Ratusan Ribu Honorer Berpotensi Batal Jadi ASN PPPK 2024: Proses Verifikasi dan Validasi Menentukan Nasib

Views: 0

Pada tahun 2024, rencana pengangkatan ratusan ribu tenaga honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengalami pengurangan drastis. Sebelumnya, tercatat sebanyak 2,3 juta tenaga non-ASN yang diharapkan melalui pengangkatan, namun kini hanya tersisa 1.788.851 orang.

Hal ini terjadi setelah pelaksanaan verifikasi dan validasi (verval) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Proses verval ini bertujuan memastikan kualifikasi dan kebutuhan formasi yang tepat untuk pengangkatan PPPK. BKN menggunakan enam kriteria, termasuk status honorarium, surat keputusan pengangkatan, masa kerja, usia, jabatan, tingkat pendidikan, serta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)1Hasil verval menunjukkan berbagai tingkat penyelesaian kriteria, yang akan menjadi dasar dalam penentuan kebijakan pengangkatan PPPK ke depannya.

Dengan berjalannya proses verval ini, pemerintah berharap dapat memastikan pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN PPPK berjalan lebih transparan dan sesuai kebutuhan aktual, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

Kenapa Pulau Jawa Rawan Gempa Bumi

Views: 1

Dilansir dari CNBC.com, gempa Bumi mengguncang Jawa Barat pada hari ini, Rabu (1/5/2024) pukul 10.06 WIB. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan M 4,2. Episenter terletak pada koordinat 7.2 LS dan 107.57 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km Tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada kedalaman 4 km. Dalam keterangan resminya, BMKG menyebut gempa bumi ini merupakan jenis dangkal akibat Sesar Garut Selatan. Hasil analisa ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Lebih lanjut, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan dirasakan di wilayah Majalaya, Ciwidey, Banjaran, Cibereum, Pangalengan, dan Garut dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Di Soreang Kab. Bandung, Pasirwangi, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Akan tetapi, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Lalu mengapa Jawa Barat sering terjadi gempa? apakah wilayah ini merupakan wilayah yang rawan gempa? berikut adalah penjelasan kenapa Pulau Jawa rawan gempa.

Pulau Jawa merupakan wilayah yang sering mengalami gempa bumi. Berikut adalah beberapa faktor yang menjelaskan mengapa Pulau Jawa rawan terhadap peristiwa gempa:

  1. Batas Pertemuan Lempeng: Indonesia berada di antara tiga pertemuan lempeng besar, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Pulau Jawa terletak pada batas lempeng yang terus bergerak. Di sebelah barat, batas lempeng dimulai dari Sumatera dan berlanjut ke selatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Maluku. Beberapa daerah di wilayah ini dekat dengan zona subduksi, di mana lempeng oseanik menunjam di bawah lempeng kontinenPertemuan dua lempeng ini merupakan kawasan yang aktif secara tektonik, sehingga Sumatera dan Jawa rawan terhadap peristiwa gempa tektonik.
  2. Struktur Sesar Aktif: Pulau Jawa memiliki banyak struktur sesar aktif. Pergerakan sesar aktif memicu terjadinya gempa tektonik atau gempa bumi karena aktivitas tektonik. Wilayah selatan Pulau Jawa, khususnya, kerap mengalami gempa karena berada dalam zona subduksi atau megathrust. Megathrust adalah zona tempat bertemunya lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Zona megathrust membentang dari ujung Sumatera hingga Bali dan Nusa Tenggara.
  3. Prisma Akresi: Beberapa gempa di wilayah Banten, selatan Jawa, terjadi di wilayah yang disebut prisma akresi. Prisma akresi merupakan wilayah yang rawan terjadi gempa karena berada di atas pusat-pusat gempa. Wilayah ini terdiri dari sesar-sesar naik yang mengangkat akibat proses penumbukan atau penunjaman. Pulau Nias di Sumatera Utara juga berada di kawasan sesar akresi.

Dengan pemahaman tentang faktor-faktor ini, kita dapat lebih menghargai mengapa Pulau Jawa sering mengalami gempa bumi. Semoga informasi ini bermanfaat! 

MACAM-MACAM PERILAKU IKAN MAKAN BERDASARKAN SUMBER MAKANANNYA

Views: 4

Pernah bertanya-tanya bagaimana ikan di laut dalam mencari makan di kegelapan yang gelap gulita? Ini adalah pertanyaan yang membingungkan para ahli biologi kelautan selama beberapa dekade. Laut dalam, hamparan air luas yang berada ribuan kaki di bawah permukaan, merupakan lingkungan yang penuh tantangan. Cuacanya dingin, tekanannya tinggi, dan mungkin yang paling menonjol adalah gelap. Namun, sejumlah besar spesies ikan tidak hanya bertahan hidup tetapi juga berkembang dalam kondisi ini. Jadi, bagaimana mereka melakukannya? Jawabannya sama beragamnya dengan ikan itu sendiri. Dari tarian anglerfish yang rumit hingga pengejaran ikan todak dengan kecepatan tinggi, setiap spesies telah mengembangkan perilaku makan yang unik dan menarik. Beberapa menggunakan bioluminesensi, yang lain menggunakan organ sensorik yang sangat sensitif, sementara yang lain masih berevolusi menjadi oportunis ulung. Tapi kami hanya menggores permukaannya saja. Selami bersama kami ke dalam dunia misterius perilaku memberi makan ikan. Berikut adalah macam-macam perilaku ikan makan berdasarkan sumber makanannya.

Pemangsa laut Dalam

Bayangkan menjadi predator di lingkungan yang jarak pandangnya hampir nol. Bagaimana cara Anda menemukan mangsa?” Selamat datang di dunia predator laut dalam, di mana normalnya adalah beradaptasi atau binasa. Mari menyelam ke kedalaman laut dan bertemu dengan beberapa pemburu luar biasa ini. Ambil contoh hiu. Hiu dilengkapi dengan adaptasi menakjubkan yang dikenal sebagai electroreception. Hal ini memungkinkan mereka mendeteksi medan listrik yang dihasilkan mangsanya. Bayangkan memiliki radar internal yang memperingatkan Anda setiap kali makanan Anda berada di dekat Anda. Itulah rasanya menjadi hiu. Ini adalah dunia di mana bahkan detak jantung yang paling lemah sekalipun tidak dapat luput dari perhatian.

Selain hiu, kita juga menemukan predator menarik lainnya, yaitu anglerfish. Makhluk ini telah membawa seni berburu ke tingkat yang baru. Anglerfish menggunakan bentuk bioluminesensi unik untuk memikat mangsanya. Ia memiliki tulang punggung khusus yang menonjol di atas mulutnya seperti alat pancing, dengan ujung umpan bercahaya. Di lautan gelap yang dalam, cahaya ini sangat menarik bagi makhluk lain. Bayangkan bisa menerangi makan malam Anda dengan lampu depan alami. Itulah realitas anglerfish.

Perilaku makan predator ini merupakan bukti kondisi ekstrim lingkungan mereka. Mereka telah berevolusi menjadi pemburu yang sangat efisien, menggunakan peralatan yang diberikan alam kepada mereka dengan cara yang luar biasa. Adaptasi mereka bukan hanya tentang kelangsungan hidup; mereka tentang berkembang di dunia di mana Anda tidak selalu bisa melihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Dari elektroresepsi hingga bioluminesensi, ikan predator telah mengembangkan berbagai strategi untuk menemukan dan menangkap mangsanya. Adaptasi ini tidak hanya memberi mereka keuntungan untuk bertahan hidup tetapi juga memungkinkan mereka untuk mendominasi wilayahnya masing-masing di laut dalam. Para pemburu laut dalam ini telah mengembangkan teknik menarik untuk memastikan mereka tidak pernah melewatkan waktu makan. Saat kami menggali lebih dalam misteri lautan, kami terus menemukan betapa inovatifnya alam dalam mengamankan makanan berikutnya.

Raksasa Samudera

Beberapa makhluk terbesar di lautan bukanlah pemburu, melainkan penyaring makanan.” Bayangkan menjadi ikan terbesar di lautan, namun Anda tidak bergantung pada makhluk besar lainnya, namun pada organisme yang berukuran hampir mikroskopis. Hal ini merupakan kenyataan yang dialami hiu paus dan hiu penjemur, yang telah berevolusi menjadi hewan penyaring (filter feeder) yang unggul.

Hiu paus, ikan terbesar di lautan, dapat tumbuh hingga dua belas meter panjangnya – kira-kira sama dengan panjang bus sekolah. Namun makhluk raksasa ini kebanyakan memakan plankton, organisme kecil yang hanyut di arus laut. Mereka berenang dengan mulut besar terbuka lebar, menyaring air untuk makanan mikroskopis mereka.

Sekarang mari kita alihkan perhatian kita pada hiu penjemur. Ini adalah spesies ikan terbesar kedua, panjangnya mencapai sepuluh meter. Hiu penjemur mempunyai strategi makan yang sama dengan hiu paus. Mereka juga membuka mulut saat berenang, menyaring air, dan mengonsumsi zooplankton, ikan kecil, dan cumi-cumi dalam jumlah besar.

Namun bagaimana cara kerja filter feeding ini? Baik hiu paus maupun hiu penjemur memiliki adaptasi unik: penyapu insang. Ini adalah struktur tipis seperti sisir di insangnya yang berfungsi seperti saringan. Saat hiu ini berenang dengan mulut terbuka, air mengalir masuk, dan penyapu insang menyaring partikel makanan. Air yang disaring kemudian keluar melalui insangnya, sementara makanannya ditelan. Yang menarik adalah banyaknya volume air yang dapat diproses oleh raksasa ini. Diperkirakan hiu penjemur dapat menyaring air sebesar kolam renang ukuran Olimpiade hanya dalam waktu satu jam. Itu banyak air untuk banyak makanan kecil!. Strategi pemberian makan ini memungkinkan raksasa ini berkembang biak di daerah yang kaya akan plankton, itulah sebabnya mereka sering terlihat di daerah pesisir selama mekarnya plankton. Meskipun ukurannya menakutkan, hiu paus dan hiu penjemur tidak menimbulkan ancaman bagi manusia. Mereka adalah makhluk yang bergerak lambat dan lembut, sepenuhnya fokus pada pencarian tanpa akhir untuk mendapatkan makanan mikroskopis berikutnya. Raksasa yang lembut ini, meskipun ukurannya besar, hidup di kehidupan laut terkecil.

Ikan Pemakan Bangkai

Pemakan bangkai punya reputasi buruk, tapi di laut, mereka sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan. Bayangkan dunia tanpa pengelolaan sampah. Bukan ide yang menyenangkan, bukan? Di laut, ikan pemakan bangkai memainkan peran ini, yaitu menjaga ekosistem laut tetap seimbang dan sehat.

Mari selami dunia menakjubkan makhluk air yang kurang dihargai ini, dimulai dengan hagfish. Hagfish, sering disebut sebagai ‘slime eel’, adalah penghuni laut dalam dengan pola makan yang tidak biasa. Mereka memakan sisa-sisa orang yang sudah meninggal, entah itu bangkai ikan paus yang tenggelam ke dasar laut atau sisa-sisa makanan predator. Mereka menggali ke dalam tubuh orang yang meninggal, memakan dari dalam ke luar. Ini bukan pekerjaan yang glamor, tapi ini pekerjaan yang penting. Dengan mengonsumsi sisa-sisa ini, hagfish membantu mendaur ulang nutrisi kembali ke ekosistem, berkontribusi terhadap keseimbangan kehidupan di bawah laut yang kompleks dan rumit.

Sekarang, mari kita beralih ke ikan lele, anggota kru pembersih laut terkemuka lainnya. Ikan yang hidup di dasar laut ini adalah pemakan bangkai omnivora, memakan beragam makanan yang mencakup alga, tumbuhan, serangga, dan hewan mati. Ikan lele menggunakan sungutnya, atau ‘kumisnya’, untuk mencari makanan di perairan keruh, sering kali mencari makan di malam hari. Mereka memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan ekosistem sungai dan danau dengan mengonsumsi tanaman berlebih dan menguraikan materi hewani. Penting untuk dicatat bahwa pemakan bangkai bukan sekadar ‘pembuang sampah’. Mereka adalah orang-orang yang mampu bertahan hidup, beradaptasi untuk berkembang di dunia yang sulit mendapatkan makanan. Perilaku makan mereka merupakan bukti kecerdikan alam dalam mengubah masalah – sampah – menjadi solusi – daur ulang makanan dan nutrisi. Jadi, lain kali Anda memikirkan tentang pemakan bangkai, jangan pikirkan faktor ‘menjijikkannya’, tapi pikirkan peran penting yang mereka mainkan di lautan kita. Pemakan bangkai, yang sering diabaikan, adalah pahlawan dunia kelautan tanpa tanda jasa.

Lautan adalah dunia yang penuh keajaiban, dengan penghuninya yang menunjukkan berbagai perilaku makan. Dari tarian ikan predator yang mematikan, hingga kebiasaan herbivora yang merumput dengan tenang, lautan adalah teater kelangsungan hidup, yang masing-masing bertindak sama menariknya dengan yang terakhir. Ini adalah dunia di mana raksasa seperti paus biru memakan krill kecil dalam jumlah banyak, menggunakan balin mereka sebagai filter dalam salah satu tontonan alam yang paling mengesankan untuk mencari makan.

Lalu ada pula pahlawan tanpa tanda jasa, para pemakan bangkai yang membersihkan dasar laut, mengubah sampah menjadi rezeki. Setiap makhluk, dan setiap perilaku, memainkan peran penting dalam keseimbangan ekosistem laut.

Semakin kita memahami perilaku-perilaku ini, semakin siap kita untuk melindungi dan melestarikan habitat-habitat ini. Ketika kita belajar lebih banyak tentang makhluk menakjubkan ini, rasa hormat dan tanggung jawab kita terhadap pelestarian habitat mereka akan semakin mendalam. Terima kasih telah menonton. tonton artikel tentang macam-macam perilaku ikan makan berdasarkan sumber makanannya versi video disini, silakan berlangganan dan bagikan kepada orang lain. Dan juga, tuliskan komentar Anda tentang tingkah laku ikan yang menakjubkan ini.

Cuti Lebaran 2024: Waktu untuk Bersantai dan Bersilaturahmi

Views: 0

Lebaran, juga dikenal sebagai Idul Fitri, adalah momen yang sangat dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah saat untuk merayakan akhir bulan Ramadan dan berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan teman-teman. Tahun 2024 akan menjadi tahun yang istimewa karena kita akan memiliki kesempatan untuk merayakan Lebaran dengan lebih lama berkat cuti bersama yang diberikan oleh pemerintah. Uang yang didapat bisa digunakan untuk modal bersilaturahmi.

Berikut adalah beberapa informasi tentang cuti Lebaran 2024:

  1. Tanggal Libur Nasional Idul Fitri 1445 H:
    • Rabu, 10 April 2024
    • Kamis, 11 April 2024
  2. Tanggal Cuti Bersama Lebaran 2024:
    • Senin, 8 April 2024
    • Selasa, 9 April 2024
    • Jumat, 12 April 2024
    • Senin, 15 April 2024

Dengan total 10 hari libur, kita memiliki kesempatan untuk bersantai, beribadah, dan bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman. Pastikan untuk merencanakan liburan Anda dengan baik dan nikmati momen berharga ini. Selamat Lebaran! 

Memahami Tingkah Laku Ikan. Jenis-jenis, dan hubungannya dengan Penangkapan Ikan

Views: 17

Tingkah laku ikan merupakan pergerakan ikan dan respon ikan terhadap keadaan yang ada pada lingkungannya, dapat dipengaruhi oleh adanya perubahan yang terjadi pada perairan dan kebiasaan ikan. Perilaku ikan adalah bidang yang menarik dan kompleks yang menyoroti kehidupan teman-teman akuatik kita. Baik Anda seorang pemancing, ahli biologi kelautan, atau sekadar ingin tahu tentang dunia bawah laut, memahami perilaku ikan sangatlah penting. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi berbagai aspek perilaku ikan, mulai dari pola makan hingga ritual pacaran, migrasi, dan banyak lagi.

Jenis Perilaku Ikan

Ikan menunjukkan beberapa jenis perilaku, masing-masing memiliki tujuan tertentu:

1. Perilaku Makan: Cara ikan menemukan, menangkap, dan mengonsumsi makanan bervariasi antar spesies. Beberapa ikan merupakan pengumpan visual, mengandalkan penglihatan, sementara yang lain menggunakan sentuhan (pengumpan taktil) atau penciuman (pengumpan penciuman) untuk mendeteksi mangsa1.

2. Perilaku Mencari Pasangan dan Kawin: Ikan menarik calon pasangannya melalui tampilan pacaran. Mereka berpasangan, terlibat dalam tarian yang rumit, dan memastikan reproduksi yang sukses. Memahami perilaku ini sangat penting untuk menjaga kesehatan populasi ikan.

3. Migrasi: Banyak spesies ikan melakukan perjalanan luar biasa melintasi jarak yang sangat jauh. Baik itu ikan salmon yang berenang ke hulu untuk bertelur atau spesies laut yang melintasi seluruh lautan, perilaku migrasi sangatlah menakjubkan.

4. Perilaku Teritorial: Ikan membangun dan mempertahankan wilayah. Interaksi agresif terjadi ketika batasan ditantang. Perilaku teritorial mempengaruhi penggunaan habitat dan alokasi sumber daya3.

5. Schooling and Shoaling: Ikan sering berenang bersama dalam kawanan atau berkelompok atau bergerombol. Perilaku sosial ini memberikan rasa aman, meningkatkan efisiensi pemberian makan, dan memfasilitasi komunikasi.

Konsekuensi Ekologis dari Variasi Tingkah Laku Ikan

Memahami perilaku ikan memiliki implikasi ekologis:

Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Individu: Ciri-ciri perilaku mempengaruhi kemampuan individu untuk menemukan makanan, menghindari predator, dan berkembang.

Keberhasilan Reproduksi: Perilaku mencari pasangan berdampak pada keberhasilan perkawinan dan kelangsungan hidup keturunan.

Pemanfaatan Habitat: Perilaku yang berbeda menyebabkan preferensi habitat yang beragam.

Pola Makan dan Pergeseran Niche: Perilaku makan membentuk pilihan makanan dan spesialisasi niche.

• Migrasi dan Penyebaran: Pola perilaku mempengaruhi dinamika populasi dan keragaman genetik.

Interaksi Spesies dan Fungsi Ekosistem: Perilaku ikan mempengaruhi dinamika komunitas dan stabilitas ekosistem.

Tantangan dan Implikasi Konservasi

Pengelolaan Perikanan: Mengakui perbedaan perilaku individu yang konsisten dapat memberikan masukan bagi praktik penangkapan ikan yang berkelanjutan. Hal ini mempengaruhi strategi penangkapan ikan rekreasi dan komersial.

• Pemeliharaan Pembenihan dan Peningkatan Stok: Memahami perilaku akan membantu keberhasilan upaya peningkatan stok.

Upaya Konservasi: Studi perilaku berkontribusi dalam melestarikan populasi ikan dan habitatnya.

Hubungan tingkah laku ikan dengan teknik penangkapan ikan komersial

Tingkah laku ikan dan teknik penangkapan ikan komersial memiliki hubungan yang erat dalam konteks keberlanjutan perikanan. Mari kita bahas lebih lanjut:

  1. Tingkah Laku Ikan:
  1. Tingkah laku ikan merujuk pada aktivitas dan perilaku yang diamati pada ikan. Ini mencakup berbagai aspek, seperti tidur, respon terhadap lingkungan, pola komunikasi, dan perilaku kelompok 1.
  2. Ikan memiliki kecenderungan bergerak, mencari makan, berlindung, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya berdasarkan naluri dan adaptasi mereka.
  3. Teknik Penangkapan Ikan Komersial:
  1. Penangkapan ikan komersial melibatkan penggunaan berbagai metode untuk menangkap ikan dalam jumlah besar secara efektif.
  2. Beberapa teknik penangkapan ikan komersial meliputi penggunaan jaring, tali pancing panjang, dan jebakan 2.
  3. Tujuan utama dari teknik ini adalah untuk memperoleh hasil tangkapan yang optimal dan memastikan keberlanjutan sumber daya ikan.
  4. Hubungan Antara Keduanya:
  1. Teknik penangkapan ikan harus mempertimbangkan tingkah laku ikan agar lebih efisien dan berkelanjutan. Contoh:
    • Jaring: Pemilihan ukuran jaring, kedalaman penangkapan, dan waktu penangkapan harus memperhitungkan perilaku migrasi ikan dan pola berenang mereka.
    • Tali Pancing Panjang: Pemilihan lokasi dan kedalaman pancing harus memperhatikan kebiasaan makan ikan dan zona aktivitas mereka.
    • Jebakan: Penempatan jebakan harus berdasarkan pada perilaku ikan yang cenderung masuk ke lubang atau tempat perlindungan.
  2. Keberlanjutan Perikanan:Dengan memahami tingkah laku ikan, para nelayan dapat mengoptimalkan teknik penangkapan sehingga mengurangi dampak negatif pada populasi ikan non-target dan habitat.
  3. Penggunaan peralatan khusus yang meminimalisasi penangkapan spesies yang tidak menjadi target juga merupakan bagian dari upaya menjaga keberlanjutan perikanan 2.

Tingkah laku ikan memiliki peran yang sangat penting dalam teknik penangkapan ikan komersial. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mempelajari tingkah laku ikan menjadi krusial:

  1. Efisiensi Penangkapan:
    • Memahami perilaku ikan membantu nelayan memilih teknik penangkapan yang lebih efisien.
    • Contoh: Jaring yang ditempatkan berdasarkan pola migrasi ikan akan meningkatkan hasil tangkapan.
  2. Selektivitas:
    • Pengetahuan tentang tingkah laku ikan memungkinkan pengembangan alat tangkap yang lebih selektif.
    • Alat tangkap yang selektif dapat mengurangi penangkapan spesies non-target dan meminimalkan dampak pada lingkungan.
  3. Keberlanjutan Sumber Daya Ikan:
    • Dengan memahami kebiasaan makan, migrasi, dan reproduksi ikan, kita dapat merancang teknik penangkapan yang berkelanjutan.
    • Ini membantu mencegah penurunan stok sumber daya ikan dan menjaga keseimbangan ekosistem.
  4. Kesejahteraan Ikan:
    • Pengetahuan tentang tingkah laku ikan memungkinkan kita menghindari metode penangkapan yang menyebabkan penderitaan berlebih pada ikan.
    • Ini berkontribusi pada kesejahteraan ikan dan etika dalam penangkapan.
  5. Manajemen Perikanan yang Efektif:
    • Data tentang tingkah laku ikan membantu dalam pengambilan keputusan manajemen perikanan.
    • Kebijakan yang didasarkan pada pemahaman tentang perilaku ikan lebih efektif dalam menjaga keberlanjutan sumber daya.

Jadi, mempelajari tingkah laku ikan adalah langkah penting untuk mencapai penangkapan ikan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Dan pemahaman tentang tingkah laku ikan sangat penting dalam merancang teknik penangkapan yang efisien dan berkelanjutan

Ingat, di bawah permukaan air terdapat dunia yang penuh dengan perilaku, adaptasi, dan strategi bertahan hidup yang rumit. Baik Anda seorang pemancing yang mencari tangkapan sempurna atau pengamat yang penasaran, mengapresiasi perilaku ikan akan memperkaya hubungan kita dengan alam.

PENGUMUMAN KELULUSAN DAN PENEMPATAN PPPK KKP 2023

Views: 1

Pengumuman kelulusan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah diumumkan pada Februari 2024 ini. Peserta yang lolos seleksi kompetensi akan ditempatkan di lokasi kerja sesuai denga

Cara cek hasil seleksi PPPK KKP 2023 melalui laman KKP adalah sebagai berikut:

  • Akses laman ropeg.kkp.go.id
  • Klik menu “Pengumuman”
  • Pilih pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK KKP 2023
  • Masukan NIK dan password yang telah terdaftar
  • Klik “Login”
  • Secara otomatis, pengumuman hasil seleksi kompetensi akan muncul.

Selamat kepada peserta yang lolos seleksi kompetensi PPPK KKP 2023.

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang ChatGPT

Views: 2

ChatGPT adalah chatbot kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk menciptakan dialog percakapan mirip manusia. Model bahasa dapat menjawab pertanyaan dan menyusun berbagai konten tertulis, termasuk artikel, postingan media sosial, esai, kode, dan email. ChatGPT adalah bentuk AI generatif — alat yang memungkinkan pengguna memasukkan perintah untuk menerima gambar, teks, atau video mirip manusia yang dibuat oleh AI.

ChatGPT mirip dengan layanan obrolan otomatis yang ditemukan di situs web layanan pelanggan, karena orang dapat mengajukan pertanyaan atau meminta klarifikasi terhadap balasan ChatGPT. GPT adalah singkatan dari “Generative Pre-trained Transformer”, yang mengacu pada cara ChatGPT memproses permintaan dan memformulasikan respons. ChatGPT dilatih dengan pembelajaran penguatan melalui umpan balik manusia dan model penghargaan yang memberi peringkat pada respons terbaik. Masukan ini membantu melengkapi ChatGPT dengan pembelajaran mesin untuk meningkatkan respons di masa mendatang.

OpenAI — sebuah perusahaan riset kecerdasan buatan — menciptakan ChatGPT dan meluncurkan alat tersebut pada bulan November 2022. Perusahaan ini didirikan oleh sekelompok pengusaha dan peneliti termasuk Elon Musk dan Sam Altman pada tahun 2015. OpenAI didukung oleh beberapa investor, dengan Microsoft sebagai perusahaan risetnya. paling menonjol. OpenAI juga menciptakan Dall-E, generator AI text-to-art.

ChatGPT bekerja melalui Transformator Terlatih Generatifnya, yang menggunakan algoritme khusus untuk menemukan pola dalam urutan data. ChatGPT awalnya menggunakan model bahasa besar GPT-3, model pembelajaran mesin jaringan saraf, dan Transformator Pra-terlatih Generatif generasi ketiga. Transformator mengambil sejumlah besar data untuk merumuskan respons.

ChatGPT kini menggunakan model GPT-3.5 yang menyertakan proses penyesuaian algoritmanya. ChatGPT Plus menggunakan GPT-4, yang menawarkan waktu respons dan plugin internet lebih cepat. GPT-4 juga dapat menangani tugas yang lebih kompleks dibandingkan model sebelumnya, seperti mendeskripsikan foto, membuat keterangan untuk gambar, dan membuat respons yang lebih detail hingga 25.000 kata.

ChatGPT menggunakan pembelajaran mendalam, bagian dari pembelajaran mesin, untuk menghasilkan teks mirip manusia melalui jaringan saraf transformator. Transformator memprediksi teks — termasuk kata, kalimat, atau paragraf berikutnya — berdasarkan urutan umum data pelatihannya.

Pelatihan dimulai dengan data umum, lalu beralih ke data yang lebih disesuaikan untuk tugas tertentu. ChatGPT dilatih dengan teks online untuk mempelajari bahasa manusia, dan kemudian menggunakan transkrip untuk mempelajari dasar-dasar percakapan.

Pelatih manusia memberikan percakapan dan memberi peringkat pada tanggapannya. Model penghargaan ini membantu menentukan jawaban terbaik. Untuk terus melatih chatbot, pengguna dapat memberi suara positif atau negatif pada responsnya dengan mengeklik ikon suka atau tidak suka di samping jawaban. Pengguna juga dapat memberikan masukan tertulis tambahan untuk meningkatkan dan menyempurnakan dialog di masa mendatang.

Pengguna dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada ChatGPT, termasuk pertanyaan sederhana atau lebih kompleks, seperti, “Apa arti hidup?” atau “Tahun berapa New York menjadi negara bagian?” atau “Bagaimana aturan keselamatan kapal?“ChatGPT mahir dengan disiplin STEM dan dapat melakukan debug atau menulis kode. Tidak ada batasan jenis pertanyaan yang diajukan pada ChatGPT. Namun, ChatGPT menggunakan data hingga tahun 2021, sehingga tidak mengetahui kejadian dan data setelah tahun tersebut. Dan karena ini adalah chatbot percakapan, pengguna dapat meminta informasi lebih lanjut atau memintanya mencoba lagi saat membuat teks.

PENGUMUMAN CPNS 2024

Views: 7

Menurut Laman Kementerian PAN RB, Pengumuman CPNS 2024 akan dibuka pada bulan Maret atau April 2024. Pada penerimaan CPNS 2024 kali ini, selain penerimaan CPNS, juga akan dilakukan penerimaan PPPK 2024. Berdasarkan laman tersebut, jumlah penerimaan adalah sebanyak 2.302. 543 orang, yang terdiri atas 429. 183 ASN Pusat, 6.207 sekolah kedinasan, dan 1.867.333 orang ASN Daerah.

Pada penerimaan ASN 2024 kali ini, lowongan untuk fresh graduate adalah sebanyak 690 orang. Fresh Graduate adalah lulusan perguruan tinggi, baik jenjang diploma maupun sarjana yang baru lulus dalam periode kurang dari 6 bulan sejak di wisuda dan resmi mendapatkan ijazah, serta belum memiliki pengalaman kerja. Fresh graduate ini akan mengisi ASN karena mereka memiliki talenta digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang sekarang berbasis teknologi informasi dan kecerdasan buatan dan artificial intelligence.

Direncanakan, rekrutmen ASN 2024 akan dbuka dalam tiga periode, yaitu sebagai berikut:

  1. Periode pertama dimulai pada minggu ketiga Maret 2024
  2. Periode kedua akan dimulai pada pekan kedua Juli 2024
  3. Periode ketiga pada pekan keempat Agustus 2024.

Untuk itu, masyarakat Indonesia yang berminat menjadi ASN harap bersiap sedia mempersiapkan persyaratan pendaftaran CPNS 2024 mulai dari sekarang. Syarat umum penerimaan CPNS 2024 dan Penerimaan PPPK 2024 adalah meliputi KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, Transkrip nilai, pas foto, dan dokumen-dokumen lain yang idrasa penting.

Demikian informasi mengenai pengumuman CPNS 2024. Pantau terus laman ini untuk selalu update tentang informasi penerimaan ASN dan penerimaan PPPK.

KPPS: Tugas dan Tanggung Jawab dalam Pemilu dan Pemilihan

Views: 7

Pemilu dan Pemilihan adalah proses demokrasi yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh rakyat Indonesia. Dalam proses ini, rakyat berhak memilih wakil-wakilnya di legislatif dan eksekutif, bik di tingkat pusat maupun daerah. Pemilu dan Pemilihan juga merupakan sarana untuk mengawasi kinerja pemerintah dan menyampaikan aspirasi rakyat .

Untuk menjamin pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan yang lancar, jujur, dan adil, diperlukan penyelenggara yang profesional, independen, dan netral. Salah satu penyelenggara yang berperan penting dalam Pemilu dan Pemilihan adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) .

Apa itu KPPS?

KPPS adalah badan ad hoc yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu dan Pemilihan . KPPS terdiri dari tujuh anggota, yaitu satu ketua yang merangkap sebagai anggota dan enam anggota lainnya. Masing-masing anggota KPPS memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, seperti memberikan surat suara, menjaga keamanan TPS, mengawasi proses pemungutan suara, dan sebagainya. KPPS juga mendapatkan honor atau gaji sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh KPU. KPPS bertugas selama kurang lebih tiga bulan, mulai dari sebelum hari pemungutan suara hingga setelah penghitungan suara selesai. KPPS harus mengikuti kode etik dan bimbingan teknis yang diberikan oleh KPU.

Mengapa KPPS penting?

KPPS adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan. KPPS bertanggung jawab untuk melayani pemilih, mengamankan surat suara, menghitung suara, dan menetapkan hasil perolehan suara di TPS. KPPS juga harus menjamin hak-hak pemilih, seperti hak memilih, hak dipilih, hak mengawasi, dan hak mengajukan gugatan. KPPS harus bersikap netral, tidak memihak, dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik apapun. KPPS harus menjaga integritas, kredibilitas, dan transparansi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. KPPS harus bekerja sama dengan pemantau, saksi, dan pihak terkait lainnya untuk mengawal Pemilu dan Pemilihan.

Bagaimana cara menjadi anggota KPPS?

Untuk menjadi anggota KPPS, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia minimal 25 tahun
  3. Pendidikan minimal SLTA atau sederajat
  4. Tidak menjadi anggota partai politik atau terlibat dalam kegiatan politik
  5. Tidak pernah dihukum penjara karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih
  6. Tidak sedang menjalani sanksi administratif berupa pencabutan hak pilih
  7. Tidak sedang dinyatakan pailit oleh pengadilan
  8. Tidak sedang menjadi anggota TNI, Polri, atau ASN
  9. Tidak sedang menjadi anggota KPU, Bawaslu, atau DKPP
  10. Tidak sedang menjadi anggota PPK, PPS, atau PPLN
  11. Tidak sedang menjadi anggota tim kampanye pasangan calon
  12. Tidak sedang menjadi anggota organisasi terlarang atau teroris
  13. Tidak sedang menjadi anggota organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945
  14. Memiliki integritas, kemampuan, dan pengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan
  15. Bersedia mengikuti seleksi, pelatihan, dan penugasan yang ditetapkan oleh KPU

Jika Anda memenuhi syarat-syarat di atas, Anda dapat mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPPS melalui PPS di wilayah Anda. Anda akan mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara. Jika Anda lolos seleksi, Anda akan mengikuti pelatihan dan penugasan sebagai anggota KPPS.

Kesimpulan

KPPS adalah penyelenggara Pemilu dan Pemilihan yang bertugas di TPS. KPPS memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menjamin kelancaran, kejujuran, dan keadilan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. KPPS harus bersikap netral, profesional, dan independen dalam menjalankan tugasnya. KPPS harus mengikuti kode etik dan bimbingan teknis yang diberikan oleh KPU. KPPS harus bekerja sama dengan pemantau, saksi, dan pihak terkait lainnya untuk mengawal Pemilu dan Pemilihan. KPPS harus melayani pemilih dengan baik dan menghormati hak-hak pemilih. KPPS harus menjaga integritas, kredibilitas, dan transparansi dalam

PENGERTIAN, DAMPAK, DAN SEJARAH FOOD ESTATE DI INDONESIA

Views: 24

Food estate adalah suatu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan mengembangkan lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan di suatu kawasan. Jenis tanaman yang ditanam di food estate bervariasi tergantung pada lokasi, kondisi lahan, dan kebutuhan pasar. Beberapa komoditi prioritas yang umum ditanam di food estate adalah Padi, Jagung, Kedelai, Ubi kayu, Ubi jalar, Kacang tanah, Buah-buahan, Sayur-sayuran, Sagu, Kelapa sawit, Tebu dan Ternak sapi atau ayam. Selain itu, ada juga beberapa tanaman lain yang ditanam di food estate, seperti cabai, bawang merah, gula, jeruk, dan kelapa.

Program food estate adalah program pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, dan peternakan di suatu kawasan. Indonesia sudah beberapa kali melakukan program food estate, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Program food estate era I: Pada tahun 1995, Presiden Soeharto mencanangkan Proyek Lahan Gambut (PLG) Sejuta Hektar di Kalimantan Tengah. proyek ini dinyatakan selesai pada tahun 1998 oleh Presiden BJ Habibie.

2. Program food estate era II: Pada tahun 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) di Papua.

3. Program food estate era III: Pada tahun 2020, Presiden Joko Widodo menginisiasi program food estate sebagai antisipasi terhadap ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid-19. Proyek ini ditargetkan untuk mengembangkan 1,4 juta hektar lahan gambut di Kalimantan Tengah dan 30 ribu hektar lahan di Sumatera Utara.

Konsep food estate sering digunakan oleh pemerintah atau lembaga yang bertugas dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan suatu negara atau wilayah. Tidak ada informasi pasti tentang siapa pencetus food estate di dunia. Namun, ada beberapa negara yang telah menerapkan konsep ini sebelum Indonesia, seperti Brasil, Thailand, dan Malaysia. Negara-negara ini mengembangkan food estate dengan berbagai model, seperti agroforestry, agroindustry, dan agrotourism.

Program food estate harus dikelola dengan hati-hati dan melibatkan partisipasi dari semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, petani, masyarakat lokal, dan organisasi lingkungan. Program food estate harus mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam mencapai tujuan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Hal ini karena food estate memiliki dampak lingkungan yang apabila tidak dikelola dengan baik justru akan merugikan negara itu sendiri. Ada beberapa dampak lingkungan yang berpotensi terjadi akibat program food estate, antara lain :

  1. Deforestasi. Konversi lahan hutan alam dan gambut menjadi lahan pertanian dapat menyebabkan hilangnya tutupan hutan, keanekaragaman hayati, dan fungsi ekosistem. Deforestasi juga dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca dan memperparah perubahan iklim.
  2. Kerusakan ekosistem. Pengembangan lahan pertanian yang luas dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, seperti siklus air, kesuburan tanah, dan polinasi. Penggunaan pupuk, pestisida, dan irigasi yang tidak tepat dapat menyebabkan pencemaran air, tanah, dan udara.
  3. Konflik tanah dan hak masyarakat adat. Pembukaan lahan pertanian di kawasan food estate dapat menimbulkan konflik dengan masyarakat lokal yang memiliki hak atas tanah dan sumber daya alam. Masyarakat adat juga dapat kehilangan mata pencaharian, budaya, dan identitas mereka akibat program food estate. Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian, dampak, dan sejarah food estate di Indonesia