MENGAJAR PASCA PANDEMI : Pengertian dan caranya

Mengajar pasca pandemi ? apa itu? Ok biar lebih jelas, sebaiknya kita harus terjemahkan kata per kata ya…

Mengajar berarti menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik. Menyampaikan pengetahuan secara formal bisa dilakukan oleh guru atau dosen, atau misal guru ngaji…

Pasca berarti sesudah, biasanya kata pasca ini adalah kata yang terikat dengan kata lain. Misalnya pasca panen berarti setelah panen atau setelah melakukan panen, pasca perang artinya setelah terjadinya perang.

Lalu bagaimana dengan pengertian pandemi? Pandemi sebetulnya merupakan dua gabungan kata yang diambil dari Bahasa asing, yaitu Pan dan Endemi. Pan yang berarti lintas negara atau benua, dan Endemi yaitu istilah untuk kejadian jumlah peningkatan suatu kasus penyakit secara besar, dan mendadak atau tiba-tiba di suatu wilayah. Secara sederhana pandemic bolehlah dikatakan penyakit yang menyebar secara besar-besaran dan mendadak ke banyak negara.

Dengan demikian mengajar pasca pandemi berarti menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik setelah keadaan suatu negara terserang penyakit yang berasal dari negara lain. Mengajar pasca pandemi, yang saat ini dikaitkan dengan pandemi COVID-19 sangatlah berbeda dengan mengajar dalam kondisi normal sebelum hebohnya penyebaran virus COVID-19.  Jika sebelum pandemi atau sebelum virus COVID-19 menyebar mengajar dilakukan dengan tatap muka di kelas seperti biasa. Akan tetapi pasca pandemi menyebar, dimana orang-orang harus menjaga jarak dan tidak boleh bersentuhan maka kelas-kelas dikosongkan. Pemerintah memberi arahan agar proses mengajar dilakukan secara jarak jauh. Ini berarti bahwa mengajar tidak ada tatap muka lagi secara langsung di kelas. Mengajar dilakukan ketika para peserta didik berada di rumah masing-masing atau di home stay masing-masing dan pengajarnya juga di rumah masing-masing. Ini dikenal dengan istilah belajar secara daring atau belajar secara online.

Lalu bagaimana caranya transfer ilmu secara jarak jauh? Tentu saja para pengajar memerlukan bantuan agar hal ini terwujud. Dan bantuan itu datangnya dari teknologi. Ya. jaringan internet dan teknologi informatika dengan berbagai aplikasinya merupakan sumber bantuan utama agar mengajar pasca pandemi ini dapat terlaksana dengan baik. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam rangka mengajar secara jarak jauh ini. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

  1. MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM

Aplikasi zoom adalah suatu aplikasi yang memungkinkan para pesertanya dapat bertatap muka walaupun dari jarak jauh. Ini merupakan pengembangan dari tatap muka secara konvensional di kelas diganti dengan tatap muka di depan komputer.

2. MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM

3. MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN YOUTUBE CHANNEL

Mengajar dengan cara ini tidak menampilkan tatap muka antara peserta didik dengan pengajar. Mengajar dengan menggunakan aplikasi google form biasanya merupakan cara mengajar berbasis penugasan. Secara sederhana, pengajar mengupload materi maupun penugasan ke Google classroom ini, dan peserta didik pun mengupload tugas-tugasnya di google classroom yang sama yang dibuat oleh pengajarnya.

Ini merupakan terobosan cara mengajar baru yang out of boxes. Intinya para pengajar membuat video mengenai materi belajarnya, tentunya disesuaikan dengan Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar yang akan dicapai peserta didik. Setelah video selesai dibuat, dan setelah melalui proses editing, video di upload ke channel youtube (boleh channel gurunya sendiri atau sekolah membuat channel khusus untuk mengajar), dan kemudian di share ke para siswanya. Mengajar dengan youtube channel memungkinkan peserta didik dapat lebih jelas dalam memahami suatu materi, dan dapat dilihat kapan saja dan dimana saja. Bahkan jika viral, bisa jadi video yang di upload dapat memberikan pendapatan sampingan untuk pengajar yang membuatnya. Menarik bukan? anda dapat melihat contoh video mengajar dengan klik daftar video yang tersedia di side bar video terbaru atau channel video pada website ini.

3 thoughts on “MENGAJAR PASCA PANDEMI : Pengertian dan caranya”

  1. maksudnya pada masa yang akan datang dunia online akan menguasai kehidupan manusia.

    selain itu oerlu tingkatkan lagi tahap kebersihan dan kesihatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *