Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.
Anda memiliki iklan. Anda menjalankannya. Dan kemudian apa yang Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda hanya duduk dan menunggu klien target Anda menelepon Anda? Atau Anda pergi keluar dan memastikan bahwa Anda tahu apakah kampanye pemasaran Anda memiliki hasil yang baik atau tidak?

Salah satu tugas penting yang perlu Anda lakukan saat menjalankan kampanye iklan adalah mengukur hasilnya. Ketika orang bertanya kepada Anda apa yang terjadi pada iklan Anda, apakah Anda siap menjawab bahwa Anda mendapatkan hasil yang bagus atau tidak sama sekali? Bahkan dengan respon yang buruk, Anda harus dapat mengukurnya sehingga Anda dapat membuat perubahan pada iklan Anda dan semoga penjualan juga akan meningkat.

Tugas pemasaran Anda tidak berhenti ketika Anda sudah mengirimkan kampanye pemasaran Anda. Padahal, pekerjaan baru saja dimulai. Anda harus mengukur keefektifan iklan Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus ditingkatkan atau bagaimana meningkatkannya lebih jauh.

Pertama, Anda perlu membedakan tingkat respons iklan Anda dengan hasilnya. Anda memiliki ‘tanggapan’ ketika pembaca target Anda bertindak atas panggilan Anda. Katakanlah, Anda ingin dia menelepon Anda atau mengunjungi situs web Anda. Jika prospek Anda melakukan salah satu dari hal itu, maka Anda memiliki ‘respons’.

Di sisi lain, ‘hasil’ Anda adalah ketika pembaca target Anda mengambil tindakan dan kemudian membeli dari Anda. Penjualan Anda adalah ‘hasil’ Anda.

Jadi sekarang Anda memutuskan setelah mengukur iklan cetak Anda yang diproduksi oleh perusahaan percetakan komersial profesional, bahwa tidak ada tanggapan sama sekali. Satu dari dua hal pasti telah terjadi. Entah iklan Anda tidak menarik minat karena dirancang dengan buruk dan konten ditulis dengan buruk; atau, kampanye pemasaran Anda tidak menjangkau audiens target yang tepat.

Langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab ‘tidak ada respons’. Anda dapat melakukannya dengan menguji iklan Anda lagi tetapi kali ini, Anda mungkin ingin mempostingnya di lokasi lain atau menempatkannya di situs web yang berbeda. Jika Anda mendapatkan respons positif maka Anda akan tahu bahwa itu pasti eksposur. Tetapi jika tidak membaik sama sekali, lebih baik Anda segera mengganti iklan Anda.

Sekarang sampai pada bagian yang sulit – Anda memiliki respons tetapi tidak ada hasil. Prospek Anda menghubungi Anda atau mengklik situs web Anda seperti yang Anda minta, tetapi tidak ada penjualan yang dilakukan. Satu-satunya kemungkinan untuk skenario ini adalah Anda tidak memiliki konten atau penawaran yang bagus untuk mendukung kampanye pemasaran Anda. Mengubah atau meningkatkan salinan atau desain Anda pasti akan mengubah hasil Anda.

Dan sekali lagi, pengujian adalah kuncinya. Jalankan iklan Anda yang baru dan lebih baik untuk menguji apakah akan mendapatkan hasil atau tidak. Jika lagi Anda mendapatkan tingkat respons atau hasil yang rendah, kembali ke papan gambar Anda dan lakukan semuanya lagi – ubah iklan, perbaiki, jalankan lagi.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama dan pasti akan dikenakan biaya. Tetapi memiliki iklan yang belum terbukti dapat membebani Anda lebih banyak terutama bila Anda tidak mendapatkan respons atau hasil yang Anda harapkan untuk bisnis Anda. Itulah sebabnya, penting sekali untuk anda ketahui, Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.