Category Archives: wirausaha

Rumah Makan Sunda Nasi Liwet di Pekanbaru

Views: 7

Nasi liwet adalah masakan khas Sunda berupa nasi yang dikukus hingga matang di atas sandang atau tempat yang dinamakan castrol. Nasi ini biasanya dimasak dengan diberi bumbu, serai sebagai pewangi kemudian diisi petai hingga ikan asin peda. Nasi liwet yang biasanya ada di tatar sunda, kini sudah merambah ke kota-kota di luar Sunda atau Jawa Barat, salah satunya adalah di Pekanbaru Propinsi Riau.

Salah satu tempat untuk menikmati nasi liwet khas Sunda di Pekanbaru adalah di restoran Sunda Kampung Kecil. Lokasinya ada di pusat ibukota propinsi Riau. Restoran ini memang menyediakan khusus masakan khas Sunda nasi liwet yang lengkap sekali. Satu porsi nasi liwet cukup untuk empat orang. Jadi bagi anda orang Jawa Barat atau orang Sunda yang merantau di Riau, atau anda yang melakukan perjalanan dinas dan ingin makan masakan Sunda, maka anda boleh coba nasi liwet di rumah makan Kampung Kecil.

rumah makan Sunda Kampung Kecil di Pekanbaru Riau

Dalam satu porsi nasi liwet isi 4 orang, paket lengkap berisi 4 tusuk sate udang, satu ekor ayam goreng, tahu tempe, sayur asem, tempe goreng, bakwan jagung, dan tentu saja lalapan dan sambel terasi. Memang nasi liwetnya tidak se-asli nasi liwet di tatar Sunda, tapi untuk melepas kangen akan masakan Sunda, nasi liwet di rumah makan Kampung Kecil ini bisa jadi rekomendasi untuk mengajak makan keluarga. Bahkan tempat yang menarik dengan konsep lesehan dipadu dengan suasana saung Sunda dan musik Sunda, tempat ini juga cocok untuk menjamu tamu pejabat atau tamu luar kota yang melakukan perjalanan dinas.

Nasi liwet khas Sunda
suasana rumah makan Sunda Kampung Kecil di Pekanbaru Riau
Saung lesehan di rumah makan Sunda Kampung Kecil di Pekanbaru Riau

Harga satu porsi nasi liwet lengkap adalah Rp. 284 ribu. Ini belum termasuk pesanan minuman ya. Selain nasi liwet, tersedia juga tempe mendoan, makanan, seafood, hingga juice leci dan aneka jus lainnya yang tentunya sudah memiliki resep masakan sedap dan sehat yang khas. Dari pengamatan saya, tempat ini ramai terus dikunjungi konsumen, terutama di waktu weekend, karena kebetulan saya makan disini pada saat weekend. Jadi jika anda ingin menikmati masakan khas Sunda di Pekanbaru Riau, anda bisa coba rumah makan RM. Kampung Kecil. Berikut adalah alamat dan lokasi RM. Kampung Kecil di Pekanbaru Riau.

IAlamat rumah makan Kampung Kecil di Pekanbaru Riau
https://goo.gl/maps/rhuBHFnbUwtg75WC7
https://goo.gl/maps/rhuBHFnbUwtg75WC7

Travel Jurusan Tanjung Karang – Banjit

Views: 2

Perjalanan bis tujuan Banjit dari Tanjung Karang Lampung bisa menggunakan bis ukuran tiga perempat yaitu PO. darmadutta. Namun bis ini hanya berangkat di pagi hari jam 6 an. Sementara bis jam lain hanya sampai Baradatu saja. Kemudian untuk ke banjit bisa menggunakan ojek.

alternatif lain kendaraan Bandar Lampung – Banjit adalah dengan menggunakan mobil travel. Travel bandar Lampung banjir ini berangkat tiap hari dan berangkat dari jam 13.00 siang. Jika dari banjit, berangkat jam 05.00 pagi. Travel ini melakukan penjemputan pelanggan di rumah masing-masing, sehingga anda tidak perlu susah payah berangkat ke terminal. Harga tiket banjit – Bandar Lampung ada di kisaran 100 hingga 150 ribu ( tahun 2024).

jika harus memilih apakah menggunakan bis atau travel, maka jika ingin cepat sebaiknya menggunakan travel saja.. Dan anda akan langsung dianter sampai rumah. Namun jika ingin nyantai dan ongkos minimum, menggunakan bis adalah pilihan yang bagus. Untuk pesan travel banjit, Baradatu, bendungan ke bandar Lampung atau tanjung karang bisa menghubungi nomor wa berikut ini : 082373607111

Berita Baik Bagi Pengusaha Tuna, Tarif Ekspor Tuna Ke Jepang diturunkan menjadi 0%

Views: 4

Kementerian Kelautan dan Perikanan (MPF) berhasil menurunkan tarif ekspor empat produk olahan tuna ke Jepang hingga 0% dari yang awalnya sebesar 9,6%. Tarif pajak ekspor nol persen tersebut berlaku untuk ikan tuna kalengan, cakalang kaleng, dua jalur tarif katsuobushi dengan kode HS 1604.14-091 dan ikan tuna lainnya dengan kode HS 1604.14-099. Menurut Wikipedia, Katsuobushi (鰹節) adalah makanan awetan berbahan baku ikan cakalang (katsuo). Katsuobushi diserut menjadi seperti serutan kayu untuk diambil kaldunya yang merupakan bahan dasar masakan Jepang, ditaburkan di atas makanan sebagai penyedap rasa, atau dimakan begitu saja sebagai teman makan nasi.

Sementara itu, HS Code adalah sistem klasifikasi barang perdagangan dunia untuk mempermudah menetapkan tarif, mencatat transaksi perdagangan, mengontrol transportasi, dan melaporkan data statistik perdagangan. Saat ini HS Code menjadi dasar pengklasifikasian produk ekspor-impor di Indonesia dan diterjemahkan ke dalam Buku Tarif Bea Masuk Indonesia (BTBMI) yang menjelaskan tarif per produk. HS Code ini sudah disusun sejak 1986 oleh sebuah kelompok studi dari World Customs Organisation yang disahkan pada suatu konvensi yang disepakati oleh 70 negara yang sebagian besar dari Eropa. Tetapi, sekarang hampir semua negara turut andil meratifikasi, termasuk Indonesia yang mengesahkannya melalui Keppres No. 35 tahun 1993.

Dua pos tarif 0%, khususnya katsuobushi, akan diterapkan dengan persyaratan sertifikasi bahan baku cakalang dengan panjang minimal 30cm. Namun demikian perjanjian ini baru akan mulai berlaku paling cepat pada akhir tahun 2024, setelah ratifikasi Jepang dan Indonesia selesai. Ratifikasi adalah pengesahan perjanjian internasional menjadi suatu peraturan perundang-undangan di suatu negara. Ratifikasi merupakan tinakan resmi suatu negara untuk mengakui dan mengikatkan dirinya pada suatu perjanjian internasional atau peraturan internasional. Dengan kata lain, ratifikasi berarti pengakuan suatu negara dalam bentuk pengesahan terhadap perjanjian atau peraturan internasional sehingga dapat digunakan sebagai dasar hukum pelaksanaan perjanjian atau peraturan internasional tersebut di negara yang bersangkutan. Adanya kesepakatan mengenai tarif ekspor tuna sebesar 0% merupakan berkah bagi pengusaha tuna dan Negara Indonesia dalam upaya peningkatan produksi dan ekspor ikan tuna, karena tahun 2024 sudah dinyatakan sebagai tahun tuna. Persyaratan sertifikasi panjang bahan baku cakalang minimal 30 cm. Nantinya akan diberi sertifikat yang diberi nama Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI)  yang akan diintegrasikan dengan Japan Catch Documentation Scheme (JCDS).

Pasca kesepakatan, KKP juga akan memperkuat dan mengatur unit pengolahan ikan (UPI) yang akan memanfaatkan tarif 0% tersebut. Khusus untuk persyaratan cakalang minimal 30cm, penguatan dan pengaturan juga termasuk registrasi, penetapan standar operasional prosedur, pakta integritas dan penelusuran ikan, yatiu dimana penangkapan ikan dilakukan. Jepang merupakan salah satu negara tujuan ekspor utama produk ikan Indonesia dan mempunyai peluang bagus untuk terus mengekspor khususnya ikan tuna dan cakalang. Jepang merupakan importir tuna cakalang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, dengan nilai impor sebesar $2,2 miliar pada tahun 2022.

Indonesia sendiri merupakan salah satu pemasok tuna terbesar ke Jepang. Pada Januari-November 2023, ekspor produk ikan Indonesia ke Jepang sebesar 632,7 juta dolar. Nilai tersebut berasal dari udang 45%, tuna dan cakalang 25%, mutiara 8%, kepiting 5% serta cumi, sotong dan gurita 3%.Nilai ekspor keempat kode HS tuna olahan yang disepakati 0% adalah US$47,6 juta pada periode tersebut, atau 30% dari nilai ekspor bonito Indonesia ke Jepang.

CARA MENGETAHUI NPWP DAN NIK SUDAH VALID

Views: 4

Kementerian Keuangan yang dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Pajak akan memulai pengitegrasian NPWP dengan NIK. Untuk itu, para masyarakat Indonesia yang sudah memiliki Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) dihimbau untu segera memadan kan NPWP miliknya engan Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112 Tahun 2022, NIK akan mulai digunakan sebagai NPWP mulai tanggal 1 Januari 2024. Bagi masyarakat yang belum melakukan pemadanan NPWP dengan NIK hingga tanggal 31 Desember 2023, maka mereka kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam menggunakan fasilitas perpajakan mereka. Kesulitan tersebut adalah misalnya dalam penerimaan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan aktivasi Electronic Filing Identification Number (EFIN). Kesulitan ini tentu akan sangat terasa oleh anda yang memiliki wirausaha dan harus melaporkan pajaknya setiap tahun. Bukan hanya wirausaha, para karyawan atau pegawai Negeri Sipil pun akan mengalami kesulitan yang sama juga. Untuk itu, segera update data NPWP anda sehingga valid dengan NIK. Berikut adalah cara update NPWP dan NIK agar cepat divalidasi.

  • Buka laman www.pajak.go.id
  • Pilih login lalu Ketikkan 15 digit NPWP dan kata sandi dan kode keamanan
  • Pilih menu profil Masukkan NIK seusai KTP
  • Lakukan pengecekan validitas NIK
  • Klik ubah profil
  • Logout lalu login ulang dengan NIK yang baru saja diinput.

Tanda bahwa NIK sudah padan dengan NPWP anda adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat tulisan valid berwarna hijau pada profil anda yang berisi nomor NPWP dan nomor NIK.
  2. Jika anda meihat kartu virtual NPWP, maka akan tertera nomor NIK anda.
  3. Anda berhasil masuk ke laman pajak.go.id ketika login menggunakan NIK anda )dengan ketentuan password anda benar ya.

Demikian cara update NPWP dengan NIK serta tanda bahwa NIK sudah padan dengan NPWP. Ingat…orang bijak taat pajak.

CARA MENGHITUNG UMR ATAU UPAH MINIMUM REGIONAL

Views: 33

Minggu ini berita nasional diramaikan dengan kenaikan Upah Minimum Regional atau disingkat UMR. Para pekerja tentu saja mengharapkan bahwa UMR mengalami kenaikan, namun sebaliknya tentu para pengusaha juga harus memperhitungkan agar UMR tidak membebani keuangan perusahaan yang menyebabkan bisnisnya menjadi tidak beroperasi. Disitulah peran pemerintah menjembatani dua kepentingan agar terjadi solusi yang saling menguntungkan. Namun sebetulnya masih banyak yang belum tahu pasti apa itu UMR, serta perbedaannya dengan UMK dan UMP. Banyak juga yang mengira bahwa UMR adalah besaran gaji pokok yang diberikan oleh perusahaan. Ini adalah persepsi yang salah. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai UMR dan cara menghitung UMR atau Upah Minimum regional dilansir dari ajaib.co.id.

PENGERTIAN UMR

UMR yang merupakan singkatan dari Upah Minimum Regional merupakan ketetapan besaran upah minimum bagi pekerja atau buruh di taraf regional. Selain istilah Upah Minimum Regional (UMR), ada juga istilah Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kota (UMK) Perbedaan istilah UMR, UMP dan UMK digunakan untuk cakupan wilayah di mana tetapan Upah Minimum tersebut berlaku. Kata Regional pada Upah Minimum Regional merujuk kepada lingkungan usaha atau lingkungan kerja. Para pengusaha dan pelaku industri menjadikan Upah Minimum Regional sebagai acuan dalam memberikan upah pada para karyawannya. Istilah UMR ini muncul sebelum digunakannya istilah UMP dan UMK. Penetapan UMR juga bisa berdasarkan wilayah pembangunan ekonomi daerah, atau karena kekhususan wilayah tertentu.

Menurut Permenaker No. 1 Tahun 1999 Upah Minimum Regional dibagi menjadi dua, yakni Upah Minimum Regional Tingkat I atau tingkat Provinsi dan Upah Minimum Regional Tingkat II atau tingkat Kotamadya atau kabupaten. UMR Tingkat I dan UMR Tingkat II kemudian diubah menjadi Upah Minimum Provinsi dan Upah Minimum Kota berdasarkan Keputusan Menakertrans No. 226 Tahun 2000. Jadi, bisa dikatakan bahwa UMP dan UMK merupakan pembagian dari UMR. Bahkan, saat ini UMR sudah dihapuskan dan hanya menggunakan istilah UMP dan UMK saja.

CARA MENGHITUNG UMR

Diatur oleh undang-undang yang berlaku, UMR (UMP dan UMK) ditetapkan oleh Gubernur melalui Keputusan Gubernur menjelang tahun berjalan. Jadi, misalnya UMR yang berlaku untuk tahun tahun 2024 maka keputusannya sudah ditetapkan oleh Gubernur sebelum akhir tahun 2023. Penetapan besaran upah minimum tidak dibuat asal, melainkan melalui proses yang cukup panjang, yang secara garis besar adalah sebagai berikut:

Proses penetapan Upah Minimum dimulai dengan pengajuan perumusan usulan yang dilakukan oleh Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Sosial Dewan Ketenagakerjaan Daerah (KPPJSDKP) dengan berkonsultasi dengan organisasi pengusaha serta serikat pekerja di wilayahnya. KPPDSJKP ini merupakan bagian dari Dewan Pengupahan Daerah (DPD).

KPPDSJKP mengumpulkan informasi dalam bentuk survei yang meliputi angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) perorangan/lajang/belum menikah. Beberapa pertimbangan dalam menetapkan KHL adalah: Harga sejumlah kebutuhan, Indeks Harga Konsumen, kemampuan perusahaan, Kondisi pasar kerja, tingkat perkembangan perekonomian dan per kapita. Angka ini dijadikan patokan oleh DPD untuk mengajukan kenaikan UMP dan UMK tahun depan kepada gubernur.

Usulan dari DPD jika tidak diterima oleh gubernur, akan dikembalikan kepada DPD. Jika diterima, maka usulan tersebut ditetapkan dan diumumkan paling lambat pada tanggal 21 November. Berbeda dengan UMK, UMP ditetapkan oleh Gubernur dengan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi (DPP). UMP harus diumumkan oleh seluruh Gubernur di Indonesia serentak pada tanggal 1 November. Selain itu, berdasarkan PP Pengupahan No 72 Tahun 2015 Pasal 42 diatur bahwa UMK harus memiliki standar upah minimum lebih besar dari UMP.

UMR (UMP dan UMK) merupakan besaran minimum yang digunakan dalam pengupahan terhadap buruh atau pekerja oleh para pengusaha atau pelaku industri sesuai dengan ketetapan di wilayahnya masing-masing, dan ini sebetulnya berbeda dengan gaji pokok. UMR bukanlah tetapan standar minimal gaji pokok, melainkan penghasilan tetap per bulan. Jadi, UMR itu terdiri dari beberapa komponen. UMR merupakan jumlah dari besaran gaji pokok ditambah tunjangan tetap per bulan. Jadi, bisa dikatakan bahwa UMR adalah minimum pendapatan tetap yang bisa diperoleh pekerja setiap bulan, diluar tunjangan tidak tetap dan tambahan penghasilan lainnya seperti bonus atau insentif penjualan.

Sebagai contoh, besaran UMR DKI Jakarta Tahun 2020 adalah Rp4.276.349. Sementara Perusahaan A yang beroperasional di Jakarta, menawarkan skema penggajian kepada calon karyawan pada posisi telemarketing sebagai berikut:

  • 1. Gaji pokok: Rp3.200.000
  • 2. Tunjangan transport dan makan: Rp40.000 per hari atau Rp1.000.000 per bulan (dilakukan pemotongan jika tidak masuk secara pro rate).
  • 3. Tunjangan komunikasi: Rp100.000 (dibayarkan tetap)
  • 4. Tunjangan Shift: Rp250.000 per shift (tidak dibayarkan jika tidak masuk)
  • 5. Uang Lembur: Rp25.000 per jam (hanya jika ada lemburan)
  • 6. Insentif: Rp50.000 per penjualan produk
  • 7. Bonus: Rp500.000 jika mencapai target bulanan

Untuk menghitung upah/penghasilan tetap (gaji pokok dan tunjangan tetap) pada perusahaan A, hanya memasukkan komponen gaji pokok sebesar Rp3.200.000 ditambah tunjangan komunikasi sebesar Rp100.000 . Jadi total penghasilan tetap karyawan adalah Rp3.300.000 yang mana masih di bawah UMP yang telah ditentukan, yaitu sebesar Rp. 4.276.349.

Berdasarkan Surat Edaran Menaker RI Tahun 1990 no. SE-07/MEN/1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah dan Pendapatan Non Upah, dijelaskan mengenai uang makan dan transport sebagai tunjangan tetap. Tunjangan makan dan transport dapat dimasukkan dalam komponen tunjangan tetap jika pemberiannya diterima secara tetap oleh karyawan baik secara harian, mingguan atau bulanan, dan dilakukan tanpa dikaitkan dengan kehadiran karyawan.

Itulah bagaimana cara menghitung UMR atau Upah Minimum Regional. Jadi jangan demo dulu jika gaji pokoknya kurang dari UMR, karena bisa jadi ada tunjangan tetap lainnya yang belum dihitung.

Manfaat Menggunakan Kode QR pada Kartu Nama

Views: 19

Kartu nama merupakan bagian integral dari jaringan dan memperluas daftar kontak. Namun bagaimana jika Anda dapat meningkatkan efektivitasnya dan mempermudah klien atau calon pemberi kerja untuk menambahkan informasi Anda ke perangkat mereka, mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda, atau bahkan mengakses sampel pekerjaan Anda? Menambahkan Kode QR ke kartu bisnis Anda memungkinkan Anda melakukan ini dan banyak lagi. Berikut adalah manfaat menggunakan Kode QR pada kartu nama anda:

  1. Mempermudah jaringan
    Menggunakan Kode QR pada kartu nama atau kartu bisnis Anda berarti calon klien atau pemberi kerja dapat menambahkan informasi kontak Anda ke perangkat seluler mereka tanpa perlu mengetikkannya secara manual. Yang perlu mereka lakukan hanyalah memindai dan menyimpan.
  1. Mengembangkan pengikut media sosial Anda
    Demikian pula, menambahkan Kode QR Media Sosial yang tertaut ke platform media sosial Anda tidak hanya akan mengumpulkan lebih banyak pengikut dan penggemar di halaman Anda, namun juga akan memungkinkan klien Anda untuk tetap mengetahui semua karya, berita, dan informasi terbaru Anda. acara.
  1. Menampilkan contoh karya Anda di satu tempat
    Orang-orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan kontak yang mereka kenal dibandingkan dengan seseorang yang tidak mereka kenal, dan cara apa yang lebih baik bagi calon klien atau pemberi kerja untuk mengenal Anda selain melalui pekerjaan Anda? Dengan menggunakan Kode QR URL Dinamis, kartu nama Anda dapat ditautkan langsung ke kasus pengguna, blog Anda, atau proyek bisnis Anda saat ini, sebuah fitur hebat untuk pekerja lepas. Jika Anda berkecimpung dalam industri musik, Anda dapat menggunakan Kode QR MP3 untuk membagikan musik Anda kepada siapa pun yang memindai kartu nama Anda. Dan dengan menggunakan Kode QR PDF, Anda dapat menautkan ke resume Anda atau file PDF lainnya sehingga Anda tidak perlu membawa salinannya saat bursa kerja atau acara informasi.

4. Mempermudah update informasi kepada pelanggan Anda
Dengan menambahkan Kode QR Halaman Bisnis ke kartu bisnis Anda, Anda dapat langsung memberi tahu pelanggan atau calon klien tentang bisnis Anda, jam buka, alamat, petunjuk arah navigasi, detail kontak, dan akun media sosial. Jika Anda memiliki bisnis online, terdapat tombol yang memungkinkan Anda menautkannya, galeri karya Anda, atau situs web untuk membantu Anda mempromosikan barang dan jasa Anda.

APLIKASI QR SCANNER UNTUK SCAN QR CODE

QR Scanner adalah aplikasi untuk memindai kode QR dari berbagai sumber. QR Scanner akan memudahkan Anda melakukan aktivitas berbasis internet yang memerlukan pembacaan QR Codes dengan ponsel Android Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan scan QR code ini dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini gratis, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti transaksi keuangan, membaca buku, membaca kartu bisnis, atau login ke website yang menyediakan QR code untuk dipindai.

TREND BISNIS DIGITAL YANG BISA ANDA COBA. PILIH SESUAI DENGAN MINAT DAN KEMAMPUAN ANDA

Views: 19

Memulai bisnis bisa dikatakan mudah bagi semua orang, apalagi bagi pemula yang sudah mempunyai banyak uang. Namun untuk mempertahankan operasional bisnis yang menguntungkan, tidak semua orang bisa melakukannya karena banyak bisnis yang harus tutup karena tidak mampu mengembalikan modal yang berarti kerugian.
Pemula tidak tahu apa-apa? Tentu. Pemula yang sukses? Jawabannya ada di tangan Anda.

Mendapat keuntungan besar merupakan salah satu harapan bagi setiap orang yang hendak membuka dan menjalankan sebuah bisnis. Semua bisnis tentu bisa berkembang jika sejak awal sudah dipersiapkan secara matang. Itulah mengapa perencanaan bisnis menjadi hal utama yang harus dilakukan agar bisnis Anda mampu bertahan di tengah persaingan ataupun trend bisnis yang berubah dan terus berinovasi seiring perkembangan zaman. Hal ini bisa menjadi sebuah tantangan yang nyata dan harus dihadapi demi mempertahankan keberlangsungan bisnis.

Pebisnis bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang lengkap, karena Anda harus pintar dalam mengatur strategi sekaligus mampu berpikir kreatif dan inovatif. Era digital menjadi perbincangan hangat yang terus di-update. Para pebisnis muda bermunculan dengan berbagai inovasi. Hampir semua pengusaha mengunakan digital untuk memasarkan produk. Mulai dari melakukan proses branding, pemasaran, riset pasar, dan distribusi. Cepat dan efisien seakan menjadi ciri khas dari era digital.
Era digital sendiri merupakan Media baru yang dapat membuat perubahan budaya terhadap kecepatan menerima informasi. Jadi, tidak mengherankan jika konsumen menuntut adanya perubahan di bidang lain.

Salah satu dampak terbesar dari akses internet ini adalah dunia bisnis di mana kegiatan ekonomi yang dulu harus rumit dengan berbagai prosesnya, sekarang terangkum menjadi dalam satu genggaman gadget. Perubahan tersebut menjadi tantangan para pebisnis senior dan antusiasme dari pengusaha muda. Nyatanya sekarang banyak bermunculan aplikasi bisnis yang lahir dari tangan kreatif para pemuda.
Pergerakan bisnis semakin cepat. Apa pun bisa menghasilkan keuntungan. Kreatifitas menjadi kualitas tertinggi untuk mampu bersaing di dalamnya. Berikut ini beberapa contoh trend digital yang tidak boleh Anda lewatkan, di antaranya sebagai berikut :

  1. Pengembang Web
    Internet telah merambah setiap bidang kehidupan. Pengembangan web adalah peluang yang sama menjanjikannya. Saat Anda memutuskan untuk menekuni bisnis ini, pengetahuan komputer, kemampuan hosting, dan nama domain menjadi persyaratan yang harus dipenuhi. Pasar bisnis sangat besar karena hampir setiap bisnis membutuhkannya.
  2. Aplikasi Seluler
    Hal yang paling menonjol di era digital ini adalah aplikasi dan game seluler. Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan aplikasi utilitas bagi para karyawannya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mulai melihat hal ini sebagai peluang bisnis baru, terutama bagi para peminat yang passion di bidang IT.
  3. Marketplace
    Marketplace sendiri merupakan model e-commerce yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di pasar hanya perlu melayani pembelian karena semua aktivitas lain seperti pengelolaan situs web ditangani oleh platform.

ALASAN MENGAPA KARYAWAN HARUS PUNYA USAHA SAMPINGAN

Views: 3

contoh gambar hampers
contoh gambar usaha sampingan

Namun, seringkali ada alasan bagi sebagian orang yang menganggap pekerjaan utama mereka sebagai penghalang untuk menjalankan ide usaha sampingan.

Padahal, jika kita mengevaluasi jam kerja yang harus dipenuhi dalam sehari, kita akan menemukan bahwa masih ada sedikit waktu yang dapat dialokasikan untuk mengembangkan usaha sampingan. 

Perlu diingat, kebanyakan perusahaan tidak melarang karyawan untuk menjalankan usaha sampingan. 

Jadi, mengapa tidak memanfaatkan waktu luang ini untuk mengejar ide usaha sampingan yang telah lama Anda

Ide usaha sampingan dapat memiliki banyak manfaat dan alasan yang berbeda untuk setiap orang. 

Berikut beberapa alasan umum mengapa seseorang mungkin memilih untuk membuka usaha sampingan:

Pendapatan Tambahan

Alasan utama adalah untuk meningkatkan pendapatan. 

Usaha sampingan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang penting, yang dapat digunakan untuk membayar tagihan, menabung, atau mencapai tujuan keuangan lainnya.

Diversifikasi Pendapatan

Membuka usaha sampingan juga dapat membantu dalam diversifikasi pendapatan

Jika Anda hanya mengandalkan satu pekerjaan atau sumber pendapatan utama, risiko keuangan Anda dapat meningkat. 

Usaha sampingan dapat menjadi jaring pengaman jika terjadi masalah dalam pekerjaan utama Anda.

Mengejar Hobi atau Passion

Beberapa orang membuka usaha sampingan karena mereka ingin menjalani hobi atau passion mereka dan pada saat yang sama menghasilkan uang dari itu. 

Misalnya, jika Anda senang membuat kerajinan tangan, Anda dapat menjual produk-produk tersebut secara online.

Pengembangan Keterampilan

Membuka usaha sampingan dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan baru. 

Ini bisa berarti belajar tentang manajemen bisnis, pemasaran, keuangan, atau keterampilan teknis terkait dengan jenis usaha yang Anda jalankan.

Pensiun yang Lebih Aman

Bagi beberapa orang, usaha sampingan adalah cara untuk mempersiapkan masa pensiun yang lebih aman. 

Dengan membangun bisnis sampingan, Anda dapat memiliki sumber pendapatan tambahan saat pensiun nanti.

Kemandirian Finansial

Banyak orang bermimpi memiliki kemandirian finansial, dan membuka usaha sampingan dapat menjadi langkah menuju pencapaian tujuan tersebut. 

Dengan memiliki bisnis sendiri, Anda dapat mengendalikan pendapatan dan waktu Anda dengan lebih baik.

Peluang untuk Wirausaha

Bagi beberapa orang, usaha sampingan bisa menjadi awal dari perjalanan menjadi pengusaha yang seutuhnya. 

Ini bisa membantu Anda mengumpulkan modal, membangun pengalaman, dan menguji ide bisnis sebelum memutuskan untuk fokus sepenuhnya pada bisnis tersebut.

Fleksibilitas Waktu

Usaha sampingan seringkali memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengaturan waktu kerja Anda. 

Anda dapat menjalankannya paruh waktu sesuai dengan jadwal Anda, yang memungkinkan Anda menjaga keseimbangan antara pekerjaan, keluarga, dan kehidupan pribadi.

Kreativitas dan Ekspresi Diri

Bagi beberapa orang, usaha sampingan adalah cara untuk mengekspresikan kreativitas dan ide-ide mereka. 

Ini bisa berupa bisnis seni, desain, musik, atau bidang lain di mana Anda dapat mengeluarkan ide kreatif Anda.

Keamanan Pekerjaan

Dalam ekonomi yang berfluktuasi, memiliki usaha sampingan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pemutusan hubungan kerja atau ketidakpastian pekerjaan.

Alasan Kenapa Tik Tok Shop Ditutup

Views: 64

Berdasarkan pengumuman TikTok Indonesia melalui website resminya, tepat pukul 17.00 WIB tanggal 4 oktober 2023, Tik Tok Shop resmi akan ditutup. Para seller atau penjual di tik tok shop juga sudah menerima pemberitahuan mengenai penutupan layanan e-commerce pada TikTok. Keputusan ini merupakan bentuk kepatuhan dari TikTok untuk mengikuti aturan pemerintah melalui Permendag 31 Tahun 2023 yang ditandatangani pada Selasa, 26 September 2023. Salah satu isi pada aturan tersebut adalah melarang media sosial untuk berperan ganda sebagai e-commerce. Berikut adalah alasan kenapa Tik Tok Shop ditutup yang dikutip dari tribunnews Jogja.

  1. Lesunya Tingkat Penjualan Para Pedagang Pakaian Yang Berjualan Secara Offline Di Pusat Perbelanjaan Seperti Tanah Abang

Hasil temuan di lapangan menyatakan bahwa platform yang berbasis di China tersebut telah menyebabkan kerusakan ekosistem penjualan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Salah satu contoh yang paling signifikan adalah di Pasar Tanah Abang. Laporan para pedagang Tanah Abang banyak mengeluhkan mengalami kerugian lebih dari 50 persen karena bersaing dengan produk impor yang dijual jauh lebih murah di TikTok Shop ketimbang di pusat grosir terbesar di Asia Tenggara ini.

2. Fitur live TikTok beri keuntungan besar bagi penjual online

Nilai barang yang terjual atau transaksi di e-commerce bisa mencapai triliunan rupiah. Sementara, nilai barang terjual di TikTok mencapai triliunan rupiah. Dari nilai transaksi tersebut, penjual online mendapatkan keuntungan yang sangat besar, jauh lebih besar dibandingkan dengan pengusaha UMKM yang memproduksi dan menjual barangnya walau di platform yang sama.

3. TikTok hanya bisa digunakan sebagai promosi

Aplikasi Tik Tok hanya diizinkan untuk mengiklankan produk atau promosi, namun tidak boleh melakukan transaksi langsung.

Demikian Alasan Kenapa Tik Tok Shop Ditutup. Yang pasti adalah bahwa dunia bisnis di era milenial saat ini sudah mulai mengalami pergeseran. Hampir kebanyakan orang berbelanja secara online, dan untuk itu untuk menjaga kesehatan ekosistem bisnis, maka pemerintah harus turut berperan dan ikut serta dalam mengatur melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat untuk melindungi para pelaku usaha yang memiliki keterbatasan modal, keterbatasan pengetahuan akan teknologi, dan keterbatasan jaringan pemasaran.


Indonesia Mengikuti Pameran The 25th Japan International Seafood & Technology Expo (JISTE) 2023

Views: 2

Paviliun Indonesia pada Pameran JISTE 2023 di Tokyo, Jepang, 23-25 Agustus 2023

Indonesia Mengikuti Pameran the 25th Japan International Seafood & Technology Expo (JISTE) 2023 di Tokyo Big Sight Odaiba, Tokyo, Jepang dari tanggal 23 -25 Agustus 2023. Pada pameran seafood terbesar di Jepang tersebut, produk ekspor utama Indonesia di bidang perikanan khususnya seafood memperoleh potensi transaksi sebesar US$8,8 juta atau sekitar Rp133 miliar.

Melalui kegiatan ini, Kementerian Perdagangan menargetkan pasar Jepang sebagai salah satu tujuan untuk mempromosikan dan membangun brand nasional dibidang perikanan. Menghadiri pameran ini akan memperkuat ekspor produk makanan laut Indonesia yang aman dan berkelanjutan untuk dikonsumsi, sehingga terus menjaga kinerja ekspor produk makanan laut Indonesia ke dunia pada tahun 2022 dengan pertumbuhan positif.

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi, dilansir dari topik.id, kontribusi ekspor produk seafood Indonesia ke Jepang tercatat sekitar 12% dari total ekspor produk seafood Indonesia ke dunia, dan permintaan produk seafood Jepang diperkirakan akan terus meningkat. Melalui pameran JISTE 2023, Kementerian Perdagangan ingin menjaga dan meningkatkan ekspor produk ikan ke pasar Jepang dan berupaya meningkatkan ekspor ke negara tetangga. Keikutsertaan Indonesia pada Pameran The 25th Japan International Seafood & Technology Expo (JISTE) 2023 ini didukung oleh KBRI di Tokyo, perusahaan pesawat terbang nasional Garuda Indonesia, dan Japan ASEAN Center. Paviliun Indonesia menampilkan produk-produk premium yang digemari dan diminati pasar Jepang antara lain udang, kepiting, tuna (mata besar dan sirip kuning), makarel, gurita, teri, sup udang, ikan kaleng serta berbagai produk olahan ikan dan seafood.

Dalam pameran JISTE 2023 yang merupakan business event terbesar di Jepang tersebut, Paviliun Indonesia memperkenalkan 11 entitas ekonomi yang dipilih berdasarkan kriteria kapasitas produksi, sertifikasi dan pengalaman ekspor. Produk ikan unggulan tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, dan Papua. Selama pelaksanaan pameran, peserta melakukan business matchmaking 3-6 kali sehari di paviliun Indonesia. Selain Jepang, pengunjung paviliun juga berasal dari China, Korea, India, Spanyol, Kanada, Aljazair dan negara lainnya.

Calon pembeli dari Jepang menyatakan ketertarikannya terhadap produk ikan Indonesia karena kualitas dan dukungan kebijakan penangkapan ikan pemerintah Indonesia yang terukur untuk menjaga keberlanjutan. Selain itu, pembeli juga tertarik karena lokasi paviliun Indonesia yang strategis dan desainnya yang menarik, serta penanganan produk yang mengedepankan kesegaran dan kualitas produk yag dilakukan oleh tim Trade Promotion Center Indonesia Osaka, Bea Cukai Jepang, dan Garuda Indonesia.

Secara terpisah, Duta Besar RI di Tokyo, Heri Akhmadi, mengatakan potensi pertumbuhan ekspor produk seafood ke pasar Jepang sangat menjanjikan, apalagi pascapandemi Covid-19. Salah satu alasannya adalah beberapa hotel, restoran, dan tempat makan di Jepang membutuhkan produk ikan dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan wisatawan maupun rumah tangga.

Dubes Heri menyampaikan: “Selain pasokan dalam negeri, Jepang juga membutuhkan produk ikan dari luar negeri, terutama dalam menghadapi kebijakan dalam negeri pemerintah Jepang. Kebijakan Pemerintah Jepang ini turut berperan meningkatkan permintaan ikan dan makanan laut ke negara tersebut. Indonesia merupakan salah satu pemasok utama produk ikan ke Jepang. Pada tahun 2022, ekspor produk ikan Indonesia ke pasar Jepang mencapai 519,1 juta USD. Nilai tersebut meningkat 18,39% dari tahun 2021 yang tercatat sebesar $438,5 juta. Sedangkan pada Januari hingga Juni 2023, ekspor produk ikan Indonesia tercatat sebesar $227 juta. Nilai ini meningkat 1% dari tahun 2022 pada periode yang sama,yaitu sebesar $225,5 juta. Produk perikanan Indonesia yang diekspor ke Jepang antara lain udang, ikan beku, fillet tuna, kepiting, gurita, dan cumi-cumi.

Selain Indonesia, pemasok produk seafood Jepang antara lain Chile, China, Amerika, Rusia, Norwegia, Vietnam, Korea, Taipei, India, Kanada, Thailand, dan Argentina. Produk makanan laut utama yang diimpor Jepang adalah udang, tuna, cakalang, hati ikan cod beku, salmon, cumi, kepiting, dan gurita. Dari sekian banyak pesaing dari negara-negara tersebut, diharapkan Indonesia dapat memenangkan persaingan bisnis perikanan khususnya seafood.