Category Archives: Tutorial

5 Tips Cara Memberikan Presentasi Dengan Powerpoint Yang Wajib Anda Ketahui

Jika lima tips ini Anda lakukan, Anda akan dapat menampilkan presentasi Anda dengan lebih efektif, lebih menarik dan berkesan untuk audiens Anda.

Apa saja tips tersebut, silakan Anda simak ulasannya.

1. Sebelum tampil jangan lupa lakukan cek peralatan

Ini sangat penting Anda lakukan.

Tujuannya adalah supaya saat Anda tampil Anda bisa menghindari adanya kesalahan teknis yang bisa mengganggu jalannya presentasi.

Saran saya, ada tiga alat utama yang harus Anda cek.

Pertama, adalah leptop. Pastikan leptop Anda sudah Anda setting dengan cara yang benar.

Kedua adalah LCD proyektor. Seperti yang sudah Anda ketahui tanpa LCD Anda tidak akan bisa menampilkan slideshow presentasi Anda. Karena itu LCD yang akan Anda gunakan juga harus Anda cek.

Bagaimana gambarnya, buramkah atau malah warnanya tidak sama dengan warna asli dari slide Anda. Kalau misalnya Anda menemukan masalah seperti di atas segera ganti LCD dengan yang lebih baik.

Ketiga, remote presentasi.

2. Saat tampil manfaatkan fitur presenter view

Presenter view adalah salah satu fitur dari powerpoint yang memungkinkan kita melihat slide presentasi kita, melihat urutan slide presentasi kita, melihat catatan presentasi kita di layar monitor leptop sementara audiens hanya melihat slide presentasi Anda di layar monitor.

Dengan membuat presenter view kita seperti memiliki sebuah telepromter yang bisa kita lihat seandainya kita lupa posisi slide, urutan slide atau pun materi presentasi. Sedangkan audiens tidak melihat hal tersebut.

Selain itu dengan presenter view akan membuat Anda tidak perlu bolak-balik badan untuk melihat slide presentasi Anda.

Dengan demikian penampilan Anda akan lebih baik dan lebih percaya diri.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur presenter view?

Sudah saya jelaskan dalam video yang sudah bisa Anda download di member area bersama puluhan video tutorial lainnya saat Anda beli Great presentation Design Pack.

Tapi ingat jika Anda mengaktifkan fitur presenter view ini pastikan saat Anda presentasi Anda bisa meletakkan leptop yang Anda gunakan di depan atau disamping depan diri Anda. Ini supaya ketika Anda butuh melihat catatan atau melihat alur dari slide Anda, dengan mudah Anda bisa melihatnya.

3. Kontrol jalannya slide Anda dengan remote presenter

Saya harap Anda sudah punya yang namanya remote presenter.

Karena ini alat yang sangat fital untuk mengontrol jalannya presentasi.

Saya pribadi, selalu menggunakan alat ini, karena benar-benar ngebantu banget saat saya presentasi.

Mau dari mana pun saya berdiri saya bisa memindah slide tanpa harus mendekati meja tempat dimana leptop saya letakkan.

Kan bisa minta bantuan teman pak?

Memang bisa sih, cuma agak mengkhawatirkan.

Karena yang sering terjadi presenter ngomong ini, eh malah slide yang tampil beda.

Pokoknya gak rekomended banget lah.

Kalau bisa jangan gunakan pihak ketiga, mending pakai remote saja.

Saran saya kalau Anda belum punya investasikan sedikit uang untuk membelinya.

4. Hindari terlalu sering melihat ke layar

Saya tidak sekali dua kali ya, melihat presenter yang sebenarnya sudah menggunakan slide bagus. Teksnya ringkas dengan gambar yang juga menarik perhatian. Tapi masih ada saja lo yang saat bicara malah melihat gambar pada slide mereka.

Dan kalau Anda pernah melihat yang demikian atau malah Anda sendiri juga masih melakukannya, maka masalahnya hanya satu. Itu dikarenakan kebiasaan yang sering dilakukan sebelumnya.

Atau kalau boleh saya pertegas, karena dulu mungkin sering menggunakan slide yang penuh teks dan sering presentasi dengan membaca akhirnya setelah mengunakan slide yang sudah baik pun kebiasaan tersebut masih terbawa.

Karena itulah saran saya, cobalah sering-sering berlatih. Kemudian saat tampil selalu sadari apa saja yang Anda lakukan. Dengan demikian Anda akan bisa meminimalisir melihat tampilan layar.

Apakah itu berarti tidak boleh sama sekali melihat layar?

Tentu saja boleh, kalau misalnya Anda ingin menunjukkan sesuatu pada slide Anda, yang memang perlu Anda perlihatkan Anda memang harus menghadap pada layar.

Hanya saja kalau sudah ya harus segera kembali ke audiens Anda.

Dan kalau tidak sedang ingin menunjukkan sesuatu pada layar, lihat layar Anda sekilas saja.

Kemudian segera langsung arahkan pandangan ke audiens Anda.

5. Optimalkan penggunaan tombol B pada remote atau leptop Anda

Ini yang terakhir, sebuah teknik yang sangat mudah namun tidak banyak presenter yang mengoptimalkannya yaitu tombol B.

Memang ada apa sih dengan tombol B?

Jadi begini dalam presentasi terkadang kita itu perlu mematikan layar, di saat kita ingin audiens fokus dengan apa yang akan kita sampaikan.

Atau misalnya saat kita ingin berpindah tempat sedangkan proyektor di tempatkan terlalu rendah sehingga saat kita melewati cahaya proyektor bayangan kita akan muncul di layar.

Dalam situasi yang semacam mematikan layar juga merupakan cara yang bijak.

Nah itulah fungsi tombol B, yaitu untuk mematikan layar Anda.

Percayalah meski ini sepele namun jika bisa Anda optimalkan presentasi powerpoint yang akan Anda bawakan akan terlihat berkelas.

Baik, itulah tadi 5tips membawakan presentasi powerpoint untuk hasil yang lebih baik.

Saya ulangi 5 tips tersebut adalah:

Cek peralatan

Aktifkan fitur presenter view

Gunakan remote presenter

Hindari terlalu sering melihat ke layar

Optimalkan penggunaan tombol B untuk mematikan layar

Silakan Anda terapkan untuk presentasi powerpoint Anda berikutnya.

Tips Agar Buku Anda Tetap Layak Dibaca dan Selalu Berkondisi Baik

Beberapa minggu yang lalu, teman saya datang ke rumah saya, dan dia menemukan bahwa buku-buku saya tersimpan dalam kondisi baik. Ya, saya memiliki banyak buku di rumah saya, dan saya selalu mencoba yang terbaik untuk menjaga mereka semua dalam kondisi baik. Dibandingkan dengan e-buku, saya lebih suka buku yang konvensional, yang dapat memberi saya pengalaman membaca lebih memuaskan. Memang ada orang-orang yang telah meninggalkan buku ke e-book, namun bagi saya, buku yang konvensional masih belum dapat mengalahkan sensasi membaca dan kemudahan dalam kepraktisan. Jika Anda menyukai buku sebanyak seperti yang saya lakukan tapi tidak punya petunjuk tentang bagaimana untuk menjaga mereka dalam kondisi baik, ini adalah artikel yang harus Anda baca. Saya akan senang untuk berbagi beberapa tips dengan Anda tentang bagaimana untuk menjaga buku agar tetap layak baca dan selalu dalam dalam kondisi baik.

Pertama, berapa banyak buku yang Anda miliki di rumah Anda? Dan apakah Anda memiliki cukup rak buku untuk menjaga buku-buku Anda? Jika tidak ada cukup ruang untuk menjaga buku Anda, Anda mungkin harus menambahkan rak buku baru ke rumah Anda atau menjual beberapa buku-buku lama. Namun, saya yakin bahwa sebagian besar dari Anda tidak bersedia untuk menjual buku-buku berharga.

Masalah kedua mungkin debu. Jika Anda tidak mengambil ini dengan serius, mungkin akan menyebabkan banyak masalah. Untuk menjaga buku dari debu, hal yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa Anda telah menempatkan mereka di tempat yang tepat bukannya di kamar berangin. Jika kamar Anda berangin, Anda bisa membeli rak buku dengan kaca sehingga menjaga rak buku selalu bersih di dalam.

Ada banyak faktor yang akan membuat perbedaan besar untuk buku Anda saat Anda menjaga mereka di rumah Anda, misalnya, sinar matahari, kelembaban, dan panas. Dalam pandangan itu, sangat penting untuk memilih tempat yang tepat untuk menjaga buku-buku Anda jauh dari sinar matahari. Dan jika ada kelembaban yang berlebihan, yang akan mempengaruhi kertas buku di kamar Anda, Anda mungkin perlu untuk menjaga buku menjauh dari jendela. Untuk menghindari panas yang menyebabkan kerusakan buku Anda, pastikan buku Anda berada jauh dari sumber panas.

Ada sedikit trik bagi Anda untuk mengatur buku-buku Anda karena Anda punya banyak buku sehingga Anda bisa menemukan buku yang ingin Anda baca dalam beberapa detik. Sebagian besar dari Anda mungkin hanya menempatkan buku kembali di rak secara acak, yang menjadikan alasan mengapa Anda harus menghabiskan waktu untuk mencari buku yang Anda inginkan. Untuk mempercepat pencarian buku, sebaiknya setiap rak anda beri label sesuai dengan tema buku. Misalnya anda dapat membuat label buku autobiografi, fiksi, manajemen bisnis, sejarah, dan lain-lain.

Jika Anda meluangkan waktu Anda untuk merawat buku-buku Anda, anak-anak Anda dan cucu anda akan dapat membaca buku-buku Anda suatu saat nanti. Dab ini adalah warisan yang menakjubkan untuk anak-anak, sebab anda mewariskan ilmu kepada anak-anak anda.

Rumus-rumus Excel Lengkap

Anda sudah pasti mengetahui mengenai program Excel, jadi saya tidak perlu membahas lagi mengenai arti dan tujuan dari program Microsoft Excel. Setiap software komputer diciptakan adalah untuk memudahkan manusia atau pengguna dalam melakukan pekerjaan. Demikia pula halnya dengan excel. Microsoft Excel ini tentu diciptakan untuk mempermudah seseorang untuk melakukan pekerjaan analisis data.

Banyak orang yang tidak memahami benar mengenaia arti pentingnya program excel serta berbagai tools yang ada didalamnya. Kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa rumus dari program Microsoft Excel ini, sementara yang lain mungkin hanya sebatas mengetahui kolom dan baris saja. Namun fakta dan bukti mengatakan bahwa ada berbagai rumus di dalam program excel yang dapat digunakan untuk menganalisa data, dan tentunya rumus-rumus ini diciptakan sesuai dengan kegunaannya. Ada rumus untuk hitungan matematika, rumus untuk hitungan finansial, rumus untuk hitungan statistik, dan sebagainya. Jika anda adalah seorang analis, dalam bidang apapun, yang kesehariannya adalah berkutat dengan angka-angka dan data-data, menguasai excel adalah suatu keharusan. Pekerjaan yang dilakukan satu hari atau satu minggu bisa selesai dalam hitungan bebrapa jam saja.

Berikut ini saya berbagi mengenai rumus-rumus excel lengkap untuk membantu anda dalam mempermudah pekerjaan anda. Rumus-rumus ini terbagi dalam beberapa bagian yang kesemuanya sangat dijelaskan dengan terang benderang. Anda bisa menggunakan rumus-rumus ini untuk referensi analisi data anda dan berbagi dengan rekan-rekan yang lain di kantor anda. Atau jika ada waktu, anda bisa mempelajarinya sendiri dan jika sudah hebat, tentu ini akan menjadi value tersendiri bagi anda. Bukan tidak mungkin jika anda menguasai rumus-rumus excel ini, karir anda akan semakin melejit.

Silahkan klik rumus-rumus excel lengkap untuk memperolehnya, dan kunjungi halaman download untuk panduan downloadnya.

Membuat ebook dari konten blog

Sudah sekian lama saya mencari cara untuk merubah konten blog saya yang berjumlah ratusan menjadi berbentuk ebook. Jika saya masih punya back up sih gak masalah, tapi jika saya gak pernah bikin artikel di word? Alias saya langsung nulis di jendela posting artikel? wah sungguh sayang jika artikel-artikel saya itu tidak terdokumentasikan. Untung saya menemukan pemecahan masalah tersebut, dan bahkan lebih hebatnya lagi, saya berencana untuk menjual artikel-artikel karya saya ini dalam bentuk ebook.

Ini langkah-langkahnya, mudah-mudahan bermanfaat juga bagi anda:

1. Jika blog anda berplatform blogspot, masuk ke akun blogger anda. Jika wordpress, ya masuk ke akun wordpress dong hee.he..

2. pada blogger, masuk ke setting–others.

3. klik export blog. Export ini memungkinkan isi/konten blog anda menjadi file xml. Jangan lupa cari tahu dimana file ini disimpan di komputer anda.

4. Ini adalah langkah untuk membuat ebook. Buka blogbooker.com

5. Klik pdf di ujung kiri atas website tersebut.

6. Klik “telusuri” pada blogger xml export. Disini anda harus tahu letak penyimpanan file xml di komputer anda yang telah anda export sebelumnya

7. Isi alamat url blog anda pada kolom “blog url”

8. Klik “create pdf book” dan tunggu beberapa saat, anda akan menemukan isi artikel anda menjadi sebuah ebook.

9. Setelah proses selesai, akan muncul process completed. Klik “your blog in pdf” untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba. Jika anda berencana untuk menjualnya, maka anda harus merubah cover depan ebook anda tersebut, dan setelah melakukan pengeditan tentunya.


Tips Penting Sebelum Membeli furniture secara Online

Fakta yang terjadi, tidak sedikit orang yang kecewa melakukan pembelian furniture secara online, sebab furniture yang ia terima ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dan, tidak sedikit juga pembeli yang merasa tertipu ketika membeli furniture secara online sebab setelah terjadi transaksi dan uang muka sudah dibayarkan, ternyata furniture yang dipesannya tak kunjung dikirim, dan parahnya lagi, si penjual sudah tidak bisa dihubungi lagi. Untuk menghindari hal-hal yang demikian, berikut ini adalah tips penting yang akan bermanfaat ketika ingin membeli furniture secara online :

 

  1.  Identitas penjual : Sebaiknya anda membeli furniture pada penjual yang anda tahu identitasnya, paling tidak anda sudah mengetahui reputasi dan keabsahan penjual furniture tersebut.
  2. Pastikan kualitas web atau situs yang menawarkan furniture secara online tersebut. Anda harus pastikan bahwa situs itu benar-benar situs yang terpercaya. Bagaimana cara mengetahuinya? Mudah saja, biasanya situs atau web yang terpercaya selalu mencantumkan identitasnya seperti nama pemilik, alamat lengkap, email, tata cara pemesanan, cara pembayaran, cara mengkonfirmasi pembayaran, proses pengiriman, dll. Bahkan validitas semakin terbukti ketika suatu toko mengeluarkan kupon diskon resmi seperti wayfair discount code.
  3.  Jika ini adalah pertama kalinya anda membeli furniture secara online, sebaiknya anda uji dulu tingkat kepercayaan dan kemampuannya dalam penyediakan furniture yang anda pesan hingga keselamatan furniture dalam proses pengiriman ke tempat anda. Caranya yakni dengan melakukan pemesanan dengan kuantitas sedikit terlebih dulu, atau membeli produk dengan harga yang tidak mahal. Jika toko online tersebut menyediakan fasilitas diskon berbentuk kupon, seperti wayfair coupon code, anda bisa mencoba membeli dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Buktikan kalau kupon promo terbeut berfungsi.
  4. Sebaiknya anda cari furniture online yang menyediakan garansi kerusakan atau tidak sesuai dengan yang anda pesan. Meskipun garansi biasanya kurang dapat diandalkan tetapi hal ini masih membuat anda memiliki keleluasaan untuk komplain jika anda kecewa dengan barang yang dikirim.
  5. Jika anda sudah yakin tentang validitas toko online tersebut, kini saatnya anda berbelanja! Pastikan budget anda tersedia, dan gunakan wayfair promo code untuk lebih menghemat belanja furniture anda.

Cara Menghapus Semua Email di Yahoo Yang Berjumlah Ribuan

Barangkali anda adalah orang yang telah mengunakan yahoo mail bertahun-tahun (seperti saya, sudah menggunakan email yahoo selama 7 tahun), dan kemudian anda dipusingkan dengan jumlah email yang ribuan dan ternyata itu membuat kuota email anda menipis.

Lebih pusing lagi ketika anda mulai menginstall thunderbird agar anda dapat membaca email dengn cepat tanpa perlu membuka laman Yahoo. Inginnya cepat membaca email terbaru, malah lambat karena thunderbird mendownload email lama yang berjumlah ribuan tersebut. Wah, sungguh bikin suasana hati gak enak.

Agar thunderbird bisa langsung download email terbaru, tentu saja anda harus menghapus semua email di yahoo. Tapi bagaimana caranya agar bisa langsung menghapus email di inbox yahoo yang berjumlah ribuan? Karena kalo per halaman pasti lama dan butuh banyak waktu.

Hei, gak usah bingung. caranya gampang sekali. Anda tinggal klik geser salah satu email ke ujung bawah scroll bar daftar email anda. terus hingga akhir. Kemudian centang semua, dan klik hapus. Ding..dong…Inbox anda menjadi bersih, dan thunderbird anda siap menerima email terbaru dari inbox yahoo.

Selamat mencoba. Oh ya, jangan lupa setelah email di inbox yahoo anda terhapus semua, atur settingan thunderbird agar surat yang telah terbaca dapat otomatis terhapus di server yahoo. Dengan cara ini, server yahoo anda akan selalu kosong, tetapi email anda akan tetap tersimpan di komputer anda hingga anda sendiri yang menghausnya dari komputer anda.

Hal-Hal yang Membuat Penjualan Gagal dan Solusinya

Penjual harus selalu menjadi pengendali dalam setiap langkah yang diambil oleh calon pembeli. Termasuk ketika penjualannya menghadapi serangkaian kendala dan permasalahan yang bisa menghambat proses transaksi. Tentunya tidak dengan harus memperlihatkannya kepada calon pembeli tersebut. Ada penjual yang berhasil membawa calon pembelinya sukses melakukan transaksi. Namun, ada pula yang tak sengaja menjerumuskan rencananya sehingga rencana penjualanmenjadi gagal.
Ada beberapa hal bisa membuat seorang penjual mengalami kegagalan dalam menjual.Penjual yang ingin sukses sebaiknya bisa mengatasi hal-hal berikut ini:
Ketakutan
Ketika presentasi penjualan sudah mulai tak terkendali, hal yang harus dilakukan adalah melakukan perubahan. Namun, terkadang seseorang justru menghadapi ketakutan ketika hendak mengambil keputusan itu. Akibatnya, ia tak melakukan perubahan dan secara perlahan membawa presentasinya dan juga tujuan bisnisnya menuju kegagalan. Solusi untuk menghadapi ketakutan ini yaitu melakukan perubahan dan jangan takut untuk mencoba.
Kebingungan
Kebingungan bisa ditimbulkan dari ketidakpahaman atas masalah yang sedang terjadi atau karena tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk memberikan solusi. Bila seorang penjual dilanda kebingungan, ia tidak akan bisa melakukan pengendalian kepada calon pembeli,sehingga transaksi akan cenderung gagal. Untuk itu, sebaiknya penjual berusaha menyiapkan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban seputar masalah-masalah yang diperkirakan akan terjadi.
Kepercayaan
Menjual sesuatu kepada pelanggan tidak hanya sebatas menjual produk saja, akan tetapi harus bersama dengan kepercayaan. Bahkan prinsip menjual yang utama adlah bahwa anda harus menjual kepercayaan, nukan produk anda. Orang yang membeli produk anda adalah orang yang percaya kepada anda, karena itu anda harus mempertahankan kepercayaan tersebut. Jika tidak, maka akan bisa membawa bisnis Anda pada kegagalan. Selalu pantau pelanggan yang pernah bertransaksi dengan anda secara rutin. Lakukan evaluasi dan jangan segan untuk memberikan pertanyaan seputar pemanfaatan atau kendala dari produk yang mereka beli dari anda. Berikan mereka solusi atas permasalahan mereka.

Jangan Terlalu Khawatir Dengan Google De-index

Hampir setiap blogger -jika tidak mau dikatakan semuanya- berharap agar blognya dan niche yang dia miliki berada pada posisi teratas di halaman pertama mesin pencari Google. Segala upaya dilakukan termasuk dengan menggunakan teknik-teknik black SEO, hingga secara tidak sadar justru berujung kepada deindex atau penalti Google.
Deindex Google adalah suatu keadaan dimana blog atau website tidak terdaftar dalam mesin pencari Google. Ada beberapa penyebab suatu blog terkena deindex, yaitu:
1. Konten blog berisi artikel hasil copy paste alias hasil plagiat dari blog lain.
2. Konten blog merupakan hasil spin dari artikel lain, sehingga tata bahasa menjadi tidak jelas.
3. Terlalu banyak link keluar dibandingkan dengan link masuk.
4. Terlalu banyak memberikan komentar tak bermutu di blog lain sehingga dianggap spam.
5. Tidak mengikuti atau melanggar aturan google guideline.
Ketika suatu blog terkena deindex, para blogger seolah-olah mendapatkan bencana yang begitu hebat, apalagi jika blognya digunakan untuk bisnis adsense. Tapi benarkah bencana ideindex bisa sehebat itu?
Memang benar bahwa jika suatu blog mengalami deindex, maka blogger pemiliknya akan memperoleh kerugian. Kerugian itu antara lain:
1. Kehilangan kesempatan dikunjungi visitor baru yang menggunakan google.com sebagai mesin pencarinya.
2. Kehilangan image brand karena ia tidak muncul di mesin pencari.
3. Menurunnya traffic karena banyak visitor yang meninggalkannya.
Walaupun mengalami kerugian, sebetulnya bencana deindex bukanlah suatu kiamatm. Artinya blog yang terkena deindex masih bisa digunakan sebagai ladang untuk mencari uang. Kenapa demikian? Karena mesin pencari itu bukan hanya Google. Masih ada Yahoo Search, Squido, Bing, dan sebagainya. Dengan kata lain, suatu blog yang terkena deindex Google belum tentu blognya tidak terdaftar di search engine yang lain. Walaupun deindex, blog anda masih terdaftar di search engine lain. Mau bukti? Buka saja yahoo search atau search engine yang lain, dan ketikan salah satu blog anda yang terkena deindex. Buktikan sendiri apakah masih terdaftar atau tidak.
Jadi sebetulnya jika suatu blog terkena deindex, itu bukan menjadi suatu alasan untuk patah semangat dalam mengupdate konten blog deindex. Tetaplah bersemangat untuk menulis dan meng-update konten blog walau deindex, karena deindex hanya berlaku untuk Google bukan untuk semua mesin pencari.
Google deindex adalah kerugian, tapi itu bukan lagi suatu masalah, karena banyak diantara pengguna internet yang menggunakan search engine selain google. Terlebih lagi ada kabar baru bahwa di kuartal ketiga tahun ini, Yahoo berhasil menyalip google dalam penggunaan search engine. Itu arrtinya semakin banyak orang yang menggunakan Yahoo Search dalam urusan search engine. Bukan tidak mungkin jika suatu saat google sudah banyak ditinggalkan, maka sudah jelas google deindex bukan lagi suatu masalah.
Berikut ini saya sisipkan beberapa tips untuk menyiasati blog yang terkena deindex agar trafficnya tidak menurun.
1. Perbaiki atau hapus isi konten yang dirasa melanggar aturan Google guideline, dan kirimkan recommendation request ke Google. Ini adalah yang paling ideal, dan mudah-mudahan berhasil
2. Ganti widget search di blog anda. Biasanya setiap blog dipasang widget search untuk memudahkan pembaca/pengunjung mencari sesuatu di blog tersebut. Widget search ini boasanya berbasis google search engine, terutama blog berbasis blogspot. Artinya setiap kata yang diketikkan pada widget search, akan mengacu pada daftar google. Jadi jika blog mengalami deindex, maka sudah pasti setiap kata yang dicari hasilnya adalah “not found”. Agar tidak menghasilkan “not found”, ganti widget search dengan widget search yang mengacu pada daftar search engine lain. Dijamin, kata atau artikel yang dicari akan terdaftar.

Cara agar blog Paid To Review Anda tidak Kena Penalty oleh Google.

Blog yang digunakan untuk Paid To Review adalah bisnis yang sangat beresiko terkena penalty Google. Kenapa? Karena Google tidak menyukai bisnis ini. Oleh sebab itu blog yang digunakan untuk Paid To Review dianggap melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Google. Jika Google menemukan suatu blog yang terindikasi digunakan untuk Paid To Review,maka blog tersebut akan terkena de-index. Bagi para blogger, de-index Google adalah suatu kerugian besar dan ini sangat sulit untuk memperbaikinya.
Namun demikian, kita tidak boleh patah semangat dalam melakukan bisnis Paid To Review. Google penalty bisa dihindari jika anda melakukan strategi-strategi tertentu (ditambah jika anda beruntung). Lagipula popularitas blog tidak hanya berdasarkan Search Engine Google saja, masih banyak search engine yang lain, dan tidak semua advertiser menggunakan Google sebagai parameter popularitasnya. Tetaplah semangat untuk melakukan bisnis ini,siapa tahu beberapa tahun ke depan Google merubah kebijakannya.
Berikut adalah beberapa cara agar blog Paid To Review tidak terkena pinalti Google (tapi ingat, ini bukanlah strategi jitu, sebab kita tidak tahu rumus algoritma Google). Tapi mungkin ini bisa menjadi jawaban logis jika kita meraba beberapa alasan google tidak menyukai bisnis paid To Review.
1. Tetaplah menulis secara kreatif. Jangan melakukan spin article apalagi melakukan plagiarisme atas artikel-artikel lain yang sudah ada. Plagiarisme bukan saja Google yang tidak menyukai, para advertiser pun tidak menyukai ini. Intinya jika anda mendapatkan order menuis, maka tulislah berdasarkan kreatifitas anda sendiri. Kreatifitas juga sangat disukai para advertiser, dan ini membuat mereka terus memberikan order untuk anda.
2. Lakukan SEO secara natural saja. Jika anda menyebarkan komentar, berikan komentar sesuai dengan tema artikel. Jangan melakukan spam. Lebih baik lagi jika anda mengomentari artikel yang sesuai dengan tema blog anda. Ini akan efektif dalam peningkatan traffic blog anda, karena blog anda bisa di bookmark oleh mereka (sebagai bahan untuk bertukar pendapat)
3. Tetap untuk memperhatikan aturan Google secara umum. Jika anda mendapatkan order menulis, segera mungkin anda juga harus menambahkan artikel alami anda. Ini adalah untuk mengimbangi jumlah link yang keluar dari artikelPaid To Review anda.
4. Tetap menulis sesuai tema. Misalkan blog anda adalah bertema kesehatan, namun anda mendapatkan order untuk mereview gadget handphone terbaru. Jangan menolak order ini, karena ini adalah uang untuk anda. Namun demikian, siasati penulisan review gadget tersebut sehingga berhubungan dengan tema blog anda, yaitu kesehatan. Misalnya : Handphone Ini Tidak Akan Mengganggu Kesehatan Telinga Anda.” Hmmm, Judul yang menarik, dan tetap bertemakan kesehatan.
Itulah beberapa strategi agar blog paid to review anda tidak terkena Google penalty. Namun demikian saya tekankan lagi, strategi ini tidaklah pasti, sebab robot Google tidak membuka rahasia algoritmanya. Anda juga harus punya factor luck disini.

Sales Weapon: Meningkatkan Frekuensi Pembelian

Pada intinya, meningkatkan frekwensi penjualan adalah bagaimana agar para customer yang sudah pernah membeli produk anda kembali lagi di masa depan untuk membeli lagi produk anda.
Ini dapat terwujud jika anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Memberikan pelayanan terbaik bukan hanya sebatas pada kualitas produk yang baik dan tidak bermasalah, melainkan juga terletak pada proses transaksinya, hingga after sales-nya.
Sebagai contoh, jika anda memiliki toko, para pengunjung toko anda dilayani sedemikian rupa hingga mereka merasa nyaman dengan anda dan percaya bahwa toko anda dapat memberikan solusi atas masalah-masalah mereka. Toko adalah salah satu contoh. Pada prinsipnya, apapun yang anda jual jika mereka nyaman dengan anda, dan mereka percaya dengan anda, maka mereka akan menyimpan anda (atau toko anda) sebagai referensi pemecahan masalah di masa mendatang. Dengan kata lain jika mereka membutuhkan sesuatu, maka mereka akan kembali membeli kepada anda.
Ini juga termasuk tentang masalah penentuan harga. Harga yang ditentukan untuk barang anda haruslah bersaing. Harga bersaing disini maksudnya adalah sesuai dengan kualitas barang. Harga tidak mahal namun juga tidak terlalu murahan. Jika ada kompetitor yang menawarkan produk yang sama, setidaknya harga produk kita tidak jauh berbeda. Terkecuali jika brand anda sudah terkenal, mungkin penetapan harga jual yang tinggi adalah persoalan lain.
Senjata yang ketiga ini merupakan suatu filosofi bisnis, sebagai turunan dari hukum bisnis biasa. Hukum bisnis menyatakan bahwa semakin tinggi permintaan maka harga akan semakin tinggi. Penggunaan senjata ketiga ini adalah untuk menciptakan permintaan agar semakin tinggi. Peningkatan permintaan akan berujung kepada peningkatan nilai brand produk kita. Dan ini semua dapat terwujud melalui excellent service.
Akhir kata, meningkatkan frekwensi penjualan adalah dengan cara menerapkan pelayanan yang prima kepada pelanggan.