Category Archives: Marketing

Komunikasi Yang Saya Lakukan Adalah Respon Yang Saya Dapatkan

Visits: 20

Apakah Anda pernah mengkomunikasikan suatu hal terhadap seseorang, tapi orang itu tidak mengerti apa yang Anda katakan? Apakah Anda menyalahkan mereka untuk tidak mendengarkan dengan baik, atau untuk salah menafsirkan kata-kata Anda? Atau apakah Anda mengambil tanggung jawab untuk respon komunikasi yang anda timbulkan? Apakah Anda terpusat dengan kebenaran Anda selain bersikap fleksibel dalam pendekatan Anda? 
Komunikasi adalah seperti tari, di mana kita memimpin dan mengikuti, memberi dan menerima, berbicara dan mendengarkan, membuat dan menerima. Melalui tarian ini kita bisa menguasai diri kita. Kita harus bertanggung jawab atas komunikasi kita agar dapat menyentuh daya pikir orang lain. Jika ini tidak dilakukan, maka ini tidak membantu tarian, juga tidak mencerminkan respon baik pada para penari ketika salah satu pasangan menyalahkan yang lain ketika salah langkah.
 

Komunikasi yang efektif adalah lebih dari sekedar mengatakan apa yang ada di pikiran Anda. Jembatan komunikasi yang efektif menjembatani dunia yang berbeda! Hal ini membutuhkan ekspresi aktif, mendengarkan, pengolahan informasi, fleksibilitas, dan kesadaran. Komunikasi yang paling efektif adalah ketika dua orang atau lebih dapat dengan mulus menyelaraskan dan menjadi satu dalam pikiran. 
Banyak cara berbeda yang ada untuk mengungkapkan hal yang sama? Ketika seorang anak di sekolah dasar berbicara kepada temannya dengan  mengatakan, “Bolehkah saya menggunakan itu?” bukan, “Berikan itu padaku!” Coba bandingkan bagaimana respon temannya tersebut? 
Komunikasi tidak hanya dengan menggunakan kata-kata yang berbeda, akan tetapi juga dapat melalui penyesuaian intonasi, infleksi dan volume. Di lapangan olahraga mungkin dapat diterima untuk benar-benar memproyeksikan suara kita dengan volume tinggi, di mana di perpustakaan komunikasi lebih tepat dilakukan dengan tenang. Sungguh menakjubkan betapa perubahan kecil dalam cara kita berkomunikasi menyebabkan perubahan besar dalam cara orang merespon. 

Sebagian besar komunikasi adalah, pada kenyataannya, nonverbal, termasuk jeda, bahasa tubuh dan kesadaran. Ketika totalitas komunikasi kita adalah sama dan sebangun dengan apa yang kita ingin ungkapkan, maka respon pendengar akan selaras dengan hasil yang kita inginkan. Jika bahasa tubuh kita, nada atau volume tidak sesuai dengan kata-kata kita, atau konflik kata-kata kita dengan identitas kita, maka kita cenderung untuk mencapai hasil/respon yang tidak kita inginkan. 

Penguasaan diri dan komunikasi 
Jika kita memiliki kesulitan berkomunikasi atau menemukan diri kita tidak puas dengan hasil yang diharapkan, maka selidikilah alasannya, dan ingat bahwa kita selalu memiliki kekuatan untuk membuat perubahan.
 

Komunikasi yang efektif menghasilkan respon yang efektif. 
Respon penolakan mencerminkan kepada kita bahwa kita berkomunikasi dengan perlawanan. 
 Jika seseorang berkata, “Tidak mungkin saya dapat berkomunikasi dengan anda!”, maka dapat dipastikan bahwa mereka kurang keterampilan untuk memacu seseorang menjadi bertindak melalui komunikasi.Orang yang jeli dalam komunikasi tidak menganggap orang lain yang menajdi lawan bicaranya sebagai orang keras kepala atau lambat, tidak mungkin atau bodoh. Orang ini jeli dan menyadari gaya komunikasi lawan bicaranya, dan cukup fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan cara orang itu untuk berkomunikasi.


Komunikasi dikatakan berhasil jika
para pendengar dapat mengakui bahwa mereka diberdayakan untuk membuat perubahan yang diinginkan. Mereka menyadari bahwa tanggapan yang mereka miliki adalah refleksi dari ekspresi mereka sendiri. Dan mereka segera bertindak dengan sepenuh hati untuk mendukung kesuksesan tujuan.(Pesuy2012)

4 Hal Agar Pengunjung Tetap Datang Ke Blog Anda!

Visits: 3196

Blogging adalah cara sempurna bagi orang untuk berbagi pikiran dengan orang lain. Ketika orang blog, itu berarti mereka menjaga Diperbaharui jurnal online atau diary. Weblog dan blog adalah hal yang sama. Perusahaan mungkin juga blog untuk membantu meningkatkan jumlah usaha pada situs web mereka. Untuk banyak blogger, meningkatkan lalu lintas ke blog mereka bukanlah satu-satunya tujuan. Kebanyakan orang yang ingin blog untuk menjaga pengunjung mereka datang kembali untuk lebih. Berikut ini adalah empat cara untuk menjaga pengunjung datang ke situs blog Anda.
Blogging adalah fenomena yang relatif baru. Beberapa blog menulis memilih untuk menyimpan blog mereka pribadi dan tidak berbagi pemikiran dengan orang lain. Ini adalah lebih seperti buku harian online. Lain ingin berbagi dengan semua orang apa yang dia katakan. Blogging adalah bisnis besar dan banyak situs menawarkan hosting blog gratis. Selain itu, banyak perusahaan memilih blogging sebagai cara murah untuk mengiklankan produk atau jasa mereka. Blogging di Internet seringkali jauh lebih murah daripada memelihara situs web dan biasanya lebih menarik bagi pembaca dan klien.
Update blog Anda: Cara termudah untuk menjaga pengunjung datang kembali ke situs blog Anda adalah untuk memperbarui blog Anda secara teratur. Pembaca akan tetap setia ke blog yang diperbarui setiap hari. Beberapa penulis blog bahkan diperbarui beberapa kali sehari. Pembaca akan cenderung longgar bunga dalam tulisan Anda jika mereka harus menunggu beberapa hari untuk bahan baru. Setia kepada pembaca Anda dan pembaca Anda akan setia ke blog Anda. Juga, ada ribuan blog yang tersedia di Internet. Jika blog Anda tidak diperbarui secara teratur, Anda akan kehilangan pembaca Anda ke situs blog. Cara lain menyenangkan untuk memperbarui blog Anda dan pembaca Anda tetap tertarik pada situs Anda adalah untuk memasukkan sesuatu yang menyenangkan bagi pembaca Anda untuk menikmati. Itu bisa sesederhana lelucon atau mungkin link ke sebuah cerita lucu Anda telah menemukan di Internet. Anda juga dapat mencoba termasuk permainan trivia atau jajak pendapat untuk pembaca Anda untuk menikmati secara teratur.
Berpartisipasi dalam komunitas web: Berpartisipasi dalam komunitas web atau forum diskusi dan menyebutkan blog Anda bila memungkinkan akan membantu menjaga pembaca datang kembali ke situs Anda. Selain itu, Anda dapat memperoleh pembaca baru ketika melakukan ini. Anda juga dapat setia ke blog dari penulis lain dan meminta mereka untuk mengunjungi situs Anda. Tinggalkan komentar yang baik tentang situs mereka dan mengundang mereka ke situs Anda. Jika Anda memiliki kepentingan bersama dan sama jenis pembaca, Anda bahkan dapat berbagi link blog Anda di situs Anda. Hal ini membantu semua orang. Pembaca Anda akan menghargai bacaan menarik saat Anda mendapatkan keuntungan dari pembaca dari situs lainnya.
Memahami yang membaca blog Anda: Banyak cara lain untuk menjaga pembaca blog datang kembali untuk lebih adalah untuk memahami yang membaca blog Anda dan menulis konten yang diarahkan terhadap mereka. Ini tidak berarti bahwa Anda harus menulis pada satu mata pelajaran tertentu, meskipun. Jika Anda seorang tinggal di rumah ibu dan menulis tentang hidup Anda di rumah dengan anak-anak, pembaca setia Anda mungkin tidak menghargai jika Anda menulis tentang topik memotong tepi atau menggunakan banyak bahasa kotor dalam tulisan Anda. Jika biasanya Anda menulis humor, tidak rawa pembaca Anda ke bawah dengan kesengsaraan sedih dan dongeng. Pembaca Anda akan tertarik pada hal-hal yang menarik mereka ke situs Anda di tempat pertama. Itu biasanya apa yang Anda lebih tertarik menulis tentang. Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dari pembaca Anda tertarik dengan termasuk tempat untuk komentar dan mendorong Anda pembaca untuk menghubungi Anda melalui email.
Sertakan kata kunci: Anda dapat memperoleh pembaca dan membantu menjaga pembaca Anda saat ini dengan memasukkan kata kunci tertentu di blog Anda. Jika Anda telah memasukkan blog Anda pada mesin pencari, kata kunci yang menunjuk ke blog Anda akan muncul setelah pencarian. Ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pembaca tertarik pada blog Anda. Ini juga merupakan cara yang baik bagi perusahaan untuk meningkatkan lalu lintas ke blog mereka.
Blogging adalah cara baru untuk tetap online buku harian atau jurnal. Blogging yang semakin populer bagi perusahaan juga. Jika Anda ingin membuat blog Anda menonjol terhadap ribuan blog lain, membuat pembaca Anda tertarik dan datang kembali lagi sehari-hari dengan memperbarui tulisan Anda, berpartisipasi dalam komunitas online, memahami pembaca Anda dan memasukkan kata kunci.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Pemasaran Ritel: Sebuah Tinjauan

Visits: 26

Toko Ritel dan pemasaran biasanya merupakan bagian besar dari pasar toko retail dan sangat berpengalaman sisi yang berhubungan dengan periklanan dan pemasaran. Ini membantu meningkatkan penjualan terhubung dengan outlet di samping berusaha meningkatkan acara orang menerima setiap kali mereka berhenti oleh para pedagang yang paling disukai.
Perusahaan selain outlet biasanya umumnya mencari untuk menemukan seterusnya terjangkau selain untuk diperhatikan menggunakan persaingan perusahaan mereka. Toko Ritel dan pemasaran sering bagaimana mereka memilih untuk melakukannya. Sebuah strategi yang sangat efektif untuk mengulangi hal ini biasanya sebagai akibat dari memperoleh salah satu dari jenis fitur selain cetakan kertas yang akan menarik perhatian sejumlah pembeli. Perusahaan mengeluarkan sejumlah besar secara tahunan dengan iklan toko ritel dan pemasaran khususnya dengan huruf untuk membantu sementara di samping perbaikan promo. Anda akan menemukan sebuah wilayah utama beberapa iklan toko ritel dan pemasaran, untuk pemula, memikat 100% gratis ke toko ritel Anda selain selanjutnya, untuk membantu mendorong mereka untuk menemukan barang dagangan.
Ada berbagai hal untuk membantu iklan toko ritel dan pemasaran yang membuatnya dan sangat efektif serta posisi terhubung dengan fitur penjualan selain di dalam toko iklan dan pemasaran. Sebuah argumen terhubung dengan hadir penjualan biasanya terletak di kasir. Banyak orang sketsa perhatian ini pelindung untuk solusi yang dipilih; sebagian besar akan membantu Anda untuk menampilkan fungsi eksklusif selain penjualan kotor sementara. Kebanyakan dari fitur ini seharusnya berhasil menyenangkan sehingga salah satu sketsa visi orang terhubung dengan orang, Anda harus diasuransikan dengan cetak. Posisi terhubung dengan memperoleh fitur biasanya diproduksi kedua atau mungkin 3 dimensi, berdasarkan rencana selain tepat apa yang diharapkan dalam perusahaan itu. Kecerdikan ini fitur ini tentu bisa mirip kedua periode sama waktu selain dolar secepat menggunakan rencana. Mereka harus mungkin diakui secara menyeluruh selain dengan cara praktisi tertentu.
Toko Ritel dan pemasaran biasanya adalah saluran penjualan penting yang berhubungan dengan pertukaran verbal memiliki pembeli, melainkan membantu untuk mempromosikan barang dagangan terakhir di samping item pengenalan baru. Agar sebagian besar untuk menjadi benar-benar berguna yang dibutuhkan untuk membantu cukup berkonsentrasi pada pembeli yang cocok dan sama sekali yang cocok pengumuman lisan bursa. Ini cetak pada korporasi perlu kembali dari iklan dan pemasaran sebagai cara untuk menantang sebuah foto model yang kokoh terhadap pembeli.
Segera setelah digunakan dengan cara yang benar, menyimpan iklan ritel dan pemasaran umumnya adalah lisan kokoh pertukaran perangkat lunak, bahkan jadi jika sama sekali jelas tidak dipikirkan secara menyeluruh, melihat ke selain dilaksanakan kemudian sebagian besar pendekatan kemungkinan akan tidak produktif terhadap korporasi, dan mungkin bahkan mungkin berhenti prospek. Ketika datang cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan praktis pembeli di toko-toko untuk meningkatkan penjualan kotor, hampir semua perusahaan adalah untuk membantu praktisi periklanan POS dan perusahaan pemasaran. Konsumen sangat cerdas sekarang dan sehingga memiliki bantuan dari sebuah perusahaan pro tidak boleh diremehkan. Lihatlah belanja di internet yang ditujukan untuk perusahaan POS dengan daerah Anda, atau mungkin dengan sekilas pada daftar jurnal pasar atau mungkin situs internet.

Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Brand Loyalty

Visits: 16

Sebagai pemasar, kita semua tahu, konsep brand loyalty sebenarnya merupakan ukuran keterikatan pelanggan terhadap sebuah merek. Ukuran tersebut mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek lain, terutama jika didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga atau atribut lainnya, pada merek dimaksud. Menurut Henry Assael , loyalitas terhadap merek merupakan hasil dari keputusan yang berulang-ulang dan kuatnya komitmen terhadap suatu merek.
Seorang pelanggan yang sangat loyal kepada suatu merek tidak akan dengan mudah memindahkan pembeliannya ke merek lain, apapun yang terjadi dengan merek itu. Dan, apabila kesetiaan meningkat, maka kerentanan pelanggan terhadap serangan atau ancaman merek lain tak perlu dikhawatirkan.
Mengapa demikian? Pelanggan loyal umumnya sulit dipengaruhi walau dihadapkan pada banyak merek alternatif. Tetapi, tidak sedikit pelanggan yang akhirnya berpaling pada rayuan merek lain. Sebab, biasanya merek alternatif tersebut menawarkan karakteristik produk yang lebih unggul dari berbagai sudut atribut, seperti harga, ukuran produk, kenyamanan pemakaian, dan lain sebagainya.
Manfaat Loyalitas
Jadi, tingginya kesetiaan pelanggan amat penting bagi sebuah merek. Ada beberapa manfaat yang menguntungkan dari kesetiaan merek tersebut.
Pertama, efektivitas dan efisiensi program pemasaran. Artinya, pemasar tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak daripada merek lain karena merek yang dipasarkannya sudah berada di hati konsumen. Philips, contohnya, sedikit beriklan tetapi menjadi raja di kategori lampu listrik.
Kedua, mampu menurunkan daya tawar para perantara. Para perantara akan berada dalam posisi tawar yang lebih rendah jika dibandingkan dengan produsen sehingga mereka cenderung mengikuti dan tidak neko-neko (macam-macam). Apakah perantara atau mungkin peritel berani menolak Indomi yang sangat laris manis?
Ketiga, mampu menarik pelanggan baru. Pelanggan loyal memungkinkan untuk memengaruhi konsumen lain agar membeli merek pilihannya. Mereka bisa menjadi pembela merek tersebut melalui word of mouth, member get member, dan lain-lain. Ini yang dimanfaatkan oleh Unilever Indonesia dalam mendongkrak penjualan sabun cuci piring Sunlight.
Keempat, merek yang tingkat kesetiaan pelanggannya tinggi mempunyai zone of tolerance( Zot) tinggi pula. Maksudnya, pelanggan akan memberikan toleransi terhadap segala perubahan yang terjadi, salah satunya jika ada kenaikan harga. Berapa banyak sih pelanggan yang akan meninggalkan Pepsodent ketika harganya dinaikkan Rp 500?. Tentu lebih sedikit dibandingkan dengan merek Ciptadent. Jadi Zot konsumen terhadap merek Pepsodent lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ciptadent.
Tetapi, pengukuran loyalitas pelanggan terhadap sebuah merek juga harus dilakukan secara terus-menerus. Untuk itu, banyak cara yang bisa ditempuh.
Pertama, mengukur perilaku pelanggan menyangkut tingkat pembelian ulang, persentase pembelian, dan jumlah merek yang dibeli dalam satu kategori produk.
Kedua, dapat dilakukan dengan menghitung switching cost. Di dalamnya, meliputi berapa banyak pelanggan yang akan melakukan perpindahan pembelian, ke mana saja mereka berpindah, mengapa mereka pindah, dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus mendapatkan jawabannya.
Ketiga, pengukuran tentang komitmen pelanggan. Untuk mengukur seberapa besar komitmen pelanggan terhadap merek kita, salah satu hal yang harus dipelajari adalah mengetahui jumlah interaksi dan komunikasi terkait merek tesebut.
Meningkatkan Loyalitas
Setelah mengetahui manfaat dan langkah-langkah untuk mengukur brand loyalty, lantas bagaimana strategi pemasar untuk memelihara dan meningkatkan loyalitas tersebut? Banyak perusahaan yang menjalankan strategi frequency marketing program. Artinya, perusahaan akan memberikan suatu penghargaan jika konsumen membeli dalam frekuensi tertentu.
Sebagai contoh, jika kita sering naik maskapai tertentu dengan frekuensi tertentu, maka pada jumlah tertentu kita akan mendapatkan tiket gratis. American Airline mulai menerapkannya sejak 1980-an dan menjadi pionir dalam strategi itu. Hampir semua perusahaan kartu kredit menjalankan strategi yang sama. Para penerbit menawarkan sejumlah poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah jika pembelanjaan dilakukan dengan kartu kredit tertentu.
Selanjutnya, membership marketing program bisa juga menjadi strategi yang digunakan oleh pemasar. Harley Davidson punya HOG (Harley Owners Group), kumpulan pencinta fanatik sepeda motor mewah Harley. Jumlah anggotanya sekarang sudah mencapai 150.000-an. Ini pun dilakukan oleh hampir semua ritel besar, misalnya Hero dengan Hero Customer Club-nya, Carrefour dengan Carrefour BCA-nya, Giant dengan Giant Citi, Alfamart dengan Aku. Ritel tersebut memberikan diskon, mulai dari 1,5-5%, kepada pemegang kartu.
Program loyalitas yang lain adalah dengan menjalankan relationship marketing. Dengan menjalankan program tersebut, kita berharap dapat mengembangkan sebuah proses perjalanan pelanggan dari suspect, prospect, first time, repeat, clients, advocates, dan akhirnya menjadi partner atas merek kita.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Analisis Lingkungan Bisnis

Visits: 15

Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya membuat analisis secara terperinci terlebih dahulu mengenai lingkungan eksternal perusahaannya sebelum melakukan ekspansi bisnis. Lingkungan itu dapat berupa lingkungan sosial, ekonomi, politik, maupun teknologi. Pembahasan yang dilakukan lebih mengarah kepada aspek makronya, meskipun dikaitkan dengan kepentingan perusahaan. Bagi pengelola toko, tentu saja harus menganggap bahwa analisis itu penting. Kedalaman dan rincinya analisis yang dilakukan tergantung dari skala dan ukuran toko.
Aspek-aspek lingkungan yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya suatu toko adalah :
Trend belanja masyarakat
Jika kita membangun suatu toko, tentu yang kita pikirkan bukan hanya barang yang akan di jual di toko, akan tetapi trend belanja disekitar toko kita pun harus dipikirkan. Mengapa? Bayangkan saja jika toko kita terletak di lingkungan kelas menengah kemudian toko kita menjual barang-barang yang bermerekterkenal dan berharga tinggi.Apakah akan laku dijual? Jelas tidak. Itulah pentingnya menganalisa trend belanja masyarakat. Agar toko kita mampu menyediakan produk yang benar-benar
dibutuhkan oleh pelanggan.
Apakah pelanggan kini lebih memperhatikan hal-hal khusus dalam berbelanja? Apakah mereka lebih menghargai mutu? Cobalah untuk mendapatkan masukan dari hal-hal diatas dengan memonitornya melalui majalah bisnis, mengamati prilaku pelanggan toko anda, atau menganalisis laporan penjualan toko. Bagaimana kecenderungan berbelanja suatu keluarga yang kedua orangtuanya bekerja? Apakah para ibu lebih suka berbelanja barang tertentu dibandingkan ayahnya? Berapa kali dalamseminggu seorang ibu berbelanja?
Begitulah, banyak sekali pertanyaan yang akan membimbing kita untuk mengetahui gaya belanja suatu masyarakat. Dengan mengetahui gaya belanja ini, maka kita dapat membuat suatu segmentasi pasar untuk toko kita. Dari segmentasi yang dibuat, maka target dan positioning toko kita pun akan terdeskripsikan. Dan pada akhirnya Toko aakan mendapatkan pendapatan yang maksimal.
Perekonomian
Faktor ekonomi memiliki dampak berantai terhadap bisnis yang kita jalankan. Nilai tukar berubah, maka kemungkinan haraga barang di toko anda pun ikut berubah. Harga bahan bakar naik,maka tentu anda harus menghitung ulang pembelian anda. Jika daya beli pelanggan bergeser, maka anda pun harus cerdik memperlakukan harga barang anda.
Karena itu, perubahan perekonomian nasional bahkan mungkin global, tergantung dari skala bisnisnya, harus selalu diamati untuk pengambilan keputusan strategis bisnis kita.
Sebagai contoh jika anda akan membuka cabang baru di suatu tempat. Investasi membuka cabang baru memakan biaya yang tidak sedikit. Mungkin saja anda harus meminjam dana ke bank untuk ekspansi cabang baru anda. Jika anda tidak memahami kondisi perekonomian terkini, misalnya suku bunga pinjaman, inflasi, dan sebagainya, bisa jadi dana pinjaman anda hilang begitu saja. Toko baru anda tidak berkembang, sementara anda harus membayar cicilan. Akhirnya hal ini dapat membahayakan
bisnis anda.
Kebijakan Pemerintah
Jangan sekali-kali mengabaikan aspek kebijakan pemerintah. Kebijakan impor barang, peraturan perpajakan, zonasi pasar modern, upah minimum,dan lain-lain harus anda perhatikan.Kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan bisa menguntungkan bisnis anda, tapi kadang-kadang juga akan membuat anda kesulitan. Akan tetapi suka atau tidak suka, mau atau tidak mau hal ini harus dilakukan demi keamanan dan kelancaran bisnis toko kita.
Apa hubungannya kebijakan pemerintah dengan keamanan toko kita? Ok, anggap saja jika anda mengabaikan kebijakan pemerintah mengenai upah minimum. Anda membayar kayawan anda dibawah upah minimum yang ditetapkan pemerintah. Bisa jadi toko anda akan didemonstrasi, entah dengan cara dibajak, atau bahkan mungkin barang-barang anda dicuri oleh karyawan anda sendiri. Sangat jelas tidak aman.

Teknologi
Perubahan-perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi, khususnya tenologi informasi dan komunikasi sangatlah cepat. Orang menyebutnya double phenomenon karena pertumbuhannya selalu berlipat dua. Bagi peritel, pengaruh perkembangan teknologi ini sangat signifikan bagi operasional toko. Arah perubahan perangkat teknologi pada industri ritel membuat operasi toko menjadi lebih efisien, cepat, dan seringkali lebih murah. Teknologi yang mempengaruhi operasional toko meliputi Point Of Sales, software pembayaran elektronik, manajemen database pelanggan, software inventory, dsb.
Trend Industri
Trend industri ini mencakup perkembangan dunia ritel yang kita jalani,misalnya format-format toko yang saat ini sedang trend, pola distribusi,pola pelayanan pelanggan, desain warna toko, trend teknologi, dsb.
Persaingan
Pengelolaan bisnis ritel disatu sisi memiliki prospek yang baik,karena potensi pasarnya yang sangat besar. Namun dalambisnis apapaun, ungkapan “ada gula ada semut” selalu terjadi. Jika ada suatu bisnis yang menguntungkan, maka dengan cepat akan muncul pelaku-pelaku bisnis baru yang ikut terjun.
Tingi rendahnya intensitas persaingan akan mempengaruhi mulus tidaknya bisnis yang kita jalankan. Amatilah pesaing-pesaing baru maupun lama, mulai dari strategi promosi mereka, hingga produk-produk yang mereka jual. Semuanya akan membantu anda mengevaluasi strategi anda. Kemenangan dalam persaingan adalah mereka yang memiliki informasi dan menyusun strategi yang tepat berdasarkan informasi tersebut.
Kesemua faktor-faktor tersebut berada diluar kekuasaan kita, namun demikian, dengan menganalisa hal-hal tersebut, kita dapat meraih peluang bagi bisnis yang kita jalankan. Dan dari hasil analisis pun kita juga dapat mengantisipasihal-hal buruk yang bisa mengganggu operasional toko kita.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Sikap-sikap Mendasar Dalam Melayani Customer

Visits: 23

Setiap Karyawan wajib memberikan Pelayanan dengan menempatkan diri sebagai konsultan kepada seluruh Customer yang masuk ke dalam toko. Sikap seorang karyawan adalah cerminan sikap perusahaan terhadap pelanggannya. Jika karyawan itu buruk dalam hal pelayanan pelanggan, maka buruklah citra perusahaan di mata pelanggan, demikian pula sebaliknya. Untuk itu perlu diberitahukan kepada para karyawan mengenai sikap-sikap mendasar dalam pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Secara umum, sikap mendasar dalam pelayanan yang baik terhadap customer adalah :
1. Santai :
Menggunakan bahasa yang tidak formal, sesuai dengan karakter customer yang sedang dilayani.
Menunjukkan sikap percaya diri
Mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan friendly
2. Memprioritaskan pelayanan kepada customer dibandingkan dengan aktifitas lain.
3. Sikap tidak memaksakan kehendak.
4. Informatif
Wajib memberikan informasi mengenai:
Identitas diri
keunggulan produk,
promosi yang sedang berjalan
5. Selalu menunjukkan sikap siap melayani setiap waktu.
Hal-hal yang dianggap tidak menunjukkan sikap melayani adalah :
Menerima atau memainkan Telephon / Handphone di lapangan
Sikap acuh tak acuh
Bercanda dan bergerombol dengan sesama karyawan
Bersandar di gondola
Sikap berpangku tangan
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Alexa Rank Membantu Kemajuan Bisnis Online Anda

Visits: 15

Anda pasti sudah tahu tentang ranking Alexa , dan tentunya juga tahu tentang arti pentingnya ranking Alexa dalam popularitas suatu website. Suatu website dikatakan memiliki popularitas bagus jika nilai rankingnya kecil. Semakin kecil nilai ranking Alexa suatu website, maka website itu dipastikan memiliki pembaca yang banyak. Lalu apa hubungannya ranking Alexa dengan online bisnis ?
Well, ini ada hubungannya dengan marketing. Seperti anda ketahui bahwa suatu bisnis agar tetap bertahan dan bahkan bisa berkembang tentunya harus memiliki pembeli yang banyak. Dan tahap agar memperoleh pembeli yang banyak ini adalah melalui aktifitas marketing. Hukum ini pun berlaku pada bisnis online, terutama bisnis yang berbasis online review, online ads, maupun E-commerce sekalipun.
Logikanya, semakin banyak pengunjung website, maka akan semakin besar peluang para advertiser untuk memasang iklan di website tersebut. Tentunya, apabila ada iklan yang dipasang maka ada income yang diterima.
Dari sisi E-Commerce, ranking Alexa yang bagus menandakan bahwa banyak customer yang berbelanja di toko online tersebut. Jika banyak yang berbelanja tentunya menandakan bahwa toko online tersebut memang terpercaya, dan hal ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi pengunjung yang berbelanja.
Jadi apabila anda adalah seorang pebisnis online, online marketer, ataupun blogpreneur, maka jangan kesampingkan mengenai arti pentingnya Alexa rank. Alexa toolbar dalam web browser anda adalah suatu keharusan untuk memonitor perkembangan blog anda. Dan perlu diingat bahwa banyak cara untuk meningkatkan peringkat Alexa, salah satunya adalah dengan network marketing.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Daftar Blog Dofollow Berbahasa Inggris

Visits: 42

Sebagai seorang network marketer, ataupun blogpreneur, tentunya anda sudah tahu tentang pentingnya pengaruh backlink terhadap popularitas suatu website/blog. Penyebaran link melalui komentar-komentar di blog punya orang lain diibaratkan menyebarkan dan menginformasikan merk satu produk ke masyarakat. Yang harus dipikirkan sekarang tinggal menentukan pasar mana yang akan di bidik. Pasarlokal, atau pasar global.
Demikian halnya dengan marketing suatu blog. Pasar pembaca mana yang akan diraih. Jika pasar lokal, tentunya anda menyebarkan link ke blog-blog lokal. Tapi jika ingin menyasar pasar global, blog anda ingin dibaca dan dilihat oleh seluruh dunia, maka sudah semestinya anda menginformasikan keberadaan blog anda ke seluruh dunia. Salah satunya adalah dengan cara menyebarkan link melalui komentar-komentar di blog yang internasional, atau setidaknya berbahasa universal yaitu Bahasa Inggris. Dan penting untuk digarisbawahi, karena sasaran pasar anda adalah global, maka kredibilitas pun akan menentukan popularitas blog anda. Karena itu, usahakan untuk memberikan komentar yang berkualitas, yang menunjukan identitas blog anda, dan jangan memberikan komentar yang bersifat spam.
Untuk membantu anda dalam mencari backlink dipasar internasional, berikut ini adalah alamat-alamat blog berbahasa asing yang bisa anda kunjungi :
http://www.reachschools.org
http://www.jugglingart.org
http://www.dwarfhammies.org/
http://www.bevelyn.info/
http://www.maselino.com/
http://www.bluemountainslandscaping.com/
http://osoolnews.com/
http://siteforeviews.co.cc/
http://www.getreviews.web.id/
http://huppekee.net/
http://www.watchv-online.com/
http://www.diamondtoolschina.com/
http://shelffi.org/
http://humaniraid.com/
http://www.braziliancowboy.com/
http://gh388.com/
http://citymind.net/
http://swoyersville.org/
http://alaskanwindindustries.com/
http://i-foal.com/
http://galacticdestruct.com/
http://aidezmonpc.net/
http://www.gepeco.com/
http://www.seobythesea.com/
http://www.buzzmarketingwithblogs.com/
http://bytesizecss.com/
http://blog.astrumfutura.com/
http://www.canadienseneurope.org/
http://timwindsor.com/
http://wpcult.com/
http://www.mouthpiecesports.com/blog/
http://blog.dmbcllc.com/
http://blog.vrplumber.com/
http://www.knrn.org/
http://www.deardrmoz.com/
http://www.gravitycube.net/blog/
http://justaddwater.dk/
http://www.rebeccawalker.com/blog/
http://incsub.org/awards/
http://sciencethatmatters.com/
http://www.rickyjordan.com/
http://blogs.nashuatelegraph.com/
http://alemsys.com/
http://seolutions.net/blog/
http://rumahabi.com/
http://elleeseymour.com/
http://larholm.com/
http://aimee.mychores.co.uk/
http://pitchinvasion.net/
http://www.thevirtualhandshake.com/blog/
http://www.steverenner.com/
http://www.jankoatwarpspeed.com/
http://brownsista.com
http://www.lifeinthefastlane.ca/
http://www.barrywise.com/
http://www.blogsthatfollow.com/
http://comedyplus.blogspot.com/
http://www.randomhacks.net/articles/
http://www.marketing-results.com.au/blog/
http://www.wordpressmax.com/
http://www.howtowakeupearly.com/
http://heiseidemocracy.com/
http://polygeek.com/
http://kid666.com/
http://www.blueverse.com/
http://www.kthread.com/kthread/
http://lillieammann.com/blog/
http://www.stomperblog.com/
http://thesisthemehq.com/
http://heiseidemocracy.com/
http://www.communityspark.com/
http://www.marketingblagger.com/
http://snoo.ws/
http://www.junkdrawerblog.com/
http://www.growsmartmaine.org/blog/
http://www.thisclassicallife.com/weblog/
http://www.costpernews.com/
http://blog.edendevelopment.co.uk/
http://creativity-unleashed.net/
http://www.pqinternet.com/
http://linguisticszone.blogspot.com/
http://moviesatmidnight.blogspot.com/
http://workathomemomrevolution.blogspot.com/
http://designadaptations.com/
http://kikolani.com/
http://www.techjaws.com/
http://www.extremejohn.com/
http://wnagele.com/
http://omnipotentpoobah.com/
http://www.bluehatseo.com/
http://selberg.org/
http://www.drownradio.com/
http://omgpittsburgh.com/
http://www.lifeintherough.com/
http://www.phpcafe.net/blog/
http://www.scrapscene.com/
http://mommyknows.com/
http://movieblog.iheartmovies.com/
http://www.leofogarty.com/
http://blog.achille.name/
http://exclusive-executive-resumes.com/
http://www.articlesnatch.com/blog/
http://comedyplus.blogspot.com/
http://www.lifeintherough.com/
http://www.emomsathome.com/blog/
http://kansha-shite.blogspot.com/
http://www.feverishthoughts.com/
http://www.jhsiess.com/
http://linguisticszone.blogspot.com/
http://alohateam.com/
http://blogs.speech-writers.com
http://tycoonblogger.com/
http://dotcommogul.net/
http://blog.webdirectory.si/
http://www.powerdosh.com/
http://slightlymordant.com/
http://www.wallpaperstop.com/
http://dofollow.radpixels.com/blog/
http://danemorgan.com/
http://bloggeruniversity.blogspot.com/
http://www.popcornninja.com/
http://positivevibesseo.com/
http://www.blogjer.com/
http://www.itsfrugalbeinggreen.com/
http://isuman.blogspot.com/
http://potpolitics.com/
http://www.dannydouglass.com/
http://www.zabadani.net/
http://wassupblog.com/
http://www.freyer.com/
http://www.asimkins.co.uk/blog/
http://www.pinksy.co.uk/
http://blog.ruski.co.za/
http://www.xlevel.org.uk/
http://nicusor.com/
http://gathadams.com/
http://blog.fiberdreams.com/
http://www.inkatel.com/
http://www.blackwaterblog.com/
http://www.rosshetherington.com/
http://www.jonlee.ca/
http://hterry.com/
http://hoysater.no/oyvind/
http://www.goddiscussion.com/
http://mrdefinite.com/
http://menstrualpoetry.com/
http://www.themadhat.com/
http://www.kiwibloke.org/
http://paulamooney.blogspot.com/
http://leaveamerica.info/
http://www.powerdosh.com/
http://webatlantis.org/
http://www.jonespc.com/
http://gotraveller.blogspot.com/
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Mengapa Pelayanan Yang Baik Jarang Diperoleh oleh Konsumen?

Visits: 10

Salah satu kunci terbesar untuk meraih keberhasilan jangka panjang adalah dari kalimat sederhana ini : pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan. Akan tetapi anda tentu sependapat dengan saya bahwa pelayanan yang baik itu sangat jarang kita peroleh. Mengapa? Pada dasarnya hal ini disebabkan oleh tiga hal :
1. Para karyawan tidak memahami dasar-dasar pelayanan. Acapkali para karyawan ditugaskan untuk melaksanakan pekerjaannya tanpa lebih dulu memahami secara jelas hal-hal apa saja yang diperlukan untuk memenangkan dan memelihara pelanggan. Banyak bisnis yang sebenarnya potensial menjadi gulung tikar hanya karena karyawannya tidak terlalu mengetahui masalah pentingnya pelayanan pelanggan.
2. Saat kontak – saat genting yang bisa menciptakan atau merusak bisnis – tidak dikenali dan ditangani dengan baik. Setiap kali seorang pelanggan melakukan suatu kontak dengan seorang duta perusahaan misalnya sales atau pramuniaga toko, maka ia akan diliputi oleh perasaan senang atau tidak senang terhadap kontak tersebut. Bgaimana seorang karyawan menangani saatkontak tersebut setiap hari; itulah yang memnenetukan keberhasilan bisnis tersebut di masa mendatang. Kontak yang berkesan dan menyenangkan pelanggan akan membuat mereka “terbeli” hatinya, dan dengan senang hati akan kembali lagi berbelanja. Dan tidak hanya itu, mereka akan menceritakan kesan baiknya kepada beberapa orang temannya. Dan ini bagus untuk memperoleh pelanggan baru yang loyal.
3. Sistem imbalan. Pelayanan yang prima meruakan barang langka, karena banyak manajer yang lalai untuk menghargai karyawannya yang telah memeberikan pelayanan extra tersebut. Yang terjadi biasanya adalah perusahaan mempekerjakan seseorang dengan gaji tetap, dan hanya memberikan sedikit atau bahkan tidak lagi memberikan imbalan atas jerih payahnya memberikan pelayanan extra terhadap pelanggan. Dan dalam iklim yang seperti itu, maka biasanya karyawan akan menjadi masa bodoh atau bahkan jengkel terhadap pelanggan. Walaupun mereka jarang menerima isyarat tersebut melalui kata-kata, namun sikap ini sangat terlihat dengan jelas oleh pelanggan. Dan bagi pelanggan, karyawan adalah perusahaan. Besar kemungkinan bahwa di masa mendatang pelanggan tersebut akan membawa uangnya untuk berbelanja di tempat lain. Oleh karena itu sistem imbalan yang dirancang dengan baik sangat penting untuk mendukung keberlangsungan hidup bisnis yang djalankan.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Pelanggan Yang Baik Yang Merusak Bisnis Anda

Visits: 73

Saya adalah seorang pelanggan yang baik. Anda semua tentu mengenal saya. Saya adalah pelanggan yang tak pernah mengeluh; entah bagaimana pun bentuk pelayanan yang saya terima.
Bila masuk ke sebuah restoran, maka saya akan duduk tenang sementara para pelayan mengobrol dan tak ambil pusing untuk menanyakan apakah sudah ada yang datang untukmengambilpesanan saya. Kadang-kadang serombongan orang yang datang setelah saya lebih dulu dilayani, tapi saya tidak mengeluh. Saya hanya menunggu.
Dan bila masukke sebuah toko untuk membeli sesuatu, saya tidakmau membuat orang lain susah. Saya berusaha untuk memahamiorang lain. Jika seorang pelayan yang bertingkah menjadi tersinggung, karena sebelum mengambil keputusan saya harus melihat dulu berbagai barang yang dipajang, maka saya berusaha untuk bersikap sopan. Saya tidak percaya bahwa kasar harus dibalas dengan kasar.
Beberapa waktu yang lalu saya berhenti di sebuah pompa bensin dan harus menunggu sampai hampir lima menit. Dan ketika pelayan melayani saya,bensin yang diisinya muncrat ke kaca mobil saya, lalu ia mengelapnya dengan kain yang berminyak. Apakah saya mengeluh atas pelayanan itu ? Tidak, saya hanya diam saja. Saya tidak pernah memaksa,saya tidak pernah merengek. Dan tak pernah terbayangkan oleh saya bahwa saya akan menjadi tontonan di tempat umum. Saya rasa hal itu adalah kurang pantas, tapi saya diam saja, karena saya adalah pelanggan yang baik. Dan anda mau tahu lagi siapa diri saya ini?
SAYA ADALAH PELANGGAN YANG BAIK YANG TAK AKAN PERNAH KEMBALI BERBELANJA DI TEMPAT-TEMPAT TERSEBUT!
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.