Category Archives: wirausaha

Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Jiwa Wirausaha

Hits: 2

Seorang wirausaha harus mampu melihat ke depan, berfikir dengan penuh perhitungan, mencari pilihan dari berbagai alternatif masalah dengan pemecahannya. Adapun ciri-ciri orang yang memiliki jiwa wirausaha adalah sebagai berikut:

Percaya Diri

Sifat tersebut dimulai dari pribadi yang mantap, tidak mudah terombang-ambing oleh pendapat orang lain. Akan tetapi, saran orang lain jangan ditolak mentah – mentah, pakai itu sebagai masukan untuk dipertimbangkan, kemudian anda harus memutuskan segera. Anda harus optimis, orang optimis tidak ngawur. Orang yang tinggi percaya dirinya adalah orang yang matang jasmani dan rokhaninya. Karakteristik kematangan seseorang adalah ia tidak tergantung pada orang lain, dia mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi, obyektif, dan kritis. Saran dan opini orang lain dipertimbangkan secara kritis. Emosional nya relatif stabil, tidak gampang tersinggung dan naik pitam. Jiwa sosialnya tinggi, mau menolong orang lain, dan yang paling penting lagi kedekatannya pada khalik sang pencipta Allah Swt.

Berorientasi pada Tugas dan Hasil

Tidak mengutamakan prestise dulu, prestasi kemudian. Akan tetapi, seorang entrepreneur gandrung pada prestasi dulu baru kemudian setelah berhasil prestisenya akan naik. Berbagai motivasi akan muncul dalam bisnis jika kita menyingkirkan prestise. Kita akan mampu bekerja keras, enerjik, tanpa malu, asal yang kita kerjakan itu pekerjaan halal.

Berani Mengambil Resiko

Ciri-ciri atau watak berani mengambil resiko merupakan modal
dasar untuk memulai usaha, namun semuanya harus dilandasi dengan
perhitungan yang matang. Dalam wirausaha yang juga penuh dengan resiko dan tantangan, seperti persaingan, harga turun naik, barang kurang laku, dan sebagainya. Semua tantangan ini harus dihadapi dengan penuh perhitungan.Jika perhitungan sudah matang, membuat pertimbangan dari barbagai segi, maka berjalanlah terus dengan tidak lupa berlindung kepada-Nya.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Berusaha menjadi pemimpin yang disenangi bawahan, akan mudah memimpin sekelompok orang, ia diikuti, dipercaya oleh bawahannya. Namun adapula pemimpin yang tidak disenangi bawahannya, atau ia tidak senang kepada bawahannya, ia banyak curiga kepada bawahannya, ia mau mengawasi bawahannya, tapi tidak ada waktu untuk itu. Menanam kecurigaan kepada orang lain, pada suatu ketika kelak akan
berakibat tidak baik pada usaha yang sedang dijalankan. Pemimpin yang
baik harus mau menerima kritik dari bawahan, ia harus bersifat responsif.

Memiliki Originalitas

Keorsinilan adalah ia tidak hanya mengekor pada orang lain, tetapi memiliki pendapat sendiri, ada ide yang orsinil, ada kemampuan untuk
melaksanakan sesuatu. Orsinil tidak berarti baru sama sekali, tetapi produk tersebut mencerminkan hasil kombinasi baru atau reintegrasi dari komponen-komponen yang sudah ada, sehingga melahirkan sesuatu yang baru. Bobot kreativitas orsinil suatu produk akan nampak sejauh manakah ia berbeda dari apa yang sudah ada sebelumnya.

Berorientasi ke Masa Depan

Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, apa yang hedak ia lakukan, apa yang ingin dicapai? Sebab sebuah usaha bukan didirikan untuk sementara, tapi untuk jangka panjang. Untuk menghadapi padangan jauh ke depan, seorang wirausaha akan menyusun perencanaan dan strategi yang matang, agar jelas langkah-langkah yang akan dilaksanakan.

Memiliki Kreativitas Tinggi

Mempunyai kreatifitas berarti mempunyai kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antara unsur, data, variabel yang sudah ada sebelumnya.

Langkah Mendapatkan Uang Dengan Monetisasi Website

Hits: 12

Pada artikel ini, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana Langkah-langkah mendapatkan uang dengan monetisasi website atau blog yang kita miliki selain menggunakan Adsense, atau istilah umumnya adalah mendapatkan uang dari blog atau website yang terbukti dapat Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan menjadi naik level penghasilan menjadi penghasilan tetap anda nantinya.

Langkah 1: Lalu Lintas Organik
Ketika anda membangun atau menbuat suatu website atau blog, lalu lintas organik sejauh ini merupakan hal yang pertama yang harus anda perhatikan dan utamakan. lalu lintas atau traffic website atau traffic blog bertanggung jawab atas kepopuleran dan keberlangsungan hidup website anda. Jadi, itu harus menjadi dasar strategi monetisasi Anda.
Miliaran orang menggunakan mesin pencari seperti Google setiap hari untuk mencari informasi, bisnis, dan produk.

Jadi, Anda harus memikirkan hal ini dengan meningkatkan peringkat website Anda agar konten anda dapat masuk ke halaman pertama hasil penelusuran Google setiap kali ada pencarian yang relevan. Praktek ini disebut optimasi mesin pencari atau SEO.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan peringkat SEO Anda:

  • Buat artikel rutin setiap hari sekali lebih baik.
  • Lakukan penelitian kata kunci menggunakan alat seperti AHREFS atau SEMrush.
  • Atur konten situs Anda ke dalam header dan paragraf pendek untuk membuat struktur yang ramah SEO.
  • Hindari menerbitkan konten duplikat, yaitu teks yang ditemukan di lebih dari satu situs web. Alasannya adalah mesin pencari mungkin menghukum halaman yang melakukan ini dan memberi mereka peringkat rendah.
  • Bantu peringkat Anda dengan media sosial. Singkatnya, Anda dapat membuat atau mengklaim profil situs Anda di media sosial dan direktori industri dan membuat konten yang memberi Anda ulasan bagus, banyak pengikut, dan sebutan positif.
  • Perlu diingat bahwa mesin pencari selalu memperbarui algoritma yang mereka gunakan untuk menghitung peringkat. Oleh karena itu, Anda perlu terus memantau pembaruan dan menyesuaikan strategi Anda.

Strategi 2: Memilih saluran monetisasi
Setelah strategi organik Anda dilakukan, kini saatnya Anda memikirkan tentang saluran monetisasi yang menjadi pilihan anda. Dalam memilih saluran monetisasi, platform monetisasi yang umum digunakan adalah Adsense, namun, daripada memilih menggunakan satu platform tunggal, cobalah Anda pertimbangkan menggunakan banyak jaringan, dengan asumsi mereka kompatibel. Misalnya, Monetag dan AdSense.

Tidak ada jangka waktu yang ditetapkan bagi Anda untuk mulai memonetisasi melalui jaringan iklan. Anda dapat mencoba beberapa jaringan meskipun volume lalu lintas Anda tidak tinggi. Meskipun demikian, lebih masuk akal untuk menginvestasikan upaya dan sumber daya Anda untuk terlebih dahulu membangun traffic yang stabil, lalu beralih ke monetisasi jaringan setelah Anda mencapai tujuan ini.

Bergantung pada jaringan yang Anda pilih, ini dapat mencakup aspek seperti ketersediaan lebih banyak ceruk dan memiliki jumlah format iklan yang lebih banyak untuk dipilih. Selain itu, beberapa platform monetisasi dapat menawarkan fasilitas khusus yang mungkin tidak Anda miliki saat ini: misalnya, solusi Anti-AdBlock.

Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan strategi ini:

  • Sesuaikan jumlah iklan per halaman dengan niche Anda untuk melindungi pengalaman pengguna
  • Pastikan Anda tidak membanjiri pengguna dengan iklan
  • Iklan Anda tidak boleh menutupi konten utama situs web Anda — artikel, gambar, video
  • Saat Anda ingin bekerja dengan beberapa format dari jaringan yang berbeda, pastikan semuanya kompatibel dan bekerja sama dengan baik

Langkah 3: Menggunakan MultiTag
Langkah terakhir adalah pada penggunaan teknologi inovatif, yang membutuhkan lebih sedikit usaha dan pada saat yang sama meningkatkan keuntungan Anda. Dalam hal ini, kita berbicara tentang fitur MultiTag. MultiTag adalah solusi inovatif dan salah satu fitur unggulan yang paling diperhatikan oleh Monetag. Singkatnya, ini adalah tag khusus yang harus ditempatkan penerbit di aplikasi atau situs web mereka. Tag kemudian memilih format iklan yang akan ditempatkan secara otomatis di halaman atau aplikasi berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengan format iklan di web. Anda dapat melihat contoh iklan dari monetag seperti ini.

Kapan sebaiknya Anda memilih MultiTag?

  • Ketika Anda seorang pemula dan ingin mulai menghasilkan sesegera mungkin
  • Saat Anda ingin menghemat waktu untuk menguji berbagai format
  • Saat Anda ingin meningkatkan pendapatan karena MultiTag lebih efisien daripada monetisasi format tunggal

Monetisasi yang menghasilkan tentu saja tidak instan alias membutuhkan waktu. Namun, selama Anda konsisten dalam mengerjakan ini, membuat rencana strategis, dan memanfaatkan platform inovatif seperti Monetag, Anda akan dapat menemukan formula sempurna untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan.
Lalu lintas organik, penggunaan berbagai platform monetisasi, dan fitur unik berteknologi tinggi seperti MultiTag adalah solusi hebat yang terbukti membantu Anda meningkatkan lalu lintas dan penghasilan. Ingatlah untuk mempersonalisasi strategi Anda berdasarkan sumber daya serta kebutuhan Anda, dan Anda akan melampaui tolok ukur Anda sebelum Anda menyadarinya. Pada intinya, ide mneulis anda tidak akan sia-sia, anda kini dapat memperoleh uang dari ide menulis anda.

PENGERTIAN WIRAUSAHA

Hits: 1

Pengertian Wirausaha adalah berasal dari kata Wira: utama, gagah berani, luhur; swa: sendiri; usaha: kegiatan produktif dan Wiraswasta berasal dari kata: Wira: utama, gagah berani, luhur; swa: sendiri; sta: berdiri; Dari asal kata tersebut, wiraswasta pada mulanya ditujukan pada orang-orang yang dapat berdiri sendiri. Di Indonesia kata wiraswasta sering diartikan sebagai orang-orang yang tidak bekerja pada sektor pemerintah yaitu; para pedagang, pengusaha, dan orang-orang yang bekerja di perusahaan swasta, sedangkan wirausahawan adalah orang-orang yang mempunyai usaha sendiri. Wirausahawan adalah orang yang berani membuka kegiatan produktif yang mandiri. Kata entrepreneurship yang dahulunya sering diterjemahkan dengan kata kewiraswastaan akhir-akhir ini diterjemahkan dengan kata kewirausahaan. Entrepreneur berasal dari bahasa Perancis yaitu entreprendre yang artinya memulai atau melaksanakan.

Sheperd (2008) mendifinisikan: “Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang baru pada nilai menggunakan waktu dan upaya yang diperlukan, menanggung risiko keuangan, fisik, serta risiko sosial yang mengiringi, menerima imbalan moneter yang dihasilkan, serta kepuasan dan kebebasan pribadi”. Menurut Yusuf (2006), Wirausaha merupakan pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang – peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan dan persaingan.

Kita dapat mengambil contoh pengusaha air minum dalam kemasan dengan merk Aqua, Bapak Tirto Utomo. Dia dapat dikatakan seorang wirausahawan karena ia melakukan terobosan dalam usaha baru air minum dalam kemasan yang pada saat itu dikuasai oleh minuman bersoda dan beralkohol. Pada awal berdirinya perusahaan Aqua banyak
orang mempertanyakan mengapa air tawar diperjual belikan yang biasanya di Indonesia dapat diminta dengan gratis, tetapi usaha tersebut ternyata berhasil bahkan kini banyak perusahaan lain yang mengikutinya.

Wirausaha berbeda dengan penemu (inventor) yaitu orang yang menemukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia, misalnya
Thomas Alpha Edison menemukan listrik. Einstein menemukan atom,
dan lainnya. Mereka tidak dapat disebut wirausahawan jika penemuannya tersebut tidak ditransformasikan oleh mereka sendiri ke dalam dunia usaha. Wirausahawan adalah orang yang yang memanfaatkan penemuan tersebut ke dalam dunia usaha. Dan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi semangat wirausaha.

Dimana Toko Jual Ring Light di Lampung Untuk Jualan Live?

Hits: 4

Bagi anda yang tinggal di seputaran Lampung yang ingin berencana jualan live online dan membutuhkan ring light, tentu anda akan bertanya dimana toko jual ring light di Lampung untuk jualan live? Saya menyarankan untuk berbelanja ring light dan aksesoris android untuk jualan live di Retro Komputer yang beralamat di Jl. Gn. Galunggung Raya No.23R, Perumnas Way Halim, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141.

Toko Retro Komputer lampung

Jika anda mengikuti Google Map, dan baru pertama kali berbelanja di toko Retro Komputer, mungkin anda akan terbersit rasa ragu, apakah benar ini jalan ke Retro Komputer, karena anda akan diarahkan ke komplek perumahan. Ya benar. Lokasi toko jual aksesoris android Retro Komputer ada di komplek perumahan tidak jauh dari pasar Way Halim Bandar Lampung. Tempatnya memang tidak seperti toko lain yang berada di pinggir jalan besar. Akan tetapi, ketika anda sudah menemukannya, anda akan melihat bahwa toko Retro Komputer menjual aksesoris android secara lengkap. Bahkan Android box untuk nonton TV lewat internet pun tersedia disini. Toko ini berdampingan dengan tempat pelatihan pendidikan kompuer Retro.

Toko Retro Komputer Tampak Depan

Saat ini bisnis jualan online sedang ramai dengan mode jualan live atau jualan siaran langsung. Jualan live facebook, live tiktok, dan live instagram adalah trik jualan online favorit retailer kalangan anak muda dan rumah tangga muda generasi millenial. Model jualan live ini sedang trending karena alat-alat yang dipakai tidak mahal. Hanya bermodal handphone android, ringlight, dan tentunya kuota internet, para retailer sudah bisa jualan live online dari rumah.

Harga ring light di Lampung di toko Retro Komputer ini terbilang bersaing, dan tidak jauh berbeda dengan harga di toko online. Dengan harga Rp. 150.000. anda sudah dapat ring light diameter 26 cm lengkap dengan standee dan bracket hp android. Jadi bagi teman-teman yang tinggal di sekitar Bandar Lampung atau Tanjung Karang, atau di propinsi Lampung, untuk bisa beli alat-alat jualan live online di toko Retro Komputer, ikuti saja peta rute google map di bawah ini.

Jika anda tidak sempat pergi ke Bandar Lampung karena lokasi jualan live anda berada di daerah, misalnya di Kotaagung atau Way Kanan misalnya, anda bisa beli secara order lewat nomor hp yang tersedia. Barang yang anda butuhkan akan segera dikirimkan langsung ke lokasi anda yang tentunya ongkos kirim ditanggung oleh pembeli. Ok, itulah tempat jual ring light di Lampung dan aksesoris jualan live di Lampung. Selamat berjualan dan Semoga sukses.

Alamat Retro Komputer: Jl. Gn. Galunggung Raya No.23R, Perumnas Way Halim, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141. Telepon: 085669636939

Cara Membuat Email Marketing Toko Kelontong dengan Mailchimp

Hits: 8

Beberapa hari yang lalu, saya sudah menjelaskan tentang email marketing. Jadi saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu email marketing. Anda tinggal buka lagi saja artikel saya sebelumnya yang berjudul cara jualan eceran dengan menggunakan email marketing. Nah kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara-cara teknisnya membangun suatu email marketing dengan menggunakan aplikasi gratisan secara online. Aplikasi itu bernama Mailchimp. Ok. Simak caranya ya.

OK, saya asumsikan bahwa anda sudah punya akun Mailchimp. Jika belum punya, silahkan anda daftar dengan klik link daftar mailchimp dibawah ini

Link daftar Mailchimp.

Ok, setelah anda login, anda Klik Campaign, kemudian create campaign. Lihat gambar di bawah ini. Ini merupakan Langkah awal yaitu membuat materi campaign

A. MEMBUAT MATERI CAMPAIGN

Langkah 1 dan 2 create campaign email marketing dengan mailchimp

Setelah itu, anda akan diberikan 3 pilihan campaign. Untuk Kampanye Email marketing, anda pilih yang nomor 1 ya, yaitu yang regular email. Kemudian klik design email. Lihat gambar dibawah ini

Kemudian anda akan diberikan pilihan design. Pilih design yang anda suka. Anda bisa lihat preview terlebih dahulu sebelum menentukan desain dengan cara mengarahkan mouse pada gambar template desain. Disini saya mencontohkan memilih desain yang natural ya. Arahkan pada gambar, kemudian klik apply.

Masukkan logo, deskripsi dan gambar produk yang telah anda siapkan sebelumnya. Setelah selesai, klik save and exit. Setelah materi campaign tersimpan, anda selanjutnya akan diarahkan ke langkah berikutnya, yaitu mulai persiapan mengirimkan email.

B. PERSIAPAN MENGIRIMKAN EMAIL

untuk memulai mengirimkan email, harap persiapkan dahulu data alamat email customer yang sudah anda miliki dalam bentuk file Excel.

Pada Menu Audience, klik segment kemudian add contacts, kemudian import contacts. Perhatikan gambar dibawah ini.

Anda akan diberikan tiga cara import contacts. Pilih mana yang menurut anda lebih mudah. Disini saya coba import contacts dengan cara copy and paste.

Klik continue, anda akan diarahkan ke jendela tampilan yang berisi alamat email, first name, last name, dan adress. Buka file excel yan berisi alamat email, blok seluruh alamat email yang ada, copy, kemudian paste-kan di kolom email pada mailchimp. Kemudian klik Continue to rganize

Pada select a status pilih subscribed, dan centang “update any existing contact. Kemudian klik continue to tag. Lalu masukkan tag yang menurut anda bagus, atau pilih yang popular. Seteleah itu klik continue to match. Setelah itu klik finalize import. dan complete import. Ini artinya anda sudah mengimport data kontak anda untuk dijadikan target penyebaran kampanye produk anda. Jika demikian, lanjut anda klik start campaign.

C. MENGIRIMKAN EMAIL

Langkah berikutnya, kembali anda ke campaign, pilih all campaign, lalu edit draft anda. Anda akan diarahkan ke tampilan data email seperti berikut ini:

Isi semua data sbb:

To: berarti kemana email akan dikirim. Pilih audience anda dimana data email disimpan.

From berarti nama pengirim, yaitu kita,

Subject berarti judul pesan email.

Content berarti materi isi email, yaitu materi yang sudah kita buat di bagian A. Pada bagian content, klik edit desain, kemudian pilih draft, lalu pilih desain yang sudah dibuat. Tampilan akhir akan terlihat seperti ini

Kemudian klik save and exit, kemudian klik send pada pojok kanan atas.

Yups, kampanye email marketing anda sudah tersebar. Anda tinggal menunggu hasilnya. Oh iya, jika anda scroll ke bawah, anda dapatshare materi campanye anda melalui media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram. Ini akan semakin membuat kemungkinan penjualan anda menjadi lebih berhasil. Selamat mencoba.

Bonus ekstra, anda juga dapat semakin kreatif dengaan mengkombinasikan kampanye email marketing ini dengan tautan link Google form, sehingga ketika orang melakukan klik, akan langsung diarahkan ke formulir pembelian, seperti kampanye yang saya buat ini. Coba klik tombol “PESAN BUKU SOAL ANKAPIN” di content kampanye saya, maka anda akan diarahkan ke formulir pembelian.

Cara Jualan Eceran Dengan Email Marketing

Hits: 18

Email Marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan cara menyebarkan deskripsi atau penjelasan suatu produk melalui email. Penjelasan produk yang dikirim melalui email ini tentu dibuat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga memicu pembaca email untuk melakukan pembelian. Ini artinya bahwa email marketing ditambah dengan konsep impulse buying customer pada isi beritanya akan meningkatkan transaksi penjualan toko eceran anda. Lalu bagaimana cara jualan eceran dengan email marketing? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat Daftar Email Pelanggan atau Calon Pelanggan

Sudah tentu bahwa untuk mengirim email maka harus ada penerimanya, yang dalam hal ini adalah calon pelanggan. Untuk itu anda harus memiliki daftar alamat email para pelanggan anda atau calon pelanggan anda. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat email para pelanggan dan membuat daftar alamat email? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat alamat email teman-teman kita di sosial media, misalnya Facebook. Walaupun ini mungkin agak melelahkan karena harus dilihat satu per satu profil teman kita, Itu pun jika profilnya memperlihatkan alamat email-nya. Cara yang lebih realistis adalah dengan cara menyebarkan angket kepuasan pelanggan toko anda yang didalamnya ada kolom alamat email responden. Atau dengan membuat formulir isian data pelanggan dengan Google Form yan kemudian disebar melalui pesan Whatsapp atau Telegram. Setelah itu data alamat email direkap di Microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya.

  1. Membuat konten Email

OK. Simpan dahulu daftar email yang telah dibuat. Berikutnya adalah anda membuat konten email atau isi berita email yang akan disebar. Tentunya isi berita tersebut adalah tentang produk anda yang dialamnya setidaknya berisi gambar yang menarik, deskripsi yang singkat namun jelas, manfaat produk, harga produk, bahkan jika ada adalah program promosi produk misalnya diskon, atau promosi bebas ongkos kirim. Isi email dibuat semenarik mungkin sehingga si penerima berkenan untuk melakukan transaksi penjualan, atau setidaknya berkunjung ke toko anda jika anda memiliki toko online. Jangan khawatir dengan desain isi, anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi lainnya yang sejenis yang menyediakan template gratis untuk membuat konten email marketing.

  1. Sebarkan Email Secara Otomatis Sekaligus

Langkah terakhir adalah tentu saja…menyebarkan email berisi konten produk kepada seluruh alamat email pelanggan atau calon pelanggan pada daftar email yang sudah anda buat. Menyebarkan email marketing satu persatu mungkin bisa sangat melelahkan dan bahkan membosankan. Bayangkan jika daftar alamat email anda adalah 500 alamat atau 1000 alamat misalnya..Sungguh melelahkan sekali. Karena itu, anda bisa gunakan alat bantu penyebaran email secara sekaligus ke seluruh alamat email. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mailchimp. Mailchimp adalah aplikasi online untuk email marketing. Dimana anda dapat menginput daftar alamat email secara sekaligus, Ada tiga cara, salah satunya adalah dengan cara copy paste data yang sudah anda buat ke kolom yang tersedia di Mailchimp. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan tools untuk membuat content marketing seperti landing page.

Ok itulah cara jualan eceran dengan email marketing yang bisa jadi akan menjadi faktor penentu peningkatan penjualan toko anda. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah, jangan sering-sering mengirim email produk, karena mungkin penerima email akan terganggu dengan kiriman email anda, Tetapkan target pengiriman email anda misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kebosanan calon pelanggan anda atas email yang anda kirim. Oh iya, tidak lupa bahwa email marketing ini bukan hanya untuk menjual produk anda secara eceran saja. Email marketing juga merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan toko anda bisa menjadi lebih terkenal seperti Mixue.

4 Cara Bisnis Hampers Dadakan Jelang Lebaran

Hits: 21

Saat ramadhan hingga jelang lebaran merupakan saat dimana potensi jualan; apapun jualannya; cenderung mengalami peningkatan. Baik bisnis retail dadakan maupun bisnis retail reguler, bulan ramadhan hingga lebaran merupakan bulan dimana omzet akan meningkat berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Peningkatan omzet ini tidak terlepas dari penjualan produk-produk yang bukan hanya umum yang dibeli masyarakat seperti sembako, atau pakaian, melainkan juga variasi-variasi produk yang dikemas secara kreatif dan bernilai jual lebih baik. Salah satunya adalah hampers.

Apa itu hampers? Jika kita merujuk pada google translate, hampers berarti bingkisan. Jika merujuk pada kata benda (noun) hampers artinya keranjang. Dalam istilah Indonesia, hampers dapat diartikan sebagai suatu produk yang dibungkus secara rapi dan menarik dengan tujuan untuk diberikan kepada orang lain sebagai bingkisan atau hadiah. Jadi hampers itu bisa misalnya suatu barang seperti beberapa jenis kue kering yang dibungkus dengan kado dan diberi pita. Ide membuat hampers ini bukan hanya dilakukan oleh para peritel kelas atas, namun juga kalangan ibu-ibu rumah tangga pun memanfaatkan momen ramadhan ini dengan bisnis dadakan menjelang ramadhan, yaitu membuat hampers murah meriah untuk bingkisan lebaran bagi keluarga. Dikutip dari UMKM.Kompas.com, terdapat beberapa jenis hampers yang trend saat dijual di bulan ramadhan menjelang lebaran, yaitu hampers kue kering, hampers buah kurma, hampers perlengkapan ibadah, hampers cokelat, dan hampers minuman.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara bisnis hampers yang dapat dilakukan? Sebetulnya pilihan itu ada pada anda semua, namun sebagai referensi, berikut adalah 4 cara bisnis hampers yang dapat anda lakukan lengkap dengan kosekuensinya.

  1. Berjualan Hampers dengan cara Reseller

Ini artinya bahwa anda membeli hampers ditempat lain, kemudian di jual lagi dengan penambahan margin keuntungan. Ini bisa dilakukan saat Ramadhan. Anda tinggal mencari produk hampers yang anda minati di minggu pertama ramadhan, beli, stocking, kemudian jual di saat seminggu sebelum lebaran. Konsekuensinya adalah anda perlu modal dan siap dengan resiko barang anda tidak terjual.

2. Berjualan hampers dengan cara dropshipping

Ada yang mengatakan bahwa reseller itu sama saja dengan dropshipping, namun harap diperhatikan antara reseller dengan dropshipping ya. Jika reseller beli dulu baru kemudian dijual kembali, sedangkan dropshipping itu tidak perlu membeli. Hanya mempromosikan produk hampers-nya saja, dan kemudian jika terjual tinggal menghubungi produsen. Itu artinya perbedaan reseller dengan dropshipping adalah kalo reseller perlu modal, sedangkan dropshipping tanpa modal. Berhubung anda tidak memiliki barang, anda dapat melakukan ini kapan saja. Namun konsekuensinya anda mungkin bisa tidak mendapat barang karena sudah dibeli duluan oleh pebisnis lain.

3. Membuat hampers sendiri dari produk yang dibeli.

Ini misalnya adalah anda beli dua atu tiga kotak kue kering, kemudian anda kemas menjadi hampers dan kemudian anda jual. Itu artinya anda butuh modal untuk beli kue keringnya, bahan pembungkusnya, dan waktu untuk membuat hampers-nya. Model ini cocok untuk dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba. Jadi anda beli produk-produknya sebelum bulan Ramadhan tiba. Ketika bulan Ramadhan tiba, anda mulai membuat dan berjualan hampers dengan kemasan menarik. Konsekuensinya, anda butuh modal untuk beli produk dan waktu luang untuk membuat hampers.

4. Buat produk sendiri, dan jual dalam bentuk hampers.

Untuk model seperti ini, sesungguhnya ini dilakukan oleh pebisnis-pebisnis yang sudah berkecimpung lama. Kemudian momen lebaran dimanfaatkan untuk mengemas produk miliknya menjadi hampers. Ini misalnya adalah jika anda seorang produsen kue kering. Jika biasanya anda menjual kue kering dalam kotak-kotak kecil, namun ketika momen lebaran, anda mulai mengemas produk anda menjadi hampers kue kering. Dari sisi harga jual, metode ini memungkinkan untuk menjual hampers berharga miring karena anda adalah produsen kue kering. Bahkan bisa jadi anda pada saat lebaran ini menjadi penjual hampers grosiran. Konsekuensinya, mungkin anda perlu menambah karyawan anda yang khusus membuat hampers kue kering. Jika hampers tidak terjual, anda tinggal bongkar lagi dan dijual seperti biasanya.

Itulah 4 cara bisnis dadakan berjualan hampers di saat lebaran. Silahkan dipilih apa yang menurut anda cocok. Yang jelas, apapun pilihannya, itu ada resiko dan konsekuensi tersendiri, yang tentu pula kesemuanya itu akan menghasilkan keuntungan. Dan besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh itu tergantung dari upaya masing-masing. Terlebih lagi jika anda memiliki toko, maka anda dapat menempatkan hampers yang anda jual di Point Of Purchase (POP) anda sebagai produk unggulan selama Ramadhan.

Name
Email
Loading

INI DIA 4 TIPE PEMBELI DI TOKO ONLINE

Hits: 9

4 tipe pembeli toko online

Sejak 5 tahun ke belakang, belanja online sudah menjadi trend di kalangan masyarakat dan menjadi suatu revolusi bisnis ritel yang sangat mencolok. Terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19 di tahun 2021-2022, Belanja online menjadi cara favorit masyarakat ketika larangan keluar rumah diberlakukan. Dari sekian banyak pembeli toko online, ternyata terangkum menjadi 4 tipe pembeli yang dikategorikan sesuai dengan kebiasaan mereka menjadi . Ini dia 4 tipe pembeli toko online.

Undecided Customer.

Undecided customer secara harfiah berarti pelanggan yang iseng-iseng browsing produk di e-commerce atau toko online. Pelanggan yang satu ini biasanya hanya membuka aplikasi e-commerce namun belum memiliki niat untuk membeli apapun, mereka hanya scrolling untuk melihat produk-produk menarik. Biasanya mereka scrolling ketika menemukan iklan di media sosial mereka tentang suatu produk. Mereka penasaran, membuka produk tersebut, dan kemudian scrolling produk lainnya.

Prospective Customer. 

Prospective Customer maksudnya adalah pelanggan yang sudah punya niat untuk membeli sesuatu di toko online tetapi masih mempertimbangkan akan produk tersebut. Pertimbangan ini adalah terkait dengan membandingkan harga yang lebih murah untuk produk yang sama, pertimbangan promosi, ongkos kirim, hingga mungkin alternatif produk sejenis namun berbeda merk. Mereka biasanya menunggu waktu yang tepat dan diskon yang pas untuk membeli suatu produk yang sudah direncanakan.

Loyal Customer. 

Loyal customer berarti pelanggan yang membuka aplikasi karena telah memutuskan apa yang ingin mereka beli, dan langsung melakukan transaksi saat itu juga. Mereka tidak memikirkan tentang ongkos kirim, promosi, atau membandingkan dengan produk sejenis. Pelanggan tipe ini biasanya adalah pelanggan yang membeli suatu produk karena kebutuhan mendesak, atau punya kelebihan uang belanja.

Impulsive Customer. 

Impulsive customer adalah pelanggan yang membeli suatu barang di toko online karena dipengaruhi oleh iklan produk yang mereka lihat di sosial media mereka (impulse buying customer), kemudian langsung melakukan transaksi karena khawatir misalnya lupa lagi produk yang mereka lihat di iklan. Pelanggan tipe ini biasanya mengesampingkan soal kualitas barang atau merk barang. Ketika mereka melihat iklan produk di media sosial, merasa bermanfaat, mereka langsung beli.

Itulah 4 tipe pembeli toko online saat ini. Dengan mengetahui keempat tipe pembeli toko online ini, maka dapat membantu para penjual online untuk membuat strategi pemasaran produk yang akan di jual di toko online. Misalnya strategi diskon, strategi ongkos kirim, atau strategi iklan yang menarik. Namun perlu diperhatikan bahwa 4 tipe pembeli ini berlaku untuk pembeli produk pada bisnis ritel online, bukan pada bisnis restoran atau bisnis makanan online

BUKA BISNIS RESTORAN DENGAN RESEP DARI APLIKASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Hits: 23

aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Bisnis restoran atau bisnis warung makan adalah kompetisi bisnis yang diyakini akan selalu ada pasarnya. Kenapa? Karena semua orang butuh makan, dan tidak semua orang punya waktu untuk memasak. Untuk itu, banyak orang yang lebih memilih makan di restoran ketimbang memasak sendiri. Tentunya restoran pun ada banyak ragamnya, ada yang restoran dengan resep masakan mewah berharga mahal, Dan ada pula restoran yang dengan menggunakan resep masakan sederhana berharga murah meriah namun lezatnya tidak kalah dengan resep masakan di restoran mahal.

Bagi orang yang mau terjun memulai bisnis restoran lokal berharga makanan murah, Maka anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar restoran atau warung makan yang anda bangun menjadi laku dan terkenal, serta memiliki pasar tersendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan pada saat akan membangun sebuah warung makan.

  1. LOKASI WARUNG MAKAN

Lokasi adalah penting jadi bahan pertimbangan pertama. Lokasi terbaik adalah lokasi yang mudah diakses oleh pengunjung, mudah terlihat dari jauh, memiliki parkir cukup luas, dan tentunya memiliki area makan yang juga luas.

2. RESEP MASAKAN ANDALAN

Bisnis warung makan ini ada sangkut pautnya dengan cita rasa. Dan cita rasa itu tentu berasal Dari resep masakan yang pas. Selain itu, resep masakan yang pas dan konsisten akan membuat kesetiaan pelanggan kepada warung makan tersebut semakin meningkat. Oleh karena itu, catat dan dokumentasikan resep masakan andalan yang anda miliki, Dan latihlah pegawai anda (jika memiliki), untuk memasak dengan menggunakan resep yang konsisten. Saat ini, dunia internet mempermudah segalanya. Anda tidak perlu melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu untuk mendapatkan resep masakan yang enak dan mudah dibuat. Ada banyak resep masakan yang bisa dicoba dan dicari di internet. Bahkan melalui aplikasi pun ada. Salah satu aplikasi resep masakan lokal yang bisa dijadikan referensi dan dicoba adalah aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT. Bagi pengguna HP android Samsung, aplikasi ini sudah trraedia di galaxy store app. Dan bagi pengguna HP OPPO, aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT sudah tersedia di OPPO app market dengan app id: 30854993.

Silahkan klik link tautan bagi kedua HP tersebut di bawah ini.

Oppo App Id: 30854993

Bagi pegguna HP android selain OPPO Dan Samsung, silahkan download aplikasi ini melalui tautan berikut ini, atau klik LOGO RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT di banner pojok kiri website ini.

Download aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT.

Aplikasi ini belum terbit di Google play, karena aplikasi ini adalah buatan perseorangan yang belum didaftarkan di Google Play. Namun walaupun belum ada di Google Play, aplikasi ini sudah terbukti bebas virus. Jika pada saat install ada peringatan virus, abaikan saja, Dan anda akan mendapatkan berbagai koleksi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT yang bisa dilihat kapan saja dan dimana saja melalui HP anda. Silahkan lihat cara install aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT i video youtube di bawah ini.

  1. MENU MASAKAN ANDALAN.
    Menu masakan berbeda dengan resep masakan. Jika resep masakan adalah komposisi atau racikan bumbu-bumbu, Maka menu adalah sajian utama masakan anda dengan resep tertentu. Agar berbeda dengan warung makan yang lain, anda harus punya menu makanan andalan . Misalnya menu màkanan andalan anda adalah Ayam Kuluyuk, Maka menu Ayam Kuluyuk ini harus ada setiap waktu, dan diperkenalkan setiap saat kepada pelanggan. Bahkan lebih baik lagi jika nama warung makan anda mencatut menu màkanan andalan tersebut, Misalnya “AYAM KULUYUK MBAH YONO”.
  1. Pelayanan pelanggan
    Pelayanan pelanggan jangan dianggap remeh dalam bisnis warung makan. Walaupun masakannya enak, menu makanan yang unggul, tapi ternyata penyajian makanan kepada pelanggan butuh waktu lama, atau karyawannya tidak ramah. Maka itu akan berimbas pada kecewanya pelanggan. Kekecewaan pelanggan akan berujung pada tidak loyalnya pelanggan. Mereka para pelanggan akan berkomentar kepada yang lain, Dan komentarnya hampir pasti akan negatif karena pelayanan yang buruk. Efek word of mouth adalah sesuatu hal yang sangat kuat dalam bisnis warung makan. Karena itu perhatikan pelayanan pelanggan, termasuk didalamnya adalah keramahan pegawai, durasi penyajian, penanganan komplain, hingga, sistem antrian atau sistem parkir pelanggan.

Tips Toko Kelontong Anda Laris Di Saat Lebaran

Hits: 18

Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran
Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang paling tepat untuk berbelanja, dan ini merupakan salah satu musim ritel tersibuk sepanjang tahun setelah musim belanja di saat menjelang Ramadhan. Pada waktu inilah, pembeli mencari penawaran terbaik, hadiah sempurna, dan obral terbesar. Jika Anda tidak mengiklankan bisnis Anda selama ini, Anda akan diabaikan karena pelanggan akan bergegas ke pesaing Anda, dan tentunya anda akan kehilangan momen penjualan. Gunakan signage yang efektif agar menonjol saat Hari raya Lebaran. Berikut adalah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran.

Saat anda akan memasang signage untuk musim lebaran, anda harus mengenali produk yang akan Anda tawarkan, dan pastikan bahwa yang anda tawarkan tersebut akan memikat pembeli. Buat promosi lebaran dengan menggunakan produk andalan ini. Sekitar lebaran, para pembeli mulai berbenah membersihkan rumah-rumah mereka dan memulai belanja. Sehari setelah Lebaran atau H+1 lebaran adalah hari dimana aktivitas belanja akan makin meningkat. Pastikan produk-produk toko kelontong anda memiliki stok yang banyak, terutama stok barang andalan anda.

Untuk memancing pembeli masuk ke toko kelontong anda, Hiasan luar toko Anda harus terlihat meriah sesuai dengan nuansa lebaran yang sedang berlangsung. Jika tidak ada hiasan toko, setidaknya gunakan warna putih bersih yang merepresentasikan hari yang kembali ke suci atau kembali fitrah. Bersihkan toko sebersih mungkin, dan jika punya karyawan, khusus di hari lebaran, gunakan pakaian yang merepresentasikan kebersihan, kesucian, dan kebaruan. Jika Anda lebih suka fokus pada obral di H+1 Lebaran, buat tanda atau signage dengan tulisan “OBRAL BESAR-BESARAN di H+1”. Anda bisa memasang tulisan tersebut di depan toko, dibuatkan flyer, atau brosur-brosur yang disebar di jalan-jalan.

Manfaatkan jendela toko Anda untuk mempromosikan produk dan penawaran liburan terbaik yang unik dari toko Anda. Salah satu produk hebat untuk signage obral Lebaran adalah diletakkan jendela toko anda. jangan lupa sertakan tenggat waktu sehingga pelanggan tahu bahwa mereka harus segera masuk ke toko Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jika Anda menawarkan peralatan makan, makanan, atau produk khusus bertema lebaran lainnya, letakkan di bagian depan toko dan soroti dengan papan nama Anda. Tambahkan spanduk vinil yang menyatakan bahwa toko Anda adalah tempat yang baik untuk berbelanja di saat sebelum lebaran dan setelah lebaran hingga 2 minggu ke depan. Rancang spanduk Anda untuk digantung di etalase Anda dengan memperlihatkan waktu belanja dan diskon khusus.

Saat toko Anda ramai di saat waktunya, tambahkan spanduk vertikal ke pintu masuk Anda untuk menarik perhatian pembeli, arahkan ke daerah antrean yang diindikasikan akan memanjang, dan soroti produk unggulan Anda. Desain spanduk vertikal Anda harus menggunakan gambar produk teratas dan pemberitahuan khusus. Spanduk ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan tentang penawaran khusus Anda saat mereka memasuki toko Anda atau saat mereka mengantri. POS Display Anda harus membuat dampak yang kuat terhadap pelanggan Anda, tetapi tidak membuat mereka terganggu pandangannya dengan terlalu banyak informasi. Signage yang menarik dan tampak profesional dapat memberi tahu pelanggan anda bahwa Anda adalah toko yang menarik dan berkualitas, dan dijalankan secara profesional, yang merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja di saat Hari Raya Idul Fitri. Itulah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran