METODE MEMPERKENALKAN TOKO AGAR HEBAT SEPERTI MIXUE

Visits: 116

Di tahun baru 2023 ini bisnis retail dikagetkan dengan munculnya MIXUE. Apa itu MIXUE? MIXUE adalah kedai atau warung yang menjual es krim cone dan beragam minuman seperti es teh, atau es susu. MIXUE merupakan waralaba atau franchise dari China yang kehadirannya kini dapat dengan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau mall-mall di Indonesia. Kehadirannya dan berita jualannya membuat kita iri sekaligus penasaran, bagaimana MIXUE bisa berkembang ke seluruh Indonesia, bagaimana caranya MIXUE bisa terkenal? Itu adalah pertanyaan yang perlu kita gali karena kita pun berharap, bahwa sebagai pemilik toko kelontong, kita menginginkan toko kelontong kita menjadi terkenal seperti MIXUE.

OK, mungkin ekspektasinya terlalu tinggi ya, toko kecil kita ingin menjadi terkenal di seluruh dunia seperti MIXUE. Kita turunkan dulu lah ekspektasinya, tidak perlu se-terkenal MIXUE, namun setidaknya toko kelontong kita dikenal oleh orang banyak minimalnya di lingkungan terdekat toko kita. Kalaupun keluar wilayah, bolehlah diluar wilayah kabupaten tempat toko kita berada, dan saya kira target ini realistis, alias dapat dilakukan. Lalu bagaimanakah caranya? berikut ini saya sarankan beberapa metode untuk memperkenalkan toko kelontong kita agar hebat seperti mixue.

Hebat disini tentunya bukan hanya terkenal saja. Ingat, kita ini adalah pemilik toko kelontong. Kita ini adalah pemilik bisnis. Hebat berarti mendapatkan keuntungan penjualan yang maksimum dari transaksi jual beli di toko kita. Karena, meskipun toko kita memiliki desain interior toko yang indah dan barang berkualitas , namun jika tidak ada pengunjung, toko kita tidak akan berguna. Sama halnya jika kita adalah pebisnis online dan tidak ada orang yang mengunjungi situs kita, maka bisnis kita mungkin akan hancur. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka kita perlu mempromosikan toko kelontong kita. Tidak dapat disangkal bahwa promosi toko adalah tugas yang sedikit sulit untuk diselesaikan. Namun jika kita berhasil, banyak keuntungan menanti kita. Berikut adalah metode untuk memperkenalkan toko kelontong kita agar terkenal yang dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah.

Menggunakan Jaringan media sosial
Saat ini, ada banyak situs jejaring media sosial yang dapat membantu kita mengenalkan toko kelontong kita. Salah satu situs yang paling populer adalah Facebook. Situs web media sosial ini memiliki jutaan pengguna. kita dapat membuat akun di Facebook dan kemudian mulai menambahkan teman. Kita tahu, banyak bisnis online kecil menjadi bisnis besar karena bantuan Facebook dalam mengenalkan toko kita. Di Facebook, kita bisa bertemu ribuan pelanggan potensial. Twitter adalah situs jejaring sosial populer lainnya yang juga dapat membantu kita mempromosikan toko kelontong kita.

Posting di Situs Web Lain
Posting tamu adalah salah satu metode terbaik untuk meningkatkan keberhasilan mengenalkan toko kelontong kita, Kita bisa mulai memilih beberapa website yang relevan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghubungi pemilik atau administrator situs web untuk mengetahui apakah kita dapat menerbitkan suatu artikel di sana atau tidak. Setelah itu, kita perlu menulis artikel yang orisinal dan berkualitas tentang toko kelontong kita. Artikel ini memainkan peran penting dalam mengarahkan minat pembaca untuk setidaknya mengenal identitas toko kita. Setelah artikel dibuat, postingan disebar melalui berbagai media sosial seperti yang ada di poin satu tadi.

Email Marketing
Banyak orang menganggap pemasaran email adalah salah satu metode terbaik dalam mempromosikan bisnis. Tindakan ini dapat membawa kita untuk mendapatkan banyak keuntungan jika kita melakukannya dengan benar. namun harus diingat, tidak disarankan mengirim banyak email ke satu orang. Jika kita mengirim terlalu banyak email ke seseorang, maka kita akan dianggap sebagai spammer. Apa yang membuat email pemasaran hebat adalah bahwa kita diizinkan untuk membangun hubungan secara emosional dengan orang lain. Hubungan ini harus dijaga dengan baik. Ketika mereka mulai mengenal toko kita dan mulai mempercayai kita, ada peluang besar bahwa mereka akan membeli produk dan layanan di toko kita.

Memang benar ada banyak metode hebat lain yang dapat digunakan untuk mempromosikan toko kita. Namun ketiga metode tersebut diatas adalah metode yang saya kira paling murah dan mudah untuk membuat toko kita populer, walaupun tidak sepopuler MIXUE, tapi setidaknya orang-orang di lingkungan kita mengenal toko kita dengan baik, dan mulai berbelanja di toko kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.