Pengertian SWOT Analysis

Analisis SWOT adalah suatu alat pengamatan yang digunakan sebagai dasar analisa untuk pembuatan kebijakan atau keputusan suatu bisnis maupun organisasi. Analisa SWOT ini berfungsi untuk menentukan visi dan misi perusahaan, program kerja, penentuan tenaga kerja, dan sebagai alat untuk evaluasi perkembangan proses pelaksanaan kerja. Sebelum suatu perusahaan menentukan suatu kebijakan, maka perlu diketahui hal-hal yang dapat mendukung terlaksananya kebijakan tersebut. Hal-hal tersebut meliputi Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat, atau disingkat dengan SWOT.

Strength merupakan suatu hal yang ada pada dirinya yang berupa kelebihan yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh pihak lain atau kompetitor. Weakness adalah suatu kekurangan yang ada pada dirinya yang dapat menghambat kinerja suatu usaha. Opportunity adalah suatu kesempatan yang dimiliki oleh perusahaan untuk memperoleh keuntungan usaha. Threat merupakan tantangan dari luar dirinya yang sedapat mungkin harus dihilangkan agar visi dan misi perusahaan dapat terlaksana dengan baik.

Dalammelakukananalisa dan penentuan strategi SWOT, terdapat 5 Hal Yang Harus Diamati. 5 hal tersebut meliputi sumber daya manusia (Man), produk yang dimiliki (Material), metode pemasaran yang digunakan (Method), perlengkapan yang dimiliki (Machine), dan kondisi lingkungan perusahaan (Environment). Kelima hal ini disingkat 4M+1E.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *