Category Archives: bisnis

Efisiensi Kerja Karyawan Dengan Kursi Kerja Yang Tepat

Visits: 42

Perkembangan pesat dalam teknologi telah menciptakan permintaan besar bagi sejumlah desain kursi kantor. Teknologi yang ada saat ini serta kesibukan aktivitas bisnis yang ada telah menciptakan kebutuhan-kebutuhan mebel yang baru yang dapat mengefisienkan suatu pekerjaan. Sebagian besar dari aktivitas bisnis saat ini telah membuat bidang pekerjaan yang berbasis administrasi dan informasi bekerja secara penuh dan sibuk. Bidang pekerjaan ini telah menciptakan suatu permintaan inovasi untuk kursi-kursi perkantoran yang ergonomis, mobil, dan nyaman, seperti kursi komputer, kursi eksekutif yang dilengkapi dengan kastor, serta troli dokumen.

Kursi komputer dirancang untuk penggunanya agar dapat bekerja secara mobil walaupun sambil duduk. Desain setiap kursi mungkin dapat berbeda-beda, akan tetapi satu kesamaan dari semua jenis kursi kerja ini adalah adanya kastor sebagai pengganti kaki kursi yang statis. Kursi Eksekutif yang biasanya berlapis jok serta memiliki fitur pengatur ketinggian juga dilengkapi dengan kastor untuk memberikan kenyamanan dalam bekerja sambil duduk.  Troli dokumen adalah suatu perlengkapan perkantoran yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan bisnis, dan inti penting dari kesemua alat ini adalah pemakaian kastor yang berbahan kuat, dan bergerak lancar.

Tidak ada barang yang tidak akan rusak karena digunakan, termasuk perlengkapan-perlengkapan kantor seperti tersebut diatas. Biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah pada kastor bawaan pabrik yang memang dirancang dan dipasang dengan bahan standar. Penggunaan kursi atau troli berkastor setiap hari dapat menyebabkan keausan pada roda kastor, karena itu perawatan kastor dan penggantian kastor yang telah rusak harus segera mungkin dilakukan, demi efisiensi kerja para karyawan yang berujung pada efisiensi bisnis.

Brand Awareness dan Tingkatannya

Visits: 24

Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori merek tertentu. Contoh sederhananya, jika anda ingat mobil, maka yang pertama kali muncul di pikiran anda adalah “Ford”. Atau jika anda ingat film, maka anda akan pertama kali mengingat “Hollywood”. Brand awareness adalah sesuatu hal yang sangat penting dan diutamakan di dunia bisnis. Suatu brand yang telah memiliki awareness tinggi (top brand) mungkin nilainya bisa jauh lebih tinggi dari produk yang diusungnya. Setiap pebisnis akan selalu berlomba-lomba dan berupaya agar brand miliknya memiliki awareness yang meningkat setiap waktu.

Ada 4 tingkatan brand awareness yaitu:

1. Unaware of brand (tidak menyadari merek)
Merupakan tingkat yang paling rendah dalam piramida kesadaran merek, dimana konsumen tidak menyadari akan adanya suatu merek. Ini biasanya dimiliki oleh produk atau merk yang baru muncul ke masyarakat. Perlu strategi-strategi marketing yang jitu agar orang mengetahui bahwa merk atau produk tersebut ada. Untuk menggaet pasar local, memperkenalan merk melalui scrolling LED sign yang ditempatkan di tempat-tempat strategis adalah strategi yang cerdas.

2. Brand recognition (pengenalan merek)
Tingkat minimal dari kesadaran merek. Hal ini penting pada saat seorang pembeli memilih suatu merek pada saat melakukan pembelian. Contoh kongkrit dari tingkatan ini adalah ketika di supermarket. Ada begitu banyak produk-produk dengan berbagai merk yang ditawarkan kepada calon pembeli, dan merk yang dapat menarik hati pelanggan untuk membelinya adalah pemenangnya. Karena itulah banner banyak bertebaran di sudut-sudut supermarket agar pembeli segera mengenalinya.

3. Brand recall (pengingatan kembali terhadap merek)
Pengingatan kembali terhadap merek didasarkan pada permintaan seseorang untuk menyebutkan merek tertentu dalam suatu kelas produk. Hal ini diistilahkan dengan pengingatan kembali tanpa bantuan, karena berbeda dari tugas pengenalan, responden tidak perlu dibantu untuk memunculkan merek tersebut.

4. Top of mind (puncak pikiran)
Apabila seseorang ditanya secara langsung tanpa diberi bantuan pengingatan dan orang tersebut dapat menyebutkan satu nama merek, maka merek yang paling banyak disebutkan pertama kali merupakan puncak pikiran. Dengan kata lain, merek tersebut merupakan merek utama dari berbagai merek yang ada di dalam benak konsumen. Contoh top of mind: Microsoft, Facebook, Ford, etc.

Elemen Merek Bisnis Yang Penting Untuk Diperhatikan

Visits: 24

Membangun Merek Bisnis

Tidak ada merek bisnis yang dibuat semalam. Ini mengikuti proses metodis yang melibatkan strategi dan organisasi . Tapi jika Anda berpikir bahwa setelah Anda memiliki nama bisnis dan logo, pekerjaan Anda sudah selesai , maka Anda perlu tahu bahwa bahkan dengan bisnis lama proses manajemen merek masih berlangsung . Selain waktu , beberapa perusahaan besar bahkan menginvestasikan banyak waktu dan jumlah hanya untuk memastikan bahwa warisan merek tetap konsisten dengan nilai-nilai yang terkandung oleh perusahaan.

Pemilik usaha kecil-kecilan dapat mengambil kenyamanan di fakta bahwa membangun merek tidak perlu mahal . Yang Anda butuhkan adalah komitmen untuk proses untuk memberikan fokus dan konsistensi pada upaya branding Anda . Ada empat elemen yang terlibat dalam memproduksi merek bisnis yang sukses .

pesan yang konsisten

Salah satu cara terbaik untuk mencapai pendekatan pemasaran yang konsisten adalah untuk menciptakan slogan, logo, dan gambar . Ini adalah salah satu cara yang paling efisien yang dapat Anda mengkomunikasikan apa bisnis Anda adalah tentang untuk pelanggan potensial Anda . Oleh karena itu , Anda perlu diingat tentang visi dan misi perusahaan Anda , yang awalnya inspirasi di balik desain logo . Kemudian , Anda perlu menggunakan bahwa sehubungan dengan apa strategi pemasaran Anda terapkan untuk mempromosikan citra merek dan meningkatkan kesadaran .

Bahkan ketika Anda datang dengan ide-ide pemasaran yang inovatif untuk menemukan kembali gambar atau menawarkan pelanggan sesuatu yang baru , itu harus tetap setia pada cita-cita bisnis Anda.

Perencanaan merek

Merek perencanaan yang cermat sangat penting dalam membangun brand bisnis yang kuat . Terlepas dari apa metode pemasaran Anda memanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek , Anda perlu untuk melihat ke dalam setiap detail yang terlibat dengan proses tersebut . Ini akan membantu memastikan bahwa Anda mampu mencapai konsistensi , yang merupakan elemen penting yang ditunjukkan di atas .

Anda perlu mengidentifikasi apa strategi branding yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan Anda . Jika tidak bekerja, apa rencana back- up yang Anda miliki? Semua upaya pemasaran ditujukan untuk memperkuat merek Anda untuk mendapatkan pengembalian investasi.

Branding Sistem

Ini adalah bagian di mana Anda dimasukkan ke dalam tindakan segala sesuatu yang Anda telah dirancang selama perencanaan merek . Sistem yang berbeda harus digunakan untuk setiap tahap yang terlibat dalam pengembangan bisnis dan merek secara keseluruhan . Ini benar harus menguraikan langkah-langkah apa yang Anda dan karyawan Anda harus mengambil selama keadaan tertentu . Ingatlah bahwa sistem holistik dan terintegrasi adalah kunci dalam menciptakan merek yang kuat .

Review dan Manajemen

Setiap merek harus terus menjalani proses pemeriksaan. Karena kebutuhan dan tuntutan konsumen berubah, jadi harus pendekatan pemasaran merek Anda . Berikut adalah aspek dari tinjauan merek dan prosedur manajemen yang harus Anda memperhitungkan :

• Manfaat Produk dan fitur

• Pasar persaingan

• Mengubah kebutuhan dan tuntutanpelanggan

• Metode Pemasaran yang digunakan

Evaluasi lanjutan dari faktor-faktor ini dalam kaitannya dengan strategi pemasaran merek Anda akan membantu menghasilkan upaya pemasaran yang lebih efisien dan kohesif . Anda akan memiliki manajer merek untuk melihat ke dalam kesejahteraan merek dan metode apa yang akan dieksekusi untuk meningkatkan kinerja pasarnya . Namun, internal branding masih penting karena mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk memberikan produk atau jasa tersebut .

Penjual Real Estate Harus Mengetahui Hal Ini

Visits: 17

Bisnis real estate atau barang berharga lainnya adalah identik dengan hal kemewahan, performa, dan kepribadian. Seseorang yang menjual suatu real estate bisa jadi atau bahkan cenderung lebih banyak adalah orang yang memiliki kemampuan financial yang berlebih, alias tergolong orang-orang kaya. Oleh karena itu, seorang agent real estate pun harus mengimbangi mereka dengan penampilan dan performa yang meyakinkan. Jam tangan adalah salah satu hal yang merupakan sumber perhatian para pesohor yang berniat untuk menjual atau membeli real estate.

Memiliki atau membeli suatu jam tangan mewah mungkin akan terasa terlalu berat untuk kantong seorang agent real estate. Akan tetapi hal ini bukan menjadi suatu halangan demi penampilan yang meyakinkan di depan penjual real estate. Dengan menggunakan jam tangan mewah replica seperti replica michael kors watches pun, kita akan bisa tampil lebih percaya diri. Bagi yang menyukai jam tangan mewah dari Jepang, anda bisa menggunakan breitling replica watches untuk aktifitas anda bekerja sebagai agent real estate ataupun kegiatan sehari-hari. Berbagai varian replica seperti AvengerII, SuperOcean, atau yang lainnya siap membantu penampilan anda dalam bertransaksi bisnis real estate.

Ketika anda bernegosiasi dengan pembeli real estate, tidak akan ada yang tahu kalau anda memakai Replica breitling dari Watch Store yang berharga $169. Lawan bicara anda hanya akan menganggap dan merasa lebih yakin bahwa anda adalah agent yang telah berpengalaman menangani real estate-real estate mewah. Kurasa tidak ada yang salah ketika kita menggunakan jam tangan mewah replica untuk menambah kepercayaan diri. Yang salah adalah ketika anda menipu di bisnis real estate dengan mempercantik dan memperindah diri dengan produk-produk replica.

Pengaruh Word-of – Mouth Marketing Bagi Strategi Branding Anda

Visits: 19

Word of Mouth Marketing
Mungkin tak ada strategi branding lebih efektif dalam keberadaan promosi suatu bisnis selain pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth). Namun, hanya sedikit yang menyadari potensi sebenarnya dalam membantu Anda membangun bisnis dan branding sistem yang berhasil . Apa yang bisa lebih baik daripada memiliki orang-orang yang sebenarnya bicara orang lain ke dalam melakukan bisnis dengan perusahaan Anda ? Ini adalah hal yang umum bagi orang untuk melakukan , yang adalah berbicara tentang sesuatu produk baru-baru ini bahwa mereka puas atau memiliki pengalaman yang baik dengan .

Namun , dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)tidak dikenakan biaya apapun . Hal ini sama efektifnya dengan metode lain dari iklan atau meningkatkan kesadaran tentang produk atau jasa perusahaan Anda, tetapi tanpa biaya dan investasi yang melibatkan . Bahkan ahli pemasaran mengaku word of mouth marketing menjadi cara yang paling ampuh untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran perusahaan .

Pengaruh Word of mouth

Jika Anda telah melihat berbagai iklan TV atau website yang menjual produk , maka Anda mungkin sudah akrab dengan testimonial . Ini adalah taktik pemasaran yang digunakan oleh sebagian besar pemilik bisnis untuk memberikan bukti yang sah berkaitan dengan manfaat dan klaim yang dibuat oleh perusahaan, yang dalam bentuk pengguna yang sebenarnya dari produk .

Namun, ada perbedaan di sini : jika pemilik bisnis adalah untuk menekan orang-orang untuk memberikan kesaksian tentang produk dan hasil yang dialami , maka kemungkinan besar demografis bias . Pemilik bisnis akan memilih hanya pengguna yang memiliki sesuatu yang positif untuk mengatakan tentang produk , karena niat utama mereka adalah untuk mempengaruhi pilihan pembelian konsumen .

Ini adalah ketika kekuatan word of mouth marketing menjadi jelas . Dengan menggunakan metode ini untuk mengkomunikasikan potensi merek tertentu menciptakan hubungan pribadi antara konsumen dan produk yang bersangkutan . Pengguna sebelumnya untuk produk yang mencapai kepuasan dari itu dapat merekomendasikan produk tersebut ke teman-teman mereka atau anggota keluarga . Oleh karena itu , pemilik usaha bisa mendapatkan iklan gratis dari itu, yang mungkin sama efektifnya ( atau lebih ) dari iklan TV tapi tanpa biaya .

Dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)dapat bekerja untuk merugikan perusahaan juga. Ini terjadi ketika orang-orang yang telah mencoba produk memiliki keluhan tertentu tentang layanan buruk , atau kualitas produk yang buruk, dan hubungan pelanggan tidak memuaskan . Penelitian mengungkapkan bahwa word of mouth marketing pada dasarnya memiliki dampak yang lebih besar pada keputusan membeli dari orang-orang yang berusia antara 18 sampai 34 dan 35-54 .

Suara Pelanggan Yang Lebih Berperan

Telah sangat ditekankan oleh ahli pemasaran bahwa jika Anda ingin mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar Anda , Anda perlu untuk bekerja pada penyediaan layanan pelanggan yang sangat baik . Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan bagian dari pelanggan setia yang percaya dan kepercayaan pada merek Anda . Jika Anda berhasil meningkatkan kepercayaan itu, maka Anda dapat menghasilkan suara pelanggan yang baik . Karena itu, ketika orang-orang ini diminta untuk mengatakan sesuatu tentang perusahaan Anda , mereka hanya memiliki pandangan positif untuk mengatakan .

Oleh karena itu , beberapa perusahaan kini merancang metode untuk meningkatkan mereka ” mendengarkan ” kemampuan ketika datang ke suara pelanggan . Memang , meningkatkan komunikasi pelanggan akan menghasilkan pelanggan yang puas dan akibatnya meningkatkan potensi menghasilkan kata yang lebih positif pemasaran mulut .

Tips untuk Meningkatkan Word of mouth

Sebuah studi terbaru yang dilakukan untuk menentukan metode pemasaran yang paling berpengaruh , kata pemasaran mulut keluar di atas . Oleh karena itu , telah mengangkat kesadaran akan peran penting bahwa konsumen bermain dalam mempengaruhi pilihan pembelian lain . Oleh karena itu , Anda dapat memanfaatkan kata positif dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)untuk menciptakan strategi branding suara Anda sendiri . Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya :

• Membuat strategi branding yang akan membuat orang tertarik dan mereka berbicara tentang hal itu . Kecuali Anda dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan perhatian mereka , Anda tidak akan berhasil dalam hal ini .

• Memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan pelanggan . Ketika orang-orang senang tentang produk Anda , mereka dengan sukacita dan rela akan merekomendasikan hal ini kepada orang lain .

• Menanggapi masukan, baik positif maupun negatif . Selain mempromosikan bisnis Anda , Anda dapat memanfaatkan dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi penting mengenai bagaimana Anda dapat meningkatkan layanan dan strategi branding.

Produk Binis : Multi Touch Screen TV Monitor Table

Visits: 17

multi-touch-screen-tv-monitor-tableMenata ulang interior rumah tidaklah hanya sebatas melakukan pengecatan ulang tembok rumah atau merubah tata letak perlengkapan rumah tangga saja. Memasukkan produk-produk elektronik berteknologi tinggi pun merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam menata ulang interior rumah kita. Sudah seharusnya rumah merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk menikmati hidup, dan televisi merupakan salah satu sarana inti yang harus ada agar kita dapat menikmati hidup di dalam rumah kita sendiri.

Televisi berlayar kecil sudah tidak sangat relevan lagi di era saat ini. Ini adalah saatnya era televisi berlayar lebar. Dekorasi dinding rumah akan semakin menawan ketika dikombinasikan dengan televisi layar lebar yang ditempel di dinding. Atau bahkan suasan ruang makan akan semakin terlihat futuristic dan trendi ketika meja makan adalah juga merupakan televisi. Luar biasa, bahkan ketika makan pun kita dapat menonton TV.

Apakah ini suatu fantasi? Bahwa meja bisa menyatu menjadi televisi? Bagaimanakah bentuknya? Well, ini bukan sauatu fantasi. Ini adalah nyata. Bentuk produk Televisi ini dapat dilihat di http://tabler.tv/images/multi-touch-screen-tv-monitor-table.jpg. dan informasi produk selengkapnya dapat dilihat di http://tabler.tv/touch-screen-table.html.

Kini, andaikan saja rumah yang kita miliki tidak terlalu luas, atau bahkan mungkin jika kita hanya tinggal di suatu apartemen berkamar satu sekalipun, interior rumah yang praktis dan trendi bukanlah suatu hal yang mustahil. Tabler TV memungkinkan segalanya menjadi nyata. Nyata dalam kepraktisannya, nyata dalam keindahannya, serta nyata dalam kenyamanannya.

Bisnis Jasa: Firma Hukum

Visits: 21

Salah satu profesi yang berkewajiban untukmembantu masyarakat dalam memperoleh keadilan secara hukum adalah advokat atau biasa disebut pengacara. Para pengacara tersebut membentuk suatu wadah perkumpulan yang disebut firma hukum. Firma memiliki arti “sebuah badan usaha”. Firma hukum berarti sebuah badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan hukum. Pelayanan hukum ini bisa berbagai macam sesuai dengan kasus yang dihadapinya, bisa kasus pidana maupun perdata, dan disetiap kota firma hukum selalu ada.

Setiap firma hukum atau pengacara berkomitmen untuk menyediakan jasa hukum yang bermutu dengan memberikan perhatian penuh kepada kliennya. Tujuan Firma Hukum ini adalah membantu para klien secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan mereka dan menyelesaikan kasus yang menimpa mereka. Bahkan termasuk ketika seseorang ditangkap atau terbelit kasus karena mengandarai kendaraan bermotor dalam keadaan mabuk. Istilah untuk kasus ini adalah OVI (Operating Vehicle Under the Influence). Mengoperasikan kendaraan di bawah pengaruh alkohol dapat menyebabkan dampak serius dan mempengaruhi kehidupan Anda untuk waktu yang sangat lama. Seseorang yang didakwa kasus OVI dapat mengakibatkan denda (ini adalah hukuman paling ringan), pelayanan masyarakat, masa percobaan, suspensi lisensi dan bahkan masuk penjara. Seseorang yang sudah pernah didakwa atas kasus OVI dan terbelit lagi dapat memperoleh hukuman yang lebih berat bahkan dapat menyebabkan kehilangan pekerjaan dan kesempatan pendidikan. Tidak ada resolusi cepat untuk kasus OVI, tapi menyewa pengacara kriminal dapat membantu membuat proses pengadilan menjadi lebih halus, dan mungkin membantu Anda mencapai beberapa keringanan.

Kasus hukum yang lebih berat adalah kasus criminal, dimana seseorang yang terlibat kasus ini dapat dikenakan hukuman penjara yang masa waktunya tergantung dari kasus yang membelitnya. Seseorang yang sudah didakwa melakukan tindak criminal hampir sudah dapat dipastikan dikenakan hukuman penjara. Jika dapat menyewa sebuah firma hukum criminal yang bagus, maka ada kemungkinan untuk mendapatkan hukuman yang lebih ringan, bahkan mungkin hanya dikenai uang tebusan saja.

Produk Bisnis : Vaporizer

Visits: 18

Apa bedanya Smoking dengan Vaping?

Kata yang pertama, Smoking, adalah aktivitas menghirup asap melalui dari gulungan tembakau yang dibakar. Kata yang kedua, vaping, adalah aktivitas menghirup uap dari suatu alat yang dinamakan vaporizer. Vaporizer adalah perangkat bertenaga baterai untuk mengubah cairan menjadi uap. Dengan memanfaatkan tenaga penyemprot, uap tersebut dapat anda hirup layaknya rokok biasa.

Vaping menggunakan suatu bahan kimia cair yaitu propylene glycol yang dicampur dengan sejumlah nikotin dan perasa makanan tertentu. Bahan-bahan ini diuapkan dengan alat bertenaga baterai sehingga menghasilkan uap yang dapat dihirup. Vaping lebih umum dikenal sebagai e-cigarette, yang merupakan alternative lain dalam menggantikan rokok konvensional yang cenderung lebih berbahaya.

Vaping industry dirasakan masih sangat potensial saat ini, mengingat beberapa kelebihannya dibandingkan dengan bisnis rokok konvensional. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

1. Relatif lebih “aman”. Dikatakan lebih aman karena nikotin yang dikandung didalam vaporizer jauh lebih rendah dibandingkan rokok biasa.

2. Dari sisi bisnis, pangsa pasar e-cigarette sangat besar karena jumlah perokok dunia juga besar. Karena jumlah perokok yang besar inilah, maka peluang bisnis vaporizer masih sangat luas.

3. Produsen vaporizer masih belum banyak, dengan demikian competitor masih sedikit. Semakin sedikit competitor, maka otomatis peluang untuk meraih profit tinggi masih sangat terbuka luas.

Saat ini e-cigarette sangat dipuji oleh para perokok karena kemampuannya dalam mereduksi jumlah nikotin yang diserap oleh tubuh namun tidak juga menghilangkan sensasi merokoknya. Dari sisi kesehatan, mungkin vaporizer atau e-cigarette adalah lebih aman jika dibandingkan dengan menghisap rokok biasa. Dari sisi bentuk produk, vaporizer jelas sangat berbeda dengan rokok biasa.

Vaporizer memiliki berbagai macam bentuk yang terlihat unik serta ukuran yang berbeda-beda. Seperti biasa, dalam bisnis, ada harga maka ada kualitas. Vaporizer pun memiliki harga yang berbeda-beda. Ada yang berharga murah sekitar $120 per unit hingga harga $500 per unit. Semakin mahal harganya maka kualitas akan semakin baik, dan sensasi menghisap pun akan terasa berbeda.

Pelajaran Bisnis dari Google

Visits: 23

Siapa yang tidak mengenal Google? Mungkin dia adalah teman yang pertama kali Anda kunjungi saat pertama kali mengenal internet. Google adalah salah satu contoh perusahaan yang sukses berkat adanya inovasi yang terus-menerus. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998 ketika mereka masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford. Berawal dari sebuah mesin pencari Google kini telah menjadi perusahaan internet terbesar yang menciptakan berbagai layanan dan aplikasi.
Tentu dibutuhkan perjalanan yang panjang untuk menjadi Google seperti sekarang ini. Dibutuhkan kerja keras dan inovasi yang terus menerus untuk senantiasa berkembang. Google menerapkan beberapa kebiasaan unik yang dikembangkan untuk menumbuhkan budaya inovasi dan kreativitas di lingkungan perusahaannya. Salah satunya adalah dengan mengadakan pertemuan mingguan. Dalam pertemuan itu semua karyawan Google dari seluruh dunia bebas memberikan pertanyaan kepada para eksekutif Google, baik secara langsung maupun melalui email. Dalam pertemuan itu para karyawan juga berhak memberikan kritik atau saran dan juga menyampaikan ide-ide kreatif pada para pemimpin perusahaan.
Berikut adalah beberapa nasihat dan tips sukses perusahaan Google dalam berbisnis yang disampaikan CEO Google, Larry Page, seperti dikutip dari Wired.com :
1. Lakukan Hal “Gila”
Dalam mendorong timnya untuk berinovasi, Larry Page selalu memberi nasihat “Jika tidak melakukan hal-hal gila, kamu melakukan hal-hal yang salah.” Mungkin ungkapan tersebut sangat sesuai di dunia perusahaan, khusunya yang bergerak di bidang teknologi kreatif. Banyak perusahaan yang setelah menjadi besar kemudian lengah dan lupa untuk berinovasi. Hal ini sangat dihindari oleh perusahaan Google. Setiap karyawan Google dituntut untuk “Think Big” atau selalu berpikir kreatif, untuk menemukan dan melakukan hal-hal yang tidak biasa.
Sejak kecil Larry Page mempunyai mimpi kelak ingin menjadi seorang penemu. Dia tidak hanya sekedar ingin menciptakan produk yang hebat, tetapi juga ingin mengubah dunia. Dan terbukti mimpi itu terwujud dan tetap hidup hingga kini yang dia wujudkan bersama Google. Kepuasan adalah ketika dia dan timnya bisa mengembangkan inovasi 10 kali lipat dari yang telah mereka kembangkan sebelumnya. Jadi tidak mengherankan jika inovasi adalah inti utama dari bisnis Google. Kita bisa melihat dari layanan Google seperti Gmail. Layanan email yang menawarkan kapasitas penyimpanan 100 kali lipat lebih besar dibanding dengan kapasitas yang diberikan oleh layanan-layanan email lainnya.
Berbagai layanan Google lainya juga muncul dari ide-ide “Gila”. Seperti yang kita lihat saat ini, seperti layanan penerjemah berbagai bahasa Google Translate. Layanan peta Google Maps dan yang terbaru adalah layanan penyimpanan data berbasis internet dan cloud computing, Google Drive. Dan tentu layanan berbagi video YouTube, sistem operasi Android, dan browser Chrome yang sangat menarik dan telah digunakan jutaan orang di dunia. Semua berawal dari ide-ide “Gila” yang di wujudkan.
Informasi terbaru Google dikabarkan sedang membangun sebuah proyek dan lab khusus bernama Google X. Lab tersebut berisi berbagai fasilitas yang dibuat untuk mendukung riset Google untuk menciptakan beragam teknologi masa depan. Seperti mobil yang dapat berjalan sendiri serta kacamata berbasis teknologi Augmented Reality.
2. Inovasi Harus Sejalan Dengan Komersialisasi
Satu lagi nasihat CEO Google, Larry page dalam berbisnis adalah, Inovasi yang dilakukan harus diikuti dengan langkah komersialisasi. Kita dapat mengambil pelajaran dari perusahaan Xeroc PARC, salah satu anak perusahaan Xerox Corp. Didirikan pada tahun 1970, Xerox PARC terkenal dengan berbagai inovasi di bidang teknologi dan hardware. Beberapa dari inovasi yang dibuat Xeroc PARC memegang peranan penting dalam perkembangan dunia komputasi modern, di antaranya seperti Ethernet, Graphical User Interface (GUI), serta teknologi printer laser.
Sayangnya Xeroc PARC tidak terlalu fokus pada komersialisai. Itulah yang membuat perusahaan tersebut gagal. Larry memberikan contoh berikutnya, yaitu perusahaan Tesla. Tesla adalah salah satu perusahaan yang dia kagumi. Tesla bergerak dalam mengembangkan mobil inovatif. Namun pada akhirnya perusahaan yang didirikan oleh Nikola Tesla tersebut gagal. Disebabkan karena terlalu fokus pada inovasi. Tesla menghabiskan 99 persen tenaganya untuk mengembangkan produknya agar disukai banyak orang.
Dari contoh kedua perusahaan di atas, kita dapat mengambil peajaran. Bahwa setiap perusahaan membutuhkan dua hal untuk sukses dan berkembang, yaitu inovasi dan komersialisasi.
3. Jangan Terlalu Fokus Pada Persaingan
Berbeda dengan perusahaan-perusahaan lainya, Google menerapkan filosofi untuk tidak terlalu fokus pada persaingan. Google lebih memfokuskan diri pada pengembangan produk dan layanan-layanannya, bukan hanya fokus pada persaingan dan kompetisi.
“Apa yang menarik dari bekerja jika hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mengalahkan perusahaan lain yang melakukan hal yang sama dengan kita? Itulah yang membuat banyak perusahaan jatuh secara perlahan. Mereka cenderung melakukan hal yang sama dengan yang pernah mereka lakukan dan membuat beberapa perubahan kecil.” kata Larry Page.
Menurut Page, memang wajar jika banyak orang selalu fokus dan ingin mengerjakan hal-hal yang menurut mereka yakin tidak akan gagal. Namun lebih dari itu, untuk mencapai kesuksesan, sebuah perusahaan teknologi perlu membuat suatu perubahan yang besar.
Kita bisa melihat ketika Google merilis layanan Gmail. Saat itu Google masih sebatas menjadi perusahaan mesin pencari. Menciptakan layanan email berbasis web merupakan suatu lompatan yang besar bagi Google. Apalagi Gmail berani menyediakan kapasitas penyimpanan email yang berkali-kali lipat lebih besar jika dibandingkan penyedia layanan email serupa pada saat itu.
Pada saat Google mengembangkan Gmail. Sudah ada beberapa perusahaan lain yang memiliki mesin pencari. Gmail tidak akan ada jika Google hanya fokus untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan mesin pencari tersebut. Google lebih memilih untuk fokus mengembangkan produk-produk dan layanannya.
Itu tadi tiga hal Nasihat CEO Google Dalam Berbisnis. Kita dapat mengambil pelajaran dari nasihat-nasihat tersebut untuk mengembangkan dan menggapai visi bisnis yang sekarang sedang kita geluti. Semoga bermanfaat.

Lakukan Restrukturisasi Hutang Anda, Atau Anda Akan Benar-benar Bangkrut

Visits: 17

Adalah suatu hal yang wajar jika suatu bisnis memiliki hutang. Akan tetapi hutang bisnis tersebut menjadi tidak wajar jika ternyata hutang tersebut tidak sesuai dengan operasional bisnis. Dengan kata lain, cicilan hutang tidakdapat ditutup dengan pendapatan bisnis. Lebih parah lagi jika hutang-hutang tersebut tidak terbayar yang mengakibatkan jumlah bunganya melebihi jumlah pokok hutangnya.

Jikaitu terjadi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis, yaitu:
1. Menjual bisnisnya kepada investor lain.
2. Restrukturisasi hutang.

Menjual bisnis kepada investor yang lain dapat menyelesaikan solusi hutang bisnis yang menumpuk, akan tetapi konsekuensinya adalah anda tidak dapat lagi mengendalikan bisnis anda secara penuh. Bagi entrepreneur yang sangat cinta akan bisnisnya, pilihan ini adalah pilihan yang sangat berat.

Pilihan kedua, yaitu restrukturisasi hutang adalah pilihan yang ideal bagi entrepreneur skala menengah atau kecil yang masih cinta dan berkeinginan untuk tetap mengendalikan bisnisnya secarapenuh. Restrukturisas hutang biasanya dilakukan dengan cara menyewa bankruptcy law firm. Firma hukum inilah yang nantinya akan berperan sebagai wakil pengusaha pemilik hutang untuk melakukan negosiasi dengan pemilik piutang mengenai perubahan tagihan hutang. Firma hukum ini akan berusaha semaksimal mungkin agar hutang dapat realistis untuk dibayar dan tetap mempertahankan bisnis agar bisa berjalan terus.

Satuhal yang harus digarisbawahi, jika anda menginginkan bisnis anda tetap dalam kendali anda, maka jangan jual bisnis anda utnuk menutup hutang. Lakukanlah restrukturisasi hutang dengan bantuan bankruptcy law firm.