Sumber energi dunia dalam perspektif Bisnis

Keberadaan dan perkembangan kehidupan manusia tidak terlepas dari kebutuhan dan keberadaan energi. Peran dominan energi dalam tatanan kehidupan manusia membuat sumber energi, termasuk minyak dan gas, sebagai kekuatan bisnis yang sangat potensial untuk diolah. Bahkan, dominasi energi dalam kehidupan manusia dapat menyebabkan suatu tatanan komunitas masyarakat menjadi berubah. Atau bahkan komunitas masyarakat baru muncul sebagai akibat dari dominasi bisnis energi. Lihat saja Timur Tengah, dalam hanya beberapa dekade, negara-negara penghasil minyak tersebut muncul sebagai negara terkaya di dunia.

Sumber daya energi dibagi menjadi dua kelompok besar: terbarukan dan tidak terbarukan. Sumber terbarukan artinya bahwa sumber energi tersebut tidak akan pernah habis sepanjang bumi masih berotasi. Sumber terbarukan adalah: tenaga surya, tenaga angin, energi pasang surut, tenaga air dan tenaga panas bumi.  sedangkan sumber-sumber non-terbarukan adalah sumber energi yang akan habis pada saat-saat tertentu, dan tidak dapat dibuat lagi. tenaga atom dan caustobioliths adalah termasuk sumber energi tidak terbarukan. Caustobioliths adalah mineral yang mudah terbakar (causto – mudah terbakar, bios – organik, lithos – batu). Ini termasuk energi yang terbuat dari bahan bakar fosil.

Pada saat ini, diketahui tiga jenis bahan bakar fosil yang telah digunakansebagai sumber energi, yaitu : batubara, minyak dan gas alam. Mereka menyumbang sekitar 90% dari pembangkit listrik di dunia, dengan minyak adalah pemberi kontribusi terbesar dalam penggunaan energi.

 Meskipun minyak adalah bahan bakar terkemuka dan dapat dikatakan sebagai bahan bakar global, pada kenyataannya proses penyulingan sumber minyak serta transformasi minyak ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Proses pembuatannya adalah jauh lebih sulit dan rumit dibandingkan dengan proses penggunaannya. Selain membutuhkan teknologi pengeboran minyak yang canggih, peralatan-peralatan seperti transformer oil  purification, transformer oil regeneration, atau peralatan lainnya adalah peralatan yang kompleks dan modern yang harus dimiliki.

Dengan kata lain, bisnis sumber energi, dalam hal ini bisnis minyak adalah suatu bisnis yang kompleks yang terdiri dari bisnis-bisnis lain. Sebut saja misalnya bisnis jasa riset, bisnis pembangunan kilang minyak, outsourcing, hingga bisnis pengadaan produk-produk dukungan infrastruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *