Perlengkapan Mengajar : Alat Untuk Presentasi

Selain pengetahuan, faktor penting yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pembicara publik lainnya adalah kemampuan komunikasi. Ya, ini jelas, sebab bagaimanapun pintarnya ilmu seorang guru atau apabila tidak dapat mengkomunikasikan materi dengan baik maka para siswa relatif tidak akan mendapatkan apa-apa dari sang guru tersebut. Oleh sebab itu maka seorang guru harus mengetahui tentang prinsip-prinsip komunikasi yang baik, alat-alat bantu mengajar, dan teknik-teknik komunikasi disamping rencana pembelajaran, metode pembelajaran, dan hal-hal lain sebagainya yang berhubungan dengan belajar mengajar.
Di zaman digital ini, multimedia memberikan pengaruh dan perubahan besar dalam kegiatan belajar mengajar. Jika jaman dulu proses belajar mengajara hanyalah dengan menggunakan papan tulis dan kapur tulis, kini komputer dan multimedia ikut andil dalam proses belajar mengajar, bahkan pengaruhnya sangat besar sekali terhadap kesuksesan penyampaian materi di kelas. Kini mau tidak mau seorang guru harus juga memahami mengenai multi media dan komputer yang ada hubungannya dengan proses belajar mengajar, salah satu contohnya adalah ketika melakukan presentasi.
Presentasi merupakan suatu bagian dalam proses belajar mengajar. Agar materi dapat diserap oleh siswa, maka presentasi yang disampaikan haruslah menarik, sederhana, dan jelas. Untuk membantu agar presentasi menjadi mudah diserap oleh siswa, maka dapat digunakan komputer, LCD projector, dan wireless presenter VP-110 sebagai alat bantu presentasi. Slide presentasi tidak perlu terlampau banyak, karena hal itu akan membosankan. Perhitungkan waktu presentasi ketika membuat slide presentasi. Harus diingat bahwa slide presentasi yang ditampilkan haruslah berupa kata-kata kunci saja, selebihnya adalah paparan lisan dari sang presenter dengan gaya komunikasinya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *