PENYEBAB LAUT BERWARNA HIJAU

Visits: 18

Minggu ini, berita kelautan dan perikanan dihebohkan dengan perubahan warna laut menjadi hijau di perairan Thailand. Lalu apa penyebabnya laut tersebut berubah menjadi warna hijau?

Sebetulnya perubahan warna laut menjadi hijau adalah merupakan fenomena alam. Perubahan warna air laut tersebut disebabkan karena mekarnya alga atau blooming algae, sehingga di tempat tersebut menjadi kaya akan klorofil.

Secara teori, blooming alga merupakan berkah karena akan terdapat banyak ikan di wilayah tersebut. Namun jika terlalu berlebihan, hal itu juga tentu akan mengganggu sirkulasi oksigen yang menyebabkan hidup ikan justru terganggu.

fenomena laut berubah menjadi warna hijau bisa disebabkan karena pengaruh cuaca atau karena pengaruh arus yang membawa alga atau plankton dari satu tempat ke tempat lain.

Namun , dilansir dari detik.com. fenomena laut berwarna hijau di perairan Thailand adalah justru karena meledaknya jumlah plankton yang 10 kali lebih banyak dari jumlah normal. Plankton ini mengeluarkan racun yang dapat membahayakan lingkuna laut dan menutupi masuknya sinar matahari ke perairan. Dengan demikian, kehidupan ikan di perairan tersebut menjadi terancam. Lagi-lagi, menurut para ilmuwan setempat, penyebab meledaknya plankton ini adalah karena perubahan cuaca yang ekstrem dan

Leave a Reply

Your email address will not be published.