Kenapa Komunikasi Bisnis Harus Bebas Tapi Aman

Media komunikasi, tepatnya gadget komunikasi seperti handphone, telepon, PC tablet dan smartphone tak ubahnya menjadi mesin uang yang berharga bagi para businessman zaman sekarang. Memang, dalam era globalisasi dan modernisasi saat ini, banyak pelaku bisnis yang tak bisa lepas atau jauh sedetikpun dari alat komunikasi tersebut diatas. Bahkan, semakin berkembangnya teknologi, semakin tinggi ketergantungan para pelaku bisnis ini kepada aplikasi teknologi komunikasi.

 Berhubung semakin banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan gadget canggih untuk berkomunikasi, maka factor security menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam komunikasi bisnis. Semua businessman butuh komunikasi yang bebas seharian tapi juga aman dalam melakukannya. Sudah dapat difahami bersama, bahwa setiap bisnis pasti memiliki rahasia-rahasia bisnis baik dalam bentuk file maupun conversation. Karena itu internet instant messaging haruslah terenkripsi dengan baik, sehingga hanya pengirim dan penerima saja yang dapat decrypt and read the message. Adalah terlalu beresiko jika komunikasi bisnis atau pengiriman message menggunakan public messanger seperti dari yahoo atau google, bahkan mungkin tampaknya tidak elegan pula jika bisnis menggunakan fasilitas public.

 Seperti dikatakan diawal, bahwa semakin berkembang suatu teknologi, maka ketergantungan akan suatu gadget teknologi akan semakin tinggi. Hal ini sangat jelas dirasakan oleh para pelaku bisnis. Beberapa tahun ke belakang, komunikasi para pelaku bisnis sangat tergantung pada Blackberry Messanger (BBM). Seolah-olah tanpa BBM maka bisnis tidak akan berjalan. Karena itulah setiap pelaku bisnis pada waktu itu memiliki gadget Blackberry di kantong celananya. Kini hal itu tergantikan dengan kehadiran smartphone android. Untuk melakukan komunikasi bisnis, maka para pelaku bisnis ini menggunakan smartphone android dimana didalamnya terdapat encrypted chat app yang menjamin kerahasiaan komunikasi bisnis.

 Komunikasi bebas seharian yang dibutuhkan businessman ini sangat erat hubungannya dengan aliran kas masuk bagi perusahaan mereka, persaingan dengan competitor, serta kerahasiaan proyek bisnis. Tanpa komunikasi yang bebas, tentu saja kelancaran transaksi bisnis juga dapat terhambat. Maka dari itu, para businessman butuh android messanger yang bisa memenuhi kebutuhan mereka setiap saat dan pada saat yang sama dapat menjamin keamanan komunikasi tanpa ada ketakutan conversation tersebur disadap, dibajak, atau dicuri. Jadi, esensi komunikasi bebas seharian dalam bisnis adalah kelancaran dan keamanan komunikasi bisnis antara pelaku bisnis dengan para klien sebagai bentuk pelayanan prima yang dapat mencapai tujuan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *