Kunci Menjadi Anak Buah Yang Baik

Tidak ada pemimpin yang tidak memiliki anak buah,dan tidak ada anak buah yang tidak memiliki pemimpin. Ada pemimpin maka sudah pasti ada anak buah. Anak buah merupakan ujung tombak keberhasilan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas. Dalam kemiliteran, anak buah adalah prajurit dan pemimpinnya mungkin seorang jendral. Dalam Bisnis, anak buah disebut karyawan, sedangkan pemimpinnya adalah direktur. Dalam suatu institusi, anak buah mungkin disebut pegawai, sedangkan pemimpinnya bisa disebut ketua atau kepala.  Dimanapun tempatny, yang pasti anak buah itu harus selalu loyal kepada pemimpin dalam organisasinya bukan kepada yang lain.

Bagaimana agar menjadi seorang anak buah yang baik? Gampang saja! Ikuti saja setiap perintah yang diberikan, tentu saja menyangkut pekerjaan, bukan yang lain. Jangan pernah membuat sesuatu alasan untuk tidak mengerjakan tugas, dan jangan pernah mengeluh akan tugas yang diberikan.

Bagaimana jika anda dimutasi atau dipindahtugaskan? Jangan mengeluh apalagi protes: “Kenapa gak ada konfirmasi dulu saya dipindahkan?” Perlu diketahui, ini adalah kunci utama suatu organisasi, bahwa seorang atasan memiliki hak untuk memindahtugaskan seseorang dengan atau tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Kenapa demikian? Karena hal ini sangat komplek alasannya. Bisa jadi ini menyangkut masalah keamanan, keberlangsungan bisnis, atau ini adalah suatu promosi. Karena itu, jika anda dimutasi, maka anda jangan protes. Laksanakanlah dengan baik.

Itu saja kunci menjadi seorang anak buah yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *