Kerjasama Membutuhkan Komunikasi

Tim merupakan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan kemampuan, talenta, pengalaman, dan latar belakang yang berbeda. Pada tim yang ideal, mereka berkumpul bersama-sama untuk mencpai tujuan yang sama dengan memandang perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukan sebagai penghalang.
Pada realita di lapangan, menjaga kekompakan suatu teamwork merupakan hal yang cukup sulit. Egoisme masing-masing anggota, serta perasaan paling pintar sendiri dapat menutupi kenyataan bahwa tujuan utama adalah untuk menghasilkan sesuatu dengan kerjasama.
Bekerja secara tim dapat mempercepat proses kerja jika dibandingkan bekerja secara individu. Melalui keahlian yang dimiliki oleh masing-masing anggota, suatu pekerjaan akan selesai dengan cepat dan sempurna. Namun untuk mencapai kecepatan dan ketepatan ekerjaan tersebut, maka interaksi dan komunikasi yang baik di antara para anggota tim merupakan hal yang sangat penting. Kerjasama tidak akan terbentuk jika tidak ada komunikasi yang baik diantara anggotanya.
Pada suatu perusahaan bisnis, kerjasama antar berbagai departemen di dalamnya akan berujung pada tingkat kesehatan perusahaan tersebut, dan tentunya juga akan mengoptimalkan laba penjualan. Disinilah peran seorang manajer diuji. Seorang manajer bukan saja bertugas untuk mencapai tujuan perusahaan, akan tetapi juga bertugas untuk merangkul dan membentuk komunikasi yang baik di antara para anak buahnya sehingga mereka menjadi suatu tim yang solid. Lagipula factor tim yang solid merupakan salah satu syarat agar tujuan perusahaan tercapai, bukan begitu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *