Category Archives: Tutorial

Cara Menentukan Posisi Kapal Dengan Baringan 4 Surat

Hits: 53

Cara menentukan posisi kapal dengan baringan 4 surat juga dapat dlihat melalui aplikasi Belajar NKPI. Klik disini untuk mendapatkan aplikasi Belajar NKPI. Baringan empat surat atau baringan 45 adalah teknik menentukan posisi sejati kapal  dengan cara membaring sebuah benda darat ketika kapal tersebut memiiliki baringan relatif 45o. Baringan relatif adalah sudut yang dibentuk antara haluan sejati kapal dengan garis baringan kapal dengan benda. Baringan 45o disebut juga baringan empat surat, karena pada kompas, satu surat adalah memiliki nilai sudut 11 1/o atau 11,25o. Dengan demikian, maka empat surat adalah berarti 11,25x 4 = 45o. Yang merupakan sudut baringan relatif kapal tersebut ke benda darat yang dibaring. Baringan 45 merupakan aplikasi matematika pada segitiga 45o. Perhatikan segitiga ini.

Gambar segitiga 4 surat

Perhatikan segitiga matematika trigonometri ini. Jika sudut CAB adalah sama dengan 45o, dengan sudut CBA adalah 90o atau sudut siku-siku, maka Jarak AB akan sama dengan jarak CB (AB = CB). Teori segitiga ini digunakan untuk menentukan lokasi sejati kapal, dimana jika kapal bergerak dari A ke B, maka jarak AB merupakan jarak yang ditempuh kapal, akan sama dengan jarak dari benda darat atau Benda A ke Kapal tersebut. Dan jarak benda A ke kapal tersebut dapat digunakan untuk menentukan posisi kapal yang sebenarnya, atau posisi sejati kapal.

Agar lebih jelas tentang Cara Menentukan Posisi Kapal Dengan Baringan 4 Surat, mari kita lihat contoh persoalan berikut ini:

Sebuah kapal berlayar dengan kecepatan 5 knot pada haluan pedoman 025o. Pada pukul 06.30, sebuah benda dibaring dengan menggunakan baringan 4 surat. Kemudian pada pukul 07.00, benda yang sama dibaring untuk yang kedua kalinya pada saat kapal melintang dengan tersebut atau dengan baringan relatif 90o. Diketahui variasi 2Timur, deviasi 3Timur. Tentukan haluan sejati kapal, jarak kapal ke benda pada jam 07.00, dan lukis dan tentukan posisi sejati kapal!

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, langkah pertama adalah menentukan haluan sejati kapal, sama seperti dalam cara menentukan posisi kapal dengan baringan silang.

Diketahui pada soal, haluan pedoman adalah 025o. variasi 2Timur, deviasi 3Timur. Haluan sejati merupakan penjumlahan antara haluan pedoman dengan variasi ditambah deviasi. sehingga : 025+ (+2o) + (+3o) = 030o.

Ingat tanda (+) di depan angka 2dan 3o menunjukkan arah Timur, sesuai pada soal.

Selanjutnya mari kita lukis haluan tersebut di peta laut. Tempatkan mistar segitiga di atas mawar pedoman yang ada di peta laut. Tarik garis dari titik pusat mawar pedoman ke angka tiga puluh derajat. Kemudian pindahkan garis tersebut dengan mistar jajar atau dua mistar segitiga ke tempat sembarang di peta laut. Garis ini merupakan garis haluan sejati kapal. Dan kita asumsikan benda yang dibaring adalah benda A yang terdapat di peta laut.

Langkah berikutnya pindahkan kembali garis haluan sejati kapal tersebut ke mawar pedoman. Kemudian buat sudut sebanyak 45 derajat dari garis haluan tersebut. Pada mawar pedoman akan menunjuk kepada angka 75 derajat. Ini karena 30 derajat yang ditunjukkan garis haluan ditambah dengan 45 derajat, yang mana garis ini merupakan baringan relatif pertama kapal ke benda Setelah itu, pindahkan garis baringan relatf tersebut ke benda A sehingga garis ini  berpotongan dengan garis haluan sejati kapal. Titik potong antara baringan relatif pertama dengan garis haluan sejati kapal merupakan posisi kapal pada pukul 06.30.

Berikutnya, tempatkan mistar segitiga siku-siku, dimana sudut siku-siku mistar tersebut menghadap sudut empat puluh lima derajat yang telah dibuat tadi. Buat garis dari benda A sehingga garis tersebut berpotongan dengan garis haluan sejati kapal. Ini merupakan baringan relatif kedua kapal sebesar 90 derajat atau ketika kapal sedang melintangi benda A pada pukul 07.00.

Diketahui kecepatan kapal adalah 5 knot. Waktu baringan pertama atau T satu adalah pukul 06.30, dan waktu baringan kedua atau T dua adalah pukul 07.00.Dengan demikian selisih waktu antar baringan adalah 07.00 – 06.30 = 30 menit atau 0.5 jam

Dengan demikian dengan menggunakan rumus s = V . t, dimana:

s = jarak (mil), V = Kecepatan kapal (knot), t  = waktu (jam)

maka jarak tempuh kapal adalah 5 mil/jam x 0.5 jam = 2,5 mil

Langkah berikutnya: Gunakan jangka untuk membuat skala jarak pada peta laut. Tempatkan jangka di sisi atas atau sisi bawah peta laut. Sisi ini menunjukkan garis bujur bumi. Telah dihitung sebelumnya bahwa jarak yang diperoleh adalah 2,5 mil. Perhatikan angka perubahan pada garis bujur pada peta laut tersebut.tersebut. Kita ketahui bahwa 1′ bujur = 1 mil laut.  Dengan demikian, pada garis bujur bumi ini, kita jangkakan sebesar 2,5 menit. Sesuai dengan kaidah segitiga 45 derajat, jarak tempuh kapal adalah sama dengan jarak dari kapal ke benda. sehingga jarak kapal ke benda tersebut adalah 2,5 mil. Oleh karena itu, kita tinggal pindahkan jangka tersebut ke garis baringan relatif kedua, dimana ujung satu menyentuh benda A. Ujung jangka lainnya inilah menunjukkan posisi sejati kapal, atau posisi kapal yang sebenarnya.

Lihat Cara Menentukan Posisi Kapal Dengan Baringan 4 Surat versi video dibawah ini:

Cara Membuat Email Marketing Toko Kelontong dengan Mailchimp

Hits: 8

Beberapa hari yang lalu, saya sudah menjelaskan tentang email marketing. Jadi saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu email marketing. Anda tinggal buka lagi saja artikel saya sebelumnya yang berjudul cara jualan eceran dengan menggunakan email marketing. Nah kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara-cara teknisnya membangun suatu email marketing dengan menggunakan aplikasi gratisan secara online. Aplikasi itu bernama Mailchimp. Ok. Simak caranya ya.

OK, saya asumsikan bahwa anda sudah punya akun Mailchimp. Jika belum punya, silahkan anda daftar dengan klik link daftar mailchimp dibawah ini

Link daftar Mailchimp.

Ok, setelah anda login, anda Klik Campaign, kemudian create campaign. Lihat gambar di bawah ini. Ini merupakan Langkah awal yaitu membuat materi campaign

A. MEMBUAT MATERI CAMPAIGN

Langkah 1 dan 2 create campaign email marketing dengan mailchimp

Setelah itu, anda akan diberikan 3 pilihan campaign. Untuk Kampanye Email marketing, anda pilih yang nomor 1 ya, yaitu yang regular email. Kemudian klik design email. Lihat gambar dibawah ini

Kemudian anda akan diberikan pilihan design. Pilih design yang anda suka. Anda bisa lihat preview terlebih dahulu sebelum menentukan desain dengan cara mengarahkan mouse pada gambar template desain. Disini saya mencontohkan memilih desain yang natural ya. Arahkan pada gambar, kemudian klik apply.

Masukkan logo, deskripsi dan gambar produk yang telah anda siapkan sebelumnya. Setelah selesai, klik save and exit. Setelah materi campaign tersimpan, anda selanjutnya akan diarahkan ke langkah berikutnya, yaitu mulai persiapan mengirimkan email.

B. PERSIAPAN MENGIRIMKAN EMAIL

untuk memulai mengirimkan email, harap persiapkan dahulu data alamat email customer yang sudah anda miliki dalam bentuk file Excel.

Pada Menu Audience, klik segment kemudian add contacts, kemudian import contacts. Perhatikan gambar dibawah ini.

Anda akan diberikan tiga cara import contacts. Pilih mana yang menurut anda lebih mudah. Disini saya coba import contacts dengan cara copy and paste.

Klik continue, anda akan diarahkan ke jendela tampilan yang berisi alamat email, first name, last name, dan adress. Buka file excel yan berisi alamat email, blok seluruh alamat email yang ada, copy, kemudian paste-kan di kolom email pada mailchimp. Kemudian klik Continue to rganize

Pada select a status pilih subscribed, dan centang “update any existing contact. Kemudian klik continue to tag. Lalu masukkan tag yang menurut anda bagus, atau pilih yang popular. Seteleah itu klik continue to match. Setelah itu klik finalize import. dan complete import. Ini artinya anda sudah mengimport data kontak anda untuk dijadikan target penyebaran kampanye produk anda. Jika demikian, lanjut anda klik start campaign.

C. MENGIRIMKAN EMAIL

Langkah berikutnya, kembali anda ke campaign, pilih all campaign, lalu edit draft anda. Anda akan diarahkan ke tampilan data email seperti berikut ini:

Isi semua data sbb:

To: berarti kemana email akan dikirim. Pilih audience anda dimana data email disimpan.

From berarti nama pengirim, yaitu kita,

Subject berarti judul pesan email.

Content berarti materi isi email, yaitu materi yang sudah kita buat di bagian A. Pada bagian content, klik edit desain, kemudian pilih draft, lalu pilih desain yang sudah dibuat. Tampilan akhir akan terlihat seperti ini

Kemudian klik save and exit, kemudian klik send pada pojok kanan atas.

Yups, kampanye email marketing anda sudah tersebar. Anda tinggal menunggu hasilnya. Oh iya, jika anda scroll ke bawah, anda dapatshare materi campanye anda melalui media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram. Ini akan semakin membuat kemungkinan penjualan anda menjadi lebih berhasil. Selamat mencoba.

Bonus ekstra, anda juga dapat semakin kreatif dengaan mengkombinasikan kampanye email marketing ini dengan tautan link Google form, sehingga ketika orang melakukan klik, akan langsung diarahkan ke formulir pembelian, seperti kampanye yang saya buat ini. Coba klik tombol “PESAN BUKU SOAL ANKAPIN” di content kampanye saya, maka anda akan diarahkan ke formulir pembelian.

Cara Jualan Eceran Dengan Email Marketing

Hits: 18

Email Marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan cara menyebarkan deskripsi atau penjelasan suatu produk melalui email. Penjelasan produk yang dikirim melalui email ini tentu dibuat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga memicu pembaca email untuk melakukan pembelian. Ini artinya bahwa email marketing ditambah dengan konsep impulse buying customer pada isi beritanya akan meningkatkan transaksi penjualan toko eceran anda. Lalu bagaimana cara jualan eceran dengan email marketing? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat Daftar Email Pelanggan atau Calon Pelanggan

Sudah tentu bahwa untuk mengirim email maka harus ada penerimanya, yang dalam hal ini adalah calon pelanggan. Untuk itu anda harus memiliki daftar alamat email para pelanggan anda atau calon pelanggan anda. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat email para pelanggan dan membuat daftar alamat email? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat alamat email teman-teman kita di sosial media, misalnya Facebook. Walaupun ini mungkin agak melelahkan karena harus dilihat satu per satu profil teman kita, Itu pun jika profilnya memperlihatkan alamat email-nya. Cara yang lebih realistis adalah dengan cara menyebarkan angket kepuasan pelanggan toko anda yang didalamnya ada kolom alamat email responden. Atau dengan membuat formulir isian data pelanggan dengan Google Form yan kemudian disebar melalui pesan Whatsapp atau Telegram. Setelah itu data alamat email direkap di Microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya.

  1. Membuat konten Email

OK. Simpan dahulu daftar email yang telah dibuat. Berikutnya adalah anda membuat konten email atau isi berita email yang akan disebar. Tentunya isi berita tersebut adalah tentang produk anda yang dialamnya setidaknya berisi gambar yang menarik, deskripsi yang singkat namun jelas, manfaat produk, harga produk, bahkan jika ada adalah program promosi produk misalnya diskon, atau promosi bebas ongkos kirim. Isi email dibuat semenarik mungkin sehingga si penerima berkenan untuk melakukan transaksi penjualan, atau setidaknya berkunjung ke toko anda jika anda memiliki toko online. Jangan khawatir dengan desain isi, anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi lainnya yang sejenis yang menyediakan template gratis untuk membuat konten email marketing.

  1. Sebarkan Email Secara Otomatis Sekaligus

Langkah terakhir adalah tentu saja…menyebarkan email berisi konten produk kepada seluruh alamat email pelanggan atau calon pelanggan pada daftar email yang sudah anda buat. Menyebarkan email marketing satu persatu mungkin bisa sangat melelahkan dan bahkan membosankan. Bayangkan jika daftar alamat email anda adalah 500 alamat atau 1000 alamat misalnya..Sungguh melelahkan sekali. Karena itu, anda bisa gunakan alat bantu penyebaran email secara sekaligus ke seluruh alamat email. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mailchimp. Mailchimp adalah aplikasi online untuk email marketing. Dimana anda dapat menginput daftar alamat email secara sekaligus, Ada tiga cara, salah satunya adalah dengan cara copy paste data yang sudah anda buat ke kolom yang tersedia di Mailchimp. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan tools untuk membuat content marketing seperti landing page.

Ok itulah cara jualan eceran dengan email marketing yang bisa jadi akan menjadi faktor penentu peningkatan penjualan toko anda. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah, jangan sering-sering mengirim email produk, karena mungkin penerima email akan terganggu dengan kiriman email anda, Tetapkan target pengiriman email anda misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kebosanan calon pelanggan anda atas email yang anda kirim. Oh iya, tidak lupa bahwa email marketing ini bukan hanya untuk menjual produk anda secara eceran saja. Email marketing juga merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan toko anda bisa menjadi lebih terkenal seperti Mixue.

4 Cara Bisnis Hampers Dadakan Jelang Lebaran

Hits: 21

Saat ramadhan hingga jelang lebaran merupakan saat dimana potensi jualan; apapun jualannya; cenderung mengalami peningkatan. Baik bisnis retail dadakan maupun bisnis retail reguler, bulan ramadhan hingga lebaran merupakan bulan dimana omzet akan meningkat berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Peningkatan omzet ini tidak terlepas dari penjualan produk-produk yang bukan hanya umum yang dibeli masyarakat seperti sembako, atau pakaian, melainkan juga variasi-variasi produk yang dikemas secara kreatif dan bernilai jual lebih baik. Salah satunya adalah hampers.

Apa itu hampers? Jika kita merujuk pada google translate, hampers berarti bingkisan. Jika merujuk pada kata benda (noun) hampers artinya keranjang. Dalam istilah Indonesia, hampers dapat diartikan sebagai suatu produk yang dibungkus secara rapi dan menarik dengan tujuan untuk diberikan kepada orang lain sebagai bingkisan atau hadiah. Jadi hampers itu bisa misalnya suatu barang seperti beberapa jenis kue kering yang dibungkus dengan kado dan diberi pita. Ide membuat hampers ini bukan hanya dilakukan oleh para peritel kelas atas, namun juga kalangan ibu-ibu rumah tangga pun memanfaatkan momen ramadhan ini dengan bisnis dadakan menjelang ramadhan, yaitu membuat hampers murah meriah untuk bingkisan lebaran bagi keluarga. Dikutip dari UMKM.Kompas.com, terdapat beberapa jenis hampers yang trend saat dijual di bulan ramadhan menjelang lebaran, yaitu hampers kue kering, hampers buah kurma, hampers perlengkapan ibadah, hampers cokelat, dan hampers minuman.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara bisnis hampers yang dapat dilakukan? Sebetulnya pilihan itu ada pada anda semua, namun sebagai referensi, berikut adalah 4 cara bisnis hampers yang dapat anda lakukan lengkap dengan kosekuensinya.

  1. Berjualan Hampers dengan cara Reseller

Ini artinya bahwa anda membeli hampers ditempat lain, kemudian di jual lagi dengan penambahan margin keuntungan. Ini bisa dilakukan saat Ramadhan. Anda tinggal mencari produk hampers yang anda minati di minggu pertama ramadhan, beli, stocking, kemudian jual di saat seminggu sebelum lebaran. Konsekuensinya adalah anda perlu modal dan siap dengan resiko barang anda tidak terjual.

2. Berjualan hampers dengan cara dropshipping

Ada yang mengatakan bahwa reseller itu sama saja dengan dropshipping, namun harap diperhatikan antara reseller dengan dropshipping ya. Jika reseller beli dulu baru kemudian dijual kembali, sedangkan dropshipping itu tidak perlu membeli. Hanya mempromosikan produk hampers-nya saja, dan kemudian jika terjual tinggal menghubungi produsen. Itu artinya perbedaan reseller dengan dropshipping adalah kalo reseller perlu modal, sedangkan dropshipping tanpa modal. Berhubung anda tidak memiliki barang, anda dapat melakukan ini kapan saja. Namun konsekuensinya anda mungkin bisa tidak mendapat barang karena sudah dibeli duluan oleh pebisnis lain.

3. Membuat hampers sendiri dari produk yang dibeli.

Ini misalnya adalah anda beli dua atu tiga kotak kue kering, kemudian anda kemas menjadi hampers dan kemudian anda jual. Itu artinya anda butuh modal untuk beli kue keringnya, bahan pembungkusnya, dan waktu untuk membuat hampers-nya. Model ini cocok untuk dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba. Jadi anda beli produk-produknya sebelum bulan Ramadhan tiba. Ketika bulan Ramadhan tiba, anda mulai membuat dan berjualan hampers dengan kemasan menarik. Konsekuensinya, anda butuh modal untuk beli produk dan waktu luang untuk membuat hampers.

4. Buat produk sendiri, dan jual dalam bentuk hampers.

Untuk model seperti ini, sesungguhnya ini dilakukan oleh pebisnis-pebisnis yang sudah berkecimpung lama. Kemudian momen lebaran dimanfaatkan untuk mengemas produk miliknya menjadi hampers. Ini misalnya adalah jika anda seorang produsen kue kering. Jika biasanya anda menjual kue kering dalam kotak-kotak kecil, namun ketika momen lebaran, anda mulai mengemas produk anda menjadi hampers kue kering. Dari sisi harga jual, metode ini memungkinkan untuk menjual hampers berharga miring karena anda adalah produsen kue kering. Bahkan bisa jadi anda pada saat lebaran ini menjadi penjual hampers grosiran. Konsekuensinya, mungkin anda perlu menambah karyawan anda yang khusus membuat hampers kue kering. Jika hampers tidak terjual, anda tinggal bongkar lagi dan dijual seperti biasanya.

Itulah 4 cara bisnis dadakan berjualan hampers di saat lebaran. Silahkan dipilih apa yang menurut anda cocok. Yang jelas, apapun pilihannya, itu ada resiko dan konsekuensi tersendiri, yang tentu pula kesemuanya itu akan menghasilkan keuntungan. Dan besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh itu tergantung dari upaya masing-masing. Terlebih lagi jika anda memiliki toko, maka anda dapat menempatkan hampers yang anda jual di Point Of Purchase (POP) anda sebagai produk unggulan selama Ramadhan.

Name
Email
Loading

BUKA BISNIS RESTORAN DENGAN RESEP DARI APLIKASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Hits: 23

aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Bisnis restoran atau bisnis warung makan adalah kompetisi bisnis yang diyakini akan selalu ada pasarnya. Kenapa? Karena semua orang butuh makan, dan tidak semua orang punya waktu untuk memasak. Untuk itu, banyak orang yang lebih memilih makan di restoran ketimbang memasak sendiri. Tentunya restoran pun ada banyak ragamnya, ada yang restoran dengan resep masakan mewah berharga mahal, Dan ada pula restoran yang dengan menggunakan resep masakan sederhana berharga murah meriah namun lezatnya tidak kalah dengan resep masakan di restoran mahal.

Bagi orang yang mau terjun memulai bisnis restoran lokal berharga makanan murah, Maka anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar restoran atau warung makan yang anda bangun menjadi laku dan terkenal, serta memiliki pasar tersendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan pada saat akan membangun sebuah warung makan.

  1. LOKASI WARUNG MAKAN

Lokasi adalah penting jadi bahan pertimbangan pertama. Lokasi terbaik adalah lokasi yang mudah diakses oleh pengunjung, mudah terlihat dari jauh, memiliki parkir cukup luas, dan tentunya memiliki area makan yang juga luas.

2. RESEP MASAKAN ANDALAN

Bisnis warung makan ini ada sangkut pautnya dengan cita rasa. Dan cita rasa itu tentu berasal Dari resep masakan yang pas. Selain itu, resep masakan yang pas dan konsisten akan membuat kesetiaan pelanggan kepada warung makan tersebut semakin meningkat. Oleh karena itu, catat dan dokumentasikan resep masakan andalan yang anda miliki, Dan latihlah pegawai anda (jika memiliki), untuk memasak dengan menggunakan resep yang konsisten. Saat ini, dunia internet mempermudah segalanya. Anda tidak perlu melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu untuk mendapatkan resep masakan yang enak dan mudah dibuat. Ada banyak resep masakan yang bisa dicoba dan dicari di internet. Bahkan melalui aplikasi pun ada. Salah satu aplikasi resep masakan lokal yang bisa dijadikan referensi dan dicoba adalah aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT. Bagi pengguna HP android Samsung, aplikasi ini sudah trraedia di galaxy store app. Dan bagi pengguna HP OPPO, aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT sudah tersedia di OPPO app market dengan app id: 30854993.

Silahkan klik link tautan bagi kedua HP tersebut di bawah ini.

Oppo App Id: 30854993

Bagi pegguna HP android selain OPPO Dan Samsung, silahkan download aplikasi ini melalui tautan berikut ini, atau klik LOGO RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT di banner pojok kiri website ini.

Download aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT.

Aplikasi ini belum terbit di Google play, karena aplikasi ini adalah buatan perseorangan yang belum didaftarkan di Google Play. Namun walaupun belum ada di Google Play, aplikasi ini sudah terbukti bebas virus. Jika pada saat install ada peringatan virus, abaikan saja, Dan anda akan mendapatkan berbagai koleksi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT yang bisa dilihat kapan saja dan dimana saja melalui HP anda. Silahkan lihat cara install aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT i video youtube di bawah ini.

  1. MENU MASAKAN ANDALAN.
    Menu masakan berbeda dengan resep masakan. Jika resep masakan adalah komposisi atau racikan bumbu-bumbu, Maka menu adalah sajian utama masakan anda dengan resep tertentu. Agar berbeda dengan warung makan yang lain, anda harus punya menu makanan andalan . Misalnya menu màkanan andalan anda adalah Ayam Kuluyuk, Maka menu Ayam Kuluyuk ini harus ada setiap waktu, dan diperkenalkan setiap saat kepada pelanggan. Bahkan lebih baik lagi jika nama warung makan anda mencatut menu màkanan andalan tersebut, Misalnya “AYAM KULUYUK MBAH YONO”.
  1. Pelayanan pelanggan
    Pelayanan pelanggan jangan dianggap remeh dalam bisnis warung makan. Walaupun masakannya enak, menu makanan yang unggul, tapi ternyata penyajian makanan kepada pelanggan butuh waktu lama, atau karyawannya tidak ramah. Maka itu akan berimbas pada kecewanya pelanggan. Kekecewaan pelanggan akan berujung pada tidak loyalnya pelanggan. Mereka para pelanggan akan berkomentar kepada yang lain, Dan komentarnya hampir pasti akan negatif karena pelayanan yang buruk. Efek word of mouth adalah sesuatu hal yang sangat kuat dalam bisnis warung makan. Karena itu perhatikan pelayanan pelanggan, termasuk didalamnya adalah keramahan pegawai, durasi penyajian, penanganan komplain, hingga, sistem antrian atau sistem parkir pelanggan.

Tips Toko Kelontong Anda Laris Di Saat Lebaran

Hits: 18

Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran
Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang paling tepat untuk berbelanja, dan ini merupakan salah satu musim ritel tersibuk sepanjang tahun setelah musim belanja di saat menjelang Ramadhan. Pada waktu inilah, pembeli mencari penawaran terbaik, hadiah sempurna, dan obral terbesar. Jika Anda tidak mengiklankan bisnis Anda selama ini, Anda akan diabaikan karena pelanggan akan bergegas ke pesaing Anda, dan tentunya anda akan kehilangan momen penjualan. Gunakan signage yang efektif agar menonjol saat Hari raya Lebaran. Berikut adalah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran.

Saat anda akan memasang signage untuk musim lebaran, anda harus mengenali produk yang akan Anda tawarkan, dan pastikan bahwa yang anda tawarkan tersebut akan memikat pembeli. Buat promosi lebaran dengan menggunakan produk andalan ini. Sekitar lebaran, para pembeli mulai berbenah membersihkan rumah-rumah mereka dan memulai belanja. Sehari setelah Lebaran atau H+1 lebaran adalah hari dimana aktivitas belanja akan makin meningkat. Pastikan produk-produk toko kelontong anda memiliki stok yang banyak, terutama stok barang andalan anda.

Untuk memancing pembeli masuk ke toko kelontong anda, Hiasan luar toko Anda harus terlihat meriah sesuai dengan nuansa lebaran yang sedang berlangsung. Jika tidak ada hiasan toko, setidaknya gunakan warna putih bersih yang merepresentasikan hari yang kembali ke suci atau kembali fitrah. Bersihkan toko sebersih mungkin, dan jika punya karyawan, khusus di hari lebaran, gunakan pakaian yang merepresentasikan kebersihan, kesucian, dan kebaruan. Jika Anda lebih suka fokus pada obral di H+1 Lebaran, buat tanda atau signage dengan tulisan “OBRAL BESAR-BESARAN di H+1”. Anda bisa memasang tulisan tersebut di depan toko, dibuatkan flyer, atau brosur-brosur yang disebar di jalan-jalan.

Manfaatkan jendela toko Anda untuk mempromosikan produk dan penawaran liburan terbaik yang unik dari toko Anda. Salah satu produk hebat untuk signage obral Lebaran adalah diletakkan jendela toko anda. jangan lupa sertakan tenggat waktu sehingga pelanggan tahu bahwa mereka harus segera masuk ke toko Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jika Anda menawarkan peralatan makan, makanan, atau produk khusus bertema lebaran lainnya, letakkan di bagian depan toko dan soroti dengan papan nama Anda. Tambahkan spanduk vinil yang menyatakan bahwa toko Anda adalah tempat yang baik untuk berbelanja di saat sebelum lebaran dan setelah lebaran hingga 2 minggu ke depan. Rancang spanduk Anda untuk digantung di etalase Anda dengan memperlihatkan waktu belanja dan diskon khusus.

Saat toko Anda ramai di saat waktunya, tambahkan spanduk vertikal ke pintu masuk Anda untuk menarik perhatian pembeli, arahkan ke daerah antrean yang diindikasikan akan memanjang, dan soroti produk unggulan Anda. Desain spanduk vertikal Anda harus menggunakan gambar produk teratas dan pemberitahuan khusus. Spanduk ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan tentang penawaran khusus Anda saat mereka memasuki toko Anda atau saat mereka mengantri. POS Display Anda harus membuat dampak yang kuat terhadap pelanggan Anda, tetapi tidak membuat mereka terganggu pandangannya dengan terlalu banyak informasi. Signage yang menarik dan tampak profesional dapat memberi tahu pelanggan anda bahwa Anda adalah toko yang menarik dan berkualitas, dan dijalankan secara profesional, yang merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja di saat Hari Raya Idul Fitri. Itulah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran

CARA MENGHUBUNGKAN ROUTER TP LINK WR-740N KE Iconnet UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN SINYAL WIFI

Hits: 85

Iconnet adalah layanan jasa internet berbasis fiber optik atau serat fiber yang diluncurkan oleh PT. Perusahaan Listrik Negara atau PT.PLN. Dengan adanya jaringan internet dari iconnet, maka masyarakat luas sudah dapat menikmati akses internet rumahan cepat sehingga informasi maupun kegiatan digital lainnya seperti bisnis dropshipping secara online dapat di akses dengan baik. Akses internet rumahan iconnet sebetulnya dapat diakses secara nirkabel, namun ada kalanya jangkauan wifi iconnet terbatas. Penyebabnya bisa saja karena jarak yang terlalu jauh, atau kondisi rumah yang terhalang beton, misalnya pada rumah berlantai 2 atau 3. Untuk mengakali berkurangnya sinyal wifi iconnet, maka dapat digunakan router TP LINK WR-740N sebagai alat tambahan alat untuk memperluas jangkauan sinyal wifi iconnet. Berikut adalah cara menghubungkan router TP LINK WR-740N ke Iconnet untuk memperluas jangkauan sinyal wifi. Cara setting TP LINK WR-740N ke Iconnet ini pada prinsipnya adalah sama dengan cara setting TP LINK WR-740N untuk mikrotik, dimana Router TP LINK WR-740N berfungsi sebagai acess point.

ROUTER TP Link WR-740N

Tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut koneksi Router TP LINK WR-740N ke Iconnet.

  1. Pastikan bahwa Firewall dan security network pada laptop, tablet, atau hp android dalam kondisi off atau mati.
  2. Sambungkan perangkat TP-LINK WR-740N dengan daya listrik. Tunggu sesaat hingga lampu-lampu indikator pada perangkat menyala, yaitu indikator power, setting, dan wifi.
  3. Sambungkan kabel LAN dari Port LAN 1 IConnet ke Port WAN pada perangkat TP-LINK
  4. Jika perangkat adalah perangkat yang pernah digunakan, maka tekan tombol reset dengan menggunakan jarum atau ujung pulpen pada perangkat TP Link yang posisinya ada di bagian belakang alat. Jika perangkat TP link WR-740N adalah perangkat baru, atau belum pernah dipakai, maka langsung loncat ke langkah nomor 5.
  5. Buka laptop, atau tablet, atau HP android.
  6. Klik koneksi internet wifi dan pilih TP-LINK. Dan pastikan berstatus connected atau terhubung. Jika tidak terhubung, maka mungkin ada masalah di kabel LAN.
  7. Buka browser Google Chrome atau Mozilla Firefox. Disarankan menggunakan Mozilla Firefox. Pada address bar, ketikan tplinkwifi.net atau http://192.168.0.1/ . Login dengan user name: admin, dan password: admin
  8. Pada menu, klik Nirkabel atau wireless. Dan lakukan penyetingan sebagai berikut.
  9. Pada kolom Nama jaringan nirkabel, isi dengan nama jaringan yang ingin anda buat. biarkan settingan yang lain, kemudian klik save atau simpan. Perhatikan gambar berikut.
tampilan setting TP Link WR-740N

11. Anda akan diperintahkan untuk restart. tekan “click here” untuk restart, dan tunggu beberapa saat hingga lampu indikator perangkat TP LINK WR-740N menyala normal.

12. Hubungkan komputer anda dengan jaringan wifi yang sudah anda buat tadi. (Jika sebelumnya nama jaringan wifi adalah TP-LINK…., sekarang nama jaringannya adalah nama jaringan yang sudah anda buat.

13. Kembali masuk ke menu TP LINK di tplinkwifi.net atau http://192.168.0.1/ .

14. Pada menu DHCP, klik nonaktif pada server DHCP. Ini artinya adalah bahwa perangkat TP Link ini akan mengikuti settingan alamat IP yang sama dengan alamat IP Iconnet. karena perangkat TP link ini berfungsi untuk hanya meneruskan sinyal wifi Iconnet. Alias alat TP LINK menjadi acces point atau wifi expander. Perhatikan gambar di bawah ini

15. Klik Simpan, lalu lakukan restart perangkat dengan meng-klik tombol “click here”.

16. Buka koneksi internet di laptop, atau tablet, atau hp android, dan pilih koneksi jaringan wifi yang telah anda buat. pastikan terhubung atau connected.

17. Test browsing dengan membuka laman Youtube, atau laman Google.com

Itulah cara menghubungkan router TP LINK WR-740N ke Iconnet untuk memperluas jangkauan sinyal wifi. Semoga bermanfaat.

Mempersiapkan Toko Kelontong Menjelang Ramadhan

Hits: 17

Ketika Bulan Ramadhan sudah dekat, maka berkah akan segera datang bagi para pengusaha toko kelontong atau toko retail sembako. Bulan Ramadhan adalah momen dimana pendapatan penjualan toko akan meningkat berlipat-lipat dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Ini terjadi karena para konsumen yang melakukan aksi belanja di luar kebiasaan. Mereka berbelanja untuk menenangkan keluarga, momen Ramadhan adalah momen spesial bagi mereka yang melaksanakannya, dan bagi para pengusaha toko retail atau toko kelontong, ini merupakan momen untuk meraup untung yang maksimal. Oleh karena itu, perlu persiapan yang cermat agar toko kita tidak kehilangan momen penjualan di bulan Ramadhan tersebut. Berikut adalah tips mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan.

  1. Mengevaluasi kinerja toko di bulan Ramadhan tahun sebelumnya.

Langkah pertama adalah mengevaluasi penjualan toko anda pada bulan Ramadhan di tahun lalu. Bahkan jika toko Anda mengalami tingkat pendapatan yang tinggi di Ramadhan kemarin, Anda setidaknya dapat melihat produk mana yang memberikan kontribusi tertinggi di penjualan total anda. Dan itu bisa anda ulangi lagi di tahun ini. Peritel kelontong yang cerdas akan merencanakan anggaran dan menentukan dengan tepat berapa banyak uang yang dapat dialokasikan, produk apa yang harsu diperbanyak stok-nya, dan barang mana yang harus dikurangi. Itu semua dapat dianalisa dan dtentukan kebijakannya setelah melihat histori penjualan pada bulan Ramadhan tahun lalu.

  1. Analisis kebutuhan target pasar Anda.

Toko kelontong seharusnya tidak hanya mengevaluasi dan menganalisis kebutuhan pelanggannya di tahun lalu, tetapi toko kelontong pun harus mengetahui produk apa yang sedang trend di tahun sekarang. Misalnya, jika trend tahun ini adalah produk mentega sebagai pengganti minyak goreng yang langka, maka tentu toko kelontong harus mempersiapkan diri akan trend ini. Anda harus segera mulai mencari supplier yang dapat meneyediakan stok mentega di toko anda, namun tentunya anda juga tidak mengesampingkan untuk teap berjualan minyak goreng. Trend suatu produk jualan dapat anda analisis dari erbagai media sosial, berita ekonomi, atau bahkan mungkin saja dengan menggunakan analisis dari Google trends.

  1. Negosiasikan diskon yang lebih besar dengan grosir Anda.

Jangan lupa untuk bernegosiasi dengan supllier toko kelontong anda. Dengan mengetahui produk mana yang populer di Bulan Ramadhan tahun sebelumnya, anda dapat menentukan untuk membeli produk dengan jumlah banyak alias massal. Dan biasanya, membeli barang dalam jumlah banyak biasanya terdapat diskon pembelian yang diberikan oleh supplier. Gunakan kesempatan ini untuk bernegosiasi mendapatkan diskon yang lebih baik.

itulah saya rasa tips sederhana untuk me mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan. Dan tips ini bukan hanya berlaku untuk toko besar saja, namun bisnis UMKM kecil, toko kelontong kecil, atau warung-warung kelontong kecil pun dapat mengaplikasikan tips ini, ayng tentunya disesuaikan dengan budget, jumlah pelanggan, dan jumlah varian produk yang dimilikinya.

7 Kunci Sukses Menjawab Pertanyaan Calon Supplier Toko Kelontong

Hits: 262

Ketika supplier ada yang akan masuk menjadi partner kita, ini merupakan suatu kemajuan dan ekuntungan bagi toko kita. Sebab, adanya supplier berarti kita tidak perlu modal lagi untuk membeli barang. Suplier yang akan menyediakan barang, dan kita tinggal jualan. Akan tetapi, tidak mudah untuk memperoleh supplier. Para supplier mungkin akan memperhatikan reputasi toko kita, menganalisis transaksi penjualan kita, dan bahkan mungkin juga mereka akan mengirimkan mistery shopper utnuk mencari tahu cara kita melayani para pelanggan. Bahkan, ada beberapa supplier yang melakukan wawancara terlebih dahulu dengan kita sebelum mereka memutuskan untuk menjadi supplier toko kita. Berikut adalah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong ketika mereka melakukan wawancara dengan toko kita. Inti dari ketujuh kunci ini adalah komunikasi. Komunikasi memainkan peran penting dalam kesuksesan meraih supplier, karena komunikasi adalah sesuatu yang dapat menyegel kesepakatan atau membatalkannya. Komunikasi yang efektif memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan, pemikiran, dan ide Anda dengan cara yang benar, sehingga menarik perhatian. Untuk menyampaikan komunikasi yang efektif dalam wawancara dengan calon supplier, ada tujuh kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong, yaitu:

  1. Kebenaran
    Ketepatan mengacu pada penyediaan fakta yang benar, menggunakan tingkat bahasa yang tepat dan menyampaikan pesan yang tepat kepada pewawancara, yang dalam hal ini adalah calon supplier. Ini mengacu pada menghindari kebohongan data dalam bentuk komunikasi secara tertulis maupun secara lisan. memberikan informasi yang bohong akan menimbulkan efek negatif yang berakibat menjadi buruknya reputasi toko kelontong kita.
  2. Kejelasan
    Kejelasan memerlukan penggunaan bahasa sedemikian rupa sehingga calon supplier dapat dengan mudah memahami arti sebenarnya dari kalimat tersebut. Kita perlu menekankan pada pesan tertentu pada suatu titik waktu. Jika ada kejelasan dalam pemikiran dan gagasan, maka itu memungkinkan makna kalimat tersampaikan dengan mudah.
  3. Kelengkapan
    Jika kita ingin mendapatkan respons yang diharapkan calon supplier, maka kita harus selalu menyediakan semua detail yang diperlukan. Kita harus mempertimbangkan keadaan pikiran pewawancara dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan mendukung tanggapan dengan fakta dan angka yang lengkap.
  4. Ringkas
    Di dunia bisnis, tidak ada yang punya waktu untuk komunikasi bertele-tele. Jadi, lebih baik ringkas dalam komunikasi dan hemat waktu Anda dan orang lain. Anda dapat mencapai keringkasan dengan menghindari pengulangan pemikiran dan ekspresi bertele-tele. Sebaliknya, Anda harus menggunakan kalimat singkat yang to the point tetapi menyelesaikan komunikasi.
  5. Pertimbangan
    Ini adalah komponen terpenting dari komunikasi yang efektif yang menyiratkan pemikiran dari perspektif calon supplier. Kita sebagai orang atau pemilik toko yang diwawancara harus mempertimbangkan pandangan, latar belakang, tingkat pendidikan, pola pikir, keinginan, dan masalah calon supplier tersebut saat sedang berwawancara dengan kita.
  6. Kekonkretan
    Kekonkretan dalam memberikan penjelasan mengacu pada kejelasan dan ketepatan kata-kata yang dapat menghindarkan hal-hal kabur dan tidak jelas. Kita harus menyajikan fakta yang benar dan spesifik di depan mereka untuk komunikasi yang efektif.
  7. Kesopanan
    Sopan santun adalah komponen inti dari setiap komunikasi yang efektif. Awal dan akhir komunikasi harus dengan sopan. Ini mengacu pada menghargai perasaan orang lain karena itu akan membangun niat baik. Kita harus menggunakan kata-kata yang sopan dan menunjukkan rasa hormat kepada calon supplier, sebab jika tidak, sebenar apapun bukti yang kita berikan, selengkap apaun keterangan yang kita jelaskan. Kita tidak akan berhasil jika kita tidak memiliki kesopanan. Kesopanan adalah faktor subjektif mereka yang sangat mungkin akan mengesampingkan semua kekurangan data hanya karena hati mereka tersentuh dengan kesopanan yang kita berikan.

Itulah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong yang dapat meningkatkan reputasi, profit, dan merk dagang toko kelontong kita. Semoga berhasil.

Tips Menyewa Toko Yang Strategis Untuk Jualan

Hits: 400

Menyewa toko untuk jualan bisa menjadi tantangan untuk Anda yang sedang dan akan berbisnis di dunia retail. Menyewa toko itu gampang-gampang susah, dalam pengertian gampang, karena mungkin ada banyak ruko yang disewakan untuk berbisnis retail, namun dibilang juga susah karena kita harus yakin bahwa tioko yang kita sewa berlokasi strategis dan mampu meningkatkan penjualan barang kita. Berikut adalah tips menyewa toko yang strategis untuk jualan barang-barang kelontong anda atau produk-produk lainnya.

Tips menyewa toko yang strategis untuk jualan ini berlaku untuk sewaan toko di mall, pasar, komplek ruko, atau bahkan juga sewaan toko yang berdiri sendiri.

  1. Pastikan toko yang akan Anda sewa cukup besar untuk memajang semua produk jualan anda. Walaupun tidak semua stok dapat dipajang, namun setidaknya cukup untuk memajang semua varian produk yang anda miliki. Lebih bagus lagi jika toko yang akan anda sewa memiliki ruangan untuk gudang. itu lebih mantap.
  2. Cari informasi tentang penyewa toko sebelumnya. Anda harus mengetahui mengapa penyewa sebelumnya meninggalkan tempat tersebut. Cari informasi se-valid mungkin, apakah penyewa toko sebelumnya pergi karena kurangnya lalu lintas pelanggan, kurangnya akses transportasi umum, atau justru pemilik toko yang bermasalah.
  3. Anda harus mensinkronkan segmen pasar anda dengan lokasi yang anda rencanakan untuk disewa. Mengetahui psikologi dan perilaku target pasar Anda sangat penting dengan mempertimbangkan di mana mereka berbelanja. Anda akan kesulitan jualan daster berharga murah di lingkungan toko yang semuanya justru menjual pakaian branded.
  4. Perhatikan toko-toko yang lain di sekitar Anda. Ini penting untuk menetapkan posisi Anda di toko yang baru sehingga akan lebih menantang dan menyenangkan. Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan jika anda berjualan pakaian eceran di lingkungan toko yang hampir sebagian besar justru mereka berjualan alat elektronik.
  5. Tanyakan kepada pemiliknya apakah toko dapat dimodifikasi untuk desain interior toko. Ada beberapa pemilik yang tidak menginginkan roko miliknya dimodifikasi, ada juga yang membolehkan total, dan ada pula yang memboehkan dengan syarat-syarat tertentu. Anda harus tanyakan itu agar tidak terjadi kesalahfahaman di kemudian hari.
  6. Pastikan berapa biaya sewa, dan bagaimana kontrak sewa toko dan cara pembayarannya. Perkara uang anda harus detail. Anda harus tahu apakah Anda harus membayar biaya pemeliharaan dan perbaikan, Jika terjadi musibah misalnya kebakaran, apakah anda akan menanggung semua biaya perbaikan atau tidak, atau di bagi dua. Ini harus diperjelas, dan kalau perlu dicantumkan dalam kontrak sewa.

Itulah tips menyewa toko yang strategis untuk jualan. Pemilihan toko sewaan yang tepat akan mengakibatkan berkembangnya bisnis toko kelontong atau toko eceran anda. Selamat berjualan.