Word of Mouth Marketing

Twitter merupakan salah satu social media yang paling popular saat ini. Saking populernya, twitter oleh para entrepreneur dapat dimanfaatkan sebagai media marketing bisnis mereka. Tidak ada pengecualian produk, bahkan produk-produk untuk orang dewasa pun memanfaatkan social media ini untuk proses word of mouth marketing mereka. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan word of mouth marketing?
Saya yakin anda pernah berbelanja di suatu toko, kemudian anda merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut. Anda merasa senang dan kemudian anda bercerita kepada teman-teman anda tentang pelayanan mengesankan yang anda dapatkan ketika anda berkunjung ke toko tersebut. Dengan bersemangat anda mengkomunikasikan toko yang anda kunjungi tersebut dan mengajak teman-teman anda untuk mencoba berkunjung.
Itulah yang dinamakan dengan word of mouth marketing, suatu bentuk pemasaran gratis yang dilakukan oleh konsumen dan berakibat sangat dahsyat. Tanpa diminta atau disuruh oleh perusahaan, para konsumen ini akan memperkenalkan produk yang mereka pakai kepada teman-temannya.Jika produk yang mereka pakai bisa memuaskan mereka, maka bisa jadi konsumen akan bertambah. Demikian pula sebaliknya, jika produk yang dipakai sangat mengecawakan mereka,maka mereka akan memberitahukan kekecewaannya kepada teman-temannya, danini akan berakibat pada berkurangnya omzet penjualan. Word of mouth adalah bentuk marketing yang dahsyat namun berbiaya sangat murah, bahkan relative gratis. Kunci word of mouth adalah memanfaatkan pengalaman konsumen akan produk yang dibelinya, dimana kepuasan pelanggan adalah tolok ukur utamanya.
Jika dahulu word of mouth hanya terbatas pada lingkungan local dimana konsumen dapat berinteraksi secara tatap muka, namun sekarang –di era internet-, konsep word of mouth sudah semakin meluas. Para konsumen yang merasa memiliki pengalaman memuaskan atau bahkan juga mengecewakan dapat mengutarakan kepuasan dan keluhannya melalui social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *