Tanpa Poin-poin Penting Ini, Penjualan Dipastikan Tidak Akan Maksimal

Marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Ada banyak perubahan teknik menjual yang sangat signifikan dan ekstrem jika dibandingkan dengan teknik-teknik penjualan di abad 20. Bagi siapapun yang mau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi ini, maka bisnis akan dipastikan dapat terus bertahan dan berkembang. Namun jika tidak mengikuti perubahan ini, maka bisnis akan mengalami kehancuran.

Berikut adalah beberapa poin penting penjualan yang harus dilakukan di abad ini jika bisnis ingin tetap bertahan.

  • Proses penjualan. Memperhatikan bagaimana proses penjualan terjadi sangatlah penting. Sebab dari proses penjualan inilah kita selaku pemilik bisnis dapat mengetahui apakah strategi marketing yang dijalankan bekerja efektif atau tidak. Namun demikian, di era ini penjualan bukanlah sumber kekuatan utama agar bisnis bertahan. Sumber kekuatan utama dari bertahannya suatu bisnis saat ini adalah customer. Abad ini adalah abad pelayanan dan kepercayaan. Pelayanan yang prima dari pebisnis, dan customer yang percaya kepada mereka akan membuat bisnis semakin maju. Abad ini fokus utama keberlangsungan bisnis adalah bagaimana agar proses penjualan dapat menyenangkan customer dan ia bersedia untuk menjadi pelanggan setia. Semakin banyak pelanggan setia, maka akan semakin bertahan suatu bisnis tersebut. Dan kunci utama kesetiaan pelanggan adalah pelayanan prima dan kepercayaan.
  • Otomatisasi. Dengan kebutuhan akan kecepatan proses penjualan dan makin kompleksnya data penjualan yang dimiliki, adanya otomatisasi sangat dibutuhkan agar pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien.
  • Tak hanya mampu menjual. Kemampuan untuk sekedar menjual tidak lagi cukup. Konsumen saat ini butuh marketer yang bukan saja mampu memberikan pandangan dan mengarahkan pada produk yang benar-benar dibutuhkannya, tapi juga bisa menjadi pelindung terhadap produk yang sudah mereka beli.
  • Internet. Internet makin penting peranannya dalam penjualan maupun ekspansi bisnis. Apapun usaha anda, jika tidak menyesuaikan dengan kehadiran internet maka akan dipastikan tenggelam. Internet dapat memperpendek jarak jangkauan pemasaran, memperluas pasar, dan mempercepat proses transaksi.
  • Aplikasi Smartphone. Di abad ini, hampir dipastikan setiap orang memiliki smartphone di dalam sakunya. Pebisnis yang cerdas dan ingin bertahan harus mempercayai bahwa gadget smartphone dapat meningkatkan potensi penjualan. Bagi ecommerce, memiliki aplikasi yang dapat di download di GooglePlay atau AppStore akan memperbanyak perolehan pelanggan setia dimanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *