Category Archives: entrepreneurship

Strategi Sebelum Memilih Kantor

Visits: 20

Bagi anda yang sedang mencari kantor untuk mengendalikan bisnis anda, jangan terburu-buru untuk membeli kantor, sebaiknya pikirkan dahulu beberapa pertimbangan yang tepat agar tidak menyesal. Membelikantor bukan hanya membutuhkan modal saja, akan tetapi juga perencanaan dan pertimbangan yang matang. Kantor berharga murah memang mendapat perhatian banyak orang, namun bisakah kantor dengan harga murah dapat mendukung kelancaran operasi bisnis anda atau tidak?
Untuk memilih kantor yang tepat, simak strategi startegi khusus berikut ini:
1. Prediksi harga
Jika suatu komplek perkantoran belum ramai dan baru dalam tahap pembangunan, kemudian anda merasa bahwa lokasi tersebut strategis, segeralah pertimbangkan untuk membelinya sebelum harganya melambung tinggi.
2. Jarak kantor anda dengan pusat produksi anda
Jangan membeli kantor yang jaraknya jauh dengan pusat produksi anda. Selain akan menambah biaya operasional, hal ini juga akan menyebabkan karyawan anda akan malas untuk berangkat berkunjung ke pabrik anda. Pertimbangkan waktu tempuh dari kantor ke pabrik anda untuk mendukung mobilitas para karyawan dan anda sendiri.
3.Pastikan dana cukup
Jangan memaksakan diri ketika anda membeli kantor. Jika dirasa memang perlu untuk melakukan pinjaman, carilah pinjaman yang ringan dalam pengembalian, serta mudah dalam proses pencairan. Juga jangan lupa untuk meminjam dengan jumlah yang ideal agar anda tidak susah payah dalampengembaliannya.
4. Alokasikan biaya tambahan
Alokasi ini adalah untuk pembayaran pajak, asuransi,administrasi, ataupun konsultasi.Hal ini perlu agar keuangan anda sehat dan tidak kacau.
5. Jangan mudah tergiur.
Anda dituntut untuk jeli. Pastikan kelancaran proses administrasi dan sertifikat-sertifikat yang nantinya anda miliki. Bagian marketing pengelola pembangunan biasanya memiliki bujuk rayu yang luar biasa dalam meraih pelanggan. Berhati-hatilah!

6. Mantapkan hati
Pastikan niat anda untuk membeli kantor. Yakinkan dalam diri anda jika sudah menemukan tempat yang pas, maka anda harus segera membeli. Jangan ditunda-tunda!

Tambahan Penghasilan Untuk Guru Atau Dosen

Visits: 17

Berapakah anda dibayar untuk menjadi pengajar atau tutor di suatu institusi? Cukupkah penghasilan yang anda dapatkan dari mengajar tersebut untuk menghidupi anda dan keluarga setiap bulan? Saya yakin sebetulnya bahwa penghasilan seorang pengajar dapat mencukupi kebutuhan hidup, akan tetapi ada kalanya bahwa sesuatu yang tak terduga dapat terjadi, sehingga anda perlu menambah penghasilan tambahan sebagai sumber alternatif untuk menghadapi hal-hal mendadak seperti itu.
Untuk menambah penghasilan, seorang pengajar dapat memanfaatkan kapasitas dan kapabilitasnya dalam mengajar sebagai lahan bisnisnya. Mengajar dapat menjadi lahan bisnis? Ya, tentu saja. Ilmu yang dimiliki serta pengalaman mengajar dapat menjadi sumber penghasilan baru ketika membuka jasa menjadi tutor. Apakah hanya guru, dosen, atau instruktursaja yang dapat menjadi tutor? Tidak. Sebetulnya semua orang pun dapat menjadi tutor untuk orang lain, anda pun bisa, asalkan mau dan tentu saja memahami ilmu yang bisa dijadikan andalan untuk mejadi tutor orang lain. Jika anda ingin menjadi seorang tutor untuk pelajaran matematika, tentu saja anda harus menguasai ilmu tersebut. Demikian pula halnya ika anda menjadi tutor di bidang marketing, maka ilmu marketing harus anda kuasai dengan benar.
Menjadi tutor bisa saja dilakukan dengan membuka bisnis sendiri, atau bergabung dengan suatu perusahaan lain yang bisnis utamanya adalah bisnis bimbingan belajar. Banyak perusahaan jasa pendidikan yang bisa menjadikan anda sebagai bagian dari tim tutor-nya. Di era internet ini, semua bisnis tak ada yang tak mungkin dilakukan, termasuk bisnis jasa tutor. Jika anda memiliki ilmu misalnya saja marketing atau ekonomi, dan anda berniat untuk menjadi tutor, sebaiknya anda bergabung dengan oktutor.net. Website ini adalah perusahaan jasa tutor online dimana para tutornya adalah mereka-mereka yang memiliki ilmu dan berniat untuk menjadi tutor. Jadi yang menjadi tutor disini bukan hanya guru atau dosen, tapi orang dengan background bukan pengajar pun bisa bergabung disini. Syaratnya anda harus tes yang disediakan oleh website setelah anda registrasi online. Jika anda lulus tes, maka oktutor.net akan mencarikan klien untuk anda, dan anda akan dibayar. Anda tak perlu keluar rumah untuk mengajar, cukup dengan mengajar secara online, atau teleconference saja. Satu lagi tambahan yang tidak kalah pentingnya, anda juga harus belajar komunikasi agar pembelajaran anda bisa bagus.

Dua Kesamaan Dalam Setiap Strategi Yang Dilakukan Pebisnis Retail

Visits: 13

Salah satu bisnis yang kini banyak diminati oleh orang-orang adalah bisnis retail. Bisnis retail dipercaya mampu memberikan banyak peluang untuk meningkatkan taraf hidup karena dapat memberikan keuntungan yang berlipat jika dibandingkan dengan bekerja menjadi pegawai. Lalu apakah sebenarnya bisnis retail itu? Retail merupakan bagian paling akhir dari proses pemasaran. Artinya adalah bahwa produk yang ditawarkan atau dijual ditujukan untuk konsumen akhir. Konsumen akhir adalah pembeli barang atau jasa yang memanfaatkan produk yang dibelinya untuk keperluan personal atau untuk dikonsumsi secara pribadi. Pembeli terakhir ini membeli produk-produk yang dibutuhkannya di toko-toko retail atau supermarket tanpa berniat untuk menjual kembali. Karena perusahaan retail adalah perusahaan yang mengincar konsumen atau pembeli akhir, maka penyebaran toko-tokonya tidak terpusat pada satu titik keramaian, melainkan menyebar ke seluruh pelosok atau daerah-daerah.
Persaingan dunia retail adalah sama dengan persaingan bisnis lainnya, dimana yang kuat akan bertahan dan yang lemah akan menghilang. Kuat berarti bukan saja kuat secara modal, sebab modal bukan hal utama dalam menjamin keberlangsungan hidup suatu bisnis retail. Maksud kuat disini adalah bahwa suatu bisnis retail harus memiliki daya dukung strategi penjualan yang baik agar dapat meraih pelanggan sebanyak-banayaknya sehinga produk dapat terjual sebanyak-banyaknya pula.
Strategi penjualan adalah suatu cara atau program yang dijalankan perusahaan retail untuk menarik minat belanja para konsumen akhir tersebut. Beragam jenis toko retail mengharuskan setiap toko memiliki strategi yang khas agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis retail yang ketat. Namun pada prinsipnya setidaknya ada dua kesamaan dalam setiap strategi yang dilakukan pebisnis retail, yaitu :
1. Pelayanan
Pelayanan dalam bisnis retail bukan hanya terbatas pada pelayanan yang diberikan karyawan kepada para konsumen, melainkan juga beberapa hal penting lainnya seperti kenyamanan toko, harga produk, kenyamanan transaksi hingga kelengkapan produk. Pelayanan yang paling utama dalam bisnis ritel bukanlah mutu suatu produk yang dijual, melainkan pelayanan tentang bagaimana seorang karyawan bisnis retial memperlakukan para konsumen dengan ramah, jujur, dan bertingkah laku baik. Hal ini sangat vital bagi keberlangsungan bisnis retail,oleh karena itu suatu bisnis retail modern biasanya memiliki training center yang fungsinya adalah untuk melatih para karyawan-karyawannya agar bisa melayani pelanggan dengan baik. Perusahaan-perusahaan retail modern menganggap bahwa para karyawan ini merupakan duta mereka. Baik buruknya perusahaan ditentukan oleh sikap dan tingkah laku karyawannya dalam melayani konsumen.Perusahaan retail modern juga menganggap bahwa bisnis merekea sebetulnya adalah bisnis “service”, dimana mereka hanya menjual dan mengedepankan pelayanan untuk meraih penjualan produk-produknya.
2. Promosi
Setiap bisnis memiliki agenda promosi dalam kegiatan bisnisnya, termasuk juga bisnis retail.Bentuk promosi yang biasa dilakukan oleh retail adalah penurunan harga, diskon untuk hari-har tertentu, atau kepemilikan member card. Pada prinsipnya promosi digunakan bukan untuk menjual produk-produk sebanyak-banayaknya, melainkan untuk meraih pelanggan loyal sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki pelanggan loyal, maka suatu toko retail atau perusahaan retail dapat lebih mudah menawarkan produk-produk baru mereka. Selain itu pelanggan loyal ini merupakan sumber keuangan bisnis retail yang dapat mempertahankan mereka dari persaingan bisnis yang ketat.
Sebetulnya masih banyak lagi strategi-strategi penjualan yang digunakan oleh pebisnis retail, namun kedua strategi tersebut diatas adalah strategi yang hampir pasti dimiliki dan dilakukan oleh semua pebisnis retail.

Anda Pun Dapat Melakukan Personal Branding Dengan Murah Meriah

Visits: 21

Apa itu personal branding? Personal branding menurut pemahaman saya adalah upaya untuk meningkatkan citra pribadi kita di mata orang lain. Pentingkah personal branding? Bagi saya ya, personal branding adalah penting, sebab itu menunjukkan kehormatan, kebanggaan, dan harga diri seseorang di mata orang lain. Personal branding dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan prestasi dan nilai seseorang. Seseorang yang memiliki citra diri yang baik, dan keahlian yang dimilikinya telah diakui oleh orang lain, maka akan lebih mudah dalam memperoleh rejeki, sebab orang itu adalah orang yang terpercaya dan mampu dalam memegang amanat.
Sebenarnya, menurut yang saya alami, personal branding itu adalah suatu hal otomatis berjalan tanpa perlu banyak membuang energi untuk melakukan berbagai macam strategi marketing, asal kita tahu prinsip dan langkah-langkahnya. Prinsip dari personal branding adalah bagaimana agar nama baik kita dan kemampuan kita dikenal oleh orang lain, dan efek “word of mouth” sangat signifikan sekali dalam mengaktifasi personal branding secara otomatis. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?
Menurut yang saya alami, ini adalah langkah-langkahnya:
1. Melakukan yang terbaik di setiap kesempatan.
Jika anda diberikan kesempatan untuk memegang suatu jabatan, atau menjadi pimpinan suatu kegiatan atau proyek, maka yang harus anda lakukan adalah mencurahkan segala upaya agar proyek yang anda pimpin berjalan dengan sukses. Kesuksesan proyek atau kegiatan anda adalah suatu prestasi yang bisa dinilai oleh atasan anda, perusahaan anda, hingga kolega anda. Keluarkan segala kemampuan yang anda miliki, baik kemampuan teknis, manajerial, hingga leadership. Nilai pribadi anda akan menjadi bertambah jika kegiatan yang anda lakukan dapat berjalan dengan sukses. Dan penambahan nilai pribadi anda tersebut akan meningkatkan nilai jual anda dimata orang lain.
2. Carilah mentor yang baik
Jika anda ingin menjadi orang yang berhasil atau sukses, anda harus tidak boleh sungkan untuk berguru. Kemampuan yang anda miliki tidak dapat anda jadikan pegangan dan keyakinan bahwa anda mampu melakukan segalanya, sebab beda lingkungan beda sifat kerja, dan beda anggota tim maka beda pula gaya kepemimpinan yang harus dilakukan. Bertanyalah kepada senior-senior anda yang sudah pernah merasakan menjadi pemimpin kegiatan atau proyek di periode-periode yang lalu. Dengan demikian, anda bukan saja dapat menambah wawasan mengenai kepemimpinan, namun juga anda dapat menentukan sikap bagaimana yang seharusnya dalam menangani anggota-anggota tim anda. Jika anda sudah bisa menangani anggotatim anda, maka kesenjangan dan penolakan terhadap anda sebagai pemimpin akan tereduksi, dan anda akan dterima dan diakui sebagai pemimpin yang baik yang dapat mengakomodir semua anggota tim anda. Jika anggota tim anda terpuaskan,maka nama baik anda akan disebarluaskan oleh mereka kepada orang-orang lain, dan anda akan semakin mudah dalam bekerja.
3. Bersikap jujur
Ini adalah hal yang paling mendasar. Kebohongan yang anda buat akan cepat tersebar luas di institusi tempat anda bekerja, atau di lingkungan anggota tim anda. Kebohongan yang anda buat akan memberikan citradiri anda menjadi negatif, dan anda dianggap sudah tidak dapat dipercaya lagi. Jadi bersikaplah jujur.
4. Miliki dan tunjukkan karakter khas
Jika anda seorang pemimpin, maka anda harus memiliki karakter kepemimpinan yang khas, dan pada suatu kesempatan, anda harus menunjukkan karakter tersebut. Mungkin saja pada awalnya ada ketidaksukaan dari anggota-anggota tim anda terhadapa karakter khas anda, namun seiring waktu mereka akan memahami bahwa karakter yang anda tunjukkan itu menghasilkan kesuksesan. Ketika kesuksesan datang, mereka akan mengacungkan jempol mereka keatas sebagai ungkapan salut. Dan sekali lagi anda menorehkan prestasi dengan karakter anda yang berujung pada personal branding anda menjadi semakin meningkat.
Itulah bebarapa langkah dalam melakukan personal branding secara murah meriah, tidak perlu menggunakan biaya. Saya merasakan bahwa personal branding itu sangat rapuh, artinya membangun personal branding yang kuat membutuhkan waktu yang cukup lama, karena ini adalah proses pembangunan kepercayaan orang lain. Akan tetapi personal branding akan cepat hancur bagaikan kaca yang tersenggol sedikit maka dia akan pecah berantakan. Personal branding pun demikian, sekalinya anda terpeleset melakukan tindakan negatif, maka citra diri positif anda akan langsung jatuh dan cacat. Kejatuhan akan lebih cepat menyebar dan lebih lama menempel di bayangan orang lain, yang pada akhirnya mungkin tingkat kepercayaan mereka terhadap anda menjadi berkurang. Jadi berhati-hatilah dalam bertindak, sebab itu sangat menentukan citra diri anda.

Anda Tidak Dapat Bekerja Sendiri!

Visits: 22

Ketika kita diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas dan memimpin sebuah tim, saatnya bagi kita untuk menunjukkan kemampuan leadership kita. Namun tidak begitu saja kita dapat langsung bekerja, sebab memimpin sebuah tim bukan hanya sebatas menyuruh orang untuk melakukan sesuatu. Konsep yang detail dan arah pekerjaan harus kita pahami dahulu sebelum kita bergerak bersama-sama dengan tim.
Sebagai seorang pemimpin atau ketua tim, kita harus meyakini bahwa kita tidak dapat bekerja sendiri. Kita memerlukan bantuan orang lain! Kita memerlukan suatu kerjasama tim yang solid! Itulah sebabnya kita sebagai seorang pemimpin tim bukan saja harus memiliki kemampuan teknis di lapangan, akan tetapi juga harus memiliki kemampuan sosialisasi, negosiasi, dan kompromi yang baik. Kepemimpinan anda tidak dapat menyenangkan semua orang, namun kita tidak dapat mengesampingkan mereka, sebab mau tidak mau, suka atau tidak suka, mereka adalah anggota tim kita. Kita harus bisa mengolah sedemikian rupa agar mereka mau membantu dan melakukan apa yang kita inginkan. Untuk itulah kita sebagai pemimpin harus tahu kondisi menyuruh, atau meminta tolong.
Saya merasakan bahwa kadangkala seseorang tidak mau disuruh oleh kita. Secara logika dan struktur sebetulnya kita berada di pihak yang berwenang untuk menyuruh, karena kita adalah sebagai pemimpin tim. Akan tetapi logika dan struktur kadangkala tidak dapat begitu saja diterapkan di lapangan. Adakalanya apa yang kita suruh, anggota tidak mau mengerjakan, mungkin karena rasa tidak suka, memandang sebelah mata, atau hal lainnya. Untuk itulah kita harus berani untuk mengatakan bahwa kita meminta tolong. Meminta tolong bukan berarti kita tidak mampu untuk mengerjakan, akan tetapi kepadatan jadwal dan curahan pikiran agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar lebih penting.
Itulah sebabnya seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Bagaimana bahasa kita untuk menyuruh orang atau bahkan meminta tolong merupakan kunci sehingga orang melakukan apa yang kita inginkan. Sekali lagi, bagaimanapun, kita tidak dapat bekerja sendiri, dan kita tidak dapat membuat semua orang senang. Kebijakan-kebijakan yang kita lakukan tidak akan membuat semua orang setuju atau memahami. Pasti ada saja satu atau beberapa orang yang tidak senang. Prinsip mengalah untuk menang perlu kita pahami betul-betul. Kelancaran suatu pekerjaan adalah hal yang utama dibandingkan dengan egoisme kita yang berperan sebagai pemimpin.
Tidak usah ragu untuk meminta tolong atau bahkan meminta maaf andaikata ada hal yang keliru, sebab kita tidak dapat bekerja sendiri. Dan jika ada kesempatan, tidak ada salahnya untuk membuka suatu forum evaluasi tentang pekerjaan kita, kondisi tim kita, dan kalau mungkin tentang kepemimpinan kita. Buat bahasa pembuka yang dapat merujuk para anggota tim kita untuk mengungkapkan pendapat mereka dari hati. Ini sangat baik untuk keharmonisan tim, memahami karakter masing-masing anggota tim, kelancaran pekerjaan, dan evaluasi diri tentang kepemimpinan kita sehingga kita dapat bekerja lebih baik. Kita tidak dapat bekerja sendiri! Kita memerlukan bantuan orang lain! Untuk itulah kita harus pandai bersikap agar apa yang kita mau dapat dilaksanakan.

Budaya Kerja 5S Dari Jepang

Visits: 27

Orang Jepang memiliki etos kerja yang sangat baik. Tak heran jika perekonomian di negara Matahari Terbit tersebut maju pesat. Bagaiman tidak, di negara tersebut masyarakatnya tidak hanya bekerja untuk mencari uang, tetapi bekerja adalah kesenangan mereka. Masyarakat Jepang juga memiliki budaya kerja yang unik, yaitu dengan memegang teguh tradisi. Itu bisa dilihat dari sikap, cara berpikir, pola kerja, cara berpakaian, bahasa, hingga pola makan.
5S adalah budaya kerja bangsa Jepang yang cukup dikenal masyarakat dunia, dengan tujuan untuk peningkatan profit, efisiensi, pelayanan, dan keamanan. Budaya kerja 5S ini adalah Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia menjadi 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Budaya kerja 5S saat ini sudah banyak diterapkan dalamorganisasi maupun perusahaan-perusahaan bisnis.
Seiri (Ringkas)
Yakni langkah awal menjalankan budaya 5S, yaitu membuang atau menyortir barang-barang, file-file yang tidak digunakan lagi ke tempat pembuanagn atau recycle bin. Ini dimaksudkan agar tempat penyimpanan menjadi lebih efisien, sebab hanya digunakan untuk menyimpan barang atau file-file penting yang memang benar-benar dibutuhkan. Tujuan lainnya adalah agar tempat kerja lebih rapi dan tidak berantakan.
Seiton (Rapi)
Selanjutnya adalah merapikan semua barang atau file-filepenting dengan teliti, membuatnya menjadi terorganisir dan sistematis. Beri nama pada setiap tempat penyimpanan yang mudah diingat, bisa juga menggunakan kode di tempat penyimpanan. Jikak berbentuk barang, berikan label dengan nama atau visual sebagai ciri khas. Jika berbentuk file, maka buatlah folder khusus di komputer anda. Tujuannya adalah agar lebih mudah mengidentifikasi pada saat file atau barang-barang tersebut dibutuhkan.
Seiso (Resik)
Langkah ketiga adalah membersihkan tempat kerja, ruangan,dan lingkungan tempat kerja. Tanamkan dalam diri anda bahwa kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Keberihan akan menghindari penyakit-penyakit. Jika anda terserang penyakit, maka sudah tentu pekerjaan anda akan tertunda bahkan terbengkalai, sehingga akan menurunkan produktifitas, yang pada ujungnya dapat menimbulkan kerugian perusahaan.
Seiketsu (Rawat)
Tahap ini merupakan tahap yang sulit dimana anda harus menjaga ketiga tahapan awal. Perawatan bukan saja bertujuan untuk membuat barang atau file menjadi lebih awet, namun juga bertujuan agarsetiap barang atau file tersebut dapat segera digunakan apabila dibutuhkan mendadak.
Shitsuke (Rajin)
Rajin atau disiplin adalah kebiasaan dan pemeliharaan program 5S awal yang sudah berjalan.Jika anda berada di posisi sebagai atasan, maka anda perlu membuat standar 5S dan mengkomunikasikannya kepada seluruh anggota tim anda.Jika perlu berikan training 5S agar seluruh anggota paham mengenai 5S sebagai dasar kemajuan perusahaan.

Kepemimpinan Anda Tidak Dapat Menyenangkan Semua Orang!

Visits: 19

Saya meyakini bahwa setiap orang memiliki gaya dan jiwa kepemimpinan. Kepemimpinan yang dimaksudkan ini adalah kepemimpinan dalam mengelola dirinya sendiri ataupun juga mengelola orang lain. Kepemimpinan bukan saja suatu ilmu, akan tetapi kepemimpinan juga adalah suatu seni. Setiap orang memiliki karakter masing-masing, dan karekter tersebut akan terbawa dan tercermin ke dalam gaya kepemimpinan dan gaya komunikasi orang tersebut. Akan tetapi bentuk apapun gaya kepemimpinan anda, anda tidak akan dapat menyenangkan semua orang yang anda pimpin. Kenapa demikian?
Beberapa waktu yang lalu saya mendapat tugas menjadi ketua panitia suatu kegiatan. Sebagai seorang ketua, sudah tentu saya wajib dan memiliki kewenangan dalam merancang konsep kegiatan, anggaran biaya, hingga mobilisasi rekan-rekan kerja. Tugas yang menjadi tanggung jawab saya, saya kerjakan sebaik mungkin dan diusahakan sebisa mungkin agar dapat diterima oleh seluruh anggota tim yang saya pimpin. Saya berusaha agar dapat menyenangkan semua anggota tim saya! Tapi ternyata itu tidak bisa, kebijakan dan tindakan yang saya lakukan tidak dapat membuat semua orang senang. Ketidaksenangan ini sebetulnya bukan kepada sisi pribadi, namun kepasa sisi kebijakan dan leadership.
Setiap orang memiliki opini atas apa yang baik untuk dirinya. Bahkan juga bisa jadi memiliki kepentingan sendiri-sendiri. Jika kepentingan atau opini ini berseberangan dengan kebijakan atau keputusan yang telah kita buat, sudah tentu ini akan memunculkan rasa tidak senang. Jika tidak senang ini hanya sesaat, hanya berdasar kepada suatu kebijakan, ini bukanlah persoalan yang besar, sebab tak berapa lama hal ini akan hilang dengan sendirinya, dan suasana akan kembali berjalan normal. Namun apabila rasa tidak senang ini berujung kepada kedengkian atau rasa tidak suka secara personal, maka hal ini akan berimbas pada menurunnya kinerja, kerjasama, dan komunikasi. Dan hal ini adalah hal yang sangat buruk dan harus dihindari.
Memang setiap kebijakan tidak akan membuat orang setuju atau senang, akan tetapi kita sebagai pemimpin harus memiliki daya pikir yang jauh ke depan. Kita harus dapat menentukan apa yang terbaik untuk kita, tim, dan institusi secara keseluruhan di masa mendatang, walaupun kadangkala penentuan keputusan tersebut akan membuat beberapa rekan kerja kita menjadi tidak suka kepada kita. Akan tetapi adalah lebih baik mengorbankan perasaan tidak senang sesaat daripada kita mengorbankan masa depan sendiri, tim, maupun institusi.Disinilah sebenarnya sikap seorang pemimpin diuji. Seorang pemimpin memang tidak perlu merasa ingin disukai oleh semua orang, sebab ini tidak akan mungkin terjadi. Oleh karena itu, memikirkan masa depan tim, institusi, dan reputasi pribadi adalah hal yang ideal yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin, walaupun mungkin kebijakan kita akan dikomentari negatif oleh tim. Namun apabila keputusan kita benar, dan yakin bahwa tim dan institusi akan terselamatkan, kita hanya tinggal menunggu waktu saja untuk semua anggota tim memahami dan membenarkan kebijakan atau keputusan yang telah kita buat. Kita hanya tinggal memikirkan untuk mengolah komunikasi kita agar hubungan baik tetap terjaga. Sekali lagi,seorang pemimpin tidak akan dapat menyenangkan semua orang.

Bentuk Baru Dalam Membangun Bisnis Pribadi

Visits: 17

Untuk memiliki sebuah usaha pribadi adalah hal yang dapat dilakukan saat ini dalam mendapatkan pendapatan. Ini memungkinkan kita menentukan segala sesuatu sesuai dengan kemauan kita sendiri, seperti barang apa yang akan kita jual, jumlah pegawai yang akan kita pekerjakan, dan sistem pemasaran yang akan kita jalankan. Semua itu bisa kita tentukan sesuai dengan selera dan keinginan kita pribadi. Kita bisa menjadi atasan atas bisnis kita sendiri. Inilah yang membuat banyak orang berkemauan untuk menjalankan bisnis pribadi. Sebagian dari kita memutuskan untuk berbisnis karena tidak menyukai ritme kerja ketika menjadi seorang pegawai. Banyak hal yang harus menjadi pembatas untuk seorang pegawai, seperti waktu dan ukuran gaji tiap bulan. Hal ini tidak berlaku untuk bisnis pribadi.
Saat ini, ada banyak cara modern yang dapat kita pergunakan untuk membuat toko dalam rangka memasarkan produk yang kita jual. Salah satunya adalah dengan menggunakan media eletronik. Jika kita mempunyai banyak modal, kita bisa membuat iklan untuk di tayangkan di televisi. Ini adalah salah satu cara efektif yang dapat kita lakukan. Jika modal kita tidak terlalu banyak, kita dapat memilih untuk membuat iklan untuk radio. Biaya yang harus di keluarkan tidak sebesar dengan pemasangan iklan di televisi. Dana yang kita punya akan menentukan media elektronik yang kita gunakan dalam pemasaran.
Tetapi, ada hal lain yang dapat kita pilih untuk memasarkan produk. Caranya adalah dengan membuat website untuk produk yang kita jual. Untuk membuat website ini bisa di kunjungi banyak orang dalam waktu yang bersamaan, kita bisa menggunakan jasa Hosting. Untuk mendapatkan jasa yang terbaik untuk layanan ini, kita dapat mengunjungi bizweb.co.id Di dalam website ini, kita akan dibantu untuk membuat website yang kita miliki untuk menjadi lebih baik. Para pelanggan akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang menjadi andalan kita selama ini ataupun produk baru yang kita tawarkan. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penggunaan internet telah menjadi gaya hidup saat ini. Siapapun bisa mengakses internet dari berbagai daerah. Bahkan kemajuan teknologi dalam telepon genggam telah memberikan kontribusi besar kepada masyarakat dalam penggunaan internet. Dengan menggunakan jasa layanan pembuatan web hosting, website yang kita miliki akan mudah untuk di kunjungi pelanggan. Mereka dapat membuka website ini di saat yang bersamaan.
Jadi, apabila kita ingin memajukan bisnis pribadi yang kita miliki, web hosting bisa menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Ini akan sangat membantu pemasaran produk yang kita tawarkan kepada masyarakat. Ini dapat menjadi fasilitas bagi mereka untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Dapatkan layanannya sekarang dan rasakan perbedaan pada bisnis yang kita miliki! Pemasaran pun akan menjadi lebih mudah dan efektif.

Referensi Belajar Bisnis Dan Komunikasi

Visits: 32

Begitu banyak blog yang membahas mengenai bisnis. Namun tidakkah kita ingat bahwa bisnis itu sangat luas, bisnis itu bisa meliputi marketing, retail, branding, bahkan hingga komunikasi bisnis. Mempelajari bisnis itu sagat menyenangkan dan menantang, namun jika tidak berfokus maka ilmu yang kita peroleh tidak akan terserap secara maksimal. Sebaiknya adalah kita memfokuskan diri pada salah satu tema saja, jika memang menginginkan mempelajari banyak tema bisnis, sebaiknya kita memiliki referensi pada beberapa blog-blog yang membahas tema bisnis tertentu.
Berikut ini adalah beberapa blog bisnis yang berfokus pada tema-tema bisnis tertentu. Memang bahasanya bukan Bahasa Indonesia, tapi tentunya kita juga paham soal Bahasa Inggris bukan? Jadikan blog ini sebagai referensi anda untuk mempelajari bisnis secara terfokus.
1. www.frynki.com (komunikasi)
3. www.reachschools.org (retail, customer service, dan leadership)
4. www.jugglingart.org (marketing)
Itu adalah referensi blog yang saya gunakan untuk mempelajari ilmu bisnis. Memang gak banyak sih, tapi setidaknya itu cukup untuk bekal melakukan bisnis. Lagi pula jika terlalu banyak malah jadi tidak fokus bukan? Semoga bermanfaat.

Membangun Ikatan Emosional Dengan Pelanggan

Visits: 23

Pemasaran ritel telah menjadi salah satu tren utama yang muncul dalam siklus perkembangan bisnis secara keseluruhan. Pasar ritel adalah sebuah platform dasar untuk mempertemukan konsumen dengan barang kebutuhannya untuk pertama kalinya. Suatu pasar ritel memerlukan penjaga toko yang memiliki keahlian dan keterampilan yang baik sebab tujuan utama penjaga toko adalah untuk memuaskan konsumen dengan memberikan pelayanan prima agar mereka kembali.
Strategi pemasaran ritel telah menjadi salah satu elemen dasar dari strategi pemasaran yang mencakup banyak perencanaan dan pelaksanaan yang tepat. Sekarang mari kita fokus pada sifat dasar ritel.
Pertama di ritel, pemasar perlu untuk fokus terutama pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Pemasaran ritel bahkan berfokus pada memuaskan pelanggan, dan mempertahankan margin keuntungan yang layak bagi pemilik barang. Kebutuhan pelanggan merupakan faktor kunci dasar ritel. Pemasaran ritel terdiri dari 5 pilar dasar, pertama adalah menghemat waktu berharga dari pelanggan. Kedua adalah menetapkan harga jual yang tepat, ketiga adalah menciptakan hubungan emosi yang tepat dengan pelanggan, pilar keempat adalah membayar rasa hormat yang tepat untuk pelanggan dan terakhir memecahkan masalah pelanggan.
Menciptakan loyalitas pelanggan adalah fungsi dasar dari ritel, setelah Anda menciptakan loyalitas pelanggan terhadap merek Anda maka akan lebih mudah bagi Anda untuk tinggal di pasar untuk jangka waktu yang lebih lama. Menciptakan loyalitas pelanggan bukan merupakan tugas yang sangat mudah, karena membutuhkan waktu yang lama untuk membangun merek yang memberikan loyalitas pelanggan.
Anda hanya dapat menciptakan loyalitas pelanggan jika Anda memiliki rencana pemasaran ritel, beberapa rencana pemasaran tersebut adalah kegiatan penjualan promosi seperti hadiah, kartu loyalitas, dan diskon khusus.
Program hadiah termasuk hadiah khusus pada pembelian barang massal dan kartu loyalitas kartu yang memberikan privilege khusus kepada pelanggan. Kegiatan semacam ini tidak hanya meningkatkan target penjualan akan tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan kepada toko kita.
Dengan begitu banyak promosi yang dibuat oleh strategi pemasaran ritel, sekarang adalah mungkin untuk menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Dengan ikatan emosional ini,maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk menangkap pasar yang besar. Jadi, ini adalah semacam strategi pemasaran yang tidak hanya meningkatkan target penjualan dan laba, akan tetapi pada saat yang sama juga dapat meningkatkan loyalitas merek. Loyalitas pelanggan terhadap suatu merk yang dimiliki akan menjamin penjualan dan laba perusahaan di masa yang akan datang.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris