Category Archives: strategi bisnis

Word of Mouth Marketing

Twitter merupakan salah satu social media yang paling popular saat ini. Saking populernya, twitter oleh para entrepreneur dapat dimanfaatkan sebagai media marketing bisnis mereka. Tidak ada pengecualian produk, bahkan produk-produk untuk orang dewasa pun memanfaatkan social media ini untuk proses word of mouth marketing mereka. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan word of mouth marketing?
Saya yakin anda pernah berbelanja di suatu toko, kemudian anda merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut. Anda merasa senang dan kemudian anda bercerita kepada teman-teman anda tentang pelayanan mengesankan yang anda dapatkan ketika anda berkunjung ke toko tersebut. Dengan bersemangat anda mengkomunikasikan toko yang anda kunjungi tersebut dan mengajak teman-teman anda untuk mencoba berkunjung.
Itulah yang dinamakan dengan word of mouth marketing, suatu bentuk pemasaran gratis yang dilakukan oleh konsumen dan berakibat sangat dahsyat. Tanpa diminta atau disuruh oleh perusahaan, para konsumen ini akan memperkenalkan produk yang mereka pakai kepada teman-temannya.Jika produk yang mereka pakai bisa memuaskan mereka, maka bisa jadi konsumen akan bertambah. Demikian pula sebaliknya, jika produk yang dipakai sangat mengecawakan mereka,maka mereka akan memberitahukan kekecewaannya kepada teman-temannya, danini akan berakibat pada berkurangnya omzet penjualan. Word of mouth adalah bentuk marketing yang dahsyat namun berbiaya sangat murah, bahkan relative gratis. Kunci word of mouth adalah memanfaatkan pengalaman konsumen akan produk yang dibelinya, dimana kepuasan pelanggan adalah tolok ukur utamanya.
Jika dahulu word of mouth hanya terbatas pada lingkungan local dimana konsumen dapat berinteraksi secara tatap muka, namun sekarang –di era internet-, konsep word of mouth sudah semakin meluas. Para konsumen yang merasa memiliki pengalaman memuaskan atau bahkan juga mengecewakan dapat mengutarakan kepuasan dan keluhannya melalui social media.

Product Review: Android China Merajai Pasar Teknologi

China sebagai Negara yang memiliki kehebatan dalam berbisnis, tidak akan berhenti merilis produk-produk pesaing handphone-handphone yang telah memiliki merk terkenal. cheap cell phones asal China itu dilaporkan memulai ekspansi besar-besaran untuk menyasar pelanggan-pelanggan yang berada di Negara berkembang. Bahkan produk-produk China ini kini mulai menyerang Negara-negara maju yang membuat mereka sepertinya kewalahan dan ketakutan.
Secara aplikasi, cheap cell phone from china ini tidak jauh berbeda dengan cell phone mahal dari produsen terkenal. Teknologi terbaru pun kini sudah ada dalam genggaman produsen China. Dari sisi desain, cell phone dari China ini juga memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda. Bahkan jika dilihat dari jauh, hand phone dari China ini sangat mirip dengan produk-produk bermerk.
China memang luar biasa, terlepas dari kontroversi apakah produknya merupakan hasil jiplakan atau bukan, yang pasti dengan strategi ini terbukti bahwa pendapatan China semakin meroket.Bahkan bukan hanya pendapatan yang diperoleh, nama China menjadi semakin ditakuti oleh para pelaku-pelaku bisis seperti Jepang, Amerika Serikat, hingga Eropa sekalipun.
Dan satu lagi yang membuat China menjadi semakin ditakuti, yaitu bahwa cell phone dari China ini dijual dengan harga yang sangat jauh lebih rendah dari harga cellphone yang merk-nya sudah terkenal. Jika ditaksir, mungkin harganya bisa menurun hingga 60%-70%. Sudah harga miring, pembelian secara wholesale pun malah bisa berharga lebih rendah lagi. Ini sungguh strategi perdagangan yang hebat.
Anda yang berminat untuk menjadi penjual cheap cell phone from China, kurasa tidak ada salahnya anda berburu produk yang mudah didapat ini secara besar-besaran. Bahkan anda bisa onlinemembeli secara . Bagaimana dengan garansi? Well, saya tidak bisa berbicara banyak.Sebaiknya ada tanyakan sendiri kepada produsennya.

Angpau, Makna Filosofis Bisnis Bangsa China

Perayaan Tahun Baru Imlek bagi etnis Tionghoa bukan hanya sekedar ritual rutinitas tahunan saja, namun juga merupakan warisan budaya yang sekaligus menyatu dengan kepercayaan. Karena itu Tahun Baru Imlek bagi etnis Tionghoa sangat bernilai sakral.
Jika ditelusuri asal sejarahnya, perayaan Imlek atau dalam Bahasa China disebut Sin Tjia, sebenarnya bermula dari sejenis perayaan yang sering dilakukan para petani di China pada setiap tanggal satu di bulan pertama tahun baru. Tradisi ini juga berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi. Nilai kesakralan perayaan ini biasanya diisi dengan beberapa ritual keagamaan menghormati Tuhan Yang Maha Kuasa dan para leluhur.
Tradisi simbolik lainnya pada perayaan Imlek adalah pemberian angpau, yaitu suatu amplop berwarna merah yang berisi uang. Angpau bagi bangsa China bermakna filosofi sebagai transfer energy kesejahteraan. Transfer energy kesejahteraan dari orang mampu kepada orang miskin,orang tua kepada anak-anak, dan dari anak-anak yang sudah menikah kepada orang tua.
Sejalan dengan perkembangan strategi bisnis dan perluasan jaringan, angpau berkembang menjadi suatu pelengkap dan pengikat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan diantara para pelaku bisnis. Angpau diberikan tidak hanya di sekitar anggota keluarga saja, angpau kini diberikan dari atasan kepada bawahan, pemilik bisnis kepada para karyawan, pemilik bisnis kepada rekanan maupun partner bisnis.
Pemberian ini secara sacral merupakan transfer energy kesejahteraan, namun jika dicermati dari sisi logika bisnis, pemberian angpau merupakan suatu strategi bisnis yang sangat brilian. Seorang pemilikusaha memberikan angpau kepada para karyawannya menunjukan bahwa pemilik bisnis tersebut peduli kepada para karyawannya, kepedulian ini akan dibalas oleh karyawan dengan bekerja sepenuh hati untuk meningkatkan kemajuan perusahaan. Harapannya, semakin maju perusahaan maka angpau di tahun-tahun berikutnya akan semakin besar.
Pemberian angpau kepada rekanan dan partner bisnis memiliki symbol bahwa sesame pebisnis harus saling menghormati , dan saling berbagi. Kepercayaan adalah kunci bisnis yang utama,dan itu disimbolkan denganpemberian angpau kepada rekan atau kolega yang dipercaya. Bagi etnis China, Tahun baru Imlek dan pemberian angpau merupakan suatu kesempatan untuk mengukuhkan kerjasama bisnis,perluasan jaringan, dan peningkatan kepercayaan. Strategi bisnis China memang hebat!!