Tips Jualan Pakaian Eceran Untuk Pemula

Hits: 499

Sebetulnya kesuksesan dalam berbisnis adalah tergantung dari ketangguhan dan ketekunan anda dalam menjalankan bisnis, akan tetapi setidaknya artikel tips jualan pakaian eceran untuk pemula ini dapat memberikan pencerahan untuk anda yang akan memulai bisnis jualan pakaian eceran secara lokal. Simak tips jualan ini yang saya ambil dari pengalaman pribadi saya. Jika menurut anda cocok untuk diikuti, ya silahkan ikuti…namun jika merasa tidak cocok…ya maafkan…semoga bisa mendapatkan referensi bisnis jualan toko eceran yang lebih bagus. Oh iya saya lupa..tips ini adalah tips untuk jualan pakaian bagi yang pemula banget…penjualnya masih belum memiliki toko retail fashion.

  1. Pilih jenis pakaian yang cepat laku dan beli sesuai dengan budget

Ada banyak jenis pakaian, jenis bahan, dan jenis desain di industri pakaian. Saran saya, janganlah anda membeli semua jenis pakaian, pilihlah pakaian yang akan anda jual itu adalah pakaian yang banyak di cari oleh lingkungan anda. Jika sudah menemukan barangnya, untuk penjual pemula, sebaiknya jangan langsung membeli dalam jumlah banyak. Beli saja secukupnya, sesuai dengan modal yang anda miliki.

2. Juallah barang dengan prinsip kejujuran

Kejujuran adalah hal yang sangat utama dalam berbisnis. Ketika anda menjual pakaian kepada orang lain, anda harus jujur kepada mereka. Ceritakan kepada mereka mengenai produk anda apa adanya. Jika bahannya adalah bahan yang murah, ya bilang bahwa pakaian tersebut dari bahan yang murah. jangan bilang pakaian berbahan murah namun anda bilang berkelas premium. Ini akan merugikan anda di masa depan. Jika anda tidak jujur akan hal ini, anda hanya akan mendapatkan penjualan instan saat itu saja, sedangkan ke depannya, jika pelanggan tahu bahwa mereka dibohongi, maka mereka tidak akan pernah kembali berbelanja kepada anda. Ingat..pelanggan adalah investasi anda..Anda harus memelihara aset sebagaimana mestinya untuk menjamin pendapatan di masa depan.

3. Konsistensi dalam berbisnis.

Apapun bisnisnya, konsistensi adalah salah satu faktor untuk memperoleh kesuksesan. Untuk tahap awal memulai berjualan, fokuskan jualan anda pada produk pakaian….satu atau beberapa jenis pakaian, namun tidak terlalu banyak jenisnya..Jika anda ingin berjualan baju gamis, maka fokuslah pada jenis pakaian itu. Jangan dulu anda bergeser atau menambah variasi produk jualan anda misalnya menjual sepatu, atau baju pesta. Fokus pada satu jenis pakaian yang anda jual, misalnya baju gaimis wanita, akan menancapkan nama anda dalam pikiran para pelanggan bahwa anda adalah spesialis penjual baju gamis wanita. Jika orang butuh baju gamis, maka orang akan ingat nama anda atau toko anda. Sabar saja dalam penambahan variasi produk. nanti akan ada waktunya anda menambahn variasi produk jualan anda.

4. Sebaiknya anda jual kontan, bukan kredit

pada umumnya, penjual pakaian pemula menjual barang jualannya dengan cara kredit. Mereka berkeliling kampung berjualan pakaian secara eceran, dan memberikan tempo pembayaran kepada mereka yang membeli. Menurut saya ini tidak sehat. Bagi seorang pemula, modal anda sedikit, dan anda butuh perputaran uang agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Model kredit tidak akan menjamin keberlangsungan operasi bisnis anda. Yang adajustru menambah resiko adanya kredit macet…Ini membuat pening kepala..Sudah modal seret, barang menipis, jangankan dapat untung, mikir modal yang gak balik saja sudah bikin stress. Untuk itu sebaiknya jangan jual kredit, sebaiknya juallah produk secara kontan. Memang cara ini agak berat, ada kemungkinan barang tidak aku terjual..akan tetapi…walaupun tidak laku, setidaknya anda sudah memperkenalkan diri dan mendeklarasikan diri kepada mereka bahwa anda berjualan baju secara kontan. jadi, suatu saat mereka butuh baju…mereka akan datang ke rumah anda…dan tentunya membeli dengan kontan. Dengan kata lain, anda sudah mendeklarasikan merk dagang anda, berikut dengan sistem operasinya..

Itu saja dulu tips jualan pakaian eceran untuk pemula. Sebenarnya masih banyak tips-tips yang lain, kita akan bahas di lain waktu…Karena jika kepanjangan artikel ini akan membuat pembaca merasa bosan..OK…

2 thoughts on “Tips Jualan Pakaian Eceran Untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *