Sepakbola Dilihat Dari Kacamata Marketing

Euforia sepakbola melanda dunia. Dulu sepak bola hanya populer di eropa saja. Di Amerika Serikat ? Negeri Paman Sam ini malah menganggap bahwa sepak bola adalah olahraga yang dilakukan oleh “orang-orang bodoh”. Negeri ini lebih menyukai olahraga bola basket atau baseball.
Namun kondisi berubah, Amerika sekarang menyadari bahwa sepakbola adalah olahraga yang populer di dunia, dan bahkan merupakan lahan bisnis yang menggiurkan. Akhirnya banyak pemilik bisnis yang berupaya untuk mengakuisisi kepemilikan saham klub sepakbola eropa. Sebut saja Malcolm Glazer yang heboh mengakuisisi klub sepakbola tangguh dari daratan Inggris, Manchester United. Bahkan untuk lebih mempopulerkan sepakbola ini di tanah Amerika Serikat, liga sepak bola di negeri Paman Sam ini mendatangkan pemain-pemain kelas dunia seperti David Beckham, dan Robby Keane.
Bukan tidak mungkin dalam beberapa dekade mendatang olahraga sepakbola akan melebihi kepopuleran bola basket atau baseball, dan rasanya hal ini akan terjadi tidak lama lagi.
Kenapa sepakbola bisa begitu luar biasa mengekspansi dunia ? Apakah ini hanya faktor kebetulan atau ada rancangan yang begitu hebat dibalik semua ini ? Saya rasa tidak kebetulan. Dari sisi kacamata bisnis, tentunya para pelaku bisnis di bidang sepakbola berperan dalam mempopulerkan olah raga ini. Tentu saja untuk meraup keuntungan.
Hadirnya David Beckham di Major League Soccer bukan semata-mata hanya untuk memperkuat klub LA Galaxy agar menang di kompetisi,akan tetapi juga sebagai bagian dari aktifitas marketing. Andaikata sepakbola adalah sebuah merk, maka David Beckham adalah sebagai brand ambassador-nya. Siapa yang tidak kenaldengan David Beckham, pemain sepakbola dunia yang juga merupakan seorang public figure dan selebritis. Dan sudah umum adanya bahwa seorang selebritis merupakan daya tarik dan senjata yang efektif untuk memperkenalkan suatu produk dan menarik minat pelanggan. Sepak bola adalah produk, dan David Beckham berperan sebagai daya tarik untuk meraih pangsa pasar Amerika Serikat yang dikuasai oleh bola basket dan Baseball. Apabila bola basket dan baseball tidak membenahi aktifitas marketingnya, maka bukan tidak mungkin pasar olah raga Amerika Serikat akan dikuasai oleh sepak bola. Dan saat ini prosesnya sedang terjadi,pelan tapi pasti !
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *