Tentang Kesehatan Jiwa dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya

Kesehatan jiwa adalah urusan semua orang. Kita semua pernah memiliki saat-saat kita merasa tidak nyaman seperti perasaan “down” atau depresi atau stres atau cemas atau takut dan lain-lain. Sebagian besar dapat berlalu dengan berjalannya waktu, tetapi kadang-kadang perasaan ini dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius dan kondisi ini bisa terjadi pada setiap orang.

Setiap orang berbeda. Ada yang dapat bangkit kembali dari perasaan tidak nyaman ini, tapi pada yang lain mungkin akan merasa terbebani untuk waktu yang lama.

Kesehatan jiwa Anda tidak selalu harus tetap sama, tapi kesehatan jiwa anda dapat berubah karena perubahan keadaan di lingkungan anda dan juga saat Anda melalui berbagai tahapan dalam kehidupan Anda.

Ada stigma yang melekat terhadap masalah kesehatan jiwa, sehingga banyak orang bahkan tidak merasa nyaman berbicara tentang perasaan mereka. Tapi ketahuilah, bahwa mengetahui dan mengatakan bagaimana perasaan Anda akan membuat Anda merasa lebih baik.

Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami gangguan jiwa. Hingga saat ini diyakini terdapat tiga faktor utama sebagai penyebabnya.

  1. Faktor keturunan (genetik). Ini berhubungan dengan fungsi otak yang penjelasannya mungkin bisa lebih detail di dunia kedokteran. Cara menghilangkan depresi akibat factor ini tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus ditemani oleh dokter spesialis.
  2. Faktor psikologis. Contoh factor psikologis adalah  adanya mood yang labil, rasa cemas berlebihan, gangguan persepsi yang ditangkap oleh panca indera kita (halusinasi). Faktor psikologis bisa diakibatkan oleh beban kerja yang terlalu berat, atau masalah pribadi yang menguras kerja otak. Faktor psikologis ini dapat dihilangkan dengan cara mengistirahatkan kerja otak untuk sementara, dan membuat dirinya sendiri bahagia. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berekreasi ke  music venues, atau mengerjakan suatu hobi tertentu.
  3. Faktor lingkungan. Lingkungan yang buruk bisa memberikan efek yang besar kepada kesehatan jiwa. Misalnya seseorang yang berada di lingkungan dengan tingkat kriminalitas tinggi akan selalu mengalami kecemasan. Untuk menghilangkannya, tinggalkan lingkungan itu sesegera mungkin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *