Category Archives: wirausaha

Apakah Penjual Perlu Memiliki Blog?

Visits: 54

Seorang salesman tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan menjual, teknik berkomunikasi yang baik saja. Seorang penjual pun harus memiliki personality yang baik dan kreatifitas yang tinggi. Seorang salesman hasur memilki berbagai kemampuan yang komplek sehingga dapat memudahkan dirinya dalam mendekati dan memenangkan hati calon pelanggannya.
Seorang salesman yang bergerak door to door, ia akan berpakaian rapi dan sopan ketika menemui pelanggan. Dan ia akan selalu menunjukkan bahwa ia dapat mengkomunikasikan produk yang dijualnya. Akan tetapi hal itu tidaklan cukup, faktanya hampir semua salesman door to door tidak mendapatkan penjualan pada pertemuan pertamanya dengan pelanggan. Ada banyak kemungkinan bahwa calon pembeli belum bersedia membeli produk yang ditawarkannya, misalnya calon pembeli belum membutuhkan barang tersebut, calon pembeli belum memahami manfaat barang tersebut, atau calon pembeli belum mempercayai salesman tersebut.
Disinilah kreatifitas seorang salesman harus berjalan dengan baik. Di era teknologi internet ini, hampir semua orang tidak lepas dari pencarian informasi di internet. Oleh karena itu, salesman pun harus memanfaatkan internet untuk membantu calon pelanggan yang mencari informasi tentang dirinya atau produk yang dimilikinya. Bisa jadi, ketika seorang salesman pergi meninggalkan rumah calon pembeli; dan belum melakukan pembelian; calon pelanggan ini langsung membuka komputernya untuk mengetahui reputasi salesman tersebut dan produk yang dijualnya. Untuk itulah salesman harus siap mengantisipasinya. Salesman harus memiliki blog pribadi.
Bagaimana memulai membuat blog?
Kita akui bahwa tidak semua salesman paham tentang masalah blog ini. Dari sisi perencanaan, dan konten blog mungkin ia punya gambaran. Tapi bagaimana dengan design web? Salesman tidak semuanya paham mengenai desain web. Well, tidak perlu design blog yang rumit, blog dengan platform wordpress adalah lebih dari cukup. WordPress adalah platform blog yang banyak digunakan untuk merepresentasikan seseorang. .Jangan takut! Internet menyediakan banyak hal termasuk masalah custom wordpress theme development. Apa yang diinginkan oleh salesman dalam blognya dapat diwujudkan melalui pengembang ini.
Blog adalah sarana yang kratif untuk memperkenalkan diri seorang salesman. Di dalam blog tersebut berisi riwayat singkat tentang biodata salesman, manfaat produk yang dijualnya, serta testimony-testimoni para pembeli yang pernah merasakan manfaat produknya. Blog diyakini dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Bukan tidak mungkin calon pembeli akan menelpon salesman sehari kemudian setelah ia mendapatkan informasi tentang dirinya dan produknya di internet.

“Sell Any”, Jangan “Sell Anything” !

Visits: 25

Untuk menjadi pebisnis yang sukses diperlukan kerja keras dan disiplin yang tinggi. Kerja keras pun diawali oleh datangnya suatu kesempatan yang mungkin saja datangnya tak terduga. Seorang pebisnis yang sukses akan selalu memiliki sesuatu hal yang istimewa yang dijualnya kepada para pelanggannya. Dan itu adalah sesuatu yang disebut “sell any”.
Berbeda dengan “sell any”, “sell anything” berarti menjual apa saja. Apa saja ia jual dengan tujuan untuk mendapatkan uang.  Ini tidak salah, namun ini akan berdampak pada kualitas dan tidak meningkatnya nilai jual bisnis kita di mata para konsumen. Kenapa? karena kita tidak memiliki sesuatu hal yang istimewa. Para konsumen tidak akan mengingat atau bahkan tidak mengetahui apa istimewanya bisnis kita.
lalu mana yang kita pilih? Seorang pebisnis yang memikirkan masa depan dan pertumbuhan bisnis jangka panjang, maka ia akan memilih “sell any”. Ia akan memfokuskan untuk menjual sesuatu yang ia rasa sangat special, memiliki nilai manfaat yang lebih untuk konsumennya. Ia berharap bahwa sesuatu yang ia jual tersebut akan menjadi  dominan dan memiliki tempat tersendiri di pasar.
Bisa saja pebisnis awal akan melakukan “sellanything” sebelum melangkah ke “sell any”. Perlu proses yang sangat panjang untuk mentransformasikan prinsip bisnis dari “sell anything” ke ‘sell any”. bahkan mungkin perlu waktu yang sangat lama untuk menuju hal itu. Karena “sell any” adalah menjual sesuatu yang special, yang pada prosesnya membutuhkan inspirasi, pengalaman, eksperimen, dan ide kreatif.