Manajer itu adalah pemimpin

Dalam suatu perusahaan bisnis, anda mungkin selalu dengar dengan istilah manager. Pertanyaanya, apakah manager dengan leader berbeda? memang ada manager yang bukan leader ? Lalu apa perbedaan manager dengan leader ? Jawabannya ya, mungkin saja ada seorang manager namun bukan seorang leader, karena Manager adalah suatu jabatan yang posisinya diberikan oleh suatu organisasi dalam bentuk Surat Pengangkatan, sedangkan leader merupakan suatu bentuk perilaku atau sikap yang dimiliki oleh seseorang di dalam dirinya sehingga mampu mengendalikan dan mengarahkan orang lain agar tunduk dan bersedia sepenuh hati untuk melakukan suatu hal yang diinginkan olehnya. Jadi tentu saja, belum tentu manajer itu adalah pemimpin, dan seorang leader bisa saja menjabat sebagai seorang manager bahkan mungkin lebih dari itu.

Seorang manager yang memiliki karakter sebagai seorang leader adalah seorang manager yang mampu untuk mengarahkan dan mengendalikan para karyawannya sehingga mereka bersedia untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya. Para karyawan akan bersedia untuk bekerja walau tanpa ada paksaan. Suatu perusahaan yang memiliki seorang manager berkarakter leader akan membuat kondisi di lingkungan kerja tersebut cenderung lebih nyaman.Seorang manager berkarakter leader akan memahami kondisi dan situasi para anak buahnya. Dia mampu untuk meraba dan menggerakan hati para karyawannya.

Suatu organisasi, entah itu organisasi bisnis ataupun bukan, diperlukan seseorang yang bukan hanya menjabat sebagai seorang manager, akan tetapi di dalam hatinya juga memiliki jiwa seorang pemimpin yang mampu untuk mengayomi, membina, dan mengarahkan orang-orang dibawahnya, dan bahkan mungkin pula di sekitarnya. Maka itu mulailah belajar untuk menjadi seorang leader, karena memiliki kemampuan sebagai leader akan lebih sulit jika dibanding dengan mememegang jabatan sebagai manager. Dengan demikian, jika sudah memahami bahwa manajer itu adalah pemimpin, maka organisasi dapat dipastikan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *