Menyiasati E-Commerce Agar Bertahan Dalam Persaingan

Banyaknya jumlah toko retail online menjadikan bisnis ini adalah bisnis yang popular di abad ini, namun kepopuleran ini berarti persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Keberadaannya yang ada dimana-mana membuat para pemilik retail online beradu strategi bisnis agar mereka selalu mendapat tempat di hati para pelanggannya.

Kata orang-orang retail, kunci kesuksesan suatu usaha retail tidak terlepas dari Place, Promosi, Price, dan Service, dan ini akan semakin berjalan lebih baik jika diterapkan dengan pemilihan segmentation, targeting, dan Positioning yang tepat.

Menjaga kualitas pelayanan yang diberikan selama ini pada pelanggannya tidaklah cukup untuk melindungi konsumen agar tidak lari ke toko lain. Konsumen adalah orang yang mengeluarkan uang, dan uang adalah sesuatu hal yang sifatnya sensitive. Orang akan cenderung untuk melakukan penghematan atas uang yang dimilikinya, bahkan kalau perlu orang akan berusaha unuk memperoleh sesuatu tanpa menghasilkan uang.

 Atas dasar sifat manusia tehadap uang itulah, maka para pemilik toko harus berani mengambil resiko untuk pengembangan usahanya. antara lain dengan membuat kupon diskon belanja. Meskipun demikian, penetapan nilai diskon tetap membutuhkan perencanaan yang matang agar minimal tidak menimbulkan kerugian yang besar jika hasilnya tidak/belum sesuai yang diinginkan. Intinya, didalam dunia usaha akan selalu ada persaingan. Jika suatu bisnis ingin bertahan dan teru maju, maka ia harus dapat berevolusi mengikuti perkembangan jaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *