Category Archives: strategi bisnis

Strategi Pemasaran Properti

Perkembangan bisnis properti mendorong para pengembang maupun broker properti untuk saling berlomba mendapatkan calon konsumen. Berbagai macam strategi pun dilakukan para pelaku bisnis properti agar produk mereka laris diserbu konsumen. Untuk membantu pemasaran bisnis properti, berikut kami informasikan beberapa tips pemasaran yang perlu Anda perhatikan untuk menjaring banyak konsumen.

  • Pemasaran yang sukses diawali dari produk berkualitas. Sebelum menjual atau menyewakan rumah, apartemen, kantor, atau property lainnya, perhatikan kebersihan lingkungan sekitar, faktor pencahayaan serta pemandangan alam disekelilingnya, kelengkapan legal document, serta jaminan kenyamanan dan keamanan bagi para penghuninya. Ketika syarat-syarat tersebut telah dipenuhi, maka daya tariknya bisa semakin besar di mata para konsumen, sehingga mereka tidak segan-segan untuk membeli atau menyewa tempat hunian tersebut.
  • Memanfaatkan media promosi yang cukup efektif. Selain menjaga kualitas produk properti yang dipasarkan, strategi promosi bisa dilakukan melalui beberapa media maupun kegiatan-kegiatan, misalnya dengan mengikuti pameran properti, atau melalui iklan di media massa.
  • Gunakan internet untuk memperluas jangkauan pemasaran. Sekarang ini bisnis properti online sudah mulai diminati para konsumen. Karenanya, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mempromosikan bisnis tersebut ke berbagai penjuru daerah. Contoh penggunaan internet untuk bisnis property adalah dengan membuat website tentang dunia properti, memanfaatkan situs jejaring social, menggunakan email marketing, memasang iklan baris ataupun banner di situs online lainnya, dan berbagi informasi bisnis properti di forum-forum online.
  • Strategi open house untuk menciptakan kepercayaan konsumen. Selama ini konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi langsung lokasi hunian yang ditawarkan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut. Oleh sebab itu, dampingi calon konsumen selama berkeliling melihat lokasi dan berikan informasi selengkap-lengkapnya agar konsumen semakin yakin dengan penawaran yang Anda sampaikan. Ingat, pelayanan prima yang Anda berikan menjadi salah satu faktor penentu bagi konsumen sebelum akhirnya mereka mengambil keputusan.

Kenapa Produk Baru Harus Dipasarkan Melalui Strategi Network Marketing?

Network marketing pada dasarnya adalah metode penjualan langsung, dimana agen independen berfungsi sebagai distributor barang. Distributor dalam rantai pemasaran jaringan didorong untuk membangun jaringan penjualan dan mengelola jaringan yang sama.

Para distributor ini merekrut dan melatih beberapa agen penjualan untuk membangun jaringan diantara mereka sendiri. Tujuannya adalah tidak lain untuk membentuk jaringan yang lebih luas. Semakin luas jaringan yang terbentuk, maka produk yang terjual akan semakin banyak.  Para agen pengelola jaringan ini biasanya memperoleh penghasilan selain dari komisi penjualan, juga dari bonus penambahan anggota jaringan.

Jika anda memiliki produk baru, sebaiknya anda memasarkan produk anda tersebut dengan cara network marketing. Ada beberapa alasan kenapa produk baru harus dipasarkan melalui network marketing:

  1. Network marketing meciptakan pelanggan loyal. Ini masuk akal, ketika seorang agen menawarkan produknya, sudah dipastikan bahwa ia adalah pengguna setia produk tersebut. Dan ketika ia merekrut agen baru, maka secara otomatis ia pun menciptakan pelanggan loyal baru. Pelanggan loyal adalah asset penting dalam suatu bisnis, dimana semakin banyak pelanggan loyal maka penjualan akan semakin banyak.
  2. Network marketing menciptakan trend penjualan yang cenderung terus meningkat.  Sangat jarang informasi yang menyatakan bahwa produk yang dijual melalui cara network marketing  akan mengalami penurunan penjualan setiap tahun. Justru sebaliknya, trend penjualan akan semakin meningkat seiring dengan selalu bertambahnya agen-agen baru yang sekaligus berperan sebagai pelanggan setia.
  3. Network marketing adalah cara promosi berbiaya murah. Bahkan bisa dikatakan tanpa biaya. Kenapa? Secara sederhana, pemilik produk hanya perlu mengedukasi, melatih, dan memotivasi beberapa agen tentang keunggulan dan manfaat produk tersebut. Selanjutnya para agen inilah yang akan mengedukasi calon-calon agen atau calon-calon pelanggan baru lainnya. Seiring waktu berjalan, dapat dipastikan bahwa agen akan semakin terus bertambah, dan semakin bertambahnya agen maka biaya promosi akan cenderung mengarah ke titik nol.

Itulah beberapa alasan kenapa produk baru harus menggunakan network marketing. Selain keuntungan yang berifat income, network marketing pun memungkinkan perusahaan yang menjalankan strategi ini akan memperoleh karyawan penjualan yang tangguh karena mereka telah menggunakan dan mencintai produk tersebut dengan sepenuh hati.

Cara Agen real estate mengembangkan bisnisnya

Dengan maraknya bisnis real estate beberapa tahun belakangan, banyak bisnis lain yang ikut bergerak naik, karena sifat dari bisnis real estate yang memiliki sifat multiplier effect sangat luas dan trickle down effect yang besar. Bisnis-bisnis agen real estate independen, lokal hingga francise dari luar negeri bergerak linier mengikuti perkembangan bisnis real estate. Jadi, salah satu komponen dari bisnis real estate adalah bisnis agen real estate atau broker. Gurihnya bisnis agen real estate membuat banyak agen real estate mengembangkan bisnis dan pelayanannya.

Melihat keunggulan-keunggulan tersebut, maka calgary real estate menjadi dambaan setiap orang. Seperti diungkapkan diatas bahwa bisnis agen real estate bergerak linier seiring dengan perkembangan bisnis real estate tersebut. Oleh karena itu, karena bisnis real estate adalah favorit, maka tentu saja banyak bermunculan para agen real estate. Para agen real estate ini bersaing keras untuk meraih klien baru disamping juga mempertahankan klien-klien mereka yang sudah ada.

Salah satu cara untuk meraih dan mempertahankan pelanggan mereka adalah melalui situs online yang mereka buat.  Dengan berkunjung ke situs ini, maka para pembeli atau penjual real estate dapat langsung memperoleh informasi melalui form yang tersedia di situs online. Ini adalah suatu terobosan bisnis dimana pemilik real estate namun berdomisili di luar negeri misalnya, dapat menjual real estate miliknya tanpa harus datang ke ke tempat real estate yang akan dijualnya. Tentu saja dapat lebih menghemat biaya dan mempercepat proses transaksi.  

Satu-Satunya Pembeda Antara Pemenang dan Pecundang

Saudara, mungkin tulisan tentang pemenang dan pecundang ini adalah yang paling penting dari semua tulisan yang selama ini telah saya buat. Saya ingin menyampaikan satu gagasan tunggal yang sangat menentukan apakah anda akan sukses sebagai pemenang, atau tetap membeku tidak kemana-mana sebagai (maaf) pecundang.
Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan sebuah indormasi tentang seorang pengusaha online, dia bisa memiliki bisnis sukses luar biasa dengan omset ratusan juta rupiah per bulan. Dia memiliki beberapa karyawan dan mengembangkan usaha online ke bidang-bidang yang lebih luas. Dia menjadi manusia bebas sekarang, dengan limpahan passive income yang semakin lancar mengalir ke kantongnya.
Saya tanya ke dia, apakah ada ‘strategi ajaib’ yang dia lakukan? Dia jawab, tidak ada. Dia hanya melakukan apa yang diinstuksikan oleh hatinya dan konsisten menjalankannya.
Saya kagum dengan hasil tersebut. Dari apa yang dia jelaskan, saya tahu cara bisnis dia sama persis dengan yang selama ini saya lakukan. Sama persis.
Tapi belum selesai saya dengan semua rasa itu, saya dengar lagi suatu berita yang berseberangan. Seorang pengusaha online yang belum sukses dan banyak mengeluh.
Saya balik tanya ke dia, apa saja yang sudah dia lakukan agar berhasil? Yang mengejutkan, dia bilang begini:
“Saya memang belum melakukan apa-apa. Karena menurut saya, ilmu anda sudah basi. Saya sudah tahu semua materi yang anda ajarkan. Tidak ada hal baru. Jadi saya pikir, SMUO anda pasti tidak ada gunanya! Jadi kembalikan duit saya!”
Pikir saya, satu lagi pecundang dilahirkan di muka bumi ini.
Saudara, setelah membaca cerita singkat tadi, tahukah anda mengapa seseorang bisa berhasil dan mengapa yang lainnya tidak? Mengapa seseorang bisa menjadi pemenang, sedangkan yang satunya menjadi pecundang? Padahal, ilmu yang mereka miliki sama, fasilitas yang mereka dapatkan sama, modal mereka pun tidak jauh beda. Intinya mereka memulai start benar-benar dari posisi yang sama.
Jawabannya hanya satu kata… ACTION!

ACTION adalah satu-satunya pembeda, antara pemenang dan pecundang.

Anda tidak bisa sukses hanya dengan membaca.
Anda tidak bisa sukses hanya dengan belajar.
Anda tidak bisa sukses hanya dengan berdoa.
Tidak dengan bicara, tidak dengan meminta.
Anda hanya bisa sukses jika anda mau bertindak. Melakukan action, sekecil apapun awalnya, yang penting anda konsisten melakukannya. Anda tidak punya pilihan lain.
Anda tidak perlu mencari metode yang sempurna, canggih ataupun kompleks. Cukup jalankan satu cara sederhana, dan ulangi terus hingga anda menuai keberhasilan. Sangat banyak kisah sukses bisnis yang dijalankan dengan konsep yang sangat sederhana. Di dunia online maupun offline.
Ilmu apapun yang anda beli, seberapapun mahalnya, seberapapun bagusnya… dia hanya sampah jika anda tidak melakukan sesuatu terhadapnya. Itulah kenapa akhir-akhir ini banyak sekumpulan pecundang yang menyebut ebook bisnis adalah ebook sampah. 100% mereka benar! SMUO menjadi seonggok sampah karena mereka tidak mau melakukan action.
Bukan hanya itu, mereka cenderung ingin menjatuhkan orang lain. Bukannya melakukan sesuatu yang produktif dan berguna bagi bisnisnya, mereka justru melakukan apapun untuk menggalang teman (sesama pecundang) dan menjatuhkan ‘lawan’. Menyedihkan, karena begitu banyak waktu produktif yang telah mereka buang sia-sia.
Impian tanpa action hanyalah mimpi! Hanya action yang akan membuat semua impian anda, seliar apapun, menjadi kenyataan. Tidak ada yang terlalu bombastis, tidak ada yang terlalu muluk. Apapun bisa dicapai asal anda percaya dan melakukan action.
Action yang anda lakukan sekarang akan menjadi penentu kesuksesan atau kegagalan anda di masa depan. Mutlak, hukum alam memang seperti itu. Anda tidak punya pilihan lain.
Lalu, bagaimana menumbuhkan semangat action pada diri kita?
Saudara sesama pejuang bisnis, saya sering memikirkan cara apa yang bisa saya lakukan, yang bisa menggerakkan motivasi seseorang untuk melakukan ACTION demi kesuksesan mereka. Dengan pengetahuan yang saya miliki, dengan semua rekan yang saya kasihi, saya berpikir sangat-sangat keras mencari solusinya.
Dan akhirnya saya menemukan jawabannya. Saya merancang sebuah program sederhana yang akan mengingatkan kita akan pentingnya action dalam kehidupan bisnis kita. Untuk itulah, hari ini saya luncurkan sebuah kampanye sukses. Sebuah kampanye sederhana yang bisa anda ikuti untuk membantu anda tetap termotivasi dan bersemangat saat berjuang menggapai kesuksesan dalam bisnis di internet. Bukan hanya itu, anda juga bisa menularkan semangat itu ke setiap orang yang mengunjungi blog anda.

Lakukan Restrukturisasi Hutang Anda, Atau Anda Akan Benar-benar Bangkrut

Adalah suatu hal yang wajar jika suatu bisnis memiliki hutang. Akan tetapi hutang bisnis tersebut menjadi tidak wajar jika ternyata hutang tersebut tidak sesuai dengan operasional bisnis. Dengan kata lain, cicilan hutang tidakdapat ditutup dengan pendapatan bisnis. Lebih parah lagi jika hutang-hutang tersebut tidak terbayar yang mengakibatkan jumlah bunganya melebihi jumlah pokok hutangnya.

Jikaitu terjadi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis, yaitu:
1. Menjual bisnisnya kepada investor lain.
2. Restrukturisasi hutang.

Menjual bisnis kepada investor yang lain dapat menyelesaikan solusi hutang bisnis yang menumpuk, akan tetapi konsekuensinya adalah anda tidak dapat lagi mengendalikan bisnis anda secara penuh. Bagi entrepreneur yang sangat cinta akan bisnisnya, pilihan ini adalah pilihan yang sangat berat.

Pilihan kedua, yaitu restrukturisasi hutang adalah pilihan yang ideal bagi entrepreneur skala menengah atau kecil yang masih cinta dan berkeinginan untuk tetap mengendalikan bisnisnya secarapenuh. Restrukturisas hutang biasanya dilakukan dengan cara menyewa bankruptcy law firm. Firma hukum inilah yang nantinya akan berperan sebagai wakil pengusaha pemilik hutang untuk melakukan negosiasi dengan pemilik piutang mengenai perubahan tagihan hutang. Firma hukum ini akan berusaha semaksimal mungkin agar hutang dapat realistis untuk dibayar dan tetap mempertahankan bisnis agar bisa berjalan terus.

Satuhal yang harus digarisbawahi, jika anda menginginkan bisnis anda tetap dalam kendali anda, maka jangan jual bisnis anda utnuk menutup hutang. Lakukanlah restrukturisasi hutang dengan bantuan bankruptcy law firm.

Menyongsong Tahun 2014

Tahun 2013 sebentar lagi akan berakhir. Sudah banyak yang telah kita lakukan dan tentu sudah banyak pula profit yang kita terima sepanjang tahun 2013 ini, Namun pertanyaannya adalah apakah itu sudah memberikan kepuasan? Apakah pendapatan yang diperoleh di tahun 2013 ini telah sesuai dengan target yang direncanakan sebelumnya? Jika sudah, apa yang harus dilakukan di tahun 2014? Jika belum mencapai target? Apakah target itu realistis untuk tetap dilaksanakan di tahun 2014atau ada restrukturisasi target yang lebih realistis? Dalam prinsip bisnis, realistis atau tidak, yang penting anda harus punya rencana. Jika tidak, maka anda akan seolah-olah berjalan tak tentu arah. Tentukan target bisnis untuk tahun 2014!
Mungkin saja di antara kita masih ada yang kecewa dengan target yang belum tercapai di tahun 2013 ini. Tapi, kekecewaan ini harus segera diatasi. Waktu sangat berharga karena ia tidak bisa diputar ulang. Masih ada waktu tersisa 2 bulan ke depan. Jangan tunggu lebih lama lagi.Lakukan segera action yang nyata untuk mengejar target yang tertinggal. Bersikaplah realistisakan sia target yang masih ada. Jika memang pada faktanya nanti tidak dapat mencapai target, setidaknya dalam dua bulan ke depan ada peningkatan proses operasional dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Peningkatan proses ini dapat dijadikan acuan untuk pelaksanaan operasoanl di tahun depan
Menyongsong tahun 2014
Untuk menyongsong tahun 2014, segarkan pikiran dan ciptakan peluang-peluang baru! Kembangkan berbagai kreativitas baru dalam bisnis. Tinggalkan strategi lama yang sudah usang dan tidak mendatangkan hasil, dan mulai gunakan strategi baru. Terbukalah pada perubahan!
Jika anda punya tujuan, petakanlah! Susun berdasar jangka waktunya. Ada jangka panjang, menengah, dan jangka pendek, kemudian jalankan. Tetapi, jangan lupa juga untuk menjalaninya secara alami. Jangan sampai target-target itu justru membelenggu anda. Jangan biarkan diri anda tertekan karena banyak target jangka pendek yang tidak terpenuhi sehingga merasa khawatir gagal meraih apa yang sudah diidam-idamkan. Ini bahaya!
Tujuan hanyalah poin-poin atau jalur penanda. Kurang lebih seperti rambu lalu lintas yang akan membantu anda agar tidak tersesat atau menuju arah yang salah. Jadi, cobalah bersikap lebih terbuka dan fleksibel. Rebut setiap kesempatan yang membantu anda ke arah tujuan. Lakukan hal-hal yang sekiranya realistis dan dapat anda lakukan.
Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa anda renungkan:
1. Biarkan setiap kejadian merubah hidup anda. Anda harus mau berkembang karena andalah orang yang menciptakan dan menghidupkan adanya perubahan itu. Terbukalah pada pengalaman-pengalaman yang sebelumnya pernah anda alami. Anda harus mau belajar dari pengalaman-pengalaman masa lalu…
2. Proses itu lebih penting dari hasil. Jika hasil mengendalikan proses, kita hanya akan jalan di tempat. Kita akan selalu terpaku di tempat kita ada sekarang. Tidak berkembang! Sebaliknya, jika proses mengendalikan hasil, meski kita belum melihat tujuan kita, tapi kita tahu pasti kita akan sampai disana. Yakinlah!
3. Mulailah dari manapun anda berada. Ketidaktahuan untuk memulai dari mana sering membuat kita tidak beranjak. Ambillah inisiatif untuk menangkap peluang baru. Lakukan dari manapun anda berada, sekarang juga!
Jadi, tentukan target dan tujuan anda tahun ini. Andalah yang menjadi penuntun target. Andalah pusat dari target-target anda. Andalah yang mengendalikannya, bukan target yang mengikat anda. Dan, jangan pernah berhenti berubah… ke arah yang lebih baik tentunya…

Apa Pentingnya Design Web Untuk Bisnis Online?

Jika anda hanya mengandalkan facebook atau twitter untuk berbisnis online, tentunya design web tidaklah penting. Bagaimana dikatakan penting kalau anda saja tidak memiliki blog atau website?
Website adalah cara yang kreatif untuk melakukan ekspansi bisnis, namun demikian, website yang dibuat haruslah mencerminkan citra yang sesuai dengan karakter pemiliknya. Jika website itumilik suatu perusahaan, maka tampilan website tersebut harus mencerminkan karakter perusahaan tersebut. Demikian pula jika website tersebut adalah milik pribadi atau perseorangan, maka tampilannya harus mencerminkan apa yang ia miliki. Tampilan web dapat meningkatkan personal brand pemiliknya. Disinilah letak pentingnya design sebuah web.
Oleh karena itu, merencanakan memiliki sebuah web atau blog harus juga termasuk didalamnya mengenai perencanaan design web. Bagi suatu perusahaan besar, urusan design web bukan menjadi suatu masalah. Ia hanya tinggal membayar web designer, berkonsultasi,dan tinggal menerima hasilnya. Tapi bagaimana dengan seorang pebisnis online pemula yang terbatas keuangannya? Well, mau tidak mau ia harus membangun blog secara mandiri. Tapi tidak usah khawatir, saat ini membuat blog tidaklah rumit. Menggunakan platform wordpress untuk blog atau kepentingan bisnis online lainnya adalah keputusan yang sangat bagus. Kenapa? Karena WordPress sangat mudah digunakan, dan semua feature-nya dapat berfungsi secara otomatis. Mengenai tema blog? Ada banyak pilihan,dari yang gratis hingga berbayar. Jika menginginkan personalitas ditampilkan lebih kuat, maka sebaiknya menggandeng wordpress design developer. Melalui developer inilah, suatu blog akan dirancang sesuai dengan keinginan kliennya.
Bisnis online adalah bisnis yang kini sedang popular. Toko-toko retail yang dulu bergerak offline kini melakukan ekspansi market dengan membuat toko online. Jika dulu para salesman menghabiskan banyak waktu untuk memperkenalkan dirinya dan produk yang dijualnya melalui pembicaraan yang panjang lebar, kini waktu bicaranya dapat dipersingkat karena ia memiliki blog pribadi. Seolah-olah ia mengatakan: “Jika anda kurang paham, silakan buka blog saya.”

Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Mobile Banking untuk Business Kecil dan Menengah

Transfer antar bank semakin mudah dan cepat dengan menggunakan mobile banking. Jika beberapa tahun ke belakang atm diklaim sebagai layanan perbankan yang memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi perbankan, kini dengan kehadiran internet dan kemajuan teknologi smartphone, para nasabah semakin dipermudah lagi. Kini kemudahan layanan transfer online antar bank dapat dilakukan hanya melalui smartphone milik nasabah. Ingin transfer online ke rekan bisnis atau keluarga, cukup melalui mobile banking di smartphone Anda.
Dengan mobile banking, Anda dapat melakukan transfer online ke banyak bank yang sudah bergabung dalam jaringan pelayanan antar bank. Dana yang ingin ditransfer dapat diterima oleh rekening bank tujuan saat itu juga (real time online).
Ini sangat bagus untuk operasional bisnis, terutama bisnis online. Yang dibutuhkan kini tinggal kepercayaan yang diberikan oleh konsumen kepada pengusaha online. Dan sebaliknya pengusaha online harus mempertahankan kepercayaan pelanggan ini dengan segala upaya. Melalui transaksi mobile banking, bisnis yang skala kecil pun bisa menembus lintas batas suatu negara. Karena itu, fasilitas layanan mobile banking adalah suatu keharusan bagi pelaku bisnis terutama bisnis retail online.

Transaksi Bisnis Lebih Praktis dengan Dukungan Mobile Banking

Layanan e-banking saat ini semakin memudahkan penggunanya. Kini hampir setiap bank menyediakan layanan mobile yang dirancang untuk mendukung nasabah bertransaksi dengan lebih mudah, cepat dan praktis. Dengan adanya aplikasi perbankan yang mobile, maka nasabah tidak perlu antri lama di ATM ataupun melalui teller. Transaksi transfer, pembayaran maupun pembelian dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang telah ter-install di smartphone milik nasabah.
Menu-menu pada aplikasi mobile banking bukan saja memudahkan nasabah bertransaksi, namun juga aplikasi ini dapat menyimpan berbagai record transaksi rutin mulai dari transfer antar rekening, transfer antar bank, pembayaran tagihan rutin dan pembelian pulsa isi ulang.
Dunia bisnis adalah ddunia yang dinamis. Dikatakan dinamis karena ia harus mengikuti perkembangan dan trend jama. Demikian pula halnya ketika internet dan smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, maka bisnis pun harus menyesuaikan dengan keadaan itu.
E-commerce adalah trend bisnis masa kini. Orang-orang berbelanja produk yang dibutuhkannya hanya dengan satu sentuhan pada smartphone miliknya. Mereka tidak perlu dating ke toko, dan bahkan mereka pun tidak perlu mengeluarkan uang di dompetnya. Aplikasi mobil yang ter-install di dalam smartphone miliknya semakin memudahkan mereka dalam berbelanja.
Jika anda memiliki bisnis, saya rasa aplikasi mobile banking wajib untuk terinstall di smartphone anda. Aplikasi mobile untuk smartphone dan tablet dapat di-download melalui App Store, Google Play Store atau BlackBerry App World.

Cari Kerja Dulu, Lalu Kerjakan Bisnis Anda!

Bagi Anda yang masih muda, dan ingin memiliki bisnis sendiri suatu hari nanti, saya pikir belajar dengan bekerja di tempat lain tidak ada salahnya. Bahkan ini akan menjadi banyak keuntungan. Tentu saja bekerja Anda harus dilibatkan untuk mendukung bisnis Anda. Keuntungan berasal dari karya orang lain adalah:
1. Kita akan tahu operasi bisnis.
2. Risiko bisnis akan diminimalkan.
3. Kami akan memiliki banyak hubungan dan mentor.
Misalnya, Anda ingin membuka usaha toko ritel. Saya pikir itu tidak mudah untuk membuka toko jika kita tidak tahu teknik membuka toko serta operasional toko. Di mana kita mengerti tentang Point Of Sales (POS), Customer service, atau analisis penjualan? Sebagian besar diri belajar? Hmm, saya kira itu akan menjadi banyak risiko. Pelatihan bisnis dapat dilakukan, tetapi di samping menjadi mahal, kadang-kadang banyak materi pelatihan yang masih tidak menyentuh kebutuhan kita untuk operasi bisnis. Misalnya, pelatihan layanan pelanggan. Pelatihan adalah penerimaan teori, dan itu akan menjadi berbeda jika kita mengalami melayani orang lain.
Tetapi jika kita belajar dulu untuk bekerja di tempat lain (sebagai karyawan), misalnya kita sedang mencari pekerjaan dan menerapkan untuk menjadi seorang tenaga penjualan. Jika diterima, maka pengalaman dalam melayani pelanggan akan menjadi andalan untuk memajukan bisnis toko ritel anda. Demikian pula pada POS dan analisis penjualan, menjadi seorang tenaga penjualan di tempat lain akan menjadi pengalaman yang luar biasa pada operasi toko kami sendiri. Pengalaman adalah pelajaran yang paling penting.
Saya pikir semua bisnis akan lebih mudah dikelola jika kita memiliki pengalaman sebelumnya. Oleh karena itu, dari awal, karena kita masih muda, carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Cari tempat untuk bekerja di perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan gaji yang baik. Reputasi perusahaan yang baik mungkin memiliki teknik operasional bisnis yang baik, dan gaji sangat penting untuk mendukung modal usaha Anda.