Ratusan Ribu Honorer Berpotensi Batal Jadi ASN PPPK 2024: Proses Verifikasi dan Validasi Menentukan Nasib

Views: 0

Pada tahun 2024, rencana pengangkatan ratusan ribu tenaga honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengalami pengurangan drastis. Sebelumnya, tercatat sebanyak 2,3 juta tenaga non-ASN yang diharapkan melalui pengangkatan, namun kini hanya tersisa 1.788.851 orang.

Hal ini terjadi setelah pelaksanaan verifikasi dan validasi (verval) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Proses verval ini bertujuan memastikan kualifikasi dan kebutuhan formasi yang tepat untuk pengangkatan PPPK. BKN menggunakan enam kriteria, termasuk status honorarium, surat keputusan pengangkatan, masa kerja, usia, jabatan, tingkat pendidikan, serta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)1Hasil verval menunjukkan berbagai tingkat penyelesaian kriteria, yang akan menjadi dasar dalam penentuan kebijakan pengangkatan PPPK ke depannya.

Dengan berjalannya proses verval ini, pemerintah berharap dapat memastikan pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN PPPK berjalan lebih transparan dan sesuai kebutuhan aktual, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.