Kelayakan Bisnis Paid To Review

2 hari yang lalu saya mendapat kabar bahwa 2 blog saya terkena deindex. Rasanya sungguh menyesakkan dada, sebab saya belum lama membeli 2 blog tersebut. Apalagi blog itu PR-nya tinggi. Tujuan saya membeli blog tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja perputaran uang saya di bisnis Paid To Review. Namun belumlah blog tersebut terjun ke bisnis, alias masih dalam tahap pembangunan, eh malah deindex. Saya kecewa, frustasi, dan sedikit patah semangat. Untung saja blog saya yang lain masih tetap bertahan walaupun PR-nya gak tinggi. Hanya itulah sisa-sisa semangat saya.
Dari kejadian deindex tersebut saya jadi berfikir, bagaimanakah kelayakan bisnis Paid To Review ini? Apakah masih bisa diteruskan atau tidak? Keragu-raguan saya muncul karena kerahasiaannya prilaku aloritma Google dalam menentukan rangking suatu blog, sedangkan parameter para advertiser adalah Page rank dari google. Dengan kerahasiaan ini tentu akan membuat saya untuk berfikir ulang karena seolah-olah biaya investasi dikeluarkan, namun resiko yang ditanggung masih samar-samar. Memang sih perlu kerja keras untuk suatu usaha, namun jika kerja keras tersebut adalah dibatasi oleh suatu hal yang rahasia dan tidak jelas, saya merasa seperti bekerja dengan sia-sia.
Untung saja saya masih ada 2 blog yang bertahan tidak terkena deindex, walaupun Page rank-nya kecil sehingga job seret. Namun setidaknya itu masih memberikan sisa-sisa semangat untuk meneruskan bisnis Paid To Review ini. Saya mencoba untuk kembali fokus kepada dua blog yang lawas ini. Barangkali ada saran yang bisa memberikan pencerahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *