Category Archives: entrepreneurship

Pelayanan Pelanggan Adalah Suatu Investasi

Visits: 41

Harry Bullis, mantan presiden komisaris General Mills, menganjurkan para wiraniaganya agar melupakan penjualan dan memusatkan perhatian dalam menyajikan pelayanan. Seperti yang dikatakan Bullis, jika setiap kali bangun pagi, anda mulai dengan berkata dalam hati bahwa “saya ingin menolong orang sebanyak mungkin hari ini”, alih-alih, “Saya ingin membuat penjualan sebanyakmungkin penjualan hari ini” maka anda akan merasakan bahwa pendekatanyang anda lakukan terhadap pembeli akan lebih mudah dan lebih terbuka, dan sekaligus anda akan bisa membuat lebih banyak penjualan. Mereka yang berangkat dari kesadaran untuk menolong sesamanya agar memperoleh hidup yang lebih bahagia dan dan lebih mudah, berarti sedang melaksanakan suatu bentuk kewiraniagaan yang paling sempurna.
Hal yang lebih baik dari prinsip penjualan itu ternyata juga merupakan prinsip penjualan yang paling ampuh. Cepat atau lambat, uang dan kepuasan yang anda peroleh akan sebanding dengan pelayanan yang telah anda berikan kepada orang lain. Pada suatu kesempatan, apa yang anda peroleh mungkin lebih sedikit dari yang anda berikan. Tapi pada kesempatan lain, anda akan merasakan hal yang sebaliknya. Karena itu cepat atau lambat, semua akan menjadi seimbang. Apa yang anda tanam, maka itulah yang akan anda tuai.
Pelayanan yang baik yang anda berikan kepada orang lain akan anda rasakan hasilnya bebrapa waktu kemudian. Karena itu, pelayanan boleh dibilang sebagai suatu investasi bagi bisnis toko retail. Hidup dan matinya toko retail dalam jangka panjang bergantung kepada pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya. Pelayanan pelanggan yang baik akan menciptakan loyalitas pelanggan, dan pelanggan loyal adalahsumber pundi-pundi uang untuk bisnis retail yang kita jalankan.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Melindungi Agar Karyawan Anda Tidak Dibajak Oleh Pesaing Anda

Visits: 26

Bisnis toko retail adalah bisnis yang penuh dengan persaingan. Persaingan yang terjadi bukan hanya dalam rangka meraih profit dan pelanggan sebanyak-banyaknya, tetapi juga dalam rangka memperoleh karyawan yang berkualitas.
Setiap toko retail mengandalkan karyawan garis depan atau para pramuniaga untuk meraih pelanggan loyalnya. Para pramuniaga ini berperan sebagai brand ambassador, dimana image perusahaan dicerminkan oleh sikap para pramuniaga ini dalam menangani dan berinteraksi dengan pelanggan. Oleh karena itu, suatu toko retail modern yang sudah memahami arti pentingnya peran seorang pramuniaga akan selalu merekrut karyawan-karyawan yang memiliki semangat yang tinggi dalam hal melayani. Selain itu, mereka juga menyediakan pelatihan-pelatihan dasar mengenai pelayanan pelanggan sebelum terjun ke dunia nyata.
Namun berhubung biaya pelatihan pelayanan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, ada kalanya suatu perusahaan mengambil jalan pintas untuk merekrut karyawan yang sudah terlatih dari perusahaan lain. Hal ini dinamakan dengan istilah pembajakan karyawan.
Secara hukum, pembajakan seperti ini adalah sah, namun tentunya kerugian berpihak pada perusahaan yang karyawannya dibajak. Untuk itu melindungi kerugian besar akibat pembajakan karyawan, suatu perusahaan perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Kesejahteraan
Setiap orang bekerja untuk memperoleh kesejahteraan, baik untuk dirinya maupun untuk keluarganya. Parameter kesejahteraan yang mudah dilihat adalah gaji. Suatu hal yang alami bahwa setiap orang akan mencari gaji yang setinggi-tingginya, sedangkan perusahaan akan membayar gaji seminimal mungkin. Agar karyawan tidak berpindah ke tempat lain, maka perlu untuk dibuat perhitungan gaji yang proporsional, sesuai dengan tugasdan tanggung jawabnya. Jabatan dan pengalaman juga perlu menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan gaji.
Pengaturan bonus dan tunjangan pun harus dibuat sedemikian rupa agar karyawan merasa betah di perusahaan. Review secara berkala mengenai pengaturan gaji, bonus, dan tunjangan ini sehingga keresahan karyawan untuk berpindah tempat kerja dapat diredam.
2. Keamanan dan Keselamatan Kerja
Selain kesejahteraan, faktor keamanan dan keselamatan kerja pun sangat penting untuk diperhatikan agar karyawan tidak berpindah ke tempat kerja lain. Bayangkan jika seorang pegawai pembersih kaca gedung bertingkat tidak dibekali dengan peralatan keselamatan! Walaupun bergaji tinggi, tentunya karyawan tidak mau mengorbankan nyawanya dengan percuma. Bayangkan juga jika suatu toko retail tidak dilengkapi dengan brankas. Bagaimana karyawan toko menyimpan/mengamankan uang hasil penjualan jika tidak ada brankas? Padahal mereka bertanggung jawab untuk keamanan uang hasil penjualan. Mereka akan meninggalkan perusahaan karena tanggung jawabnya tidak didukung oleh keamanan dan keselamatan yang disediakan oleh perusahaan.
3. Interaksi Sosial/Hubungan Kerja
Interaksi sosial antar karyawan, karyawan dengan atasan, ataupun karyawan dengan bawahannya mempengaruhi betah atau tidaknya karyawan tersebut tinggal di perusahaan. Hubungan baik antar karyawan akan memberikan ikatan emosional yang kuat diantara mereka, sehingga mereka akan merasa berat hati untuk meninggalkan perusahaan. Perasaan berat hati ini akan memberikan pemikiran bahwa belum tentu mereka akan menikmati suasana dan hubungan kerja seperti ini di tempat lain.
Faktor leadership seorang atasan juga termasuk dalam interaksi sosial ini. Pemimpin yang otoriter dan terlalu mengekang bawahannya akan membuat mereka menjadi tidak betah. Pemimpin harus memberikan keseimbangan dalam rangka membina hubungan komunikasi dan interaksi sosial diantara para karyawan. Kebijakan-kebijakan yang dibuat seorang pemimpin harus dapat mendukung dan memperhatikan tingkat kepuasan bawahannya.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar karyawan tidak berpindah ke tempat lain, dan semuanya itu harus tercantum dalam kontrak kerja karyawan, sehingga mereka memahami hak dan kewajibannya.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Brand Loyalty

Visits: 16

Sebagai pemasar, kita semua tahu, konsep brand loyalty sebenarnya merupakan ukuran keterikatan pelanggan terhadap sebuah merek. Ukuran tersebut mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek lain, terutama jika didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga atau atribut lainnya, pada merek dimaksud. Menurut Henry Assael , loyalitas terhadap merek merupakan hasil dari keputusan yang berulang-ulang dan kuatnya komitmen terhadap suatu merek.
Seorang pelanggan yang sangat loyal kepada suatu merek tidak akan dengan mudah memindahkan pembeliannya ke merek lain, apapun yang terjadi dengan merek itu. Dan, apabila kesetiaan meningkat, maka kerentanan pelanggan terhadap serangan atau ancaman merek lain tak perlu dikhawatirkan.
Mengapa demikian? Pelanggan loyal umumnya sulit dipengaruhi walau dihadapkan pada banyak merek alternatif. Tetapi, tidak sedikit pelanggan yang akhirnya berpaling pada rayuan merek lain. Sebab, biasanya merek alternatif tersebut menawarkan karakteristik produk yang lebih unggul dari berbagai sudut atribut, seperti harga, ukuran produk, kenyamanan pemakaian, dan lain sebagainya.
Manfaat Loyalitas
Jadi, tingginya kesetiaan pelanggan amat penting bagi sebuah merek. Ada beberapa manfaat yang menguntungkan dari kesetiaan merek tersebut.
Pertama, efektivitas dan efisiensi program pemasaran. Artinya, pemasar tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak daripada merek lain karena merek yang dipasarkannya sudah berada di hati konsumen. Philips, contohnya, sedikit beriklan tetapi menjadi raja di kategori lampu listrik.
Kedua, mampu menurunkan daya tawar para perantara. Para perantara akan berada dalam posisi tawar yang lebih rendah jika dibandingkan dengan produsen sehingga mereka cenderung mengikuti dan tidak neko-neko (macam-macam). Apakah perantara atau mungkin peritel berani menolak Indomi yang sangat laris manis?
Ketiga, mampu menarik pelanggan baru. Pelanggan loyal memungkinkan untuk memengaruhi konsumen lain agar membeli merek pilihannya. Mereka bisa menjadi pembela merek tersebut melalui word of mouth, member get member, dan lain-lain. Ini yang dimanfaatkan oleh Unilever Indonesia dalam mendongkrak penjualan sabun cuci piring Sunlight.
Keempat, merek yang tingkat kesetiaan pelanggannya tinggi mempunyai zone of tolerance( Zot) tinggi pula. Maksudnya, pelanggan akan memberikan toleransi terhadap segala perubahan yang terjadi, salah satunya jika ada kenaikan harga. Berapa banyak sih pelanggan yang akan meninggalkan Pepsodent ketika harganya dinaikkan Rp 500?. Tentu lebih sedikit dibandingkan dengan merek Ciptadent. Jadi Zot konsumen terhadap merek Pepsodent lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ciptadent.
Tetapi, pengukuran loyalitas pelanggan terhadap sebuah merek juga harus dilakukan secara terus-menerus. Untuk itu, banyak cara yang bisa ditempuh.
Pertama, mengukur perilaku pelanggan menyangkut tingkat pembelian ulang, persentase pembelian, dan jumlah merek yang dibeli dalam satu kategori produk.
Kedua, dapat dilakukan dengan menghitung switching cost. Di dalamnya, meliputi berapa banyak pelanggan yang akan melakukan perpindahan pembelian, ke mana saja mereka berpindah, mengapa mereka pindah, dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus mendapatkan jawabannya.
Ketiga, pengukuran tentang komitmen pelanggan. Untuk mengukur seberapa besar komitmen pelanggan terhadap merek kita, salah satu hal yang harus dipelajari adalah mengetahui jumlah interaksi dan komunikasi terkait merek tesebut.
Meningkatkan Loyalitas
Setelah mengetahui manfaat dan langkah-langkah untuk mengukur brand loyalty, lantas bagaimana strategi pemasar untuk memelihara dan meningkatkan loyalitas tersebut? Banyak perusahaan yang menjalankan strategi frequency marketing program. Artinya, perusahaan akan memberikan suatu penghargaan jika konsumen membeli dalam frekuensi tertentu.
Sebagai contoh, jika kita sering naik maskapai tertentu dengan frekuensi tertentu, maka pada jumlah tertentu kita akan mendapatkan tiket gratis. American Airline mulai menerapkannya sejak 1980-an dan menjadi pionir dalam strategi itu. Hampir semua perusahaan kartu kredit menjalankan strategi yang sama. Para penerbit menawarkan sejumlah poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah jika pembelanjaan dilakukan dengan kartu kredit tertentu.
Selanjutnya, membership marketing program bisa juga menjadi strategi yang digunakan oleh pemasar. Harley Davidson punya HOG (Harley Owners Group), kumpulan pencinta fanatik sepeda motor mewah Harley. Jumlah anggotanya sekarang sudah mencapai 150.000-an. Ini pun dilakukan oleh hampir semua ritel besar, misalnya Hero dengan Hero Customer Club-nya, Carrefour dengan Carrefour BCA-nya, Giant dengan Giant Citi, Alfamart dengan Aku. Ritel tersebut memberikan diskon, mulai dari 1,5-5%, kepada pemegang kartu.
Program loyalitas yang lain adalah dengan menjalankan relationship marketing. Dengan menjalankan program tersebut, kita berharap dapat mengembangkan sebuah proses perjalanan pelanggan dari suspect, prospect, first time, repeat, clients, advocates, dan akhirnya menjadi partner atas merek kita.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Analisis Lingkungan Bisnis

Visits: 15

Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya membuat analisis secara terperinci terlebih dahulu mengenai lingkungan eksternal perusahaannya sebelum melakukan ekspansi bisnis. Lingkungan itu dapat berupa lingkungan sosial, ekonomi, politik, maupun teknologi. Pembahasan yang dilakukan lebih mengarah kepada aspek makronya, meskipun dikaitkan dengan kepentingan perusahaan. Bagi pengelola toko, tentu saja harus menganggap bahwa analisis itu penting. Kedalaman dan rincinya analisis yang dilakukan tergantung dari skala dan ukuran toko.
Aspek-aspek lingkungan yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya suatu toko adalah :
Trend belanja masyarakat
Jika kita membangun suatu toko, tentu yang kita pikirkan bukan hanya barang yang akan di jual di toko, akan tetapi trend belanja disekitar toko kita pun harus dipikirkan. Mengapa? Bayangkan saja jika toko kita terletak di lingkungan kelas menengah kemudian toko kita menjual barang-barang yang bermerekterkenal dan berharga tinggi.Apakah akan laku dijual? Jelas tidak. Itulah pentingnya menganalisa trend belanja masyarakat. Agar toko kita mampu menyediakan produk yang benar-benar
dibutuhkan oleh pelanggan.
Apakah pelanggan kini lebih memperhatikan hal-hal khusus dalam berbelanja? Apakah mereka lebih menghargai mutu? Cobalah untuk mendapatkan masukan dari hal-hal diatas dengan memonitornya melalui majalah bisnis, mengamati prilaku pelanggan toko anda, atau menganalisis laporan penjualan toko. Bagaimana kecenderungan berbelanja suatu keluarga yang kedua orangtuanya bekerja? Apakah para ibu lebih suka berbelanja barang tertentu dibandingkan ayahnya? Berapa kali dalamseminggu seorang ibu berbelanja?
Begitulah, banyak sekali pertanyaan yang akan membimbing kita untuk mengetahui gaya belanja suatu masyarakat. Dengan mengetahui gaya belanja ini, maka kita dapat membuat suatu segmentasi pasar untuk toko kita. Dari segmentasi yang dibuat, maka target dan positioning toko kita pun akan terdeskripsikan. Dan pada akhirnya Toko aakan mendapatkan pendapatan yang maksimal.
Perekonomian
Faktor ekonomi memiliki dampak berantai terhadap bisnis yang kita jalankan. Nilai tukar berubah, maka kemungkinan haraga barang di toko anda pun ikut berubah. Harga bahan bakar naik,maka tentu anda harus menghitung ulang pembelian anda. Jika daya beli pelanggan bergeser, maka anda pun harus cerdik memperlakukan harga barang anda.
Karena itu, perubahan perekonomian nasional bahkan mungkin global, tergantung dari skala bisnisnya, harus selalu diamati untuk pengambilan keputusan strategis bisnis kita.
Sebagai contoh jika anda akan membuka cabang baru di suatu tempat. Investasi membuka cabang baru memakan biaya yang tidak sedikit. Mungkin saja anda harus meminjam dana ke bank untuk ekspansi cabang baru anda. Jika anda tidak memahami kondisi perekonomian terkini, misalnya suku bunga pinjaman, inflasi, dan sebagainya, bisa jadi dana pinjaman anda hilang begitu saja. Toko baru anda tidak berkembang, sementara anda harus membayar cicilan. Akhirnya hal ini dapat membahayakan
bisnis anda.
Kebijakan Pemerintah
Jangan sekali-kali mengabaikan aspek kebijakan pemerintah. Kebijakan impor barang, peraturan perpajakan, zonasi pasar modern, upah minimum,dan lain-lain harus anda perhatikan.Kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan bisa menguntungkan bisnis anda, tapi kadang-kadang juga akan membuat anda kesulitan. Akan tetapi suka atau tidak suka, mau atau tidak mau hal ini harus dilakukan demi keamanan dan kelancaran bisnis toko kita.
Apa hubungannya kebijakan pemerintah dengan keamanan toko kita? Ok, anggap saja jika anda mengabaikan kebijakan pemerintah mengenai upah minimum. Anda membayar kayawan anda dibawah upah minimum yang ditetapkan pemerintah. Bisa jadi toko anda akan didemonstrasi, entah dengan cara dibajak, atau bahkan mungkin barang-barang anda dicuri oleh karyawan anda sendiri. Sangat jelas tidak aman.

Teknologi
Perubahan-perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi, khususnya tenologi informasi dan komunikasi sangatlah cepat. Orang menyebutnya double phenomenon karena pertumbuhannya selalu berlipat dua. Bagi peritel, pengaruh perkembangan teknologi ini sangat signifikan bagi operasional toko. Arah perubahan perangkat teknologi pada industri ritel membuat operasi toko menjadi lebih efisien, cepat, dan seringkali lebih murah. Teknologi yang mempengaruhi operasional toko meliputi Point Of Sales, software pembayaran elektronik, manajemen database pelanggan, software inventory, dsb.
Trend Industri
Trend industri ini mencakup perkembangan dunia ritel yang kita jalani,misalnya format-format toko yang saat ini sedang trend, pola distribusi,pola pelayanan pelanggan, desain warna toko, trend teknologi, dsb.
Persaingan
Pengelolaan bisnis ritel disatu sisi memiliki prospek yang baik,karena potensi pasarnya yang sangat besar. Namun dalambisnis apapaun, ungkapan “ada gula ada semut” selalu terjadi. Jika ada suatu bisnis yang menguntungkan, maka dengan cepat akan muncul pelaku-pelaku bisnis baru yang ikut terjun.
Tingi rendahnya intensitas persaingan akan mempengaruhi mulus tidaknya bisnis yang kita jalankan. Amatilah pesaing-pesaing baru maupun lama, mulai dari strategi promosi mereka, hingga produk-produk yang mereka jual. Semuanya akan membantu anda mengevaluasi strategi anda. Kemenangan dalam persaingan adalah mereka yang memiliki informasi dan menyusun strategi yang tepat berdasarkan informasi tersebut.
Kesemua faktor-faktor tersebut berada diluar kekuasaan kita, namun demikian, dengan menganalisa hal-hal tersebut, kita dapat meraih peluang bagi bisnis yang kita jalankan. Dan dari hasil analisis pun kita juga dapat mengantisipasihal-hal buruk yang bisa mengganggu operasional toko kita.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

10 Nilai-nilai Sam Walton

Visits: 17

Anda tentunya tahu Sam Walton, sang pendiri Wal-Mart. Bagaimana Sam Walton menjadikan Wal-Mart sebagai perusahaan yang memiliki pendapatan milyaran dollar setiap tahunnya dan menjadi salah satu perusahaan yang paling diminati? Inilah beberapa nilai-nilai yang dilakukan oleh SamWalton dalam menjalankan bisnisnya!
1. Komitmen yang tinggi pada usaha anda. Jika anda yakin dengan bisnis anda,maka cintailah ia dan tunjukkan bahwa anda selalu melakukan yang terbaik.Kecintaan ini akan membuat anda antusias dalam bekerja, dan rasa antusiasme ini akan menular kepada lingkungan anda.
2. Berbagi keuntungan dengan seluruh karyawan, dan perlakukan mereka sebagai mitra. Dan jadilah orang yang menghargai bagaimana kemitraan itu harus terus diwujudkan.
3. Berikan motivasi pada mitra anda. Uang dan kepemilikan tidaklah cukup. Anda harus selalu mencari cara-cara baru yang inovatif untuk memotivasi dan memberi tantangan pada mereka. Buat sasaran yang tinggi,dorong persaingan dan tetaplah memberikan evaluasi.
4. Berkomunikasi sebanyak mungkin pada mitra anda. Semakin banyak mereka tahu, semakin mereka memahami perusahaan. Semakin mereka memahami perusahaan, maka mereka akan semakin perhatian pada perusahaan. Jika anda tidak percaya pada mitra anda atas sesuatu yang terjadi, maka giliran mereka tahu, mereka akan menganggap anda tidak menghargai mereka sebagai mitra.
5. Hargai semua yang dilakukan karyawan anda. Selain memberikan uang dan kesempatan memiliki saham agar karyawan loyal, ia harus dihargai. Setiap orang selalu suka bila diberitahu bahwa seseorang menghargai pekerjaannya. Selalulah memberikan pujian, itu semua tidak memerlukan biaya dan bermanfaat untuk masa depan.
6. Rayakan kesuksesan anda. Cobalah temukan sisi humoris dari kegagalan anda. Jangan terlalu dianggap serius, dan cobalah untuk santai. Jika anda santai,maka orang di sekitar anda akan santai juga. Bersenang-senanglah, dan selalu untuk menunjukan antusiasme.
7. Dengarkan setiap orang di perusahaan anda. Cobalah usahakan agar mereka dapat bicara. Apalagi mereka yang ada di barisan depan, karena mereka yang selalu berhadapan dengan pelanggan, dan mengetahui lebih banyak. Inilah total quality sesungguhnya, dimana anda mendorong tanggung jawab dan mencoba untuk memberitahukan kepada anda apa yang sedang terjadi.
8. Lebihkan harapan pelanggan anda. Jika anda lakukan itu, maka mereka akan terus kembali dan kembali lagi. Berikan mereka apa yang mereka inginkan dan tambah sedikit lagi. Tunjukkan bahwa anda sangat menghargai mereka. Akui semua kesalahan anda dan jangan mencari alasan, segeralah meminta maaf.
9. Awasi biaya anda. Karena dari sinilah salah satu sumber keunggulan bersaing peritel. Anda masih sempat melakukan beberapa kesalahan dan tetap bisa menjalankan bisnis jika anda beroperasi dengan efisien.
10. Cobalah melawan arus. Cobalah cari jalan yang berbeda. Kalau semuaorang melakukan satu cara yang sama, maka ini adalah kesempatan bagi anda untuk mencari keuntungan dengan cara yang berbeda
Itulah nilai-nilai yang diwariskan Sam Walton untuk pengembangan bisnis retail anda. Semoga nilai-nilai ini dapat menular kepada anda.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.
Diolah dari buku Sam Walton: Made In America, My Story, co-authored by J.Huey, Doubleday

Sikap-sikap Mendasar Dalam Melayani Customer

Visits: 23

Setiap Karyawan wajib memberikan Pelayanan dengan menempatkan diri sebagai konsultan kepada seluruh Customer yang masuk ke dalam toko. Sikap seorang karyawan adalah cerminan sikap perusahaan terhadap pelanggannya. Jika karyawan itu buruk dalam hal pelayanan pelanggan, maka buruklah citra perusahaan di mata pelanggan, demikian pula sebaliknya. Untuk itu perlu diberitahukan kepada para karyawan mengenai sikap-sikap mendasar dalam pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Secara umum, sikap mendasar dalam pelayanan yang baik terhadap customer adalah :
1. Santai :
Menggunakan bahasa yang tidak formal, sesuai dengan karakter customer yang sedang dilayani.
Menunjukkan sikap percaya diri
Mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan friendly
2. Memprioritaskan pelayanan kepada customer dibandingkan dengan aktifitas lain.
3. Sikap tidak memaksakan kehendak.
4. Informatif
Wajib memberikan informasi mengenai:
Identitas diri
keunggulan produk,
promosi yang sedang berjalan
5. Selalu menunjukkan sikap siap melayani setiap waktu.
Hal-hal yang dianggap tidak menunjukkan sikap melayani adalah :
Menerima atau memainkan Telephon / Handphone di lapangan
Sikap acuh tak acuh
Bercanda dan bergerombol dengan sesama karyawan
Bersandar di gondola
Sikap berpangku tangan
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Alexa Rank Membantu Kemajuan Bisnis Online Anda

Visits: 15

Anda pasti sudah tahu tentang ranking Alexa , dan tentunya juga tahu tentang arti pentingnya ranking Alexa dalam popularitas suatu website. Suatu website dikatakan memiliki popularitas bagus jika nilai rankingnya kecil. Semakin kecil nilai ranking Alexa suatu website, maka website itu dipastikan memiliki pembaca yang banyak. Lalu apa hubungannya ranking Alexa dengan online bisnis ?
Well, ini ada hubungannya dengan marketing. Seperti anda ketahui bahwa suatu bisnis agar tetap bertahan dan bahkan bisa berkembang tentunya harus memiliki pembeli yang banyak. Dan tahap agar memperoleh pembeli yang banyak ini adalah melalui aktifitas marketing. Hukum ini pun berlaku pada bisnis online, terutama bisnis yang berbasis online review, online ads, maupun E-commerce sekalipun.
Logikanya, semakin banyak pengunjung website, maka akan semakin besar peluang para advertiser untuk memasang iklan di website tersebut. Tentunya, apabila ada iklan yang dipasang maka ada income yang diterima.
Dari sisi E-Commerce, ranking Alexa yang bagus menandakan bahwa banyak customer yang berbelanja di toko online tersebut. Jika banyak yang berbelanja tentunya menandakan bahwa toko online tersebut memang terpercaya, dan hal ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi pengunjung yang berbelanja.
Jadi apabila anda adalah seorang pebisnis online, online marketer, ataupun blogpreneur, maka jangan kesampingkan mengenai arti pentingnya Alexa rank. Alexa toolbar dalam web browser anda adalah suatu keharusan untuk memonitor perkembangan blog anda. Dan perlu diingat bahwa banyak cara untuk meningkatkan peringkat Alexa, salah satunya adalah dengan network marketing.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

Daftar Blog Dofollow Berbahasa Inggris

Visits: 42

Sebagai seorang network marketer, ataupun blogpreneur, tentunya anda sudah tahu tentang pentingnya pengaruh backlink terhadap popularitas suatu website/blog. Penyebaran link melalui komentar-komentar di blog punya orang lain diibaratkan menyebarkan dan menginformasikan merk satu produk ke masyarakat. Yang harus dipikirkan sekarang tinggal menentukan pasar mana yang akan di bidik. Pasarlokal, atau pasar global.
Demikian halnya dengan marketing suatu blog. Pasar pembaca mana yang akan diraih. Jika pasar lokal, tentunya anda menyebarkan link ke blog-blog lokal. Tapi jika ingin menyasar pasar global, blog anda ingin dibaca dan dilihat oleh seluruh dunia, maka sudah semestinya anda menginformasikan keberadaan blog anda ke seluruh dunia. Salah satunya adalah dengan cara menyebarkan link melalui komentar-komentar di blog yang internasional, atau setidaknya berbahasa universal yaitu Bahasa Inggris. Dan penting untuk digarisbawahi, karena sasaran pasar anda adalah global, maka kredibilitas pun akan menentukan popularitas blog anda. Karena itu, usahakan untuk memberikan komentar yang berkualitas, yang menunjukan identitas blog anda, dan jangan memberikan komentar yang bersifat spam.
Untuk membantu anda dalam mencari backlink dipasar internasional, berikut ini adalah alamat-alamat blog berbahasa asing yang bisa anda kunjungi :
http://www.reachschools.org
http://www.jugglingart.org
http://www.dwarfhammies.org/
http://www.bevelyn.info/
http://www.maselino.com/
http://www.bluemountainslandscaping.com/
http://osoolnews.com/
http://siteforeviews.co.cc/
http://www.getreviews.web.id/
http://huppekee.net/
http://www.watchv-online.com/
http://www.diamondtoolschina.com/
http://shelffi.org/
http://humaniraid.com/
http://www.braziliancowboy.com/
http://gh388.com/
http://citymind.net/
http://swoyersville.org/
http://alaskanwindindustries.com/
http://i-foal.com/
http://galacticdestruct.com/
http://aidezmonpc.net/
http://www.gepeco.com/
http://www.seobythesea.com/
http://www.buzzmarketingwithblogs.com/
http://bytesizecss.com/
http://blog.astrumfutura.com/
http://www.canadienseneurope.org/
http://timwindsor.com/
http://wpcult.com/
http://www.mouthpiecesports.com/blog/
http://blog.dmbcllc.com/
http://blog.vrplumber.com/
http://www.knrn.org/
http://www.deardrmoz.com/
http://www.gravitycube.net/blog/
http://justaddwater.dk/
http://www.rebeccawalker.com/blog/
http://incsub.org/awards/
http://sciencethatmatters.com/
http://www.rickyjordan.com/
http://blogs.nashuatelegraph.com/
http://alemsys.com/
http://seolutions.net/blog/
http://rumahabi.com/
http://elleeseymour.com/
http://larholm.com/
http://aimee.mychores.co.uk/
http://pitchinvasion.net/
http://www.thevirtualhandshake.com/blog/
http://www.steverenner.com/
http://www.jankoatwarpspeed.com/
http://brownsista.com
http://www.lifeinthefastlane.ca/
http://www.barrywise.com/
http://www.blogsthatfollow.com/
http://comedyplus.blogspot.com/
http://www.randomhacks.net/articles/
http://www.marketing-results.com.au/blog/
http://www.wordpressmax.com/
http://www.howtowakeupearly.com/
http://heiseidemocracy.com/
http://polygeek.com/
http://kid666.com/
http://www.blueverse.com/
http://www.kthread.com/kthread/
http://lillieammann.com/blog/
http://www.stomperblog.com/
http://thesisthemehq.com/
http://heiseidemocracy.com/
http://www.communityspark.com/
http://www.marketingblagger.com/
http://snoo.ws/
http://www.junkdrawerblog.com/
http://www.growsmartmaine.org/blog/
http://www.thisclassicallife.com/weblog/
http://www.costpernews.com/
http://blog.edendevelopment.co.uk/
http://creativity-unleashed.net/
http://www.pqinternet.com/
http://linguisticszone.blogspot.com/
http://moviesatmidnight.blogspot.com/
http://workathomemomrevolution.blogspot.com/
http://designadaptations.com/
http://kikolani.com/
http://www.techjaws.com/
http://www.extremejohn.com/
http://wnagele.com/
http://omnipotentpoobah.com/
http://www.bluehatseo.com/
http://selberg.org/
http://www.drownradio.com/
http://omgpittsburgh.com/
http://www.lifeintherough.com/
http://www.phpcafe.net/blog/
http://www.scrapscene.com/
http://mommyknows.com/
http://movieblog.iheartmovies.com/
http://www.leofogarty.com/
http://blog.achille.name/
http://exclusive-executive-resumes.com/
http://www.articlesnatch.com/blog/
http://comedyplus.blogspot.com/
http://www.lifeintherough.com/
http://www.emomsathome.com/blog/
http://kansha-shite.blogspot.com/
http://www.feverishthoughts.com/
http://www.jhsiess.com/
http://linguisticszone.blogspot.com/
http://alohateam.com/
http://blogs.speech-writers.com
http://tycoonblogger.com/
http://dotcommogul.net/
http://blog.webdirectory.si/
http://www.powerdosh.com/
http://slightlymordant.com/
http://www.wallpaperstop.com/
http://dofollow.radpixels.com/blog/
http://danemorgan.com/
http://bloggeruniversity.blogspot.com/
http://www.popcornninja.com/
http://positivevibesseo.com/
http://www.blogjer.com/
http://www.itsfrugalbeinggreen.com/
http://isuman.blogspot.com/
http://potpolitics.com/
http://www.dannydouglass.com/
http://www.zabadani.net/
http://wassupblog.com/
http://www.freyer.com/
http://www.asimkins.co.uk/blog/
http://www.pinksy.co.uk/
http://blog.ruski.co.za/
http://www.xlevel.org.uk/
http://nicusor.com/
http://gathadams.com/
http://blog.fiberdreams.com/
http://www.inkatel.com/
http://www.blackwaterblog.com/
http://www.rosshetherington.com/
http://www.jonlee.ca/
http://hterry.com/
http://hoysater.no/oyvind/
http://www.goddiscussion.com/
http://mrdefinite.com/
http://menstrualpoetry.com/
http://www.themadhat.com/
http://www.kiwibloke.org/
http://paulamooney.blogspot.com/
http://leaveamerica.info/
http://www.powerdosh.com/
http://webatlantis.org/
http://www.jonespc.com/
http://gotraveller.blogspot.com/
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris

2012 : Tahun Baru, Strategi Baru

Visits: 11

Tahun 2011 telah lewat beberapa jam yang lalu. Ada suka yang ditinggalkan di tahun 2011. Di tahun 2011 penjualan bisnis meningkat 20%, profit meningkat 10%, jumlah tenaga kerja tidak ada yang di PHK, produk yang dimiliki menguasai pangsa pasar produk sejenis. Pokoknya tahun 2011 adalah tahun yang sukses.
Tapi setelah kesuksesan yang datang di 2011 haruskah di tahun 2012 ini menjadi bergerak lebih santai? Jika usaha ingin terus berkembang, maka jawabannya harus tidak! Tahun 2011, produk bisnis kita menguasai pasar, tapi tidak ada yang tahu jika di tahun 2012 ternyata pesaing kita dapat mengambil alih posisi pengausa pasar. Itu bisa saja terjadi jika lengah dalam melakukan analisis.
Seperti olahraga sepakbola, bisnis adalah kompetisi. Setiap tahun kompetisi itu terus berjalan, dan pemenangnya bisa jadi berubah-ubah. Siapa yang memiliki strategi paling jitu,maka dialah yang memenangi kompetisi. Demikian pula halnya dengan bisnis. Tahun 2011, dengan strategi yang dimiliki kita berhasil menguasai pasar, akan tetapi jika di tahun 2012 ini bisnis yang dijalankan tidak melakukan penyesuaian strategi,maka bukan tidak mungkin pasar yang dimiliki akan diambil alih oleh orang lain. Bahkan yang lebih fatal lagi adalah jika ternyata bisnis menjadi bangkrut.
Ya, sudah pasti pesaing bisnis kita di tahun 2012 ini melakukan penyempurnaan strategi, yang bukan tidak mungkin mengadopsi strategi yang dimiliki kita di tahun 2011, atau bahkan mereka menyusun strategi berdasarkan kelemahan strategi kita. Jika kita tinggal diam, maka kita akan hancur.
Karena itu, janganlah merasa terlalu senang dengan kedatangan tahun baru 2012. Hal seharusnya dilakukan adalah segera melakukan rapat dengan tim yang anda miliki untuk menyusun ulang strategi bisnis. Sempurnakan strategi di tahun 2011, dan jika mungkin, buat strategi yang baru dan segar di tahun 2012, yang tidak terduga oleh pesaing.
Selamat Tahun Baru 2012
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Fakta-fakta Mengenai Pelanggan

Visits: 18

Jika anda adalah seorang pebisnis dan memahami bahwa every business is service business, maka anda harus memperhatikan fakta-fakta mengenai pelanggan berikut ini :
1. Rata-rata perusahaan hanya mendengar keluhan 4%dari 100% pelanggannya yang tidak puas. Yang 96% lagi pergi secara diam-diam. Dan 91% dari pelanggan yang tidak puas itu tidak akan pernah kembali. Bagi perusahaan yang orang-orangnya tidak mengerti bagaimana harus memperlakukan pelanggan, hal ini merupakan kerugian finansial yang serius. Tapi sebaliknya pula hal ini merupakan keuntungan yang luar biasa bagi perusahaan yang orang-orangnya mengerti bagaimana harus memperlakukan pelanggan.
2. Suatu penelitian entang “mengapa pelanggan lari” menemukan kenyataan-kenyataan berikut :
– 3% karena pindah tempat tinggal
– 5% karena menemukan persahabatan baru di perusahaan atau toko lain
– 9% karena bujukan pesaing
– 14% karena merasa tidak puas dengan produk yang dibelinya
– 68% karena sikap masa bodoh yang diperlihatkan oleh pemilik, manajer,dan karyawannya.
3. Rata-rata seorang pelanggan yang tidak puas akan menceritakan masalahnya kepada delapan atau sepuluh orang temannya. Satu dari lima pelanggan yang tidak puas akan menceritakan masalahnya dan keluhannya di jejaring sosial. Untuk memperbaiki satu insiden yang negatif diperlukan selusin pelayanan yang positif.
4. Tujuh dari pelanggan yang mengeluh itu akan kembali meneruskan hubungan bisnisnya dengan anda setelah anda memecahkan masalah yang mereka hadapi. Jika masalah tersebut langsung anda pecahkan saat itu juga, maka 95% dari mereka akan meneruskan hubungan bisnis dengan anda. Seorang pelanggan yang puas karena keluhannya ditanggapi, rata-rata akan menceritakan pengalamannya itu kepada lima orang temannya.
5. Untuk menarik pelanggan yang baru, rata-rata perusahaan menghabiskan waktu enam kali lebih banyak daripada waktu yang dipakainya untuk mempertahankan pelanggan yang lama. Padahal dalam sebagian besar kasus, loyalitas pelanggan mempunyai nilai 10 kali lebih besar daripada uang yang dibelanjakannya dalam satu kali pembelian.
6. Bisnis yang kualitas pelayanannya rendah, rata-rata hanya memperoleh tambahan 1%pelanggan baru dan kehilangan pangsa pasar sebanyak 2% setahun. Pada pihak lain, bisnis yang kualitas pelayanannya sangat baik, bahkan beyond service excellent, rata-rata memperoleh 12% tambahan pelanggan baru, meraih pangsa pasar sebesar 6% setahun dan biasanya mampu menetapkan harga yang cukup tinggi.
Itulah beberapa fakta-fakta mengenai pelanggan yang harus anda perhatikan agar bisnis anda bertahan bahkan dapat terus berkembang.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.