Category Archives: e-commerce

Mobile Banking untuk Business Kecil dan Menengah

Visits: 44

Transfer antar bank semakin mudah dan cepat dengan menggunakan mobile banking. Jika beberapa tahun ke belakang atm diklaim sebagai layanan perbankan yang memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi perbankan, kini dengan kehadiran internet dan kemajuan teknologi smartphone, para nasabah semakin dipermudah lagi. Kini kemudahan layanan transfer online antar bank dapat dilakukan hanya melalui smartphone milik nasabah. Ingin transfer online ke rekan bisnis atau keluarga, cukup melalui mobile banking di smartphone Anda.
Dengan mobile banking, Anda dapat melakukan transfer online ke banyak bank yang sudah bergabung dalam jaringan pelayanan antar bank. Dana yang ingin ditransfer dapat diterima oleh rekening bank tujuan saat itu juga (real time online).
Ini sangat bagus untuk operasional bisnis, terutama bisnis online. Yang dibutuhkan kini tinggal kepercayaan yang diberikan oleh konsumen kepada pengusaha online. Dan sebaliknya pengusaha online harus mempertahankan kepercayaan pelanggan ini dengan segala upaya. Melalui transaksi mobile banking, bisnis yang skala kecil pun bisa menembus lintas batas suatu negara. Karena itu, fasilitas layanan mobile banking adalah suatu keharusan bagi pelaku bisnis terutama bisnis retail online.

Transaksi Bisnis Lebih Praktis dengan Dukungan Mobile Banking

Visits: 18

Layanan e-banking saat ini semakin memudahkan penggunanya. Kini hampir setiap bank menyediakan layanan mobile yang dirancang untuk mendukung nasabah bertransaksi dengan lebih mudah, cepat dan praktis. Dengan adanya aplikasi perbankan yang mobile, maka nasabah tidak perlu antri lama di ATM ataupun melalui teller. Transaksi transfer, pembayaran maupun pembelian dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang telah ter-install di smartphone milik nasabah.
Menu-menu pada aplikasi mobile banking bukan saja memudahkan nasabah bertransaksi, namun juga aplikasi ini dapat menyimpan berbagai record transaksi rutin mulai dari transfer antar rekening, transfer antar bank, pembayaran tagihan rutin dan pembelian pulsa isi ulang.
Dunia bisnis adalah ddunia yang dinamis. Dikatakan dinamis karena ia harus mengikuti perkembangan dan trend jama. Demikian pula halnya ketika internet dan smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, maka bisnis pun harus menyesuaikan dengan keadaan itu.
E-commerce adalah trend bisnis masa kini. Orang-orang berbelanja produk yang dibutuhkannya hanya dengan satu sentuhan pada smartphone miliknya. Mereka tidak perlu dating ke toko, dan bahkan mereka pun tidak perlu mengeluarkan uang di dompetnya. Aplikasi mobil yang ter-install di dalam smartphone miliknya semakin memudahkan mereka dalam berbelanja.
Jika anda memiliki bisnis, saya rasa aplikasi mobile banking wajib untuk terinstall di smartphone anda. Aplikasi mobile untuk smartphone dan tablet dapat di-download melalui App Store, Google Play Store atau BlackBerry App World.

Business Opportunity: Menjual Retail Handphone Android

Visits: 13

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri di piranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.
Handphone Android adalah handphone yang sistem operasionalnya menggunakan Android. Sistem operasi Android menjadi pilihan bagi vendor-vendor smart phone karena memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang open source. Tidak hanya itu Android tentunya akan support dengan berbagai layanan dari Google. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Karena biaya lisensi yang relatif murah dan bersifat open source, maka berbagai produsen elektronik menciptakan menciptakan handphone berbasis android dengan harga murah. Dari sisi aplikasi, handphone-handphone ini tidak kalah unggul dengan handphone android bermerk terkenal, demikian pula dari sisi design. Dari sisi pangsa pasar, sudah jelas ini memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Harga yang ditawarkan demikian murah hingga terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.
Ini adalah kesempatan bisnis, terutama di Negara berkembang yang pendapatan per kapita penduduknya relative rendah. Kebutuhan mereka akan teknologi sedemikian penting, namun mereka terkendala oleh biaya. Dan ini merupakan suatu alternative. Ada dua proyek bisnis yang dijalankan untuk menjual handphone android murah ini, yaitu menjual secara grosir, atau membuka toko retail khusus untuk handphone android murah. Bagi anda yang berminat untuk berbisnis handphone dengan modal yang tidak terlalu besar, menjual handphone android murah bisa dicoba. Bahkan dengan kemajuan teknologi internet saat ini, anda tidak perlu memiliki toko, anda bisa membangun website dan menjual handphone murah ini secara online. Yang lebih menyenangkan lagi, anda bisa menjual andphone ini tanpa modal, yaitu melalui drop-shipping.

Karakteristik E-Commerce

Visits: 27

Sebelum anda memutuskan untuk mengembangkan bisnis anda dengan menggunakan e-commerce,sebaiknya anda harus memahami karakteristik e-commerce,sehingga anda dapata menentukan strategi yang tepat dalam menindaklanjuti pengembangan e-commerce untuk bisnis anda.
Berikut adalah beberapa karakteristik E-Commerce:
a. Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu bisnis untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang bermodal besar saja yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Dewasa ini, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa dibatas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut serta melakukan transaksi secara on line.

b. Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang ditentukan, pada umumnya dengan kartu kredit, dan bahkan kini transaksi bisa dilakukan secara virtual melalui Paypal atau payment gateway sejenisnya.
c. Produk Digital dan Non Digital
Produk-produk digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat digital, dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan lainnya.
d. Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce menawarkan barang tak berwujud (intangible) seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Implementasi e-commerce pada dunia industri, semakin lama semakin luas tidak hanya memberikan kemudahan dalam bisnis, tetapi juga mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global. Perkembangan teknologi tidak hanya mendukung kelancaran dan keberlangsungan suatu aktivitas bisnis, namun juga menciptakan industri baru dalam komunikasi bisnis.
Penerapan e-commerce, telah menciptakan suatu komunitas tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (electronic business community). Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu, berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif dengan memanfaatkan media dan infrastruktur telekomunikasi serta teknologi informasi dalam menjalankan kegiatannya seharai-hari. Seperti halnya pada masyarakat tradisional, pertemuan antara berbagai pihak dengan beragam kepentingan secara natural telah membentuk sebuah pasar tersendiri tempat bertemunya demand dan supply. Dengan perkembangan teknologi e-commerce, maka transaksi tadi dapat dengan mudah dilakukan, sekalipun kedua pihak yang bertransaksi berada pada sisi geografis yang berbeda.

3 Type Aplikasi E-Commerce

Visits: 20

Perdagangan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia sejak jaman dahulu kala. Sejalan dengan perkembangan manusia serta teknologi, maka cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan manusia adalah e-commerce.
Secara umum, e-commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang popular digunakan saat ini adalah internet. Perkembangan teknologi di masa mendatang, memberikan kemungkinan yang terbuka untuk penggunaan media lain selain internet.
Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan hanya berhubungan melalui suatu public network yaitu internet. E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menghubungkan perusahaan dan konsumen melalui transaksi elektronik. Selain perdagangan barang, layanan dan informasi juga dilakukan secara elektronik.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antar perusahaan, antara perusahaan dengan pelanggan, atau antara perusahaan dengan institusi pelayanan publik. Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :
a. Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu, sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
b. Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar diantara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia. Keuntungan menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, respon dan pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
c. Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau jasa pengiriman lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual. Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti memberikan keuntungan, antara lain :
• untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet;
• harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat;
• internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah;
• pembelian melalui internet selalu akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.

Dua Raksasa Payment Gateway siap gairahkan E-Commerce Indonesia di Tahun 2013

Visits: 12

E-Commerce Indonesia siap masuki 2013 dengan semangat baru. Hal itu ditandai dengan diresmikannya kerjasama antara DOKU, penyedia solusi pembayaran online Indonesia, dengan PayPal, motor pembayaran online global. DOKU mengintegrasikan PayPal sebagai pilihan metode pembayaran untuk para merchant premium sehingga system pembayaran dapat dilaksanakan secara lintas Negara. Melalui kemitraan bisnis ini, E-Commerce Indonesia akan sangat terbantu dengan adanya dukungan metode pembayaran global terpercaya, aman dan nyaman untuk transaksi internasional.
Pada tahun 2012, 15% transaksi online Indonesia adalah berasal dari mancanegara. Angaka ini melonjak sangat signifikan mengingat pada awal tahun,prosentase dari transaksi internasional hanya sebesar 6%. Peningkatan ini menunjukkan bertumbuhnya minat dan kebutuhan online konsumen mancanegara akan produk dan layanan online di Indonesia.
Faraz Ahmed, General Manager for PayPal South East Asia and India menyambut baik kerjasama ini. Dengan saling berbagi keunggulan teknologi, PayPal berharap DOKU dapat meningkatkan nilai penjualan internasional mereka dengan resiko seminimal mungkin melalui E-Commerce lintas Negara. Saat ini PayPal merupakan metode pembayaran virtual yang popular dan terbaik untuk bertransaksi secara online. Semakin maraknya E-Commerce, mengharuskan para pemilik bisnis online untuk memiliki akun PayPal sebagai salah satu alat untuk peningkatan pelayanan konsumen.

Toko Konvensional dan E-Commerce

Visits: 36

Tampaknya bisnis yang paling sukses saat ini adalah memiliki situs web, sebab bisnis web bisa melewati wilayah geografis. Di web, di mana pangsa pasarnya adalah global, maka bisnis lokal dapat mengalami keterpurukan dan mengalami kerugian besar..
Sebagai contoh adalah bisnis retail. Bisnis ini menyediakan produk-produk yang dijual eceran untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Dengan menggunakan website untuk menjual produk dan mengenalkan merek tokonya, sebuah toko retail online dapat memperoleh sasaran market secara global. Retail online ini lazim disebut dengan e-commerce.
E-Commerce memberikan bebrapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh toko konvensional. Keuntungan tersebut adalah selain memperoleh market yang luas, e-commerce dapat mengurangi pengeluaran sebagaiakibat dari biaya sewa ruang toko. Selain itu e-commerce mempermudah pelanggan untuk membeli produknya, sebab mereka tidak perlu beranjak dari rumah untuk membeli suatu barang yang dibutuhkannya.
Bahkan, jika pemilik situs tidak ingin berurusan dengan persediaan dan stok produk, sistem afiliasi dapat digunakan untuk memperoleh pendapatan. Sistem afiliasi memungkinkan pemilik situs mendaftar untuk program bagi hasil dengan perusahaan lain. Sebuah program afiliasi memungkinkan pemilik situs untuk menawarkan produk atau jasa perusahaan lain dan mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan dari situs pemilik situs tersebut.
Singkatnya, jika Anda menjalankan bisnis yang beroperasi secara lokal dan juga memelihara situs web, maka Anda akan memperoleh keuntungan ganda, yaitu memperluas pasar ke pasar global dengan tanpa meninggalkan pelanggan setia untuk toko konvensional anda.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.

Tips Membuat E-Commerce

Visits: 17

E-commerce telah menjadi masa depan bisnis online. Saat ini sudah banyak pembeli atau konsumen yang menghabiskan uangnya untuk berbelanja online setiap tahun, dengan beberapa toko bahkan telah berekspansi secara online selain bisnis offline mereka. Untuk menjaga konsumen datang kembali, maka Anda perlu membuat sebuah situs e-commerce yang unik, yang user friendly,dan tentunya memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya.
Rancangan awal sebuah e-commerce adalah bahwa anda harus memiliki atau memasang ucapan selamat datang dan mengenalkan website Anda. Pernyataan ini harus memberikan keuntungan dan meyakinkan mereka yang berkunjung bahwa mereka akan merasa nyaman apabila berbisnis dengan Anda. Sebutkan tujuan Anda, ungkapkan keyakinan Anda, dan biarkan pelanggan mengetahui bahwa belanja di toko online anda akan aman.
Sebuah situs web berkualitas memiliki navigasi yang baik. Kategori dan kotak pencarian adalah suatu keharusan di situs binis ini. Desain sederhana, font yang mudah dibaca dan gambar produk jelas dan muncul di layar dengan cepat. Pastikan untuk memiliki halaman yang isinya adalah beberapa kebijakan umum bisnis seperti pengiriman dan pengembalian. Anda juga mungkin ingin memiliki link di halaman rumah Anda yang mengarahkan pengunjung kepada kebijakan privasi. Kebijakan ini akan memastikan pelanggan bahwa Anda tidak menyediakan pihak ketiga untuk suatu informasi produk yang anda miliki. Hal ini penting ditampilkan agar pelanggan tahu bahwa anda benar-benar berada di bisnis ini.
Sama seperti saat berbelanja di toko offline, pelanggan ingin lebih cepat checkout mudah pula mengunjungi toko online Anda. Jika toko online Anda dilengkapi dengan server yang aman, ini akan membuat mereka merasa nyaman dan membuat mereka datang kembali. Checkout Anda atau Shooping cart anda harus bisa hanya dengan satu klik saja sehingga pelanggan dapat masuk dan keluar langkah yang seminimal mungkin. Selain itu, disarankan untuk menawarkan berbagai pilihan pembayaran seperti, kartu kredit dan kartu debit, cek online, wesel, dan sumber pembayaran online seperti PayPal. Sertakan nomor kontak telepon untuk dukungan pelanggan sehingga pelanggan memiliki jaminan bahwa mereka akan memiliki bantuan jika ada masalah dengan produk pesanannya.
Anda harus memiliki bagian khusus di situs anda untuk program diskon dan promosi lainnya. Jika Anda memiliki jumlah produk yang banyak, maka buatlah halaman web yang terpisah dengan daftar lengkap semua produk diskon. Sediakan hadiah sertifikat untuk masa-masa promosi tertentu seperti liburan. Memproduksi sebuah situs e-commerce, memerlukan rencana yang baik, waktu dan kesabaran. Jika ini berhasil, maka anda akan meraih keuntungan penuh dari fenomena bisnis e-commerce, dan Anda akan lebih cepat merubah mimpi menjadi kenyataan.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris