Toko Konvensional dan E-Commerce

Tampaknya bisnis yang paling sukses saat ini adalah memiliki situs web, sebab bisnis web bisa melewati wilayah geografis. Di web, di mana pangsa pasarnya adalah global, maka bisnis lokal dapat mengalami keterpurukan dan mengalami kerugian besar..
Sebagai contoh adalah bisnis retail. Bisnis ini menyediakan produk-produk yang dijual eceran untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Dengan menggunakan website untuk menjual produk dan mengenalkan merek tokonya, sebuah toko retail online dapat memperoleh sasaran market secara global. Retail online ini lazim disebut dengan e-commerce.
E-Commerce memberikan bebrapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh toko konvensional. Keuntungan tersebut adalah selain memperoleh market yang luas, e-commerce dapat mengurangi pengeluaran sebagaiakibat dari biaya sewa ruang toko. Selain itu e-commerce mempermudah pelanggan untuk membeli produknya, sebab mereka tidak perlu beranjak dari rumah untuk membeli suatu barang yang dibutuhkannya.
Bahkan, jika pemilik situs tidak ingin berurusan dengan persediaan dan stok produk, sistem afiliasi dapat digunakan untuk memperoleh pendapatan. Sistem afiliasi memungkinkan pemilik situs mendaftar untuk program bagi hasil dengan perusahaan lain. Sebuah program afiliasi memungkinkan pemilik situs untuk menawarkan produk atau jasa perusahaan lain dan mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan dari situs pemilik situs tersebut.
Singkatnya, jika Anda menjalankan bisnis yang beroperasi secara lokal dan juga memelihara situs web, maka Anda akan memperoleh keuntungan ganda, yaitu memperluas pasar ke pasar global dengan tanpa meninggalkan pelanggan setia untuk toko konvensional anda.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

One thought on “Toko Konvensional dan E-Commerce”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *