Komunikasi dan Pramuniaga

Visits: 102

Kesetiaan pelanggan untuk berbelanja di toko anda bukan hanya ditentukan oleh kelengkapan barang jualan anda, atau bagusnya display yang anda pamerkan. Kesetiaan pelanggan juga ditentukan oleh performa, perilaku,dan kemampuan komunikasi para pramuniaga toko anda. Bahkan di beberapa kasus, dan ini sudah menjadi trend, toko akan semakin berkembang karena kinerja para pramuniaganya.
Jika anda adalah seorang penjual, atau yang berkepentingan untuk memasarkan produknya, keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting. Komunkiasi yang efektif dapat membangun hubungan dan mendapatkan kepercayaan, dengan demikian maka urusan bisnis dapat menjadi lebih mudah. Jika anda adalah seorang pegawai toko, atau mungkin pemilik bisnis toko retail, anda tentu tahu arti penting para pelanggan bagi toko anda. Para pelanggan adalah orang yang memberikan uang untuk anda, dan anda tidak ingin mereka lepas dari genggaman anda bukan? Anda berharap bahwa pelanggan anda akan setia untuk berbelanja di toko anda.
Komunikasi yang ditunjukan oleh para pramuniaga ini dapat menentukan ikatan emosional para pelanggan dengan mereka. Jika mereka memiliki kemampuan komunikasi yang baik, empati, memahami produk yang ditawarkannya, ramah, dan gesit, maka para pelanggan akan terkesan, dan hati mereka akan luluh untuk bersedia membeli di toko anda seterusnya. Kenapa demikian, karena para pelanggan ini merasa tersanjung, merasa dihormati dan dihargai. Suatu sifat yang selalu dimiliki oleh manusia bukan? Selalu merasa ingin disanjung, dihargai, dan dihormati.
Oleh karena itu, sudah seharusnya para pemilik toko untuk memberikan pengetahuan tentang pelayanan kepada para pramuniaganya. Bukan hanya pelajaran pelayanan saja, akan tetapi juga pelajaran mengenai komunikasi. Karena komunikasi akan memberikan gambaran mengenai bagaimana mereka pada akhirnya akan melayani pelanggan. Sebaliknya, para karyawan jika ingin meraih kesuksesan dan meningkatkan karir mereka di bidang penjualan, harus mendalami pelajaran komunikasi disamping pelajaran bisnis tentunya. Kemampuan berbicara di depan umum, dapat menjadi modal para karyawan untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Hingga pada akhirnya akan mencapai keberhasilan ketika komunikasi mereka dengan pelanggan dapat menambah bonus penjualan untuk dirinya sendiri.

2 thoughts on “Komunikasi dan Pramuniaga”

  1. Artikel yang bermanfaat… πŸ™‚
    Thanks sudah share… Lanjutkand Gan… πŸ˜€
    Hadir selalu di mari,,, Share: MP3 Kisah Inspiratif Bag. Akhir, bonus : Ebook motivasi…. Mohon reviewnya Sob… Thanks.,… πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.