Teman adalah Aset Tak Ternilai

Semua orang pasti ingin memiliki aset tak ternilai, dan orang bisa sukses asal fokus dan kerja keras. Tapi, apa hanya itu yang anda perlukan agar sukses di dunia bisnis Jawabannya, tidak! Karena, untuk mengembangkan bisnis, anda perlu teman (relasi dan koneksi).
Saya ingat, beberapa waktu lalu teman saya membuka warung makan di sekitar kampus. Warungnya tidak terlalu besar dan target marketnya jelas mahasiswa.
Karena di sekitar kampus sudah banyak warung berdiri, maka sudah pasti persaingan berlangsung ketat. Teman saya itu sudah menciptakan strategi pemasaran yang bagus, misalnya menu-menunya berbeda dari warung yang lain.
Tapi, tidak banyak mahasiswa yang berkunjung. Mahasiswa adalah pelanggan yang penuh perhitungan. Lebih baik memilih di warung langganan yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba dan kecewa. Dan pada umumnya, orang pasti berpikir ”warung yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal.
Lalu, teman saya itu memanfaatkan semua teman dan relasi yang ia punya. Ia pun berpromosi pada kami kalau ia membuka warung baru. Hasilnya, setiap kami melewati warungnya pasti kami mampir dan mencoba masakannya. Akhirnya dari situ warung teman saya punya daya tarik. Mahasiswa di sana menjadi penasaran. Hasilnya kini warung teman saya itu menjadi salah satu yang paling laris.
Kawan dalam dunia bisnis adalah bersifat portable alias bisa dibawa kemana saja. Kuncinya adalah kepercayaan. Jika mereka sudah percaya kepada reputasi kita, maka mereka akan dengan mudah melakukan apa pun yang kita inginkan, bahkan mungkintanpa meminta sekalipun.
Karena itu, luaskan jaringan anda setiap hari, karena jaringan tersebut adalah asset anda untuk memperluas pangsa pasar produk anda. Strategipemasaran akan lebih mudah diterapkan jika anda memiliki banyak relasi. Bukan tidak mungkin, bahwa teman anda itu adalah menjadi konsumen setia anda. Dan jangan lupa terus memelihara hubungan baik dengan mereka. Karena itu penting memberi ”penghargaan” pada mereka. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri. Berikan hadiah-hadiah kecil. Misal e-book atau artikel-artikel menarik. Kata orang bijak, jika anda baik pada teman, teman juga akan baik pada anda. Begitupun sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *