perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum 2022 smk NKPI

Di tahun 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nabiem Makarim resmi mengesahkan kurikulum pendidikan terbaru, yaitu Kurikulum Program SMK Pusat Keunggulan atau Kurikulum 2022 SMK. Namun demikian, penerapan Kurikulum Program SMK Pusat Keunggulan ini tidak serta merta menggantikan Kurikulum 2013 yang sedang digunakan oleh seluruh sekolah saat ini. Kurikulum ini diberlakukan secara bertahap di sekolah-sekolah tertentu yang telah ditetapkan sebagai pelopor pelaksana Kurikulum 2022 yang disebut dengan SMK Pusat Keunggulan. Lalu apakah perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2022 SMK NKPI atau Kurikulum Program SMK Pusat Keunggulan untuk peningkatan pendidikan Indonesia yang baru saja diluncurkan ini?

Perbedaan Kurikulum dapat dilihat dari kerangka dasar Kurikulum tersebut, yang berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 165/M/2021, kerangka dasar Kurikulum adalah terdiri dari…

Struktur Kurikulum,

Capaian Pembelajaran, dan

Prinsip pembelajaran dan assesmen.

Berikut adalah analisis perbedaan kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2022 SMK Pusat Keunggulan pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan  atau SMK khususnya untuk program nautika kapal Penangkap Ikan atau NKPI.

Perbedaan ini adalah dengan membandingkan antara struktur Kurikulum K13 dengan Struktur Kurikulum SMK Pusat Keunggulan Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan atau NKPI.

Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian mata pelajaran dan beban belajar selama masa Pendidikan. Struktur Kurikulum mengatur beban belajar setiap mata pelajaran dalam jam Pelajaran tahunan selama 3 tahun.

Struktur Kurikulum

Pada Struktur Kurikulum SMK Pusat Keunggulan atau Kurikulum 2022, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 2 kelompok Utama, yaitu kelompok Umum dan Kelompok Kejuruan, serta ditambah dengan Projek Penguatan profil pelajar Pancasila dan Budaya Kerja.

Bandingkan dengan struktur Kurikulum K13, dimana struktur mata pelajaran dibagi menjadi 3 kelompok yaitu, Muatan nasional, Muatan kewilayahan, dan Muatan Peminatan Kejuruan, yang dibagi lagi menjadi

Dasar Bidang Keahlian

Dasar Program Keahlian

Dan Kompetensi Keahlian..

Pada struktur Kurikulum 2022, Pendidikan agama dan budi pekerti diberikan di kelas X, XI  dan kelas XII Semester I sebanyak 3 jam per minggu dengan jumlah total jam pelajaran adalah 217 jam. Pada

Pendidikan Agama

Pada kurikulum K13, Pendidikan agama dan budi pekerti diberikan di kelas kelas X, XI  dan kelas XII setiap semester dengan total jam pelajaran adalah 318 jam pelajaran.

Dengan demikian jumlah jam pelajaran agama dan budi pekerti pada Kurikulum 2022 adalah lebih sedikit dibanding Kurikulum K13. Sama halnya seperti Pendidikan agama, jumlah jam pelajaran total selama Pendidikan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Sejarah, Pendidikan jasmani dan seni budaya pada Kurikulum 2022 adalah lebih sedikit dibandingkan dengan Kurikulum k13.

Bahkan, untuk seni budaya, jika pada Kurikulum K13 diberikan di semester 1 dan 2 kelas X, maka pada Kurikulum 2022 hanya diberikan di semester 1 kelas X dengan pilihan seni tertentu sesuai minatnya.

Matematika dan Bahasa Inggris

Mata pelajaran matematika dan Bahasa inggris di Kurikulum k13 dimasukkan ke dalam muatan nasional dengan jumlah jam pelajaran 4 jam per minggu dari semester 1 hingga 6. Sedangkan pada Kurikulum 2022 SMK Keunggulan, Matematika dan Bahasa inggris diberikan dari semester 1 hingga 5 dengan porsi jam pelajaran per minggu berbeda setiap semester. Selain itu, matematika dan Bahasa Inggris di Kurikulum 2022 SMK keunggulan dimasukkan dalam kelompok kejuruan, Itu artinya, matematika yang dipelajari dalam Kurikulum SMK Keunggulan ini disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing program keahlian. Misalkan pada program NKPI, maka matematika yang dipelajari untuk mendukung keterampilan kejuruannya adalah adalah vector, trigonometri, dan derajat sudut. Sedangkan teori peluang, tidak akan dipelajari di program keahlian nautika Kapal Penangkap Ikan. Hal ini berbeda dengan matematika di Kurikulum k13 yang mempelajari banyak cabang matematika. Demikian Bahasa Inggris

Mata pelajaran Kejuruan

Muatan peminatan kejuruan di Kurikulum K13 dibagi menjadi mata pelajaran-mata pelajaran tertentu dengan jumlah jam yang tertentu yang diatur secara nasional dan tercantum dalam struktur kurikulumnya. Pada Kurikulum 2022 SMK Program Keunggulan, hanya dicantumkan mata pelajaran kejuruan sebagai kelompok kejuruan. Ini artinya mata pelajaran kejuruan ini dapat dikembangkan atau ditentukan sendiri oleh satuan Pendidikan masing-masing sesuai dengan kebutuhan program keahlian dan kebutuhan dunia kerja.

Praktek Kerja lapangan (PKL)

Praktek kerja lapangan atau PKL tidak diakomodir pada Kurikulum k13, Sedangkan Pada struktur Kurikulum 2022 SMk Program Keunggulan, Praktek Kerja Lapangan merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan di kelas XII selama satu semester atau enam bulan sebagai wahana pembelajaran di dunia kerja untuk meningkatkan kompetensi keahlian dan dan memahami karakter dunia kerja yang nanti akan diterjuni oleh peserta didik.

Itulah beberapa perbedaan anatara Kurikulum k13 dengan Kurikulum SMk Pusat Keunggulan atau Kurikulum 2022 untuk SMK dilihat dari sruktur Kurikulum yang telah diluncurkan.

Ada bebebrapa perbedaan lainnya antara kedua kurikulum tersebut, misalnya adalah mata pelajaran pilihan,  dan Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja pada Kurikulum 2022 yang tidak ada di Kurikulum K13. Anda tentu dapat menelaah dan menemukan perbedaan-perbedaan lainnya pada perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2022 SMK NKPI atau Kurikulum SMK Pusat Keunggulan. Silahkan download Kurikulum k13 dan Kurikulum 2022 SMK melalui link yang ada disini. Dan simak video penjelasan perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum 2022 SMK disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.