Category Archives: wirausaha

Entrepreneurship As a Corporate Value

Sebuah keuntungan dari nilai ini adalah bahwa itu adalah nilai yang mudah untuk berkomunikasi dan mengingat. Kewirausahaan adalah sesuatu yang kebanyakan orang memiliki ide yang positif tentang.

Salah satu kelemahan kewirausahaan sebagai nilai perusahaan adalah bahwa maknanya ambigu; apa artinya persis dan apa artinya dalam konteks organisasi?

Beberapa contoh dari apa kewirausahaan bisa berarti, termasuk setidaknya:

– Inisiatif mengambil. Inilah yang kedua pengusaha melakukan dan apa juga berlaku bagi karyawan dalam organisasi
– Kebebasan. Kebebasan untuk melakukan apa yang Anda pikir adalah yang terbaik
– Bertindak atas peluang bukan pada rencana dan inisiatif yang ada
– Mengambil risiko. Tindakan tanpa tahu persis apa yang akan menjadi hasil
– berinovasi
– Mencapai sesuatu
– Membayangkan masa depan
– Memimpin dan memotivasi orang lain dengan optimisme untuk mengikuti …

Pertanyaannya sekarang adalah mengapa beberapa perusahaan memilih kewirausahaan sebagai nilai perusahaan? Apa yang terjadi dan apa nilai untuk?

Beberapa contoh dari pasar menunjukkan bahwa perusahaan yang berbeda fokus pada sisi kewirausahaan:

Kewirausahaan & Inovasi: Kami percaya pada “melakukan hal yang berbeda, dan melakukannya secara berbeda”. Kami memahami & berkembang pada kebutuhan untuk mengukir ceruk untuk diri kita sendiri. Kami menghargai budaya yang berorientasi kewirausahaan dan sangat penting bahwa kami terus berinovasi dalam apa pun yang kita pikirkan, lakukan dan memberikan kepada pelanggan kami. Semua karyawan didorong untuk menjaga pola pikir yang konstruktif dan optimis untuk bekerja menuju solusi. (1)

Dalam contoh ini perusahaan menekankan hampir semua inovasi bersama-sama dengan inisiatif untuk mengembangkan dan menghasilkan niche-solusi baru.

kewiraswastaan

Kami memahami apa yang mendorong bisnis klien kami dan kami menciptakan solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Kami menerapkan praktik terbaik dari perusahaan kami untuk klien kami di seluruh dunia.
Seperti rekan-rekan kita kewirausahaan seperti yang kita menerapkan pengetahuan kolektif dan kemampuan penuh dari organisasi kami untuk menciptakan pertumbuhan yang menguntungkan melalui peluang bisnis baru. (2)

Dalam contoh ini arti kewirausahaan lebih sulit untuk dipahami. Penggunaan “praktik terbaik,” tampaknya bertentangan kewirausahaan. Praktek terbaik adalah sesuatu yang telah bekerja sebelumnya. Kewirausahaan adalah di mana solusi baru tidak secara otomatis diterima tetapi dapat mengakibatkan sukses besar. Ada kesempatan dalam berwirausaha.

Kelemahan lain dari kewirausahaan adalah pengaruhnya dengan organisasi. Mintalah seseorang yang mengimplementasikan nilai ini apa yang akan terjadi dengan struktur remunerasi. Akankah bonus menjadi bagian dari budaya kewirausahaan? Akankah orang menerima komisi pada prestasi? Inilah yang membuat sulit untuk melaksanakan.

Sebuah nilai perusahaan harus sesuai dengan organisasi dan itu harus kredibel. Dalam hal ini kemungkinan besar bahwa istilah “kewirausahaan” tidak lebih dari sebuah slogan, yang akan memiliki dampak yang terbatas pada budaya organisasi.

Mimpi Menjadi Wirausahawan – 5 Pertimbangan Sebelum Mengubah Gairah Anda Menjadi Uang

1. Apakah Anda bersedia untuk bekerja secara gratis?

Nomor satu pertanyaan bahwa orang yang sedang mempertimbangkan memulai bisnis harus bertanya adalah “Apakah saya bersedia bekerja secara gratis”? Tidak hanya melakukan banyak pengusaha menemukan bahwa periode waktu mulai dari konsepsi ide untuk didambakan upacara pemotongan pita (ini bisa terlihat berbeda untuk beberapa bisnis) adalah apa yang beberapa mungkin sebut sebagai musim kemarau. Selain itu, banyak pengusaha menemukan diri mereka memanfaatkan uang pribadi mereka sendiri untuk mendanai kebutuhan awal bisnis. Ketika mengejar usaha kewirausahaan, kita harus mempertimbangkan jika nya gairah begitu memuaskan bahwa mereka akan terus tanpa aliran uang, jika jawabannya adalah ya, terus membaca?

2. Bagaimana Anda akan mendanai startup Anda?

Seperti disebutkan dalam pertimbangan sebelumnya, kebanyakan bisnis bekerja untuk cukup banyak waktu sebelum menghasilkan jutaan yang paling impian. Pada penelitian rata-rata telah membuktikan bahwa 3-5 tahun siklus menghasilkan laba masih akurat. Yang mengatakan, kita harus mempertimbangkan bagaimana untuk mendanai biaya startup awal. Entitas dasar seperti pembentukan hukum bisnis, pemasaran dasar, komunikasi, dan lain-lain yang diperlukan sebelum pintu membuka atau dalam kasus bisnis online website ditayangkan. Meskipun beberapa mungkin memilih untuk meminta bantuan teman-teman dan keluarga atau investor, bukan hanya pilihan untuk menentukan bagaimana biaya awal untuk mengejar usaha kewirausahaan akan ditangani; memang satu-satunya pilihan.

3. Apakah Anda ingin menjadi seorang pekerja atau pemimpin dalam bisnis Anda?

Ini merupakan pertimbangan penting karena banyak belajar setelah mereka telah berhasil meluncurkan dan menutup pintu untuk bisnis mereka bahwa mereka benar-benar menikmati berbagi semangat mereka dengan dunia dan merasa kurang bergairah tentang pengelolaan operasi sehari-hari yang menemani menjalankan bisnis. Setelah Anda membuat keputusan untuk mengenakan “topi pengusaha”, Anda juga dipaksa untuk menentukan apakah Anda ingin bisnis Anda untuk tumbuh. Saya belum pernah bertemu seorang pengusaha yang tidak ingin usaha mereka untuk tumbuh dan mencapai keberhasilan. Pertumbuhan berarti belajar kekuatan delegasi dan menerapkan prosedur suara untuk proses-proses yang berlangsung untuk memastikan bahwa bisnis adalah melakukan apa yang ia mengatakan bahwa hal itu akan dilakukan. Ini juga berarti mengajar orang lain bahwa kerajinan indah yang tidak ada orang lain dapat melakukan cukup seperti Anda. Pada akhirnya, seni kloning tidak pernah sehebat Anda ingin memastikan bahwa pelanggan Anda menerima produk Anda seperti yang Anda akan memberikan kepada mereka.

4. Dapatkah Anda mengatasi ketakutan Anda?

Untuk orang yang mengingat menyebarkan sayap kewirausahaan mereka, sentimen ketakutan tidak hanya alam, tetapi juga dibenarkan. Apakah akan ada cukup banyak orang yang ingin membeli produk saya? Dapatkah saya mengukur sampai kompetisi? Bagaimana jika saya tidak memiliki cukup pelatihan atau pendidikan? Ini adalah pemikiran umum di pikiran seorang pengusaha dalam mengejar kesuksesan. Ada dua perbedaan utama antara pengusaha yang mencapai kesuksesan dan pengusaha yang memungkinkan ketakutan untuk mengubah kegagalan. Perbedaan pertama adalah bahwa pengusaha yang mencapai tahu bahwa setiap usaha apakah keberhasilan atau kegagalan dapat menghasilkan tren yang signifikan. Jika peluncuran produk tidak berjalan dengan baik, seorang pengusaha sukses mengeksplorasi mengapa dan kembali ke papan gambar. Namun mereka tidak takut untuk mencoba lagi dan lagi sampai berhasil dicapai. Alasan kedua yang beberapa pengusaha mencapai lebih dari orang lain adalah bahwa mereka membiarkan rasa takut untuk melayani sebagai bahan bakar. Ketakutan dapat membangun momentum dan beberapa peningkatan hasil ke titik prestasi. Common denominator adalah kemampuan untuk mencoba. Banyak pengusaha berharap menghabiskan waktu berbicara tentang apa yang mereka ingin lakukan, namun untuk setiap orang yang mimpi ada orang lain yang mengejar.

5. Apakah Anda punya rencana?

Gairah tidak secara otomatis menghasilkan rencana untuk mengejar keunggulan. Seperti yang mereka katakan, jika Anda bepergian tanpa arah atau tujuan dalam pikiran, Anda akan membuat di sana. Selain itu, banyak pengusaha berharap memiliki sejumlah rencana di kepala mereka. Sebuah rencana strategis tentang bagaimana Anda akan sampai ke tujuan akhir Anda adalah penting. Banyak perdebatan apakah atau tidak rencana bisnis benar-benar diperlukan? Meskipun rencana bisnis yang digunakan untuk memperoleh pendanaan dan merayu investor, namun rencana bisa sangat berguna untuk pengusaha seperti grafik kursus untuk sukses. Mengejar keunggulan panggilan untuk tindakan strategis. Jika seorang insinyur membutuhkan rencana untuk membangun jembatan, maka pengusaha membutuhkan rencana untuk membangun sebuah perusahaan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika dalam mengejar impian kewirausahaan. Setiap dari kita memiliki hadiah khusus dan bakat, pertanyaannya adalah jika kita ingin berbagi karunia-karunia dan bakat dengan dunia dan jika demikian bagaimana membuat dunia sebagai bergairah seperti kita. Mimpi dengan tidak adanya tindakan hanya mimpi; Namun dengan tindakan dan mengejar, mimpi bisa menjadi kenyataan.

Potensi Bisnis dari Karya Da Vinci

Dalam merencanakan pengelolaan usaha, langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang wirausahawan adalah menganalisis potensi pasar, berdasarkan jenis produk, jasa, minat dan daya beli konsumen. Dengan menganalisis potensi pasar, kita dapat memperkirakan daya serap konsumen terhadap produk/jasa yang hendak kita tawarkan. Hal ini sangat penting sebagai ukuran apakah sektor usaha yang akan kita masuki masih menjanjikan keuntungan atau tidak. Untuk itu Anda harus melakukan penelitian pasar, mencari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan pasar dan menentukan lokasi usaha yang strategis sesuai dengan produk/jasa yang akan dijual. Suatu peluang usaha atau gagasan tentang kemungkinan ekonomi suatu kegiatan bisnis harus selalu diikuti oleh potensi pasar yang menjanjikan sehingga roda usaha dapat berjalan dan memberikan keuntungan yang diharapkan.

Suatu ide bisnis dengan analisis potensi pasar adalah hal yang akan selalu berdampingan. Ketika ide bisnis muncul, maka wacana potensi pasar untuk bisnis tersebut akan muncul. Sebaliknya, ketika kita melihat suatu potensi pasar, maka bisa jadi ide bisnis muncul. Mana yang lebih dulu muncul atau mana yang lebih dulu didahulukan tergantung dari kondisi bisnis itu sendiri. Contoh ide bisnis yang cukup menarik adalah bisnis penjualan produk-produk berdasarkan karya Leonardo Da Vinci. Bisnis ini tidak dalam arti menjual produk asli karya Da Vinci, melainkan inovasi bisnis berdasarkan karya-karya beliau. Misalnya replika lukisan da Vinci, ukiran kayu “The Last Supper”, patung kayu “Monalisa”, atau yang lainnya.

Seorang pengusaha harus berkeyakinan bahwa setiap ide bisnis pasti memiliki potensi pasar, dan ia akan terus berkembang jika dibarengi dengan strategi bisnis yang baik. Karya-karya Leonardo Da Vinci bisa dijual kepada orang-orang religius, gereja-gereja, atau sekolah-sekolah Katolik misalnya. Lukisan asli “Monalisa” karya Leonardo Da Vinci mungkin berharga mahal, dan ini tentu tidak akan dibeli oleh sekolah atau gereja. Akan tetapi dengan suatu inovasi baru membuat replika “Monalisa” berbentuk patung, bisa saja sekolah-sekolah atau gereja akan berminat. Ini adalah sesuatu yang berbeda dari produk yang telah ada. Ketika patung “Monalisa” sudah meraih pasar, artinya potensi bisnis sudah lebih jelas terlihat. Kini saatnya untuk membuat produk baru yang tetap berdasarkan biografi Leonardo Da Vinci.

Profesi Network Marketing dan Kebebasan Financial

Network marketing adalah salah satu bentuk strategi marketing yang sangat jitu dalam peningkatan penjualan suatu produk. Pada dasarnya network marketing adalah metode penjualan langsung, dimana agen independen berfungsi sebagai distributor barang. Distributor ini membangun jaringan penjualan, mengelola jaringan penjualan, dan menjual produk di jaringan penjualan tersebut.

Network marketing disebut sebagai multilevel marketing atau pemasaran seluler karena tingkat agen distributor dalam rantai downline untuk membangun lebih banyak penjualan. Ini adalah industri multi-miliar dolar di seluruh dunia yang mendistribusikan hampir semua item portabel. Para agen diharapkan dapat merekrut lebih banyak agen baru sehingga income mereka menjadi semakin besar.

Seiring dengan kemajuan teknologi serta  dominasi internet di setiap sisi kehidupan manusia, maka network marketing berkembang menjadi apa yang dinamakan online marketing. Merekrut agen baru tidak perlu lagi dengan cara bertatap muka langsung, hanya dengan mengandalkan social media, atau e-mail saja agen baru sudah dapat direkrut.

Profesi network marketer memungkinkan seseorang untuk memperoleh penghasilan yang tidak terbatas asalkan dapat memenuhi criteria sebagai berikut, yaitu :

  1. Pemilihan perusahaan atau produk yang tepat
  2. Memperoleh pelatih atau pembimbing yang tepat
  3. Mampu mempelajari pasar
  4. Sabar dalam membangun jaringan

Network marketer tidak digaji, penghasilan orang yang berprofesi sebagai network marketer adalah dari komisi penjualan dan bonus dari perekrutan agen baru. Semakin banyak agen yang direkrutnya, maka semakin banyak jaringan yang dibangun, dan pada akhirnya ia akan semakin banyak memperoleh income. Hebatnya profesi ini adalah bahwa ketika jaringan sudah bertumbuh, ia sudah tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari agen baru. Ia tidak perlu berangkat ke kantor, ia hanya cukup tinggal di rumah dan menjadikan jaringan yang dimilikinya tersebut sebagai home business bagi dirinya. Bahkan hanya dengan duduk santai pun ia sudah akan selalu menerima penghasilan. Pada akhirnya, melalui network marketing, uang akan bekerja untuknya.  Ketika uang sudah bekerja untuk dirinya, maka sudah dapat dipastikan bahwa ia telah semakin dekat dengan kebebasan financial.

Kini Saatnya Melakukan Bisnis Dari Rumah

Tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja sebagai seorang karyawan yang dituntut untuk selalu mentaati jam kerja dapat membuat rasa jenuh yang luar biasa. Gaji yang sifatnya “dibatasi” mungkin saja sudah tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan hidup yang kian bertambah setiap waktu. Ketika rasa jenuh melaksanakan pekerjaan sebagai karyawan itu datang, mimpi untuk bekerja dari rumah dan membuat uang bekerja untuk kita adalah harapan yang harus dijadikan kenyataan. Karena tidak ada pekerjaan yang lebih baik dan menyenangkan selain bekerja dari rumah dengan perolehan pendapatan yang tidak terbatas. Mimpi untuk menjadi bos, dan mimpi untuk memiliki dan mengelola bisnis sendiri, dan mimpi untuk mencapai kebebasan finansial. Mimpi ini harus menjadi kenyataan!

Mimpi ini bisa menjadi kenyataan melalui  Network Marketing. Network marketing memungkinkan seseorang untuk memperoleh penghasilan yang tidak terbatas. Bahkan ketika jaringan sudah terbangun, income akan selalu diperoleh walau ia duduk santai di rumah. Tidak perlu kerja keras lagi! Kini Anda hanya tinggal menentukan apakah penghasilannya perlu ditambah atau tidak. Jika merasa cukup, maka anda tidak perlu lagi bekerja menambah jaringan, cukup dengan mengelola jaringan yang sudah ada. Namun jika ingin memperoleh penghasilan yang lebih banyak lagi, Anda tinggal mengembangkan jaringan yang sudah ada dengan merekrut tim-tim anda yang baru. Itupun dapat dilakukan tanpa kerja extra keras. Cukup bekerja dari rumah saja!

Network marketing dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan jenjang pendidikan atau gelar akademis yang tinggi. Telah banyak ribuan orang yang telah bergabung dengan industri pemasaran jaringan dan telah sukses. Network Marketing / MLM adalah seperti memiliki bisnis sendiri, tapi tanpa membutuhkan biaya tinggi untuk memulai profesi itu. Network Marketing dapat membawa Anda dari pekerjaan bergaji terbatas yang Anda benci ke kehidupan bebas stres dan membuat uang yang lebih banyak tanpa perlu keluar rumah. Cobalah dan tekuni, dijamin beberapa waktu ke depan semua mimpi diatas akan menjadi kenyataan.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja Wirausaha

Kewirausahaan adalah sikap mental dan sifat jiwa selalu aktif berusaha untuk memajukan karya baktinya dalam rangka meningkatkan pendapatannya sedangkan wirausahawan adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang-peluang usaha. Keberhasilan para wirausahawan itu terletak pada hal-hal berikut :

1. Kreativitas dan rasa percaya diri untuk berusaha
2. Kecakapan dan keahliannya di dalam berwirausaha
3. Sikap dan kemauan untuk berwirausaha
4. Keberanian di dalam berinisiatif
5. Berani untuk memikul segala resiko di dalam usaha

Wirausahawan yang mempunyai semangat kewirausahaan itu merupakan motor penggerak dalam pembangunan, yaitu:

1. Ikut serta mengurangi pengangguran
2. Ikut serta dalam mengurangi kemiskinan
3. Meningkatkan taraf hidup anggota masyarakat
4. Meningkatkan perekonomian bangsa dan negara

Semangat kewirausahaan yang perlu sekali dimasyarakatkan dan dibudayakan pada khususnya adalah :

© Kemauan kuat untuk berkarya (terutama dalam bidang ekonomi) dengan semangat mandiri
© Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil resiko
© Kreatif dan inovatif
© Tekun, teliti dan produktif
© Berkarya dengan semangat keberanian dan etika bisnis yang sehat

Faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha adalah :

1. Daya saing
Unsur-unsur daya saing meliputi karakteristik wirausahawan seperti disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif, inovatif, mandiri dan realistis, pendidikan dan pelatihan seperti pendidikan formal dan non formal, modal (uang untuk mendanai usaha).

2. Sikap selalu ingin maju
Sikap selalu ingin maju atau kerja prestatif akan menimbulkan semangat kerja wirausahawan karena pada umumnya manusia yang memiliki obsesi akan bersemangat agar keinginannya tercapai.

3. Memiliki kepribadian unggul
Yaitu mampu merumuskan tujuan hidup, mampu merumuskan tujuan usahanya, mampu menempatkan waktu, mampu memanfaatkan kesempatan serta dapat melaksanakannya dan berdaya pikir positif untuk maju.

4. Mengenal diri sendiri
Mengetahui kesempatan, kecakapan dan kemampuan dalam usaha, dapat menilai, menghargai dan memanfaatkan modal yang dimilikinya, dapat memanfaatkan kekayaan dan kekuatan yang dimiliki, dan dapat memilih dan menentukan kegiatan sesuai dengan kemampuan dirinya.

5. Mengenal dan memperhatikan risiko
Yaitu segala risiko yang akan terjadi, hambatan-hambatan yang akan terjadi di dalam usaha dan prospek kemajuan dan keberhasilan di dalam usaha.

6. Kemauan untuk belajar
Kemauan untuk belajar merupakan bukti untuk maju, tidak putus asa pada waktu mengalami kegagalan, tetapi mempelajari kegagalan untuk keberhasilan pada waktu mendatang, belajar terus, belajar keras, belajar efektif dan efisien.

7. Mempunyai keahlian khusus
Wirausaha yang memiliki semangat kerja harus memiliki keahlian khusus yang berguna dalam menunjang perkembangan usahanya. Keahlian khusus tersebut dapat diperoleh melalui spesialisasi keahlian dari sekolah, pengalaman belajar dan bekerja, keahlian di dalam manajemen.

Lakukan 4 Prinsip Menjual Ini

Ketika anda menerima penolakan atas penawaran penjualan anda, kekecewaan biasanya datang menghampiri. Hal ini akan berujung kepada menurunnya semangat anda untuk menawarkan penjualan kembali. Tapi perlu diingat bahwa penolakan yang terjadi sebetulnya dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan, yaitu:

1. Calon pelanggan belum memerlukan produk anda.

2. Calon pelanggan masih mempercayai produk pesaing anda.

3. Calon pelanggan belum mengetahui kelebihan produk anda.

4. Cara menjual anda yang kurang berkenan.

Ok,lupakan point 1 sampai 3, kali ini kita bahas tentang point yang ke 4, yaitu cara menjual anda kurang berkenan.

Perlu diketahui dan diingat bahwa seseorang membeli barang itu tidak hanya factor kebutuhan, akan tetapi suasana hati pun sangat menentukan. Jika calon pelanggan merasa senang dengan anda, bukan tidak mungkin produk yang belum ia butuhkan pun akan dibelinya. Penyebabnya? Karena ia senang dengan anda, ia percaya dengan anda. Ia yakin bahwa anda memahami apa yang pelanggan butuhkan. Dengan kata lain, pelanggan tersebut sudah jatuh hati kepada anda. Oleh karena itu, menjual yang terbaik adalah menjual dengan memenangkan hati pelanggan.

Memenangkan hati pelanggan tidaklah mudah, anda harus memahami beberapa hal yang sangat prinsip, yaitu:

1. Anda harus jujur. Maksudnya anda mengutarakan produk anda apa adanya. Jangan menggunakan kata-kata yang berlebihan. Ingat, pelanggan akan tahau apakah anda berkata apa adanya atau berlebihan. Ia pun akan mengetahui anda dari bahasa tubuh anda.

2. Anda harus berlaku terbuka. Ini identik dengan bersikap jujur, bedanya adalah menyangkut masalah hati. Hati anda harus terbuka menerima keluhan pelanggan,bahkan anda pun harus terbuka menerima penolakan. Keterbukaan hati anda akan membuat calon pelanggan pun terbuka kepada anda. Dengan demikian, anda akan mudah memenangkan hati pelanggan.

3. Jangan memaksa. Ingat 4 point di awal artikel kenapa pelanggan menolak membeli produk anda. Ketika mereka menolak, jangan memaksa. Pemaksaan akan membuat mereka emosi dan akhirnya menutup hati mereka untuk anda. Jika mereka menolak, setidaknya titipkan kartu nama anda, bukan tidak mungkin beberapa hari kemudian atau bahkan besok ia akan menghubungi anda. Sebab bukan tidak mungkin mereka menolak karena mereka ingin mencari lebih banyak informasi tentang anda di internet.

4. Cek gaya komunikasi. Ketika menjadi murid, anda pernah mengalami kejenuhan terhadap cara penjelasan seorang guru. Ini pun sering terjadi kepada calon pelanggan anda. Ia merasa jenuh kepada penjelasan anda, karena anda dianggap membosankan. Latihlah cara komunikasi anda. Kalau perlu anda harus mengambil kursus ilmu komunikasi.

Cara Mendapatkan Perhatian Calon Pembeli

Di era digital ini, terpecahnya focus seorang konsumen terhadap rencana pembelian suatu barang sering terjadi. Ketika konsumen sedang berbelanja di sebuah toko, pada waktu yang sama ia melakukan searching, browsing, membandingkan harga, dan mencari masukan dari teman-temannya di media sosial melalui perangkat mobile yang ia miliki. Perhatiannya terpecah dan terlarut dalam dunia paralel.

Meluasnya penggunaan perangkat mobile mendorong pola dan model pembelian konsumen semakin sulit diukur oleh para pemasar. “Apakah calon pembeli ini berubah pikiran untuk tidak membeli?” Mungkin itu yang ada di benak para penjual di toko ketika melihat calon pembelinya sibuk dengan perangkat mobile.

Kondisi ini memberikan tantangan tersendiri bagi penjual sebuah produk untuk memenangkan perhatian konsumen yang terpecah. Penjual perlu memasuki dan mengantisipasi dinamika baru ini dengan memastikan bahwa konsumennya tetap focus pada produk yang ada dihadapannya.

Berikut beberapa contoh bagaimana penjual dapat memenuhi tantangan tersebut.

1. Bangun keintiman dengan pelanggan. Setiap strategi diawali dengan pemahaman tentang konsumen yang ingin kita bidik. Namun, pemahaman tersebut tak sekadar mencakup apa yang diinginkan dan dibutuhkan target. Penjual perlu membangun pemahaman mendalam tentang kesukaan, dan pola penggunaan produk konsumennya. Pemahaman ini didapat dengan cara mendengarkan. Buatlah konsumen anda berbicara banyak tentang dirinya, dan anda harus mendengarkan dengan penuh perhatian.

2. Berikan pengalaman. Sangat mudah membuat konsumen terkesima oleh pengalaman yang didapat dari sebuah produk. Berilah kesempatan konsumen untuk mencoba produk yang ditawarkan. Dengan demikian ia akan mendapatkan pengalaman dan tentunya ia akan focus kepada anda. Berikan kesempatan untuk memberikan komentar atas produk yang dicobanya, dan berikan pula penjelasan yang jujur jika ia bertanya.

Apakah Penjual Perlu Memiliki Blog?

Seorang salesman tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan menjual, teknik berkomunikasi yang baik saja. Seorang penjual pun harus memiliki personality yang baik dan kreatifitas yang tinggi. Seorang salesman hasur memilki berbagai kemampuan yang komplek sehingga dapat memudahkan dirinya dalam mendekati dan memenangkan hati calon pelanggannya.
Seorang salesman yang bergerak door to door, ia akan berpakaian rapi dan sopan ketika menemui pelanggan. Dan ia akan selalu menunjukkan bahwa ia dapat mengkomunikasikan produk yang dijualnya. Akan tetapi hal itu tidaklan cukup, faktanya hampir semua salesman door to door tidak mendapatkan penjualan pada pertemuan pertamanya dengan pelanggan. Ada banyak kemungkinan bahwa calon pembeli belum bersedia membeli produk yang ditawarkannya, misalnya calon pembeli belum membutuhkan barang tersebut, calon pembeli belum memahami manfaat barang tersebut, atau calon pembeli belum mempercayai salesman tersebut.
Disinilah kreatifitas seorang salesman harus berjalan dengan baik. Di era teknologi internet ini, hampir semua orang tidak lepas dari pencarian informasi di internet. Oleh karena itu, salesman pun harus memanfaatkan internet untuk membantu calon pelanggan yang mencari informasi tentang dirinya atau produk yang dimilikinya. Bisa jadi, ketika seorang salesman pergi meninggalkan rumah calon pembeli; dan belum melakukan pembelian; calon pelanggan ini langsung membuka komputernya untuk mengetahui reputasi salesman tersebut dan produk yang dijualnya. Untuk itulah salesman harus siap mengantisipasinya. Salesman harus memiliki blog pribadi.
Bagaimana memulai membuat blog?
Kita akui bahwa tidak semua salesman paham tentang masalah blog ini. Dari sisi perencanaan, dan konten blog mungkin ia punya gambaran. Tapi bagaimana dengan design web? Salesman tidak semuanya paham mengenai desain web. Well, tidak perlu design blog yang rumit, blog dengan platform wordpress adalah lebih dari cukup. WordPress adalah platform blog yang banyak digunakan untuk merepresentasikan seseorang. .Jangan takut! Internet menyediakan banyak hal termasuk masalah custom wordpress theme development. Apa yang diinginkan oleh salesman dalam blognya dapat diwujudkan melalui pengembang ini.
Blog adalah sarana yang kratif untuk memperkenalkan diri seorang salesman. Di dalam blog tersebut berisi riwayat singkat tentang biodata salesman, manfaat produk yang dijualnya, serta testimony-testimoni para pembeli yang pernah merasakan manfaat produknya. Blog diyakini dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Bukan tidak mungkin calon pembeli akan menelpon salesman sehari kemudian setelah ia mendapatkan informasi tentang dirinya dan produknya di internet.

“Sell Any”, Jangan “Sell Anything” !

Untuk menjadi pebisnis yang sukses diperlukan kerja keras dan disiplin yang tinggi. Kerja keras pun diawali oleh datangnya suatu kesempatan yang mungkin saja datangnya tak terduga. Seorang pebisnis yang sukses akan selalu memiliki sesuatu hal yang istimewa yang dijualnya kepada para pelanggannya. Dan itu adalah sesuatu yang disebut “sell any”.
Berbeda dengan “sell any”, “sell anything” berarti menjual apa saja. Apa saja ia jual dengan tujuan untuk mendapatkan uang.  Ini tidak salah, namun ini akan berdampak pada kualitas dan tidak meningkatnya nilai jual bisnis kita di mata para konsumen. Kenapa? karena kita tidak memiliki sesuatu hal yang istimewa. Para konsumen tidak akan mengingat atau bahkan tidak mengetahui apa istimewanya bisnis kita.
lalu mana yang kita pilih? Seorang pebisnis yang memikirkan masa depan dan pertumbuhan bisnis jangka panjang, maka ia akan memilih “sell any”. Ia akan memfokuskan untuk menjual sesuatu yang ia rasa sangat special, memiliki nilai manfaat yang lebih untuk konsumennya. Ia berharap bahwa sesuatu yang ia jual tersebut akan menjadi  dominan dan memiliki tempat tersendiri di pasar.
Bisa saja pebisnis awal akan melakukan “sellanything” sebelum melangkah ke “sell any”. Perlu proses yang sangat panjang untuk mentransformasikan prinsip bisnis dari “sell anything” ke ‘sell any”. bahkan mungkin perlu waktu yang sangat lama untuk menuju hal itu. Karena “sell any” adalah menjual sesuatu yang special, yang pada prosesnya membutuhkan inspirasi, pengalaman, eksperimen, dan ide kreatif.