Membuat ebook dari konten blog

Sudah sekian lama saya mencari cara untuk merubah konten blog saya yang berjumlah ratusan menjadi berbentuk ebook. Jika saya masih punya back up sih gak masalah, tapi jika saya gak pernah bikin artikel di word? Alias saya langsung nulis di jendela posting artikel? wah sungguh sayang jika artikel-artikel saya itu tidak terdokumentasikan. Untung saya menemukan pemecahan masalah tersebut, dan bahkan lebih hebatnya lagi, saya berencana untuk menjual artikel-artikel karya saya ini dalam bentuk ebook.

Ini langkah-langkahnya, mudah-mudahan bermanfaat juga bagi anda:

1. Jika blog anda berplatform blogspot, masuk ke akun blogger anda. Jika wordpress, ya masuk ke akun wordpress dong hee.he..

2. pada blogger, masuk ke setting–others.

3. klik export blog. Export ini memungkinkan isi/konten blog anda menjadi file xml. Jangan lupa cari tahu dimana file ini disimpan di komputer anda.

4. Ini adalah langkah untuk membuat ebook. Buka blogbooker.com

5. Klik pdf di ujung kiri atas website tersebut.

6. Klik “telusuri” pada blogger xml export. Disini anda harus tahu letak penyimpanan file xml di komputer anda yang telah anda export sebelumnya

7. Isi alamat url blog anda pada kolom “blog url”

8. Klik “create pdf book” dan tunggu beberapa saat, anda akan menemukan isi artikel anda menjadi sebuah ebook.

9. Setelah proses selesai, akan muncul process completed. Klik “your blog in pdf” untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba. Jika anda berencana untuk menjualnya, maka anda harus merubah cover depan ebook anda tersebut, dan setelah melakukan pengeditan tentunya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *