maka tentu toko kelontong harus mempersiapkan diri akan trend ini. Anda harus segera mulai mencari supplier yang dapat meneyediakan stok mentega di toko anda, namun tentunya anda juga tidak mengesampingkan untuk teap berjualan minyak goreng. Trend suatu produk jualan dapat anda analisis dari erbagai media sosial, berita ekonomi, atau bahkan mungkin saja dengan menggunakan analisis dari Google trends.

  1. Negosiasikan diskon yang lebih besar dengan grosir Anda.

Jangan lupa untuk bernegosiasi dengan supllier toko kelontong anda. Dengan mengetahui produk mana yang populer di Bulan Ramadhan tahun sebelumnya, anda dapat menentukan untuk membeli produk dengan jumlah banyak alias massal. Dan biasanya, membeli barang dalam jumlah banyak biasanya terdapat diskon pembelian yang diberikan oleh supplier. Gunakan kesempatan ini untuk bernegosiasi mendapatkan diskon yang lebih baik.

itulah saya rasa tips sederhana untuk me mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan. Dan tips ini bukan hanya berlaku untuk toko besar saja, namun bisnis UMKM kecil, toko kelontong kecil, atau warung-warung kelontong kecil pun dapat mengaplikasikan tips ini, ayng tentunya disesuaikan dengan budget, jumlah pelanggan, dan jumlah varian produk yang dimilikinya.

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Hits: 24

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

JD.ID TUTUP ! MULAI SEKARANG, JANGAN BUKA LAPAK DI SATU TOKO KELONTONG ONLINE

Hits: 29

Tampilan Announcement toko kelontong online JD.ID tutup di laman resmi JD.ID
Tampilan Announcement toko kelontong online JD.ID tutup di laman resmi JD.ID

JD.ID TUTUP ! MULAI SEKARANG, JANGAN BUKA LAPAK DI SATU TOKO KELONTONG ONLINE. KENAPA? Beberapa hari yang lalu, saya mendengar berita dari cnnindonesia.com, kemudian membuka laman toko online JD.ID. Betapa kagetnya saya ketika di halaman muka toko online JD.ID tersebut terdapat tulisan: “Dengan berat hati kami memberitahukan bahwa JD.ID akan berhenti menerima pesanan anda mulai tanggal 13 Februari 2023. JD.ID dan semua layanannya akan dihentikan pada tanggal 31 Maret 2023.” Ini membuat saya kaget. Setelah pengurangan karyawan besar-besaran, kini toko online JD.ID tutup permanen. Wah…jangan-jangan toko kelontong online atau e-commerce yang lain pun demikian. Shopee, Tokopedia, Bukalapak bisa tutup kapan saja. Karena mereka pun beberapa waktu lalu mengurangi karyawannya secara besar-besaran.

Saya sih tidak akan mempertanyakan kenapa toko JD.ID bisa tutup, atau oko retail online yang lain mem-PHK massal. Karena pertanyaan ini sudah saya kupas di artikel sebelumnya yang berjudul “Toko retail online JD.ID kenapa tutup?” Sekarang yang jadi saya persoalkan adalah tentang bagaimana nasib para penjualatau pelapak yang terdaftar di toko online JD.ID tersebut. Dan bagaimana langkah antisipasinya. Ok. mari kita kupas hal-hal tersebut.

Pertanyaan pertama, bagaimana nasib para pelapak di JD.ID yang mau tutup permanen?

  1. Jika pelapak atau para penjual itu hanya menjual barangnya hanya di JD.ID saja, maka sudah dipastikan pelapak tersebut akan mengalami bencana hebat. Kenapa? Karena dia tidak akan bisa menjual barangnya lagi di JD.ID. Ya gak mungkin bisa lah, karena toko online-nya tutup koq. Sementara jika dia mendaftar baru ke lapak lain, misalnya baru mendaftar ke Shopee, atau Bukalapak, maka dia akan butuh upaya besar lagi memperkenalkan lapaknya di toko online tersebut. Dia harus melakukan SEO lagi, promosi lagi, marketing lagi…
  2. Jika pelapak itu hanya menjual barang di JD.ID saja, maka dia akan kehilangan pelanggannya yang sudah setia dan sudah terpelihara sekian lama. Para pelanggan tersebut tentu akan mencari lapak lain di toko retail online lain. Dan itu bukan anda…Kenapa? karena anda hanya mendaftar di satu tempat saja, JD.ID yang sudah mau tutup.
  3. Agak berbeda nasibnya dengan pelapak yang mendaftar di lebih dari satu lapak toko kelontong online atau toko retail online. Pelapak yang mendaftar di dua, atau tiga, atau lebih lapak online mungkin tidak akan terlalu mendapat bencana. Istilahnya, jika JD.ID tutup ya sudah…saya masih ada tempat untuk jualan di lapak lain. Dan di tempat sana saya masih punya pembeli setia. Kerugiannya atau pendapatannya menurun tidak drastis-drastis amat lah.
  4. Soal marketing, SEO, daftar baru, promosi di tempat baru tidak mesti dilakukan karena proses itu sudah pernah dilakukan, dan pelapak tinggal fokus jualan saja. hal yang perlu dilakukan adalah bahwa dalam masa-masa mau tutup JD.ID ini, para penjual harus memberitahukan di lapaknya atau melalui SMS atau pesan tentang pengalihan belanja ke lapak online yang lain. Jadi pelanggan tahu bahwa anda punya lapak di toko retail online yang lain, dan mereka tidak perlu susah payah mencari. Dengan demikian anda tidak akan kehilangan pelanggan setia anda.

Jadi…dari tutupnya toko JD.ID ini, maka ada pelajaran penting dalam bisnis toko kelontong online atau retail online, yaitu bahwa mulai sekarang, jangan buka lapak di satu toko kelontong online. Ini berbahaya, karena kalau toko online itu tutup, maka bisnis kita juga akan tutup pula. lalu antisipasinya bagaimana? Begini antisipasinya.

  1. Jelas…Anda sebagai pelapak harus daftar di berbagai tempat jualan online. dua, tiga, empat,atau bahkan lima sekaligus. bagi anda penjual pemula..Daftarkan secara berbarengan, dan kelola lapak anda dengan baik dan benar.
  2. Anda juga sekarang jangan terlalu mengandalkan lapak toko online. karena bisa saja ternyata toko online itu akan tutup semua ha..ha..Cobalah cari alternatif jualan berbasis online namun beda cara. Misalnya anda jualan di halaman facebook anda, di instagram, atau lainnya.
  3. Buat toko online sendiri. Saya rasa membuat toko kelontong online sendiri adalah alternatif yang keren dan bisa jadi hal yang utama di masa datang jika anda berupaya keras. Dengan memiliki toko online sendiri dengan merek sendiri, maka anda tidak akan khawatir dengan gangguan kondisi bisnis pihak ketiga. Hanya saja, ini perlu upaya, biaya, dan pengetahuan tersendiri. Anda perlu cari nama sendiri untuk merek, beli hosting, dan melakukan Search Engine Optimazion (SEO) agar toko online anda dikenal oleh Google dan akhirnya masyarakat. Dan hal ini semua perlu biaya, bisa berbiaya murah atau mahal itu tergantung budget yang anda miliki. Itulah pelajaran yang didapat dari tutupnya JD.ID. Jadi, karena JD.ID tutup ! Mulai sekarang, jangan buka lapak di satu toko kelontong online saja.

Toko Retail Online JD.ID Kenapa tutup?

Hits: 30

Tampilan web jd.id akan ditutup

Trending di minggu ini adalah berita bahwa toko online JD.ID tutup atau menghentikan operasinya pada maret 2023 mendatang. Hal ini menambah kekhawatiran jika bisnis retail online akan mengalami kejatuhan kejayaan dalam masa-masa mendatang. Muncul pertanyaan kenapa toko Retail online JD.ID kenapa tutup? Apakah ini disebabkan Oleh kesalahan pengelolaan bisnis ataukah ini murni karena model bisnis yang tidak panjang umur? Berikutnya jika model bisnis retail online ini bukan merupakan suatu bisnis yang panjang umur, mungkinkah bisnis retail online Ataubtoko kelontong yang kita kelola akan mengalami kehancuran didalam waktu dekat?

Mengutip Dari laman cnnindonesia.com , ada berapa penyebab kenapa perusahaan bisnis retail online besar seperti JD.ID tutup, atau shopee , Amazon, Tokopedia yang mem-PHK ratusan pegawainya. Berikut adalah penyebabnya:

  1. Beban gaji yang tinggi.
    Hal ini diawali ketika virus COVID-19 merebak di Indonesia. Sebagai akibat pandemi COVID-19, maka banyak orang yang berbelanja secara daring atau online. Permintaan menjadi meningkat, Dan kebutuhan pegawai pun meningkat. Akan tetapi, 2 tahun kemudian pandemi COVID-19 sudah selesai. Semua ibarat kembali normal. Banyak orang kembali lagi menyukai belanja di mall atau pasar-pasar. Akibatnya, permintaan belanja di toko online ikut menurun. Sementara itu pegawai tetap harus dibayar gajinya. Hal ini membuat keuntungan perusahaan menjadi berkurang. Untuk menjaga eksistensi, Maka mau tidak mau perusahaan retail online harus mengurangi karyawannya. Maka terjadilah PHK massal.
  2. Beban biaya teknologi yang tinggi.
    Bisnis retail online memaksa perusahaan harus selalu up to date dalam sinkronisasi dengan teknologi yang menyokongnya yang dipastikan selalu berkembang atau meningkat setiap waktunya. Biaya sinkronisasi teknologi ini tidaklah kecil, sementara jumlah konsumen tidak meningkat bahkan cenderung turun akibat pandemi COVID-19 selesai dan persaingam bisnis yang ketat antar merk dagang toko Retail online. Biaya yang tinggi ini yang menyebabkan toko Retail online akhirnya gulung tikar, PHK massal, atau fokus pada bisnis lain. Seperti JD.Id yang kini fokus pada bisnis logistik Dan pergudangan.
  3. Kalah bersaing
    Ini adalah Hal yang sangat jelas. Dengan JD.ID tutup, Maka ini memberi sinyal bahwa JD.ID kalah bersaing dengan merk lainnya yang berplatform sama, yaitu toko kelontong online atau yoko Retail online. Karena kalo dalam persaingan, JD.ID unggul dibanding yang lain, Maka tidak mungkin ia rela menutup bisnisnya. Ada banyak faktor dalam kekalahan persaingan ini, misalnya karena pelayanan pelanggan yang buruk, harga barang yang lebih tinggi, atau kurangnya promosi untuk pengunjung.

Itulah jawaban Dari pertanyaan toko Retail online JD.Id kenapa tutup. Memang jawaban ini perlu dibuktikan secara ilmiah berdasarkan data, namun bagi orang awam seperti saya, cukuplah berasumsi atau mengutip dari orang yang lebih ahli.

Ada pelajaran Dari kasus investasi indosurya

Hits: 20

Bulan Januari 2023 ini kita dihebohkan dengan kasus investasi bodong berkedok koperasi indosurya. Masyarakat dirugikan hingga Rp 106 trilyun, yang menjadikan kasus investasi terbesar Indonesia. Ada pelajaran Dari kasus investasi yang bisa dipetik oleh kita.

Saya bukan ahli investasi, namun demikian, persoalan investasi ini sudah umum di masyarakat yang menginginkan tambahan pendapatan di luar pendapatan pokoknya. Ada masyarakat yang kelebihan uang sehingga mereka berani berinvestasi, ada juga yang memiliki uang terbatas, terdesak karena kebutuhan, dan tergiur oleh besarnya Tingkat pengembalian investasi tersebut. Apapun alasannya, kita harus berhati-hati dalam melalukan investasi agar kita tidak kecewa di masa depan. Berikut adalah pelajaran Dari kasus investasi indosurya yang saya rasa penting untuk orang awam yang tidak tahu banyak soal investasi atau keuangan seperti saya.

PELAJARAN PERTAMA: Bersikap realistis dalam berinvestasi
Sikap realistis ini maksudnya adalah jika kita ingin berinvestasi, janganlah ambil resiko menggunakan uang yang pada awalnya untuk kebutuhan Utama kita. Jangan tergiur dengan rayuan orang, suksesnya orang berinvestasi (ikut-ikutan) yang menyebabkan kita gelap mata memindahkan cadangan uang kita ke investasi tersebut. Ini sangat berbahaya bagi kondisi keuangan keluarga kita.

PELAJARAN 2: Hitung dengan cermat.
Perhitungan investasi ini tidak hanya mengenai berapa rupiah yang bisa kita terima atau kapan uang kita kembali. Hitung dengan cermat termasuk didalamnya adalah tentang resiko jika kita mendapatkan kerugian. Kita harus ingat bahwa berinvestasi itu mengandung resiko memgalami kerugian. Kita tidak boleh berasumsi bahwa investasi itu pasti untung. Kita harus berfikir terbalik bahwa investasi itu pasti ada rugi, karena investasi adalah bisnis, Dan bisnis berarti ada untung rugi. Jika tidak mau rugi, amaka sebaiknya jangan berinvestasi. Jika ingin ambil resiko rugi, setidaknya kerugian tersebut tidak mengganggu keuangan kita yang lain. Jangan sampa gara-gara rugi investasi kita jàdi tidak bisa menghidupi keluarga kita.

PELAJARAN 3. CARI INFORMASI TENTANG PERUSAHAAN YANG MENGHIMPUN DANA INVESTASI

INFORMASI penting terkait PERUSAHAAN investasi adalah bahwa uang kita itu diinvestasikan di bisnis apa. Adakah bisnisnya? Dimana lokasinya? Jika tidak jelas bisnisnya, mending tidak usah berinvestasi.

PELAJARAN 4. PERTIMBANGKAN UNTUK BERINVESTASI DI EMAS
Emas adalah alat investasi yang menurut saya paling aman Dan stabil. Sejauh ini, emas merupakan alat investasi yang tidak ribet. Beli emas, simpan jika butuh uang, jual. Memang selisih beli Dan jual tidak signifikan, akan tetapi, keamanan uang kita bisa terjamin. Resikonya hanyalah jika emas Investasi yang kita beli itu hilang atau dicuri…

Itulah pelajaran yang dapat dipetik Dari kasus indosurya. Memiliki banyak uang adalah suatu hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Namun kita harus sadar bahwa karena semua orang menginginkan banyak uang, Maka kita harus meyakini bahwa tidak semua orang dapat terpercaya memegang amanah soal uang. Ada yang pelit, ada yang jahat, ada yang culas…kita harus Bersikap realistis Dan berhati-hati dalam.menginvestasikan uang kita.

7 Kunci Sukses Menjawab Pertanyaan Calon Supplier Toko Kelontong

Hits: 261

Ketika supplier ada yang akan masuk menjadi partner kita, ini merupakan suatu kemajuan dan ekuntungan bagi toko kita. Sebab, adanya supplier berarti kita tidak perlu modal lagi untuk membeli barang. Suplier yang akan menyediakan barang, dan kita tinggal jualan. Akan tetapi, tidak mudah untuk memperoleh supplier. Para supplier mungkin akan memperhatikan reputasi toko kita, menganalisis transaksi penjualan kita, dan bahkan mungkin juga mereka akan mengirimkan mistery shopper utnuk mencari tahu cara kita melayani para pelanggan. Bahkan, ada beberapa supplier yang melakukan wawancara terlebih dahulu dengan kita sebelum mereka memutuskan untuk menjadi supplier toko kita. Berikut adalah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong ketika mereka melakukan wawancara dengan toko kita. Inti dari ketujuh kunci ini adalah komunikasi. Komunikasi memainkan peran penting dalam kesuksesan meraih supplier, karena komunikasi adalah sesuatu yang dapat menyegel kesepakatan atau membatalkannya. Komunikasi yang efektif memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan, pemikiran, dan ide Anda dengan cara yang benar, sehingga menarik perhatian. Untuk menyampaikan komunikasi yang efektif dalam wawancara dengan calon supplier, ada tujuh kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong, yaitu:

  1. Kebenaran
    Ketepatan mengacu pada penyediaan fakta yang benar, menggunakan tingkat bahasa yang tepat dan menyampaikan pesan yang tepat kepada pewawancara, yang dalam hal ini adalah calon supplier. Ini mengacu pada menghindari kebohongan data dalam bentuk komunikasi secara tertulis maupun secara lisan. memberikan informasi yang bohong akan menimbulkan efek negatif yang berakibat menjadi buruknya reputasi toko kelontong kita.
  2. Kejelasan
    Kejelasan memerlukan penggunaan bahasa sedemikian rupa sehingga calon supplier dapat dengan mudah memahami arti sebenarnya dari kalimat tersebut. Kita perlu menekankan pada pesan tertentu pada suatu titik waktu. Jika ada kejelasan dalam pemikiran dan gagasan, maka itu memungkinkan makna kalimat tersampaikan dengan mudah.
  3. Kelengkapan
    Jika kita ingin mendapatkan respons yang diharapkan calon supplier, maka kita harus selalu menyediakan semua detail yang diperlukan. Kita harus mempertimbangkan keadaan pikiran pewawancara dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan mendukung tanggapan dengan fakta dan angka yang lengkap.
  4. Ringkas
    Di dunia bisnis, tidak ada yang punya waktu untuk komunikasi bertele-tele. Jadi, lebih baik ringkas dalam komunikasi dan hemat waktu Anda dan orang lain. Anda dapat mencapai keringkasan dengan menghindari pengulangan pemikiran dan ekspresi bertele-tele. Sebaliknya, Anda harus menggunakan kalimat singkat yang to the point tetapi menyelesaikan komunikasi.
  5. Pertimbangan
    Ini adalah komponen terpenting dari komunikasi yang efektif yang menyiratkan pemikiran dari perspektif calon supplier. Kita sebagai orang atau pemilik toko yang diwawancara harus mempertimbangkan pandangan, latar belakang, tingkat pendidikan, pola pikir, keinginan, dan masalah calon supplier tersebut saat sedang berwawancara dengan kita.
  6. Kekonkretan
    Kekonkretan dalam memberikan penjelasan mengacu pada kejelasan dan ketepatan kata-kata yang dapat menghindarkan hal-hal kabur dan tidak jelas. Kita harus menyajikan fakta yang benar dan spesifik di depan mereka untuk komunikasi yang efektif.
  7. Kesopanan
    Sopan santun adalah komponen inti dari setiap komunikasi yang efektif. Awal dan akhir komunikasi harus dengan sopan. Ini mengacu pada menghargai perasaan orang lain karena itu akan membangun niat baik. Kita harus menggunakan kata-kata yang sopan dan menunjukkan rasa hormat kepada calon supplier, sebab jika tidak, sebenar apapun bukti yang kita berikan, selengkap apaun keterangan yang kita jelaskan. Kita tidak akan berhasil jika kita tidak memiliki kesopanan. Kesopanan adalah faktor subjektif mereka yang sangat mungkin akan mengesampingkan semua kekurangan data hanya karena hati mereka tersentuh dengan kesopanan yang kita berikan.

Itulah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong yang dapat meningkatkan reputasi, profit, dan merk dagang toko kelontong kita. Semoga berhasil.

Tips Menyewa Toko Yang Strategis Untuk Jualan

Hits: 399

Menyewa toko untuk jualan bisa menjadi tantangan untuk Anda yang sedang dan akan berbisnis di dunia retail. Menyewa toko itu gampang-gampang susah, dalam pengertian gampang, karena mungkin ada banyak ruko yang disewakan untuk berbisnis retail, namun dibilang juga susah karena kita harus yakin bahwa tioko yang kita sewa berlokasi strategis dan mampu meningkatkan penjualan barang kita. Berikut adalah tips menyewa toko yang strategis untuk jualan barang-barang kelontong anda atau produk-produk lainnya.

Tips menyewa toko yang strategis untuk jualan ini berlaku untuk sewaan toko di mall, pasar, komplek ruko, atau bahkan juga sewaan toko yang berdiri sendiri.

  1. Pastikan toko yang akan Anda sewa cukup besar untuk memajang semua produk jualan anda. Walaupun tidak semua stok dapat dipajang, namun setidaknya cukup untuk memajang semua varian produk yang anda miliki. Lebih bagus lagi jika toko yang akan anda sewa memiliki ruangan untuk gudang. itu lebih mantap.
  2. Cari informasi tentang penyewa toko sebelumnya. Anda harus mengetahui mengapa penyewa sebelumnya meninggalkan tempat tersebut. Cari informasi se-valid mungkin, apakah penyewa toko sebelumnya pergi karena kurangnya lalu lintas pelanggan, kurangnya akses transportasi umum, atau justru pemilik toko yang bermasalah.
  3. Anda harus mensinkronkan segmen pasar anda dengan lokasi yang anda rencanakan untuk disewa. Mengetahui psikologi dan perilaku target pasar Anda sangat penting dengan mempertimbangkan di mana mereka berbelanja. Anda akan kesulitan jualan daster berharga murah di lingkungan toko yang semuanya justru menjual pakaian branded.
  4. Perhatikan toko-toko yang lain di sekitar Anda. Ini penting untuk menetapkan posisi Anda di toko yang baru sehingga akan lebih menantang dan menyenangkan. Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan jika anda berjualan pakaian eceran di lingkungan toko yang hampir sebagian besar justru mereka berjualan alat elektronik.
  5. Tanyakan kepada pemiliknya apakah toko dapat dimodifikasi untuk desain interior toko. Ada beberapa pemilik yang tidak menginginkan roko miliknya dimodifikasi, ada juga yang membolehkan total, dan ada pula yang memboehkan dengan syarat-syarat tertentu. Anda harus tanyakan itu agar tidak terjadi kesalahfahaman di kemudian hari.
  6. Pastikan berapa biaya sewa, dan bagaimana kontrak sewa toko dan cara pembayarannya. Perkara uang anda harus detail. Anda harus tahu apakah Anda harus membayar biaya pemeliharaan dan perbaikan, Jika terjadi musibah misalnya kebakaran, apakah anda akan menanggung semua biaya perbaikan atau tidak, atau di bagi dua. Ini harus diperjelas, dan kalau perlu dicantumkan dalam kontrak sewa.

Itulah tips menyewa toko yang strategis untuk jualan. Pemilihan toko sewaan yang tepat akan mengakibatkan berkembangnya bisnis toko kelontong atau toko eceran anda. Selamat berjualan.