Cara Membangun Dan Menggali Inovasi-inovasi baru

Visits: 18

Mengingat perubahan terbaru yang begitu cepat dalam gaya konsumerisme dan komoditisasi banyak produk, maka perusahaan mencari cara yang lebih baik untuk berinovasi sehingga akan tetap memiliki pelanggan, dan produk yang dimiliki akan selalu tampil menjadi yang terdepan.

Proses inovasi ini memerlukan berbagai macam hal, namun pada intinya, menurut Chip Heath dan Dan Heath dalam bukunya ” Made to Stick”, pada intinya adalah semua tentang menguasai proses perubahan sehingga inovasi yang benar dapat diambil dari akarnya. Ide mengenai proses perubahan ini adalah:

  • Menggunakan kerangka sederhana untuk mengubah perilaku. Tanpa modifikasi perilaku, perubahan (inovasi) akan banyak yang menolak.
  • Memanfaatkan kekuatan emosi. Inovator harus mempengaruhi rekan-rekannya untuk membuat ide-ide baru dalam merangkul pelanggan, yang pada gilirannya, adalah untuk menghasilkan produk baru sesuai dengan harapan pelanggan. Heath bersaudara  berpendapat bahwa ini paling baik dilakukan dengan menggunakan emosi, bukan pikiran rasional berdasarkan data.
  • Membuat mereka berpikir. Kekuatan brainstorming adalah penting, dan ini juga membantu memperkuat hal-hal yang sebenarnya masuk akal dan terpikirkan dari awal. Dengan membantu melalui cara memandu,  hal ini akan membuat hal masuk akal ini dapat terlaksana dengan lebh sederhana.
  • Menemukan keseimbangan antara fokus dan tujuan jangka pendek dengan jangka panjang. Artinya, menyeimbangkan kebutuhan untuk inovasi tambahan untuk jangka pendek dengan inovasi terobosan untuk masa depan perusahaan.
  • Menurut Dan Heath, karyawan perusahaan dapat didorong untuk menjadi kreatif dan inovatif jika perusahaan menyediakan tiga komponen penting:
    • Jelas arah. Berikan gambaran secara spesifik tentang cara Anda ingin berinovasi dan apa yang ingin Anda capai. Berikan pedoman yang jelas untuk mengasah orang dalam membuat perubahan yang Anda cari.
    • Motivasi. Gunakan emosi sebagai tuas untuk memotivasi orang untuk berinovasi mendapatkan mereka buy-in.
    • Membersihkan jalan. Menghapus hambatan yang menghalangi proses kreatif sangat penting. Dapatkah Anda memberikan waktu yang tenang untuk karyawan untuk berpikir tanpa PDA dan komputer? Dapatkah Anda merampingkan tugas? Dapatkah Anda melakukan sesi Brainstorming di lain tempat sehingga tiak ada gangguan?

Menurut Heaths, menciptakan pola pikir yang benar dan lingkungan yang tepat untuk inovasi adalah fungsi utama dari manajemen yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.