Tips Bagi Guru Baru di Tempat Kerja Baru

Visits: 5

Tips Bagi Guru Baru di Tempat Kerja Baru

Sebentar lagi guru PPPK 2023 akan terpilih, yang merupakan hasil proses seleksi penerimaan guru PPPK 2023. Ada kemungkinan guru yang terpilih akan ditempatkan di tempat baru, atau mungkin juga guru yang benar-benar baru terpilih pada seleksi PPPK atau CPNS 2023 ditempatkan di lokasi mengajar yang masih asing. Berikut adalah tips bagi guru baru ketika berada di tempat kerja baru.

MEMBUAT PERKENALAN

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperkenalkan diri kepada staf dan guru yang ada di tempat kerja baru anda. Ini akan sangat membantu anda menyesuaikan diri dengan lingkungan dan bersiap menghadapi dunia kerja yang baru. Berkenalanlah dengan kolega baru Anda, baik sesama guru maupun tenaga kependidikan di sekolah baru tempat anda mengajar. Jika ada kesempatan untuk diajak makan siang, atau diajak berkeliling, anda harus ikut, jangan menolak. ini adalah kesempatan anda untuk mengajukan pertanyaan kepada mereka tentang hal-hal yang ingin Anda ketahui, seperti sistem kedatangan dan pemberhentian siswa di sekolah, siapa yang mengetahui kebutuhan teknologi, dan bagaimana Anda akan memesan bahan-bahan untuk mengajar, misalnya bahan praktek sekolah.

HINDARI PEKERJAAN BERLEBIHAN

Banyak guru baru yang saking antusiasnya dan gembira karena diangkat sebagai guru PPPK baru atau guru ASN baru, mereka ingin menunjukkan bahwa mereka sudah siap. Mereka mencoba merencanakan seluruh kegiatan selama satu semester ke depan. Saya berpendapat bahwa itu membuang-buang waktu. Pada minggu pertama anda masuk kerja, gunakan waktu untuk mendapatkan materi mengajar dari guru senior anda, menemukan jadwal harian, dan teknik serta prosedur kelas penting lainnya. Sasaran Anda adalah membuat semua orang memiliki pemahaman yang sama pada akhir minggu pertama sekolah. Sebelum Anda mulai membuat rencana untuk minggu depan, catatlah dan evaluasi apa yang telah Anda capai dan apa yang tidak Anda capai. Gunakan rumus ini sampai Anda merasa kelas Anda berjalan seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Saat itulah saatnya mempelajari kurikulum. Ingat, Anda tidak dapat mengajarkan apa pun secara efektif sampai Anda mengembangkan rutinitas kelas yang solid.

SANTAI SAJA

Perjalanan awal anda dalam mengajar bukanlah sebuah lomba lari cepat, melainkan merupakan perjalanan dan petualangan yang jauh. Saya ingat tahun pertama saya mengajar dengan jelas. Saya terus-menerus terburu-buru, mencoba membuat rencana terlalu banyak, terlalu cepat. Saya akhirnya menyadari bahwa saya melakukan pekerjaan yang sia-sia. Jangan terburu-buru melakukan sesuatu yang terlalu rumit atau menantang. Simpan semuanya itu dalam masa kenyamanan Anda di mingu-minggu pertama. Yang penting adalah pikirkan bagaimana kolega anda ataupun siswa anda mengenal mengenal Anda! Dan cari tahu apa yang membuat Anda nyaman dan siswa anda nyaman.Apa yang Anda ingin siswa Anda lakukan ketika mereka masuk ke kelas? Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan teknik mengajar Anda di tahun pertama anda mengajar, sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dengan kelas anda.

Menjadi guru baru bisa menjadi saat yang menyenangkan namun juga melelahkan. Namun selama Anda memperhatikan zona nyaman Anda, meluangkan waktu, dan mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan, Anda akan memulai dengan baik. Itulah tips bagi guru baru di tempat kerja baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.