TIPS UNTUK MEMBANTU PEMASARAN ANDA DAN DITERAPKAN SECARA KONSISTEN

Apakah Anda menemukan bahwa upaya pemasaran Anda serampangan dan di mana-mana? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Konsistensi adalah salah satu area di mana pengusaha sering mengalami kesulitan paling besar. Ini adalah area yang harus diperhatikan dengan cermat, karena untuk mengembangkan bisnis dan pendapatan Anda, Anda perlu secara konsisten terhubung dengan orang-orang yang sudah mencari apa yang Anda tawarkan. Berfokus hanya pada BEBERAPA strategi pemasaran utama dalam satu waktu dijamin akan memberi Anda hasil yang terbaik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten :


• Jadwalkan waktu untuk pemasaran SETIAP hari dan SETIAP minggu: Saya tahu ini terdengar sederhana tetapi jangan abaikan! Anda mungkin memiliki setidaknya satu janji temu berulang di kalender Anda setiap minggu, baik itu untuk bisnis atau kehidupan pribadi Anda. Anda menepati janji itu setiap minggu karena itu penting bagi Anda dan melihat manfaatnya. Anda harus memiliki pendekatan yang sama untuk pemasaran Anda. Anda tidak bisa membiarkannya kebetulan. Bahkan jika Anda hanya menghabiskan 30 menit sehari dengan fokus mengambil tindakan spesifik untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam keuntungan Anda.

• Lakukan pemasaran Anda PERTAMA: Bagaimana Anda memulai hari Anda? Apakah Anda memiliki kebiasaan memulai setiap hari dengan membaca email? Ide buruk. Itu menarik Anda langsung ke mode reaktif; melakukan apa yang orang lain perlu Anda lakukan dan ingin Anda lakukan. Tentu saja, pasti ada tempat untuk itu. Anda memang perlu menyisihkan waktu untuk menanggapi pesan yang Anda terima. Namun, Anda tidak harus MEMULAI hari Anda dalam mode itu. Pilih sebagai gantinya untuk memulai hari Anda dengan aktivitas pemasaran. Perbarui blog Anda. Tindak lanjut dengan calon klien. Tulis buletin email Anda. Perbarui profil media sosial Anda. Apa pun aktivitasnya, Anda memulai hari dengan fokus pada pertumbuhan. Anda akan mulai melihat hasil langsung dari upaya konsisten Anda.

• Kerjakan rencana Anda: Salah satu alasan banyak pengusaha kesulitan dengan pemasaran mereka adalah karena mereka mencoba melakukan terlalu banyak dan tidak tahu harus mulai dari mana terlebih dahulu. Ketika Anda mengikuti sebuah rencana, Anda akan menjaga diri Anda dari membuang-buang waktu dan uang untuk strategi yang tidak sesuai dengan Anda. Anda akan secara konsisten menikmati hasil yang lebih baik (yaitu: lebih banyak keuntungan!) karena Anda mengambil tindakan yang terfokus.

• Bertanggung jawab pada diri sendiri: Dibiarkan dengan perangkat kita sendiri, TIDAK ADA dari kita yang akan tetap fokus pada tujuan kita seperti yang kita inginkan. Kami terus-menerus dibanjiri dengan informasi, peluang, dan gangguan baru setiap hari. Dan sangat mudah untuk terkelupas pada diri kita sendiri. Jadi sangat penting bahwa Anda membuat sistem akuntabilitas untuk diri sendiri. Inilah yang membuat pelatihan pemasaran begitu kuat. Anda memiliki seorang mentor, yang telah berjalan dengan sepatu Anda, untuk membantu Anda menyusun strategi, berpegang teguh pada janji yang Anda buat, dan membantu Anda mengatasi alasan Anda dan menghilangkan di mana Anda berdiri dengan cara Anda sendiri. Berinvestasi pada pelatih yang tepat adalah investasi TERBAIK yang dapat Anda lakukan di DIRI SENDIRI. Ketika Anda muncul sepenuhnya dan melakukan pekerjaan, berinvestasi dalam pembinaan selalu, selalu membayar untuk dirinya sendiri! Tidak ada pengusaha yang harus tanpa pelatih atau mentor dan itu termasuk Anda.
Anda tidak perlu merombak seluruh operasi Anda untuk mengatur dan mulai memasarkan bisnis Anda secara konsisten. Dengan beberapa tweak sederhana dan usaha yang konsisten Anda AKAN mendapatkan hasil! Jadwalkan waktu untuk pemasaran setiap hari, mulai hari libur Anda dengan memasarkan bisnis Anda, kerjakan rencana Anda, dan ciptakan akuntabilitas untuk diri Anda sendiri. Dalam waktu singkat, Anda akan mulai melihat peningkatan visibilitas, klien, dan pendapatan!
Tips mana yang akan Anda terapkan terlebih dahulu? Demikianlah tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten.

PERKEMBANGAN DOKUMENTASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Tampilan icon aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Memasak merupakan salah satu hobi yang umumnya digandrungi oleh kaum hawa. Dahulu, resep masakan dicatat dalam buku atau kertas yang dilipat. Saking berharganya, buku resep masakan itu disimpan di tempat yang sangat istimewa. Bahkan seringkali resep masakan diwariskan dari generasi ke generasi, apalagi jika resep masakan tersebut adalah kumpulan resep masakan sedap dan sehat. Karena itu, tidak heran, perkembangan dokumentasi resep masakan sedap dan sehat pun berevolusi menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada.

Ketika era komputer sudah ada, buku resep masakan tidak lagi disimpan di kotak besi atau brankas. Resep memasak yang ada dan menjadi warisan turun temurun di digitalisasi dalam bentuk file komputer, dan tentu saja disimpan dalam komputer pribadi. Sajking berharganya, kadang resep masakan tersebut di back-up agar hasil back-up resep masakan dapat dipakai jika file resep memasak hilang.

Ketika Cloud Storage sudah mulai tercipta, resep masakan mulai disimpan di cloud storage. Penyimpanan di cloud storage memungkinkan pemilik resep masakan dapat membuka resep memasak miliknya kapan pun dan dimana pun. Penyimpanan di cloud storage pun dapat mengantisipasi kehilangan file memasak pada komputer yang rusak atau terkena virus dan harus di-install ulang.

Setelah era cloud storage, era android mulai berkembang. Dalam satu genggaman Handphone android, resep masakan dapat dilihat kapan pun dan dimana pun dengan sekali sentuh di layar android, karena sudah dibuat menjadi suatu aplikasi. Aplikasi Resep masakan kini sudah banyak dibuat. Ada banyak variasi atau jenis resep masakan, mulai dari aplikasi resep masakan eropa, resep masakan daerah, ataupun bahkan resep-resep kue. Salah satu yang menarik dalah aplikasi resep masakan berjudul Aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT. Resep masakan ini merupakan kumpulan resep masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Disajikan dengan tampilan yang mudah dibaca, disertai foto masakan tersebut, dan dengan penjelasan yang singkat danumn mudah di pahami. Berikut adalah contoh aplikasi resep masakan sedap dan sehat.

Aplikasi resep masakan sedap dan sehat belum terpasang di Google Walaupun tidak ada di Google Play, bagi pengguna HP OPPO, aplikasi resep memasak ini dapat di download di Oppo AppMarket.

Sementara itu, bagi pengguna Handphone Samsung, aplikasi Resep Masaksan Sedap dan Sehat ini dapat di download di Samsung Galaxy Store. Silahkan klik logo dari bawah ini untuk download aplikasi resep masakan pada handphone Samsung.

Bagi pengguna Handphone lain aplikasi resep masakan sedap dan sehat dapat di download melalui link di bawah ini.

Link download: Aplikasi Resep Masakan Sedap dan Sehat

Jangan khawatir, aplikasi ini sudah di cek dan terbukti bebas virus, dan dapat dipastikan berfungsi dengan baik di Handphone android mana pun. Aplikasi ini pun sangat ramah memori, sehingga tidak perlu memakan memori yang besar.

Disebut aplikasi resep masakan sedap dan sehat karena resep-resep yang ada di aplikasi ini memang berasal dari bahan-bahan yang menyedapkan dan menyehatkan. Silahkan download aplikasi resep masakan sedap dan sehat disini. Demikianlah perkembangan dokumentasi resep masakan sedap dan sehat yang mengikuti perkembangan teknologi hingga saat ini.

Cara Pasang Iklan Adsterra di WordPress

Hai Sobat Millenial, kali ini saya akan membahas tentang hal yang lain daripada yang lain dan saya rasa ini menarik bagi teman-teman yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui blog atau website yang anda punya dan saya mau menjelaskan tentang bagaimana cara cara mendapatkan penghasilan tambahan tersebut. Oke .. Kali ini saya mau review mengenai Cara Pasang Iklan Adsterra di WordPress.

Sebetulnya Adsterra ini cukup populer walaupun kurang banyak didengar dibandingkan dengan Google Adsense. Nah kebetulan saya ikut join di adsterra.com, jadi website saya ini saya daftarkan website tersebut dan saya mendapatkan penghasilan tambahan melalui iklan yang ada di website saya. Berikut adalah tutorial tentang Bagaimana cara pasang iklan adsterra di WordPress yang kita punya sehingga WordPress kita ini sudah langsung terpampang iklannya dengan catatan tentunya kita sudah mendaftar di adsterra.com terlebih dahulu. Oke untuk tutorialnya silahkan simak video ini.

Klik Disini untuk bergabung adsterra.com.

Adsterra.com merupakan broker iklan alternatif yang bisa anda gunakan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Dibandingkan dengan Adsense, yang saya rasakan cara pendaftarannya relatif mudah, dan persyaratannya pun tidak serumit dibandingkan dengan Google Adsense. Akan tetapi, dari sisi penghasilan memang agak sedikit berbeda sih, nilai Rupiahnya lebih kecil jika dibandingkan dengan Adsense. Tapi tak apa, ini lebih baik sebagai alternatif jika kita daftar Iklan di Google Adsense di Tolak terus.

Ada banyak pilihan cara mengiklankan dari Adsterra ini. Dan semua sudah diotomatisasi, sehingga kita tinggal download, dan pasang di widget html wordpress kita punya. Bentuk iklan bisa berupa banner, native banner, popunder, social bar, maupun direct link. Pilihan tergantung kepada mana yang anda suka, dan mana yang menurut anda akan mendatangkan banyak penghasilan dari pemasangan iklan di adsterra. Ingat..selalu perhatikan statistik anda untuk mengetahui efektifitas iklan yang anda tempel di website wordpress anda. Ok. Jika anda berminat, segera bergabung dengan klik tombol bergabung adsterra di bawah ini atau di samping kanan website ini.

banner

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.
Anda memiliki iklan. Anda menjalankannya. Dan kemudian apa yang Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda hanya duduk dan menunggu klien target Anda menelepon Anda? Atau Anda pergi keluar dan memastikan bahwa Anda tahu apakah kampanye pemasaran Anda memiliki hasil yang baik atau tidak?

Salah satu tugas penting yang perlu Anda lakukan saat menjalankan kampanye iklan adalah mengukur hasilnya. Ketika orang bertanya kepada Anda apa yang terjadi pada iklan Anda, apakah Anda siap menjawab bahwa Anda mendapatkan hasil yang bagus atau tidak sama sekali? Bahkan dengan respon yang buruk, Anda harus dapat mengukurnya sehingga Anda dapat membuat perubahan pada iklan Anda dan semoga penjualan juga akan meningkat.

Tugas pemasaran Anda tidak berhenti ketika Anda sudah mengirimkan kampanye pemasaran Anda. Padahal, pekerjaan baru saja dimulai. Anda harus mengukur keefektifan iklan Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus ditingkatkan atau bagaimana meningkatkannya lebih jauh.

Pertama, Anda perlu membedakan tingkat respons iklan Anda dengan hasilnya. Anda memiliki ‘tanggapan’ ketika pembaca target Anda bertindak atas panggilan Anda. Katakanlah, Anda ingin dia menelepon Anda atau mengunjungi situs web Anda. Jika prospek Anda melakukan salah satu dari hal itu, maka Anda memiliki ‘respons’.

Di sisi lain, ‘hasil’ Anda adalah ketika pembaca target Anda mengambil tindakan dan kemudian membeli dari Anda. Penjualan Anda adalah ‘hasil’ Anda.

Jadi sekarang Anda memutuskan setelah mengukur iklan cetak Anda yang diproduksi oleh perusahaan percetakan komersial profesional, bahwa tidak ada tanggapan sama sekali. Satu dari dua hal pasti telah terjadi. Entah iklan Anda tidak menarik minat karena dirancang dengan buruk dan konten ditulis dengan buruk; atau, kampanye pemasaran Anda tidak menjangkau audiens target yang tepat.

Langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab ‘tidak ada respons’. Anda dapat melakukannya dengan menguji iklan Anda lagi tetapi kali ini, Anda mungkin ingin mempostingnya di lokasi lain atau menempatkannya di situs web yang berbeda. Jika Anda mendapatkan respons positif maka Anda akan tahu bahwa itu pasti eksposur. Tetapi jika tidak membaik sama sekali, lebih baik Anda segera mengganti iklan Anda.

Sekarang sampai pada bagian yang sulit – Anda memiliki respons tetapi tidak ada hasil. Prospek Anda menghubungi Anda atau mengklik situs web Anda seperti yang Anda minta, tetapi tidak ada penjualan yang dilakukan. Satu-satunya kemungkinan untuk skenario ini adalah Anda tidak memiliki konten atau penawaran yang bagus untuk mendukung kampanye pemasaran Anda. Mengubah atau meningkatkan salinan atau desain Anda pasti akan mengubah hasil Anda.

Dan sekali lagi, pengujian adalah kuncinya. Jalankan iklan Anda yang baru dan lebih baik untuk menguji apakah akan mendapatkan hasil atau tidak. Jika lagi Anda mendapatkan tingkat respons atau hasil yang rendah, kembali ke papan gambar Anda dan lakukan semuanya lagi – ubah iklan, perbaiki, jalankan lagi.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama dan pasti akan dikenakan biaya. Tetapi memiliki iklan yang belum terbukti dapat membebani Anda lebih banyak terutama bila Anda tidak mendapatkan respons atau hasil yang Anda harapkan untuk bisnis Anda. Itulah sebabnya, penting sekali untuk anda ketahui, Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.

CARA MENGHITUNG JUMLAH KAPAL IKAN DENGAN MENGGUNAKAN POTENSI LESTARI SUMBER DAYA IKAN (MAXIMUM SUSTAINABLE YIELD)-Studi Kasus Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Sumatera Barat-

Artikel ini sudah diterbitkan di Jurnal Wave milik BPPT Volume 12 Nomor1. Artikel ini dapat di download CARA MENGHITUNG JUMLAH KAPAL IKAN DENGAN MENGGUNAKAN POTENSI LESTARI SUMBER DAYA IKAN (MAXIMUM SUSTAINABLE YIELD)-Studi Kasus Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Sumatera Barat-secara gratis.

Trend produksi ikan tahun 2016 di PPS Bungus yang terletak di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat meningkat dalam kurun waktu 2007-2015. Hasil tangkapan tertinggi adalah di tahun 2015 sebanyak 5.025,59 ton. Akan tetapi kecenderungan peningkatan produksi tangkapan ini tidak menyebabkan peningkatan pada nilai tangkapannya. Nilai produksi per ton justru memperlihatkan trend penurunan. Pada tahun 2015, nilai produksi ikan per ton adalah Rp. 60.118.000. Nilai produksi ini sangat kecil jika dibandingkan dengan nilai produksi pada tahun 2012 sebesar Rp. 89.645.000 per ton dengan hasil tangkapan sebanyak 4.155,9 ton.

Penurunan nilai produksi ini menunjukkan bahwa meskipun jumlah tangkapan meningkat namun mutu ikan yang dalam hal ini adalah ukuran ikan yang ditangkap justru semakin mengecil. Ini menandakan bahwa terdapat dugaan bahwa perairan Sumatera Barat tersebut telah terlalu banyak dieksploitasi sehingga menimbulkan kelangkaan sumber daya ikan tersebut. Untuk menghindari kelangkaan sumerdaya tersebut, maka perlu pengendalian jumlah kapal penangkap ikan. Untuk menentukan jumlah kapal ikan, langkah pertama adalah menentukan jumlah potensi lestari sumber daya ikan (Maximum Sustainable Yield).

Potensi lestari sumber daya ikan dihitung dengan menggunakan metode surplus produksi. Jumlah kapal ikan dihitung dengan metode optimasi dengan kendala asli adalah jumlah tangkapan yang diperbolehkan, dan kendala sasaran adalah jumlah tangkapan masing-masing tipe kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi overfishing di perairan Sumatera Barat sebanyak 2.011,27 ton dari jumlah yang seharusnya diperbolehkan yaitu 3.013,82 ton. Jumlah kapal ikan yang diperbolehkan adalah 31 unit kapal longline dan 146 unit kapal purse seine.

Download secara lengkap artikel CARA MENGHITUNG JUMLAH KAPAL IKAN DENGAN MENGGUNAKAN POTENSI LESTARI SUMBER DAYA IKAN (MAXIMUM SUSTAINABLE YIELD)-Studi Kasus Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Sumatera Barat-disini.

TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN

TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN

Pada tanggal 16 April 2022. SUPM Negeri Kotaagung resmi meluncurkan Mall Ikan di area Teaching Factory Program Keahlian Budidaya Perikanan. SUPM Negeri Kotaagung merupakan sekolah Vokasi setingkat SMK yang berlokasi di Kabupaten Tangamus Propinsi Lampung. Sekolah ini berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, tepatnya di bawah Bada Riset dan SUmberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan. Dengan demikian, Tanggamus kini sudah punya Mall ikan.

SUPM Negeri Kotaagung sengaja membuat mall ikan ini adalah bertujuan sebagai sarana untuk menjual ikan-ikan hasil budidaya yang dipraktekkan oleh para siswanya. Hal ini sejalan dengan tujuan Utama dari konsep belajar teaching factory, yaitu menghasilkan output produk hasil belajar yang dapat diserap oleh pasar atau masyarakat. Dan mall ikan merupakan terobosan baru dari konsep teaching factory yang dilakukan secara mandiri dengan keterlibatan DU/DI yang out of the box. Dimana DU/DI yang dimaksud bukan hanya menggandeng DU/DI bidang perikanan, namun juga termasuk Dunia usaha atau dunia Industri bidang Retail.

Memang jika dilandaskan pada pengertiannya, mall ikan ini adalah jauh dari konsep mall pada umumnya. Menurut (Urban Land Institute pada Shopping Centre Development Handbook, adalah Mall merupakan sekelompok kesatuan pusat perdagangan yang dibangun dan didirikan pada sebuah lokasi yang direncanakan, dikembangkan, dimulai dan diatur menjadi sebuah kesatuan operasi (operation unit), berhubungan dengan lokasi, ukuran tipe toko, dan area perbelanjaan dari unit tersebut). Itu artinya sebetulnya mall merupakan tempat yang terdiri dari berbagai pertokoan yang digabung dan ditempatkan menjadi satu suatu lokasi bangunan. Itu adalah teori mall yang sebenarnya, akan tetapi mari kita kesampingkan dulu sejenak mengenai perdebatan teori mall ini. Kita Kembali kepada hal yang Utama.

Dinamakan mall ikan karena di tempat ini terdapat berbagai macam produk perikanan yang dilakukan oleh unit-unit Produksi yang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa SUPM Negeri Kotaagung memiliki beberapa unit Produksi untuk mendukung proses pembelajaran teaching factory-nya. Jadi…yah…tidak salah juga jika menggunakan kata mall pada tempat memasarkan seluruh hasil produksinya dari tiap-tiap unit. Anggaplah unit-unit Produksi ini adalah toko-toko yang berbeda perusahaan.

Pada lahan seluas kurang lebih hingga 500 meter persegi, di mall ikan SUPM Negeri Kotaagung ini saat ini baru terbagi menjadi 4 area; yaitu area ikan hidup untuk konsumsi; area benih ikan, area ikan hias, hingga area rekreasi ikan berupa terapi ikan. Aneka produk perikanan di mall ikan ini adalah dijual secara hidup. Mulai dari ikan konsumsi seperti nila, ikan mas, dan lele; benih ikan, yaitu benih ikan nila, benih ikan gurami, benih ikan lele, hingga indukan ikan patin. Ikan-ikan untuk konsumsi dan benih-benih ikan tersaji pada bak-bak fiber yang tersusun rapi dengan harga yang telah tertera di tiap-tiap bak. Kini masyarakat penikmat ikan dapat membeli ikan konsumsi dengan harga yang tidak kalah bersain dengan harga pasar pada umumnya, ahkan mungkin lebih murah, dan bagi para pembudidaya, mereka dapat memperoleh benih ikan yang tidak kalah unggul serta berharga terjangkau.

Selain ikan konsumsi, di mall ikan ini dijual juga aneka ikan hias air tawar dengan harga yang terjangkau. Ikan hias-ikan hias ini di display pada akuarium yang tersusun rapi di sebelah kanan komplek mall ikan ini. Lebih dari 20 spesies ikan hias yang dijual disini, dengan harga yang bervariasi namun masih tetap terjangkau oleh para pencinta ikan hias.

Penempatan akuarium yang rapi dan bersih di mall ikan ini sangat memanjakan para pengunjung. Tepat ini dapat menjadi sarana rekreasi untuk masyarakat setempat dan juga menjadai sarana belajar untuk mengetahui nama-nama spesies ikan hias air tawar yang umum ada di masyarakat.

Berikut ini adalah cotoh-contoh ikan hias yang sangat menarik untuk dikoleksi, mulai dari ikan Oscar, ikan lemon, guppy, koi, komet, alligator, hingga arwana. Namun khusus alligator, ikan ini adalah ikan yang dilarang untuk diperjualbelikan. Ikan ini ada di Mall ikan adalah hanya untuk sebatas edukasi masyarakat mengenai spesies ikan hias yang dilarang.

Pada bagian akhir mall ikan ini, terdapat tempat rekreasi dan relaksasi bermedia ikan, yaitu terapi ikan. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati sensasi cubita-cubitan ikan-ikan kecil yang menggigit bagian kaki ataupun tangan para pengunjung. Para pengunjung tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk menikmati sensasi gigitan ikan terapi selama 10 hingga 15 menit. Ada banyak spesies ikan yang digunakan untuk terapi ikan, yaitu seperti ikan  Garra Ruffa dari Timur Tengah, Garra Teniata dari Thailand, hingga Garra borneensis dari Kalimnatan Indonesia. Akan tetapi khusus di mall ikan SUPM Kotaagung, ikan yang digunakan adalah ikan nilem atau Osteochilus vittatus.

Itulah …TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN yang merupakan terobosan baru konsep teaching factory yang memadukan antara bidang Teknis budidaya perikanan dengan bidang teknis operasional bisnis retail. Kedepannya dipastikan mall ikan ini akan memiliki varian-varian produk lainnya dari unit pengolahan hasil perikanan maupun dari unit penangkapan ikan laut. Mall ikan ini kini terbuka untuk umum dari jam 08 hingga 15.00, dan dilayani oleh para peserta didik sebagai ajang mereka untuk belajar berbisnis dan memasarkan produk perikanan. Mall ikan adalah salah satu bentuk terjemahan dari konsep merdeka belajar vokasi bidang perikanan yang dicanangkan oleh pemerintah Republik Indonesia yang merupakan kolaborasi nyata antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Klik disini untuk melihat video tampilan mall ikan Tanggamus.

Cara menentukan posisi kapal dengan baringan silang

Baringan silang adalah teknik menentukan posisi sejati kapal dengan cara membaring dua benda yang ada di sekeliling kapal. Perpotongan kedua garis baringan menunjukkan posisi kapal yang sebenarnya (posisi sejati kapal). Berikut adalah langkah-langkah dalam CARA MENENTUKAN POSISI KAPAL DENGAN BARINGAN SILANG.

Langkah pertama adalah buat garis haluan kapal di peta laut. garis haluan yang dibuat di peta laut ini merupakan haluan sejati kapal. Artinya, haluan pedoman kapal harus dirubah terlebih dahulu menjadi haluan sejati kapal, yaitu dengan memperhatikan variasi peta laut dan deviasi kompas pedoman.

Kemudian tentukan terlebih dahulu dua benda di darat yang terlihat jelas dari kapal dan tertera pada peta laut. Misalkan dua buah mercusuar yang terletak di tanjung, yaitu Mercusuar tanjung A dan Mercusuar tanjung B. Setelah dua benda tersebut dibaring dalam waktu yang hampir bersamaan, rubah baringan pedoman tersebut menjadi baringan sejati dengan menggunakan rumus :
Bs = Bp + (variasi + deviasi).

Setelah Baringan sejati ditentukan, buat garis baringan sejati tersebut di peta laut. Gunakan mawar pedoman pada peta laut sebagai penentu sudut baringan sejati tersebut. Perpotongan garis baringan sejati ini adalah posisi sejati kapal, sedangkan posisi awal kapal sebelum benda di baring, atau posisi kapal berdasarkan GPS disebut dengan posisi duga kapal. Dan perbedaan antara posisi duga kapal dengan posisi sejati kapal disebut dengan Salah duga.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan anda tonton video Penentuan POSISI KAPAL DENGAN BARINGAN SILANG pada channel Youtube Yusep Channel .

Yusep channel merupakan channel video bidang kelautan dan perikanan. Pada channel ini anda dapat melihat berbagai materi video yang terkait dengan bidang kelautan dan perikanan, termasuk di dalamnya ada video belajar bidang kelautan dan perikanan, tutorial mengajar bidang kelautan dan perikanan, dan termasuk juga mengenai teknik penangkapan ikan dan hobi memancing, serta Materi belajar SMK Program NKPI atau Nautika Kapal Penangkap Ikan

APLIKASI ANDROID aplikasi BELAJAR PROGRAM NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN SMK

Sebagai Akibat dari penyebaran COVID-19, maka kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah berubah total. Sudah lebih dari 2 tahun ini, proses pembelajaran dilakukan dengan cara pembelajaran daring, alias pembelajaran dalam jaringan. Ada beberapa sekolah yang menerapkan pembelajaran dengan kelas hybrid learning. Akibat kondisi pandemic COVID019 ini, maka para guru harus kreatif dan berinovasi dalam pemanfaatan teknologi Informasi agar materi pembelajaran dapat tersampaikan walau siswa berada di rumah. Salah satu inovasi yang terwujud dalam rangka pembelajaran dalam jaringan asinkronos adalah adanya APLIKASI ANDROID APLIKASI BELAJAR PROGRAM NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN SMK.

APLIKASI ANDROID APLIKASI BELAJAR PROGRAM NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN SMK ini adalah aplikasi yang dapat ditanam di handphone android siswa untuk membantu para siswa belajar materi-materi bidang Nautika Kapal Penangkap Ikan atau NKPI. Aplikasi ini tidak ada di Google Play, jadi harus download langsung aplikasinya. Untuk download aplikasi belajar NKPI, silahkan klik link download disini. Tampilan download di layar computer anda akan terlihat seperti ini. tapi jangan lihat judulnya ya..ini hanya contoh saja. judul aplikasinya adalah “BELAJAR NKPI”.

tampilan download aplikasi
tampilan download aplikasi

Silahkan anda klik download dan klik hasil downloadnya di handphone android anda. Jika ada peringatan dari Play protect, klik “TETAP INSTALL” saja, sebab aplikasi ini sudah aman dan bebas virus setelah di cek oleh Metadefender dan Virus Total.

Di dalam aplikasi ini terdapat video-video belajar mengenai materi-materi belajar NKPI sesuai dengan Kurikulum NKPI, walau saat ini pelajarannya belum lengkap, namun akan selalu ada peringatan mengenai update materi terbaru. Anda tinggal klik mata pelajaran yang diinginkan, dan akan muncul playlist video mengenai materi-materi di pelakjaran tersebut. Materi ini sudah disusun dan diurutkan sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan di silabus NKPI Kurikulum 2013 atau K13.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat Latihan soal untuk Ujian ANKAPIN-II dan ATKAPIN-II, dan akan langsung etrlihat skor akhirnya. Ini untuk mengukur kemampuan para siswa sebelum melaksanakan ujjian kepelautan perikanan alias ANKAPIN-II. Hanya saja pembahasan soal-soal ini anda harus beli bukunya. Namun harganya tidaklah mahal Rp. 100.000 untuk 6 buku pembahasan soal.

Diharapkan aplikasi ini dapat membantu para siswa dan para guru bidang Nautika Kapal Penangkap Ikan  (NKPI) untuk mempelajari materi-materi belajar Nautika Kapal Penangkap Ikan dan mempersiapkan strategi menghadapi ujian ANKAPIN-II.

Download aplikasi belajar NKPI

perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum 2022 smk NKPI

Di tahun 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nabiem Makarim resmi mengesahkan kurikulum pendidikan terbaru, yaitu Kurikulum Program SMK Pusat Keunggulan atau Kurikulum 2022 SMK. Namun demikian, penerapan Kurikulum Program SMK Pusat Keunggulan ini tidak serta merta menggantikan Kurikulum 2013 yang sedang digunakan oleh seluruh sekolah saat ini. Kurikulum ini diberlakukan secara bertahap di sekolah-sekolah tertentu yang telah ditetapkan sebagai pelopor pelaksana Kurikulum 2022 yang disebut dengan SMK Pusat Keunggulan. Lalu apakah perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2022 SMK NKPI atau Kurikulum Program SMK Pusat Keunggulan untuk peningkatan pendidikan Indonesia yang baru saja diluncurkan ini?

Perbedaan Kurikulum dapat dilihat dari kerangka dasar Kurikulum tersebut, yang berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 165/M/2021, kerangka dasar Kurikulum adalah terdiri dari…

Struktur Kurikulum,

Capaian Pembelajaran, dan

Prinsip pembelajaran dan assesmen.

Berikut adalah analisis perbedaan kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2022 SMK Pusat Keunggulan pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan  atau SMK khususnya untuk program nautika kapal Penangkap Ikan atau NKPI.

Perbedaan ini adalah dengan membandingkan antara struktur Kurikulum K13 dengan Struktur Kurikulum SMK Pusat Keunggulan Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan atau NKPI.

Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian mata pelajaran dan beban belajar selama masa Pendidikan. Struktur Kurikulum mengatur beban belajar setiap mata pelajaran dalam jam Pelajaran tahunan selama 3 tahun.

Struktur Kurikulum

Pada Struktur Kurikulum SMK Pusat Keunggulan atau Kurikulum 2022, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 2 kelompok Utama, yaitu kelompok Umum dan Kelompok Kejuruan, serta ditambah dengan Projek Penguatan profil pelajar Pancasila dan Budaya Kerja.

Bandingkan dengan struktur Kurikulum K13, dimana struktur mata pelajaran dibagi menjadi 3 kelompok yaitu, Muatan nasional, Muatan kewilayahan, dan Muatan Peminatan Kejuruan, yang dibagi lagi menjadi

Dasar Bidang Keahlian

Dasar Program Keahlian

Dan Kompetensi Keahlian..

Pada struktur Kurikulum 2022, Pendidikan agama dan budi pekerti diberikan di kelas X, XI  dan kelas XII Semester I sebanyak 3 jam per minggu dengan jumlah total jam pelajaran adalah 217 jam. Pada

Pendidikan Agama

Pada kurikulum K13, Pendidikan agama dan budi pekerti diberikan di kelas kelas X, XI  dan kelas XII setiap semester dengan total jam pelajaran adalah 318 jam pelajaran.

Dengan demikian jumlah jam pelajaran agama dan budi pekerti pada Kurikulum 2022 adalah lebih sedikit dibanding Kurikulum K13. Sama halnya seperti Pendidikan agama, jumlah jam pelajaran total selama Pendidikan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Sejarah, Pendidikan jasmani dan seni budaya pada Kurikulum 2022 adalah lebih sedikit dibandingkan dengan Kurikulum k13.

Bahkan, untuk seni budaya, jika pada Kurikulum K13 diberikan di semester 1 dan 2 kelas X, maka pada Kurikulum 2022 hanya diberikan di semester 1 kelas X dengan pilihan seni tertentu sesuai minatnya.

Matematika dan Bahasa Inggris

Mata pelajaran matematika dan Bahasa inggris di Kurikulum k13 dimasukkan ke dalam muatan nasional dengan jumlah jam pelajaran 4 jam per minggu dari semester 1 hingga 6. Sedangkan pada Kurikulum 2022 SMK Keunggulan, Matematika dan Bahasa inggris diberikan dari semester 1 hingga 5 dengan porsi jam pelajaran per minggu berbeda setiap semester. Selain itu, matematika dan Bahasa Inggris di Kurikulum 2022 SMK keunggulan dimasukkan dalam kelompok kejuruan, Itu artinya, matematika yang dipelajari dalam Kurikulum SMK Keunggulan ini disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing program keahlian. Misalkan pada program NKPI, maka matematika yang dipelajari untuk mendukung keterampilan kejuruannya adalah adalah vector, trigonometri, dan derajat sudut. Sedangkan teori peluang, tidak akan dipelajari di program keahlian nautika Kapal Penangkap Ikan. Hal ini berbeda dengan matematika di Kurikulum k13 yang mempelajari banyak cabang matematika. Demikian Bahasa Inggris

Mata pelajaran Kejuruan

Muatan peminatan kejuruan di Kurikulum K13 dibagi menjadi mata pelajaran-mata pelajaran tertentu dengan jumlah jam yang tertentu yang diatur secara nasional dan tercantum dalam struktur kurikulumnya. Pada Kurikulum 2022 SMK Program Keunggulan, hanya dicantumkan mata pelajaran kejuruan sebagai kelompok kejuruan. Ini artinya mata pelajaran kejuruan ini dapat dikembangkan atau ditentukan sendiri oleh satuan Pendidikan masing-masing sesuai dengan kebutuhan program keahlian dan kebutuhan dunia kerja.

Praktek Kerja lapangan (PKL)

Praktek kerja lapangan atau PKL tidak diakomodir pada Kurikulum k13, Sedangkan Pada struktur Kurikulum 2022 SMk Program Keunggulan, Praktek Kerja Lapangan merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan di kelas XII selama satu semester atau enam bulan sebagai wahana pembelajaran di dunia kerja untuk meningkatkan kompetensi keahlian dan dan memahami karakter dunia kerja yang nanti akan diterjuni oleh peserta didik.

Itulah beberapa perbedaan anatara Kurikulum k13 dengan Kurikulum SMk Pusat Keunggulan atau Kurikulum 2022 untuk SMK dilihat dari sruktur Kurikulum yang telah diluncurkan.

Ada bebebrapa perbedaan lainnya antara kedua kurikulum tersebut, misalnya adalah mata pelajaran pilihan,  dan Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja pada Kurikulum 2022 yang tidak ada di Kurikulum K13. Anda tentu dapat menelaah dan menemukan perbedaan-perbedaan lainnya pada perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2022 SMK NKPI atau Kurikulum SMK Pusat Keunggulan. Silahkan download Kurikulum k13 dan Kurikulum 2022 SMK melalui link yang ada disini. Dan simak video penjelasan perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum 2022 SMK disini.

KEGIATAN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PENANGKAPAN IKAN DI KAPAL LATIH PENANGKAPAN IKAN UNTUK MENCIPTAKAN PELAKU PERIKANAN YANG UNGGUL, MANDIRI, TERAMPIL, DAN BERKARAKTER GOTONG ROYONG

Tujuan pendidikan sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan Kementrian Kelautan dan Perikanan adalah sejalan dengan misi pemerintah Republik Indonesia saat ini, yaitu menciptakan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, terampil, dan berkarakter gotong royong. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka setiap institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memiliki sarana belajar praktek berupa kapal latih penangkapan ikan untuk Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) pada jenjang sekolah menengah, dan Teknik Penangkapan Ikan (TPI) pada jenjang Diploma III dan Diploma IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PENANGKAPAN IKAN DI KAPAL LATIH PENANGKAPAN IKAN UNTUK MENCIPTAKAN PELAKU PERIKANAN YANG UNGGUL, MANDIRI, TERAMPIL, DAN BERKARAKTER GOTONG ROYONG

Kapal latih digunakan sebagai sarana belajar praktek yang sesuai dengan kurikulum yang yang mengedepankan model pembelajaran Teaching Factory atau pembelajaran berbasis produksi, sehingga pada proses belajarnya, hanya 30% pembelajaran yang bersifat teori, sedangkan sisanya, yaitu 70% adalah pembelajaran yang bersifat praktikum. Praktikum di kapal latih penangkapan ikan dilakukan dalam upaya untuk memperoleh output peserta didik yang terampil dan bertanggung jawab dalam mengeksploitasi laut Indonesia.

Pada tanggal 5 Oktober 2021 hingga 14 Oktober 2021, dilaksanakan praktek layar penangkapan ikan oleh para Taruna Semester IV Program Studi Teknik Pennagkapan Ikan Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang yang berada di kampus Lampung. Praktek layar dilaksanakan di Kapal latih penangkapan ikan KN. Baronang milik SUPM Negeri Kotaagung-Lampung. Jumlah taruna praktek adalah 16 orang, sedangkan yang menjadi intruktur praktek di atas kapal adalah awak kapal latih yang berjumlah 5 orang ditambah dengan satu orang dosen pendamping.

Materi-materi yang diberikan pada praktek layar di kapal latih ini adalah materi-materi perkuliahan yang sudah ditetapkan dalam Kurikulum pembelajaran Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang, yaitu mata kuliah Perencanaan Pelayaran, Olah Gerak Kapal, Teknik Penangkapan Ikan, Permesinan Kapal, Navigasi Elektronik, dan Bahan dan Alat Tangkap Ikan. Selain mata kuliah – mata kuliah tersebut, pada awal keberangkatan berlayar, para taruna diberikan materi Safety Induction.

Safety Induction adalah kegiatan pertama yang melibatkan seluruh taruna yang berisi tentang bagaimana bekerja dengan aman di tempat kerja yang beresiko tinggi. Safety Induction terdiri dari rangkaian mengenai identifikasi bahaya di tempat kerja, prosedur darurat, aktivitas untuk mencegah cidera ketika bekerja, dan juga penjelasan menengenai aturan-aturan atau prosedur kerja yang berlaku di atas kapal. Safety Induction dilakukan untuk memastikan kesadaran keselamatan masing-masing serta keselamatan kapal secara keseluruhan sehingga dapat mencegah terjadinya cidera atau kecelakaan kerja atau bahaya kecelakaan kapal.

Perencanaan pelayaran adalah suatu ilmu untuk menentukan posisi dan arah Haluan kapal yang akan dikemudikan. Alur pelayaran dibuat di peta laut dengan memperhatikan tanda-tanda yang ada di peta laut untuk menghindari bahaya kecelakaan kapal. Pada praktek perencanaan pelayaran, para taruna diajarkan mengenai cara menggunakan peta laut, cara membuat garis haluan kapal, cara menentukan koordinat lokasi kapal, cara menentukan jarak antara 2 lokasi di peta laut, dan cara membuat rute pelayaran dari satu tempat ke tempat yang lain di peta laut.

Olah gerak kapal adalah kemampuan sebuah kapal untuk merubah kedudukannya dari satu tempat ke tempat lain. Pada praktek olah gerak kapal, para taruna akan belajar mengemudikan kapal penangkap ikan dengan cara mengaplikasikan haluan kapal yang dibuat di perencanaan pelayaran.

Sebagai calon pelaku kegiatan penangkapan ikan, para taruna program studi Teknik penangkapan ikan harus bisa menggunakan alat penangkapan ikan dengan terampil dan bertanggung jawab. Untuk itu, selama kegiatan berlayar di kapal latih penangkapan ikan, para taruna dilatih secara terus menerus mengenai cara mengoperasikan alat penangkapan ikan yang ada di atas kapal. 

Alat penangkapan ikan yang digunakan pada praktek layar di kapal latih penangkapan ikan KN.Baronang adalah adalah gill net. Gill net merupakan alat penangkapan ikan berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran mata jaring yang sama. Pada ujung lembaran jaring bagian atas diletakkan pelampung, dan pada ujung lembaran jaring bagian bawah diletakkan pemberat. Dengan adanya gaya apung dari pelampung dan gaya berat dari pemberat, maka jaring akan terbentang di dalam air. Bentangan ini berfungsi untuk menghadang arah gerak ikan sehingga ikan yang menabrak jaring akan terjerat, tersangkut, atau terbelit. Ikan-ikan yang diperoleh dikumpulkan unuk dijual atau dikonsumsi sendiri oleh para taruna. Penjualan ikan hasil tangkapan merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan praktek berlayar di kapal latih penangkapan ikan. Penjualan ikan hasil tangkapan adalah juga merupakan bagian akhir dari model belajar teaching factory di kapal penangkapan ikan, dimana hasil produksi penangkapan ikan berupa ikan tangkapan dikonversi menjadi uang.

Pada akhir kegiatan praktek berlayar, kapal disiram dan dicuci dengan bersih untuk menghilangkan kotoran-kotoran bangkai ikan. Kegiatan bersih kapal ini dilakukan untuk mengindari berkembangnya atau menyebarnya binatang-binatang pengganggu seperti tikus, kecoa atau hewan lainnya. Jika tidak dibersihkan, hewan-hewan tersebut akan bersarang di atas kapal yang akan mengganggu kenyamanan dan keamanan kapal pada operasi pelayaran penangkapan ikan berikutnya.