Menjadi Mahasiswa Bisnis Tidak Harus Pandai Menulis

Bisnis identik dengan penciptaan hal-hal kreatif dan inovatif yang dikonversi menjadi profit. Mahasiswa bisnis dituntut sejak awal untuk dapat menganalisa suatu permasalahan bisnis, mengoreksinya, dan membuat suatu kesempatan bisnis baru. Permasalahan yang dianalisa ini dituangkan dalam bentuk paper. Ini adalah inti penting yang akan dipelajari dan dilakukan oleh setiap siswa sekolah bisnis.

Mahasiswa tidak akan telepas dari tugas menulis. Tugas menulis ini akan selalu ada di setiap semester, walaupun tingkat kesulitannya mungkin berbeda-beda. Kadangkala, menulis ini merupakan tugas yang sangat ditakuti oleh mahasiswa. Malas untuk melakukan riset, atau tidak mampu untuk menuangkan ide dan kesimpulannya diatas kertas adalah factor yang paling banyak dijadikan alas an mahasiswa untuk tidak mau mengerjakan tugas ini. Padahal sebenarnya, inti dari tugas menulis ini sangat sederhana, yaitu adalah bagaimana agar apa yang siswa bayangkan bisa dituangkan dalam bentuk tulisan, dan orang lain mengerti apa yang mereka tulis.

Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam menulis ini sebenarnya sederhana sekali. Siswa tetap melakukan penelitian dan menuliskan garis besarnya. Untuk menuangkannya dalam bentuk paper, anda tinggal meminta bantuan kepada orang lain yang sudah biasa atau telatih dalam membuat research papers.

Meminta bantuan dalam penulisan research paper bukan soal kemalasan semata, tapi ini adalah suatu bentuk kecerdikan. Memang adalah lebih baik jika para siswa membuat sendiri paper atas penelitianya. Namun jika tidak mampu, atau tidak punya cukup waktu (karena tugas membuat paper lebih dari satu), meminta bantuan adalah suatu tindakan yang cerdik. Faktanya, banyak dari mahasiswa yang tadinya kelihatan tidak bisa apa-apa ternyata bisa lebih berhasil karena lebih pintar dan cerdik dalam berhubungan dengan orang lain dan lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Sedangkan yang pintar menulis namun lemah dalam riset justru malah jadi anak buahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *