Ilmu Pelayaran Datar Bagian 1: memahami bentuk dan ukuran bumi

Ini adalah salah satu materi mengajar dalam bidang nautika, tepatnya adalah tentang Ilmu Pelayaran Datar. Pada ilmu pelayaran datar bagian 1 ini, kita akan mempelajari tentang memahami bentuk dan ukuran bumi. Namun sebelum mempelajari lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu ilmu pelayaran. Ilmu Pelayaran adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengajarkan cara untuk melayarkan sebuah kapal dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan selamat aman dan ekonomis

Ilmu pelayaran, dibagi menjadi 3 bidang ilmu, yaitu:

  1. Ilmu Pelayaran Datar, yaitu Ilmu Pelayaran yang menggunakan benda benda bumiawi seperti gunung, mercusuar, atau tanjung sebagai pedoman dalam membawa kapal dari satu tempat ketempat lain.
  2. ilmu Pelayaran Astronomi, yaitu Ilmu Pelayaran yang menggunakan benda benda angkasa seperti matahari, bulan, atau bintang sebagai pedoman dalam membawa kapal dari satu tempat ketempat lain.
  3. Navigasi Elektronik, yaitu ilmu pelayaran dengan menggunakan alat-alat navigasi elektronik seperti radar, GPS, peta elektronik, dan kompas elektronik.

OK. Sekarang kita fokus pada bentuk dan ukuran bumi. Bentuk bumi sebetulnya tidak bulat sempurna, melainkan bulat pepat atau spheroid. Posisi bumi pun sebetulnya tidak tegak lurus. Posisi bumi justru miring sebesar 23,4o derajat dari sumbu vertikal/ Dan sudut yang dibentuk antara sumbu vertikal dengan poros bumi ini disebut dengan sudut inklinasi.

Keliling bumi adalah 40.030 km, sedangkan berat bumi adalah 5,972 x 1024 kg. Bandingkan dengan berat planet mars yang hanya 1/10 berat bumi. Itu artinya bahwa jika seorang manusia di bumi memiliki berat 100 kg, maka ketika orang tersebut pindah ke planet mars beratnya menjadi hanya 10 kg. Ini terjadi karena massa dan gaya gravitasi planet mars lebih kecil dari massa dan gaya gravitasi planet bumi.

Lihat materi mengenai ilmu pelayaran datar bagian 1: memahami bentuk dan ukuran bumi dalam bentuk video dengan klik link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *