kelas hybrid learning

Merancang Kelas Hybrid Learning

Kelas Hybrid Learning atau dalam Bahasa Indonesia adalah kelas campuran merupakan terobosan baru dalam mengajar di era pandemi COVID-19. Hybrid learning merupakan gabungan antara belajar tatap muka dengan belajar di dalam jaringan. Pada masa COVID-19 ini, pemerintah mengatur bahwa setiap isi kelas harus terisi maksimal 50 persen dari jumlah seluruh peserta didik. Itu artinya jika jumlah siswa ada 30 orang, maka kelas hanya boleh diisi sebanyak 15 orang saja. Lalu bagaimana dengan sisanya yang 15 orang lagi? Maka mereka akan belajar secara online atau belajar di dalam jaringan.

Dengan hybrid learning, secara sederhana berarti bahwa jika ada 30 siswa, maka guru atau pendidik mengajar 15 orang secara tatap muka, dan 15 orang di dalam jaringan dengan memanfaatkan aplikasi seperti zoom, google meet, atau platform video konferensi lainnya secara sekaligus. Dengan demikian maka dibutuhkan bukan hanya papan tulis dan alat tulis saja dalam belajar dengan menggunakan kelas hybrid. Teknologi pun diperlukan untuk mendukung lancarnya proses belajar secara hybrid. Audio visual system, jaringan internet, hingga alat-alat bantu mengajar lainnya seperti pen tablet atau display touch screen adalah hal-hal yang harus diperhatikan dan disiapkan agar proses belajar model hybrid learning dapat terlaksana dengan lancar.

Selain itu, para guru atau dosen pun dituntut memiliki kemampuan tanbahan dalam proses belajar model hybrid learning ini. Mereka setidaknya harus mampu dalam mengoperasikan komputer, menggunakan aplikasi konferensi video, hingga aplikasi pengujian para peserta didiknya. Lalu bagaimana cara merancang kelas hybrid learning? apa saja yang dibutuhkan dalam merancang kelas seperti ini? Simak rancangan kelas hybrid di video kelas hybrid ini. Video ini memberikan bagaimana rancangan kelas hybrid, tentunya dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, selain itu dapat digambarkan pula bagaiamana nantinya proses belajar model hybrid learning tersebut berlangsung. google-site-verification: googlea7c70fd5c9cf88f2.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *