PENGUMUMAN KELULUSAN DAN PENEMPATAN PPPK KKP 2023

Visits: 0

Pengumuman kelulusan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah diumumkan pada Februari 2024 ini. Peserta yang lolos seleksi kompetensi akan ditempatkan di lokasi kerja sesuai denga

Cara cek hasil seleksi PPPK KKP 2023 melalui laman KKP adalah sebagai berikut:

  • Akses laman ropeg.kkp.go.id
  • Klik menu “Pengumuman”
  • Pilih pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK KKP 2023
  • Masukan NIK dan password yang telah terdaftar
  • Klik “Login”
  • Secara otomatis, pengumuman hasil seleksi kompetensi akan muncul.

Selamat kepada peserta yang lolos seleksi kompetensi PPPK KKP 2023.

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang ChatGPT

Visits: 0

ChatGPT adalah chatbot kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk menciptakan dialog percakapan mirip manusia. Model bahasa dapat menjawab pertanyaan dan menyusun berbagai konten tertulis, termasuk artikel, postingan media sosial, esai, kode, dan email. ChatGPT adalah bentuk AI generatif — alat yang memungkinkan pengguna memasukkan perintah untuk menerima gambar, teks, atau video mirip manusia yang dibuat oleh AI.

ChatGPT mirip dengan layanan obrolan otomatis yang ditemukan di situs web layanan pelanggan, karena orang dapat mengajukan pertanyaan atau meminta klarifikasi terhadap balasan ChatGPT. GPT adalah singkatan dari “Generative Pre-trained Transformer”, yang mengacu pada cara ChatGPT memproses permintaan dan memformulasikan respons. ChatGPT dilatih dengan pembelajaran penguatan melalui umpan balik manusia dan model penghargaan yang memberi peringkat pada respons terbaik. Masukan ini membantu melengkapi ChatGPT dengan pembelajaran mesin untuk meningkatkan respons di masa mendatang.

OpenAI — sebuah perusahaan riset kecerdasan buatan — menciptakan ChatGPT dan meluncurkan alat tersebut pada bulan November 2022. Perusahaan ini didirikan oleh sekelompok pengusaha dan peneliti termasuk Elon Musk dan Sam Altman pada tahun 2015. OpenAI didukung oleh beberapa investor, dengan Microsoft sebagai perusahaan risetnya. paling menonjol. OpenAI juga menciptakan Dall-E, generator AI text-to-art.

ChatGPT bekerja melalui Transformator Terlatih Generatifnya, yang menggunakan algoritme khusus untuk menemukan pola dalam urutan data. ChatGPT awalnya menggunakan model bahasa besar GPT-3, model pembelajaran mesin jaringan saraf, dan Transformator Pra-terlatih Generatif generasi ketiga. Transformator mengambil sejumlah besar data untuk merumuskan respons.

ChatGPT kini menggunakan model GPT-3.5 yang menyertakan proses penyesuaian algoritmanya. ChatGPT Plus menggunakan GPT-4, yang menawarkan waktu respons dan plugin internet lebih cepat. GPT-4 juga dapat menangani tugas yang lebih kompleks dibandingkan model sebelumnya, seperti mendeskripsikan foto, membuat keterangan untuk gambar, dan membuat respons yang lebih detail hingga 25.000 kata.

ChatGPT menggunakan pembelajaran mendalam, bagian dari pembelajaran mesin, untuk menghasilkan teks mirip manusia melalui jaringan saraf transformator. Transformator memprediksi teks — termasuk kata, kalimat, atau paragraf berikutnya — berdasarkan urutan umum data pelatihannya.

Pelatihan dimulai dengan data umum, lalu beralih ke data yang lebih disesuaikan untuk tugas tertentu. ChatGPT dilatih dengan teks online untuk mempelajari bahasa manusia, dan kemudian menggunakan transkrip untuk mempelajari dasar-dasar percakapan.

Pelatih manusia memberikan percakapan dan memberi peringkat pada tanggapannya. Model penghargaan ini membantu menentukan jawaban terbaik. Untuk terus melatih chatbot, pengguna dapat memberi suara positif atau negatif pada responsnya dengan mengeklik ikon suka atau tidak suka di samping jawaban. Pengguna juga dapat memberikan masukan tertulis tambahan untuk meningkatkan dan menyempurnakan dialog di masa mendatang.

Pengguna dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada ChatGPT, termasuk pertanyaan sederhana atau lebih kompleks, seperti, “Apa arti hidup?” atau “Tahun berapa New York menjadi negara bagian?” atau “Bagaimana aturan keselamatan kapal?“ChatGPT mahir dengan disiplin STEM dan dapat melakukan debug atau menulis kode. Tidak ada batasan jenis pertanyaan yang diajukan pada ChatGPT. Namun, ChatGPT menggunakan data hingga tahun 2021, sehingga tidak mengetahui kejadian dan data setelah tahun tersebut. Dan karena ini adalah chatbot percakapan, pengguna dapat meminta informasi lebih lanjut atau memintanya mencoba lagi saat membuat teks.

PENGUMUMAN CPNS 2024

Visits: 4

Menurut Laman Kementerian PAN RB, Pengumuman CPNS 2024 akan dibuka pada bulan Maret atau April 2024. Pada penerimaan CPNS 2024 kali ini, selain penerimaan CPNS, juga akan dilakukan penerimaan PPPK 2024. Berdasarkan laman tersebut, jumlah penerimaan adalah sebanyak 2.302. 543 orang, yang terdiri atas 429. 183 ASN Pusat, 6.207 sekolah kedinasan, dan 1.867.333 orang ASN Daerah.

Pada penerimaan ASN 2024 kali ini, lowongan untuk fresh graduate adalah sebanyak 690 orang. Fresh Graduate adalah lulusan perguruan tinggi, baik jenjang diploma maupun sarjana yang baru lulus dalam periode kurang dari 6 bulan sejak di wisuda dan resmi mendapatkan ijazah, serta belum memiliki pengalaman kerja. Fresh graduate ini akan mengisi ASN karena mereka memiliki talenta digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang sekarang berbasis teknologi informasi dan kecerdasan buatan dan artificial intelligence.

Direncanakan, rekrutmen ASN 2024 akan dbuka dalam tiga periode, yaitu sebagai berikut:

  1. Periode pertama dimulai pada minggu ketiga Maret 2024
  2. Periode kedua akan dimulai pada pekan kedua Juli 2024
  3. Periode ketiga pada pekan keempat Agustus 2024.

Untuk itu, masyarakat Indonesia yang berminat menjadi ASN harap bersiap sedia mempersiapkan persyaratan pendaftaran CPNS 2024 mulai dari sekarang. Syarat umum penerimaan CPNS 2024 dan Penerimaan PPPK 2024 adalah meliputi KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, Transkrip nilai, pas foto, dan dokumen-dokumen lain yang idrasa penting.

Demikian informasi mengenai pengumuman CPNS 2024. Pantau terus laman ini untuk selalu update tentang informasi penerimaan ASN dan penerimaan PPPK.

KPPS: Tugas dan Tanggung Jawab dalam Pemilu dan Pemilihan

Visits: 7

Pemilu dan Pemilihan adalah proses demokrasi yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh rakyat Indonesia. Dalam proses ini, rakyat berhak memilih wakil-wakilnya di legislatif dan eksekutif, bik di tingkat pusat maupun daerah. Pemilu dan Pemilihan juga merupakan sarana untuk mengawasi kinerja pemerintah dan menyampaikan aspirasi rakyat .

Untuk menjamin pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan yang lancar, jujur, dan adil, diperlukan penyelenggara yang profesional, independen, dan netral. Salah satu penyelenggara yang berperan penting dalam Pemilu dan Pemilihan adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) .

Apa itu KPPS?

KPPS adalah badan ad hoc yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu dan Pemilihan . KPPS terdiri dari tujuh anggota, yaitu satu ketua yang merangkap sebagai anggota dan enam anggota lainnya. Masing-masing anggota KPPS memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, seperti memberikan surat suara, menjaga keamanan TPS, mengawasi proses pemungutan suara, dan sebagainya. KPPS juga mendapatkan honor atau gaji sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh KPU. KPPS bertugas selama kurang lebih tiga bulan, mulai dari sebelum hari pemungutan suara hingga setelah penghitungan suara selesai. KPPS harus mengikuti kode etik dan bimbingan teknis yang diberikan oleh KPU.

Mengapa KPPS penting?

KPPS adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan. KPPS bertanggung jawab untuk melayani pemilih, mengamankan surat suara, menghitung suara, dan menetapkan hasil perolehan suara di TPS. KPPS juga harus menjamin hak-hak pemilih, seperti hak memilih, hak dipilih, hak mengawasi, dan hak mengajukan gugatan. KPPS harus bersikap netral, tidak memihak, dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik apapun. KPPS harus menjaga integritas, kredibilitas, dan transparansi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. KPPS harus bekerja sama dengan pemantau, saksi, dan pihak terkait lainnya untuk mengawal Pemilu dan Pemilihan.

Bagaimana cara menjadi anggota KPPS?

Untuk menjadi anggota KPPS, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia minimal 25 tahun
  3. Pendidikan minimal SLTA atau sederajat
  4. Tidak menjadi anggota partai politik atau terlibat dalam kegiatan politik
  5. Tidak pernah dihukum penjara karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih
  6. Tidak sedang menjalani sanksi administratif berupa pencabutan hak pilih
  7. Tidak sedang dinyatakan pailit oleh pengadilan
  8. Tidak sedang menjadi anggota TNI, Polri, atau ASN
  9. Tidak sedang menjadi anggota KPU, Bawaslu, atau DKPP
  10. Tidak sedang menjadi anggota PPK, PPS, atau PPLN
  11. Tidak sedang menjadi anggota tim kampanye pasangan calon
  12. Tidak sedang menjadi anggota organisasi terlarang atau teroris
  13. Tidak sedang menjadi anggota organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945
  14. Memiliki integritas, kemampuan, dan pengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan
  15. Bersedia mengikuti seleksi, pelatihan, dan penugasan yang ditetapkan oleh KPU

Jika Anda memenuhi syarat-syarat di atas, Anda dapat mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPPS melalui PPS di wilayah Anda. Anda akan mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara. Jika Anda lolos seleksi, Anda akan mengikuti pelatihan dan penugasan sebagai anggota KPPS.

Kesimpulan

KPPS adalah penyelenggara Pemilu dan Pemilihan yang bertugas di TPS. KPPS memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menjamin kelancaran, kejujuran, dan keadilan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. KPPS harus bersikap netral, profesional, dan independen dalam menjalankan tugasnya. KPPS harus mengikuti kode etik dan bimbingan teknis yang diberikan oleh KPU. KPPS harus bekerja sama dengan pemantau, saksi, dan pihak terkait lainnya untuk mengawal Pemilu dan Pemilihan. KPPS harus melayani pemilih dengan baik dan menghormati hak-hak pemilih. KPPS harus menjaga integritas, kredibilitas, dan transparansi dalam

PENGERTIAN, DAMPAK, DAN SEJARAH FOOD ESTATE DI INDONESIA

Visits: 12

Food estate adalah suatu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan mengembangkan lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan di suatu kawasan. Jenis tanaman yang ditanam di food estate bervariasi tergantung pada lokasi, kondisi lahan, dan kebutuhan pasar. Beberapa komoditi prioritas yang umum ditanam di food estate adalah Padi, Jagung, Kedelai, Ubi kayu, Ubi jalar, Kacang tanah, Buah-buahan, Sayur-sayuran, Sagu, Kelapa sawit, Tebu dan Ternak sapi atau ayam. Selain itu, ada juga beberapa tanaman lain yang ditanam di food estate, seperti cabai, bawang merah, gula, jeruk, dan kelapa.

Program food estate adalah program pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, dan peternakan di suatu kawasan. Indonesia sudah beberapa kali melakukan program food estate, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Program food estate era I: Pada tahun 1995, Presiden Soeharto mencanangkan Proyek Lahan Gambut (PLG) Sejuta Hektar di Kalimantan Tengah. proyek ini dinyatakan selesai pada tahun 1998 oleh Presiden BJ Habibie.

2. Program food estate era II: Pada tahun 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) di Papua.

3. Program food estate era III: Pada tahun 2020, Presiden Joko Widodo menginisiasi program food estate sebagai antisipasi terhadap ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid-19. Proyek ini ditargetkan untuk mengembangkan 1,4 juta hektar lahan gambut di Kalimantan Tengah dan 30 ribu hektar lahan di Sumatera Utara.

Konsep food estate sering digunakan oleh pemerintah atau lembaga yang bertugas dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan suatu negara atau wilayah. Tidak ada informasi pasti tentang siapa pencetus food estate di dunia. Namun, ada beberapa negara yang telah menerapkan konsep ini sebelum Indonesia, seperti Brasil, Thailand, dan Malaysia. Negara-negara ini mengembangkan food estate dengan berbagai model, seperti agroforestry, agroindustry, dan agrotourism.

Program food estate harus dikelola dengan hati-hati dan melibatkan partisipasi dari semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, petani, masyarakat lokal, dan organisasi lingkungan. Program food estate harus mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam mencapai tujuan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Hal ini karena food estate memiliki dampak lingkungan yang apabila tidak dikelola dengan baik justru akan merugikan negara itu sendiri. Ada beberapa dampak lingkungan yang berpotensi terjadi akibat program food estate, antara lain :

  1. Deforestasi. Konversi lahan hutan alam dan gambut menjadi lahan pertanian dapat menyebabkan hilangnya tutupan hutan, keanekaragaman hayati, dan fungsi ekosistem. Deforestasi juga dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca dan memperparah perubahan iklim.
  2. Kerusakan ekosistem. Pengembangan lahan pertanian yang luas dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, seperti siklus air, kesuburan tanah, dan polinasi. Penggunaan pupuk, pestisida, dan irigasi yang tidak tepat dapat menyebabkan pencemaran air, tanah, dan udara.
  3. Konflik tanah dan hak masyarakat adat. Pembukaan lahan pertanian di kawasan food estate dapat menimbulkan konflik dengan masyarakat lokal yang memiliki hak atas tanah dan sumber daya alam. Masyarakat adat juga dapat kehilangan mata pencaharian, budaya, dan identitas mereka akibat program food estate. Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian, dampak, dan sejarah food estate di Indonesia

Peluang Bisnis Pemanfaatan Laut : Nautical Tourism

Visits: 1

Nautical tourism, atau juga disebut water tourism, adalah jenis pariwisata yang menggabungkan kegiatan berlayar dan perahu dengan kegiatan liburan dan rekreasi. Kegiatan ini bisa berupa perjalanan dari pelabuhan ke pelabuhan dengan kapal pesiar, atau bergabung dengan acara yang berpusat pada perahu seperti regatta atau mendaratkan perahu kecil untuk makan siang atau rekreasi harian di tempat pendaratan perahu yang disiapkan khusus. Ini adalah bentuk pariwisata yang umumnya lebih populer di musim

Laut adalah salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, kekayaan budaya, dan keseruan petualangan. Ada banyak cara untuk menjelajahi laut, mulai dari yang santai hingga yang menantang. Salah satu cara yang semakin diminati adalah nautical tourism, yaitu pariwisata yang menggabungkan kegiatan berlayar dan perahu dengan kegiatan liburan dan rekreasi.

Nautical tourism memiliki berbagai jenis dan sub-sektor, tergantung pada lokasi, tujuan, dan aktivitas yang dilakukan. Beberapa contoh bisnis bidang nautical tourism adalah:

Cruise tourism, yaitu pariwisata yang menggunakan kapal pesiar sebagai sarana transportasi dan akomodasi, sekaligus menawarkan berbagai fasilitas dan hiburan di dalam kapal. Cruise tourism biasanya mengunjungi beberapa pelabuhan di berbagai negara atau wilayah, sehingga wisatawan bisa merasakan pengalaman budaya yang beragam. Cruise tourism juga cocok untuk keluarga, pasangan, atau kelompok yang ingin bersantai dan menikmati pelayanan mewah.

Sailing tourism, yaitu pariwisata yang menggunakan kapal layar sebagai sarana transportasi dan akomodasi, sekaligus menawarkan kesempatan untuk belajar dan berlatih berlayar. Sailing tourism biasanya mengunjungi beberapa pulau atau pantai yang indah dan eksotis, sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan kegiatan air lainnya seperti snorkeling, diving, atau fishing. Sailing tourism juga cocok untuk orang-orang yang suka tantangan, petualangan, dan kemerdekaan.

Yachting tourism, yaitu pariwisata yang menggunakan kapal pesiar mewah atau yacht sebagai sarana transportasi dan akomodasi, sekaligus menawarkan kemewahan dan privasi. Yachting tourism biasanya mengunjungi tempat-tempat yang eksklusif dan glamor, sehingga wisatawan bisa menikmati gaya hidup elit dan bergaul dengan orang-orang penting. Yachting tourism juga cocok untuk orang-orang yang memiliki selera tinggi, status sosial, dan anggaran besar.

Water sports tourism, yaitu pariwisata yang menggunakan berbagai jenis peralatan olahraga air sebagai sarana rekreasi dan olahraga, sekaligus menawarkan sensasi dan adrenalin. Water sports tourism biasanya dilakukan di laut, sungai, danau, atau kanal, sehingga wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seperti jet ski, windsurfing, kitesurfing, parasailing, kayaking, rafting, atau surfing. Water sports tourism juga cocok untuk orang-orang yang suka olahraga, hobi, dan kesenangan.

Nautical tourism memiliki banyak manfaat, baik bagi wisatawan maupun bagi tujuan wisata. Bagi wisatawan, nautical tourism bisa memberikan pengalaman yang berbeda, menyenangkan, dan bermakna. Bagi tujuan wisata, nautical tourism bisa meningkatkan perekonomian berbasis ekonomi biru, pelestarian, dan promosi. Namun, nautical tourism juga memiliki tantangan dan dampak, baik bagi wisatawan maupun bagi tujuan wisata. Bagi wisatawan, nautical tourism bisa menimbulkan risiko, biaya, dan ketergantungan. Bagi tujuan wisata, nautical tourism bisa menimbulkan polusi, kerusakan, dan konflik. Oleh karena itu, nautical tourism perlu dikelola dengan baik, agar bisa memberikan manfaat yang optimal dan mengurangi dampak yang negatif.

Nautical tourism adalah salah satu cara untuk menikmati pesona laut dengan berbagai cara. Dengan nautical tourism, wisatawan bisa menjelajahi laut dengan kapal pesiar, kapal layar, yacht, atau peralatan olahraga air, sekaligus menikmati kegiatan liburan dan rekreasi. Nautical tourism memiliki banyak manfaat, tantangan, dan dampak, baik bagi wisatawan maupun bagi tujuan wisata. Oleh karena itu, nautical tourism perlu dikelola dengan baik, agar bisa memberikan pengalaman yang menyen

Aksi Debat Cawapres Gibran: Marketing Politik Gagal atau Berhasil?

Visits: 8

Aksi debat cawapres Gibran Rakabuming Raka yang menampilkan berbagai gestur, mimik, dan pertanyaan menjebak kepada lawan-lawannya di debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024), menuai beragam reaksi dari publik. Ada yang menganggap aksi Gibran sebagai bentuk marketing politik yang cerdas, ada juga yang menilai aksi Gibran sebagai tindakan tidak sopan, provokatif, dan tidak profesional.

Marketing politik adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh para pelaku politik untuk mempengaruhi opini publik, membangun citra diri, dan meningkatkan elektabilitas. Marketing politik biasanya melibatkan penggunaan media massa, sosial media, iklan, kampanye, dan berbagai aktivitas lain yang bertujuan untuk menarik simpati dan dukungan dari masyarakat.

Salah satu bentuk marketing politik yang sering digunakan adalah gimik, yaitu aksi atau peristiwa yang sengaja dibuat atau dimanfaatkan untuk menarik perhatian, mengundang kontroversi, atau menciptakan sensasi. Gimik bisa berupa ucapan, perilaku, penampilan, atau hal-hal lain yang menonjol atau berbeda dari biasanya.

Aksi Gibran di debat cawapres bisa dikategorikan sebagai gimik, karena ia melakukan hal-hal yang tidak lazim dilakukan oleh seorang calon pemimpin negara. Beberapa contoh aksi gimik Gibran adalah:

  1. Melakukan gestur clingak-clinguk, menggeleng-gelengkan kepala, atau menunjuk-nunjuk jari saat mendengarkan jawaban lawan-lawannya, seolah-olah mencari jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya atau mengejek jawaban yang tidak sesuai.
  2. Menggunakan istilah-istilah asing yang jarang dipahami oleh masyarakat umum, seperti greenflation, carbon tax, atau green bond, tanpa menjelaskan maknanya atau relevansinya dengan konteks pertanyaan.
  3. Menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi, seperti berapa jumlah anak atau cucu lawan-lawannya, atau apakah mereka pernah bermain golf bersama, yang tidak ada hubungannya dengan tema debat.
  4. Menyebut nama-nama tokoh dunia, seperti Elon Musk, Bill Gates, atau Angela Merkel, tanpa menjelaskan kaitannya dengan isu yang dibahas atau posisi Indonesia dalam hubungan internasional.

Aksi gimik Gibran ini mendapat sorotan dari media asing, yang menilai sikap Gibran sebagai tidak sopan, provokatif, dan tidak menonjol dalam debat. Media asing juga menyoroti bahwa Gibran ingin terlihat pandai dengan menggunakan istilah-istilah asing, tetapi tidak menjelaskan maknanya atau relevansinya dengan isu yang dibahas.

Aksi gimik Gibran ini juga mendapat kritik dari berbagai pihak, termasuk dari Ketua KPU Hasyim Asy’ari, yang menilai aksi Gibran sebagai provokatif dan tidak sesuai dengan etika debat3. Selain itu, aksi gimik Gibran juga dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap lawan-lawannya, terutama Mahfud MD, yang merupakan mantan ketua Mahkamah Konstitusi dan ahli hukum terkemuka di Indonesia.

Namun, tidak semua orang menilai aksi gimik Gibran sebagai hal negatif. Ada juga yang menganggap aksi Gibran sebagai bentuk marketing politik yang cerdas, yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, mengundang kontroversi, dan menciptakan sensasi. Aksi Gibran juga dianggap sebagai strategi untuk menunjukkan karakter Gibran yang berbeda dari lawan-lawannya, yaitu lebih muda, dinamis, kreatif, dan humoris5.

Selain itu, aksi gimik Gibran juga mendapat dukungan dari tim pemenangan Prabowo-Gibran, yang menilai aksi Gibran sebagai bentuk kritik yang tajam, cerdas, dan berani terhadap lawan-lawannya. Tim pemenangan Prabowo-Gibran juga menilai aksi Gibran sebagai bentuk pembelaan terhadap Prabowo, yang sering diserang oleh lawan-lawannya.

Lalu, apakah aksi gimik Gibran ini berhasil atau gagal sebagai bentuk marketing politik? Jawabannya tergantung pada bagaimana publik menanggapi aksi Gibran tersebut. Jika publik menganggap aksi Gibran sebagai hal yang positif, yang menunjukkan kepribadian dan kemampuan Gibran sebagai calon pemimpin negara, maka aksi Gibran bisa dikatakan berhasil. Tetapi, jika publik menganggap aksi Gibran sebagai hal yang negatif, yang menunjukkan ketidakseriusan dan ketidakprofesionalan Gibran sebagai calon pemimpin negara, maka aksi Gibran bisa dikatakan gagal.

Untuk mengetahui apakah aksi gimik Gibran berhasil atau gagal, kita perlu melihat hasil survei atau polling yang mengukur elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran sebelum dan sesudah debat cawapres. Jika elektabilitas Prabowo-Gibran meningkat setelah debat cawapres, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran berhasil. Tetapi, jika elektabilitas Prabowo-Gibran menurun atau stagnan setelah debat cawapres, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran gagal.

Selain itu, kita juga perlu melihat dampak aksi gimik Gibran terhadap hubungan antara Prabowo-Gibran dengan lawan-lawannya, terutama dengan Ganjar-Mahfud, yang merupakan rival terkuat mereka dalam Pilpres 2024. Jika aksi gimik Gibran memicu konflik atau permusuhan antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran gagal. Tetapi, jika aksi gimik Gibran tidak mempengaruhi hubungan antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud, atau bahkan mempererat hubungan mereka, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran berhasil.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aksi debat cawapres Gibran merupakan suatu bentuk marketing politik yang memiliki risiko dan peluang. Aksi Gibran bisa berhasil atau gagal tergantung pada bagaimana publik dan lawan-lawannya menanggapi aksi tersebut. Oleh karena itu, aksi Gibran perlu dievaluasi secara objektif dan kritis, agar tidak menjadi bumerang bagi Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

PENGERTIAN GREEN INFLATION

Visits: 30

Green inflation adalah fenomena kenaikan harga barang dan jasa akibat dari kebijakan lingkungan yang bertujuan untuk mendorong transisi ke energi hijau. Green inflation terjadi karena adanya perubahan permintaan dan penawaran di pasar energi, material, dan produk lainnya yang terkait dengan upaya pelestarian lingkungan.

Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat Anda sertakan dalam artikel Anda:

  • Green inflation berbeda dengan inflasi biasa, yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi, kebijakan moneter, atau faktor eksternal seperti bencana alam atau konflik politik. Green inflation bersifat struktural dan jangka panjang, karena mencerminkan pergeseran paradigma dalam penggunaan sumber daya alam.
  • Green inflation dapat berdampak positif maupun negatif bagi perekonomian dan masyarakat. Di satu sisi, green inflation dapat mendorong inovasi, efisiensi, dan diversifikasi sektor energi, yang dapat meningkatkan produktivitas, daya saing, dan kesejahteraan. Di sisi lain, green inflation dapat menimbulkan beban bagi konsumen, produsen, dan pemerintah, yang harus menyesuaikan diri dengan kenaikan biaya produksi, distribusi, dan konsumsi.
  • Green inflation juga dapat mempengaruhi stabilitas harga dan inflasi secara keseluruhan. Jika kenaikan harga akibat green inflation tidak diimbangi oleh peningkatan pendapatan atau penurunan harga barang dan jasa lainnya, maka dapat menimbulkan tekanan inflasi yang lebih tinggi. Hal ini dapat mengganggu ekspektasi inflasi, kepercayaan konsumen, dan kebijakan moneter.
  • Green inflation merupakan tantangan sekaligus peluang bagi negara-negara di dunia, terutama negara-negara berkembang yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap energi fosil dan rentan terhadap perubahan iklim. Untuk mengatasi green inflation, diperlukan kerjasama internasional, koordinasi kebijakan, dan dukungan finansial, teknis, dan kapasitas. Selain itu, diperlukan juga strategi adaptasi dan mitigasi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing negara.

Berita Baik Bagi Pengusaha Tuna, Tarif Ekspor Tuna Ke Jepang diturunkan menjadi 0%

Visits: 3

Kementerian Kelautan dan Perikanan (MPF) berhasil menurunkan tarif ekspor empat produk olahan tuna ke Jepang hingga 0% dari yang awalnya sebesar 9,6%. Tarif pajak ekspor nol persen tersebut berlaku untuk ikan tuna kalengan, cakalang kaleng, dua jalur tarif katsuobushi dengan kode HS 1604.14-091 dan ikan tuna lainnya dengan kode HS 1604.14-099. Menurut Wikipedia, Katsuobushi (鰹節) adalah makanan awetan berbahan baku ikan cakalang (katsuo). Katsuobushi diserut menjadi seperti serutan kayu untuk diambil kaldunya yang merupakan bahan dasar masakan Jepang, ditaburkan di atas makanan sebagai penyedap rasa, atau dimakan begitu saja sebagai teman makan nasi.

Sementara itu, HS Code adalah sistem klasifikasi barang perdagangan dunia untuk mempermudah menetapkan tarif, mencatat transaksi perdagangan, mengontrol transportasi, dan melaporkan data statistik perdagangan. Saat ini HS Code menjadi dasar pengklasifikasian produk ekspor-impor di Indonesia dan diterjemahkan ke dalam Buku Tarif Bea Masuk Indonesia (BTBMI) yang menjelaskan tarif per produk. HS Code ini sudah disusun sejak 1986 oleh sebuah kelompok studi dari World Customs Organisation yang disahkan pada suatu konvensi yang disepakati oleh 70 negara yang sebagian besar dari Eropa. Tetapi, sekarang hampir semua negara turut andil meratifikasi, termasuk Indonesia yang mengesahkannya melalui Keppres No. 35 tahun 1993.

Dua pos tarif 0%, khususnya katsuobushi, akan diterapkan dengan persyaratan sertifikasi bahan baku cakalang dengan panjang minimal 30cm. Namun demikian perjanjian ini baru akan mulai berlaku paling cepat pada akhir tahun 2024, setelah ratifikasi Jepang dan Indonesia selesai. Ratifikasi adalah pengesahan perjanjian internasional menjadi suatu peraturan perundang-undangan di suatu negara. Ratifikasi merupakan tinakan resmi suatu negara untuk mengakui dan mengikatkan dirinya pada suatu perjanjian internasional atau peraturan internasional. Dengan kata lain, ratifikasi berarti pengakuan suatu negara dalam bentuk pengesahan terhadap perjanjian atau peraturan internasional sehingga dapat digunakan sebagai dasar hukum pelaksanaan perjanjian atau peraturan internasional tersebut di negara yang bersangkutan. Adanya kesepakatan mengenai tarif ekspor tuna sebesar 0% merupakan berkah bagi pengusaha tuna dan Negara Indonesia dalam upaya peningkatan produksi dan ekspor ikan tuna, karena tahun 2024 sudah dinyatakan sebagai tahun tuna. Persyaratan sertifikasi panjang bahan baku cakalang minimal 30 cm. Nantinya akan diberi sertifikat yang diberi nama Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI)  yang akan diintegrasikan dengan Japan Catch Documentation Scheme (JCDS).

Pasca kesepakatan, KKP juga akan memperkuat dan mengatur unit pengolahan ikan (UPI) yang akan memanfaatkan tarif 0% tersebut. Khusus untuk persyaratan cakalang minimal 30cm, penguatan dan pengaturan juga termasuk registrasi, penetapan standar operasional prosedur, pakta integritas dan penelusuran ikan, yatiu dimana penangkapan ikan dilakukan. Jepang merupakan salah satu negara tujuan ekspor utama produk ikan Indonesia dan mempunyai peluang bagus untuk terus mengekspor khususnya ikan tuna dan cakalang. Jepang merupakan importir tuna cakalang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, dengan nilai impor sebesar $2,2 miliar pada tahun 2022.

Indonesia sendiri merupakan salah satu pemasok tuna terbesar ke Jepang. Pada Januari-November 2023, ekspor produk ikan Indonesia ke Jepang sebesar 632,7 juta dolar. Nilai tersebut berasal dari udang 45%, tuna dan cakalang 25%, mutiara 8%, kepiting 5% serta cumi, sotong dan gurita 3%.Nilai ekspor keempat kode HS tuna olahan yang disepakati 0% adalah US$47,6 juta pada periode tersebut, atau 30% dari nilai ekspor bonito Indonesia ke Jepang.

GURU DAN DOSEN HARAP JANGAN LEWATKAN JADWAL DEBAT CAPRES 2024 TEMA PENDIDIKAN

Visits: 1

Sebelum pelaksanaan Pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 di Bulan Februari mendatang, Komisi Pemilihan Umum menggelar acara debat antar pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Debat pertama telah berlangsung pada tanggal 12 Desember 2023 yang lalu, sementara senat capres ketiga adalah pada tanggal 7 Januari 2024. Pada debat capres-cawapres tersebut, dibahas beragam tema yang berkaitan dengan pemilihan presiden dibagi dalam lima kali momen debat. Menurut laman KPU, debat pertama, ketiga, serta kelima dijadwalkan untuk para calon presiden, sedangkan debat kedua dan keempat adalah untuk cawapres.

Debat Keempat untuk Cawapres akan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Januari 2024 dengan tema pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, energi, sumber daya alam, pangan, agraria, dan masyarakat adat dan desa. Pada debat keempat ini cawapres Cak Imin, Gibran, dan Prof. Mahfud akan saling mengutarakan programnya selama waktu 120 menit.

Pada Debat Kelima, yang merupakan debat calon presiden, akan dilaksanakan pada hari Minggu 4 Februari 2024 dengan mengusung tema Pendidikan, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Kesejahteraan Sosial, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi. Bagi para pendidik, guru maupun dosen, ataupun civitas akademika lain, debat kelima ini jangan sampai dilewatkan karena ide-ide tentang pendidikan akan muncul diutarakan oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Untuk menonton debat capres 2024, dapat disaksikan melalu live streaming stasiun televisi nasional. Bagi anda yang diperjalanan, atau sedang di dalam mobil, agar tidak tertinggal debat capres seru 2024, gunakan aplikasi androidtv nonton debat capres 2024. Pada aplikasi android tv ini, hampir semua channel televisi ada disini, dan anda dapat berpindah stasiun secara cepat. Selain itu pada aplikasi tv android ini tersedia juga stasiun-stasiun tv luar yang menyajikan film, dan dokumenter, bahkan aplikasi android siaran langsung sepakbola juga disediakan di aplikasi androidtv ini.

Klik disini untuk download aplikasi tv di hp android all channel.

Jangan lewatkan debat capres cawapres 2024. Dengan nonton debat capres 2024, maka pemirsa akan dapat semakin yakin untuk memilih Paslon siapa yang layak menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI berikutnya.